Sunday, November 3, 2013

Cara Merawat Bayi Musang Yang Masih Merem | Drh. Fira Sovica

Cara merawat bayi musang

memang tidak bisa dikatakan gampang karena dibutuhkan ketelatenan, terutama jika bayi musang belum bisa makan sendiri atau masih disepet (makan menggunakan pipet) dan matanya masih terpejam. Anda juga bisa membaca artikel bedanya musang pandan dengan musang rase di artikel perbedaan musang rase dan musang pandan.

Maka dalam penanganannya, dibutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk terus menjaga si bayi musang agar tidak kelaparan.
Berikut adalah beberapa cara memelihara musang yang masih merem:

1. taruh musang di box kering dan hangat, jangan sampai musang kedinginan.
jangan menaruh musang di tempat dingin kecuali memang ada penghangatnya. pastikan kandang selalu kering. jika diperlukan, taruh lampu penghangat diatas kandangnya.

2. jangan telat memberi makan.
salahsatu penyebab matinya bayi musang adalah karena owner telat memberi makan. pemberian makan pada musang yang matanya belum bisa melihat (matanya masih terpejam) bisa dilakukan setiap 4 atau 5 jam dengan cara disepet menggunakan pipet. jangan memberikan makan bayi musang dengan menggunakan suntikan karena akan menyebabkan musang tersedak. akan lebih baik lagi jika bubur bayi yang menjadi makanan utama bayi musang dicampur scott emulsion agar daya tahan tubuhnya lebih kuat. minyak ikan juga sesekali bisa ditambahkan ke campuran bubur bayinya agar bulu musang tumbuh dengan baik.

3. sempatkan waktu bermain dengan si musang.
poin keempat ini diperlukan agar si musang mengetahui siapa ownernya. dengan mengajak main musang maka dia akan menganggap anda sebagai induknya dan dia akan bonding kepada anda. poin ini akan lebih ditekankan jika ada ingin musang anda bonding (terikat secara batin) kepada anda.

karena perlakukan khusus inilah maka

bayi musang yang masih merem

tidak cocok dipelihara oleh orang yang pemula didalam dunia permusangan. dibutuhkan waktu serta kekonsistenan dalam pemeliharaan musang, seperti halnya memelihara hewan lainnya.

275 comments

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 275   Newer›   Newest»

Berapa lama waktu yg dibutuhkan dalam sehari agar musang bisa mengenal kita sebagai owner dan bisa bonding saat musang dewasa nanti,trimamkasih

sama seperti manusia, masing2 musang punya karakter sendiri.
ada yang "keras kepala" ada juga yang gampang dijinakkan.
namun umumnya agar si musang bisa bonding saat kita dewasa,
triknya adalah membiasakan si musang dengan aroma tubuh kita.
beri makan si musang dengan tangan kita (disuapin) sehingga
si anak musang akan menganggap kita sebagai orangtuanya.
pemberian makan dengan tangan bisa dilakukan minimal 2 kali sehari.

Saya juga butuh informasi mengenai makanan utama musang pandan,apakah cukup hanya diberi pisang atau pepaya setiap hariatau harus diselingi dengan daging,menurut beberapa teman sebaiknya jangan diberi daging ayam karena akan menyebabkan musang menjadi galak,mohon informasinya karena saya seorang pemula,terima kasih

sebenarnya, musang sejinak apapun, resiko musang menggigit
tetap ada, seperti saya tulis di artikel RESIKO MEMELIHARA
MUSANG http://jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.com/2014/02/resiko-memelihara-musang.html
namun saya sendiri menyarankan untuk TIDAK SERING-
SERING memberikan asupan daging kepada musang.
kenapa?
karena musang yang sering diberi daging kerap lebih
rentan terhadap penyakit daripada musang yang makanan
utamanya berupa buah2an... SARAN SAYA, cukup beri asupan
daging untuk musang satu minggu sekali, selebihnya
beri buah-buahan. :)

Musang ane gak mo makan udah 3hari dari pertama nangkep, umur sekitar 2-3bulanan, sekkarang kondisi tubuhnya Menurun kira kira kenapa ya..? Apa karenastres ato emang belum bisa makan sendiri mohon informasinya soalnya ane newbe baru pertama ini piara musang pandan.....
Terima kasih.....

sepertinya kalau umur segitu sudah bisa makan sendiri.
tapi saya susah untuk memutuskan karena tidak bise melihat
langsung kondisinya. coba berikan saja bubur bayi ke si musang,
taruh ke kandangnya. bisa juga kasih air gula pasir agar menambah
tenaga.
kalau tidak dimakan, kemungkinan memang masih disusui
induknya, anda bisa memberikan asupan makanan lewat pipet.
semoga membantu,

Saya mau minta saran..
3 hari yg lalu saya menemukan anak musang jatuh dari eternit rumah saya.. kondisi fisik seperti yg ada di foto blog ini, dengan mata masih merem.. selanjutnya saya buatkan kandang kardus dg penerangan bohlam 40 Watt (karena kondisi udara di kota saya cukup dingin) ..
pd hari pertama saya berikan 20x pipet asupan susu Bonetto (4x sesi pemberian @ 5 pipet)
selanjutny si Musang masih saja menangis2 mengeluarkan bunyi yg nyaring..
pd hari ke 2 mulailah si musang berak cair / encer dg fases berwarna kuning..
kemudian saya berikan obat diare cair ("Omegdiar" dg kandungan obat adalah kaolin & pectin)
beraknya berangsur berkurang, tetapi blm mampet.

pertanyaan saya apa yg seharusnya segera saya berikan untuk asupan makanan si bayi musang tsb? secara susah sekali utk diberikan asupan makanan, dan jujur saya miris kasihan mendengar teriakan2 bayi musang tsb sprti kelaparan.

kemudian utk susu non-laktosa / non-protein sapi bisa diganti menggunakan susu kedelai?
apakah bayi musang tsb sudah bisa diberikan asupan bubur susu / buah?

mohon bantuannya segera, terimakasih.

bubur bayi bisa diberikan setiap 4 jam sekali dengan menggunakan pipet. untuk susu sebaiknya tetap gunakan susu non laktosa. buah yang bisa diberikan adalah pisang yang diblender kemudian diberikan lewat pipet.

lokasi dimana mbak? sayang kita jauh. jika dekat mungkin saya bisa bantu rawatnya. semoga bayi musangnya baik2 saja... :)

jd seumuran segitu ud boleh dikasih bubur bayi & pisang? saya kira nunggu sampe matanya melek dulu, takut pencernaannya blm kuat.

di wonosobo.. amen. terimakasih atas sarannya

udah kok. gak apa2 malah. :)
jangan sungkan buat konsultasi di sini ya mas... salam.. :)

Mbak burhan aku knpa yaa kok tidur melulu..baru beli 2 hari..jenis.nya celepuk..
Mohon info nya...

coba masnya komen di post burung hantu celepuk aja biar lebih teratur...

Maaf mau tanya dong,klo harga burhan jenis oriental bay owl kisaran brpa ya.trimakasi

Harga oriental bay owl bisa dilihat di http://jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.com/2014/07/harga-burung-hantu.html

Mba mau minta sarannya dong buat merawat musang yang mau makan dan cepat beradaptasinya sama saya, dan saya baru merawat musang biar cepat gimana yak mba
Dan makanan musang apa ajah yak
Mohon sarannya dan bantuannya makasih

silakan search di menu cari artikel di atas dengan kata kunci MAKANAN MUSANG. Mengenai cara menjinakkan musang, mbak bisa search di menu di atas CARA MENJINAKKAN MUSANG. Semoga membantu.. :)

Maksudnya musang yang saya rawat hanya makan sedikit, saya kasih bubur sun ama pisang saya campur pisang di makan hanya sedikit, klo buat vitamin di kasih apa yak biar mau makan musang saya
Mohon bantuannya

kalau boleh tahu, musangnya umur brp, mbak? supplemen vitamin untuk musang bisa diberikan scott emulsion yang dicampur dengan makanannya..... selengkapnya silakan mbak search CARA MENGGEMUKKAN MUSANG di menu cari artikel diatas... :)

Musang saya umurnya 2 atau 3 bulan mba, dan saya dr punya brp hari saya kurung soalnya musangnya pernah saya biar keluar dan musangnya susah saya tangkap makanya saya blm kasih keluar2 dan apa saya kasih rante ajah biar ga kabur- kaburan abis tiap mau dipegang masih triak2 mulu

Maaf yak mba saya banyak nanya soalnya baru pelihara musang untuk menanya2 gpp kan langsung kesini klo misalnya saya datang ke mba gimana? Bisa

gak apa2, saya malah senang kalau ditanya... :)
sebaiknya jangan dirante, dikandangkan saja. coba sering2 disuapi makan pakai tangan. kasih makan pakai pisang sunpride, potong2 kecil pisangnya, lalu suapi dia pakai tangan. hal pertama yang harus dilakukan sebenarnya adalah sabar. coba mbak search di bagian cari artikel menjinakkan musang, banyak artikel yang berkaitan dengan menjinakkan musang.... :)

Soalnya klo misalnya ga saya kasih rante yang ada kabur makanya biar ga bosen di kandang makanya mau saya
kasih rante gitu, soalnya pas mau
di pegang ajah musangnya suka
teriak dan gigit gitu makanya mau
buat mandiin ajah bingung
takutnya ga mau diam gitu
musangnya, lebih baik gimana?
Mba mang pelan pelan musang makan sedikit yak saya potong si pisangnya tp bukan pisang sunprise yang saya kasih pisang yang kecil kecil itu saya kasih satu, dan klo mandiin di kasih sampo bayi gpp kan yak mba atau sampo biasa terima kasih atas sarannya yak mba

iya, pakai pisang lampung juga bisa.
kalau takut, memandikannya di dalam kandangnya saja mbak. caranya bisa dibaca di artikel cara memandikan musang yang bisa mbak search di menu cari artikel diatas.....

sebenarnya, digigit adalah resiko memelihara musang. sejinak apapun, musang pasti gigit, entah itu iseng atau emang serius mau gigit.... :)

Mba mang klo musang makannya hanya malam ajah pagi ga makan yak?, musang saya sekarang nie saya kasih pisang lampung ga mau dimakan ampe saya ancurin jga tetep ajah makanannya ga disentuh sampai pagi, dan saya kasih ajah bubur sun tp dimakan si ampe habis dan tiap mau makan saya kasih vitaminnya scott emulusion dan skrg nie malah musangnya mencret2 apa karna dr bubur atau dr vitaminnya
Terima kasih mba

meski musang termasuk hewan malam, tapi kadang musang bangun dari tidurnya untuk makan pada siang hari.
musangnya umur berapa bulan, mbak?
kalau masih bayi banget memang harus disepet pakai pipet/suntikan. untuk musang yang masih sangat bayi usahakan hanya bubur sun saja, tanpa scott emulsion. scott emulsion bisa diberikan hanya sekali dalam seminggu.

Musang saya umurnya 2bln, mang si dr kmrn saya kasih vit scot emulsionnya sering gitu dan sampai skrg masih mencret, udah saya berhenti buat kasih scott emulsionnya, biar rada kurangan mencretnya kasih apa yak mba? Dan td baru saya coba kasih susu kaleng yang kental manis mau di minum, dan musang saya campur bubur sama pisang tp pisangnya saya ancurin malah ga nafsu makan, tp klo misalnya saya kasih bubur sun saja dimakan, klo dikasih pisang saja ga dimakan
Harus gimana yak mba

mending disepet saja, kasih makan pakai pipet atau suntikan, pelan2 pas ngasihnya. saran saya, jangan diberi susu dlu jika memang mencret. buah2an masih saya rekomendasinya seperti pisang lunak seperti sunpride atau bisa juga pake bubur bayi. agar tidak mencret, bisa juga kasih pepaya matang.... siapa nama musangnya? lebih baik dikasih nama biar dia bonding... :)

This comment has been removed by the author.

Dok saya mau tanya ini musangnya saya brp hari saya pindahin ke kandang yg lebih besar tdnya kandangnya kecil dok dan saat kandang yg kecil malah bulunya suka rontok dan makanya saya pindahin kekandang yg lebih besar ehh malah pas dikandang yg bsr musangnya suka bersin2 harus gimana dok dan apa saya bawa kedokter hewan saja biar tidak parah, waktu tinggal dikandang yg kecil musangnya ga bersin apa efek kedinginan tinggal dikandang yg lebih besar, harus gimana dok apa saya pindahin lagi saja ke kandang yg lebih kecil tp bulunya suka rontok skrg ini malah makannya jg suka ga nafsu dok mang si saya ga pernah kasih ayam takutnya jadi galak musangnya, harus gimana dok kasih saran yak

musangnya masih bayi??
Kalau musangnya masih bayi, kandang besar atau kandang kecil tidak masalah ASALKAN musangnya diberi penghangat seperti kain atau box.
iya, kemungkian kedinginan itu. Kalau di kandang besar, coba taruh kardus berukuran sedang dan tertutup (dibuka di bagian sampingnya, bukan dr atas. hingga kalau musangnya mau masuk ke dalam dus, dia bisa lewat samping, bukan ditaruh oleh ownernya dr bagian atas).
jaga agar kandang selalu hangat. bisa dengan menempatkan kain2 bekas d dalam dus. suhu ruangan juga jangan terlalu dingin....

Dok mau tanya lg, Musangnya saya berumur 2bln waktu saya beli dan bulunya skrg ini suka rontok apa yg harus saya kasih soalnya makannya saya kasih bubur sun sama nasi kecap blm pernah kasih kepala ayama direbus, takutnya musangnya jd galak bgt dok, dan suka saya kasih pisang biar ga bosan makannya waktu kmrn ini yg kasih makan mama saya ehhh malah ga mau dimakan giliran saya yg kasih makan malah mau dimakan kyk ngambek gitu dok, dan skrg ini musangnya blm saya mandiin krn musim ujan takutnya klo saya kering pake mesin pengering rambut takutnya musangnya kaget dan dah gitu udah musim dingin jga dok harus gimana dok?
Jd harus gimana dok untuk makanannya dan sama biar bulunya tidak rontok lg?

mitos kalau kasih ayam mentah atau ayam rebus ke musang nanti musangnya jadi galak itu sebenernya salah, mbak. kalau udah jinak, dia pasti akan terus jinak meski diberi makan ayam mentah juga.... tapi tetep, makanan terbaik musang tetap buah2an... ayam rebus bisa sebagai makanan tambahan saja... :)

coba mbak search CARA MERAWAT BULU MUSANG dan Mencegah Kerontokan Bulu Pada Musang di bagian cari artikel... :)

iya, sementara ini lebih baik jangan dimandikan dulu. lap saja dengan lap yang dibasahi air hangat. jangan pakai pengering rambut. setelah dilap dengan lap basah, bisa dilap lagi dengan lap kering... :)

utk muspan umur 1mnggu dberi mkn pa mba? klo dberi susu indomilk apkh tdk apa2?

lebih baik jangan susu indomilk, laktosanya tinggi, nanti malah bisa bikin mencret. kalau memang mau dikasih susu, coba yang sgm non laktosa atau susu non laktosa lainnya.... :)

Mba, klw suapin baby musang pake sendok teh yg kecil bs g mba? Soalnya klw pake pipet mau agk susah gitu mba. Trs susu apa yg non laktosa mba. Sy soalnya br dpt baby musangnya di asbes rmh sy. Mknya udh sempat sy kasi susu kental bendera itu mba. Rpnya gk boleh ya mba..

iya, gak boleh dikasih susu kental manis. takutnya malah mncret. dikasih susu non lactosa aja...

kalau memang rada susah pake pipet, coba pake suntikan mainan yang ada selangnya. kan suka ada tuh yang jual mainan berbentuk suntikan di abang2. beli aja. dicuci dulu denga cara direndam dengan air panas...
caranya makanan berupa bubur bayi disuapkan dengan menggunakan suntikan pelan2 ke mulutnya... :)

Kalo muspan masih merem dibawa2 untuk di beri makan boleh? Soalnya ga punya waktu dirumah harus ngampus jadi kasih makannya sambil dibawa ngampus biar ga kelaparan boleh ga ya?

boleh aja. asalkan hati2, jangan sampe gak sengaja kedudukan atau dipegang2 terlalu keras.
oh ya. hati2 ketauan dosen juga mas.... :D

Ia dok heheh Trus kalo Baby musangnya ga perlu kasih makan kan dok klo tengah malam n klo uda buka mata uda boleh main" diluar diajak jln gtu

sebenarnya, kalau sudah buka mata, mas bisa latih dia makan sendiri. kalau dia mulai bunyi2, coba dekatkan tempat makannya, biar dia jalan sendiri ke tempat makannya... nanti dia nyoba cari makan sendiri. cukup perhatikan saja selama 10 hingga 15 menit. kalau dia tetap tidak mau menghampiri, baru suapin. begitu terus tiap mau memberi makan..... :)
boleh kok, boleh diajak main. kalau panas, jangan sampai matanya kena sinar matahari langsung dalam waktu lama. silakan baca artikel katarak pada musang.

dan satu lagi. beri nama. agar dia tahu dia disebut siapa oleh tuannya. mas juga bisa latih dia buang air di toilet sendiri biar mas gak repot. caranya silakan search di menu cari artikel.... :)

1 lagi pertanyan saya dok klo Baby musang sehari 6 kali makan mulai pukul 6 pagi trus jam 9,12 ,3,6 sore dan 9 mlm cukup kan dok

Maaf banyak nanya dok thanks before :)

5 hingga 6 kali pemberian makan cukup kok... :)

gak apa2, saya malah seneng kalau banyak yang bertanya. silakan tanyakan lagi jika ada problem.. :)

dok saya mau tanya..saya punya muspan umur mau nginjak sebulan..msih merem..nah umur kapan ya meleknya dok..takutnya ko ga melek2 katarak atau gmna..apa perlu dibantu sedikit untuk melek?trus soal pemberian makan..bagaimana dgn muspan ane yg perutnya msh gedhe atau buncit?apa perlu dksih makan lagi sesuai jam yg telah dijelaskan diatas?terimakasih sebelumnya dok

gak usah. biasanya nanti umur 1,5 bulan hingga 2 bulan dia melek sendiri kok... kalau musang sakit mata biasanya sering menggaruk2 matanya. coba aja buka sedikit matanya, kalau sehat2 saja (bening), gak masalah...

kalau masih merem, cukup beri makan kalau dia mulai bunyi mencicit2 saja. kalau dia mulai anteng atau saat diberi makan dia menghindar, hentikan pemberian makanan.... :)

musang anakan yang suka mencicit-cicit biasanya menandakan musang tersebut lapar... silakan baca cara merawat anakan musang, search di menu cari artikel di atas... :)

Dok, saya punya baby musang pandan maaih merem, ini saya kasih makan bubur sun campur susu gsm 0 bulan, uda bener blm dok mkanan saya ini?
Trus saya mw tanya baby musang ini perlu dikasih minum air putih gak? Slama ini saya blm prnh ksh air putih takut musangnya kehausan kekurangan air.

bubur sun aja, gak usah kasih susu sgm. kalau memang mau kasih susu, kasih susu sgm non laktosa. kalau tidak ada, lebih baik jangan kasih susu. :)
kalau masih baby banget, cukup susu aja kalau ada. kalau tidak ada, cukup kasih air kelapa muda. sekali sehari. :)

Bubur sun rasa apa dok yg bagus? Musang emang minum nya harus manis y dok gk mw mnum air putih doank ya

iya. kalau air biasa kadang dia gak mau. kalau musang dewasa, biasanya air minumnya dikasih madu atau gula dikit. :)

Sebaiknya dikasih sun atau sgm ya kalo masih merem ?trus cara buatnya gimana yg bagus

22nya bagus. susu sgm yang non laktosa ya mas, karena yang mengandung laktosa bisa menyebabkan mencret. agak susah carinya. kalau bubur sun kan gampang, hampir di semua minimarket ada. yang merek promina aja, rasa kacang hijau.
kalau masih merem, buat agak encer. kasih pakai pipet atau suntikan.... :)

dok, saya mau nanya.. saya punya baby musang umur -+3minggu dan belum melek, sejak 2 hari yang lalu matanya mengeluarkan cairan berwarna putih dan agak kental, saya kira itu cuma cairan biasa sebagai tanda musang saya mau melek jadi saya lap dengan tisu, tapi tiba-tiba tadi sore matanya mengeluarkan darah yang cukup banyak, saya kaget dan saya langsung kasih makan dan saya lap takutnya darahnya masuk ke hidung atau mulutnya.. pertanyaan saya, apa yang terjadi sama mata bayi musang saya? apa baik-baik saja? bagaimana cara pennganannya yang tepat?

sebagai catatan, bayi musang saya itu saya gabungkan dengan 1 bayi musang lagi yang berumur 2,5 bulan yang sudah melek.. terimakasih dok..

sebaiknya bawa segera ke dokter hewan. atau kalau dokter hewan jauh, coba mas beli amoxicillin 500mg di apotik. satu tablet dipotong jadi 5 bagian sama besar, ambil satu bagian, tumbuk hingga halus, lalu campurkan dengan 5 sendok makan air.... minumkan dengan dosis pagi sore setiap hari....

maaf baru balas karena kemarin sempet rusak templatesnya. semoga baik2.... :(

Dok baru" ini saya pelihara musang yg ketemu di depan rumah, kondisinya mata masih merem seringnya dia tuh tidur kalo di kasih makan cuma makan sedikit, kira" kenapa ya ?

kalau dia mulai bunyi "cit cit cit" gitu, coba kasih makan pakai bubur sun. kasihnya pakai suntikan atau pipet, kasih dikit2..... kasih tiap 5 jam sekali aja... :)

sehat selalu buat anak musangnya... :)

Okeh makasih dok
Brarti walaupun mkannya dikit gapapa kan ya

Dok...tanya
Utk pemberian scotts emulsion pd musang baby merem boleh ndak? Seberapa banyak? Seberapa sering?
Dan apakah dosisnya otter sm musang itu sama?
Mkasih dok

sebaiknya jangan. boleh tapi sedikit saja. jangan banyak2. setegah sendok teh saja... dosis pemberiannya cukup satu minggu sekali.....

dosis apa nih? scott emulsion? otter lebih sedikit karena sistem pencernaannya berbeda dengan musang.... :)

semoga membantu

Embak mau nanya nih,, kalo buat minuman si musang umur 1,5/2 bulan boleh pake air gula / tidak..
Terus kalo makanannya di kasih paya/pisng tpi gk di ancurin bagus gk bak.. thnx

Kalo umur segitu seharusnya udah makan sendiri/ belom

belum bisa mas. rata2 bayi musang yang masih merem masih dipipet atau disepet. :)

halo mas. saya coba jawab ya.
1. boleh aja dikasih air gula. abis minum, sebaiknya sisa air gulanya dibersihkan sampai bersih dengan lap basah ya. jangan ada sisa air gula di bulunya karena kadang bikin bulu rontok.. :)
2. pepaya atau pisang bisa diberikan 1 minggu sekali. lebih bagus kasih makan bubur sun atau promina... :)

Siang dok...
Saya mau nanya..
Si chika(musang pandan),umur 1,5 bulan lebih 3 hari....udah melek,sehat,aga bondng.pagi,sore,malm,dikasih susu sgm 0-6bulan,siang dikasih bubur sun pisang...
Saya mau nanya,kan kukunya panjang,boleh ga dipotong usia segitu?..
Dan karna kukunya panjang,sering buat jati tangan saya lecet sediki berdarah.dan dia sering gigit jari saya.bahaya ngga kalo dia sering gigit jari sara yang ada sedikit darahya?..apa dia cuma mau becanda?..
Makasih..
Mohon solusinya...

saya coba jawab.
1. kalau memang mbak bisa, silakan potong kukunya. akan lebih baik jika dipotong di petshop atau orang yang sudah berpengalaman dalam pemotongan kuku hewan.
2. pada dasarnya, musang adalah hewan buas. sedikit banyak pasti dia menggigit. mau sejinak apapun musang itu. dan gigitan musang tidak berbahaya kalau kita tau cara merawatnya. kalau memang gigitannya tidak dalam, cukup dilap dengan kain kasa saja. kalau dalam, mbak bisa cuci dengan cairan antiseptik dettol.... :)

Dok bisa bntu sy dimna beli burhan yg masih bulu halus...kemaren sy nyari dijatinegara tpi ga ktmu klo ad tolong di infokan ke sy ya teman2... Fadlypado.photographer@gmail.com

silakan baca artikel saya daftar penjual hewan terpercaya... :)
di pramuka juga banyak mas...
mas juga bisa gabung ke grup jual beli burung hantu di facebook....

Dok boleh bantu saya... anak musang saya susu mau buang air besar. Boleh saya tahu apa masalahnya... dok boleh email sy di farhanaramdan@yahoo.com.

Dok boleh bantu saya... anak musang saya susu mau buang air besar. Boleh saya tahu apa masalahnya... dok boleh email sy di farhanaramdan@yahoo.com.

halo farhana.
baik bila diberi susu non laktosa, tidak diberikan susu yang ada laktosa karena bisa menyebabkan diarrhea.

konsultasi di blog ini saja. salam... :)

Dok, kalo 7 jam 1x boleh gk?.. soalnya saya sekolah!.. :)

memberi makannya? sebelum berangkat sekolah, silakan beri makan dulu agak banyak.... :)

Kalo tengah malam, apa harus di kasih makan?..:)

pada dasarnya, musang memang hewan nocturnal. kalau memang si bayi musang terdengar bunyi2 pada malam hari, ya kasih aja makan sedikit mas. mas juga bisa mengajari dia makan sendiri... :)

Musang saya susah mkan klo d.liati.. Tp klo dtinggal pergi dia mau mkan.. Apa stress apa msh malu2... Tp udh mlai jinak koq.. Udh mngenali owner nha.

sementara gak usah diliatin. :)
nanti kalau dia udah jinak, mas bisa coba gendong. menurut feeling saya sih dia sekarang juga udah bisa digendong. kalau mau, gendong aja.... :)

Kalo digendong sih udh mau.. Bahkan udh mau diam dpundak... Alhmdllh skrg udh ada prkmbngn.. Udh mau d.suapin pelan2 tp msh
dikit mkan nya..

Musang saya susah mkan klo d.liati.. Tp klo dtinggal pergi dia mau mkan.. Apa stress apa msh malu2... Tp udh mlai jinak koq.. Udh mngenali owner nha.

gak. bukan stress itu. mungkin memang karakternya yang pemalu dan tidak mudah menerima kehadiran manusia. sama seperti kita, musang juga punya karakter masing2 mas.... :)
pelan2 aja. sering diajak main. kalo ada waktu pas akhir pekan, mas bisa gabung ke komunitas musang.... :)

Dok, lampu 5 watt apa sudah bisa membuat musang hangat?....

jangan pakai lampu.
kasih kain aja di kandangnya. nanti dia masuk ke lipatan. kalau pake lampu kadang malah bikin dehidrasi...

mau tanya musang saya kalo dikasih bubur sun/ susu sgm enggk mau, maunya makan pisang aja. kalo dikasih pisang dicampur bubur sama susu gapapa ?
kalo dikasih bubur sun/susu sgm mesti saya paksa buat buka mulutnya, cara biar mau makan bubur sun/ susu gimana ?

gak apa2 kasih pisang campur bubur sun. jangan kasih susu yang mengandung laktosa seperti susu kental manis dll... kasih susu sgm llm aja...

umur musang mas berapa? kalau udah dewasa (diatas 3 bulan), bisa dipuasakan dulu....

Dok muspan saya umur 1,5bln duh makan nya susah bener dok klo kmren2 pke pipet di spot di mulut nya gtu tpi masih mau dia makan walaupun sedikit sedikit tpi skrng udah ga mau di telen sekali jdi mau ga mau saya pasang selang pipet jadi aga masuk ke tenggorokan nya dok cuman klo tiap hari gini2 terus duh saya jdi ga tega juga dok trus selama saya tmbah selang kalo abis saya kasih makan suka kecekukan gtu dok....
jadi dok apa ada selusi lain selain di spet gtu dok?
makasih dok.....

Mohon pencerahannya dok....

Dok muspan saya umur 1,5bln duh makan nya susah bener dok klo kmren2 pke pipet di spot di mulut nya gtu tpi masih mau dia makan walaupun sedikit sedikit tpi skrng udah ga mau di telen sekali jdi mau ga mau saya pasang selang pipet jadi aga masuk ke tenggorokan nya dok cuman klo tiap hari gini2 terus duh saya jdi ga tega juga dok trus selama saya tmbah selang kalo abis saya kasih makan suka kecekukan gtu dok....
jadi dok apa ada selusi lain selain di spet gtu dok?
makasih dok.....

Mohon pencerahannya dok....

kalau umur 1,5 bulan memang mau tidak mau harus dipipet.
tapi jangan pakai selang pipet langsung ke dalam tenggorokannya mas. kasian. pakai suntikan saja. itu loh, suntikan yang ada selangnya. tapi jangan sampai ke tenggorokan ya mas, di mulunya aja.....

iya, saya juga ngerti betapa merepotkannya memelihara bayi musang. yah memang resikonya begitu, mau gmn lagi... :)

kalau umur 1,5 bulan memang mau tidak mau harus dipipet.
tapi jangan pakai selang pipet langsung ke dalam tenggorokannya mas. kasian. pakai suntikan saja. itu loh, suntikan yang ada selangnya. tapi jangan sampai ke tenggorokan ya mas, di mulunya aja.....

iya, saya juga ngerti betapa merepotkannya memelihara bayi musang. yah memang resikonya begitu, mau gmn lagi... :)

Kasian sya juga dok klo mesti terus2an pke selang.... soalnya klo cuman di mulut aj pasti keluar lg.... saya udah coba bubur sun yg rasa kacang ijo sama pisang juga sama2 aj....
tpi klo susu ga ada masalah...
klo pertama tama saya pke dencow, kental manis, sama scoot.... saran dokter ganti sama SGM ternyata bagus juga musang nya minum sampe kering terus....
jdi kan klo makan nya susah dok klo di ganti sama susu terus bagus ga dok sampe nanti dia mau mulai bisa makn buah2an.....
makasih dok pencerahan nya....

bagaimanapun, sebagai owner kita tidak bisa memanjakan pet kita. apalagi musang yang terkenal hewan buas yang memiliki sifat mandiri. :)
kalau sebelum umur 3 bulan bolehlah kasih susu, kalau udah menginjak 2,5 bulan, mbak/mas bisa ajari dia makan sendiri..... :)
nanti saya ajarkan cara agar musang tidak manja dan mau makan sendiri... :)

jam mkan musang bayi itu apa mlm hari aja ?? krena punya saya yng bayi itu tidur trus dok?

Selamat Siang Dok..

Saya hari ini baru adop musang pandan.. kira kira umurnya baru bebrapa minggu.. karenna baru melek matanya.. sesuai informasi yang saya baca sebelumnya .. untuk memberi makan bayi musang itu dengan susu SGM non laktosa ( tp saya menggunakan SMG ananda soya, Promina pisang susu, dan scott's. untuk takerannya nya berapa ya dok?? apakan scott'nya 1 sendok teh di campur dengan susu dan bubur promina?? mohon bimbingannya dok... terimaksih

kalau masih bayi emang kebanyakan dia tidur di siang hari. tapi sebaiknya sekitar 4-5 jam sekali bangunkan dan disepet makanan.... :)

dari segi makanan sih udah bagus. :)
scott emulsion cukup diberikan 3 hari sekali aja dengan cara dicampur ke makanannya. takaran scott emulsionnya cukup satu sendok teh.
makanan tetap kudu dijaga ya mas. jaga juga kebersihan kandang.... :)

oo bgtu ya bu.. bayi musang ngga bkal ngrsa lapar emng bu?? klo setiap 4-5 jam kita bagunin buat mkan..

tap bu apa bner klo bayi ini lebih baik di kasih susu dulu tanpa campur buburnya bu??

musangnya suka bersin bersin bu,, knpa ya??

mav bu bnyak tanya baru pertama kali merwat musang bu

biasanya kalau baby musang jika lapar dia akan bunyi. kasih makan aja kalau bunyi meski belum 4-5 jam, atau bangunkan saja kalau sudah 4-5 jam, mau dia bunyi2 atau nggak....

iya, lebih baik kasih susu tanpa campur bubur. susu bisa 2 kali sehari saja, pagi dan siang.

musangnya suka bersih2? nafsu makannya bagus gak? kalau masih bagus masih sehat. kandangnya sering2 dibersihkan... :)

gak apa2. saya malah seneng jka banyak yang bertanya... silakan kembali lagi jika ada yang mau ditanyakan lagi...

dikasih nama siapa mas musangnya? :)

iya dok saya sedikit kurng paham dengan waktu mkannya.. karna ngga bunyi2 tdr mulu dok..

nafsu mkannya kurang.. ini aja saya ngsih mkannya sedikit kesulitan.. saya menggunakan suntikan yang ujunnya dikasih karet pentil.. tapi si musaing susah sekali menggunkannya sepertinya..

blum saya kasih nama dok.. jenisnya jantan.. kmren ad 2 ekor saya adop yang jantannya

kalau dikasih karet pentil memang agak susah. kasih selang aja mas. beli suntikannya di abang2 tukang mainan depan sd impres. :D

Dok musang saya umur 1bln 2minggu udah melek makan masih dispet, saya kan sibuk sekolah kalo saya taruh susu di kandang pake tempat minum hamster tapi takut basi dok susu'a. Jadi pengganti susu'a bisa dikasih apa dok ?

agak susah untuk menggantikan susu, soalnya musangnya masih baby bgt. kalau agak besar sih gampang. sebaiknya untuk umur segitu pakai susu non laktosa kayak SGM non laktosa/LLM. karena kalau susu kental manis atau susu dancow, biasanya bikin mencret/dehidrasi...

Ohh gitu, iyaa dok saya kasih'a susu sgm no latkosa kok ..
Thanks dok ..:)

DOK numpang nanya
Baby musang saya matanya msi belum terlihat,saya memberi makanannya 4 kali sehari

Tetapi kerjaan musangnya hanya tidur...siang..malam...pagi...
Itu kenapa ya do

mohon pencerahannya

DOK numpang nanya
Baby musang saya matanya msi belum terlihat,saya memberi makanannya 4 kali sehari

Tetapi kerjaan musangnya hanya tidur...siang..malam...pagi...
Itu kenapa ya do

mohon pencerahannya

sayangnya mas gak kasih tau umur musangnya berapa.
perlu saya tekankan bahwa bayi musang, khususnya yang matanya belum terbuka atau belum melek, biasanya lebih suka tidur. paling bangun pas makan aja. dia suka bersuara gitu mas? :)

selamat malam dokter saya seorang pekerja yang ingin mengadopsi musang dalam beberapa waktu dekat ini cuma saya memiliki beberapa kendala sebelum saya berhasil mewujudkan keinginan saya

# jam kerja saya dari jam 06:30 s/d 16:00 terkadang saya juga ikut jaga UGD hingga jam 24:00 dan sabtu minggu juga kerja

# istri saya bukan seorang pencinta hewan terkadang untuk memberi makan kelinci saya suka sampai jejeritan gabungan antara takut dan geli

# saya mempunyai anak berumur 2 tahun yg aktif dan memiliki tenaga yang kuat

# rumah saya kecil tanpa ada halaman

yang ingin saya tanyakan adalah

=> jenis musang apa yg cocok dengan kondisi saya saat ini

=> umur berapakah musang yang seharus nya saya adopsi

=> kalo saya mengadopsi musang dewasa apakah akan mudah untuk membuat kontak batin dengan musang dewasa tersebut ???

terima kasih atas bantuan dokter

matanya masih merem?
emang musang yang masih merem kebanyakan hanya tidur mas. yang pasti, jaga kebersihan kandang dan makanan. rajin memberi makan... :)

maaf baru saya balas, saya habis perjalanan dinas ke luar kota.... :)

saya coba jawab:

# jam kerja saya dari jam 06:30 s/d 16:00 terkadang saya juga ikut jaga UGD hingga jam 24:00 dan sabtu minggu juga kerja
jawab: mas bisa kasih makan sebelum mas kerja atau tinggalkan makanan di kandangnya saat mas berangkat kerja

# istri saya bukan seorang pencinta hewan terkadang untuk memberi makan kelinci saya suka sampai jejeritan gabungan antara takut dan geli
jawab: jauhkan dari jangkauan istri kalau memang gitu kasusnya. atau mas bisa sediakan ruangan khusus untuk hewan. :)

# saya mempunyai anak berumur 2 tahun yg aktif dan memiliki tenaga yang kuat
jawab: jauhkan musang dari jangkauan anak-anak. biar gimanapun, musang adalah hewan buas. instingnya bisa sekali2 tumbuh, apalagi kalau manusia yang memegangnya keliatan lemah. anyway, musang bisa membaca pikiran kita, manusia. jadi dia tahu mana manusia yang dikira sudah dewasa dan mana yang masih anak2.

# rumah saya kecil tanpa ada halaman
jawab: gak masalah asalkan mas sering ngajak main musangnya...

yang ingin saya tanyakan adalah

=> jenis musang apa yg cocok dengan kondisi saya saat ini
jawab: musang pandan

=> umur berapakah musang yang seharus nya saya adopsi
jawab: yang masih muda hingga mudah dijinakkan, dan sudah bisa makan sendiri. umur 3 bulanan bisa... :)

=> kalo saya mengadopsi musang dewasa apakah akan mudah untuk membuat kontak batin dengan musang dewasa tersebut ???
jawab: tergantung ke manusianya sendiri sebenernya mas. memelihara musang sama seperti menghadapi diri kita sendiri, sisi jelek dari kita sendiri. kadang, sifat musang yang kita adopsi sama seperti sifat kita. ini terjadi pada saya dan musang saya si bruno dulu. panjang sebenernya kalau diceritain. :D

Intinya adalah sabar. sebuas apapun musang, dia pasti bisa menjalin koneksi batin dengan kita. dan inilah sebenernya yang susah. jangan memaksakan musang buat jinak, dan jangan memaksa musang agar tidak gigit. memaksa musang agar tidak menggigit sama seperti memaksa ikan hidup di darat. memelihara musang berarti siap digigit dan dilukai, siap membersihkan kandangnya, dan minimal seminggu sekali ajak main musangnya. :)

silakan baca2 lagi artikel2 saya tentang musang di blog ini... :)
maaf baru saya balas, saya habis perjalanan dinas ke luar kota.... :)

dok di samping rumah saya ada lahan kosong sekitar 2 x 5 meter yg rencananya mau saya pakai untuk t4 saya bermain dengan musang sayang..... yg ingin saya tanyakan sebaiknya saya tetap membuatkan kandang besi yg terkunci atau boleh mengunakan sitem seperti kandang ayam yg mempunyai akses pintu sehingga dia bisa keluar masuk sesuka hati....

**dak nya berada di lantai 2 dan sudah ada pagarnya rencananya pagar itu ingin saya tutupi dengan fiberglass jadi musangnya tidak bisa kabur...

musung musang di perkotaan selain manusia apa yahh ????

kalau mau mbak bikin aviari aja. kandang besar dari jeruji yang sekira mbak bisa masuk ke situ. itu lebih bagus, musangnya juga bisa leluasa... . kalau memang tidak bisa bikin aviari, bisa coba pakai kandang jeruji aja... :)

Dok, klo memberi makan bayi musang kira2 brp ml y dok?..

Dok, wajar gk sih kl bayi muspan gemeteran

sampai bayi musangnya berhenti mencicit-cicit aja mas. :)
wajar aja kalau bayi muspan gemetaran. mas kasih makan berapa jam sekali?
coba kasih kain di dalam kandangnya. agar dia bisa menyusup ke dalam kain itu. :)

Sy kasih makan stiap 5 jam sekali dok, dok klo ngasih scottnya sgimana y dok?.

5 jam sekali oke.
scott emulsion bisa diberikan dengan cara dicampur ke makanannya. dosis scott emulsion bisa mas baca di artikel dosis scott emulsion untuk musang.

5 jam sekali oke.
scott emulsion bisa diberikan dengan cara dicampur ke makanannya. dosis scott emulsion bisa mas baca di artikel dosis scott emulsion untuk musang.

Ya dok makasih, dok 1 lgi dok sy kasih baby muspan sy pake susu sgm ananda, itu gk apa2?.

saya gak tahu sgm ananda mengandung laktosa atau tidak. :)
kalau tidak mengandung laktosa, gak apa2 dikasih. cek aja dulu di kemasannya.. :)

Kayanya sih mengandung, tp dok fases baby musangnya gk mencret! Itu gmn dok ?.. dan musangnya jg kya tdk terlalu suka sm susunya.., apa sy kasih terus/beli yg nonlaktosa?... ;)

berikan sambil diobservasi.
kasih aja terus. kalau ada tanda2 dia mulai mencret, langsung hentikan... :)

Y dok, makasih sy udah banyak nanya,.:)

gak apa2, saya malah seneng kalau ada yang nanya. :)
mas bisa ke sini lagi kalau ada yang mau ditanyakan.. :)

Dok numpang nya nih
Saya baru adop musang pandan masih baby tapi umurnya kurang tahu berapa, tapi sudah melek matanya dok,udah bisa makan sediri dok,(pisang yg di hancurin),klo di kasi sgm 0-6 blan fases nya jadi encer,klo dihentikan dikasi susu dan ganti dengan bubur bayi/buah2ha yg di hancurin gimana dok ????

Dok, sy mau nanya lg, mata baby muspan sy berair, itu wajar gk sih?.... :)

lebih bagus kalau dikasih bubur bayi (promina saya sarankan) atau jus buah saja. jangan dikasih susu dulu. :)

kalau banyak banget, nggak wajar. kemungkinan ada kotoran atau kuman yang masuk ke mata. kandangnya bersih mas? berapa hari sekali kandangnya dibersihnkan?
pastikan juga daerah sekitar kandangnya bebas debu.... atau minimal minimalisir debu di sekitar kandang... :)

Sy cuci alas utk tidurnya 1x2hr, bahkan stiap da kotorannya sy buang kotorannya...... dan sy pastikan kandangnya bebas debu karna sy simpan kandangnya d kamar sy,... oh iya dok klo musang baru buka mata kira2 itu umur brp.?.. :)

Dok, kalo air matanya berlebih itu gmna dok?. :)

untuk keterangan mengenai musang yang mulai buka mata bisa mas baca di artikel siklus hidup musang.

mas bisa foto mata musang mas? bisa upload ke dropbox atau pasang sebagai foto profil google mas.. agar saya bisa tahu itu termasuk berlebihan atau tidak.. :)

Udah dok, skarang mata musangnya sdah tdk berair lgi,... :) mkasih dok.

sip... :)
mas bisa ke sini lagi kalau ada masalah kesehatan ama musangnya... :)

Dok,sy mau nanya lg, klo baby musang gk d kasih susu gk apa2?..... makasih byak sbllumnya dok, sy dah dkasih banyak ilmu tntang musang!. :)

gak masalah sebenernya baby musang gak dikasih susu juga. :)
yang penting air putih. bisa dikasih madu dikit, madu tj (jangan madurasa). jangan terlalu manis. mas rasain dulu, samar2 aja manisnya...

saya malah seneng bisa bantu. silakan baca artikel saya makanan terbaik untuk musang... :)

Sekedar tny ya mbak
Kenarin saya beli musang masih merem saya spet susu sgm low kactosa di hari ke 3 dia mencret terus lemeh hari ke 4 muntah muntah dan hari ke 5 rip mbak
Itu penangannya gimana mbak ? Saya mau beli lagi mbak tolong bantuannya mbak

kalau nanti mau beli lagi, mas usahakan jangan beli yang masih bayi banget, riskan dan sistem pencernaannya sangat lemah. bayi musang yang masih bayi banget juga sangat membutuhkan nutrisi dari asi induknya.

mending cari yang minimal udah makan sendiri... :)

Tapi kalo misal dari nyepet meliharanya gimana mbak yang benar? Soalnya pengen tau karakter hewannya dari awal.

cara memelihara bayi musang ada kok artikelnya. noh di atas. :D
yang penting jangan lupa kasih makan. jaga juga kebersihan kandang. sama siap2 dengan hal yang tidak terduga kayak penyakit yang kemungkinan ada, dll. harus telaten, itu udah pasti..... :)

This comment has been removed by the author.

Oke dok makasih banyak... Mau nanya lagi nih dok.. Pemberian scoot's elmosion buat bayi musang umur sekitar sebulan nih berapa banyak ya sekali makan? Dicampur bubur sun gitu kan?

silakan cari artikel dosis scott emulsion untuk musang

Dok, knp baby muspan sy buluny
Sdkit rontok, pdhal sy suka lap badanny klo udh mkn!?..

bagian mana yang rontok? kebersihan kandang mas jaga? biasa dikasih makan apa? dia sering menggaruk2 badannya gak?? :)

Klo bagiannya gk tau dok, kandang sh terjaga, biasanya dkasih bubur Sun rs pisang sm susu, y dok dia sering menggaruk2 badannya, cr nyembuhunnya gmn dok?..

kalo mas gak tau bagian yang rontok yang mana, lalu mas tau dari mana bulunya rontok? huehehehe...

gini aja. mungkin jemur aja seminggu sekali. tapi ingat: jangan kelamaan (cukup 5 hingga 8 menit aja), dan matanya jangan kena sinar matahari langsung. bagian atas kandangnya tutup pakai kain tipis/kaus bekas mas pakai.... gitu aja... :)

Tp dok, klo dia garuk2 sih d bagian badan sm kepala, tp waktu sy cabut gk ada yg rontok,.... klo d jemur emang bakal sembuh y dok?... :)

Y dok, sy tau klo bulunya rontik sh, diliat dari alas tidurnya, kan wrna putih jd keliatan klo bulunya rontok, waktu awal2 sh sdikit rontoknya trs kesini2nya makin banyak!......... :) hhehehe

atleast, kalo dijemur bisa membunuh kuman dan bakteri yang kemungkinan menempel di kulit dan bulunya....
coba sering2 lap aja pakai handuk bersih yang dibasahi air hangat... 2x sehari aja... :)

This comment has been removed by the author.
This comment has been removed by the author.
This comment has been removed by the author.

Dr mau tanya, saya punya baby musang masih merem kira2 umur berapa baby musang pandan buka matanya mohon di bantu. Sama gizinya sebaiknya diberikan apa aja .
Cara pemberian bola lampu untuk si baby brp what ya ?

untuk info mengenai mulai dari usia berapa bulan bayi musang membuka mata, mas bisa baca artikel saya siklus hidup musang dan cara mengawinkan musang... soal gizi dan makanan silakan mas baca artikel di atas. yang 5 watt aja, dan jangan terlalu dekat dengan musangnya... :)

Dok, baby muspan d kasih palyam yg d blender gk apa2?... mkasih

Dr mau tanya?
Baby musang sayang udah bsa buka mata tp kok cuma 1 yang ke buka, apa saya hrs menunggu?

tunggu aja sambil terus observasi, mas... :)
mata yang belum kebuka keliatan kotor/belekan? :)

Dok musang saya kira2 usianya -+3 minggu baru melek, kalo dikasih bubu sun/promina rasa beras merah boleh atau tidak? Makasih 😊

Dok musang saya kira2 usianya -+3 minggu baru melek, kalo dikasih bubu sun/promina rasa beras merah boleh atau tidak? Makasih 😊

Dok musang saya kira2 usianya -+3 minggu baru melek, kalo dikasih bubu sun/promina rasa beras merah boleh atau tidak? Makasih 😊

Dok musang saya kira2 usianya -+3 minggu baru melek, kalo dikasih bubu sun/promina rasa beras merah boleh atau tidak? Makasih 😊

Dok, cara ngelatih musang spy bs mkn sndri gmn y dok?.. yg sy udh umur 2blnset tp blum bs mkan sndri!.gmn y dok?... mksih dok sblumnya..

silakan mas baca artikel saya cara agar musang mau makan apa saja... :)

Dok saya mau tanya

Anak musang pandan saya baru berumur 3 minggu'n
Mata yg kiri sudah bisa melek total & mata yg kanan belum bisa melek sama sekali ( merem ) ,

Tapi di mata yg kanan itu suka keluar belek cair berwarna putih susu gitu ,

Itu kira2 kenapa yya dok ?
Dan untuk mengatasi yg mudah seperti apa ?

Dan 1 lagi
Kira2 anak musang pandan bisa melek kedua nya di umur berapa yya ?


Terimakasih 😊

Dok saya mau tanya

Anak musang pandan saya baru berumur 3 minggu'n
Mata yg kiri sudah bisa melek total & mata yg kanan belum bisa melek sama sekali ( merem ) ,

Tapi di mata yg kanan itu suka keluar belek cair berwarna putih susu gitu ,

Itu kira2 kenapa yya dok ?
Dan untuk mengatasi yg mudah seperti apa ?

Dan 1 lagi
Kira2 anak musang pandan bisa melek kedua nya di umur berapa yya ?

Tolong dibalas secepatnya ya dok ,

Terimakasih

dok saya mau tanya ..
muspan saya kira2 berumur 1 bulan stengah , saya baru beli .. sebelum saya beli sya tnyk sma yg jual nya ,. katanya muspan nya sering dikasih susu sachet yang seribuan . itu makanan yg di kasih setiap hari nya , itupun di sore hari .. bagusnya untuk umuran segitu di kasih makanan apa ya dok ?? dan di kasih pada jam berapa ?? maaf dok ane masih pemulaa :) butuh pencerahannya :)

susu kental manis maksudnya? mendingan jangan karena bisa menyebabkan mencret dan dehidrasi. kalau toh mau dikasih susu, kasih susu non laktosa kayak sgm non laktosa (SGM LLM).

kasih aja bubur bayi promina. kalau dia belum bisa makan sendiri ya dipipet.. :)

Dok muspan saya umur 2 bulan kok sering kejang2 yah, juga lemas, saya kasi bubur sun rasa kajang ijo gak mau dimakan, saya udah coba kasih air gula ga mau dok, itu kenapa yah dok? Maaf dok masih pemula

musang saya sudah mulai melek sedikit walaupun cuma yang kanan hehe, nggak tau umurnya berapa bulan tapi menurut penjual sekitar 3 mingguan, saat ini masih saya beri susu SGM LLM, apakah umur segitu sudah bisa diberi makan pisang yang dihaluskan?

dok,mau tanya kalau musang bayi di kasih susu dancow sachet gapapa kan?

jangan. susu dancow tidak cocok untuk musang umur berapapun karena bisa menyebabkan mencret, mengandung laktosa soalnya.

kasih sari kurma lebih bagus.. :)

Dok, musang aku tiap abis dikasih makan tidur terus. Jadi bangun untuk makan doang terus cari tempat sembunyi kaya sepatu untuk tidur. Apa wajar? Musang aku sudah melek dan bunyi2 kalo lapar, tapi jalannya masih belum bener.

masih bayi/anakan ya?
kalau masih bayi atau anakan emang begitu.

cek aja fesesnya. kalau normal, berarti masih sehat. cek artikel saya cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya.

Dok, bayi musang pandan saya susah pup. Kemarin2 saya pancing elus2 pantatnya bisa pup, tapi seharian ini ga pup cuma pipis aja. Gimana dok? Umur bayi musang saya 1,5bulan, makannya bubur sun pisang dan susu sgm LLM+ non laktosa.

coba kasih jus pepaya murni (gak pake aer) campur sedikit sari kurma.... hentikan dlu jenis makanan lain... :)

sekarang gimana keadaannya mbak? :)

Dok, tadi malam jam7 dia baru pup, tapi warnanya kuning pucat dan bau. Sampe skarang malah mencret2 dan pendiam, tidur terus. Barusan aku paksain minum susu karna dari sore jam5 belum makan malah tidur terus. Katanya suruh taro tempat hangat, barusan saya taro samping rice cooker kandangnya, diselimutin. Skarang tidur. Sayanya yang jadi ga bisa tidur dok. Kira2 dia kenapa dok?

coba kasih jus pepaya murni (gak pake aer) campur sedikit sari kurma.... hentikan dlu jenis makanan lain... terutama susunya. hentikan dulu. indikasinya sih karena susu, CMIIW. cuma tebakan saya aja... :D

dok baby musang saya over gemuk usia 3 minggu mata dah melek
tiap 2 - 3 jam mnta makan terus dan saya kasih sgm ananda 0 - 6 bln cmpur beras merah dan madu tj tiap kali nangis
badannya sampai bulet ndut banget
apakah gpp dok bila makan berlebihan seperti itu tapi musangnya gpp lincah2 aja cuman yg sy khawatir makannya terlalu over n rakus
makasih dok

jangankan masih bayi, musang dewasa yang obesitas juga bahaya, mbak. silakan baca artikel saya kenapa musang obesitas rentan mati.

yang paling penting adalah dia sehat dlu. itu yang paling penting. kalau mau menggemukkan, nanti aja kalau dia udah agak dewasa.

kasih buah2an dulu biar dia kurusan. sekali lagi, kasian jantung ama ginjalnya kalau terlalu gemuk...

This comment has been removed by the author.

Dok tanya lagi yaa..
Sebelumnya tekstur pup baby muspan saya encer seperti SUN tapi sekarang pupnya berbentuk dan padat. Saya takut dia pupnya susah. Saya masih kasih makan SUN beras merah. Apa kurang air dok?

Terus Dia ga mau pipis/pup di kandang, maunya kalo diangkat. Dia bakal pup dan pipis. Itu pinter apa masalah yaa dok?
Hehe

kalau tadinya mencret tapi sekarang agak padat, itu bagus kok mas. coba mas pegang fesesnya yang baru keluar. masih berupa krim atau udah kayak batu banget? kalau gak kayak batu, itu bisa dikatakan udah sehat....

sekarang gimana keadaannya?

nah, soal dia pup kalau diangkat, itu malah bagus. bagus banget. coba tiap kali mas angkat, mas langsung bawa cepat2 ke kamar mandi (toilet), biarin dia pup di situ... lakukan terus menerus, nanti kalau dewasa dia akan terbiasa berak di toilet... gak berak sembarangan lagi... jadi enak, masnya tinggal siram aja pupnya dia di toilet...

silakan baca dlu artikel saya cara agar musang bisa buang air di toilet

This comment has been removed by the author.

Dok musang pandan saya umurnya baru satu bulan lebih sedikit. Makannya masih bubur sun. Tapi fesesnya berwarna kuning cream apakah itu bisa dikatakan sehat. karena di beri blenderan pisang juga dia ga mau dok.
.
Sama nanti gimana caranya ngajarin buat makan buah pas agak dewasa.?

fesesnya berbau busuk?
berbentuk krimnya sekedar krim aja atau ada airnya (mencret)?

kalau hanya sekedar krim aja tanpa ada cairan2nnya, masih bisa dikatakan sehat. kalau saya sarankan, pake bubur bayi promina aja mas... lebih bagus... :)

kalau membiasakan diri musang biar dia mau makan sendiri, ada kok artikelnya. cara agar musang mau makan apa saja... :)

dok kenapa ya musang rase umur - 1bulan - 1,5 bulan saya agak susah makan nya (sedikit) pisang dilembekin, nyusu nya juga susah padahal udah di suapin pake botol selang kecil,kenapa ya dok?
karakter baby musang rase nya emang agak pemalu,mau nya ketempat-tempat yg gelap (ngumpet) sama mojok
terimakasih

kalau dikasih bubur bayi, dia mau?
coba aja kasih bubur bayi... :)

soal karakternya, nanti makin besar biasanya akan makin berani kok. asal mas sering2 aja ajak main rasenya...

maaf baru balas...
kasih saya kabar lagi ya mas...

belum saya coba sih bu dikasih bubur bayi
bubur bayi nya kalau merk nestle boleh ga bu? kalau boleh baiknya yang rasa apa ya?

iya saya ajak main terus sambil handfeed 2x sehari panggil namanya, sampe tidur juga sama saya :) dari situ saya bandingkan kalau ngeliat saya atau bau tangan saya dia ga hissing tapi kalau bukan saya dia takut & hissing.

oya satu lagi bu :D masalah susu ternyata saya salah beli, susu SGM ananda yang mengandung laktosa,saya kasih sudah 2hari tapi udah 2x pup kotorannya saya lihat normal/ga mencret, apa bisa dilanjutkan bu? (permasalahannya rase nya jg susah bgt buat disusuin,jadi agak maksa dikit)

untuk bubur bayi sih saya sarankan promina aja. meski yang lain juga boleh2 aja. rasanya terserah. kacang ijo oke...

soal susunya, mas bisa terus kasih namun sambil diobservasi ya. kalau mulai terlihat tanda2 mencret, mending hentikan segera. oke? :)

saya tunggu kabar selanjutnya.. :)

siap Bu Dokter sambil saya pantau perkembangannya, sambil tanya kalau disini kalau ada kendala :D

pindah kamar dulu Bu mau tanya-tanya tentang BWK

terimakasih Bu atas jawaban & keramahannya :D

sama2. silakan pindah ke kamar sebelah. hehehe... :D

bu tanya lagi ya , apa benar musang rase umur 1-3 bulan rentan mati, beda sama musang pandan banyak yang bilang begitu,benar atau tidak ya bu? intinya rase itu rentan & gampang mati.
mohon pencerahannya bu dokter sebelum saya adopt rase lagi (rencana mau tambah 2ekor lagi)

iya. bener, mas. makanya saya sangat tidak menyarankan memelihara musang rase kalau tidak berpengalaman....

siapp bu , terimakasih atas pencerahannya
trik khususnya apa aja bu dalam memelihara rase?

yang paling penting adalah tau caranya (hehehe) dan jangan lupa kasih makan. fatal akibatnya kalau kita sampe lupa kasih makan. karena rase sangat tidak tahan lapar. dulu musang rase saya almarhum karena lupa kasih makan.... :(

kalau begitu adopt muspan aja deh kalau rase yg ini berhasil sampe besar baru adopt lagi hehehe :D

bener. mending musang pandan aja yang lebih gampang. :)

Bu dokter mau tanya saya pelihara musang akar umur 1 bulan kata yang jual, matanya masih belum bisa melek, pertama musangnya sehat dan sering bunyi, dari kemarin mencret, saya hanya kasih minum susu , tiap 2 jam :'( akirnya sekarang musangnya lemas, apa solusinya ya dok

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 275   Newer›   Newest»


Silakan upload gambar.