Penyebab Air Kencing Kura-kura Berwarna Putih | Drh. Fira Sovica

Dok, air kencing kura-kura saya berwarna putih, itu kenapa ya dok? Demikian adalah pertanyaan yang diajukan salahsatu pengunjung blog ini kepada saya. Artikel berikut akan sedikit membahas mengenai kenapa kura-kura mengeluarkan cairan putih saat kencing.
Penyebab Air Kencing Kura-kura Berwarna Putih
Artikel ini sedikit banyak berkaitan dengan artikel saya, cara memelihara kura-kura sulcata dan cara merawat kura-kura brazil.



  • Kura-kura yang air kencingnya berwarna putih biasanya disebabkan oleh menumpuknya sisa metabolisme protein.
  • Hal tersebut disebabkan oleh asupan makanan yang mengandung protein tinggi atau terlalu banyak sehingga terbuang melalui air seni.
  • Jika kura-kura anda mengeluarkan cairan putih saat kencing, maka sebaiknya perhatikan pola makan kura-kura anda.
  • Kurangi asupan protein tinggi pada kura-kura anda. Karena kelebihan protein pada kura-kura juga bisa menyebabkan pyramiding pada kura-kura.
Demikian artikel singkat mengenai kenapa air kencing kura-kura berwarna putih. Semoga artikel singkat ini bisa bermanfaat bagi anda. Ada pertanyaan? Silakan ajukan di kolom komentar dibawah ini. Terima kasih. (FS)

62 Responses to "Penyebab Air Kencing Kura-kura Berwarna Putih"

  1. dok mau tanya soal owl gapapa ya?
    bo saya namanya kuro usia brancher akhir, mau tanya kalau porsi makan untuk doq 8 ekor per hari kira" cukup gak? saya kasih pagi-malam

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh mas... :)

      8 ekor apa? kayaknya kebanyakan kalo untuk usia brancher akhir. mending mas baca artikel PORSI MAKAN BUURNG HANTU

      Delete
  2. saya kasih doq (Day Old Quail alias anak puyuh) dok, tapi sekarang lagi kasih makan ayam fillet aman kan ya? saya beli di pemotongan ayam biar bebas bahan kimia. oh iya dok BO saya si kuro mulai hissing kalau malem saya pikir laper tapi kata teman saya itu namanya imprint apa benar? baru 5 hari saya pegang semalem baru hissing terus biasanya diam. paginya langsung mau skill fttf 2 meteran walau slow respon hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. aman, selama dagingnya dicacah kecil-kecil dulu, mas. biar dia gak kesulitan makannya.

      bukan, imprit nggak ditandai dengan hissing, mas. mas bisa baca artikel saya yang judulnya imprint pada burung hantu.

      saran saya: coba kasih super-n, setetes setiap hari

      Delete
  3. teriak gitu dok sambil angkat 1 kaki biasanya tapi bukan mengancam, dikasih makan diem nanti beberapa jam bunyi lagi.

    imprint berarti jinak dengan cepat kan dok? saya pelihara brancher akhir sih pas hari kelima dia mulai berisik kalo malem.

    iya lagi saya kasih 3 tetes sehari dengan ditetes ke makanannya karena lagi pilek dok abis keujanan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, singkatnya imprint bisa dikatakan seperti itu. :)

      sekarang gimana keadaan burungnya, mas? sehat?

      fesesnya gimana?

      kalau mau saya analisa kesehatannya, bisa kirim foto fesesnya di sini...

      Delete
  4. sehat sih kalau menurut saya, tapi aneh kalau pagi dia masih suka clicking sama batting gitu dok tapi kalo dielus anteng lagi sama dikasih makan juga malah kurang rakus dok kaya ngantuk gitu males"an, saya kasih makan jam 6-set7 pagi.

    nah tapi kalo malem mulai teriak" dikasih makan jam 8 mau fttf 2 meteran abis itu kaya manja gitu dok angkat" 1 kaki kalo udah kenyang lucu liatnya. itu kenapa ya?

    saya kirim ke g+ dokter foto fesesnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dia clicking sama batting, artinya dia masih belum mengenal mas sebagai tuannya, wajar kok. tinggal sering2 ajak main aja....

      udah dikasih super-n?

      soal burung hantu sering mengangkat kakinya, udah ada artikelnya. judulnya: kenapa burung hantu sering mengangkat kakinya...

      saya kira dia udah mulai terbuka sama mas. mungkin masnya aja yang kurang merespon, ya? berapa kali mas ajak main dia?

      Delete
  5. ini kalo malem sehabis saya latih+makan langsung posisinya gini

    ReplyDelete
  6. paling saya ajak main pagi sama malem, tapi kalo pagi cuma saya kasih fof soalnya ngantuk gitu kalo pagi gamau nyamperin makanannya tapi kalo ditaro tangan lumayan seger sambil celingukan

    paling ya malem dia mau kalo diajak fttf tapi masih slow respon ga fokus

    super n saya kasih malem biasanya 3 tetes ke makanannya

    gimana dok, udah masuk g+ nya gambar yang saya kirim?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak masuk mas gambarnya, hehehe... kirim ke sini aja, mas... :D
      upload, terus linknya di sini....

      dia kayaknya belum terlalu percaya sama masnya...

      Delete
  7. saya taro luar soalnya dok bo nya saya sediain kandang tertutup buat tidur siang tapi kalo malem saya biarin terbuka kandangnya, gapapa kan ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, sebenernya lebih bagus kalau owl liat tuannya lagi tidur, biar dia lebih percaya sama tuannya...

      Delete
  8. Dok,kok kura kura saya kencing nya warna kuning ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nafsu makannya gimana?
      fesesnya warna apa? terus mencret nggak?
      kalo nafsu makannya bagus (dia masih mau makan), saya kira dia sehat....

      Delete
  9. tapi kalo sama orang lain lebih takut lagi sampe gamau dikasih makan... gimana ya biar dia ga takut juga sama orang lain? soalnya saya suka pulang malem jadi takut laper bo nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. di rumah dia main sama mas aja ya? yang lain nggak pernah ketemu atau berinteraksi sama dia? harusnya sih orang rumah juga sesekali ajak main sama dia.... minimal, biasakan dia makan disuapi oleh orang lain selain mas....

      Delete
  10. iya, paling lewat aja terus si kuro nya cuma kaya aneh gitu ngeliatinnya.
    dok emang bo itu rabun dekat ya? sampai berapa meter dok kira"? cuma bo aja apa untuk semua owl? soalnya celepuk saya juga gitu dok suka gigitin jari padahal makanannya udah abis

    ReplyDelete
    Replies
    1. justru barn owl penglihatannya lebih kuat, mas. terutama kalo di tempat gelap.

      soal dia suka gigitin jari, itu artinya dia ngajak becanda. coba aja becandain lagi kalo pas dia gigit jari mas... :)

      Delete
  11. Oh gitu ya dok hehe, soalnya saya liat di youtube bilang kalo barn owl rabun dekat. Dok kalo feses nya cuma putih aja kenapa ya apakah sehat dok? Dia sih masih normal" aja... Disodorin minum gamau

    ReplyDelete
  12. oh iya dok si kuro kok ga doyan emprit ya? tapi anak puyuh doyan...
    dok kalo barn owl dokter si padma masih ada?

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya putih doang? mas kasih makan? gak dikasih minum ya? mending segera kasih super-n setetes setiap hari...

      gak apa2, kasih anak puyuh aja... :D

      padma masih ada. masih suka pergi2an sih. sejak errol pergi, padma jarang di rumah... paling pulang 3 hari sekali...

      Delete
  13. iya, cuma saya sediain aja...saya pernah mergokin dia lagi didepan tempat minum nya tapi ga diminum cuma basahin paruh nya aja

    sekarang udah 3 elemen lagi tapi encer bercampur gitu dok agak lebih bau, makan nya cuma habis 3 anak puyuh tiap pagi sama malam. kenapa ya? saya takut tetelo soalnya lagi musim

    wah, sehat terus ya padma...udah berapa tahun dok adopsi? kalo buat dilepas bebas gitu kira" berapa lama ya dok?

    ReplyDelete
  14. kemarin sudah saya kasih minyak ikan sih, apa efek minyak ikan ya jadi bau fesesnya? apa boleh langsung kasih super-n dok setelah dikasih minyak ikan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan keseringan dikasih minyak ikan, mas.
      kasih super-n aja... :)

      emang lagi gak bagus cuaca buat burung.... :(

      yang penting latihan sampe bonding dan imprint aja sih mas. ntar dia bisa cari makan sendiri di luar...

      Delete
  15. kalau tanda dia sudah imprint sama kita itu gimana sih dok?

    ternyata bukan nafsu makannya yang terganggu dok, tapi si kuro lebih suka fillet daripada anak puyuh...gimana yah kalo dikasih fillet terus? apa dia tetep bisa hunting sendiri dok kalo dilatih pakai pakan mati? saat ini sih kalau dikasih fillet mau fttf 2 meteran

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini pengalaman saya aja sih selama imprint sama errol, brung hantu saya yang sudah meninggal. hmm, sebenernya nggak tau juga dia meninggal atau nggak, yang pasti dia 'pergi'. dan saat dia pergi, beberapa hari kemudian saya sadar kalau....... ada yang beda yang saya rasakan..... nggak tahu apa, tapi ada yang beda..... kalau mas tanya apa yang beda, saya juga gak bisa jelaskan apa itu....

      yang jelas, ada yang beda. kayak ada yang hilang. nggak tahu apa.

      saat itulah saya sadar kalau errol pergi karena emang dia ngerasa ajalnya udah deket. ya, semua hewan gitu sih. kalau dia merasa udah mau mati, mereka biasanya pergi dari tuannya. cari tempat yang nyaman dan aman buat mati, kemudian ya mati di tempat itu....

      nah, sampe kayak gitu biasanya kalo imprint. kita bisa ngerasain apa yang hewan kita rasakan. kayak errol dulu, kalau saya lagi sedih, pasti dia banyak menclok di bahu saya... ngelus-ngelus wajahnya ke pipi saya.... kalau saya ngomong ke dia, dia kayak ngeliatin saya. kayak ngerti apa yang kita omongin. :)

      nggak apa2 kasih pilet aja mas. kalau soal hunting, kan bisa dilatih. lagian selama masih sama2 daging, saya kira aman kok.... instingnya tetep akan muncul....

      Delete
  16. sampe gitu ya, masih lama kayaknya buat kuro sampe kaya gitu. yang sabar ya dok, maaf jadi mengingatkan lagi sama errol nya

    terima kasih dok sudah mau berbagi dan kasih saran ke saya, kalau begitu saya rasa kuro aman" aja sekarang

    kalau ada masalah nanti saya konsul lagi ya sama dokter 😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak apa2. malah saya seneng bisa ngenang errol lagi. :D

      sip. kabari terus. :)

      Delete
  17. dok si kuro bunyi terus kenapa ya? apa masih lapar? atau dibiarin aja? saya cek perutnya sih udah lumayan terisi

    terus apa bo bunyinya cuma teriak "kiiik" aja ya dok? atau bisa yang lain? dulu celepuk saya bunyi nya bisa "wooof" gitu dok lebih enak dengernya kalo itu hehe

    oh iya kalau lebih banyak bersuara itu jantan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kuro itu burung hantu? stop aja. pokoknya patokannya seperti yang saya tulis di artikel porsi makan burung hantu....

      barn owl juga sama sih, kadang dia ngeluarin suara wooof gitu.... terutama kalo dia udah ngerasa nyaman sama lingkungannya...

      Delete
  18. nah saya kasih makannya kan pake ayam fillet dok jadi saya potong kira" seukuran 6 daging anak puyuh dok apa itu cukup?

    kalau saya baca artikel dokter seperempat-setengah dari berat burhan tersebut itu untuk sekali makan atau seharian?

    iya dok, bo saya namanya kuro. oh bisa juga ternyata

    ReplyDelete
  19. pokoknya saya kasih makannya sampai perutnya agak keras kalau dipegang dok, cukup ga yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk sekali makan, mas. :)

      cukup kalo perutnya udah keliatan keras. :)

      Delete
  20. dok umur maksimal burung hantu berapa tahun sih? dokter Pelihara errol berapa tahun? saya punya beo udah 10 tahun dok awet, apa burung hantu bisa mencapai umur 10 tahun juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada artikelnya. umur burung hantu.
      errol belum 10 tahun sih, hampir 10 tahun. tapi udah nggak ada sekarang....

      Delete
  21. dok, bo saya si kuro lagi saya kasih puyuh remaja nih usia 2 bulanan sehari bisa abis 2 ekor. kira" kebanyakan ga dok?

    saya kasih hidup dok puyuhnya nanti dia siangin sendiri bulu" nya,tulang dimakan juga kira" aman gak buat pencernaannya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo mau aman, mending siangi dulu puyuhnya. minta aja ke tukang potong ayam di pasar buat siangin, ambil dagingnya aja. terus cacah2....

      bisa abis 2 hingga 3

      Delete
  22. emang sebenernya ga boleh ya dok dikasih utuh gitu? efeknya apa dok buat dia? terus nanti kalau saat dilepas dan berburu sendiri gimana?
    tapi dia rutin sih keluarin pallet nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya sih boleh aja. nggak masalah. tapi bagusnya disiangin dulu...

      Delete
  23. dok saya butuh bantuan dokter nih barn owl saya si kuro stress lagi, jadi belom lama keponakan saya kerumah terus suka ngagetin gitu dok sampe escape sekali. sekarang diem aja biasanya kalo malem berisik, makan juga sedikit, sama saya juga gamau lama" ditangan terus dipanggil ga respon cuma celingukan aja...gimana ya dok?

    ReplyDelete
  24. feses nya encer, udah saya kasih minyak ikan sama super-n sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dikasih minyak ikan, malah sakit nantinya.
      kasih super-n aja mas....

      terus coba karantina. udah ada caranya di artikel cara karantina burung hantu

      Delete
  25. iya dok udah mendingan dikasih super-n makannya... tapi masih ga respon lagi sama saya dok... kenapa ya? apa dia jadi ga percaya sama saya? cara buat kaya semula lagi gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak apa2, lanjut aja..... tetep kasih makan kayak biasa, tetep ajak ngobrol.... sambil liat matanya... :)

      Delete
  26. udah kembali seperti semula dok BO saya si kuro hehe...dok apa pada saat moulting semua bulu sayap rontok semua? soalnya saya nemuin bulu sayap kuro udah copot 4 helai

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak rontok semua. tapi kalo moulting biasanya dia jadi agresif karena lagi kesakitan. sama aja kayak cewek pas PMS. karena (maaf) haid itu sakit. makanya cewek biasanya kalo lagi mau haid, dia jadi uring2an. nah, burung hantu pas moulting juga gitu. lepasin bulu dari tubuhnya tuh sakit, makanya dia jadi agak galak. dan kurang nafsu makan. meski fesesnya normal... :)

      silakan mas baca artikel cara merawat burung hantu mabung...

      Delete
  27. tapi nanti tumbuh lagi kan ya dok bulu sayap yang copotnya? berapa lama biasanya proses moulting itu? apa dia mau masuk juve tengah dok? perasaan pas adopt 2 bulan lalu itu baru bisa terbang pendek dan kata penjualnya masuk juve awal

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, nanti akan tumbuh lagi...
      mas udah baca artikel cara merawat burung hantu mabung?

      Delete
  28. sudah dok, tapi kuro nafsu makannya baik" aja

    ReplyDelete
  29. dok kalo brahminy kite atau elang bondol itu masuk daftar merah hewan dilindungi ga sih? dia termasuk apendix 2 kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas nanya berdasarkan status mana? IUCN atau BKSDA? setau saya, status di IUCN masih LC, tapi kalo BKSDA, saya kurang tau ya. :)

      Delete
  30. kalau status LC dari IUCN itu apakah sudah dilindungi dan tidak boleh dipelihara bebas dok? kayanya BKSDA sudah dilindungi semua jenis elang

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya, LC itu artinya masih aman dipelihara. itu status IUCN. nah masalahnya, yang statusnya LC di IUCN kadang udah termasuk dilindungi menurut BKSDA..... :)

      Delete
  31. iya, saya liat" beritanya orang BKSDA sita semua jenis elang termasuk bwk sama bk juga. kalo kesita gitu apa kita di pidana ga sih dok?

    ReplyDelete
  32. Dok ikan apa yg bisa di pelihara bareng kura CST biar ga lumutan dan makan bakteri di badan cst?

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak mengkhawatirkan sebenernya mas. soalnya CST kan gitu, nggak boleh ada liat ikan 'nganggur', langsung dilahap sama dia.... :D

      nggak bisa mas gosok aja badannya tiap minggu sekali pake sikat gigi yang lembut? :)

      Delete
  33. Dok baby sulcata sy ga mau makan ni dok.. kmrn pdhl ud bw ke dokter ks infus disuntik. Smpt makan sdkt abs itu ga mau makan lagi. Apa sy perlu ks capsule+ ya ditetesin ke mulutnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kata dokter, apa penyakitnya?
      fesesnya mencret nggak mas?

      kalau dikasih obat sama dokter, ya minumkan aja.

      atau kalau mas mau, mas bisa kasih obat yang saya tulis di artikel: cara agar reptile tetap sehat.

      Delete
  34. Dok, kotoran kura-kura Brazil sama kura-kura Ambon saya warnanya putih dan kental juga lengket. Apakah itu juga termasuk kelebihan protein dok?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.