Siklus Hidup Sugar Glider | Drh. Fira Sovica

Siklus hidup sugar glider

mencakup beberapa hal, yaitu hamil, melahirkan, in pouch (ip), out of the pouch (oop), joey/dependent, dan adult/independent. Mengetahui siklus hidup sugar glider penting untuk mereka yang berniat ternak sugar glider sebagai investasi.
Berikut adalah penjelasan masing-masing bagian siklus hidup sugar glider.

Image taken from http://www.baacs.org/
  1. Kawin dan melahirkan.
  2. Seekor sugar glider betina siap kawin saat berumur 7 sampai 10 bulan, sedangkan sugar glider jantan siap kawin saat berumur lebih dari satu tahun. Setelah masa kehamilan yang terjadi selama 16 hari, induk betina akan melahirkan satu atau dua bayi sugar glider (yang biasa disebut joey). Di alam, seekor induk sugar glider bisa melahirkan lebih dari sekali dalam setahun.
  3. In pouch (ip),Out of the Pouch (OoP), dan Joey
  4. Seperti halnya hewan berkantung seperti kangguru dan koala, induk sugar glider akan menuntun bayi yang baru dilahirkannya ke arah kantungnya. Bayi sugar glider akan menyusui, tumbuh dan berkembang di kantung induknya selama 70 sampai 90 hari. Pada masa ini, bayi sugar glider (joey) akan sesekali keluar dari pouch induknya untuk belajar memakan makanan lainnya. Pada saat berumur 4 bulan, si bayi akan benar-benar keluar dari kantung induknya dan menjadi sugar glider yang mandiri.
  5. Sugar Glider Dewasa
  6. Di alam, sugar glider biasa memakan serangga kecil, buah-buahan, nektar, madu, daun eucaliptus, dan lain sebagainya. Seperti namanya, sugar glider menyukai rasa manis. Mereka biasanya berkumpul dalam satu koloni kandang yang terdiri dari 6 sampai 7 sugar glider dewasa.
Demikian adalah

siklus hidup sugar glider

. Semoga artikel singkat ini bisa menambah wawasan bagi anda yang ingin ternak sugar glider. Saran, komentar, dan kritik bisa anda ajukan dibawah ini. Terima kasih. (FS)

157 Responses to "Siklus Hidup Sugar Glider"

  1. Dokter, kalo kantong SG betina basah itu kenapa ya...? Apa betul itu tandanya SG sedang hamil? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kantung sg basah biasanya bukan merupakan tanda apa-apa, mas. induk sg memang akan menjilati pouch-nya kalau dia sedang hamil, gunanya untuk mempersiapkan pouch tersebut untuk bayi sg (joey) yang kelak dilahirkannya.

      sesaat setelah dilahirkan, bayi sg akan merangkak sendiri ke arah kantung induknya dan dia akan ada di kantung tersebut hingga siap...

      Delete
    2. Dok SG kalo menggaruk garuk dan menjilati badanya sendiri kenapa ya .badannya juga suka gemetaran

      Delete
    3. itu grooming mas. kayak kucing kalau mandi, sg juga sering menjilati tubuhnya untuk membersihkan bulu dan badannya.... kecuali kalau nafsu makannya berkurang, mungkin ada gejala lain. kalau nafsu makannya berkurang mungkin dia sakit. tapi kalau nafsu makannya bagus (rakus), gak masalah.... :)

      Delete
  2. Aslm, dok SG sy beberapa hari lalu sepertinya beranak. Cm Joey nya keluar Dr induknya dan sudah didapati mati. Skrg yg jantan suka menjilat (maaf,kemaluan betina) dan suka menggaruk pakai mulut kepalanya si betina. Gmn dg kondisi tsb ? Trimakasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur induknya betina dan induk jantannya umur brp? saya kira kondisi sg jantan suka menjilati anus atau kemaluan sg betina bisa dibilang normal kecuali jika sg tersebut terbilang masih joey.....

      Delete
  3. SG saya keguguran, bayi dalam keadaan normal selang 2 hari bayi kedua di keluarkan paksa sama si induk dan dimakan sampai habis :'( ada saran dok?? galau nih saya.
    SG betina usia 8,5 buln dan jantan 7,5 bulan....

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pernah membahas kasus ini di artikel penyebab sugar glider memakan joey-nya sendiri, silakan mas search di menu cari artikel diatas... semoga membantu... :)

      Delete
  4. Dok sg betina saya jinak tapi ga pernah mau keluar dei batok kelapa itu kenapa yaa bahkan jantan lebih aktiv dibandingkan betina

    ReplyDelete
    Replies
    1. SG itu hewan nocturnal mas, mereka aktif di malam hari. kalau siang, kebanyakan hanya tidur saja di sarang mereka. jadi sangat wajar kalau si betina tidur melulu di sarangnya.

      saya kira kalau dia masih mau makan, itu termasuk sehat. coba mas baca CARA MEMELIHARA SUGAR GLIDER dan CARA MENGGEMUKKAN SUGAR GLIDER, di dua artikel tersebut ada clue untuk menambah nafsu makan si sugar glider. Oh ya, coba kandangnya tutup menggunakan kaus bekas pakai mas, yang kira2 bau keringat mas, agar dia lebih familiar dengan bau tubuh mas... :)

      saya tunggu perkembangannya...

      Delete
    2. oh ya. Artikel CARA MEMELIHARA SUGAR GLIDER dan CARA MENGGEMUKKAN SUGAR GLIDER bisa mas search di bagian cari artikel...

      Delete
    3. Katanya sg gemuk itu gak sehat. Tp di buatin artikel cara menggemukkan sg. Nanti yg pelihara sg jd pada mikir klo sg itu boleh di bikin obesitas. Karna banyak aku baca di ig mereka selalu nanyain gimana cara gemukkin sg. Berarti dengan ada nya artikel tsb kan jg ngasi peluang ke mereka untuk berbuat salah.

      Delete
    4. Maaf sebelumnya, mas Chia udah baca artikel saya cara menggemukkan sugar glider? Silakan baca dulu ya mas. Soalnya malu ntar kalo asal komentar seperti di atas tapi gak baca dulu artikel yang mas singgung...

      Delete
  5. dok punten sy msh bingung..
    kalo oop t d tandai dg apa??apakah d tandai by menyusu pd ibunya d luar kantong??by sg sy menyusu pd ibunya tp d luar kantong(kondisi by matanya msh menutup..blum berbulu).. kadang2 masuk lg k kantong..tp lbh sering d luar kantong..apakah itu udah oop atau msh ip??kata tmen by dinyatakan oop kalo udh by udh pny bulu..

    trus umur by tuh d tentukan sat by dr sat oop ap dr sat ip??

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut bahasa, OoP = out of pouch, alias sudah keluar dari kantung induknya. jadi asalkan dia sudah pernah keluar dan masuk lagi, itu bisa dikatakan semi oop. dan sg bisa dikatakan full OoP kalau sudah tidak masuk2 lagi ke kantung induknya...

      Delete
  6. Pagi Dok.
    Saya mau menanyakan soal masa kawin SG, jika SG betina dan jantan masa kawinnya tidak sama. berarti kita harus memelihara sepasang SG yang berbeda umur juga yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas. :)
      atau gampangnya sih usianya sama, dan kawinkan setelah sugar glider tersebut sama2 berusia 1 tahun.... :)

      Delete
  7. Dok...klo sg kawin itu apakah mengeluarkan bunyi aneh??soalnya tiap malam sg saya kok bunyi ya..pdhal sebelum2nya g bunyi kyk gtu

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel istilah dalam memelihara sugar glider....

      Delete
  8. Assalamualaikum, sg saya kayanya lg hamil atau ip ada saran buat ngurusnya biar lebih detail lagi. Terus di kandang ada 2 sg betina mending dipisah atau gimana baiknya? Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  9. Saya menggabungkan SG jantan umur 7 bln dengan SG betina umur 4 bln. sekitar 4 hr kemudian, SG jantan bulunya jadi seperti tercabut tetapi tdk sampai lepas dan nafsu makannya menjadi menurun. itu kenapa ya dok? SG jantan hasil penangkaran sedang betinanya sy beli di pasar. Terima kasih Dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya menggabungkan sg yang beda usia (si betina lebih muda dari si jantan) sangat beresiko terjadinya perkawinan pada usia yang terlalu belia mas. kalau saran saya sih lebih baik pisahkan. soalnya kalau sampai kawin, biasanya joey/anaknya nanti dimakan ama induknya..... silakan cek artikel saya cara mengawinkan sugar glider dan artikel penyebab sugar glider makan anaknya

      mengenai kasus bulu agak berantakan dan nafsu makan menurun, mas bisa cek feses si jantan. bentuk fesesnya seperti apa? saya tunggu... :D

      Delete
  10. Dok, kalo ciri" sugar glider yang hamil gimana yaa?

    ReplyDelete
  11. dok saya mau nanya. saya mempunya sg jantan yang berumur 3 bulan. dia sering jatuh ke lantai. tapi keliatannya dia tidak kenapakenapa dok. cuman saya takut, apa kah sg termasuk hewan yang kuat? terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sg sebenernya didesign 'tahan jatuh' karena sg sendiri di alam suka lompat ke sana kemari.
      tapi sebaiknya hindarkan, mas.
      mas juga bisa kasih supplemen kalsium bubuk untuk sg dan reptil, namanya repcal. mas bisa beli di toko perlengkapan hewan atau bisa juga beli di kaskus.... kalau gak ada repcal, kasih aja bubur bayi yang mengandung kalsium kayak bubur bayi promina... :)

      Delete
  12. Dok kok sg saya tiap malem bunyi cit cit cit gitu apakah dia pengen kawin dok

    ReplyDelete
  13. Dok kok sg saya tiap malem bunyi cit cit cit gitu apakah dia pengen kawin dok

    ReplyDelete
  14. Dok tanda tanda sg sudah kawin dan cocok apa si.

    ReplyDelete
    Replies
    1. secara umum, gak ada tanda khusus kecuali mereka sering bermain bersama. itupun belum bisa dikatakan sudah cocok.

      sg biasanya gak memilih pasangan kok mas. umumnya begitu. jarang ada sg yang 'memilih' pasangan hidupnya... :)

      Delete
  15. Dok maaf mau tanya.. Sg betina dan jantan saya fighting trs baru 2 hari ini.. Pdhal sewaktu dl dr pertama adopt mereka ga pernah fighting akur trs.. Itu knp yaa? Apakah bermslh? Apa hrs dpisah kandang? Sg betina saya 3 bln yg jantan 4,5 bulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama gak menimbulkan luka fisik di salahsatu sg, biarin aja. sama aja kayak anak kucing ama induknya kalau main, mbak. emang kayak gitu. :)
      kalau udah menimbulkan lupa, mending pisahkan di kandang yang berbeda. taruh kandangnya berdekatan (sebelahan) biar mereka bisa saling mencium bau lagi... :)

      dikasih nama siapa sgnya? :)

      Delete
    2. Maaf dok baru bls..
      Skrg uda akur loh mereka hahaha..
      Sg aq yg betina nama nya ivory, yg jantan nama nya moses haha..
      Tp dok skrg perut nya ivory jd gede sblh aq ud raba, ky nya hamil dok..
      Cm aq skrg jd bingung lg browsing2 cara merawat sg yg hamil dan ip dan oop hihi...
      Makasi ya dok buat info nya..
      Next klo ad apa2 aq tnya lg yaa..
      Thankyou bu dokter :)

      Delete
  16. dok sg betina saya perutnya gendut dan dia ga pernah loncatloncat paling bergelantungan. tapi makan dan minum masih bagus. apakah sg betina saya sedang ip ya dok? saya ga bisa ngerabanya, karna sg saya yang betina itu belum jinak.

    ReplyDelete
  17. dok sg betina saya perutnya gendut dan dia ga pernah loncatloncat paling bergelantungan. tapi makan dan minum masih bagus. apakah sg betina saya sedang ip ya dok? saya ga bisa ngerabanya, karna sg saya yang betina itu belum jinak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak usah diraba, mas. biarin aja. calon induk sg yang sedang hamil rentan stress kalau pouchnya diraba. bahkan bisa direject nanti bayinya. kalau emang bener hamil, ntar juga keliatan kok.... :)

      beda ya mas antara hamil dan IP. induk sg akan hamil dulu, lalu melahirkan anaknya, anak yang dilahirkan (biasanya berukuran sangat kecil, sebesar biji kacang hijau biasanya) akan merangkak ke dalam kantung induknya, dan dimulailah masa IP.... jadi sg hamil tidak sama dengan IP...

      Delete
  18. sg saya mati dalam keadaan ip..
    bingung baby joeynya bsa bertahan apa gga tanpa induknya..

    ReplyDelete
  19. sg saya mati dalam keadaan ip..
    bingung baby joeynya bsa bertahan apa gga tanpa induknya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya cara handraise sugar glider

      Delete
  20. Saya punya sg betina umurnya 8 bulan,saya ingin mengawinkan tapi saya gapunya yang jantan. Apa saya harus membeli sg jantan yang berumur 1 tahun?tapi saya rasa kalo beli yang 1 tahun bakalan susah banget banget bonding. Menurut dokter sarannya gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya dulu juga pernah punya sg. dulu masih beli yang tangkapan liar buat diternakkan. dan tetap bisa bonding kok. gimana caranya kita membondingkannya aja... kalau yakin dan caranya benar, pasti bisa. minimal meski gak bonding, ya jinak....

      opsi lain, mbak bisa beli sg umur 1 tahunan yang sudah dipelihara lama oleh orang lain. gabung aja ke grup jual beli sg di facebook....

      atau mbak bisa tetep beli yang gak jinak. gak apa2 kalau untuk tujuan breeding... :)

      Delete
  21. Sg saya suka garuk2 mulu tu kenapa ya dok? Trus juga malem sukanya tiduran mulu di batoknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya minta mbak infokan fesesnya ya. bentuknya gimana. masih padat atau mencret. lalu warnanya juga.

      oh ya. mohon infokan umur sgnya juga berapa. apakah sgnya dipelihara sendiri atau dia ada temennya? saya tunggu. :)

      Delete
    2. Fasesnya padat berwarna hitam. Umur sg saya 2bln dok. Kebetulan saya newbie dan baru adopt 1 sg saja

      Delete
    3. kalau umur segitu wajar kok.
      kalau saya sarankan, coba beli 1 lagi,,,

      mohon observasi ya mbak. kalau ada hal2 yang mau ditanyakan, kesini aja lagi.. :)

      Delete
    4. Kalau umur 2bln boleh dikasih UH/UJ? Lebih bagus ulat hongkong/jerman dok?

      Delete
  22. Dok apakah SG klo msh 1 garis keturunan g bsa kawin ya???anak pertama SG saya cewek cowok uda 1thn lebih kok g hamil2 ya...pdahal orang tuanya sudah 4 kali melahirkan lagi..trs apa boleh dlm 1 kandang ada 2 jantan 4 betina???

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertanyaan yang mas ajukan sudah ada bahasannya di artikel saya kawin sedarah pada sugar glider dan artikel cara mengawinkan sugar glider. :)

      Delete
  23. selamat pagi dok
    sy pny sg betina umur sekitar 3bln...3 ato 4 hari yg lalu sy baru ganti kandang yg lebh besar..dan sg sy jd kurng nafsu makannya dan hanya diam di satu tempat. apa yg harus sy lakukan dok agar sg sy nafsu makan lg di kandang yg baru?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas merokok gak? kalau nggak, mas bisa taruh kaus bekas pakai di dalam kandang. tp itu juga kalau mas gak merokok. kalau merokok, jangan...

      gak ada aksesoris2 lainnya mas? udah berapa hari di kandang yang baru? coba tunggu 3 atau 4 hari lagi. kasih saya kabar mengenai fesesnya juga ya. apakah normal atau mencret.. :)

      biasa dikasih makan apa? saya tunggu kabarnya.

      Delete
  24. dok, klo Sg terpapar asap rokok scara tdak langsung brdampak pd Sg saya ngga?

    ReplyDelete
  25. Dok, sg jantan dan betina saya kan lg di gabungin utk kawin, mungkin sdh sekitar setengah bulanan. Cara tau nya kl betina nya sdh hamil gimana ya dok? Soalnya yg betina ini kl di pegang agak susah suka lari2 gt. Dan pouch nya kok agak susah/lengket ya kl mau dibuka? Apa ada hubungan nya kl sdg hamil?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya cara mengawinkan sugar glider

      Delete
  26. Dok...mau nanya lagi...
    Kapan sg itu dikatakan oop ?
    Baby sg aku itu tgl 11 ato 10 aku liat udah keluar dr pouch induknya..tp warnanya masih transparan...n belom kelihatan garis hitamnya...
    Tp tgl 13 kmren itu garis itam nya udh kelihatan bgt dari kepala sampe ekor..n udah gak pernah masuk pouch lagi..kelihatannya..
    So dok..aku ngitungnya itu 1st day oop nya tgl brp dok...10/11 ato tgl 13 ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang pasti, kalau dia udah keluar dari kantung induknya dan gak masuk lagi, itu bisa dikatakan oop. jadi tanggal 13 oopnya.. :)

      cara kirim gambar bisa dengan mengganti foto profil mas dengan foto hewannya...

      Delete
  27. Ada kontak lain gak dok...yg bisa di hub..kaya line ato whatsapp ? Yg bisa ngirim foto gt dok...
    Makasi untuk semua info n sarannya dok...

    ReplyDelete
  28. nk tnya skt . sg sya betina ip , joenya 5 hari tapi yang jantan mau kawin dengan betina , ape harus dibuat . pisahkan atau biarkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. pejantannya pisahkan, biarkan induk betina dengan joeynya di kandang yang sama. setelah joeynya mandiri (oop), barulah pejantan bisa disatukan kembali dengan betinanya... :) maafkan saya baru balas comment... salam.. :)

      Delete
  29. Dok mau tanya, saya lagi ngawinin sg nih, ntar waktu dia ngelahirinnya kira2 di batok atau nggak? Soal ny klo di luar batok takutnya joey ny jatoh k bwh dan sang ibu nggak bisa bedain mana pup mana joey, tlg di bales ya dok

    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang harus mas perhatikan sebenernya bukan batoknya, tapi kandangnya. mas pake kandang yang berjeruji? hati2, karena kadang joey yang baru oop (iya, khawatirkannya nanti aja, kalau joeynya dah mau oop, bukan pas hamilnya) kadang kejepit atau kecemplung ke jeruji bawah kandang. sebaiknya sih alasi kandangnya pakai kain secara merata, sehingga joey yang baru main2 keluar pouch induknya bisa aman. soal tempat melahirkan si induk sg, secara naluri induk sg akan cari tempat yang paling aman untuk melahirkan kok. makanya mas sebaiknya bikin tempat yang nyaman buat induk sgnya, mas.... batok kelapa bisa, tapi saya sih lebih prefer pake kotak tisu aja, hehehe. kotak tisunya saya isi kain2 perca, lalu saya taruh secara miring (lubangnya menghadap ke sisi) sehingga induk sg bisa mudah masuk ke dalamnya. taruh aja di bawah kandang.... :)

      Delete
  30. Dok, saya mau tanya.
    SG saya kan udah oop. Dua ekor.
    Tapi dari indukan yg sedarah.
    Yang saya tanyakan. Setelah oop itu butuh berapa hari untuk sg bisa membuka matanya? Soalnya joey saya, yg satu matanya sudah membuka yang satunya belum. Apa ada pengaruh sama indukan nya yg sedarah. Kalau benar, bagaimana mengatasinya? Tmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa mas tetep mengawinkan sg itu meski mas tau sgnya sedarah, mas? :(

      soal matanya, emang masing2 sg beda2.
      kalau pertanyaan apakah pengaruh perkawinan sedarah menyebabkan mata sg jadi telat terbuka, hmm, setau saya sih nggak. cuma, untuk perkawinan sedarah, resiko kelainan fisik lebih besar. kelainan fisik ini bisa banyak bentuknya, diantaranya mata itu tadi...

      namun saya sih yakin joey mas sehat2 saja. perlu saya tegaskan, sebaiknya ini adalah pertama dan terakhirnya mas mengawinkan sg sedarah ya mas. jangan sekali2 lagi.... oke?

      Delete
  31. ciri" sg stres tu seperti apa dok?

    ReplyDelete
  32. dok sy pnya sg 3, dari joey mereka 1 kandang adopt semua dok, 1 betina dan 2 jantan
    tapi yg jantan 1 usia 8bulanan, 1 usi 6 bulanan..
    nah jantan usia 8 bulan ini mengigit punggu betina (7bulan) sampai bolong, sy pisahkan kurang lbih 3 minggu smpai luka kering... saya gabungkan lg, tapi kok jantan 8 bulan ini msh gigit2 punggung betina.. sy khawatir luka lagi.. apa jgn disatukan dlu ya dok? mohon sarannya.. jk di pisahkan lgi dlu.. kapan kira" sg betina bisa saya gabung lagi sama 2 sg jantan itu?
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. jumlah penjantan sebaiknya lebih kecil atau sama dengan jumlah betina. jangan sampai jumlah penjantan lebih besar daripada jumlah betinanya, karena biasanya pejantan akan bertarung sesama penjantan untuk memperebutkan betina...

      mending mas baca artikel cara mengawinkan sugar glider dlu mas. di sana ada jawaban dari pertanyaan masnya.. :)

      sebelumnya maaf karena baru balas, saya sedang sakit sekarang.... doakan saya agar cepat sembuh...

      Delete
  33. Dok saya punya SG udah hampir satu tahun saya pelihara, tp kenapa blom hamil juga ya? Padahal waktu itu SG nya udah pernah kawin tp blom hamil jg. Apa SG betina bisa mandul dok kalo sering dimandiin, soalnya dulu waktu SG betina sekitar umur 3-4 minggu sering saya mandiin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak. coba mas ganti pake pejantan yang lain. :)

      maaf karena komentar mas terlewati... :(

      Delete
  34. Dok sya mau tnya..
    Klo sg betina yg sya bru beli hamil trus bru 6hari d stuin ma sg jantan sya melahirkn. Kira2 ada kemungkinan ga d kanibal sma sg jantan sya? Tkut y itu bkn keturunan dr sg jantan sya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena komentar mas terlewati... maaf banget... :(

      kalau si jantan bukan pasangannya yang betina, mending pisahin... :)

      Delete
  35. Dok sya mau tnya..
    Klo sg betina yg sya bru beli hamil trus bru 6hari d stuin ma sg jantan sya melahirkn. Kira2 ada kemungkinan ga d kanibal sma sg jantan sya? Tkut y itu bkn keturunan dr sg jantan sya..

    ReplyDelete
  36. Dok, saaya punya SG 2. Yang befina umur 4 bulan. Yang jantan 1 tahun. Kalo digabungin kandang, betinanya bisa kawin/hamil di bawah umur ga ya dok? Kalo hamil di bawah umur menyebabkan sesuatu yang buruk ga dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena komentar mbak terlewati... maaaf banget...

      mending pisahin aja mbak biar nggak kawin dibawah umur...

      Delete
  37. Dok, saya punya SG 2. Yang betina umur 4 bulan. Yang jantan 1 tahun. Kalo digabungin kandang, betinanya bisa kawin/hamil di bawah umur ga ya dok? Kalo hamil di bawah umur menyebabkan sesuatu yang buruk ga dok?

    ReplyDelete
  38. Dok, saya punya SG 4 bulan, saya rawat mulai 3 bulanan, dya makannya lewat tangan saya sudah mau, tapi kalau nau saya ambil keluar kndang, dya kayak gemeteran trus kalau di teruskan jadi crabbing, ada saran dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena komentar mas terlewati...
      emang kadang kayak gitu. ruangannya dingin nggak mas? karena bisa jadi karena kedinginan juga...

      coba mas taro kain di dalam kandangnya... :)

      Delete
  39. beda nya sugar glider lg ip atau engga itu dari mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya cara mengawinkan sugar glider. ada keterangannya di sana... :)

      Delete
    2. dok , kalau SG ny udah 1thn tapi belum melahirkan ,trus masih bisa melahirkan ga?

      Delete
  40. Dok kok sg betina saya sering masuk kedalam kantungnya dan menjilatinya
    Apa itu ciri2 sg lgi ip dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau nggak lagi ip, ya berarti dia udah siap kawin. tanda2nya sama. :)

      Delete
  41. permisi dok, mau tanya.
    kan indukan sg saya sedang hamil, tp dia msih sekandang dgn anakannya yy berumur 2 bln dan indukannya msih mau menyusui anaknya ini.
    jd pertanyaanya, apakah janinnya itu tdk terganggu dgn aktifitas dia menyusui itu??
    mohon jawabannya dok, terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya sih sebaiknya jangan hamil dulu sampe anaknya udah independent.... anaknya yang umur 2 bulan udah bisa makan sendiri? kalau udah, mending pisahkan....
      dan untuk ke depannya, mending jangan hamil dulu sebelum anaknya bisa lepas susu... caranya dengan memisahkan dulu pejantannya ke kandang lain
      maaf karena baru balas... :)

      Delete
  42. permisi dok, mau tanya.
    kan indukan sg saya sedang hamil, tp dia msih sekandang dgn anakannya yy berumur 2 bln dan indukannya msih mau menyusui anaknya ini.
    jd pertanyaanya, apakah janinnya itu tdk terganggu dgn aktifitas dia menyusui itu??
    mohon jawabannya dok, terima kasih.

    ReplyDelete
  43. Maaf dok mao tanya dong
    saya baru melihara sg kurang lebih 3bln
    Saya tau dya hamil tp ga tau kapan lahiran nya.nah kmaren anak nya kluar dr kantong nya tp masih suka dimasukin kedlm kantong sama induk nya..sijantan juga jd tambah aktif jilatin sibetina sama bayi nya
    pertanyaan nya langkah apa saja yg saya harus lakuin dlm siklus ini skrng dan kdepan nya yg baik buat sg saya
    trima kasih

    ReplyDelete
  44. halo dok, mau tanya utk SG yg udh keluar kantong tp masih mejem kira2 klo kita pegang masih mw di susuin induknya gak pas dibalikin? kira2 oop brp sg bs di pisah dr induknya, anakan ini br keluar skitar 2 minggu. thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dipegang2 dulu. sampe sgnya bener2 udah melek dan udah mandiri (gak nyusu2 lagi ke induknya)... :)

      Delete
  45. Halo dokter, sg saya 1 kandang ada 3, jantan 1 betina 2. Akhir2 ini gab (sg betina 1) jadi males2an dok trus maunya mojok walaupun udh malem dia adanya di batok terus. Di pegang udh ga mau, padahal dulu saya sama gab itu nempel terus kemana2 bareng. Di keluarin dari kandang ga mau trus jadi lambat gitu gerakannya. Sgnya ga gemuk banget, sekel lah. Diliat kantongnya agak besar sih, saya ga ngerti deh apa dia gendut ato lagi hamil. Yg jelas di kawinin terus sama jantannya. Kemudian keyla (sg betina 2) jdi agak kurus dok. Makannya sih normal, tapi agak kurus aja nah si keyla ini ga di kawin2in sama jantannya, malah si jantan intens sama gab. Menurut dokter si gab ini lagi kenapa ya dok ? Saya takut dia sakit sih :(. Makan sama fesesnya normal semua dok. Saya rajin kasi jangkrik kering dan hps di bubur susunya.
    Ada lagi dok, sg betina namanya jesslyn, dia wc tapi sudah jinak, jantannya umur 2 tahun . Minggu ini entah kenapa dia jadi sensitif banget. Ga mau di pegang ,bahkan di elus dari batok. Malah crabbing. Itu kenapa ya dok? Kok tingkah lakunya jadi berubah. Bisanya ga gitu dok. Apa dia lagi hamil apa gimana dok? Mohon pencerahannya dok. Terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau fesesnya masih normal, saya kira dia masih sehat. ada kemungkinan hamil, tapi mending kita observasi aja seminggu atau dua minggu ke depan...

      coba kasih sari kurma......

      Delete
  46. Hi Dok,

    mau tanya dong, untuk sterilisasi Sugar Glider, apakah ada efek sampingnya? dan baiknya dilakukan pada umur berapa?
    mungkin bisa dibuatkan artikel khusus untuk sterilisasi sugar glider dok..

    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke. sip. nanti saya riset dulu soal kebiri sugar glider... :)

      Delete
  47. Dok, saya punya sg 2 jantan dan 3 betina lalu saya satuin semua, kalo seperti itu sg mau kawin ga ya atau malah malu-malu karna ada sg lain

    ReplyDelete
  48. Dok, saya punya sg 2 jantan dan 3 betina lalu saya satuin semua, kalo seperti itu sg mau kawin ga ya atau malah malu-malu karna ada sg lain ?

    ReplyDelete
  49. Dok, saya punya sg 2 jantan dan 3 betina lalu saya satuin semua, kalo seperti itu sg mau kawin ga ya atau malah malu-malu karna ada sg lain ?

    ReplyDelete
  50. Dok, saya punya sg 2 jantan dan 3 betina lalu saya satuin semua, kalo seperti itu sg mau kawin ga ya atau malah malu-malu karna ada sg lain ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. satu koloni jangan lebih dari satu pejantan, mas.
      kalau lebih dari satu, nanti pejantan itu saling bunuh sampe ada satu pejantan tersisa...

      mending buat 2 koloni aja mas...

      Delete
  51. dok, kan sg saya udah kawin ya beberapa hari yg lalu. nah sekarang kelamin si betina malah jadi basah terus dok, nyampee kaya yg wet tail gtu, itu kenapa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2. bersihin aja kandangnya, terutama feses dan urine-nya. kasih kain aja sebagai bedding (alas kandangnya) biar setiap cairan urine-nya terserap ke situ... :)

      Delete
  52. Halo dok.
    dok saya mau tanya.
    saya punya sepasang sg,
    tapi 5 hari yg lalu gak sengaja yg jantan lari keluar, gak ketemu lagi.
    kemudian hari ini alhamdulillah saya dapet pinjeman sg jantan.
    yg mau saya tanyakan, satu: ciri fisik jantan ini buat saya ragu.
    (pemilik aslinya juga blm pengalaman handle sg, baru pelihara 1)
    secara fisik dy lebih besar dr ukuran betina. kalau lihat fisik saya yakin itu diatas usia 5-7 bulan. tapi kepalanya belum botak.
    dan kantung testis (kalau saya tidak salah ya) nya tidak muncul. beda sm jantan yg hilang. usia 4 bln dulu dia mulai botak, dan kantung testis nya sudah jelas sekali muncul. mau dibilang betina, diperut nya tidak ada lubang pouch.
    bagaimana ya dok memastikannya lebih jelas lagi?
    kedua, saya menyatukan 2 sg ini bermaksud dikawinkan.
    betina saya usia 7 bln.
    apa ya dok yg harus saya jaga supaya (sebut saja) merangsang hormon jantan agar dewasa/birahi.
    dan untuk betina gizi seperti apa yg saya berikan agar cukup jd andai kata hamil/ip anak tidak reject?
    terima kasih dok sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di perutnya emang tidak ada lubang pouch, saya yakin dia jantan. atau mas bisa baca artikel cara membedakan jenis kelamin sugar glider. udah ada kok artikelnya.

      agak riskan sebenernya kalo sgnya belum diatas 7 bulan. resiko direject masih sangat besar. saya sendiri nggak tahu berapa persen, yang pasti lumayan besar kemungkina direjectnya. kalau saya saran sih mending pelihara aja dulu sampe umur 9 bulan, sambil mas cari pejantan lain.

      bisa juga coba dikawinkan dengan usia segitu, tapi yah, do at your own risk... :D

      Delete
  53. Dok ..saya punya 3 SG udah miara 1 tahun lebih...2 jantan 1 betina..kata dokter kan kalo buat koloni jantanya cukup 1 ..tapi jantan yg satunya itu anaknya sendiri...umurnya udah 6 bulan malah..dan semenjak melahirkan yg pertama itu udah 6 bulan lebih ngga produk2 lagi dok...apa masih bisa produk lagi dok...apa mending salah satu jantanya dipisah...tapi karena udah lama saya jadi bingung mana yg anak mana yg bapa ..gedenya sama dok...terus apa boleh anak dijodohin ama ibu...terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. anaknya mending pisahkan aja. beli betina lain buat pasangannya.

      jangan dikawinkan sama ibunya sendiri, mas. karena bisa jadi nanti anaknya cacat.

      Delete
    2. Masalahnya saya sekarang ga bisa bedain yg mana anak yg mana bapa...soalnya sama besarnya dok...apa ada istilah mandul buat SG dok...padahal itu dah pernah produk 1 x ...

      Delete
    3. kalau udah pernah breeding, kayaknya bukan mandul.
      coba mas teliti lagi kira2 mana yang anak dan mana yang induk. kasian soalnya kalau sampe inbreed (kawin sedarah)

      Delete
  54. dok berapa hari/minggu kah indukan betina bisa dikawinkan lg setelah lepas dr bayinya/ oop?thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. sampe joeynya independent, mas. bisa makan sendiri dan sudah sepenuhnya gak tergantung sama induknya. dan itu namanya bukan OoP, karena kalau OoP ya artinya dia belum independent. OoP itu berarti si joey sudah keluar dari pouch induknya, tapi masih suka masuk kembali. nah yang namanya independent itu berarti dia sudah dewasa, sudah gak masuk2 lagi ke pouch induknya, dan sudah mandiri.

      setelah joeynya independent, induknya bisa kok dikawinkan lagi. cuma ya kasian juga. takutnya malah stress nantinya. saran saya, tunggu 2 atau 3 bulan setelah joeynya independent, baru induknya bisa dikawinkan lagi...

      Delete
  55. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  56. Dok,sg saya yg jantan kenapa yah suka makan pupupnya betina? Apa itu normal?

    ReplyDelete
  57. Dok...,saya mau tanya,klo sg beda jenis boleh gk dikawinin

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh, dan banyak kok yang udah melakukan. :)
      meski secara genetik sebenernya nantinya keturunan yang dihasilkan agak kurang bagus dari segi genetiknya, tapi secara prinsip, boleh dilakukan... :)

      Delete
  58. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2. mau dikawinin kan? :)
      kalau mau dikawinkan, pindahin kandangnya ke ruangan yang agak sepi suara...

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
  59. Dok, Kandang Sg saya, saya taruh dikamar yang ber AC bahaya gak buat sugar glider?

    ReplyDelete
  60. Dok,sg saya yang betina selalu naik dipunggung jantan kenapa ya? Terus crabbing gitu jantannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas, mbak... maaf banget... :)
      saya abis sakit...

      wajar kok. biasanya maen2 doang itu. :)
      kabari lagi

      Delete
    2. Oiya dok, umur sg jantan saya 15 bulan dan betina sya 8 bulan. Umurnya udah cukup belum dok?, Terus si betina ini lincah banget dok daripada jantan, loncat" mulu,naekin badan si jantan, kirain saya jantan yang lagi naikin. Taunya betina😂,gimana bisa kawin kalo gitu ya dok. Ada solusi gak supaya cepat breed?
      Terimakasih dokk

      Delete
    3. sebelumnya maaf karena baru balas... :(

      hmm, bisa aja sih breeding. meski idealnya yang betina yang lebih tua, tapi gak apa2. coba aja. biar cepet breeding, cek kondisi di sekitar kandangnya, pastikan gak ada suara2 yang mengagetkan dan pastikan asupan makanannya mencukupi... :)

      Delete
  61. Penyebab SG kanibal apa ya dok? Ada 3 SG saya yg mati karena luka di belakang kepala bolong dimakan oleh SG yg lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. stress.
      sgnya umur berapa semuanya mas? dan yang dimakan umur berapa?

      pastikan kandangnya bersih, gak ada suara2 mengagetkan. kalo perlu pindahkan kandangnya ke ruangan lain yang lebih sepi.

      referensi, baca artikel saya KENAPA SUGAR GLIDER MAKAN ANAKNYA SENDIRI

      Delete
  62. Dok ko anak sg saya blm jadi (masih janin) terus tiba tiba udah mati diluar kantong ibunya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya berarti gak jadi, mas. mati. alias direject. :)

      Delete
  63. dok kalo sugar glider di kawinkan di usia 5 bulanan resiko nya apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. resiko sg dikawinkan terlalu muda diantaranya anaknya/joeynya dimakan sama induknya. iya, dimakan.

      resiko selanjutnya, joeynya direject. alias induknya gak mau ngasuh anaknya. ini sih masih mending daripada dimakan. tapi mau gak mau mas harus handraise (ngasuh) anaknya sendiri.... :)

      Delete
    2. tapi ada juga ga sih dok buat kemungkinan normal - normal aja?

      Delete
    3. iya ada. cuma tentu aja, kalau ada resikonya, kita kan gak tahu gimana kedepannya gimana kan? :)

      Delete
  64. Dok. Kalo sg jantan kuranh lebih 4 bulan di jadikan satu kandang dengan betina umur 5 buln ,tetapi si jantan ukuranya lebih kecil dan betinanya ukuranya 2 kali lipetnya dia apa maslaah atau tidak? Dan kmungkinan dpet kawin atau stress?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, sejujurnya agak riskan sih mas. kemungkinan stress atau joeynya nanti direject agak besar. bukannya karena satu lebih besar dari yang lain, tapi karena 22nya masih under age. belum cocok buat dibreeding...

      tapi nggak apa2, satuin aja. semoga mereka gak kawin dulu sebelum umur keduanya cocok.

      just wait and see aja ke depannya gimana... oke? :)

      Delete
  65. Dok saya mau tanya, saya baru mau mengkawin kan SG saya dan baru saya satukan, coz sebelum nya sudah kawin sama betina lain beda kandang, lah pas saya satuin sama betina yang baru kok yang betina sering crabbig dan jantan nya jadi hyperaktif dan suka gigitin ekor si betina... apakah di biarkan saja atau gmn dok bagus nya?

    ReplyDelete
  66. Dokter,
    Saya pernah baca dokter biasa kasih SG kurma yg sudah dikeringkan sebelum bepergian jauh.
    Pertanyaan saya, bagaimana cara/langkah mengeringkan kurma ya dok?
    Terima kasih

    ReplyDelete
  67. Mau nanya nih dok. Ada kisaran umur gak untuk betina berhenti ber reproduksi.
    Saya punya sg 4tahunan. Tapi setahun terakhir udah gak pernah ip lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas..

      mungkin nanti siang saya publish artikelnya buat mas... :D

      Delete
  68. Mau nanya nih dok. Ada kisaran umur gak untuk betina berhenti ber reproduksi.
    Saya punya sg 4tahunan. Tapi setahun terakhir udah gak pernah ip lagi.

    ReplyDelete
  69. sore dok..saya baru 3bulan pelihara SG..saya mau tanya..apakah sugar glider ini bisa kawin sama tikus??
    soalnya saya takut seperti piaraan teman saya dia pelihara tikus putih..lalu lepas dan berkembang biak sama tikus got..akhirnya sekitar rumah saya banyak tikus got besar besar berwarna putih..saya takut nanti SG saya jadi penyebab wabah tikus gilder..terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak, mas. sugar glider sama tikus beda family.
      kalo tikus putih dan tikus got kan emang satu keluarga. :)

      Delete
  70. sya punya sg, umurnya sekitar 3bln. stiap hari sya ksih mkan bubur 2x sehari. tp tdi malam sya lupa ksih mkan, dan dia crabbing trus mkan bntutnya sndiri smpe putus, dua kaki belakangnya jga dia gigitin smpe luka2 parah. gimna ya cara nanganinnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hadduh, kenapa sampe lupa kasih makan mbak....padahal taro aja bubur bayinya di kandang. ganti setiap 5 jam. begitu.udah ada artikelnya: cara mengobati ekor sugar glider yang putus

      Delete
  71. mlm dok sya punya sg udh dua kali melahirkan,yg pertama anaknya 2 lk yg kedua jg 2 lk,apa memang rasio sg untuk melahirkan joey yg p lbh kecil dri pda joey lk ? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak sih mas. sama aja. kedua2nya punya kemungkinan yang sama. :)

      Delete
  72. Salam dok. saya punya sg 1 pasang tpi kaki belakang ko pada dempet gitu. cacat apa enggak.....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dempet gimana mas? bisa dikasih fotonya kemari?
      maksudnya kaki belakang kanan dan kiri kayak nyatu gitu? jadi kayak ada kaki di tengah badan?

      upload fotonya di bagian silakan upload gambar, ntar muncul linknya, nah linknya ditaro di komentar baru... :)

      Delete
    2. Susah dok upload foto nya...lewat fb aj gmna.....,

      Delete
    3. boleh. di facebooknya mas aja.
      gambarnya di set public. terus linknya taro di komentar.

      Delete
  73. Dok,SG di sebut joey smpai brapa bulan yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saat dia benar2 sudah independent. udah nggak menyusu lagi dan sudah bisa makan sendiri. :)

      Delete
  74. dok. gimana cara agar sg berkembang biak secara rutin

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak ada yang tahu pasti, mas. :)
      cara termudahnya ya dengan memastikan kandangnya nyaman dan makanannya selalu tersedia... itu aja sih. kalo kebutuhan dasarnya terpenuhi, setidaknya dia bisa berkembang biak dengan normal..

      Delete
    2. boleh ga dok klo disekitar kandang ditaroin kamper biar gabau?

      Delete
    3. kalo pengen sgnya gak bau, jangan dikasih makanan yang mengandung protein. kasih buah aja. ntar nggak bau kok... :)

      Delete
  75. Dok..saya mau tanya. Saya punya sg sepasang. Waktu saya potongin kuku ke peternak sg yang dlu saya beli kata orangnya sg betina saya hamil (sedang ip). Beberapa hari kemudian saya pisah sg betina sama jantannya. Karena tiap sg jantan masuk pouch yang sama dengan sg betina. Sg betinanya bersuara..seperti berantem gitu dok. Dan kalau lagi diluar pouch sg jantannya sering (maaf) ciumin/menjilat kelamin sg betinanya sehingga sg betina saya risih. Apa benar harus dipisah ya dok? Berapa lama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak usah dipisah. biarin aja. :)
      nanti kalau joeynya udah keluar, si jantan bisa bantu ngurus joeynya juga,,, :)

      Delete
  76. Dok..sg yang hiperaktif itu gara" apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa emang dari kebanyakan kasih makanan yang mengandung gula, atau bisa juga emang wataknya kayak gitu. jadi mending cek makanannya dulu. mbak biasa kasih makan dia apa?

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.