Cara Memelihara Ikan Mas Koki | Drh. Fira Sovica

Sama halnya dengan memelihara ikan koi, memelihara ikan mas koki dalam akuarium memerlukan ketekunan dan ketelatenan. Syarat utama dalam memelihara ikan mas koki adalah kebersihan air. Air yang kotor serta lingkungan akuarium yang kebersihannya kurang terjaga akan membuat ikan mas koki mudah terkena penyakit yang dapat berakhir dengan kematian. Bagi anda yang mau tau bedanya ikan mas koi dengan ikan mas, anda bisa membaca artikel perbedaan ikan mas dan ikan koi.
Cara Memelihara Ikan Mas Koki
Image taken from akuariumhias.blogspot.com
Ada beberapa tips dan trik

cara memelihara ikan koki

Tidak perlu membeli buku tentang memelihara ikan mas koki, anda cukup ikuti beberapa cara memelihara ikan mas koki berikut ini:
  • Seperti saya ungkapakan di atas, kebersihan air dan lingkungan akuarium adalah hal utama dalam memelihara ikan mas koki. Kandungan amonia yang berlebih dalam air akan membuat ikan mas koki lemas dan akhirnya mati. Untuk mensiasatinya, gunakan biofiltrasi untuk menetralisir kandungan amonia dan menyaring kotoran fisik dalam air.
  • Menempatkan beberapa pot tanaman air (aquascape) untuk menyerap amonia dalam akuarium, menambah kadar oksigen dalam air, membantu kinerja biofiltrasi, dan menambah keindahan lingkungan akuarium bisa menjadi langkah kedua dalam artikel cara memelihara ikan mas koki ini. Anda bisa membeli akuascape di toko-toko ikan terdekat.
  • Aksesoris lain yang bisa ditambahkan dalam akuarium tempat memelihara ikan mas koki adalah gelembung udara buatan. Anda bisa membeli alat ini di toko ikan hias terdekat.
  • Akuarium wajib dikuras minimal 3 minggu sekali atau sebulan sekali, tergantung seberapa tahan lama airnya. Jika sudah terlihat kotoran mengapung di dalam air, hendaknya anda segera menguras akuarium.
  • Pemberian pakan kepada ikan mas koki cukup dilakukan sehari sekali. Hindari pemberian pakan yang berlebihan yang membuat pakan tersisa di dalam air. Segera ambil sisa pakan jika ada sisa makanan yang tersisa di dalam akuarium.

Demikian adalah artikel

cara memelihara ikan mas koki

. Saran, kritik, serta komentar bisa anda tulis di kolom komentar dibawah ini.

1 Response to "Cara Memelihara Ikan Mas Koki"

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.