Penyebab Stress Pada Sugar Glider | Drh. Fira Sovica

Ada beberapa sebab

stress pada sugar glider

. Penyebab-penyebab stress pada sugar glider ini umumnya terjadi karena perpindahan tangan (dijual), lingkungan yang baru, sakit dan travelling atau perjalanan jauh. Dan berikut adalah beberapa penyebab stress pada sugar glider:
Penyebab Stress Pada Sugar Glider
Image taken from cutestpaw.com
  1. Pindah lingkungan kandang.
  2. Penyebab stress yang pertama pada sugar glider adalah perpindahan lingkungan kandang. Perpindahan lingkungan kandang bisa terjadi saat sugar glider dijual oleh pemiliknya ke pemilik yang lain. Stres karena pindah lingkungan kandang ini terjadi karena sugar glider mengenali sekelilingnya dari aroma dan bau udaranya, dan perbedaan aroma udara yang signifikan dapat membuat si sugar glider menjadi ketakutan, terutama pada sugar glider yang masih muda atau sugar glider berkarakter rapuh.
  3. Perjalanan jauh.
  4. Penyebab stres yang kedua pada sugar glider adalah travelling atau bepergian jauh bersama ownernya. Sugar glider biasanya akan mengalami short-term stressing akibat perjalanan jauh. Tidak semua sugar glider menjadi stres saat perjalanan jauh. Sugar glider yang sudah sangat bonding dan mengenali bau ownernya dengan baik akan lebih mudah tidak stres saat travelling. Untuk menghindari sugar glider stres saat perjalanan jauh, akan lebih baik jika anda tidak membawa sugar glider saat perjalanan jauh kecuali jika si sugar glider tersebut sudah sangat bonding kepada anda. Cara membonding sugar glider atau cara agar sugar glider bonding bisa dibaca di artikel cara agar sugar glider menjadi bonding.
  5. Kehilangan teman kandang.
  6. Sugar glider adalah hewan yang sangat unik. Sugar glider memiliki karakternya masing-masing, dan seekor sugar glider akan menjalin persahabatan unik dengan satu sugar glider yang lain jika disatukan dalam satu koloni atau satu kandang. Istilah persahabatan antar sugar glider tersebut disebut imprint, dimana sugar glider akan terikat secara emosional kepada satu sugar glider yang lain baik yang berkelamin sama atau berkelamin berbeda. Kehilangan teman imprint-nya atau kehilangan teman kandangnya akan membuat sugar glider stres. Pada tingkatan parah, sugar glider yang kehilangan sahabatnya di kandang akan berubah wataknya menjadi galak dan sering barking. Anda bisa membaca arti barking pada sugar glider di artikel istilah dalam memelihara sugar glider.
  7. Kehamilan.
  8. Kehamilan pada sugar glider menjadi penyebab stres pada sugar glider yang selanjutnya, terutama pada sugar glider yang hamil dibawah usia yang dianjurkan. Kadang, stress pada saat kehamilan sugar glider bisa membuat si sugar glider memakan anaknya sendiri. Lebih lanjut tentang penyebab sugar glider mereject anaknya sendiri, anda bisa membaca penyebab sugar glider memakan anaknya sendiri di artikel kenapa sugar glider memakan anaknya sendiri.
  9. Perubahan makanan.
  10. Perubahan makanan menjadi penyebab stress pada sugar glider yang selanjutnya, terutama untuk makanan yang benar-benar asing bagi si sugar glider. Untuk itulah, sebaiknya anda tidak mengganti makanan sugar glider secara tiba-tiba. Anda diharapkan mengganti makanan sugar glider secara bertahap dan diberikan sedikit demi sedikit selama beberapa minggu sebelum akhirnya si sugar glider terbiasa dengan makanannya yang baru.
  11. Kesepian.
  12. Kesepian di kandang akan menyebabkan sugar glider menjadi stress. Pada tingkatan parah, sugar glider yang stress akibat kesepian akan mengalami perubahan perilaku secara drastis.
  13. Sakit.
  14. Penyebab stress pada sugar glider yang selanjutnya adalah karena sakit. Pada tingkat sakit yang signifikan, sugar glider yang stres akibat sakit akan mengalami penurunan aktifitas kandang, menjadi pemurung, jarang bergerak, dan lebih suka tertidur di kandangnya. Jika tidak ditangani lebih lanjut, sugar glider yang stress akibat sakit akan mengalami kematian mendadak.
Demikian adalah beberapa penyebab

stress pada sugar glider

. Sekali lagi, seperti yang saya sebutkan di artikel cara memelihara sugar glider, memelihara sugar glider membutuhkan tekad kuat dan motivasi yang besar untuk memeliharanya karena ini menyangkut nyawa makhluk hidup. Memelihara sugar glider berarti siap dengan resiko mengobati sugar glider yang stress. Saran, kritik, dan komentar bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

345 Responses to "Penyebab Stress Pada Sugar Glider"

  1. Dok saya mau tanya. Akhir2 ini sugar glider saya terlihat tidak aktif sebelumnya dan kebanayakan diam saat di kandangnya. Yang jantan fesesnya berwarna kuning dan seperti ada tonjolan di bagian dadanya. Sebelumnya mereka seperti agak menggigil jadi kkandangnya saya pindahkan terus makanan mereka digantu. Sebaiknga apa yang dilakukan ya dok. Itu terjaid kenapa yadok ? Terimakadih

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama ini diberi makan apa? kondisi kebersihan kandang bagaimana?
      coba mbak tutup kandangnya dengan kaus bekas pakai. pakai beberapa baju hingga kondisi kandang agak gelap karena tertutup kaus tadi. kondisi kamar tempat kandang ditaruh juga sebaiknya jangan terlalu bising. air minum tambahkan madu hingga terasa manis, dan jangan kasih makan selain buah2an..... pepaya atau lengkeng...
      saya tunggu kabar selanjutnya... :)

      Delete
    2. dok mau nanya
      ini saya punya sg umur 2bulan
      nahh dia kerjaan nya tidur terus
      abis makan terus tidur
      saya ajak main pun dia tetep merem
      itu kenapa ya dok?
      mau minta no kontek dok brp ya?

      Delete
    3. gak apa2. umur 2 bulan memang seperti itu. kalau dia tetep mau makan, saya kra dia masih sehat...

      sementara konsultasi via blog ini saja mas... salam )

      Delete
  2. Kalo saya tinggal sekolah terus pas saya pulang dia lagi merongkuk gemetaran. Itu kenapa yaa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau nafsu makannya bagus, masih termasuk sehat kok.
      cukup taruh kaus bekas pakai di dalam kandangnya agar dia bisa masuk ke dalam lipatan kaus itu bila kedinginan. kaus bekas pakai juga berguna agar dia mengenal bau tubuh mbak, agar bisa lebih jinak...

      Delete
  3. aku baru beli sugar glider joey kemaren terus sekarang dia ga mau makan, makanan yang bagus buat sg joey apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bubur bayi aja, minumannya kasih madu sedikit biar terasa manis... :)

      Delete
  4. Asslmlkm... buk dr.. 😊 mau tanya, saya kn baru beli sg umur 2 - 3 bln... kan harus di diamkan selama 2-3 hari, kalau untuk kandangnya apa harus ditutupi full dgn baju bekas keringat, sehingga dia tidak melihat kita mondar-mandir, kalau punya saya sengaja saya kasih celah besar sehingga dia melihat aktifitas org keluar masuk rumah, dan juga didalam kandang saya sengaja tidak memberi tempat tidur dulu, kalau dikasih dia sembunyi dan crabbing terus buk.. ☺ ... klau crabbing saya sering sodorkan sesuatu agar tidak bosan gigit dan agar tidak crabbing.. saya baru beli jalan 3 hari buk.. mhon infonya ya... terima kasih 😉

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada beberapa hal yang kurang tepat
      1. masa adaptasi cukup 1 hingga 2 hari, mas.
      2. kandang tidak ditutupi kaus. cukup masukkan saja kaus bekas pakai mas ke dalam, biarkan sgnya menyusup ke dalam pakaian itu. jadi bukan kandangnya yang ditutup. :)
      selain jadi tempat tidur, si sg juga jadi sering mencium bau tubuh mas. nantinya jadi cepat jinak. justru kalau dia sering sembunyi = dia jadi sering mencium bau tubuh mas, jadi bisa mempercepat proses penjinakkan
      3. seperti yang dijelaskan di poin 2, tempat tidur sg = baju bekas pakai.
      4. untuk mengurangi crabbing, coba sering ajak main. yang pasti, sg itu bisa baca pikiran kita. semua hewan seperti itu. jadi tunjukkan rasa sayang sama dia mas, biar dia percaya. coba juga kasih makan pakai tangan. bubur bayi dicuil di jari, lalu disodorkan ke mulutnya... :)

      Delete
  5. Wah. . Ternyata saya salah trick.. hehe.. terima kasih drh.fira.. sangat membantu ... ☺ ...

    ReplyDelete
  6. Makanan tambahan untuk sugar glider yang di perkaya dengan minyak ikan kods dan mutivitamin. Tambahan multivitamin bermanfaat untuk mencegah stress pada suga glider kesayangan anda.

    Sugar glider menyukai makanan tambahan alternatif

    Extra fooding MARKEL, solusi cerdas mencegah stress pada sugar glider kesayangan anda

    ReplyDelete
  7. Sugar glider saya suka makanin tanganya sendiri dok terus juga galak bgt udah 3 minggu msh glk jja knp y dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau hanya 3 minggu, masih kurang untuk menjinakkan sugar glider.
      sugar glider sendiri kan punya karakter masing2, ada yang emang mudah dijinakkan, ada yang tidak. yang penting sabar. :)

      kalau soal memakan tangannya sendiri, maksudnya gmn mas? dia makan tangannya sampai luka2 dan putus begitu? sampai berdarah-darah? coba diperjelas lagi... :)

      Delete
    2. Mksdny mnjilat2 tangan dn kakiny bu fn sg saya aktf bgt msh liar bgt tgn saya digigit trus dan msh bnyi trus apa sg saya stress apa y klau stress cara penangananya gmn y bu

      Delete
    3. ooooh. kaget saya. saya kirain benar menggigit hingga luka2, hehehe...

      itu bukan stress. biarin aja. dia belum sepenuhnya kenal sama mas. coba masukkan kaus bekas pakai mas ke dalam kandang, biarkan dia tidur di dalam situ. sering2 disuapi pakai tangan (handsfeed) kalau makan....

      cara lengkapnya mas bisa baca cara menjinakkan sugar glider. search aja di bagian cari artikel...

      Delete
  8. Halo. Saya mau tanya. SUN mix jeruk, apel, pisang bisa ga untuk makanan sugar glider joey?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa harus di-mix mas? ntar rasanya jadi aneh, hehehe...
      meski tidak apa2, lebih baik jangan... :D

      Delete
    2. Bagusnya yg rasa apa y? Terus kalau misalnya saya kasih yg mix, ada efek sama kesehatan y? Itu ada mix jeruk juga

      Delete
    3. Maksudnya saya bukan sengaja mix tapi memang produk sun yg dr sononya mix.

      Delete
    4. tidak ada efek apa2, rasanya aja kali yang sedikit unik... kalau mau, tambah sedikit madu... :)

      Delete
    5. Joey saya mau makan, handsfeed juga. Tapi dia ga mau keluar dr pouch tidur?? Baru 2 hari beli. apa itu tidak masalah? Sg kan makannya sehari 2 kali, nah Takaran untuk sekali makan brp banyak y? Hehee :D maaf y banyak tanya dan merepotkan.

      Delete
    6. gak ada takaran. mas taruh saja makanan di kandangnya, nanti dia makan sendiri. kalau masih disuapi (handsfeed), kasih aja sampe dia tidak mau makan lagi....

      tidak masalah kalau dalam 2 hari pertama dia tidak mau keluar pouch. wajar karena masih adaptasi.... :)

      Delete
    7. Dok, saya mau tanya lg. Hehee
      Pola tidur sugar glider?? Terus klo mau diajak main bagusnya jam brp? Takutnya pola tidurnya terganggu.

      Delete
    8. silakan baca cara memelihara sugar glider. di sana ada istilah sugar glider itu nocturnal... :)

      Delete
    9. Diajak main bagusnya jam brp dok? Aktifnya kan malam, ga mungkin saya ajak main tengah malam dok. Saya harus tidur kalau malam. Hahahaa

      Delete
    10. kalau siang2 mau diajak main, jam berapa aja bisa sih mas. Gak apa2, gak bakalan ganggu jam tidurnya dia juga. :)
      nanti juga abis main biasanya dia molor lagi... :D

      Delete
    11. Sg saya sampai malam ini tidur terus, semalam juga malam smpai pagi tidur terus. Apa lg sakit? Joey baru 2 hari beli. Bingung dok, sedih juga lihat joeynya kayak gitu.

      Delete
    12. intinya, jika sgnya masih mau makan dan fesesnya masih padat (tidak mencret), saya kira dia masih sehat... cukup berpatokan ke situ... :)

      Delete
  9. Dok, sugar glider sy kok g minum" udah 3 hari y?? Brp byk sugar glider seharusnya minum ai dalam sehari??

    ReplyDelete
  10. Dok, sugar glider sy kok gak minum" udah 3 hari y?? Brp byk sugar glider seharusnya minum air dalam sehari??

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba air minumnya kasih madu... :)
      madu tj aja atau madu rasa juga gak apa2... :)

      Delete
    2. Dok. Sun bubur sereal susu rasa pisang susu boleh ga jadi makanan sugar glider?

      Delete
    3. Dok. Sun bubur sereal susu rasa pisang susu boleh ga jadi makanan sugar glider?

      Delete
    4. Dok, bagaimana caranya agar sugar glider tidak takut dekat keramaian(orang banyak)??

      Delete
    5. Dok, bagaimana caranya agar sugar glider tidak takut dengan keramaian(orang banyak)??

      Delete
    6. harus dibiasakan dihandle (dipegang) oleh orang yang berlainan.... :)
      tapi harus hati2 juga, usahakan agar org yang memegangnya tau cara memegang sg dengan benar... jangan ngasal... soalnya pernah ada kasus sg mati setelah dpegang org yang lain.... mungkin kepencet... :)

      Delete
  11. Doksaya baru beli sg kemarin siang, dan pas malem hari jam 11an sg saya mati dok. Awalnya saya lihat dia ngeluarin darah sedikit, pas malemnya dia langsung ngeluarin banyal darah terus mati dok. Si penjualnya sih bilangnya masih sehat, pas saya beli juga kelihatan sehat, masih lincah gitu. Itu kenapa yah? :( mohon pencerahannyaa :( rugi bandar niih :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. sg-nya masih anakan ya mas?
      sepertinya salah penanganan, mas. saya juga kerap menangani kasus kayak begini. faktor penyebabnya cuma 2: salah kasih makan dan cara memegang yang salah. kebanyakan karena yang terakhir.
      semua hewan yang kita beli sebaiknya dikarantina dulu. didiamkan di kandang tertutup selama beberapa jam, dan sebaiknya jangan dipegang2 sama orang dulu selain oleh ownernya. owner juga harus tau cara memegang hewan yang benar. jangan sesekali memejet/menekan tubuh sg, cukup biarkan sg merangkak di telapak tangan kita.....

      Delete
    2. Sgnya udah gede kok, mungkin sekitar 7bulanan. Saya beli di jatinegara dok, ceritanya sih pengen jinakin sendiri biar ada pengalamannya. Sama abang abang di jatnernya dia diteken lehernya gitu. Dan kemarin sih saya pengen taro dikandang terus dia lari, lompat terus kepentok mesin cuci. dia saya kasih makan tapi gak makan, selalu nolak. Bubur bayi udah, pisang udah, pepaya juga udah. Tapi dia tetep gak mau makan. Sedih banget baru beli langsung mati :'(

      Delete
    3. oh, mungkin karena itu. terlebih kan kalau di pasar hewan tau sendiri perawatannya gmn, mas. asal banget.
      gak apa2, buat pengalaman aja. coba nanti kalau beli lagi, kasih air madu aja. ditaruh di tempat minum hamster, dipasang di kandangnya. kalau dia udah minum, coba taruh bubur sun di kandangnya... nanti dia makan sendiri kok... :)

      jangan nyerah, mas.. :)

      Delete
  12. Iya dok kemarin lupa mau beli madunya. Soalnya udah malem sampe rumahnya.
    Oiya dok mau nanya lagi, kalo buat ternak nih, sebaiknya pake apa yah tempat tidurnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai batok kelapa aja mas, gak apa2... :)
      pastikan batoknya dilubangi di bawahnya agar urin dan fesesnya keluar... :)

      Delete
    2. Kalau pake tempat tidur yg kayak ranjang itu gimana? Yg digantung diatas

      Delete
    3. Kalau pake tempat tidur yg kayak ranjang itu gimana? Yg digantung diatas

      Delete
    4. pake hanging pouch? pake itu juga bisa.... :)

      Delete
    5. Iya dok hehe
      Nanya lagi dong hehe, air minumnya dikasih madu rasa jeruk gak apa apa kan? *maklummasihpemula hehehe

      Delete
    6. kalau adanya hanya itu, boleh aja, gak apa2....
      kalau ada madu yang lain, seperti madu tj, pake madu tj aja... :)

      Delete
  13. Dok, sugar glider bisa tertular flu dari manusia tidak?
    Soalnya saya sedang flu berat, apa tidak tertular sama sugar glider saya? Saya takut aja dia sakit. Karena saya beli sugar glider berarti saya sudah siap merawat dan menjaga agar dia tidak sakit. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa tertular. sebaiknya memang jika mas sedang flu, cuci tangan dulu dan pakai masker saat akan memegang sg... :)

      sip. saya bantu dari belakang aja. kalau ada yang ditanyakan, bisa ke blog ini mas... :)

      Delete
    2. Kalau tertular bahaya ga dok? kalau tertular sgnya bisa flu juga?

      Delete
    3. Kalau tertular bahaya ga dok? kalau tertular sgnya bisa flu juga?

      Delete
    4. gak, gak bahaya. pencegahannya, cukup kasih makan dan minum secara rutin dan jaga kebersihan kandang. :)

      Delete
    5. Terimakasih banyak untuk informasinya dok. Sangat berguna :)

      Delete
  14. Kalau tertular bahaya ga dok? kalau tertular sgnya bisa flu juga?

    ReplyDelete
  15. Dok mau tanya dong, saya kan beli sugar glider jantan tgl 7 februari lalu, sampe sekarang blm bonding, kalo dikandang mau sih disuapin dielus elus tapi kalo dilepas suka kabur, kalo ditangkap buat masuk kandang lg malah masih suk gigit.
    Terus belakangan ini sugar glider saya sering melamun, kenapa ya dok? saya khawatir, sedih liat dia melamun, makan tapi masih mau kok kalo disuapin
    Tapi apa sebabnya dia melamun?

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah mbak/mas membeli sugar glidernya hanya satu ekor? :)
      sugar glider itu hewan sosial, jadi mereka lebih baik dipelihara setidaknya sepasang.

      sebenarnya jinak dan bonding itu gak lepas dari karakter sgnya. ada sg yang memang gampang dijinakkan (mudah menerima manusia), ada juga yang keras kepala dan susah dijinakkan. tapi secara garis besar, sg pasti bisa dijinakkan. asal sabar. coba baca cara menjinakkan sugar glider. mbak/mas juga bisa baca artikel saya perbedaan jinak dan bonding. cara membondingkan sugar glider juga bisa mbak/mas baca di blog ini. :)

      Delete
  16. iya mbak saya cuma beli jantan umur 5 bulan. segitu belum bonding. kalo saya mau beli pasangannya kan minimal umur 6 bulan, nanti malah ga ke handle
    gimana ya mbak, saya sedih liat sg saya begitu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau memang seperti itu, coba lebih sering diajak main. lebih sering lagi. soalnya sg butuh main dengan sesamanya....

      cara lainnya ya dengan beli sg lagi. beli aja mbak biar dia ada temennya... :)

      Delete
    2. Kalau saya mau beli betinanya, lebih baik umur berapa ya mbak?

      Delete
  17. Dok, mau nanya lagi. Sorry banyak tanya y. Saling membantu itu kan banyak berkatnya dok. Hehee
    Sg umur 1.5 bulan boleh ga dikasih makan jangkrik? Kalau boleh gmn cara kasih makannya?

    ReplyDelete
  18. Dok, mau nanya lagi. Sorry banyak tanya y. Saling membantu itu kan banyak berkatnya dok. Hehee
    Sg umur 1.5 bulan boleh ga dikasih makan jangkrik? Kalau boleh gmn cara kasih makannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, gak apa2 saya malah seneng kalo banyak nanya. :D
      sebenernya sih gak masalah kalo sg umur berapapun dikasih makan jangkrik... tapi kalau memang dia gak bisa makannya, gak usah dikasi h makan jangkrik dulu gak apa2 sampai dia bisa makan sendiri jangkriknya..., :)

      Delete
  19. dok mau nanya dong sg ane baru beli nihh.. baru 1 minggu.. dia suka di kandang muluk, tidur muuluk, cuman udah mau tidur di tangan saya juga, tapi masih suka kabur dok, kalao uda di dalem hiding pounch kaga mau keluar dok, susah banget, udah gakk crabbing sihh dokk, cuman pegangan mulukk dahh.. apa ane salah ngasih tempat tidur ya dok, harusnya pake baju bekas pakai saya ya dok? sebaiknya ngasih makanya sehari brapa kali dok, saya masih bingung, dan untuk proses bonding kan handfeed tuhh, untuk makannya saya handfeed aja ato di kasih makanan juga di kandangnya dokk.. hehehehe :) pengenya sih biar cepet bonding sama saya gitu :D

    trimakasih
    mohon sarannya

    ReplyDelete
  20. pernah sihh dokk main main sama saya.. hehehehe muterin badan, habis itu kabur dahh, kayaknya nyariin pounchnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mas gak ngerokok, lebih baik pakai kaus bekas pakai. kalau mas merokok, lebih baik jangan karena residu rokok di baju kadang malah membuat sg sakit, bahkan mati....


      sering2 diajak main di dalem kandang kayak disuapi kalau makan, dll.... :)

      silakan baca juga artikel saya cara agar sugar glider bonding...

      Delete
  21. dok saya kan kadang kadang make hit elektrik tuhh kalo lagi banyak nyamuk, itu berbahaya gak dok buat sg?? makannya berapa kali sehari dokk??

    ReplyDelete
  22. oh iya dok, kalo saya ngambil dari hiding pounchnya agak susah dokk, terus jarang banget dahh dia keluar pounch, saya jadi agak repot ngambilnya, gimana ya dok yakk cara ngambil dari pounch biar bisa saya ajak main gitu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. asalkan gak pake obat nyamuk bakar, masih aman kok mas.
      untuk pemberian makan, silakan baca cara memelihara
      sugar glider. search di bagian cari artikel......

      kalau cara ambil sg dr hiding pouch, bagian dalam hiding pouch dikeluarkan dengan cara bagian bawahnya didorong ke atas secara
      pelan-pelan hingga sg-nya ikut terdorong keluar.... :)

      mas bisa baca2 mengenai sg di artikel lain. search aja... sukses
      buat ternak sg-nya mas... :)

      Delete
    2. kalo saran saya sih kang hiding pounchnya yang aga terbuka jangan yang tabung, biasanya kalo yang tabung sih suka kaget si SGnya terus kalo di keluarin SG nya aga susah..

      Delete
    3. kalo saran saya sih kang hiding pounchnya yang aga terbuka jangan yang tabung, biasanya kalo yang tabung sih suka kaget si SGnya terus kalo di keluarin SG nya aga susah..

      Delete
    4. bisa pakai tips dari mas ibnu khiva juga... :)

      Delete
  23. iya dok, makasih banyak dok, saya sudah baca baca banyak tentang sg, tapi masih bingung, ada yang berpendapat A ada yang B jadi masih bingung, hehehehe

    ehhh saya nggak ternak sg, cuma buat peliharaan aja dok hehehehe

    oiya dok mau nanya lagi nihh, maklum pemula
    tadi sg saya diatas pouch, ga tau kenapa dia, tiduran di atas pounch, abis itu saya ambil dok, agak susah masih suka pegangan dia, padahal kalo uda di tangan saya mahh tertidur pulas dia hehe, tapi itu kenapa ya dok, kok dia diatas pounch tidurnya, biasanya gak pernah begitu dok, tapi saya suapin makan masih mau, sekarang mau tidur lagi di pounch, kenapa dokk yakk?? padahal disini udara dingin banget abis ujan

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas bisa tanya ke saya kalau memang ragu... :)
      kalau pas diambil dia masih pegangan, wajar aja karena dia belum bonding kepada mas. mas bisa baca artikel cara membondingkan sugar glider.

      gak apa2 kalau dia tidur di luar. nanti juga kalau memang dia kedinginan dia akan masuk sendiri... :)

      Delete
  24. tapi dia sering banget dok tidur di tangan saya, tiap saya kekep pake tangan dia tidur di tangan saya, tapi tetep aja misalnya kebangun habis itu kabur dahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba lebih sering dikasih makan disuapi pakai tangan. selama 1 bulan ini, gak usah dipegang dulu tapi cukup kasih makan disuapi....

      mas ngerokok gak? kalau ngerokok, sebelum megang lebih baik cuci tangan dulu. saya abis menangani sg yang mati akibat kena residu dan asap roko.....

      sehat selalu buat sgnya... :)

      Delete
  25. yahh seriuss dokk sampe matii.. iya dok saya ngerokok tapi jarang hehe gimana nihh..
    masalahnya tiap hari juga saya kasih makan pake tangan dokk, kadang sambil tidur di tangan saya, saya suapi dia mauu hehe..tapi saya cuci tangan terus kalo ngasih makan, sambil buat makananya.. terus waktu saya ajak main di luar dia gak kabur dok, tapi kalo di dalem, pasti kabur, pernah saya biarin ehh dia nyempil nyempil di kasur hehe

    ReplyDelete
  26. kalo sg sakit tandanya gimana dok??

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya Cara Merawat Sugar Glider Yang Sakit, bisa juga mas baca2 artikel saya di blog ini mengenai merawat sugar glider....

      Delete
  27. oke oke dok makasih banyak... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2. kalau ada yang perlu ditanyain lagi, mas bisa kembali ke sini...

      saya tunggu :)

      Delete
  28. Siang dok..
    aku baru beli joey yg berumuran 2 bln ...nah dia masih ga mau makan apalagi handsfeed gitu...solusinya apa yah dok?
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sugar glider harusnya mulai bisa dijual pada umur 3 atau 4 bulan. kalau 2 bulan, dia masih sangat bergantung kepada induknya.
      coba saja handsfeed menggunakan madu mbak. juga, air minumnya kasih madu... :)
      selama ini dikasih bubur bayi? coba tambah madu juga di bubur bayinya agar terasa manis. saran saya, kasih bubur bayi promina.
      semoga dia mau makan.

      Delete
  29. hai dok apa kabar? :) hehe
    mau nanya lagi nih, sugar glider betina saya suka banget dipojokan yah dan juga kalo dikasih handfeed suka nolak terus kabur kabur gitu, masih crabbing juga. udah 3 mingguan nih masih begitu terus. saya tidurin ditangan juga gak mau, kasih kain bekas dia gak tidur dikainnya malah tidur dipojokan kandang gitu dok. apa emang karakternya yg super duper susah dijinakin nih yah :( saya beli liar sih
    oiya, dia juga sering bunyi "ciit ciit ciit". apa itu tandanya dia mau kawin yah? pala sg cowonya juga udah mulai mau botak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak. bukannya susah dijinakkan. mas udah baca artikel cara menjinakkan sugar glider di sini? coba dibaca dulu.
      di dalem kandang kasih kaus bekas pakai. agar dia kenal bau tubuh mas. kalau dia gak mau handsfeed, taruh saja makanannya di dalam kandang.

      gak ada hewan yang gak bisa dijinakkin, saya yakin. namun kadang cara kita aja yang salah. kita terlalu menuntut hewan 'seperti manusia', padahal gak seperti itu. lakukan terus langkah2 di artikel cara menjinakkan sugar glider. pasti bisa jinak. :)
      semoga berhasil... :)

      Delete
  30. Dok mau nanya saya punya sg 3 bulan di santuin satu kandang sama sg 2 bulan boleh enggak dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau akur, boleh aja. tp kalo berantem, lebih baik dipisahkan... :)

      Delete
  31. Dok.. Saya mau tanya kalo sg yang solo karir (sendiri) frequent setressnya sering atau gpp buat dipelihara 1 aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2 dipelihara 1 juga asalkan sering diajak main biar dia gak kesepian... :)
      amannya sih beli aja 1 lagi mas...

      Delete
    2. Trus masalah umur.. Sg paling lama bertahan berapa tahun?

      Delete
  32. Dok saya mau tanya. Baru 1 mngu yg lalu saya beli sg jantan umur 1,5 bulan..
    dia sdh mulai mengenal bau saya, tp knp sg saya wkt tdr d tgn kok kdg kejang sendiri? Dan akhir" ini dia kalo malem kok tidur muluu? Tidak aktifitas sprt biasa?

    Mohon pencerahannya dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana? masih berbentuk bulat2 atau agak cair?
      coba kasih tau saya feses sgnya... umur segitu harusnya masih disusui oleh induknya. ada kemungkinan kurang nutrisi, tapi semoga aja gak. nafsu makannya gimana mbak?

      Delete
    2. Nafsu makan baik.. feses nya sihh bulat" dok.
      Baik semua kok.. aq jg ksih HPW ke dia dok..
      Apa baik" saja sg q?
      Tp knp kdg kalo dia tdr d tgn. Kyk sprt kejang sendiri ya dok?

      Delete
    3. gak apa2. sehat kok. kalau soal 'kejang' itu sebenernya bukan kjang. sama aja kayak bayi manusia, sg yang lg tidur juga kadang 'kaget'... beberapa owner sg diluar negeri bilang kalau sg bisa mimpi juga... jadi wajar... :)

      Delete
  33. Dok mau nanya, naro kaosnya yg abis keringetan gitu dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, yang abis keringetan tapi jangan yang masih basah. mas gantung dulu di ruangan sejuk hingga setengah kering, lalu baru masukkan ke kandang sgnya.
      pastikan mas gak merokok ya mas. kalau mas merokok, lebih baik jangan memasukkan bekas kaus yang mas pakai waktu merokok. residu dari asap rokok amat berbahaya bagi sg...

      Delete
    2. Klo ga keringetan gimana dok?

      Delete
    3. gak apa2 gak keringetan. yang penting bekas mas pakai. setidaknya ada aroma tubuh mas di kausnya... :)

      Delete
    4. Terus di taronya sampe kapan dok?

      Delete
    5. Terus di taronya sampe kapan dok?

      Delete
    6. bagusnya sih sehari ganti sehari ganti.
      misalnya,
      hari senin taruh kaus yang bekas dipakai hari minggu,
      hari selasa, ambil kaus yang di kandang, ganti dengan kaus yang bekas dipakai hari senin...
      gitu terus menerus,... :)

      Delete
    7. Terus di taronya sampe kapan dok?

      Delete
    8. Selama sebulan dok kya gitu trs?

      Delete
    9. Terus di taronya sampe kapan dok?

      Delete
    10. tergantung mas mau sgnya bonding atau nggak, hehehe. makin sering dan makin lama pakai cara seperti itu, makin kenal dia dengan aroma tubuh mas, dan makin bonding sgnya dengan mas. namun, tentu saja, pakai cara itu aja belum tentu bisa bonding 100%. cara itu hanya agar dia mengenal aroma tubuh mas (dan cara itu bisa mempermudah sg agar bonding). ajak main juga, sering2 ajak main, dan kasih makan dengan cara disuapi... :)

      silakan baca artikel saya cara agar musang bonding... :)

      Delete
    11. Terus di taronya sampe kapan dok?

      Delete
    12. Terus di taronya sampe kapan dok?

      Delete
    13. Terus di taronya sampe kapan dok?

      Delete
    14. ya terserah mas,
      mau sebulan, dua bulan, setahun, dua tahun, terserah. atau mau sampe bener2 bonding, mungkin? :)

      Delete
    15. Terus di taronya sampe kapan dok?

      Delete
  34. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  35. Dok mau nanya, naro kaosnya yg abis keringetan gitu dok?

    ReplyDelete
  36. Dok mau nanya, naro kaosnya yg abis keringetan gitu dok?

    ReplyDelete
  37. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  38. dok, saya punya sg umurnya kurang lebih 4/5 bulan, sudah bonding juga sama saya. tapi kenapa akhir2 ini dia gigit2 terus tangan saya ya dok , khusunya di jari2 tangan dok , gigitnya keras banget gak kaya biasanya .. saya kira tadinya lapar tapi ternyata bukan .. makasih dok ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada beberapa sebab kenapa sg suka gigit2 kepo: :D
      1. mungkin memang watak dan karakternya seperti itu mas. suka iseng dan usil. biarin aja, nanti juga bosen sendiri. godain aja kalo lagi gigit2. towel2 sampe crabbing, hihihihi...
      2. kemungkinan kedua, mas diem2 takut ama dia? kalau iya, bisa jadi dia tahu mas takut ama dia, dan dia 'ngetes' mas.... iya. sg bisa membaca pikiran kita, hewan lain juga gitu...

      Delete
  39. dok kalau sg nya lagi flu bisa nular ke manusia ga?terus kalau manusia busa tertular itu bahaya tidak bagi manusia nya itu sendiri??

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sg yang lagi flu bisa aja nular ke manusianya. namun jangan khawatir, flu dari sg yang menulari manusia tidak berdampak buruk bagi manusia.

      meski demikian, tidak ada salahnya hati2. jaga kebersihan sg dan kandangnya, cuci tangan pakai sabun setelah bermain dengan sg :)

      Delete
  40. dok sg saya kok gamau makan,kenapa ya kirakira?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya bukan superhero yang bisa nerawang sgnya mas. :D
      lebih diperjelas lagi: umur sgnya berapa? biasa dikasih makan apa? dan bentuk feses (tahi) seperti apa?

      Delete
  41. dok sy punya sg umur 2bln baru beli , kok tiba2 kalo kita ngulurin tangan kok gigit ya ? apa stres dok karena pindah lingkungan

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajar. malah kalau menurut saya, kalau dia gigit, biarin aja dia gigit2 tangan mas. anggep aja pengenalan biar dia kenal bau kulit mas.....

      gak sampe berdarah kan digigitnya? emang kudu dibiasain digigit biar masnya gak kaget... :)

      Delete
  42. dok tanya donk kalau siang sgnya kan tidur di dlm kantong mau saya ambil di gigit,... mau saya dia saya ambil terus tak suru tidur di telapak tangan biar nanti sewaktu saya ambil saat siang hari ndak gigit lagi...gmn tanggapan dokter?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dipaksa. pelan2 aja mas. :)
      silakan baca dlu artikel saya cara menjinakkan sugar glider. cari di bagian cari artikel... :)

      Delete
  43. SG saya tidur mulu terus fesesnya encer kencingnya warna kuning itu kenapa ya dok ? Bagaimana cara penanganannya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya mas gak ngasih tau umurnya berapa dan biasa dikasih makan apa.
      kalau masih dibawah 4 bulan, masih normal kalau dia tidur terus....

      Delete
  44. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  45. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  46. Dok sg saya nafsu makannya berkurang dia hanya minum air yg saya kasi madu rasa dok apa itu berpengaruh dokk ?
    Dan kemaren saya kasi tasbih di kandangnya dok pas pagi saya liat itu tasbih uda ptus2 dan setelah saya liat ada luka di bagian kaki sg saya dok nah semenjak kejadian itu sg saya berubah dok nafsu mkan.a berubag dok
    Saya uda coba kasi pisang dan pepaya dok karna saya berentikan untuk memberiksn bubur bayi karna takut terjadi pembekakan pada luka yg ada di kakinya dok
    Nah mnurut dokter itu gmna ?
    Apa sg saya itu sakit atau gmna dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tasbih?? tasbih yang buat doa, bener? kenapa dikasih itu mas? gunanya buat apa?
      coba mas kasih sari kurma sebagai makanannya. selama 2 minggu ke depan, cukup kasih itu aja. bisa juga kasih jus pepaya matang sebagai makanannya.... :)

      kalau soal apakah sg mas sakit atau tidak, bisa mas kasih tau seperti apa fesesnya? apakah mencret atau tidak?

      Delete
    2. Mencret si nda dok cuman nafsu makannya saja yg berkurang dia hanya minum air yg saya kasi madu dok
      Tdi saya coba kasi sun bayi trus saya campur madu rasa dok
      Itu gmna dok ? Tpi ttp juga gk mau makan dok

      Delete
  47. Dok apakah ulat hongkong sangat berbahaya buat sg ?
    Mohon penjelasannya yaa dok

    ReplyDelete
  48. Dok, sy terlanjur mandikan sg.. Krn liat di youtube boleh mandikan dgn air..
    Tp sehabis dimandikan dy jd diem, keliatan menggigil, tidur terus, dan sembunyi terus.. Knp ya dok? Sy takut dy pneumonia dan mati... :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. haduuh, kenapa langsung dipraktekkan mas?? :(
      harusnya tanya dulu...

      sekarang gimana keadaannya? kayaknya sih hipotermia. tutup aja pakai kain. ama minumin air campur sari kurma... kasih minum itu aja dlu selama 3 hari ini sambil tetep kasih makan....

      saya tunggu kabarnya...

      Delete
  49. Ass, dok sy mau nanya itu klw sg gemetar pertanda stres ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa banyak sebab. stress salahsatunya.
      sayangnya mas gak ngasih tau umur sgnya berapa. kalau masih anakan, kemungkinan kena hind leg paralysis. coba baca artikel cara mengobati hind leg paralysis pada sugar glider. cari di bagian search

      Delete
  50. Iya dok, krn badannya sngt bau. Adopter yg lama spertinya tdk mengurus dgn baik.
    Keadaannya sudah mendingan, mau makan minum. Cm pilih2. Bubur bayi dia suka. Sy kasih buah, dia tak mau. Kmrn warna poop smpt kuning tp sudah kmbl jd hitam spt biasa.

    Badannya kdg menggetar, dan dia kelihatannya kurang aktif. Sembunyi terus, mojok terus. Malam jg bgtu, tp td malam sih dia main lari2 di mainan wheel nya sebentar. Knp dia kurang aktif ya dok? Apa stres krn masih adaptasi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dikasih pisang dan coba kasih sari kurma agar keadaannya pulih kembali. karena masih penyembuhan kali mas. tolong dijaga benar2 asupan makanannya. untuk makanannya, bisa mas kasih bubur bayi promina... :)

      Delete
  51. Mba dokter, sg saya umur 2 bulan pelihara sudah 5 hari. Dia kalo makan harus disuapin dok, gak mau makan sendiri terus jarang minum, minumnya saya kasih air putih (masak). Dan kalo dikasih makan sun pisang terus gapapa kan? Terimakasih mba dokter:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau soal makanannya, saya sarankan sih bubur bayi promina aja mas.
      soal gak bisa makan sendiri, coba aja sesekali jangan disuapi, tapi langsung taruh di kandangnya. soal minumnya, bisa mas kasih sari kurma sedikit agar terasa manis.... :)

      Delete
    2. Itu saya kasih sun pisang mba, jd ganti promina ya?
      Terus kalo umur segitu dikasih ulat hongkong atau jangkrik gpp?

      Delete
    3. iya ganti aja promina, mas.
      kalau mau dikasih ulat hongkong atau jangkrik, coba aja.... :)

      Delete
    4. Dia jg sering gemeteran mba. Tp pola makannya bagus aja sihh terus dia jua kalo dikandang atau dilepas masih lincah itu knp ya?

      Delete
    5. coba aja ganti promina dlu.
      air minumnya kasih sari kurma.... lalu observasi selama 4 hari ke depan... saya tunggu kabarnya...

      Delete
  52. dok, mau tanya nih.. sg sy tadi pagi kok jd aktif banget ya? biasanya habis handfeed langsung tidur lagi, tp ini nggak.. sampai loncat2 di dlm kandangnya. awalnya sy handfeed, masih tenang jilat2in tangan sy, tapi tiba2 langsung loncat2 ke sana kemari di dlm kandang. sepintas sy liat anusnya keluarin cairan kuning gitu. sy juga cium aroma baju bekas yg sy taruh dikandang agak beda. pokoknya baunya ga enak.
    oh, iya.. beberapa hari ini makanannya sy ganti dari SUN beras merah ke SUN pisang susu.. sama tiap malam sy kasih potongan apel. apakah pengaruh dari pergantian makanannya itu dok? atau mungkin sg sy lagi sembelit? hehehe.. mohon pencerahannya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hari ini coba mas kasih pepaya matang. kasih itu aja biar memperbaiki sistem pencernaannya. bsk mas lapor lagi kemari mengenai kondisinya ya....

      Delete
  53. Aduh baru tau dok kalo SG gak boleh kena asap rokok... SG saya tadi saya ajak kekamar saya dok, trus saya main game di laptop sambil ngerokok, sg saya hilir mudik kejar2an berdua dikamar.. Aduh gmna dong dok.. Takut nanti kenapa2 mana lumayan lama lagi... SG saya umur 2 bulan sepasang dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. observasi aja selama 3 hari ke depan. jangan kena asap lagi.

      selama 3 hari atau 4 hari ke depan, perhatian sgnya. terutama nafasnya. dan nafsu makannya. :)

      Delete
  54. dok, beberapa bulan lalu kan sg sy melahirkan tuh 2 ekor betina. selepas dari pouch induknya joey "a" sy berikan ke teman sy sedangkan joey "b" sy pelihara sendiri. knp ya dok si joey yg "a" ini keliatan gemuk dan nafsu mknnya bagus ketimbang yang sy pelihara. padahal sebelum dipisah ukuran badannya sama dok. apakah ada faktor genetik dok? karena joey yg sy pelihara kurus banget dibanding saudaranya ;( sdh sy coba kasih scots, tp nafsu mknx biasa2 aja. malah bubur yg sy kasih scots kadang ngga habis, tp bubur yang ngga dcampur scots malah habis. bingung nih.. belakangan ini nafsu mknx mulai bagus sih tp badanx ngga naik2 dok. mohon pencerahannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena perbedaan pola asuh aja biasanya mas.
      juga bisa karena genetik. namun kalau 22nya betina, biasanya gennya sama. saya yakin yang di mas juga bisa gemuk. coba baca artikel saya cara menggemukkan sugar glider.

      dan kasih sari kurma di makanannya. :)

      Delete
  55. Udah aman ni dok sg saya sehat2 aja .. Duh gak lagi2 deh bawa sg ke kamar penuh asep.. Dok saya mau tanya lagi..

    1) apakah benar sg tidak boleh kawin dengan sesama saudaranya/incest (maaf kalo tulisannya salah) dikarenakan nanti anak keturunannya bisa cacat..?

    2) usia untuk kawin sg pada umumnya itu baiknya lebih tua si jantan atau betina..? Jika salah satu ada yg harus lebih tua idealnya beda jarak berapa tahun.?

    3) saya gak berani potong kukunya taku stress atau mogok makan, kalau saya biarkan saja apa akan terus memanjang gak berhenti dok..?

    3) maaf dok kalo boleh tau dokter praktek dimana..?

    Makasih dok maaf merepotkan terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. benar. silakan mas baca artikel saya kawin sedarah pada sugar glider.
      semua hewan (dan manusia) juga kayak gitu mas... :)

      2. silakan mas baca artikel saya cara mengawinkan sugar glider.

      3. dibiarkan juga gak apa2. nanti biasanya si sg akan menggesek2kan kukunya ke kayu jika dia merasa tidak nyaman.

      4. dulu saya buka klinik (sekaligus kantor operasional blog ini) di bogor barat, mas. tapi sekarang tutup karena saya lebih sering ditugaskan keluar kota oleh kantor instansi tempat saya bekerja... silakan baca bagian about us... :)

      sama2 mas. saya malah seneng kalau ada yang nanya.

      Delete
  56. Dok, mau tanya.
    Cara hitung umur sg tuh gimana yaaa? Apa sama seperti manusia? Bertambah usianya setahun sekali???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya dok,
      1. saya akan membeli sg usia 1,5bln. Yang harus saya lakukan pertama kali apa yaa dok spy sg nya tdk strees & tdk kaget dg lingkungan & kamar barunya???
      2. Bagaimana cara cek sg yg sehat/sakit saat hendak bertransaksi saat membeli?? Terima kasih

      Delete
    2. Oh iya dok,
      1. saya akan membeli sg usia 1,5bln. Yang harus saya lakukan pertama kali apa yaa dok spy sg nya tdk strees & tdk kaget dg lingkungan & kamar barunya???
      2. Bagaimana cara cek sg yg sehat/sakit saat hendak bertransaksi saat membeli?? Terima kasih

      Delete
    3. perhitungan umur sugar glider bisa dibaca di artikel siklus hidup sugar glider.

      silakan mbak baca juga artikel cara memelihara sugar glider dan artikel ciri sugar glider sakit.

      Delete
    4. Oh iya dok,
      1. saya akan membeli sg usia 1,5bln. Yang harus saya lakukan pertama kali apa yaa dok spy sg nya tdk strees & tdk kaget dg lingkungan & kamar barunya???
      2. Bagaimana cara cek sg yg sehat/sakit saat hendak bertransaksi saat membeli?? Terima kasih

      Delete
    5. Oh iya dok,
      1. saya akan membeli sg usia 1,5bln. Yang harus saya lakukan pertama kali apa yaa dok spy sg nya tdk strees & tdk kaget dg lingkungan & kamar barunya???
      2. Bagaimana cara cek sg yg sehat/sakit saat hendak bertransaksi saat membeli?? Terima kasih

      Delete
    6. silakan mbak baca artikel ciri sugar glider yang sehat
      dan artikel cara memelihara sugar glider.

      yang mbak tanyakan udah ada di artikel itu. :)

      Delete
  57. Baik dok..
    1. Yang mau saya tanya lagi nih dok, sg saya tidur trs kalo dikandang, tp kalo diambil dr kandang baru aktif kesana kemari, itu gapapa yaa dok?
    2. Kalo saya ksh makanannya dikandang saya liat ga disentuh tp kalo saya colekin atau handfeed baru dimakan yg ada dijari, makannya pun paling 3-5 colekan jari saya, apa itu normal dok atau dia ga nafsu makan?
    3. Kata owner pertama dia makan 2x sehari, apa itu sehat dok & apa sg nya ga kelaperan dg makan 2x sehari dg porsi makan yh saya sebut tadi? Terima kasih

    ReplyDelete
  58. Baik dok..
    1. Yang mau saya tanya lagi nih dok, sg saya tidur trs kalo dikandang, tp kalo diambil dr kandang baru aktif kesana kemari, itu gapapa yaa dok?
    2. Kalo saya ksh makanannya dikandang saya liat ga disentuh tp kalo saya colekin atau handfeed baru dimakan yg ada dijari, makannya pun paling 3-5 colekan jari saya, apa itu normal dok atau dia ga nafsu makan?
    3. Kata owner pertama dia makan 2x sehari, apa itu sehat dok & apa sg nya ga kelaperan dg makan 2x sehari dg porsi makan yh saya sebut tadi? Terima kasih

    ReplyDelete
  59. Baik dok..
    1. Yang mau saya tanya lagi nih dok, sg saya tidur trs kalo dikandang, tp kalo diambil dr kandang baru aktif kesana kemari, itu gapapa yaa dok?
    2. Kalo saya ksh makanannya dikandang saya liat ga disentuh tp kalo saya colekin atau handfeed baru dimakan yg ada dijari, makannya pun paling 3-5 colekan jari saya, apa itu normal dok atau dia ga nafsu makan?
    3. Kata owner pertama dia makan 2x sehari, apa itu sehat dok & apa sg nya ga kelaperan dg makan 2x sehari dg porsi makan yh saya sebut tadi? Terima kasih

    ReplyDelete
  60. Dok, kok sg saya makannya sedikit bgt ya? Hanya sekitar 4-7 colekan jari saya, apa itu normal dok? minum di sediakan di kandang juga ga mau, disodorin juga ga mau pdhl udah pake madu

    ReplyDelete
  61. Assalamualaikum.Dok kenapa sg saya sekarang nafsu makannya berkurang? Biasanya sg saya makan bubur. Apakah perlu diganti makanannya? Sudah saya beri pepaya peer sama pisang tidak mau dok. Sekarang makan bubur pun tak mau dok. Dokter hewan di malang dimna ya dok? Yang bisa ngobatin sg saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. alamat dokter hewan daerah jawa tengah dan jawa timur sudah ada artikelnya... :)

      di malang banyak kok dokter hewan yang bisa nanganin sg.

      nasehat saya, coba cek fesesnya. fesesnya gimana mas? masih padat seperti feses cicak agak besar atau mencret? kalau mencret, kemungkinan sakit.

      bisa jadi karena pancaroba. sekarang lagi pancaroba dan banyak sg yang sakit. udah mas coba campur bubur bayinya dengan sari kurma?

      saya tunggu kabarnya..

      Delete
    2. Dok fasesnya menjadi besar seperti fasesnya tikus.. Dan sekarang kalau membuka mata agak susah dan lama.. Gimana ini dok sarannya?

      Delete
    3. ada berapa elemen fesesnya?
      bop dan burung hantu sehat biasanya da 3 elemen.

      Delete
  62. Dok, SG saya makannya udah lancar. Tp kok ga pernah mau minum ya? Pdhl disediain air madu, sampe air biasa tp tetep ga minum. Apa gapapa dok kalp ga minum?
    SG saya usianya -+2bln

    ReplyDelete
    Replies
    1. dikasih airnya gimana? pakai botol minum hamster nggak? kadang kalau nggak pakai botol minum hamster, dia gak mau.

      lalu pelihara berapa ekor? kalau pelihara cuma 1, biasanya dia takut2 minumnya. biasanya dia nunggu sampai tidak ada orang dlu, baru dia minum...

      Delete
    2. Oh gitu yaaa dok.
      Dikasih minum dibotol minum hamster kok. Dan baru punya 1 ekor, rencana mau beli pasangannya.
      Dok saran aja aja sih, knp ga buat group di LINE? Biar kita yg konsultasi lebih efisien hehe

      Delete
    3. iya. kadang dia gak mau minum kalau sendiri. :)
      silakan mbak baca2 lagi artikel mengenai sugar glider di blog ini... baca2 aja buat referensi... :)

      umur sgnya berapa? dinamain siapa? :)

      kalau mbaknya gak merokok, bisa taruh kaus bekas pakai di dalam kandang biar dia kenal bau tubuh mbaknya...

      Delete
  63. Kebetulan ga merokok dok, dan setiap hari saya keluarin dr kandang & biarin dia jalan dibaju saya.
    Namanya MILO..
    OH iya dok saran ajasih, knp ga buat group di LINE atau apa biar lebih efisien??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Umurnya -+2bulan dok, karna waktu saya beli tgl 13 kemarin owner pertama umurnya -+1,5bln.
      Kebetulan saya sering baca-baca artikel tentang sg diblog ini :)

      Delete
    2. kalau emang gak merokok, coba taruh kaus bekas pakai mbak di dalam kandang. sehari ganti, sehari ganti. misalnya: hari senin sore, mbak taruh kaus yang udah dipakai seharian di dalam kandang. besoknya, hari selasa sore, mbak ambil kaus yang di dalam kandang buat dicuci, lalu mbak taruh kaus yang udah dipakai seharian... begitu terus seterusnya....

      sering2 diajak main. :)

      salam buat milo dari errol ama padma.. :D

      Delete
    3. Kebetulan saya ga taruh kaos saya, saya taruh kain bekas di kandangnya tp sehari milo bisa saya pegang sekitar 3x atau lebih.
      Tp saya biasa kasih makan Milo 3x sehari, itu gpp kan dok???

      Hehehe salam kembali dr MILO😄

      Delete
    4. tujuan ditaruh kaus bekas pakai di kandang adalah agar dia kenal bau tubuh mbak, nantinya bisa tambah jinak. namun kalau mbak sering ajak dia main, gak apa2 sih... :)

      sehat terus milo.. :)

      Delete
    5. Tp kalo aku ksh makan 3x sehari ga akan jd masalah kan dok??

      AMINNN semoga sehat terus milo nya :)

      Delete
    6. malah bagusnya kasih makan 3x sehari. :)
      biasa dikasih makan apa? minimal seminggu sekali kasih buah. minimal loh ya, lebih sering lebih bagus. pepaya bagus buat memperbaiki sistem pencernaannya.. :)

      kabari saya jika ada apa2. :)

      milo masih sendiri atau udah ada temennya mbak? :)

      Delete
    7. Biasa bubur bayi dok.
      Tp dia belum mau buah dok, soalnya waktu itu coba ksh pisang, jangankan dijilat, diendus bau buahnya aja kaya males gitu, gmn supaya dia mau yaaa dok?
      Masih sendiri dok:(

      Delete
  64. Dok kalo kan milo betina 2bln, nah rencananya nanti siang mau beli jantan 1,5 bln. Nah itu nanti mereka bisa breeding ga dok kalo di satuin dr kecil gitu???

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kasih buah yang manis. lengkeng bisa dicoba. mereka dinamai 'sugar' glider karena mereka suka yang manis2.. :)

      bisa tetep breeding kok. sementara ini cukup belajar sebanyak2nya soal sg dari baca2 di blog ini dan praktekkan.. :)

      Delete
  65. Dok, saya sdh beli pasangan buat milo tp begitu disatuin ga akur, crabbing trs keduanyaa. Gmn yaaa dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajar. sementara pisahin di 2 kandang, tapi dideketin (sebelah-sebelahan). begitu terus selama 2 atau 3 minggu. setelah itu, bisa disatukan...

      sebenernya sih langsung disatukan juga gak apa2. kalau crabbing, wajar selama gak fighting dan menimbulkan luka2... :)

      Delete
  66. semalam saya coba satukan, dan saya tutup kandangnya dg baju bekas pakai smp besok paginya. Alhamdulillah pas pagi saya buka mereka sdh akur, mesra & tdr 1pouch. Walaupun malamnya crabbing, sedikit fighting tp sudah saya cek tdk sampai menimbulkan luka. Terima kasih dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi karena aroma tubuh mbak dari kaus yang ditutupkan ke kandang.
      jadi mereka merasa 'satu owner' karena sama2 mencium aroma tubuh yang sama... :)

      namanya siapa? namain, dan sering2 dipanggil pakai nama itu. :)

      Delete
  67. Saya punya sg berumur sekitar 5 bulan, pas beli sekitar umur 3 bulan. Selama 2 bulan saya rawat tidak ada masalah sama sekali. Jinak dan masih sehat. Sebagai makanan keseharian saya kasih timun. tetapi kadang buah, ulat hongkong, dan terkadang jika pas belum beli makan saya kasih nasi. Dan doyan, tidak ada masalah. Dan msh normal.

    Akan tetepi baru hari ini sg saya tiba tiba mati mendadak. Saya masih bingung apa penyebabnya.

    Mohon dibantu jika ini kesalahan sya dibagian mana :

    Malemnya sudah saya kasih makan, timun kesehariannya emang saya kasih timun, karena saya lihat lahap sekali jika dikasih timun. Malem saya cek dan msh saya ajak bermain tidak ada masalah.
    Paginya saya liat jg msh aktif lompat2, karena buru buru berangkat kerja sya lupa kasih makan dikandangnya. Dan seharian memang tidak makan. Akan tetapi tersedia minum.
    Lalu sorenya spulang kerja, sg saya mati. Dgn keadaan belum kaku. Jd sy mengira kok barusan matinya. saya cek jg tidak ada tanda2 kekerasan atau perlakukan kasar. Karena memang saya tinggal sendiri.

    Lalu apa penyebab kematian sg saya? Apakah karena lupa makan tersebut? Soalnya biasaya telat makan sehari pun kadang tidak masalah. Tp ini mendadak mati. Apakah karena stress terlalu lama sendirian? Padahal saya mau belikan pejantan.
    Saya jd bingung, mohon dijawab

    faesol.affan@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. sg yang tiba-tiba mati biasanya karena berbagai sebab. kemungkinan terbesar bisa aja kerusakan ginjal.
      apalagi kalau mas kasih timun.
      dari segi makanannya, saya kira agak salah kasih timun buat makanan sehari2 sg. itu pendapat saya aja loh ya. jadi belum tentu benar.

      bisa mas kasih tau saya mengenai fesesnya?

      Delete
    2. untuk fesesnya normal kok berwarna coklat agak hijau, tp tidak mencret.

      saya kasih sehari hari timun karena makannya lahap sekali jika dikasih timun. Pernah saya kasih apel dan pisang tidak begitu lahap makannya. Jd sy ambil kesimpulan dia suka timun.
      biasanya sih saya ganti ganti, terkadang ulet hongkong, kadang kalo ada ya klengkeng. Cuma pas seminggu itu sya sedang sibuk, dan hanya menyisakan timun yg memang pas lg ada banyak. Yang agak saya heran itu malem dan paginya masih aktif sekali lompat2,
      Memang sih kata temen jg penyebabnya timun.

      Tp selama sekitar 3 bulan itu sya kasih makan timun, kok tidak ada tanda tanda ya. Apa memang susah untuk melihat tnda dia sakit.

      Sedikit menyesal saya pd minggu minggu itu agak kurang peduli, karena memang sdng banyknya kerjaan. saya jd merasa sngat bersalah. :-(

      Delete
    3. kemungkinan memang kerusakan hati atau ginjal, mas. coba baca artikel saya penyebab sugar glider mati mendadak.

      saya juga dlu pernah merasakan kok. sabar aja. buat pelajaran buat ke depannya, mas...

      Delete
  68. dok, saya mau nanya Sg saya umurnya -+ 3 bln. dia betina namanya Milla, klo dibelikan pasangan umurnya dibawahnya Sg saya boleh tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh aja. :)
      emang selama ini pelihara 1 ekor aja mas? :)

      Delete
    2. iya dok, coba 1 dulu yg pnting kan ke urus hehehehehe

      Delete
    3. iya dok, coba 1 dulu yg pnting kan ke urus hehehehehe

      Delete
    4. betul mas. salute! :)
      kasih saya kabar lagi ya mas.. :)

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.