Cara Memelihara Sulcata | Drh. Fira Sovica

Tips dan trik

cara memelihara sulcata

ini ditujukkan untuk orang yang sudah memiliki sulcata maupun baru akan membeli sulcata.
secara garis besar, cara memelihara sulcata tidak sulit tapi juga tidak juga dibilang mudah. ada beberapa pokok hal yang harus ditekankan dalam memelihara hewan yang dinamakan African Spurred Tortoise dalam bahasa inggris atau Geochelone Sulcata dalam bahasa latin. berikut adalah beberapa tips dalam memelihara sulcata. Bedanya kura-kura sulcata dengan pardalis bisa anda ketahui di artikel cara membedakan kura-kura sulcata dan pardalis.

1. sulcata tidak menyukai tempat lembab
hal ini karena memang aslinya sulcata berasal dari afrika yang beriklim kering. sulcata secara alami hidup di Sudan, Togo, Ethiophia, Mauritania hingga Mali. berkenaan dengan ini, maka sediakanlah tempat yang kering dan bebas air karena sulcata memang jenis kura-kura darat. kecuali sulcata yang masih kecil, sulcata juga cukup diberi minum seminggu sekali.

2. gunakan lampu khusus reptil untuk menerangi kandangnya.
lampu khusus untuk reptil sangat disarankan penggunaannya di kandang sulcata. selain untuk asupan vitamin D3 yang baik untuk sulcata, lampu khusus reptil juga bisa menghangatkan kandang sulcata. Tempatkan lampu khusus reptil di satu titik kandang, dan biarkan bagian lain dari kandang tetap teduh agar sulcata bisa meneduh saat ia sudah merasa kepanasan.

3. makanan sulcata
di habitat alamnya, sulcata banyak memakan tumbuhan-tumbuhan yang mengandung air. untuk sulcata penangkaran, para penangkar sulcata biasanya memberikan kaktus centong caisim, wortel, selada, bunga sepatu, daun murbei, alfalfa, bermuda grass, dan fumak. hindari makanan yang berprotein tinggi untuk mencegah pyramiding (bentuk tempurung berbentuk piramid atau munjung ke atas). sebaiknya berkonsultasi dahulu kepada orang yang lebih berpengalaman jika ingin memberikan jenis sayuran yang lain ke sulcata.
sulcata juga perlu diberi asupan kalsium. asupan kalsium bisa diperoleh dari produk suplemen kalsium khusus reptil yang banyak beredar di pasaran atau bisa juga menggunakan tulang ikan sotong yang dihaluskan.

4. menjemur sulcata di bawah sinar matahari
menjemur sulcata di bawah sinar matahari pagi hendaknya dilakukan minimal 1 minggu sekali selama 5 atau 10 menit dibawah sinar matahari pagi (dibawah jam 9 pagi). selain untuk menyerap vitamin D, penjemuran juga dilakukan untuk membantu menghilangkan virus dan bakteri yang mungkin saja terdapat pada karapas atau tubuh sulcata.
jangan menjemur sulcata tanpa pengawasan dan segera pindahkan sulcata jika sulcata mulai terlihat gelisah.

5. ciri sulcata yang sehat
ciri-ciri sulcata yang sehat antara lain matanya jernih, hidung kering dan tidak berair, nafsu makan bagus, aktif bergerak, berat badan seimbang, dan tidak adanya luka pada scute (sambungan antarkeping tempurung). anda patut curiga jika salahsatu ciri sulcata yang sehat tersebut tidak terdapat pada sulcata anda.

Demikian artikel tentang

cara memelihara sulcata

. semoga artikel tersebut bermanfaat bagi orang yang ingin memelihara sulcata maupun yang sudah berpengalaman memelihara sulcata.

172 Responses to "Cara Memelihara Sulcata"

  1. Siang dok glowy bubo sy sehat sampe skrg ud mulai ganti bulu dewasa.. skrg sy mau piara kura sulcata yg ud 20cm dok rencana mau pake alas / substrate serbuk cocopeat aman kan dok? Untuk makanan terbaik sulcata apa? Sy dgr selada ga bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah. :D
      kalo pake cocopeat sebenernya kurang aman. kadang bisa ketelen ama sulcata dan menyebabkan susah BAB pada sulcata. pake alas kertas koran aja mas. pilih yang bersih... :)

      Delete
  2. Siang dok glowy bubo sy sehat sampe skrg ud mulai ganti bulu dewasa.. skrg sy mau piara kura sulcata yg ud 20cm dok rencana mau pake alas / substrate serbuk cocopeat aman kan dok? Untuk makanan terbaik sulcata apa? Sy dgr selada ga bagus

    ReplyDelete
  3. dok sy ud buat kandang outdoor untuk sulcata sy 23cm separuh alas rumput gajah mini n separuhnya zeolit kasar boleh ga? supaya kotorannya mudah dibersihkan .. karna kl dikasih sayuran fumak siomak caisim sukan babnya lembek, kl diksh ubi jalar ,labu siam,pisang n apel boleh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan kasih zeolith mas. dan untuk kandang outdoor, kalau saya boleh saran, mending jangan dulu. cuaca lagi pancaroba. mending taro dulu sulcata di indoor.

      untuk bedding, pakai koran bekas yang bersih aja. makanan boleh kasih ubi, labu, pisang, dan apel.

      kasih saya kabar lagi ya mas. i love to heard it. :)

      Delete
  4. Dok, sulcata saya ukuran 5.5 cm, dia tadinya makan teratur, sehat, skrg dia lemas, tidur mulu, buka mata pun susah, ak kasih dia terramycin inject blh dok? Lalu di cangkang dia ada semacam noda namun makin besar, saya pakaikan dia salep, apa itu jamur? Saya juga kasih dia lampu, suhu yang tepat brp?

    ReplyDelete
  5. Dok, sulcata saya ukuran 5.5 cm, dia tadinya makan teratur, sehat, skrg dia lemas, tidur mulu, buka mata pun susah, ak kasih dia terramycin inject blh dok? Lalu di cangkang dia ada semacam noda namun makin besar, saya pakaikan dia salep, apa itu jamur? Saya juga kasih dia lampu, suhu yang tepat brp?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuaca emang lagi gak bagus buat kura2. kasih terramicyn boleh, tapi saya sarankan sih bawa aja ke vet terdekat biar sekalian dicek nodanya. takutnya jamur. sekalian minta multivitamin buat sulcatanya.. :)

      Delete
  6. Sore dok..
    Sya baru adopt sulcata ukuran 20cm,,dirumah saya baru 3hr..dr awal dtg makannya bagus diksh sawi hijau/caisim rakus sampe habis 1 ikat..kmrn sy kasih kembang sepatu habis 10 bunga suka sekali, tp hr ini sy kasih sawi ga mau dimakan, mintanya kembang sepatu trs.. apa memang bgitu? Bagusnya diksh makannya apa aja utk di mix?

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang karakter sulcata begitu. kalau dia udah suka sama satu jenis makanan, dia akan minta makanan itu.

      gak semua sulcata kayak gini sih. balik lagi ke karakter sulcatanya. ada juga yang gak pilih2 makan...

      menurut saya sih yang penting dia mau makan. itu aja dlu. kalau soal diferensiasi pakan, bisa diakalin... :)

      Delete
  7. hallo dok,,
    kalo untuk alas saya pasir silika boleh gak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. partikel silika bahaya buat paru2 sulcata kalau sampe masuk ke paru2.
      amannya, pakai koran aja mas...

      Delete
  8. Dok klo pake alas kertas A4 aman ya dok?
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak pernah coba sih. hmm, mending koran bersih aja mas kalau ada. kalau gak ada, boleh a4 tapi do at your own risk ya, hehehe

      Delete
  9. hai dok.. tau penjual suclata dimana ga? around jakarta deh dok.. plis info..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang tau mas. kalau bisa milihnya yang bagus dan sehat, di pasar hewan juga ada yang jual...

      atau kalau mau yang terjamin, coba gabung di grup jual beli kura2 di facebook... atau cari di kaskus... :)

      Delete
  10. Selamat siang Dok... saya punya kura kura sulcata usia 5 bulan kurang lebih. Nafsu makannya beberapa harit erakhir ini berkurang jauh. Hanya mau makan beberapa gigit saja.
    Saya pelihara indoor... dengan alas paper tissue dan lampu UVB + lampu pemanas. Disoaking setiap pagi dan dijemur minimal 1 minggu sekali.
    Makanan fumak, kale, kembang sepatu. Tapi sekarang tidak mau makan atay makan hanya beberapa gigit.
    Mata tidak berair, hidung tidak pilek, setiap hari tetap poop wrn hijau kehitaman tp sedikit.
    Apa yang salah dan saya harus bagaimana Dok?
    Terimakasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dari faktor pemeliharaannya sih bagus. tebakan saya sih dia jenuh ama makanannya. coba dikasih jenis makanan lain...

      poopnya mencret gak?

      saya tunggu kabar selanjutnya

      Delete
    2. Hallo Dok.. poopnya tidak mencret. Tetap padat memanjang.
      Saya sudah coba kombinasikan dengan daun endives, okra dan labu kuning (butter squash). Hanya labu kuning mau digigit 2 - 3x, yg lain tidak mau.
      Harus dibagaimanakan ya Dok? Apakah ada yg saya missed?

      Terimakasih Dokter..

      Delete
    3. so far so good. mungkin observasi aja mas selama beberapa hari. 3 hari aja. :)

      kasih kabar ya mas

      Delete
  11. Dok, sulcata saya tiba2 ga mau makan & tdk poop. Sdh saya jemur & rendam air hangat. Tapi ga poop jg. Ada saran?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah berapa lama?
      kalau saya sarankan sih lebih baik bawa ke dokter hewan saja. nanti diberi obat pencahar sama dokter hewannya...

      opsi lain, mas bisa kasih pepaya matang buat sulcatanya. kalau sembelitnya belum terlalu parah, bisa sembuh... :)

      Delete
  12. Mau tanya nih, sulcata dewasa memiliki ciri sudah berdiameter 35cm. Kira-kira disaat sulcata berukuran diameter 35cm, umur sulcata tersebut berapa tahun ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jujur saya tidak tahu pasti, tapi tebakan saya sekitar 4 atau 5 tahun. dulu paman saya pernah punya sulcata, umur 3 tahun karapaksnya lebih dari 20cm lebih. :)

      sebenernya, balik lagi ke makanan apa yang dimakan si sulcata sih... :)

      Delete
  13. Terima kasih banyak article nya dokter

    ReplyDelete
  14. Pgi dok saya punya sulcata tadinya makannya lahap "makan sawi dan pepaya seminggu sekali.. tp udah semingguan ini dy ga nafsu makan matanya merem terus badannya lemes.. tiap hari udah saya jemur tp gada perubahan.. gmna solusinya dok??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dia lagi sakit gitu, ya jangan dijemur, mas... malah makin drop keadaannya... :(

      fesesnya gimana? mencret? mas kasih makannya cuma seminggu sekali doang? kalau fesesnya mencret, mending bawa ke dokter hewan sesegera mungkin. sekalian dicek keseluruhan. sulcatanya masih anakan?

      Delete
  15. Berapa ukuran karapas sulki yg aman utk dipelihara oleh pemula. Mengingat byk isu yg mengatakan bebi sulki mudah tewas. Terima kasih

    ReplyDelete
  16. Berapa ukuran karapas sulki yg aman utk dipelihara oleh pemula. Mengingat byk isu yg mengatakan bebi sulki mudah tewas. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener, mas. mungkin ukuran 15cm ke atas lebih tahan terhadap suhu udara dan cuaca....

      penyebab kematian sulcata sebenernya lebih ke:
      1. salah kasih makan (makanan kurang bersih, dll)
      2. perubahan suhu udara dan cuaca yang berubah2. makanya lebih baik taro sulcata di dalam ruangan.

      Delete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. Pagi dok, mau nanya . saya punya sulcata umur kurang dari 1 tahun . Kandang nya indor + lampu penghagat .alas nya pake aquazone campur pasir malang apakah baik ? Sama tempat hidingnya perlu penghagat lagi apa engga dok? Terima kasih .

    ReplyDelete
    Replies
    1. alasnya udah cukup bagus.
      untuk hidingnya, gak usah kasih penghangat lagi. karena tujuan hiding ya biar dia bisa meneduh kalo emang dia kerasa kepanasan. :)

      Delete
  19. siang dok , sulcata saya cuma 1 .apakah saya harus beli satu lagi biar sulcata nya engga stres dan bisa ngobrol? hehe .. terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak harus, mas. :)
      satu aja cukup kok. dan setahu saya, sulcata bukan hewan sosial.

      Delete
  20. mau tanya bu dokter, saya baru keep sulcata 5 hari. hari 2-4 di ksh caisim & gt freek mau mkn tp dikit. hari ke 5 makanan cuma di cium" aja tp ga di makan. di kandang pake lampu uva & uvb. suhu bwh lampu 32c. hidung kering, tp mata kanan suka nutup sebelah dan kdng di usap" sama kaki. aktif cuma pagi sampai siang, dari siang sampai pagi lagi tdr trs ga aktif. bagaimana solusi untuk masalah saya dan agar sulcata bisa makan rakus. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek fesesnya, tahinya. apakah mencret?
      kalau iya, kemungkinan emang sakit. kalau masih berbentuk, kayaknya sih masih sehat. mungkin suhu kandangnya aja yang diturunin dikit, kepanasan kalo sampe 32 derajat. turunin jadi sekitar 27 atau 28 derajat.

      Delete
  21. ,Sulcata ukuran 6 cm akhir akhir akhir ini sulcata saya makanya kurang kaya biasanya dan suka tidur hari ini aku liat makan poopnya sendiri padahal ga pilek matanya bening jenur rutin tiap pagi apa itu termasuk sakit dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak. normal kok torto makan fesesnya sendiri atau feses kura-kura lain. sama halnya seperti kelinci, feses kura-kura darat biasanya ada yang jenis cecotrope. Mungkin mas bisa baca artikel saya CARA MENGETAHUI KESEHATAN KELINCI DARI FESESNYA, di sana ada penjelasan mengenai cecotrope....

      fesesnya sendiri gak mencret kan?

      coba mas baca juga artikel saya OBAT ALAMI UNTU KURA_KURA, kasih minuam air rebusan daun sirih aja agar sistem pencernaannya bagus...

      jaga agar kura-kuranya gak kedinginann

      Delete
  22. Siang dok..saya ingin memelihara sulcata tp mash ragu apakahsusah memeligharany?drumah saya ada kucing..apakah stres klo ada kucing?seblmny sy perng memelihara kura kura brazil.apakah sulcata lebih susah memeliharany dibanding kura kura brazil?mksh ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya seneng mas nanya dulu ke saya.
      hmm, dibilang susah, ya susah sih kalo belum pengalaman.
      hmm, coba mas baca artikel HEWAN PELIHARAAN GAMPANG MATI.

      kalau susah mana, pelihara kura-kura brazil atau kura-kura sulcata, relatif sama prinsipnya: kura-kura yang dewasa lebih tahan daya tahan tubuhnya dibanding anakan.... :)

      Delete
  23. Dok sy mau konsul. Sulcata sy kira2 sizenya 6-7cm. Keluhan utamanya :skrg gamau makan dan mata terus terpejam
    Jd riwayatnya bgini dok.. Pilek 3mgg yg lalu, keluar cairan bening dr hidung sblh kiri. Makan lama2 makin dikit. Mata skrg jd cenderung terpejam. Skrg udah ga ada pilek cairan lg tp hidungnya lobangnya spt nya tidak plong kyny byk ingus/sesuatunya. Skrg kura2nya jg suka mouth gasping.
    Prtnyaan sy :
    1. Apakah ini gejala upper respiratory tract infection atau sdh ke pneumonia?
    2. Apakah kura2 ini boleh diberikan terramycin ke hidungnya? Sehari sekali atau dua kali dok?
    3. Apakah terramycin boleh masuk ke mulutnya diteteskan?
    4. Apakah boleh handfeeding? Jd dibuka mulutnya, diberikan suplemen bubuk, cairan dan pellet mazuri yg disuapi?
    Trm kasih sblmny dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh, maaf banget karena saya baru balas... :(
      kura-kura umur segitu emang lagi rentan banget sakit. udah saya bahas di artikel HEWAN PELIHARAAN YANG GAMPANG MATI

      1. kalo dugaan upper respiratory tract infection sih ada aja, cuma saya kan gak liat sulcatanya langsung. bisa aja cuma pilek biasa aja. karena sulcata umur segitu emang lagi rentan2nya...
      2. boleh aja dikasih terramycin, meski sebenernya saya lebih menyarankan pake antibiotik alami yang sudah saya bahas di artikel OBAT ALAMI UNTUK KURA-KURA
      3. sebaiknya jangan. terramycin jangan diteteskan terlalu banyak. cukup satu tetes aja mungkin. :)
      4. jangan dikasih pellet bulat dulu. kasih makanan sayuran yang sudah dihancurkan aja, biar dia mudah cernanya.....

      kalau emang urgent, saya sarankan segera bawa ke dokter hewan terdekat aja, mbak... :(

      Delete
  24. ini gambar fesesnya dok :
    https://postimg.org/image/hn2qix0wz/

    dan ini gambar kura2nya dok :
    https://postimg.org/image/faocvqk53/

    terima kasih dok :)

    ReplyDelete
  25. Saya sudah baca artikelnya mengenai obat alami dok. Utk air rebusan sirih, diberikan sbyk brp tetes, berapa kali sehari dok? Kemudian, airnya dimasukan ke mulut atau ditetes lewat hidung dok trm ksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. diminumkan lewat mulut. jangan ditetes di hidung.
      bisa sehari 2x, pagi dan sore.

      bagusnya sih yang air jahe, mbak... :)

      Delete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. sebanyak apa dok diminumkannya berapa tetes kira2 kalau pakai spuit itu brp cc setiap kali minum? air jahe ya dok..tdk berbahaya utk pencernaannya kan dok air jahe tersebut?
    update utk hari ini : sudah mau makan, mulut sdh tidak gasping.. mata sudah membuka :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake pipet atau sedotan akua yang kecil aja.
      kalau ukuran cc-nya, sekitar 3 sampe 5 cc.
      nggak bahaya kok kalau memenuhi syarat yang sudah saya tulis di artikelnya... hayooo, apa syarat air jahenya?? :D

      wah saya ikut senang. cek fesesnya mbak... :)

      Delete
  28. Jahenya yg penting sdh tdk hangat ya dok atau panas di mulut kita baru boleh diberikan. Kmrn dr anusnya keluar urates keputihan smp banyak bgt dok heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya gak hangat = udah gak kerasa jahenya.
      pokoknya gak kerasa rasa jahenya gitu. bukan hangat = suhu. :)

      keluar urate setelah dikasih air jahe atau sesudah? :)

      bisa kirim gambar fesesnya kemari?

      Delete
  29. keluarnya saat sedang dikasi air jahe dok.

    ini link foto fesesnya :
    https://postimg.org/image/h03ld3w4n/

    ini link foto urates nya:
    https://postimg.org/image/3qzsdpyz7/

    dari feses dan uratesnya apakah normal dok? kalau sudah spt ini keadaannya, saran dokter selanjutnya bgmn dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf sebelumnya, ini hewannya kura-kura kan? maaf kalo saya salah, untuk memastikan aja, hehehe...

      sementara ini kasih air jahe aja dulu. itu udah mendingan.
      jaga agar suhunya gak terlalu panas atau terlalu dingin aja.

      Delete
  30. malam dok, saya baru beli sulcata ukuran 6cm, saya pilih yang paling lincah 2 ekor terus sampe rumah juga masih lincah tadi siang, tapi setelah itu malah tidur terus dan gamau makan, kenapa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak sebabnya sih. bisa jadi karena stress, atau sakit.
      cek fesesnya. tahinya. kalau fesesnya mencret, kemungkinan sakit. kalau fesesnya gak mencret, kemungkinan stress.

      mas gak tahu kalau kura2 sulcata anakan mudah mati?

      mas bisa baca artikel OBAT ALAMI UNTUK KURA-KURA

      Delete
    2. fesesnya padet sih.
      katanya sih emang rentan ya dok, tp saya suka hehehe
      terimakasih ya dokk

      Delete
    3. dok, kalo saya kasih makan sayuran terus ga abis, apa harus dibuang makanannya atau didiemin disana?

      Delete
    4. kalau udah 24 jam, ganti aja pake yang baru, mas... :)

      Delete
  31. mau tanya dok, sulcata saya(8cm) tidak suka makan sayur tapi kalau dikasi tomat atau pepaya dimakan, saya sudah jemur tapi tetap begini, dia jarang pup juga, kemarin" dia makan batu dan nyangkut tapi sudah saya keluarkan, gimana cara agar dia mau makan sayur ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dipaksa makan sayur dulu. yang penting,dia mau makan. itu aja udah cukup.

      karena bisa jadi emang dia belum terbiasa makan sayur. atau kalau mas jus tomatnya sama sayurnya? coba aja....

      Delete
    2. dia jarang pup juga dok, bsa 2 hari sekali itu juga pupnya sedikit, ada yg bisa saya lakukan?

      Delete
    3. fesesnya gimana? mencret nggak?
      kalo 2 hari sekali masih dikatakan normal. mencret nggak?

      kabari terus. mungkin mas bisa kasih obat yang saya tulis di artikel OBAT ALAMI UNTUK KURA-KURA

      Delete
    4. fesesnya ga cair , padat tapi lembek sangat.

      Delete
    5. oh gak apa2.
      udah coba kasih salahsatu obat alami untuk kura-kura, mas...

      jaga agar suhu kandangnya stabil... :)

      Delete
  32. Dok mau tanya
    Sulcata saya matanya berair sih tapu bukan sampai berair gimana
    Apa harus benar2 kering matanya dok baru dikatakan sehat ?
    Sempat saya flash matanya mau lihat soalnya
    Jadi berair

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting matanya jangan sampe basah banget, air matanya jangan sampe menetes keluar mata, mas.
      dan selama nafsu makannya oke dan fesesnya gak mencret saya kira dia masih sehat...

      kalo foto jangan pake flash ya mas

      maaf karena baru balas. kabari lagi

      Delete
    2. Emg normalnya mata harus kering ring ya dok? Maaf banyak tanya hehehe
      Makan lahap dok
      Feses hitam kerass jg hehehhe

      Delete
  33. Dok saya baru beli radiata dok
    Maaf bertanya disini soalnya search radiata ga muncul cara memeliharanya
    Radita saya kalo makan ga mau di liatin harus ditinggal itu knpa yaa Dok?
    Terus Radiata saya kalo dijemur kan depan rumah ramai didalem tempurung terus Dok
    Ini aja belom pup Dok
    Oh iya Radiata saya baru sampai jumat pagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur radiatanya berapa mas?
      harusnya sih jemurnya jangan ditempat ramai dan jangan terlalu lama, apalagi kalau radiatanya masih anakan/bayi.

      sekarang gimana?

      kura-kura anakan juga rentan mati...

      Delete
  34. dok selama ini kura kura saya diberi makan caisim dan kaktus centong kadang diberi buah-buahan, apakah hrs saya beri mazuri atau suplemen lainnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak. itu udah cukup.
      mungkin kasih suplemen kalsium aja merk exoterra, mas.. makanannya di powdering dulu di situ... :)

      Delete
  35. SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI YA Dok...mohon maaf lahir batin y..maaf agak telat ucapinya..hehe...Dok saya mau tanya ni,saya punya jenis kura darat jenis marginata ni..uda hampir 1 thn saya pelihara dok..Awalny makanny lahap kali..baik di kasi pelet maupun sayur (siomak,sawi,kailan) di embat..
    Tapi 2-3 bulan terakhir ini..nafsu mkn dia ga ada lo dok...pelet dan sayuur pun tdk mau makan dia..kulihat makin kurus dia..batoknya si agak lunak2 lo..uda jarang dia pup..ada pup pun dikit x itu pun kluar putih2..klo kondisi kandangnya si kering dok..cuma tiap jam 11-12 gt aku rendam air sekitar 10 mnt gt..selalu di jemur di bawah matahari dok tapi dengan kondisi kandang ditutup koran dan atap rumahku pake seng plastik transparan..
    menurut dokter..apa kuraku keracunan mineral y? atau ada penyebab lain y dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. selamat idul fitri juga mas... :)
      fesesnya gimana mas? mencret?
      saran saya, mending segera bawa ke dokter hewan, mas. terutama kalau fesesnya mencret.
      terlalu kompleks untuk ditangani dari jauh...

      kemungkinan kurang kalsium, plus ada beberapa komplikasi, kemungkinan dari sistem cernanya. mas yakin selama ini kasih makanannya bersih?

      Delete
  36. dok kura" sulcata saya mengeluarkan putih" seperti kapur, itu kenapa dan apa penyebabnya ya? apa yg harus saya lakukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. darimananya mas?
      bisa diperjelas lagi?

      bagusnya sih kalo mas kirim gambarnya kemari... :)

      saya tunggu.

      dia masih mau makan?

      Delete
    2. http://i.imgur.com/bMDRHfl.jpg,

      keluar dr pantatnya, makan dia normal saya kasi pelet gt freak dan rumput

      Delete
    3. coba kasih makan buah, mas. kayak potongan pepaya.
      kayaknya terlalu banyak zat kapur di makanannya. tapi coba aja dulu kasih potongan pepaya matang. biar sistem cernanya bagus...

      Delete
  37. permisi dok rencana saya mau memelihara sulcata, ukuran yang paling ideal untuk orang awam seperti saya berapa cm ya dok, saya takut membeli usia sulcata yang masih terlalu rentan dan takut sulcata itu mati dok saya lihat di pasaran rata rata yang di jual ukuran 5cm dan masih baby, apakah itu aman untuk di perlihara dok ? terimakasih

    ReplyDelete
  38. Dok, saya mau tanya
    1. perawatan apa saja yang harus dilakukan ketika tortoise lemas setelah pengiriman jarak jauh?
    2. Ukurannya masih 4,5 cm dok kecil sangat, makanan yang baik apa saja ya dok, harus dikombinasi juga kah dok makanannya?
    3. Perlukah vitamin2 tambahan, ingin saya semua alami tanpa ada bahan kimia buatan?
    4. Dan untuk kandang saya beri lampu uv A uv B disalah satu ujung dengan alas kandang serbuk gergaji dari pohon kelapa, ada sedikit air untuk minum apakah itu sudah cukup baik dok?
    Terima kasih banyak sebelumnya dok
    Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  39. Dok, maaf sblmnya saya mau tanya. Sulcata baby 6-7cm apakah baik di tiap hari di rendam air hangat 10 menit, dan jemur kering 10 menit?. Saya baru pelihara sulcata baru seminggu lebih, dan makannya belum rakus2,malah sekarang dia pilek tp masih mau makan sih. Minta solusinya ya dok biar dia ga pilek + nafsu makan bagus. Terimakasih dok.

    ReplyDelete
  40. Dok saya pelihara seekor Baby Sulcata, saya menempatkannya di satu kandang dengan 2 ekor Baby Pardalis. Hal itu baik ga dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. satu kandang berjamaah maksudnya? imamnya siapa? hehehehehe....

      nggak apa-apa, mas. tapi kalo satunya sakit, mending pindahin yang sakit ke kandang sendiri.... :)

      Delete
  41. dok sulcata saya sudah 3 hari pilek, ingusnya sampai di luar hidung seperti basah dok, nafsu makan turun dan tidur terus, sudah saya kasih air jahe masih pilek dok. gimana ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending segera bawa ke dokter hewan aja mas, kasian... :(
      atau mas bisa baca artikel cara mengobati kura-kura pilek...

      Delete
  42. Siang dok, saya baca diatas ada yg kondisi matanya ber air kadang2 dan suka digaruk pakai kakinya , kata dokter jgn sampai keluar dari area matanya , nah baby sulcata saya suk begitu dok kalau abiz tidur die melek diajak main matanya 2nya suka ber air dan suka digaruk pakai kakinya , apakah itu sakit mata? Makan lancar dan bagus responnya , trimakasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya kata saya jgn sampe keluar dari area matanya apa ya mas? :)

      soal sulcata mas, mending cek dulu: apakah sering sekali garuk2 atau cuma sesekali aja? matanya berair apakah sampe menetes gitu air matanya, atau sekedar berair aja?

      mending cek dulu area matanya. apakah ada bagian ruam merah atau semacamnya. terus cek juga hidungnya, apakah keliatan basah? banyak sebab sih...

      mending mas baca semua artikel saya mengenai kura-kura di blog ini. iya, semuanya. karena baby sulcata sangat mudah mati kalau sampe salah. di artikel Jenis Hewan Peliharaan Mudah Mati sudah saya bahas penyebabnya....

      Delete
  43. bagus sehari brapa kali makan utk sulcata ya Dok??

    ReplyDelete
  44. Dok buka praktek dimana? Ada nomor wa atau bbm kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di sini, di blog. :)
      dulunya ada di rumah saya di bogor, tapi tutup karena saya terlalu sibuk di instansi tempat bekerja...

      konsultasi via blog aja, mas... :)

      Delete
  45. pertumbuhan sulcata 8 cm saya hanya setengah cm dalam 5 bulan. apakah pertumbuhan segitu normal? atau apakah ada kemungkinan bladder stone? tetapi setiap direndam kadang mengeluarkan urates seperti odol atau bubuk kapur, mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo menurut pendapat saya, itu masih bisa dibilang normal, mas.. mas biasa kasih makan apa?

      mending hindari pemberian pakan yang terlalu banyak mengandung zat kapur...

      Delete
    2. sayaa beri daun dan bunga kembang sepatu, pelet mazuri, daun murbei, kadang kaktus centong . seminggu sekali diberi kalsium bubuk

      Delete
    3. udah bagus kok itu makanannya. untuk kalsiumnya, mending dosisnya diatur lagi...

      Delete
  46. Kalau musang umur 2-3 minggu bagus nya dikasih susu atau bubur bayi dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo saya menyarankan kasih bubur bayi promina encer, mas. jangan dikasih susu. :)

      Delete
  47. Dok bulan lalu saya membeli baby sulcata tapi dari awal beli dia sangat jarang kencing 1 minggu 1x bahkan bisa lebih dari 1 minggu tidak kencing. Apakah ada saran harus diberi apa dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak apa2, wajar kok.
      fesesnya nggak mencret kan? kalau fesesnya masih normal (nggak mencret), dan nafsu makannya masih bagus, saya kira dia masih sehat....

      Delete
  48. Dok mau tanya.

    saya ada sulcata ukuran 11 cm, dari awal dateng emang makannya sedikit (makan sawi hijau), tapi kalo didiemin lama2 habis juga tapi bisa 3-4 jam baru habis. mata jernih, pup teratur (berbentuk) tetapi makan gak lahap, sedangkan katanya sulcata bisa diibaratkan mesin pemotong rumput.

    Oiya 1 lagi, apakah boleh sulcata dicampur oleh indian star?
    saya pernah mencampurkan kandangnya, sepertinya sulcatanya jalan-jalan terus, gak mau makan. jadi makanannya dimakan indianstar.
    (penempatan full outdoor, alas rumput gajah)

    terimakasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh di campur sama indian star. selama keduanya akur, boleh aja.

      soal nafsu makan juga nggak apa2, mas. selama fesesnya gak mencret (karena kura-kura bisa kita ketahui sehat atau nggak dari fesesnya dan perilakunya), saya kira dia masih sehat...

      nah soal full outdoor ini yang saya agak khawatir. kalo cuaca dingin atau malam hari, mending pindahkan aja mas... :)

      Delete
  49. Sulcata dewasa 33 cm panjang kalau mencret seperti di gambar...harus bagaimana dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah berapa lama?
      coba mas beli aja reptile booster, suplemen reptil. udah ada artikelnya. :)

      Delete
  50. Alhamdulillah ketemu blog ini. Sangat berguna banget bagi saya yg tertarik pelihara kura2 darat. Saya tertarik sulcata dan atau pardalis. Lebih mudah mana dok buat pemula? Jazakillah Khairan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. susah dua-duanya. hehehe. boleh pelihara pardalis dan sulcata asalkan yang umurnya lebih dari 3 bulan ya mas. jangan yang kurang dari itu karena sistem pencernaannya sangat rapuh....

      udah saya bahas di artikel jenis hewan peliharaan gampang mati. baca aja dulu. :)

      Delete
    2. Udah dibaca artikel nya, makasih. usia tiga bulan itu kira2 ukuran berapa? O ya mau tanya, kan habitat asli sulcata di gurun dgn suhu yg panas. Tapi bukanya kalo malem sangat dingin? mungkin kayak di arab kalau siang sangat panas tapi malem sangat dingin. Kalau seperti itu berarti tidak perlu lampu penghangat bukan? thanks

      Delete
    3. ya betul mas. tapi biasanya kalau malam mereka akan mengubur setengah badannya agar terasa hangat di pasir. karena masih ada sisa hawa hangat di dalam pasir...

      lampu penghangat sebenernya digunakan kalau udara lagi dingin aja. kalau udara normal, gak usah...

      Delete
    4. Perlu kelembaban gak? Katanya dikasih kelembaban supaya tdk pyramiding. Bener gak?

      Delete
    5. pyramiding setau saya sebabnya karena makanan, mas. nggak ada hubungannya sama kelembaban... CMIIW

      Delete
    6. Wah beda2 ya info nya. Menurut seller nya musti kasih kelembaban biar gak pyramiding dan dia tunjukkan contoh kura2 yg masih pyramiding dan yg mulai normal setelah di treatment dgn kandang yg diberi kelembaban.

      Delete
  51. Dok ini ada artikel yg berhubungan dgn kelembaban: http://www.tortoisetrust.org/articles/microclimates.htm
    Bagaimana menurut bu dokter? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu untuk kura-kura anakan dan masih dalam masa pertumbuhan. penyebab pyramiding sendiri adalah overfeeding, terutama protein. :)

      karena sama aja, meski tingkat humidity kandang tinggi tapi keseimbangan gizi tidak dijaga (alias terlalu tinggi protein), pada akhirnya akan terjadi pyramiding juga. :)

      kira-kira seperti itu.

      mungkin nanti akan saya bahas lebih lanjut di artikel terbaru. saya akan lanjutkan riset ini lagi... :D

      makasih banyak buat masukkannya, mas. :D

      Delete
    2. Artinya kalo masih anakan perlu kelembaban tapi kalo sudah dewasa tidak perlu lagi ya?

      Delete
    3. Dok makanan apa aja yg kadar protein nya tinggi?

      Delete
    4. makanan kura-kura yang proteinnya tinggi? pellet salahsatunya.

      hewan apapun, apalagi reptil, butuh kelembaban kok. yang jadi poin saya adalah penyebab pyramidingnya.

      masnya mau breeding torto?

      maaf karena baru balas... :(

      Delete
    5. Saya baru pelihara sulcata dok. Pingin kejelasan mengenai kebutuhan kelembaban. Soalnya info yg sy terima simpang siur. Ada yg bilang kandangnya kering saja, ada yg bilang musti agak lembab. Sy jd bingung yg benar yg mana. Intinya saya mau sulcata baby saya sehat gak gampang sakit apa yg musti saya perhatikan? Terimakasih

      Delete
    6. kalo kelembaban emang butuh, tapi jangan lembab banget. karena kalo lembab banget juga bakteri banyak ngumpul. mungkin pagi dan sore bisa mas spray sekali di kandangnya, kenain kura-kuranya juga. :)

      itu aja sih sebenernya.

      yang lain, standar: suhu kandang dijaga, makanan jangan sampe telat makan. jaga kebersihan. :)

      Delete
    7. Berapa % kelembaban dan suhu yg ideal dok?

      Delete
    8. as i now, berkisar antara 40 hingga 55%. kalo pake lampu UVB, agak susah buat dapet level humidity segitu. jadi kalo emang cuacanya lagi gak dingin, mending lampu UVB matiin aja biar dapet tingkat humidity-nya...

      Delete
    9. Dok dirumah saya humid nya 70% lebih padahal sudah pake lampu UVA+UVB. Baca2 forum torto malah ada yg di kasih 90% dan sulcatanya baik2 saja. Kalau ngejar 55% sepertinya sulit malah takut dehidrasi.

      Delete
  52. Dok, maaf melenceng sedikit. Saya mau tanya cara memelihara kura - kura matahari (kura kura duri). Saya baru saja dikasi hadiah kura2 matahari.
    Katanya kalau makan harus di darat, bener ato nggak ya?
    Sama menu diet yang cocok, soalnya saya liat2 di artikel banyak yang bilang kura matahari makan buah aja.
    Oh iya, kandang harus brp % air dan darat ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak juga. kasih makan nggak harus di darat.
      untuk makanannya, kasih aja pellet kura-kura, mas. yang biasa dijual di toko ikan hias...

      soal kura-kura matahari makan buah, nggak juga sih mas.

      Delete
  53. Pagi Dok. Ada artikel tentang BLADDER STONE? Serbuk putih yg kadang keluar dari sulki sebenarnya apa ya? dan apakah ada hubunganya dengan bladder stone? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya karena makanannya terlalu banyak kandungan kapurnya, mas. kalo di manusia namanya batu kemih, yang menyebabkan penyakit kencing batu.

      belum saya publish sih. mungkin nanti saya publish secepatnya... :)

      Delete
    2. Assalamu'alaikum. Apakah sudah di publish? Terimakasih.

      Delete
    3. terima kasih sudah diingatkan! :)
      barusan saya publish, mas... :)

      Delete
  54. Malem dok, saya baru aja mulai pelihara sulcata ukuran kurang lebih 13 cm, kandangnya pake alas koran, lengkap dengan keperluan2nya termasuk lampu UVA UVB 25 Watt. Pada hari - hari pertama saya beli, beraknya masih solid dan hitam, tapi setelah beberapa hari saya pelihara, beraknya berwarna hijau tua dan agak cair... makanan yang saya berikan: kaktus centong, wortel, sawi, daun2an entah dari pohon depan rumah, dan mazuri torto diet LS.... apa berak cair ini akibat dari makanannya? kura - kuranya aktif, matanya cerah, masih sering berjalan2... Dan kenapa dia tidak mau makan pelet mazuri-nya lagi ya...? tolong jawabannya dok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dikasih daun sembarangan yang ada di depan rumah, mas. itu aja dulu yang distop. setelah itu, observasi selama seminggu penuh. apakah setelah seminggu ada perubahan dari fesesnya.

      untuk suplemen, mas bisa kasih reptile booster yang sudah saya tulis reviewnya di cara agar reptile tetap sehat

      Delete
  55. Salam kenal dok..
    Saya mau nanya, rencana mau keep 2 ekor sulcata ukuran 6cm, masalahnya pengiriman butuh waktu 2 hari (48jam) sampe ke saya, apakah sulcatany bisa bertahan dok ? Dan setelah sampe, saya harus apain buat kondisi nya kembali normal (tidak capek/stress) ? Thanks dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak riskan. karena sulcata ukuran segitu masih sangat gampang mati. pake jasa khusus pengiriman hewan aja mas. jangan pake pengiriman barang.

      dan mending mas order Reptile Booster yang review product-nya sudah saya tulis di artikel cara agar reptil tetap sehat. setelah kura-kuranya sampe, bisa kasih reptile booster itu

      Delete
  56. halo dok..
    saya baru mengadopt baby sulcata ukuran 5cm. pengiriman memakan waktu 1 hari, kemarin sesampainya dirumah baby sulcata nya tidur terus dan sering ngucek-ngucek mata. karna malam itu lampu uva+uvb yang saya pesan belum juga datang, saya menggukan lampu ruangan biasa untuk memberi kehangatan sementara. paginya sulcatanya saya kasih makan dan jemur serta berendam. sulcatanya tetap mau makan tapi hanya sedikit. saat sedang saya keringkan untuk saya masukin ke kandang lagi, sulcatanya poop tp sedikit, kemudian saya lihat di pantatnya masih terdapat poop nya dan pantat tdk tertutup rapat. saya coba kasih selada air dicampur reptil oil tp hanya dimakan sedikit dan sekarangpun dia tidur terus. kondisi hidung dan mata kering. apa yang harus saya lakukan dok?
    oiya suhu di kandang sudah 30 derajat tanpa lampu, apa perlu tetap menggunakan lampu uva uvb (lampunya sudah ada)?
    mohon penjelasannya dok, terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak usah kasih lampu lagi, mbak...
      saya agak khawatir sih. tapi coba kasih air jahe. caranya baca dulu di artikel obat alami untuk kura-kura. diminumkan. baca dulu ya mbak.... :)

      Delete
  57. Askum Bu dokter,selamat berpuasa. Sy mau tanya nih Dok,kira2 kelembaban untuk baby sulcata itu yg bagus berapa ya ? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, mas. :)

      bagusnya sih 45% s/d 50% mas. tapi kayaknya agak susah buat keep terus biar kelembabannya segitu terus... jadi yang penting gak terlalu kering, ruangannya juga gak terlalu panas, 3 kali sehari bisa spray pake semprotan air yang buat burung... 3-4 kali spray aja...

      Delete
  58. Terimakasih atas sarannya ya Dok.

    ReplyDelete
  59. Aloo dok,,saya di bogor juga, in case ada urgent, bisa berkunjung kah? Hehehe,

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya, klinik saya di bogor juga udah tutup, mas... :(

      Delete
  60. Halo dok, saya mau adopt baby sulcata nah pilihannya itu ada dua dok yg satu super yang satunya lagi batok miring. maksudnya batok miring apa ya dok?? apakah berbahaya kalo saya adopt yang batok miring?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kura-kura batok miring itu sebenernya bentuk cacat kecil sih mas. cuma kadang dianggap unik. kalo bisa sih jangan pilih yang itu.

      kalau bahaya sih tergantung seberapa miring. kalo miring banget, saya takut susah dalam proses kawinnya nanti.

      baby sulcata masih rentan mati, mas. buat jaga2, mending mas baca artikel saya, hewan peliharaan gampang mati, baca bagian kura-kura

      Delete
  61. saya sudah baca DOk artkel dokter.. semuanya..

    ReplyDelete
  62. saya jadinya beli yang batok agak miring Dok, tp dikit doang kok.. kira2 suhu yang cocok untuk kandang sulcata itu berapa ya dok.?? saya ada thermostatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. suhu kandang berkisar 27 hingga 29 derajat mas.

      iya nggak apa2, pilih yang batoknya miring juga, hehehe.

      makan lancar? fesesnya gimana?

      Delete
  63. Oh ya dok, kalo dikasih tulang sotong tulang sotongnya itu rendam air dulubatau biar kering aja.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tumbuk sampe halus, kemudian tabur ke makanannya.
      jangan terlalu sering ya mas. seminggu atau dua minggu sekali aja... :)

      Delete
  64. makna lancar, tapi maunya makan pelet terus dok, sayurannya baru saya kasih pokcoy sih.. fesenya bagus dok tidak mencret..
    kira2 makanan sayuran yang gampang dicari dan disukai culcata itu apa aja ya Dok.?? terimakasih dok atas ilmunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. pokcoy bagus mas. pellet bisa juga sesekali. atau bisa dibalik. pokcoy lebih sering, pellet bisa sesekali... :)

      udah baca artikel hewan peliharaan gampang mati, mas? :)
      kura-kura termasuk. biar tahu penyebabnya, mas bisa baca artikelnya... :)

      cara kasihnya ada di kemasannya mas. atau coba aja tanya ke yang jual. kayaknya sih ditetes... :)

      Delete
  65. ohh ya kalo pemakaian reptile booster itu gaimaana dok? pemakaiannya berapa kali sehari??

    ReplyDelete
  66. Dok sulki sy sudah lama pilek belum sembuh2. Jemur udah rutin. Bagaimana penangananya? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih reptile booster mas. udah saya bahas di artikel cara agar reptil tetap sehat....

      Delete
  67. Dok, sulcata saya 6 cm sekarang banyak tidur dan pupnya mencret jemur rutin mkn dikit, itu knp dok? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dijemur dulu. dia lagi sakit, kalo dijemur ya tambah sakit :(

      cek artikel saya, hewan peliharaan gampang mati. di sana ada penyebab kematian kenapa anakan kura-kura gampang mati...

      coba mas kasih air jahe. cara bikin air jahenya, cek artikel obat alami untuk kura-kura

      Delete
  68. halo dok mau tanya sulcata saya makan potongan serabut kelapa kering.. apakah bahaya dok?? soalnya itu dijadikan alas kandang dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah makan itu, dia masih mau makan? atau mogok makan?
      dan setelah dia makan itu, dia masih bisa pup normal?

      untuk jaga-jaga, mending siapin obat pencahar. takutnya dia sembelit (susah pup) gara2 makan itu.... cek artikel saya, obat sembelit untuk reptil

      Delete
  69. akhirnya dok poop juga.. kmrn udah was2 ngga poop 3 hari.. kemarin saya kasih reptile booster, saya jemur, trus sore akhirnya poop juga bentuknya kecil gitu kaya kurang nrml trus td mlm poop dan sudah normal.. tatakan yang bagus untuk kandang kura2 selain koran apa ya dok??

    ReplyDelete
  70. soalnya kalo misalkan tatakan kandangnya pake karpet talang sering kebali sendiri dok..kira2 alas kandangnya apa ya dok..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ooooooh, syukurlah! :D
      observasi terus ya mas.

      bedding bisa pake karpet talang. atau pake karpet anti-slip yang biasa ada di musholah/masjid. https://s1.bukalapak.com/img/1146560791/large/Karpet_WC___Kamar_Mandi_Anti_Slip__JUAL_METERAN_.jpg

      tapi koran juga oke sih. gampang koran malah. bisa diganti2. :)

      Delete
  71. Siang Bu Dokter..
    Saya mau konsultasi mengenai sulcata saya yg masih baby ukuran 6cm..
    Tapi jarang buka blog, ada email atau nomer wa biar bisa lebih gampang konsultasi..
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  72. Assalamualaikum dok saya baru keep sulcata 5 cm an, tapi sekarang hidungnya buntu gitu,kayak gak ada lubangnya, ini gimana penanganannya dok? Terima kasih

    ReplyDelete
  73. dok kemana aja kok ga update lagi??
    lagi pendidikan yaa??

    ReplyDelete
  74. dok kemana kok ga ada balesannya lagi??

    ReplyDelete
  75. dok saya mau tanya ini penting bgt dok.. pleasee..

    ReplyDelete
  76. Hai Dokter, terimakasih atas artikelnya. Saya punya sulcata masih baby beli di toko online (sebut saja tkpda) nah 2 hari dia ga mau makan, dari hasil baca-baca kemungkinan dia stress jadi saya rendam dengan obat dari JKK Procare, rendaman pertama dia keluar kaya kentut gitu dan alahasil dia langsung mau makan. Selanjutnya dia makannya ga terlalu banyak dok, ga kaya zulcata orang, ada saran ga ya dok. Saya kasih makan fumak & siomak, pelet kura" darat sesekali dan pelet ikan sedikit & sesekali. Terus saya kasih asupan kalsium dgn suplemen bubuk, di rendam di sayur yg dipotong dan dikeringkan. Mohon saran dan masukannya ya dok

    ReplyDelete
  77. Dok ijin bertanya. Kalau sulcata dan pardalis dijadikan 1 kandang ukuran kira2 40x60 boleh tidak? Apa ada kemungkinan terkena penyakit kalau kedua spesies itu dijadikan 1 kandang. Mohon informasi. Terimakasih

    ReplyDelete
  78. Hallo Dok,
    saya mau nanya nih, saya punya baby sulcata tapi tidak aktif cuma tidur... makan.. tidur, udah gitu tidurnya ngejatohin kepala kealas kandang, saya coba sekali rendam air & jemur tapi malah diem aja dan malah tidur pas di jemur. pengalaman baru nih saya baru nyoba pelihara kura2 sulcata :)
    solusinya gmna yah dok ? terima kasih

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.