Friday, February 7, 2014

Cara Memelihara Otter | Drh. Fira Sovica

Bisa dibilang,

cara memelihara otter

atau berang-berang atau sero lebih susah dibandingkan memelihara jenis hewan lain. Memelihara berang-berang atau otter membutuhkan ketekunan yang tinggi serta penanganan yang tepat. Tidak jarang, otter yang dipelihara oleh pemula serta tidak tahu cara memelihara otter yang benar hanya akan menyebabkan kematian pada otter yang dipelihara. Oh ya, bagi anda yang ingin tahu lebih dalam mengenai otter, anda bisa membaca artikel saya tentang karakter dan sifat otter.
Cara Memelihara Otter
Image taken from kaskus.co.id
Pikirkan lagi tentang niat anda dalam memelihara otter atau berang-berang. Jangan memelihara otter hanya karena ikut-ikutan atau sedang mode. Ingat, memelihara binatang apapun berarti bertanggung jawab penuh terhadap kelangsungan hidup binatang yang dipelihara. Terlebih lagi, otter termasuk binatang yang tidak gampang dipelihara.

Terlebih, otter yang masih bayi.

Memelihara otter

yang masih bayi membutuhkan perhatian penuh dan penanganan yang tepat. Daya tahan bayi otter amat rentan. Salahsatu penyebab kematian bayi berang-berang yang dipelihara antara lain karena asupan makanan atau minuman yang salah, bakteri dan jamur, kepanasan, dan trauma fisik. Hampir 80% bayi otter yang dipelihara berakhir dengan kematian. Maka, saran saya yang pertama, adalah jangan memilih otter yang masih bayi.

Kembali ke inti artikel. Cara memelihara otter atau berang-berang yang tepat berdasarkan pengalaman praktek penulis adalah sebagai berikut:

  1. Pilihlah otter yang berusia lebih dari 4 bulan dan jangan pernah membeli otter yang masih bayi kecuali anda punya waktu 1x24 jam untuk merawatnya.
  2. Otter adalah hewan semiakuatik yang tidak tahan panas. Dan seperti disebutkan di atas, penyebab kematian otter yang paling utama salahsatunya adalah kepanasan. Tempatkan kandang otter di tempat teduh serta memiliki air yang menggenang di dasarnya, terutama jika otter tersebut hasil tangkapan liar atau terbiasa hidup di kandang dengan air yang menggenang. sebuah kolam berjeruji dengan tempat persembunyian di pojoknya bisa menjadi kandang otter. Persiapkan kandang ini beberapa hari sebelum anda mengadopsi otter.
    Banyak pemilik otter yang membiasakan otternya agar tidak bergantung pada air. Hal ini juga sebenarnya tidak salah selagi suhu kandang diset agar tidak terlalu panas. Meski otter pada dasarnya adalah hewan semi akuatik, namun anda tetap bisa memelihara otter di kandang jeruji yang tidak memiliki air menggenang di kandangnya dengan catatan kandang itu tidak terlalu panas.
  3. Otter atau berang-berang atau sero adalah hewan karnivora (pemakan daging). Anda bisa memberikan ikan lele untuk pakannya.
  4. Dalam keadaan apapun, JANGAN PERNAH MENJEMUR OTTER.
  5. Kandang otter bisa dibersihkan secara menyeluruh 2 minggu sekali. Jangan terlalu heran jika kandang otter atau badan otter agak berbau amis. Bagaimana cara agar otter tidak bau amis? Gampang. Jangan memelihara otter. Mencium bau amis adalah salahsatu resiko memelihara otter.

Demikian adalah cara memelihara berang-berang atau otter. Anda bisa mengirimkan komentar, saran, dan kritik di kolom komentar dibawah ini. Terima kasih. (FS)

319 comments

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 319   Newer›   Newest»

Admin cara memyembuhkan otter yg flu gmn?
Dan apa penyebab mengeringnya telapak kaki otter?
Setiap sy taro otter di dekt air si otter sering bersin" pdhl otter sudh berumur 3bln up
Mohon jawabannya

otter termasuk hewan yang memiliki daya tahan rapuh,
apalagi di cuaca/musim pancaroba seperti ini. untuk
mengobati otter yang sering bersin2 lebih baik bawa ke dokter hewan
terdekat untuk mengetahui apa penyebab otter sering bersin2.
flu atau pilek kadang bukan penyebab utama otter sering bersin.
bakteri dan kebersihan kandang serta debu bisa menjadi penyebab
lain otter sering bersin-bersin

Saya baru membeli otter, umurnya sekitar 3 bulan, otter saya tidak mau makan dan minum tapi dia malah gigitin koran, gimana ya? mohon bantuannya yaa

coba kasih blenderan ikan lele mentah. ikan lele, dibuang kepalanya, dibersihkan isi perutnya, lalu diblender. berikan ke si otter.
jenis makanan lain yang bisa dicoba adalah susu non laktosa. yang merk SGM biasanya ada. berikan pagi dan sore. jangan sungkan untuk berkonsultasi lagi di blog ini... :)

Ooh okay terima kasig banyak ya, saya mau nanya lagi, itu otter saya tidak bisa berhenti bersuara kalau tidak sedang tidur, apakah itu normal? Lalu saya kan tidak punya kolam berjeruji, apakah ada alternatif lain?

normal kok, apalagi kalo masih berusia 3 bulan.
pake kandang jeruji gak apa2 (gak usah pake kolam), dan alas kandangnya usahakan selalu kering..... :)

Okay terima kasih lagi ya, ada line atau media sosial lain gaa? biar saya nanya info'nya semakin mudah :)

silakan like aja fanpage kami. linknya ada di navbar atas "LIKE US ON FACEBOOK" :)
jangan lupa mampir lagi... :)

mbak aku mau nanya nih sekalian minta solusinya
kan smlm aku baru adop otter kira" usia 3 bulanan dan giginya baru numbuh kecil
sampe skrng kok dia belum mau makan y mbak, padahal udah di kasi lele cincang
abis itu dia bunyi" terus mbak..
solusinya gimana ya?

sepertinya itu dia mencari induknya. terus saja coba kasih makan dengan lele yang diblender, kemudian sodorkan ke otter itu... :)

Bro agung saputra, mau numpang nanya dong.. Dpt otter dmn bro ? Istri saya lg pengen banget sama sih otter.. Mohon pencerahannya ya.. Thx

coba mas gabung dengan komunitas jual beli musang dan otter di facebook. bisa juga dicari di kaskus. atau jika di daerah mas ada pasar hewan, datang saja ke sana, bilang mau beli berang-berang/otter/sero. pilih yang agak sedikit lebih tua, umur 3 hingga 4 bulan sehingga daya tahan tubuhnya lebih kuat.... :)

otter sebaiknya di kasih ikan mentah atau ikan mateng..??

yang mentah. kalo yang mateng buat ownernya aja... :D

otter sebaiknya di kasih ikan mentah atau ikan mateng..??

bang kita melihara curut anggora kira-kira perawatan nya susah atau tidak bang?

Sist.. cara memelihara otter yg msh bayi gmn?? Cz q dpt yg msh bayi,, gak tau umur brapa..
susu yg tepat untuk asupan yg jenis apa??
truz otter d kasi ikan laut boleh?? Tkz

susu non lactosa, seperti SGM non lactosa sebagai minumannya.
ikan laut sebaiknya jangan diberikan sebagai makanan otter. lebih baik ikan lele. kalau masih bayi, sebaiknya lele mentah diblender, lalu diberikan... :)
semoga sehat2 saja otternya mas... :)

Kalo otter baby yang masih merem, dikasih minum susu SGM buat makanannya doang, nggak papa kan dok ?? & kalo udh umur 3 bulanan dikasih cat food/dogfood buat makanan & ikan kecil buat cemilan nggak papa kan dok ??

Susu SGM non laktosa ya mas. Jangan yang mengandung laktosa karena kadang bikin mencret... :)

Untuk otter 3 bulan up bisa dibiasakan makan ikan. jangan terlalu sering diberi dogfood atau catfood karena memang bukan itu makanannya. selain itu, pemberian catfood atau dogfood pada otter bisa menimbulkan kanker...

Ada nggak, alternatif makanan otter yang lebih murah dok??

Sekalian dok... Vitamin yang bisa diberikan buat jaga kesehatan baby otter(meningkatkan data tahan) apa dok ?? Sekalian dosis nya

ada. lele berukuran sedang yang diblender mentah2 hingga tulang2nya hancur. diberikan sedikit demi sedikit.
saya kira kalau pakannya bagus, otter tidak perlu multivitamin dulu. apalagi yang masih umur 5 bln kebawah... :)

Saya baru membeli otter umur sekitar 3mingguan kondisiny sehat .cuman otter saya tdk mau minum susu ,setiap saya memasukan dot ke mulut otter .otterny malah mangap doang tdk mau meminum susuny cuman bisa mnangis .solusiny gimana ya ??TQ

coba pake pipet mas.... pelan2 saja, nanti dia terbiasa....
otter umur segitu memang masih rentan, jadi harus diperhatikan secara ekstra... baik makanannya, maupun perawatannya...

coba pake pipet mas.... pelan2 saja, nanti dia terbiasa....
otter umur segitu memang masih rentan, jadi harus diperhatikan secara ekstra... baik makanannya, maupun perawatannya...

Otter perlu di vaksin jga g dok.klo perlu perkiraan umur brp y, boleh di vaksinny? Tq

nanti kalau sudah agak besar. kalau masih 3 minggu, belum perlu. cukup atur makanannya agar tetap bergizi... :)

Umur 3minggj Kalau makananny selain ikan lele boleh di kasih ikan teri di belender g .atau di kasih whiskas yang lunak .

wishkash yang khusus anak kucing boleh seminggu sekali. selain itu, lebih baik lele aja diblender. :)

Klo otter g mau makan sma g mau nyusu itu gmn cara ngatasinny ya?

coba kasih pakai pipet. sedikit demi sedikit aja.
kalau dia tetep gak mau minum/makan, lebih baik bawa ke drh terdekat. takutnya memang sakit, terutama jika dia terlihat murung. udara memang sedang dingin, mas. otter gampang sakit. :)

cara ngajarin otter berenang itu gimana...?
otter saya umur nya udh 3 bulan

@Farel: secara naluriah biasanya mereka bisa berenang sendiri. tapi bagi otter yang tidak biasa berada di air, lebih baik taruh di bak mandi yang agak besar dulu yang berisi air sekira-kira leher otter. biarkan dia belajar berenang di situ... :)

Dok kalo pelihara otter 3bln gampang ga jinakinnya?bakalan bisa jinak kaya yg melihara dari baby ga dok?

masih bisa jinak total... :)
silakan baca cara menjinakkan otter... search aja... :)

Maaf dok ini darurat sekali otter saya lemes banget jalan aja sangat lemes kepalany miring gtu gmana ya cara mengatasiny soalny di dkt sini tdk ada DRH ,sudah saya kasih makan dan mnum susu tapi masih lemes

haduh, kenapa harus nunggu sampai parah sih mas? harusnya waktu ada indikasi sakit, langsung bawa ke dokter hewan.... :(
saya sendiri tidak bisa menjamin sembuh, tapi mas bisa minumkan air gula aren ke otternya. sekali lagi, saya tidak bisa menjamin sembuh. akan lebih baik jika malam ini juga mas bawa ke dokter hewan, bagaimanapun caranya. mas bisa search no telp dokter hewan di blog saya ini. silakan search di bagian cari artikel...

Klo kandang yg baik buat otter ky gimana ? Mohon penjelasannya dan klo bisa pake gambar juga. Heheh...
Makasih

di atas sudah ada penjelasannya. silakan dibaca lagi... :)

Gk tauny kaki otter saya terluka dan ngakibatin otter itu lemes .gmn y dok cara mengatasi otter yng sering gigitin kakiny sendiri

lebih baik bawa ke dokter hewan agar lebih jelas...

mau nanya nih sy bru aja adopt otter baby dpt dr ambil di sarangnya.. krn sarangnya dideket rumah ibu sy persis n dsitu sering lewat pemburu bawa senapan makanya sy selametin.. kok dr sy ambil jam 2 siang tadi smpe jam 10 malem ga ada nangis minta susu.. padahal masih lincah jg ga kliatan sakit.. knp yah dok? apa harus tetep coba dksi susu?

sama baby otter sy kok jarang nangis yah nangis nya malah klo abis nge dot susu.. padahal sehat banget malah kadang kewalahan klo satunye ngedot satunya kmn2 kenceng jalanya..

Dok mau nanya kok otter saya gak mau ya ikan cincang, maunya ikan hidup terus harus saya pegang ikannya

otternya hasil tangkapan liar ya mas? kalau otter tangkapan liar memang mereka lebih seneng ikan hidup. kalau soal ikannya dipegangi, harus dibiasakan agar dia bisa makan sendiri. taruh aja ikan hidupnya di bawah kandang, lalu diamkan selama beberapa menit. tinggal aja, jangan diliatin. kalau tidak dimakan, ambil ikannya. diamkan lagi selama 5 menit. lalu coba taruh ikan lain yang masih hidup. biarkan lagi selama beberapa menit, terus2an begitu sampai si otter mau makan sendiri... :)

Mau nanya ,makanan selain ikan lele apa lagi ya??

Makanan selain ikan lele bisa apa lg ya ??

dok kok otter saya kakinya sering lecet dan bengkak tiba"y?
sekalian dok mau tanya klo otter meleknya sampe umur brp bulan dok?

emang ditaruhnya dmn mbak? di kolam atau dijeruji?
biasanya rata2 kegesek dinding kolam dan jeruji....

otter melek bisa dibaca di siklus hidup otter. search aja di bagian atas.

D taruh d kandang jeruji tappi d kasih alas, lbih baik d tmpat yg seperti ap dok?

ada banyak kemungkinan sih, makanya saya harus liat langsung kondisi otternya. saya juga tidak tahu umur otternya berapa...

ada kemungkinan kena jeruji mbak?

untuk lukanya sendiri, kalau saya sarankan lebih baik bawa ke dokter hewan dengan segera. saya bisa saja memberikan saran cukup olesi betadine di bagian lukanya, namun jujur saja, saya tidak bisa juga memutuskan seperti itu karena saya belum liat otternya secara langsung..... :)

sehat selalu buat otternya... :D

dok otter saya umur 2.5bln udah nmbuh gigi atas bawah,dikasih makan apa dok ? trus susu nonlactosa tetep jalan ? pernah saya kasih susu frisian flag malah mencret, sebaiknya gimana dok ?
makasih

Saya mau tanya otter saya umur 3 bulanan gigi bawah kanan kiri bagian bawahnya goyang kayaknya mau lepas, apa lepasnya gigi itu bagian dari pertumbuhannya atau memabg ada penyebab lain yg saya tidak ketahui dan perlu saya bawa ke dokter hewan..

iya. jangan dikasih susu frisian flag karena mengandung laktosa. sebaiknya kasih susu non laktosa seperti SGM LLM.

pakannya, mas bisa kasih lele mentah yang diblender atau dicacah halus.... :)

setau saya, umur segitu omemang biasanya otter mulai ganti gigi.... :)
sementara ini cukup observasi aja sendiri. kebersihan kandang perhatikan, pemberian pakan juga... :)

iyap? ada yang bisa saya bantu? :D

Oter saya baby . Trus brontak susah dikasih susu...
dan gandeng wae . Ga mau diem...

Trus... klo ngasih susu berapa liter ba yg harus dikasih seharinya... tolong laahh.

gak usah banyak2. secukupnya aja sekira si otter masih mau minum....

Dok mau tanya kalau misalnya otter dimandiin dengan sampo itu ada efeknya gak ?

Klau otter kluar lendir dr mulut gmn ngtasinnya dok, dan dsni gx ad DRH. Bdannya lemes,

jujur saja, dibutuhkan ketepatan penanganan oleh dokter hewan.... :(

cukup dimandikan dengan air saja mas. air murni saja....
beberapa otter biasanya mengalami iritasi jika kena shampoo, meski gak semuanya.... :)

Dok. Otter saya ga mau dikasih susu. Padahal hari ini blum makan apa apa.. malah di lepehin susu pas saya dotin.
dan ga mau diem lagi. Tolong laah

1 lagi dok... ko otter saya pada copot ya kuku nya. Apa emg mau ganti kuku jari nya ya dok. Apa knapa ya...

halo mas azzam. saya coba jawab ya:
sebaiknya, sebelum memutuskan memelihara otter mas baca2 dulu caranya. jangan udah beli tapi gak tau cara memeliharanya. bukannya apa2 mas, kasin otternya.
1. otternya umur berapa? kalau memang masih baby, dotin aja terus. biasanya nanti dia akan nyedot sendiri....
2. kadang otter dewasa mengalami hal seperti itu. tapi untuk otter baby sebaiknya hati2. ada luka gak di bekas kukunya? kalau ada, lebih baik bawa ke dokter hewan dengan segera...

Assalamualaikum dok
Baby otter saya sudah mempunyai gigi taring, kira" umurnya berapa bulan ya ?
Dan cara menentukan umur baby otter bagaimana ya dok ? Wassalammualaikum

cara menentukan umur otter bisa dari jumlah giginya.
anakan otter mulai memiliki taring saat berumur 2 hingga 4 bulan

Dok saya punya otter umur 2 bulan udah punya gigi tapi sedikit, sekarang saya masih kasih susu. Apakah ada makanan tambahan dok ?

Dok saya mau tanya. Saya punya otter umur 2 bulan udah punya gigi tapi sedikit. Si otternya saya kasih susu aja apa ada makanan tambahan ? Tolong bantuannya dok

kalau masih umur 2 bulan, bisa diberi susu aja. kalau boleh saya kasih saran, jangan susu kental manis karena bisa menyebabkan mencret.....

permisi mau tanya nih,, kalo supaya otter bisa di gendong gimana ya ? soalnya punya aku tuh elus elus ok,, becanda ok,,, cuman kalo mau di gendong tuh malah kaget dan mau gigit

permisi dok pada umur berapa otter boleh berenang ?

cek artikel saya siklus hidup otter...

satu lagi dok, knapa otter saya (+3bulan) tidak mau makan ikan kecil, apa otter umur segitu hanya makan ikan lele giling?blender ?

kalau anakan lele/lele kecil dia mau??
mungkin karena jenis ikannya dia kurang begitu tahu (belum terbiasa)... :)

belum di coba, soalnya nangkep ikan yg ada aja di empang. terimakasih bnyak dok nanti saya coba kasih lele

kalo di kasih makan wiskas gpp ?

lebih baik sih jangan mas.... :)

dok saya mau tanya..apa penyebab jika gigi otter di pangkur?

gigi otter sampe kapanpun tidak boleh dipangkur...

admin numpah tanya.
saya adopt otter usia 1,5bulan lincah dan nafsu makan
dan tiba tiba otter itu lemas banget matanya udah memutih .ga lama kemudian keluar dari anusnya darah yang padat.
gimana cara penangananya ya ? dikasih apa ya admin?

banyak kemungkinan, mas.
untuk matanya, kemungkinan ada infeksi bakteri. keluar darah dari anus bisa disebabkan oleh infeksi atau adanya luka di bagian dalam. mas kasih makan apa dia?

saran saya sih mending bawa ke dokter hewan aja mas.... :(

dok kenapa otter saya kaki nya terkelupas merah2 mohon info nya

ada banyak sebab, namun biasanya karena kebersihan kandang yang kurang terjaga menyebabkan iritasi pada kaki. bisa juga karena kena zat kimia, misalnya sabun yang bersifat panas dan semacamnya...

mending bawa ke dokter hewan aja biar lebih jelas, mbak...

Dokk, mau nnya nihh kok otter gue nafasnya cepat(gk kayak biasanya) baru kotorannya berair
Apa otternya kenak diare yaa?
Kalo kenak diare tolong kasi resep obat yg cocok dongg :)

warna fesesnya gimana mas? nafsu makannya masih baik atau mogok makan?
saya tunggu jawabannya agar tahu dugaan saya benar atau salah... :)

mau tanya dok
ini otterku umur 2,bln kok sukanya tidur terus ya dok?
sama makanya susah itu dok

kalau umur segitu, masih wajar selama dia masih mau makan...
fesesnya gimana? biasa dikasih makan apa?

Nafsu makan masi baik,fesesnya ada ornge" nya dokk
nafasnya gk kayak biasa dokk sesak" gitu

iya, berarti betul. kemungkinan kena distemper, mas. agak susah sebenernya, mending bawa ke dokter hewan terdekat. soalnya fatal kalo sampe telat penanganan.....

mas bisa baca artikel cara mengobati distemper untuk pengetahuan...

Dok, mau nntn lagi nihh:) cara ngatasi distemper nya sama dengan musang gk?
kalo sama otternya kan gk mau makan sayur
apa harus di paksa?

itulah alasannya kenapa saya suruh masnya bawa otternya ke dokter hewan, hehehe :D

Hahha terima kasih sekali lagi dokkatas bantuannya

Mau tanya dong klo makanan otter selain ikan lele ada gk siih ? Yg berbentuk snack2 atau seperti makanan kucing, klo ada nama makanannya apa, berhubung saya br mau pelihara otter jd yaa saya nanya2 dl nih dok :) biar nanti gk salaah. Terimakasih

maaf baru balas mas. saya sibuk sekali akhir2 ini... :(
emang, banyak pemilik otter yang memberikan makanan kucing untuk otternya. namun sebenernya agak kurang bagus juga memberikan makanan kucing untuk otter. dan makanan kucing juga bisa menyebabkan kanker... :)

dok untuk mengobati baby otter yang masih merem yang mencret dan kembung bagai mana ya dok?

This comment has been removed by the author.

perlu diketahui dulu apa sebabnya. mas kasih makan apa? terus bentuk fesesnya gimana? agak riskan juga untuk otter yang masih baby. saran saya sih agar lebih akurat mending bawa ke dokter hewan terdekat aja... :)

sebelumnya saya campur susu dancow dengan bubur bayi dok lalu saya beli susu kucing setiap hari saya kombinasi dok fesesnya kuning berbulir dengan sedikit lendir saya juga suka menambahkan 4 tetes minyak ikan atau curcuma apa karena itu ya dok setelah saya berhenti menambahkan fesesnya mulai pada lagi dok tapi masih lembek

dimas

sebelumnya saya campur susu dancow dengan bubur bayi dok lalu saya beli susu kucing setiap hari saya kombinasi dok fesesnya kuning berbulir dengan sedikit lendir saya juga suka menambahkan 4 tetes minyak ikan atau curcuma apa karena itu ya dok setelah saya berhenti menambahkan fesesnya mulai pada lagi dok tapi masih lembek

dimas

This comment has been removed by the author.

satu lagi dok otter saya masih merem dok karena mencret dan sering terkena kencing nya badan nya berbau pesing mskipun saya lap dengan tisu basah masih saja bagaimana ya dok apa tidak apa apa

nah. sudah jelas sekarang penyebabnya. mas gak tahu kalau baby otter gak bisa dikasih susu yang mengandung laktosa kayak dancow? bisa bikin mencret. kalau toh mau dikasih susu, coba beli susu khusus anak kucing atau susu sgm non laktosa.

iya, baby otter emang memiliki bau yang seperti itu. mas udah berpengalaman memelihara bayi otter sebelumnya??

Iya dok saya sudah beri susu anak kucong satu waktu tapi masih encer dok fesesnya apa masih belum berpengaruh ya hehe

Untuk kembungnya bagaimana ya dok perutnya suka saya usap dengan minyak kayu putih setiap pagi dan saya beri lampu 5 watt di kandangnya apa tidak apa2 dok ?

Iya dok saya baru satu minggu dan pertaman kali adopt mereka wild cacth dari paman saya
Pada awalnya sih gak begitu berbau dok semenjak mencret jadi bau pesing tapi kalau tidak berpengaruh terhadap kesehatannya sih saya gak masalah dok

susu khusus anak kucing. atau kalau mau aman, beli aja susu non laktosa.
untuk kembungnya, lanjutkan saja perawatannya. kandang jangan lupa dibersihkan dan jarak antara lampu dan si otter sebaiknya jangan terlalu dekat, takutnya malah bikin si otter dehidrasi. untuk penghangat sebenarnya lebih bagus pakai kain, mas. taruh aja kain di dalam kandangnya, ganti tiap 2 hari sekali... :)

dr.obat diare baby otter apa?

bawa ke dokter. itu obatnya. soalnya sangat riskan jika sampai salah dosis, apalagi baby otter memiliki daya tahan tubuh yang rentan.

mas kasih susu ya? jangan dikasih susu non laktosa dulu. kasih aja sgm non laktosa.

Dok otter umumnya umur berapa matanya sudah mulai melek dok? Punya saya sudah numbuh taring tapi blm melek

emang kadang ada yang kayak gitu. gak umum, tapi kadang ada....

otter umumnya melek mulai usia 2 hingga 3 bulan...

Makanan lain yg termasuk ikan kecuali lele bisa?mungkin nila, bawal dsb??
Ada penjelasan khusus tentang makanan kucing bisa menyebabkan kanker?
Susu frisian flag baby umur 0-6bulan bisa di gunakan?

This comment has been removed by the author.
This comment has been removed by the author.

untuk susu, lebih baik pilih susu khusus bayi kucing atau susu non laktosa misalnya SGM LLM non laktosa... jangan pake susu bendera, bisa bikin mencret (kecuali kalau susu bendera non laktosa)
saya gak pernah coba untuk nila dan bawal. paling juga dulu pakai ikan mas fillet. untuk bawal dan nila, do at your own risk aja.. :D
penjelasan untuk makanan kucing bisa menyebabkan kanker bisa mas baca di buku Natural Healing for Dogs and Cats karya diane stein. halamannya saya lupa halaman berapa... atau mungkin cari aja keterangannya di google.. :D

Malam dok,mo nanya nih,knp yah musang biul sy udah 2 hari ga mau makan,gara2 sy gabung ama otter tpi diikat,biulnya didlm kandang...

kenapa mas satuin ama otter dalam satu kandang?? :(
mending sekarang pisahkan biulnya, lalu coba kasih makan... kasih makan emprit aja coba, atau bayi tikus... :)

kemungkinan sih stress akibat diikat dan karena disatukan dengan otter...

This comment has been removed by the author.


Oiya saya baru adopt baby otter belom melek dok, dia ane kasih minum sgm llm non laktosa, alas ane kasih kain sma guntingan" kertas koran. Trus saya kasih lampu pijar 25 watt ane tutup pake kertas biar gak silau. Sekali minum susu dia biasanya habis 15-20ml, sehari ane kasih minum 4 kali. Feses nya berwarna kuning encer ada bulirnya. Apakah wajar gan klo feses seperti itu untuk baby otter? Soalnya dri awal feses juga berwana kuning gitu. Thanks dok

wajar kok. :)
otternya masih aktif? harus bener2 diperhatikan ya mas. soalnya sangat riskan kalau baby otter itu.. :)

Dok otter saya usia 3bulan,,klw di.ajak jalan jauh apakah baik" saja,,krna aku tkutnya kecapekan klw jauh",,,tiap hari aq ajk jj kira" 300 meter apkh baik aja dok,,,mohon bntuan pncerahannya ya dok,???

kalau hanya 300 meter, gak apa2 mas. sebenernya dibawa jauh pun aman2 aja asalkan bebas guncangan dan makannya dijaga... :)

Tnks dok atas pencerahannya,,,oya ada yg lupa dok,,,mulai umur brpa otter sebaiknya di ajarin renang,,,krna punyaku klw di lepas di kolam langsung naik dok,,gk mw,,tkut kyk kucing gitu,,kyk gk suka air gtu

kalau dia udah mulai anteng ama mas, bisa latih dia berenang di bak plastik dulu. biarin aja di situ agar dia terbiasa di air. kalau di bak plastik dia dah mulai anteng, boleh dicemplungin ke kolam.. :)

Dok mw tanya ..knp yaa otter sya kok nafas.nya grokk grokk gt ..trus lemes ..gmn dok solusi nya ..

mending bawa ke dokter hewan aja mas. gak sering mas jemur? suhu airnya dingin ya??
udara juga bisa berpengaruh.

takutnya kena pneumonia mas...:(

dok otter itu bisa dipangkur sprti musang ngga? kalau mau dipangkur ke dokter hewan dananya bisa brp?

otter sebaiknya tidak dipangkur karena tingkat stressnya lebih tinggi dari musang.... sangat mungkin otter yang baru dipangkur akan langsung 'almarhum' beberapa saat kemudian meskipun sudah diberikan obat penghilang nyeri dll...

Malam dok.. kemarin otter saya muntah warna hijau gtu.. kira2 kenapa ya? Saya takut kenapa2.. umur sudah krg lebih 4bulanan.. makanan biasanya nasi, atau daging ayam / lele saya potong kecil2 dn sya suapin juga..
Terimakasih dok.. selamat malam..

sekarang gimana keadaannya mas? masih seperti itu?
kayaknya ada kandungan bahan kimia di salahsatu elemen makanannya, entah itu nasinya atau ikan/ayamnya.... bisa juga karena kondisi kandang yang kurang bersih....

kalau urgent mending bawa langsung ke klinik hewan terdekat ya mas...

Dok saya mau nanya otter bisa dikasih makan makanan kucing Gak? Misalkan whiskas

mendingan jangan mas.
efek jangka pendeknya, mudah membuat otter mencret dan terganggu sistem pencernaannya. efek jangka panjangnya bisa membuat otter kena kanker... :)

Makasih dok saya mau nanya lagi otter biasanya hidup sampai umur brp ya?

Trus Makannya yg bagus apa? Kalo dikasih lele utuh bisa ga?

umur maksimal otter bisa mas baca di artikel siklus hidup otter.
soal makanannya, silakan baca di artikel cara memelihara otter. :)

sehat selalu buat otternya, mas.. :)

Dok mw nanya otter saya kan msh merem minum msh susu doang klo pup nya dia encer itu diare apa normal dok? Soalnya dia kan msh nyusu doang. trus klo misalkan diare penyembuhanya gmn? Mksh

kalau mau dikasih susu, coba kasih susu khusus anak kucing aja. jangan sembarangan susu. kalau toh misalnya gak ada susu anak kucing, berikan susu non laktosa kayak sgm llm non laktosa.....

hati2 loh mas, otter yang masih bayi rentan banget mati...

Dok saya mau ambil otter pake motor jaraknya agak jauh dari bekasi ke depok umur oter baru sebulan, itu dikardusnya dikasih batu es biar adem pas macet atau kita semprot2in air terus ? Stres gak ya kira2..?

jangan dikasih batu es mas... dikira es mambo kali dikasih es batu, hihihi

kasih kain kering aja soalnya masih baby banget itu.... kalau dikasih air malah kedinginan ntarnya...

Hahha kirain gitu dok, kan hewan semi air harus basah terus, oke berarti di pakein kain kering aja ya..
Trism Ibu Drh. Fira..

sama2. mas bisa kembali kemari jika ada yang mau ditanyakan... :)

Dok saya mw nanya kira2 pup otter saya normal apa nggak ya atw kena diare? Mw ngirim gambarnya lewat mana. Trims

dia keliatan lesu?
coba kirim aja gambarnya. foto profil blogspot mas ganti pakai fotonya fesesnya... :)

saya tunggu. :)

Dok mau nanya gigi otter boleh di pangkur ga sih?

Dok mau nanya usia maksimal otter sampai brp thn?
Thx

kayaknya udah ada artikelnya mas. silakan cari di bagian search. :)

Dok mau tanya, kemarin dapat hibahan baby otter -+4bln, tapi kakinya berjamur, kalau otter kakinya berjamur itu karna apa? Bagaimana penanganan nya, obatnya apa? Tq

Dok ciri" otter katarak gimana dok?

parah gak mas jamurannya?
kalau parah, mending bawa ke dokter hewan aja. mas gak tanya sama owner sebelumnya kenapa?

coba bersihkan aja pakai air hangat yang dikasih cairan antiseptik dettol. saya gak jamin bisa sembuh loh ya. dan harap hati2 juga, karena kadang otter ada yang suka gatel2 kalau kena cairan antiseptik. coba aja dulu usap dikit pakai dettol, tunggu 15 menit. kalau dia gak gatel2, bisa usap ke semua bagian kaki yang jamuran...

bisa mas kasih liat saya fotonya? ubah aja foto profil blogspot mas pakai fotonya...

saya tunggu.. :)

silakan baca artikel saya cara mengobati katarak pada musang. ciri2nya sama seperti musang yang katarak. tapi tentu penanganannya beda.

mending bawa ke dokter hewan terdekat sesegera mungkin.. :)

Saya belom begitu yakin kalo otter saya katarak bu dokter, makanya cuma nanya ciri"nya apa mempengaruhi perilaku otternya sendiri?

kalau mempengaruhi atau nggak sebenernya balik lagi ke seberapa parah kataraknya, mas... :)

dok ini otter saya kira kira umur 2,5 bulan. waktu awal adopsi masih doyan susu, tapi jarang bersuara. terus besoknya saya kasih lele cincang, dimakan sih tapi kok setelah makan lele otternya gak mau makan sama minum susu sampek malam ini dia gak mau makan dan minum.
kalo umur segitu wajar gak sih dok kalo jalannya masih agak susah ?
terus wajar gak sih kalo gak ada suaranya. dia bersuara kalo pas diangkat, itu pun jarang jarang.

kalau kata owner sebelumnya, dia dikasih makan apa mas/mbak?
biasa dikasih susu apa?

agak bingung juga soalnya sistem pencernaan otter umur segitu masih sangat rentan. namun mbak bisa kasih susu kucing ama kasih makan blenderan lele mentah. kalau ada, kasih lele fillet yang diblender.

cek fesesnya. bentuk fesesnya gimana? :)

kemarin kata owner sebelumnya dikasih dancow anget.
tapi sekarang saya kasih susu sgm llm non laktosa.
untuk makannya saya kasih lele cincang. pengenya sih saya kasih lele blenderan tapi saya gak ada blender. maklum anak kosan.

kalau masalah feses kadang bentuknya cair ada bulir bulirnya warnanya hijau. kadang juga hijau pekat sedikit padat dan gak ada cairannya. terus juga kadang bentuknya kayak feses bebek. memangnya feses otter yang sempurna itu kayak bagaimana dok ?

normalnya otter usia segitu minumnya berapa banyak ? soalnya otter saya sehari gak ngehabisin 150 ml. itupun kadang saya paksa dikit dikit pake suntikan, takutnya kekurangan cairan malah bahaya buat kesehatan otter dok.
terus apakah otter umur segitu masih susah jalan ya ??
soalnya kalo di kandang jalannya agak ngesot ngesot gitu, tapi kalau diluar kandang lumayan lancar.

otter umur segitu sangat rentan kurang kalsium, karena umur2 segitu sangat butuh asupan susu dari induknya. makanya saya sarankan kasih susu kucing....

feses otter yang bagus itu berbentuk krim, tidak berair, dan berwarna pucat. kalau hijau kayaknya dugaan saya benar, dia kurang nutrisi. kayakl ada bulir2 gitu ya mas? mending kasih susu khusus anak kucing , makanan bisa tetep kasih lele....

maaf karena baru balas... :)

selamat malam bu dokter, sebelumnya saya minta maaf mau tanya tanya lagi. ini tadi otter saya main becanda becandaan gitu, pas si otter gigit gigit tangan saya tiba tiba giginya copot satu (ngak tahu gigi bagian mana),apakag itu normal dok ?
saya takutnya nanti kenepa kenapa.

terus saya mau tanya lagi, ini otter saya dari kemarin telapak kakinya agak sedikit panas, seperti suhu orang kalau lagi demam. itu kira kira kenapa ya dok ? soaalnya ini saya masih belum bisa bawa ke Drh.
terimakasih

sekarang dia masih mau makan? nafsu makannya berkurang nggak?

kalau umur segitu emang masa peralihan dari baby ke anak2. wajar kok. kalau emang dia berkurang nafsu makannya, observasi aja selama 3 hari ke depan. tetep dikasih makan kayak biasa.
kalau udah lebih dari 7 hari belum menunjukkan tanda2 peningkatan nafsu makan lagi, mohon kabari ke saya atau bawa ke dokter hewan terdekat. :)

kalau nafsu makannya ngak berkurang dok,masih lahap kayak biasanya. malah si otternya lebih akti soalnya saya lepas kandang dok. jadi udah biasa freeroom. tapi porsi makannya sedikit berkurang dok,biasanya dalam sekali makan bisa ngabisin seekor lele (ukuran konsumsi manusia), tapi akhir akhir ini sering gak abis.

pasti dok, kalau ada apa apa saya pasti ngabarin di blog ini.
makasih

oh iya dok, sekalian mau tanya juga. apakah otter yang jenis kaki kecil udah apendik 1 ?? soalnya ada yg bilang seperti itu.

kalau saya sarankan, coba kasih anakan lele. jangan yang berukuran besar. anakannya aja dlu. :)

soal status appendixnya, mas bisa telepon ke BKSDA setempat. ada kok artikelnya: alamat dan nomor telepon BKSDA propinsi. :)

oh ya. lupa. kasih kabar saya mengenai fesesnya ya mas. biar saya analisa...

kalo dikasih lele anakan takutnya nanti malah susah di filet dok. soalnya pernah sekali saya beli yang ukuran kecil itu susah buat di filet.

untuk fesesnya kayak sebelumnya dok. dalam kasus ini masih tergantung makananya. otter saya kasih makan telur rebus sama lele, selang seling gitu dok, biar gak bosen otternya.

untuk status apendik saya masih sedikit takut dok kalau harus bertanya sama BKSDA, takutnya nanti apa yg saya takutkan benar adanya dan saya kudu ngelepasin dia. maklum dong sedikit berat untuk ngelepasin hewan peliharaan. :)

oh, mas fillet lelenya dlu sebelum dikasih? itu bagus. (y)
gak apa2 kasih aja lele fillet.

dari makanannya bagus. pertahankan. observasi terus fesesnya. :)

soal telepon ke BKSDA, semuanya balik lagi ke masnya. saya kira sih aman. teman2 saya juga banyak yang pelihara otter. :)

iya dok masalah makan masih saya kasih filetan ikan lele, soalnya gigi giginya masih kecil takutnya gak kuat ngunyah otternya.

oh iya dok, dulu dokter pernah nyaranin susu buat anak kucing. tadi saya cobak ke petshop yg ada dokter hewannya, rencana awal sih mau beli susu khusus anak kucing, tapi kehabisan,
terus saya cerita masalah dignosa dokter yg katanya kurang kalsium sehingga fesesnya warna kehijauan itu. terus dokternya nyaranin beli kalsium cair saja. dan saya tadi lupa dok buat tanya berapa dosis nya. kira kira gak apa apa kah kalau saya beli kalsium cair terus saya campur dengan makanan atau susunya ? dan kira kira berapa dosisnya dok ?
makasih

untuk masalah apendik, saya pernah baca (kalau gak salah di blog dokter juga), bahwa status apendik otter kaki kecil masih apendik 2. tapi di forum forum khusus otter pernah ada yang bilang kalau statusnya sudah naik.
saya tanya ke dokter karena saya rasa grup pecinta hewan itu menjawab berdasakan pengalaman, dan dokter menjawab berdasarkan pengetahuan.
maaf dok kalau saya banyak tanya. :)

bisa juga sih status konservasi seekor hewan bisa aja naik. bener kata mas, kalau saya kan berdasarkan pengetahuan, kalau sahabat2 di forum kan berdasarkan pengalaman. sedangkan pengalaman adalah pengetahuan yang 'terupdate'. jadi menurut saya, ikuti pendapat yang di forum aja mas.. :)

kalau dosis kalsium cair 1ml per kg berat badan. misalnya berat badan otternya 2kg, maka dosisnya cukup 2ml saja.

sekarang gimana keadaan otternya mas? :)

kudu pinter pinter owner nya saja dok untuk menyaring informasinya. :)

alhamdulillah si otternya baik baik saja, saya masih belum berani nyobak kasih kalsium cair, soalnya gak tau dosis.

coba aja kasih... :)
jangan jemu belajar, mas...

Pakan untuk otter usia 3 blan yang cocok apa ya dok? Selain lele dok. Terima kasih :)

coba tanya ke owner sebelumnya aja mas, biasa dikasih apa lagi selain lele. :)
soalnya tergantung kebiasaan otternya juga. kadang kalau jenis makanan baru, dia gak mau makan... tinggal dibiasakan aja...

bisa dikasih serangga hidup juga, ati ayam juga boleh. tapi balik lagi, tergantung kebiasaan... :)

akhir nya dapet juga otter sepasang berumur 2 bulan dari magelang. mudah2an malam ini sampai..

mohon bantuannya atas pertanyaan2 berikut yah..maklum debutan, tp in syaa allah niat koq..

1. otter berumur 2 bulan itu panjangnya kira2 brapa yah..? mau menyesuaikan kandang nih, krn kandang besar dengan kolam nya masi dalam pengerjaan

2. apakah otter 2 bulan masi menyusui ? kalau iya susuin nya pakai apa dan susu nya apa yah..?

3. apakah otter 2 bulan sudah bisa makan sendiri (krn yg jual bilang sudah bisa belajar makan sendiri)? klo sudah, makanan apa biasanya yah..? dan berapa banyak dalam sehari.?

4. apa aja kebutuhan kandang nya yah, selain kolam ? apakah butuh kaya tempat tidur gitu..? lampu butuh juga ga utk penghangat..?

5. apa kebutuh2an lainnya, agar otter nya merasa nyaman..?

di tunggu bantuannya..thanks in advance

1. mending tanya dlu sama owner sebelumnya, mas, biasa ditaruh di kandang yang ada kolamnya atau tidak. kalau emang iya, bisa ditaruh di kandang berkolam. kalau si otter tidak ditaruh di kandang yang ada kolamnya (alias di kandang kering), mendingan taruh di kandang kering aja.

agak riskan sebenernya kalau masih 2 bulan... :)

2. sama halnya kayak nomor pertama tadi, dia biasa dikasih susu atau tidak. kalau dikasih susu, jenis susunya apa. tanya aja ke owner lamanya, mas. soalnya kalau nanti misalnya susunya diganti, kadang gak cocok dan bikin mencret. dan kalau emang gak biasa dikasih susu, gak usah dipaksa dikasih susu karena perlu pembiasaan. kalau otter yang biasa gak dikasih susu lalu mau mas coba kasih susu, awal2 kasih aja sedikit2 dlu. pake susu non laktosa kayak sgm llm. misalnya selama seminggu kasih aja satu sendok makan tiap hari. kalau gak mencret, minggu berikutnya kasih lagi 2 sendok makan aja. kalau masih aman juga (gak mencret), minggu selanjutnya 3 sendok makan. gitu terus... :)

3. kalau emang kata penjualnya dah bisa makan sendiri, malah bagus. jadi mas gak perlu repot nge-pipet. mengenai pakannya, lagi2 perlu pembiasaan, jadi sebaiknya tanya juga ke owner sebelumnya dikasih makan apa. saya sendiri berpendapat kasih anakan lele aja mas. atau daging lele mentah fillet yang diblender... tapi kalau emang makanannya dari owner lama bukan itu, coba infokan ke saya apa makanannya...

oh ya, tanya juga ke ownernya yang lama tentang fesesnya. mencret atau nggak. :)

4. kebutuhan kandang mungkin cuma jaga aja agar tetap hangat. soal ada atau tidaknya kolam, balik lagi ke pernyataan saya nomor 1. :D

5. kestabilan suhu aja sih mas. itu aja. soalnya kalau baby otter masih rentan banget. tapi kalau mas berhasil memelihara dia sampe dewasa, saya yakin mas akan lebih mudah memelihara hewan sejenisnya kelak. jadi, jangan patah semangat.

kasih saya kabar terus biar saya bisa bantu2 ya mas... saya tunggu... :D

dok..tampaknya otter saya bermasalah,

umur kurang lbh 1 bulan, hari adopsi kamis tgl 28 jan 2016. rutin di susuin antara 5-20 ml. setiap 4-8 jam..

hari sabtu tgl 30, terakhir di susuin jam 2000-2045 sebanyak 20 ml. setelah itu saya dah check jam 0000 trus jam 0300 masi tidur nyenyak..

jam 0600 saya bangunin dan saya susuin, ga banyak si dapet 10 ml an. tp pagi ini saya ngetest nyusuin pake pipet, krn pikir nya biar lbh cepet. tp ketika di lakukan, tampaknya dia ga nyaman dan lbh berantakan.

trus jam 1300 an saya susuin lagi, tp koq kliatannya mulai lemes dan ga lincah klo di pegang. ga mau nyusu.

skrg jam 1644 makin lemes..saya cobain nyusuin lagi sedikit di tetes2in...masi bergerak sih, tp suaranya lirih..dan masi lemes..

Mohon bantuannya yaa dok...

sekarang gimana keadaannya? :(
saya sarankan mending bawa ke dokter hewan aja sesegera mungkin. dan maaf baru balas.

tebakan saya sih ada masalah di sistem pencernaannya. rata2 otter balita emang kayak gitu, rentan banget di sistem pencernaannya....

jawaban saya sebelumnya mas baca nggak? :)

Dok saya mau tanya otter saya mata kirinya katarak gimana cara penanganganya terimakasih..

pada malam itu saya sudah bawa ke dokter hewat dekat rumah, kata dokter nya, "umur 0-40 hari seharus nya jgn sampai lepas dari induk nya, karena tubuh nya masi rentan dan yg bisa di asup hanya nutrisi aja. klo di kasi obat, takutnya badannya ga kuat"

akhirnya saya ga di kasi apa2 tp suruh coba hangatkan badannya, dan coba minumin lagi biar sedikit2..

saya jaga semaleman, tp tidak tertolong..:( kami sekeluarga sedih.

bisa jg jadi pelajaran nih, utk yg bener2 baru melihara otter, jgn cari yg terlalu kecil..chance hidup nya terlalu kecil.

biar kita telaten jg kadang, faktor lain (suhu udara, telat kasi susu) bisa langsung membalikan keadaaan)

klo baru mau pelihara otter di atas 2-4 bulan kayanya lbh bisa tahan.

susah kalau otter, saya juga berani kasih saran apa-apa. rentan banget sistem pencernaannya. mending bawa ke dokter hewan aja mas. :)

betul pendapat dokter hewan tersebut, mas.....
buat pelajaran aja agar kedepannya gak pelihara otter lagi kalau emang mati. jangankan mas yang pemula, orang yang udah terbiasa pelihara musang atau hewan lainpun kadang suka kelimpungan kalau pelihara otter.
saran saya, hmm, gimana kalau mas pelihara musang aja dlu? yang anakan aja, yang udah bisa makan sendiri. lalu setelah beberapa bulan pelihara musang anakan dan udah tau alurnya, nah mas bisa adopt otter lagi yang udah agak besar.... :)

Dok mau tanya, otter saya jantan usia 2 bulan. Knapa bulu dibagian perut dan selangkangan nya rontok ya? Dan ada bagian bulu yg menggumpal keras (apa itu jamur?). Mohon saran untuk penanganannya dok

banyak sebab, mas. . kebersihan kandang dijaga nggak? karena kadang karena kurang terjaga kebersihannya, bulu otter bisa rontok. lalu dikasih alas kandang? kalau dikasih, jenisnya apa? kadang karena terlalu sering kegesek-gesek di alas kandangnya, dia juga bisa rontok.

otter umur segitu emang rentan banget bulunya rontok, mas. cukup jaga kebersihannya, dan gunakan alas kandang yang memang benar2 halus.... :)

Pagi sore selalu berishin kalo kandang dok. Untuk alas pake handuk & kalo kena poop/pee langsung ganti.
Kalo sampo & bedak kucing boleh dipakein ke otter gak dok?
Trus untuk vaksin, biasanya otter dikasih vaksin apa aja ya?

Dok mau tanya saya dapet kira kira 2 bln lebih pada saat dari own lama dia jinak banget tp knapa ya dok saat saya beli nyampk rumah udah beberp hari masih galak aja ke saya gk ada jinak jinaknya dok mohon bantuanya

otter bisa divaksin saat usianya menginjak 8 bulan ke atas, mas.

soal bulunya yang masih rontok, dia suka garuk2 gak? kalau nggak kayaknya emang lagi pergantian bulu or something kalau emang kebersihannya dijaga... :)

silakan baca artikel saya cara menjinakkan burung hantu... :)

Dok kalo saya mau coba spet otther tp pakek sun pisang boleh nggak

emang sih banyak pemilik otter yang memberikan bubur bayi sebagai makanan otternya, tapi saya tidak menyarankan. :)

Dok.. apakah otter adalah dari keluarga musang? Mohon penjelasan detailnya? Dan terima kasih sebelume :)

otter masih satu keluarga dengan marteen, jadi bukan musang. silakan mas baca artikel saya marteen bukan musang

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 319   Newer›   Newest»

PERHATIAN

1. Jangan lupa untuk mengklik NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar setiap jawaban yang saya tulisa bisa anda cek via email.
2. Kolom konsultasi ini bukan untuk kasus urgent. Sebaiknya segera bawa hewan yang sakit ke dokter hewan terdekat jika sakitnya sudah parah atau urgent.
3. Saya akan sangat berterima kasih jika anda mengirimkan FOTO FESES/TAHI hewan yang sakit. Anda bisa mengupload gambar feses hewan di postimage.org, lalu mengirimkan linknya beserta pertanyaan yang anda tanyakan.
4. BEBAS COPY PASTE dengan MENCANTUMKAN LINK ke blog saya. Anda bisa sharing artikel ini di facebook atau media sosial lainnya sebagai ucapan terima kasih, hihihi.....
EmoticonEmoticon