Penyebab Sugar Glider Memakan Anaknya Sendiri | Drh. Fira Sovica

Banyak kasus terjadi dimana induk

sugar glider memakan anaknya sendiri

atau tidak mengurus atau menolak (reject) joey (anak) yang dilahirkannya. Ada beberapa sebab kenapa sugar glider mereject joey. Dan berikut ini adalah beberapa sebab sugar glider makan anaknya sendiri (reject):
Penyebab Sugar Glider Memakan Anaknya Sendiri
Image taken from webspace.webring.com
  • Sugar Glider yang dikawinkan terlalu muda.
  • Sugar glider yang dikawinkan terlalu muda atau dibawah usia yang disarankan kerap mengalami stress dan berakhir dengan memakan anaknya sendiri. Anda bisa mengetahui usia sugar glider yang dikawinkan dengan membaca artikel siklus hidup sugar glider.
  • Joey yang terlalu sering dipegang oleh owner.
  • Sama halnya seperti kucing, sugar glider kerap tidak mau menyusui dan mengurus joeynya jika si joey terlalu "bau tangan" alias sering dipegang oleh manusia (ownernya). Sebaiknya, jangan memegang joey sugar glider sebelum si joey independent (bisa makan sendiri).
  • Kondisi joey yang sakit.
  • Penyebab sugar glider memakan anaknya sendiri yang ketiga adalah jika si induk sugar glider melihat ada yang tidak beres (cacat) dalam tubuh joeynya. Si induk biasanya akan langsung memakan si joey sesaat setelah si joey OoP jika si induk melihat ada cacat fisik pada joeynya.
  • Stress yang tinggi pada induk sugar glider.
  • Penyebab keempat sugar glider mereject anaknya adalah tingkat stress yang tinggi. Biasanya, kondisi stress yang tinggi pada induk sugar glider disebabkan karena kondisi kandang yang sangat kotor, penyakit, dan kondisi lingkungan kandang yang terlalu bising atau ramai. Anda bisa membaca lebih lanjut mengenai cara memelihara sugar glider di artikel cara memelihara sugar glider. Anda juga bisa mengetahui lebih lanjut tentang penyakit-penyakit sugar glider dengan membaca artikel tentang penyakit sugar glider.
Demikian adalah beberapa sebab

sugar glider reject joey

atau anaknya. Artikel penyebab sugar glider memakan anaknya sendiri diatas diharapkan bisa membantu calon breeder sugar glider dalam menternakkan sugar glider. Saran, kritik, dan komentar bisa ditulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

40 Responses to "Penyebab Sugar Glider Memakan Anaknya Sendiri"

  1. Assalamu'alaikum. Dokter, alhamdulillah, salah satu SG saya akhirnya melahirkan Joey, 2 ekor! Pada saat ini Joey sudah out of pouch, induk Joey sudah mulai "tega" ninggalin anaknya (untuk kemudian balik lagi, nyusuin). Kondisi Joeys sehat, tapi masih belum melek. Suatu kali saya lihat salah satu dari mereka sudah pinter membersihkan badannya sendiri; garuk-garuk kemudian tangannya dijilat, padahal nih masih merem..amazing...

    Pertanyaan saya, pada kondisi seperti itu, apakah si induk masih berpeluang untuk mereject anak-anaknya?
    Pada Joey usia berapa umumnya yang direject oleh induk?
    Terimakasih banyak Dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa aja terjadi kemungkinan itu. makanya untuk sementara jangan dipegang2 dulu anaknya mas.... :)

      sama kayak kucing. kalau sudah bau tangan manusia, kadang dia gak mau merawat anaknya lagi... :)

      Delete
  2. Assalamu'alaikum.

    dokter saya masih new, allhamdulillah SG saya sudah bonding banget, setiap saya deket kandang dy selalu nyamperin dan minta keluar kandang. SG saya sedang IP. setelah saya search di internet jika sedang IP janga ajak bermain SG'y. tapi saya takut SG saya stres dok karna selalu dikandang.

    Pertanyaan saya.
    1. SG yang sedang hamil lebih baik di kurung di kandang atau sesekali ajak keluar kandang?
    2. jika SG yang sedang hamil terjatuh di ketinggian setengah meter apa akan berakibat pada calon anaknya. kemungkinannya seperti apa dok?

    terima kasih, saya menunggu penjelasannya dokter.
    wassalamu'alaikum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. lebih baik jangan diajak main dlu. biarkan aja di kandang untuk sementara waktu hingga anaknya independen. :)

      2. kemungkinan terjadi insiden pada joey akibat induknya jatuh bisa aja terjadi, namun kecil kemungkinan karena si induk biasanya sigap melindungi pouch yang ada joeynya. namun demikian, sebaiknya hindari insiden jatuh. buat jaga2 aja...
      kemungkinan terburuk pada joey akibat induknya jatuh saat IP adalah kematian joey. itu yang terburuknya. dan biasanya kalau hanya setengah meter nggak kenapa. paling induknya doang yang stress.... jadi lebih baik dihindari..

      semoga membantu. keep contact ya. :)

      Delete
  3. Pagi dok ,sg saya sedang ip kuarang lebih satu minggu lah ,nah tadi pagi saya cek ada joey satu yg setengah tubuhnya keluar dari pouch induknya terus ada darah gitu dok di joey nya itu ,apa emang seperti itu dok,mohon pencerahan nya dok ,terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. biarin aja dulu, mas. nggak usah diapa-apain dulu. apalagi sampe dipegang, jangan! sementara ini, mas amati aja dari luar kandang.... :D

      Delete
  4. Dok apakah sugar glider betina yg sedang IP boleh di ajak bermain ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sugar glider yang lagi IP jangan diajak main dulu, mas...

      Delete
  5. Kak sugar glider saya lagi sakit pada anus . Seperti bengkak, dia tidak bisa pup(buang kotoran), dan lubang anusnya membesar. Sampai terdapat luka pada pangkal ekor. Dia seperti mutilasi diri. Cara menangani nya bagaimana ya kak. Mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending segera bawa ke dokter hewan karena kayaknya itu udah parah. biar dia ditangani secepat mungkin.

      untuk makanan, kasih pepaya aja. jus pepaya.
      jangan dikasih makanan lain selain jus pepaya.

      Delete
  6. Halo dok, saya mau tanya nih. Mengapa induk sg saya mereject anaknya? Masalahnya ga 1x ga 2x tapi seluruh anaknya. 1x ip anaknya 2 di makan. Ip ke2 1 anaknya dimakan kemudian 1 lagi nyaris dimakan, tetapi saya liat begitu jadi saya pisah. Kondisi joeynya masih merem. Masih keliatan pink2, bulu halus dan bulu dada belom ada. Wujudnya seperti foto sg di page ini. Masih ada kemungkinan kah si joey ini hidup?. Apa si induk ini ketagihan makan anaknya ? Bisa gitu ga sih dok ? Mohon jawabannya. Kalo emang begitu induk ini sebaiknya diapain? Apa ada perlakuan khusus buat si induk ini?

    ReplyDelete
  7. Info tambahan dok, induk sg yg makan anaknya cuma yg betina. Yg jantan enggak makan anaknya. Umur si betina 1 tahun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin ada riwayat dimana dulunya si sg betina menderita stress yang amat sangat. mungkin dulunya si sg betina udah dikawinkan saat umurnya masih sangat muda, kemudian dia memakan anaknya, kemudian ketagihan dan begitu terus.

      mending pisahkan aja yang betina (yang suka makan anaknya itu) di kandang tersendiri. dan cari sg betina lain untuk dikawinkan.. :)

      suasana kandangnya gimana? ruangannya gak terlalu panas/berisik/kotor kan?

      Delete
  8. Dok saya mau tanya sg saya yg betina sudah ninggal anknya padahal si ank belom melek trs kalo loncat2 si betina gk bawa ank dikantongnya. Pertanyaanya apakah si ibunya sudah mereject anaknya? Atau si anak sudah waktunya oop?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak suka pegang2 anaknya ya?
      harusnya jangan dipegang2 dulu. sama aja kayak kucing, kalo anaknya udah dipegang2 sama manusia, kadang sg gak mau ngasuh anaknya lagi....

      maksudnya gimana? sg yang betina meninggal padahal anaknya belum melek, terus kalo loncat2 si betina gak mau bawa anaknya? bukannya tadi bilang si betina sudah meninggal, mbak? :)

      mohon diperjelas lagi...

      soal anaknya gak mau dipelihara/diasuh sama induknya, mau gak mau kayaknya mbak harus handraise. udah ada artikelnya, CARA HANDRAISE SUGAR GLIDER

      Delete
  9. Maaf dok maksud saya bukan meninggal/mati:D
    Tp maksud saya si betina ngeluarin anknya dr kantongnya trs gk pernah di masukkin lg ke kantongnya, tp kadang2 dia balik buat nyusui anknya.
    Oiya dok saya gk pernah pegang anknya cuma kalo lg nyuapi si betina kadang tangan saya kena anknya
    Maaf dok kalo pertanyaan saya membingungkan:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, gak apa2. sayanya aja yang kurang ngerti. :D
      selama anaknya masih menyusu ke induknya, gak apa2 kok.

      emang udah sebesar apa anaknya? berapa bulan? bisa kirim gambarnya kemari? ada caranya di bagian PERHATIAN, di bagian atas tulis komentar :)

      Delete
  10. Saya kurang tahu umurnya dok:D
    https://postimg.org/image/40dhr9bvj/

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu sekitar sebulan atau dua bulan, tapi gak lebih dari 2 bulan... :)

      sesekali anaknya masih mau menyusu ke induknya kan? :)

      Delete
  11. Sore dok joey saya baru saja mati. Baru 3 minggu, pertanyaannya apakah ibunya bisa stress berkepanjangan? Lalu bagaimana cara menghadapi stress itu

    ReplyDelete
  12. Sore dok joey saya baru saja mati. Baru 3 minggu, pertanyaannya apakah ibunya bisa stress berkepanjangan? Lalu bagaimana cara menghadapi stress itu

    ReplyDelete
  13. Dok kalo misah joey dr indukan itu hrs umur brp? Oiya dok sg saya yg jantan knp yg menggantung itu kyk molor gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo joeynya benar2 sudah mandiri.
      udah gak bergantung sama orangtuanya lagi....

      coba mbak baca artikel siklus hidup sugar glider

      Delete
  14. Dok, mau nanya
    Saya ada SG sudah dewasa sepasang, nah ini sudah 3x hamil, tetapi juga 3x juga anaknya dimakan sendiri. Jadi kondisi anaknya sudah jadi tetapi blm tumbuh bulu.
    Nah kenapa seperti itu bisa dimakan sampai 3x berturut-turut?

    Mohon infonya ya dok

    ReplyDelete
  15. Dok, mau nanya
    Saya ada SG sudah dewasa sepasang, nah ini sudah 3x hamil, tetapi juga 3x juga anaknya dimakan sendiri. Jadi kondisi anaknya sudah jadi tetapi blm tumbuh bulu.
    Nah kenapa seperti itu bisa dimakan sampai 3x berturut-turut?

    Mohon infonya ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur sgnya berapa? bisa jadi karena usia sgnya masih dibawah umur. atau dulu dia pernah dikawinkan dibawah umur, dan keterusan....

      sementara jangan dikawinkan dulu sampe minimal 8 bulan. setelah itu, bisa coba dikawinkan lagi...

      Delete
  16. Dok. Cara ngatasi SG yg memakan jari kakinya gmn ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. memakan jarinya sendiri? bener2 di makan? atau cuma dijilat aja?

      dia sakit? maksudnya apakah sebelumnya ada luka atau bengkak di kakinya?

      kalau iya, kemungkinan karena itu. coba dicek dulu. dan biar sgnya gak makan kakinya lagi, mending diperban aja di dokter hewan. sekalian minta obat biar luka di kakinya cepet sembuh...

      Delete
  17. Dok..saya mau tanya kalo kandang sg saya bau amis gitu kenapa ya dok??

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya sgnya dikasih makan apa?
      terus kebersihan kandangnya gimana?

      kandang sg emang agak berbau sih, terutama kalo kebersihannya kurang terjaga...

      Delete
  18. Dok, 17 agustus kmrn saat saya mau kasih makan sG. Di bawah kandang ada bayi SG kecil. Daya baru tau kalo SG saya pumya anak. Kayanya anak SGnya gabisa naik krn pouch sG saya digantung. Kemudian saya turunkan dan si anak masuk ke pouch ama orang tuanya. Nah sampe.skrg tgl 8 september kok saya gapernah liat anaknya lg ya dok? Saya fikir krn di dlm pouch. Td barusan saya raba2 perut si betina jg engga ada tonjolan. Malah kantongnya berwarna merah. Pertanyaan saya, bayi SG yg kmrn itu kmn dok? Apa dimakan? Kalau dimakan bukannya ada bekasnya ya dok? Krn saya kerja jd kurang gt merhatiin SG saya sehari2 . Mohon pencerahan dok krn saya bingung bgt deg2an. Apalagi pouch si betina warnanya jd merah

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan besar dimakan, mbak.... :(
      kayaknya sih emang dia belum siap punya anak, makanya anaknya direject....

      Delete
  19. Ini gambar saat si anak saya temuin di bawah dok

    ReplyDelete
  20. Kalau dimakan itu, yang makan bapaknya atau ibunya atau dua2nya sih dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak tahu, kemungkinan biasanya 22nya, mbak....
      saran saya, mending sementara pisahin aja, jantan dan betinanya..... tapi taro kandangnya deketan.... tunggu2 sekitar 3 bulan, setelah itu bisa satuin lagi... :)

      Delete
  21. Permisi dok. Saya punya sg sepasang. Indukan betina sudah 4kali ngeriject joeynya. Padahal makanan selalu siap sedia. Bagaimana caranya agar indukan tidak lagi ngeriject joey nantinya. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur sgnya berapa?
      mending betina yang itu sementara di karantina di kandang sendiri untuk 2 bulan ke depan. tapi kandangnya ditaro bersebelahan di kandang sg lain.... biar dia gak kesepian...

      bagusnya sih cari betina lain....

      Delete
  22. Dok kandang sg sya bersebelahan dgn jendela. Klo siangkn pouchny kena pantulan chya matahari. Kondsi sg sya kn sdg ngantongi 2 bayi.
    Ap resikony k sg sya jika mreka stiap hriny trkena pnas trikny matahari.
    Emg sech gk bgitu panas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar2 kena sinar matahari langsung? mending hindari mas, takutnya dehidrasi... :)

      Delete
  23. Dok SG ku baru baru ini kan lagi baru masuk masa Out Pouch,terus ga lama kemudian anaknya itu di tinggal gitu aja di batok.. itu cara mengatasi nya gimana ya? Agar si induk bisa menyusui si Joey lagi?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.