Sunday, November 3, 2013

Cara Memelihara Sulcata | Drh. Fira Sovica

Tips dan trik

cara memelihara sulcata

ini ditujukkan untuk orang yang sudah memiliki sulcata maupun baru akan membeli sulcata.
secara garis besar, cara memelihara sulcata tidak sulit tapi juga tidak juga dibilang mudah. ada beberapa pokok hal yang harus ditekankan dalam memelihara hewan yang dinamakan African Spurred Tortoise dalam bahasa inggris atau Geochelone Sulcata dalam bahasa latin. berikut adalah beberapa tips dalam memelihara sulcata. Bedanya kura-kura sulcata dengan pardalis bisa anda ketahui di artikel cara membedakan kura-kura sulcata dan pardalis.

1. sulcata tidak menyukai tempat lembab
hal ini karena memang aslinya sulcata berasal dari afrika yang beriklim kering. sulcata secara alami hidup di Sudan, Togo, Ethiophia, Mauritania hingga Mali. berkenaan dengan ini, maka sediakanlah tempat yang kering dan bebas air karena sulcata memang jenis kura-kura darat. kecuali sulcata yang masih kecil, sulcata juga cukup diberi minum seminggu sekali.

2. gunakan lampu khusus reptil untuk menerangi kandangnya.
lampu khusus untuk reptil sangat disarankan penggunaannya di kandang sulcata. selain untuk asupan vitamin D3 yang baik untuk sulcata, lampu khusus reptil juga bisa menghangatkan kandang sulcata. Tempatkan lampu khusus reptil di satu titik kandang, dan biarkan bagian lain dari kandang tetap teduh agar sulcata bisa meneduh saat ia sudah merasa kepanasan.

3. makanan sulcata
di habitat alamnya, sulcata banyak memakan tumbuhan-tumbuhan yang mengandung air. untuk sulcata penangkaran, para penangkar sulcata biasanya memberikan kaktus centong caisim, wortel, selada, bunga sepatu, daun murbei, alfalfa, bermuda grass, dan fumak. hindari makanan yang berprotein tinggi untuk mencegah pyramiding (bentuk tempurung berbentuk piramid atau munjung ke atas). sebaiknya berkonsultasi dahulu kepada orang yang lebih berpengalaman jika ingin memberikan jenis sayuran yang lain ke sulcata.
sulcata juga perlu diberi asupan kalsium. asupan kalsium bisa diperoleh dari produk suplemen kalsium khusus reptil yang banyak beredar di pasaran atau bisa juga menggunakan tulang ikan sotong yang dihaluskan.

4. menjemur sulcata di bawah sinar matahari
menjemur sulcata di bawah sinar matahari pagi hendaknya dilakukan minimal 1 minggu sekali selama 5 atau 10 menit dibawah sinar matahari pagi (dibawah jam 9 pagi). selain untuk menyerap vitamin D, penjemuran juga dilakukan untuk membantu menghilangkan virus dan bakteri yang mungkin saja terdapat pada karapas atau tubuh sulcata.
jangan menjemur sulcata tanpa pengawasan dan segera pindahkan sulcata jika sulcata mulai terlihat gelisah.

5. ciri sulcata yang sehat
ciri-ciri sulcata yang sehat antara lain matanya jernih, hidung kering dan tidak berair, nafsu makan bagus, aktif bergerak, berat badan seimbang, dan tidak adanya luka pada scute (sambungan antarkeping tempurung). anda patut curiga jika salahsatu ciri sulcata yang sehat tersebut tidak terdapat pada sulcata anda.

Demikian artikel tentang

cara memelihara sulcata

. semoga artikel tersebut bermanfaat bagi orang yang ingin memelihara sulcata maupun yang sudah berpengalaman memelihara sulcata.

73 comments

Siang dok glowy bubo sy sehat sampe skrg ud mulai ganti bulu dewasa.. skrg sy mau piara kura sulcata yg ud 20cm dok rencana mau pake alas / substrate serbuk cocopeat aman kan dok? Untuk makanan terbaik sulcata apa? Sy dgr selada ga bagus

Siang dok glowy bubo sy sehat sampe skrg ud mulai ganti bulu dewasa.. skrg sy mau piara kura sulcata yg ud 20cm dok rencana mau pake alas / substrate serbuk cocopeat aman kan dok? Untuk makanan terbaik sulcata apa? Sy dgr selada ga bagus

alhamdulillah. :D
kalo pake cocopeat sebenernya kurang aman. kadang bisa ketelen ama sulcata dan menyebabkan susah BAB pada sulcata. pake alas kertas koran aja mas. pilih yang bersih... :)

dok sy ud buat kandang outdoor untuk sulcata sy 23cm separuh alas rumput gajah mini n separuhnya zeolit kasar boleh ga? supaya kotorannya mudah dibersihkan .. karna kl dikasih sayuran fumak siomak caisim sukan babnya lembek, kl diksh ubi jalar ,labu siam,pisang n apel boleh?

jangan kasih zeolith mas. dan untuk kandang outdoor, kalau saya boleh saran, mending jangan dulu. cuaca lagi pancaroba. mending taro dulu sulcata di indoor.

untuk bedding, pakai koran bekas yang bersih aja. makanan boleh kasih ubi, labu, pisang, dan apel.

kasih saya kabar lagi ya mas. i love to heard it. :)

Dok, sulcata saya ukuran 5.5 cm, dia tadinya makan teratur, sehat, skrg dia lemas, tidur mulu, buka mata pun susah, ak kasih dia terramycin inject blh dok? Lalu di cangkang dia ada semacam noda namun makin besar, saya pakaikan dia salep, apa itu jamur? Saya juga kasih dia lampu, suhu yang tepat brp?

Dok, sulcata saya ukuran 5.5 cm, dia tadinya makan teratur, sehat, skrg dia lemas, tidur mulu, buka mata pun susah, ak kasih dia terramycin inject blh dok? Lalu di cangkang dia ada semacam noda namun makin besar, saya pakaikan dia salep, apa itu jamur? Saya juga kasih dia lampu, suhu yang tepat brp?

cuaca emang lagi gak bagus buat kura2. kasih terramicyn boleh, tapi saya sarankan sih bawa aja ke vet terdekat biar sekalian dicek nodanya. takutnya jamur. sekalian minta multivitamin buat sulcatanya.. :)

Sore dok..
Sya baru adopt sulcata ukuran 20cm,,dirumah saya baru 3hr..dr awal dtg makannya bagus diksh sawi hijau/caisim rakus sampe habis 1 ikat..kmrn sy kasih kembang sepatu habis 10 bunga suka sekali, tp hr ini sy kasih sawi ga mau dimakan, mintanya kembang sepatu trs.. apa memang bgitu? Bagusnya diksh makannya apa aja utk di mix?

emang karakter sulcata begitu. kalau dia udah suka sama satu jenis makanan, dia akan minta makanan itu.

gak semua sulcata kayak gini sih. balik lagi ke karakter sulcatanya. ada juga yang gak pilih2 makan...

menurut saya sih yang penting dia mau makan. itu aja dlu. kalau soal diferensiasi pakan, bisa diakalin... :)

hallo dok,,
kalo untuk alas saya pasir silika boleh gak ya

partikel silika bahaya buat paru2 sulcata kalau sampe masuk ke paru2.
amannya, pakai koran aja mas...

Dok klo pake alas kertas A4 aman ya dok?
Thanks

gak pernah coba sih. hmm, mending koran bersih aja mas kalau ada. kalau gak ada, boleh a4 tapi do at your own risk ya, hehehe

hai dok.. tau penjual suclata dimana ga? around jakarta deh dok.. plis info..

kurang tau mas. kalau bisa milihnya yang bagus dan sehat, di pasar hewan juga ada yang jual...

atau kalau mau yang terjamin, coba gabung di grup jual beli kura2 di facebook... atau cari di kaskus... :)

Selamat siang Dok... saya punya kura kura sulcata usia 5 bulan kurang lebih. Nafsu makannya beberapa harit erakhir ini berkurang jauh. Hanya mau makan beberapa gigit saja.
Saya pelihara indoor... dengan alas paper tissue dan lampu UVB + lampu pemanas. Disoaking setiap pagi dan dijemur minimal 1 minggu sekali.
Makanan fumak, kale, kembang sepatu. Tapi sekarang tidak mau makan atay makan hanya beberapa gigit.
Mata tidak berair, hidung tidak pilek, setiap hari tetap poop wrn hijau kehitaman tp sedikit.
Apa yang salah dan saya harus bagaimana Dok?
Terimakasih...

kalau dari faktor pemeliharaannya sih bagus. tebakan saya sih dia jenuh ama makanannya. coba dikasih jenis makanan lain...

poopnya mencret gak?

saya tunggu kabar selanjutnya

Hallo Dok.. poopnya tidak mencret. Tetap padat memanjang.
Saya sudah coba kombinasikan dengan daun endives, okra dan labu kuning (butter squash). Hanya labu kuning mau digigit 2 - 3x, yg lain tidak mau.
Harus dibagaimanakan ya Dok? Apakah ada yg saya missed?

Terimakasih Dokter..

so far so good. mungkin observasi aja mas selama beberapa hari. 3 hari aja. :)

kasih kabar ya mas

Dok, sulcata saya tiba2 ga mau makan & tdk poop. Sdh saya jemur & rendam air hangat. Tapi ga poop jg. Ada saran?

sudah berapa lama?
kalau saya sarankan sih lebih baik bawa ke dokter hewan saja. nanti diberi obat pencahar sama dokter hewannya...

opsi lain, mas bisa kasih pepaya matang buat sulcatanya. kalau sembelitnya belum terlalu parah, bisa sembuh... :)

Mau tanya nih, sulcata dewasa memiliki ciri sudah berdiameter 35cm. Kira-kira disaat sulcata berukuran diameter 35cm, umur sulcata tersebut berapa tahun ya?

jujur saya tidak tahu pasti, tapi tebakan saya sekitar 4 atau 5 tahun. dulu paman saya pernah punya sulcata, umur 3 tahun karapaksnya lebih dari 20cm lebih. :)

sebenernya, balik lagi ke makanan apa yang dimakan si sulcata sih... :)

Terima kasih banyak article nya dokter

Pgi dok saya punya sulcata tadinya makannya lahap "makan sawi dan pepaya seminggu sekali.. tp udah semingguan ini dy ga nafsu makan matanya merem terus badannya lemes.. tiap hari udah saya jemur tp gada perubahan.. gmna solusinya dok??

kalau dia lagi sakit gitu, ya jangan dijemur, mas... malah makin drop keadaannya... :(

fesesnya gimana? mencret? mas kasih makannya cuma seminggu sekali doang? kalau fesesnya mencret, mending bawa ke dokter hewan sesegera mungkin. sekalian dicek keseluruhan. sulcatanya masih anakan?

Berapa ukuran karapas sulki yg aman utk dipelihara oleh pemula. Mengingat byk isu yg mengatakan bebi sulki mudah tewas. Terima kasih

Berapa ukuran karapas sulki yg aman utk dipelihara oleh pemula. Mengingat byk isu yg mengatakan bebi sulki mudah tewas. Terima kasih

bener, mas. mungkin ukuran 15cm ke atas lebih tahan terhadap suhu udara dan cuaca....

penyebab kematian sulcata sebenernya lebih ke:
1. salah kasih makan (makanan kurang bersih, dll)
2. perubahan suhu udara dan cuaca yang berubah2. makanya lebih baik taro sulcata di dalam ruangan.

This comment has been removed by the author.

Pagi dok, mau nanya . saya punya sulcata umur kurang dari 1 tahun . Kandang nya indor + lampu penghagat .alas nya pake aquazone campur pasir malang apakah baik ? Sama tempat hidingnya perlu penghagat lagi apa engga dok? Terima kasih .

alasnya udah cukup bagus.
untuk hidingnya, gak usah kasih penghangat lagi. karena tujuan hiding ya biar dia bisa meneduh kalo emang dia kerasa kepanasan. :)

siang dok , sulcata saya cuma 1 .apakah saya harus beli satu lagi biar sulcata nya engga stres dan bisa ngobrol? hehe .. terima kasih.

nggak harus, mas. :)
satu aja cukup kok. dan setahu saya, sulcata bukan hewan sosial.

mau tanya bu dokter, saya baru keep sulcata 5 hari. hari 2-4 di ksh caisim & gt freek mau mkn tp dikit. hari ke 5 makanan cuma di cium" aja tp ga di makan. di kandang pake lampu uva & uvb. suhu bwh lampu 32c. hidung kering, tp mata kanan suka nutup sebelah dan kdng di usap" sama kaki. aktif cuma pagi sampai siang, dari siang sampai pagi lagi tdr trs ga aktif. bagaimana solusi untuk masalah saya dan agar sulcata bisa makan rakus. terima kasih

cek fesesnya, tahinya. apakah mencret?
kalau iya, kemungkinan emang sakit. kalau masih berbentuk, kayaknya sih masih sehat. mungkin suhu kandangnya aja yang diturunin dikit, kepanasan kalo sampe 32 derajat. turunin jadi sekitar 27 atau 28 derajat.

,Sulcata ukuran 6 cm akhir akhir akhir ini sulcata saya makanya kurang kaya biasanya dan suka tidur hari ini aku liat makan poopnya sendiri padahal ga pilek matanya bening jenur rutin tiap pagi apa itu termasuk sakit dok?

nggak. normal kok torto makan fesesnya sendiri atau feses kura-kura lain. sama halnya seperti kelinci, feses kura-kura darat biasanya ada yang jenis cecotrope. Mungkin mas bisa baca artikel saya CARA MENGETAHUI KESEHATAN KELINCI DARI FESESNYA, di sana ada penjelasan mengenai cecotrope....

fesesnya sendiri gak mencret kan?

coba mas baca juga artikel saya OBAT ALAMI UNTU KURA_KURA, kasih minuam air rebusan daun sirih aja agar sistem pencernaannya bagus...

jaga agar kura-kuranya gak kedinginann

Siang dok..saya ingin memelihara sulcata tp mash ragu apakahsusah memeligharany?drumah saya ada kucing..apakah stres klo ada kucing?seblmny sy perng memelihara kura kura brazil.apakah sulcata lebih susah memeliharany dibanding kura kura brazil?mksh ya

saya seneng mas nanya dulu ke saya.
hmm, dibilang susah, ya susah sih kalo belum pengalaman.
hmm, coba mas baca artikel HEWAN PELIHARAAN GAMPANG MATI.

kalau susah mana, pelihara kura-kura brazil atau kura-kura sulcata, relatif sama prinsipnya: kura-kura yang dewasa lebih tahan daya tahan tubuhnya dibanding anakan.... :)

Dok sy mau konsul. Sulcata sy kira2 sizenya 6-7cm. Keluhan utamanya :skrg gamau makan dan mata terus terpejam
Jd riwayatnya bgini dok.. Pilek 3mgg yg lalu, keluar cairan bening dr hidung sblh kiri. Makan lama2 makin dikit. Mata skrg jd cenderung terpejam. Skrg udah ga ada pilek cairan lg tp hidungnya lobangnya spt nya tidak plong kyny byk ingus/sesuatunya. Skrg kura2nya jg suka mouth gasping.
Prtnyaan sy :
1. Apakah ini gejala upper respiratory tract infection atau sdh ke pneumonia?
2. Apakah kura2 ini boleh diberikan terramycin ke hidungnya? Sehari sekali atau dua kali dok?
3. Apakah terramycin boleh masuk ke mulutnya diteteskan?
4. Apakah boleh handfeeding? Jd dibuka mulutnya, diberikan suplemen bubuk, cairan dan pellet mazuri yg disuapi?
Trm kasih sblmny dok.

ini gambar fesesnya dok :
https://postimg.org/image/hn2qix0wz/

dan ini gambar kura2nya dok :
https://postimg.org/image/faocvqk53/

terima kasih dok :)

duh, maaf banget karena saya baru balas... :(
kura-kura umur segitu emang lagi rentan banget sakit. udah saya bahas di artikel HEWAN PELIHARAAN YANG GAMPANG MATI

1. kalo dugaan upper respiratory tract infection sih ada aja, cuma saya kan gak liat sulcatanya langsung. bisa aja cuma pilek biasa aja. karena sulcata umur segitu emang lagi rentan2nya...
2. boleh aja dikasih terramycin, meski sebenernya saya lebih menyarankan pake antibiotik alami yang sudah saya bahas di artikel OBAT ALAMI UNTUK KURA-KURA
3. sebaiknya jangan. terramycin jangan diteteskan terlalu banyak. cukup satu tetes aja mungkin. :)
4. jangan dikasih pellet bulat dulu. kasih makanan sayuran yang sudah dihancurkan aja, biar dia mudah cernanya.....

kalau emang urgent, saya sarankan segera bawa ke dokter hewan terdekat aja, mbak... :(

Saya sudah baca artikelnya mengenai obat alami dok. Utk air rebusan sirih, diberikan sbyk brp tetes, berapa kali sehari dok? Kemudian, airnya dimasukan ke mulut atau ditetes lewat hidung dok trm ksh

diminumkan lewat mulut. jangan ditetes di hidung.
bisa sehari 2x, pagi dan sore.

bagusnya sih yang air jahe, mbak... :)

This comment has been removed by the author.

sebanyak apa dok diminumkannya berapa tetes kira2 kalau pakai spuit itu brp cc setiap kali minum? air jahe ya dok..tdk berbahaya utk pencernaannya kan dok air jahe tersebut?
update utk hari ini : sudah mau makan, mulut sdh tidak gasping.. mata sudah membuka :D

pake pipet atau sedotan akua yang kecil aja.
kalau ukuran cc-nya, sekitar 3 sampe 5 cc.
nggak bahaya kok kalau memenuhi syarat yang sudah saya tulis di artikelnya... hayooo, apa syarat air jahenya?? :D

wah saya ikut senang. cek fesesnya mbak... :)

Jahenya yg penting sdh tdk hangat ya dok atau panas di mulut kita baru boleh diberikan. Kmrn dr anusnya keluar urates keputihan smp banyak bgt dok heheh

maksudnya gak hangat = udah gak kerasa jahenya.
pokoknya gak kerasa rasa jahenya gitu. bukan hangat = suhu. :)

keluar urate setelah dikasih air jahe atau sesudah? :)

bisa kirim gambar fesesnya kemari?

keluarnya saat sedang dikasi air jahe dok.

ini link foto fesesnya :
https://postimg.org/image/h03ld3w4n/

ini link foto urates nya:
https://postimg.org/image/3qzsdpyz7/

dari feses dan uratesnya apakah normal dok? kalau sudah spt ini keadaannya, saran dokter selanjutnya bgmn dok :)

maaf sebelumnya, ini hewannya kura-kura kan? maaf kalo saya salah, untuk memastikan aja, hehehe...

sementara ini kasih air jahe aja dulu. itu udah mendingan.
jaga agar suhunya gak terlalu panas atau terlalu dingin aja.

malam dok, saya baru beli sulcata ukuran 6cm, saya pilih yang paling lincah 2 ekor terus sampe rumah juga masih lincah tadi siang, tapi setelah itu malah tidur terus dan gamau makan, kenapa ya dok?

mau tanya dok, sulcata saya(8cm) tidak suka makan sayur tapi kalau dikasi tomat atau pepaya dimakan, saya sudah jemur tapi tetap begini, dia jarang pup juga, kemarin" dia makan batu dan nyangkut tapi sudah saya keluarkan, gimana cara agar dia mau makan sayur ya?

banyak sebabnya sih. bisa jadi karena stress, atau sakit.
cek fesesnya. tahinya. kalau fesesnya mencret, kemungkinan sakit. kalau fesesnya gak mencret, kemungkinan stress.

mas gak tahu kalau kura2 sulcata anakan mudah mati?

mas bisa baca artikel OBAT ALAMI UNTUK KURA-KURA

jangan dipaksa makan sayur dulu. yang penting,dia mau makan. itu aja udah cukup.

karena bisa jadi emang dia belum terbiasa makan sayur. atau kalau mas jus tomatnya sama sayurnya? coba aja....

dia jarang pup juga dok, bsa 2 hari sekali itu juga pupnya sedikit, ada yg bisa saya lakukan?

fesesnya padet sih.
katanya sih emang rentan ya dok, tp saya suka hehehe
terimakasih ya dokk

fesesnya gimana? mencret nggak?
kalo 2 hari sekali masih dikatakan normal. mencret nggak?

kabari terus. mungkin mas bisa kasih obat yang saya tulis di artikel OBAT ALAMI UNTUK KURA-KURA

dok, kalo saya kasih makan sayuran terus ga abis, apa harus dibuang makanannya atau didiemin disana?

fesesnya ga cair , padat tapi lembek sangat.

oh gak apa2.
udah coba kasih salahsatu obat alami untuk kura-kura, mas...

jaga agar suhu kandangnya stabil... :)

kalau udah 24 jam, ganti aja pake yang baru, mas... :)

Dok mau tanya
Sulcata saya matanya berair sih tapu bukan sampai berair gimana
Apa harus benar2 kering matanya dok baru dikatakan sehat ?
Sempat saya flash matanya mau lihat soalnya
Jadi berair

yang penting matanya jangan sampe basah banget, air matanya jangan sampe menetes keluar mata, mas.
dan selama nafsu makannya oke dan fesesnya gak mencret saya kira dia masih sehat...

kalo foto jangan pake flash ya mas

maaf karena baru balas. kabari lagi

Emg normalnya mata harus kering ring ya dok? Maaf banyak tanya hehehe
Makan lahap dok
Feses hitam kerass jg hehehhe

Dok saya baru beli radiata dok
Maaf bertanya disini soalnya search radiata ga muncul cara memeliharanya
Radita saya kalo makan ga mau di liatin harus ditinggal itu knpa yaa Dok?
Terus Radiata saya kalo dijemur kan depan rumah ramai didalem tempurung terus Dok
Ini aja belom pup Dok
Oh iya Radiata saya baru sampai jumat pagi

umur radiatanya berapa mas?
harusnya sih jemurnya jangan ditempat ramai dan jangan terlalu lama, apalagi kalau radiatanya masih anakan/bayi.

sekarang gimana?

kura-kura anakan juga rentan mati...

dok selama ini kura kura saya diberi makan caisim dan kaktus centong kadang diberi buah-buahan, apakah hrs saya beri mazuri atau suplemen lainnya?

nggak. itu udah cukup.
mungkin kasih suplemen kalsium aja merk exoterra, mas.. makanannya di powdering dulu di situ... :)


Silakan upload gambar.