Wednesday, October 8, 2014

Mengobati Pilek Pada Kura-Kura | Drh. Fira Sovica

Pilek adalah penyakit yang biasa menjangkiti semua jenis kura-kura, baik itu kura-kura darat, kura-kura full akuatik, atau kura-kura semi akuatik. Dalam artikel berikut, penulis akan mengetengahkan judul

cara mengobati pilek pada kura-kura

. Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman sebagai dokter hewan. Berikut adalah ulasan lengkap cara mengobati kura-kura yang pilek.
Image taken from en.wikipedia.org
  • Penyebab Pilek Pada Kura-kura.
  • Sebab pilek pada kura-kura sama seperti penyebab pilek pada ular, yaitu ketidakstabilan suhu dalam kandang atau dalam air tempat memelihara kura-kura tersebut. Pada kura-kura darat, penyebab pilek pada kura-kura darat seperti sulcata, pardalis, dan emys adalah suhu kandang yang naik turun. Hal ini biasanya disebabkan oleh perubahan cuaca dan lain sebagainya. Pada kura-kura akuatik seperti labi-labi, common snapping, dan alligator snapping serta kura-kura semi akuatik seperti kura-kura brazil, penyebab pilek pada kura-kura akuatik dan kura-kura semi akuatik adalah suhu air yang terlalu dingin atau suhu air yang fluktuatif, suhu naik turun atau tidak stabil.
  • Ciri Pilek Pada Kura-Kura.
  • Ciri pilek pada kura-kura air (kura-kura full akuatik) dan kura-kura semi-air (kura-kura semi akuatik) adalah jika anda mengangkat kura-kura itu dari air, maka akan muncul gelembung dari lubang hidungnya. Kura-kura air dan kura-kura semi air yang pilek juga mengalami mogok makan. Pada kura-kura darat seperti kura-kura pardalis, kura-kura sulcata, dan kura-kura emys, ciri kura-kura darat yang kena pilek adalah hidung dan mulut kura-kura tersebut terlihat basah, mata kura-kura kadang terpejam, dan nafsu makan kura-kura berkurang.
  • Mengobati Kura-Kura Yang Pilek.
  • Pilek pada kura-kura air dan kura-kura semi air bisa diobati dengan memberikan garam ikan ke dalam air tempat pemeliharaanya. Anda juga bisa menaikkan suhu air secara bertahap sebanyak 5 celcius dari suhu normal air. Penjemuran juga bisa dilakukan untuk mengobati kura-kura yang pilek, baik itu kura-kura full akuatik, kura-kura semi akuatik, atau kura-kura darat. Penjemuran kura-kura darat bisa dilakukan dibawah matahari pagi dibawah jam 10 siang selama 10 menit, sementara menjemur kura-kura akuatik dan semi akuatik cukup dilakukan selama 5 menit dibawah jam 10 siang. Penjemuran bisa dilakukan setiap hari selama satu minggu sambil terus diobservasi dengan cara fisik (dilihat hidungnya) serta dengan cara non fisik (dilihat nafsu makannya, apakah sudah normal atau belum. Jika ciri fisik dan non fisik dari ciri kura-kura pilek sudah tidak terlihat, lanjutkan proses pengobatan selama 3 hari lagi untuk memastikan pilek pada kura-kura benar-benar sudah sembuh.
  • Obat untuk mengobati pilek pada kura-kura.
    Untuk obat untuk kura-kura yang pilek anda bisa menggunakan Terramycin yang banyak dijual di toko obat, apotik, atau di toko hewan khusus reptil. Sedot terramycin dengan menggunakan suntikan, lalu teteskan satu tetes terramycin ke hidung torto atau kura-kura. Ingat, hanya DITETESKAN lewat hidung, bukan disuntikkan lewat hidung. Lakukan pengobatan dengan Terramycin dengan dosis satu kali sehari selama satu minggu berturut-turut.
Demikian adalah cara

mengobati pilek pada kura-kura

. Artikel diatas diharapkan bisa membantu anda dalam merawat dan menyembuhkan kura-kura yang pilek. Terima kasih dan semoga bermanfaat. (FS)

247 komentar

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 247   Newer›   Newest»

Dokter Fira, saya mau tanya kalau kura-kura nya masih tergolong kecil dan hidungnya kecil sekali apa kira-kira terramycin nya bisa masuk ke lubang hidungnya? sedangkan kelihatannya hidungnya tersumbat oleh ingus kura-kura nya. Terima kasih.

bisa, mas. pakai suntikan dengan jarum kecil.
bisa juga dengan mencelupkan ujung jarum jahit (ujung yang ada lubangnya) ke terramicyn hingga setetes terramicyn menempel di ujung jarum tersebut, lalu ditempelkan di depan lubang hidung. lakukan hal yang sama di lubang hidung yang lain... :)

Ok, terima kasih banyak dok, akan segera saya coba saran nya :), blog nya dilanjut terus ya dok, saya suka banyak informasi bermanfaat :)

baik mas. blog ini memang blog pribadi saya... :)

permisi dokter, saya mau bertanya. kura-kura saya matanya tertutup dan kalau saya pegang mullut dan hidungnya berair, bagian leher sama tangannya juga ada bintik putih. itu pilek ya dok?kalau rendam pakai garam ikan perbandingan air dan garamnya berapa ya dok?soalnya ini kura-kuranya ukuran 3cm, kalau airnya 1liter takut kebanyakan dok.
Mohon jawabannya, terima kasih dok :)

kok bsa sampai komplikasi begitu mbak? itu selain pilek dia kena white spot juga.
takaran garam ikan bisa dilihat di artikel cara mengobati white spot pada ikan dan kura-kura. secara takaran, sama kok... :)

Dok... help me Dok..!!!
Dokter praktek dimana? apa saya boleh bawa kura2 saya untuk di chek?
saya punya dua kura2 RES (Goku & Gohan, si Goten udah meninggal.. hiks hiks..)
si Goku udah hampir dua bulan ini gak mau makan, senengnya berjemur dan merem terus. terus dia suka bersuara kaya menyahut kalo di panggil samenjulurkan lehernya, saya curiga kalau dia susah menelan atau bernafas. cara ngatasinnya gimana? dan kalo ada obat, apa namanya dan beli dimana?
kura2 yang satu si Gohan.. dia aktif banget. sehat banget. nafsu makannya bagus banget dan lebih suka dia air ketimbang berjemur. tapi baru seminggu ini kelihatan ada celah diantara scutes di karapasnya. dan celahnya semakin melebar. (apakah ini ciri2 kegemukan?) terus sedikit belubang juga dan ada beberapa yang seperti tampak dalam lubangnya.
nah untuk keduanya apakah ada obat yang mujarab? apa namanya dan bisa dibeli di mana?
Terimakasih banyak sebelumnya Dok..

coba jemur terus. kasih garam ikan di airnya. Dan pisahkan kura2 yang sakit dengan yang sehat. GOku sama Gohan sakit bisa jadi karena Goten disatuin sama mereka berdua. jadinya mereka berdua jadi ikutan sakit. harusnya dipisahkan mas...
goku sebaiknya airnya dikasih garam ikan. gohan gak usah. jadi dipisahkan. jemur setiap pagi. 22nya... :)

kalau dalam 3 hari belum baikan, saya sarankan sih ke dokter hewan segera mas... :)

Dok pemberian terramycin maksimal brp lama? Saat ini udah hari ke 6, sudah ada perbaikan tp belum pulih, gejala pilek masih ada tp sudah berkurang dbanding saat pertama sakit.
Saat neteain ke hidung, obatnya jg bbrp x masuk ke mulut? bahaya ga!

gak bahaya kok, tapi sebaiknya hindari masuknya terramicyn ke mulut. :)
coba sambil dijemur agar bisa lebih cepat penyembuhannya. terramicyn bisa diberikan satu kali sehari....

permisi dokter saya mau tanya .. kalau kura2 sedang kena flu matanya tertutup terus ya ? .. kura kura saya begitu dok mohon pencerahannya :)

gak hanya pilek atau flu aja, rata2 kura2 yang sakit kayak gitu.
cara mengobatinya silakan baca di artikel di atas...

Dok, kura2 saya knp ya ? Kok lg sulit makan. Trs suka mangap2, tiap hbs mangap2 mulutnya seperti berbusa. Mirip dengan org buang air liur. Knp ya dok ? Masih kecil juga dok..

kena flu itu mas. matanya suka merem ya?
dia mangap2 karena susah bernafas. jaga agar suhu air tetap stabil, jangan kedinginan, juga jangan terlalu panas. kasih garam ikan di airnya, silakan baca dosisnya di artikel di atas.
sesekali jemur juga kura2nya...

Dok mau tanya,saya punya burung murai kena pilek mulutnya mengap mengap cara mengobatinya bagaimana

Dok mau tanya,saya punya burung murai kena pilek mulutnya mengap mengap cara mengobatinya bagaimana

Dok mau tanya,saya punya burung murai kena pilek mulutnya mengap mengap cara mengobatinya bagaimana

sering2 jemur aja di pagi hari selama 10 hingga 15 menit. jaga kebersihan kandang dan beri makanan yang bergizi... lakukan selama satu minggu penuh... :)

Dok jumat kemaren sya dapet emys, kayanya sakit emys nya gamau makan, lesu murung aja, gamau gerak seharian, matanya merem, sebelah idungnya basah kira itu cuma pilek / ada komplikasi?

sekarang gimana keadaannya mas?
kayaknya sih emang sakit. kemungkinan pilek. coba beli obat yang namanya terramicyn di kaskus. kayaknya ada yang jual di kaskus.. :)

Dok mau nanya, kura2 saya knp ya ? diem terus gak mau gerak, matanya nutup, hidungnya ada gelembungnya, tp makanya lancar dok
dia sakit atau kenapa ya dok ??

oh iya kalo dia beres ngehabisin makanannya dia malah diem di air(mengambang) gak naik lagi ke docking area

silakan baca artikel di atas dlu...
biasain baca. :)

oh iya udah dok
saya mau nanya lagi nih dok terramycin itu belinya dimana ya ??
dan yang kaya gimana ??
saya ke apotek adanya terramycin buat mata sama ada terramycin buat kulit
terima kasih

sebenernya terramycin itu obat suntik (digunakan pakai suntikan), nanti terramicynnya di teteskan di hidung kura2nya. di kaskus ada yang jual..... :)

dok
kura air saya kayanya kena flu
beberapa hari lalu suhu drop karena hujan
hidungnya ada gelembung
pas nafas mulutnya terbuka
nafsu makan menurun tetapi masih mau makan udang
saya sudah coba pengobatan
dengan air hangat, dijemur ,diberi garam ikan
sudah 2 hari masih suka kebuka mulutnya
kalau menggunakan terramicyn bisa untuk yang air dok?
kira2 waktu pemulihannya berapa lama dok?

kasih terramycin bisa untuk kura2 air dan darat.
sembuhnya sih tergantung seberapa parah penyakitnya.

cuaca juga berpengaruh. sekarang kan lagi pancaroba. banyak kura2 sakit akhir2 ini..

Permisi dok, dari artikel diatas sptinya kura RES saya, Toto, lagi sakit pilek. Sudah 2 minggu lebih matanya merem dok, tapi kadang mau buka kalo udh dimasukkin di air yg dicampur daun sirih sama garam ikan. Masalahnya skrg dok, dia sampai skrg blm mau makan sama sekali. Kemarin Toto lemes bgt, akhirnya trpaksa aku paksa makan udang, caranya pas lagi mangap2 aku masukin potongan udang kecil k mulutnya. Tpi aku googling katanya force feeding itu g bagus & bisa ngerusak saluran pernapasannya bahkan bisa bikin pendarahan y dok? Gmna solusinya dok, biar Toto mau makan??? Soalnya aku kasian bgt sama dia, udh lemes bgt
Mohon pencerahannya ya dok ><

udah diobatin dengan cara di atas?
kalau emang belum ada perubahan, mending bawa ke dokter hewan aja, mbak. force feeding dengan cara menyodorkan makanan ke mulutnya yang terbuka dan membiarkan dia mengunyah sendiri sebenernya gak apa2. yang salah dalam force feeding adalah memasukkan makanan secara paksa ke tenggorokannya (tanpa dikunyah terlebih dahulu oleh kura-kuranya)

mending bawa ke dokter hewan aja mbak. mbak bisa baca juga artikel saya cara mengobati kura2 pneumonia

Wah, gitu ya
Oh ya dok, d kota saya dokter hewan kebanyakan dokter hewan darat, Kalo srlain itu msh kadang sekali. Nah, ternyata Saudara temen saya itu mantri hewan, jadi kemarin saya sedikit konsultasi sama beliau, katanya disuruh nyuapin amoxilin ¼ bagian, dicampur sama air dan diminumin ke kuranya. Saya belum nyoba sih, makan ya saya mau tanya dokter fira dulu, apa aman dok?
Terus apakah boleh garam ikan dicampurkan rutin k air kuranya?

saya gak jamin pakai amoxicillin bisa sembuh. soalnya saya juga gak tau seberapa parah. kalau mau coba, silakan, namun do at your own risk.

kenapa gak ditangani aja sama saudara mbak yang mantri hewan itu mbak? :)
tebakan saya sih lebih ke pneumonia. itu tebakan saya aja. :)

saya tunggu kabarnya...

Dok. Kura kura saya merem terus. 3 ekor. Gak Makan. Gak Berenang. matanya agak bengkak. leher suka memanjang dan mulut membuka lebar. bagaimana Dok ?

mas satuin terus kura2nya dalam 1 akuarium?
seharusnya kalau satu sakit, langsung psahin yang sakit dengan yang sehat. biar gak nular.

kemungkinan kena pneumonia. silakan mas baca artikel saya mengobati pneumonia pada kura2...

Dok saya sudah memberikan terramycin selama 1minggu berturut turut, memang gejala pileknya sudah berkurang tapi kenapa matanya masih menutup ya Dok? Kalo lg dijemur sih hanya stu matanya yg terbuka tapi saat dimasukkan ke air matanya menutup lgi. Cara mengobatinya gmn ya Dok?

jaga agar kura2nya tetap hangat.
yang paling penting adalah daya tahan tubuhnya. jangan sampe 'drop'. makanan harus benar2 dijaga.

suhu air juga sebaiknya dijaga agar tetap stabil. juga kebersihannya...

kalau emang worried, mending bawa ke dokter hewan terdekat. mas bisa gabung ke komunitas reptil di kota mas via facebook untuk bertanya dimana dokter hewan yang biasa nanganin reptil... :)

kasih saya kabar lagi..

Mau tanya dong kura kura aku kan kemarin baru dibawa kedokter hewan terus dia kan disuntik abis itu dia keluar lendir gitu dari mulutnya...

Terus dia nafsu makannya berkurang udah lama dia engga makan dok
Itu cara bikin dia nafsu makan lagi gimana ya

apa alasan mas bawa kura2nya ke dokter hewan? :)
sakitnya apa?

mas gak minta nomor kontak dokter hewannya?
lebih baik, mas konsul lagi ke dokter hewan yang kemarin atau datneng ke dokter hewan lain buat minta second opinion.

Dok saya punya kura kura hijau kecil, udah beberapa hari ga mau makan, matanya sering terpejam juga ga aktif knapa ya dok.?

kemungkinan besar sakit.
biasanya karena suhu air yang tidak stabil (turun naik, kadang hangat kadang dingin), bisa jadi karena pilek, dan sebagainya....

mending bawa ke dokter hewan aja, mbak... :)

Dok saya punya kura kura kecil dah seminggu ga mau makan xia baik baik saja kok dok

kura2 yang seminggu gak mau makan jelas nggak masuk kategori 'baik-baik saja', mas/mbak. pasti ada 'something'. tebakan saya sih pasti sakit.... :)

Oh ya pas di keluarin sia lincah sekali jalannya

hmm, mending mbak baca artikel saya penyakit pada kura-kura, juga artikel cara mengobati pilek pada kura-kura, dan artikel mengobati pneumonia pada kura-kura....

Dok .klo kura kuranya direndam air garam waktunya shrian? atw cmn bbrp jam aj?

This comment has been removed by the author.

Dok , kan setiap malam saya kurangin airnya biar gak masuk angin tapi besoknya punggungnya kering gitu dok warnanya kuning, segera saya rendam air hangat beberapa menit punggungnya normal trs saya ajak main saya keluarin gk lama kering lagi punggungnya kenapa ya dok?

jenis kura2nya apa? kalau jenis kura2nya adalah kura2 akuatik atau semu akuatik (kayak kura2 brazil), ganti aja airnya dengan air yang dicampur dengan garam ikan (bukan garam biasa). itupun ada dosisnya.... silakan baca artikel di atas... :)

hmm, jenis kura2nya apa? kura2 brazil?
airnya cek, apakah mengandung bahan kimia (kaporit) atau mungkin mengandung zat besi berlebihan... cek juga kebersihan airnya.... bagusnya sih airnya udah diendapkan semalaman sebelum dipakai sebagai media pemeliharaan kura2....

masih mau makan? cek juga artikel saya penyakit pada kura2.... saya tunggu kabarnya... :)

jenis kura kuranya brazil dok , saya pke garam ikan.
trus makannya msh rakus dan lincah tpi ad kluar gelmbung kcil gtu dok dihidungnya pas di air. itu kna pilek dok ?

iya, tebakan saya sama tebakan mbak satu suara. kena pilek.

mbak udah pernah menangani kura2 sebelumnya? jaga agar suhu airnya tetep stabil, cuaca emang kurang bagus buat reptil akhir2 ini....

jaga kebersihan air dan pola makannya... dan juga, silakan baca artikel saya penyakit pada kura2...

Dok, obat terramycin yang salep mata bsa dgunain buat kura kura g dok ?

jujur saya gak pernah coba. tapi kalau untuk salep kayaknya lebih baik jangan....

kayaknya sih itu bukan sakit mata, mbak. itu karena pilek. dia matanya merem karena emang lagi pilek...

Kura kura saya gk merem dok . Masih lincah sama makannya msh lahap gtu . Cmn klo di air kadang kadang d idungnya ska kluar gelembung kcil gtu dok sama 1 pertanyaan lg dok lampu biasa cocok g buat pencahayaan kura kura ?

ohh, kalo matanya merem aja, kemungkinan karena airnya. soal gelembung dari hidungnya, bisa juga karena air. airnya air pam ya mas?

kalau bisa sih lampu uvb, tapi kalo sekedar buat pencahayaan, lampu biasa gak apa2.... jangan deket2 ya mas, nanti kura2nya mateng... :D

wah saya baru tau dok penjemuran diatas jam 10 pagi itu hanya 5 menit, saya jemur sampai setengah jam *Sudah kelewat batas banget itu mah, hahaa

makasih dok buat informasinya.. ^^

bu dokter saya saya punya punya kura" semi aquatic jenis Ocadia Sinensis sekarang sakit matanya bengkak dan sering bunyi cit" kyak anak burung bagaimana solusi untuk mengobati sakit pada kura" saya

kalau berenang suka miring2?
tebakan saya sih kalau nggak pilek ya pneumonia. ada artikelnya, cara mengobati pneumonia pada kura2.

jaga kestabilan suhu air. dan kalau emang urgent, bawa ke dokter hewan terdekat aja mas./..

Dok mau tanya.. Kura2 saya lesu dan badannya bengkak, lehernya apalagi. Bengkak bgt sampai kepalanya ga bisa masuk ke tempurung. Itu knp ya dok? Trmksh

pisahkan dengan kura2 yang sehat, jaga agar suhu airnya tetap stabil, dan jaga kebersihan airnya.... bagusnya sih langsung bawa ke dokter hewan aja biar biar infeksi bakteri di lehernya bisa dikasih antibiotik, mbak.... :(

emang lagi banyak reptil yang sakit akhir2 ini... maafkan saya baru bisa balas...

Dok saya mau tanya , saya bru beli kura2 RES kcil kira2 1bulan . Udh 4 hari sejak beli gamau makan terus udh dicoba pake cacing beku sm pelet masih ga mau makan juga .. tidur terus , dan yg 1 matanya kalo nutup agak aneh kayak ada selapunya jadi lebih besar daripada mata kura2 yg 1nya lagi. Itu kira2 kenapa ya dok dan harus gimana, saya browsing2 google tp blm nemu2 caranya. Terimakasih dok sblmnya
Note : Tiap hari saya bersihin kandangnya , ganti airnya pake air matang kira2 1,5 dari tinggi badannya , trus sy jemur tiap pagi 10menitan . Kandangnya sy taro di kamar supaya hangat.

Dok saya mau tanya
Kura2 sy gak mau makan udh 3hr tp klo sy lihat dr gejala dia gak pilek krn matanya terbuka..dia ga mau buka mulut justru.. skrg dia susah jalan gemeteran mau jalan mungkin krn dia gak makan ..gmna ya dok biar dia mau makan?

fesesnya gimana? mencret? jenis kura-kuranya apa mbak? :)
kalau fesesnya mencret, kemungkinan dia lagi bermasalah sama sistem cernanya. kemungkinan karena bakteri atau kuman yang masuk ke sistem pencernaannya. kalau fesesnya normal, kemungkinan kurang kalsium. kalau dia gak mau pup atau kayak kesusahan pas pup, bisa jadi dia konstipasi (susah bab akibat salah makan atau ada benda asing yang dia makan)...

This comment has been removed by the author.

dok saya mau nanya itu razorback saya udah ngga makan selama 5 hari itu kenapa ya?
udah coba ganti makanan ttp ngga mau, solusi kalau pilek apa ya dok? sama cara buat ngerangsang nafsu makan nya?

dok saya mau nanya itu razorback saya udah ngga makan selama 5 hari itu kenapa ya?
udah coba ganti makanan ttp ngga mau, solusi kalau pilek apa ya dok? sama cara buat ngerangsang nafsu makan nya?

emang lagi banyak reptil yang sakit, faktor cuaca juga. ukuran kura-kura razorback-nya masih anakan ya mas?

matanya merem nggak? berenangnya miring2?

ada kemungkinan pilek? coba baca artikel saya cara mengobati kura-kura pilek....

yang pasti, suhu airnya dijaga. jangan sampe kedinginan atau terlalu panas atau nggak stabil (naek turun).

iya masih anakan, matanya ngga merem, aktif tapi udah seminggu ngga makan

dok mohon dibantu kura kura saya eve gak mau makan,beberapa hari ini suka tidur,mulutnya juga berlendir tapi hidungnya gak basah kira kira itu flu atau sakit yg lain yaa??

jenis kura2nya apa mas? dia suka mangap2?
tebakan saya sih iya, dia pilek. mending lakukan perawatan di artikel di atas...

kabari lagi ya mas... dan maaf karena baru balas...

sekarang gimana keadaannya mas? maaf baru balas....
kalau emang masih belum mendingan, mending bawa ke dokter hewan terdekat....

saya tunggu kabarnya yaaaa

Dok di daerahku gk da gram ikan.. Trus gmn cra smbhkan kura kura ku dok

Dok mau tanya.. Kura kura saya malas mkn .. Bru umur 4 hrii dok.. Mtanya tertutup trus lemes trus ada bercak putih d bagian kaki sama leher.. !! Saya bca d artikel seperti nya flu.. dan mtanya bengkak.. Yg saya bca pke garam ikan.. Tp d daerah saya tdk ada yg jual.. Cara lain untuk smbhknnya gmn yha dok.. !!! Selain pke garam ikan .. Air sllu saya gntii.. Saya ksii lampu pnghngt jugaa dok

bisa pake garam kasar.
bukan garam halus ya, tapi garam kasar.... bukan yang buatan pabrik, hihihi... :)

oh, itu kena white spot.
coba baca artikel saya cara mengobati white spot pada ikan. secara prinsip sama.

Dok tp di daerahku gk da garam ikan . Bisa kan pke garam kasar. Tapi berapa dosisnya dok

iya, bisa kok pake garam kasar.
takarannya sama... :)

kabari lagi ya mas...

Dr. Fira ada cara lain gak selain di suntik?? Karna kura2 saya masih kecil,, saya gak berani nyuntiknya hidungnya juga kecil banget,, trus kura2 nya juga gak mau makan, maunya tidur mulu

emang di artikel di atas saya bilang di suntik ya mas? saya gak bilang di suntik. coba baca lagi.

Dok sy mau tanya . saya punya 2 kura namanya preman sm kunyu . si preman udah 1bulan sakit ga aktif gerak dan buka mata tetapi masih bisa makan udang dan cacing beku . si preman sesekali buka mata sbntar kmudian nutup lgi dan trkadang dia membuka2 mulutnya sambil bunyi dg mata nutup . sy ga bisa bedakan preman sakit flu atau mata . sy coba obati dg rebusan air sirih dan garam ikan bisa membuka mata dan berenang2 tp kmudian kumat lgi .

Dan si kunyu dia juga sakit tp masih 4hari trkdang dia aktif klo d jemur trkdang nutup lg sprti preman .

Kira2 preman dan kunyu saya sakit apa ya dok dan cara obatinnya gmna ?
Sy daerah kampung jd jauh dri dokter hewan . trima kasih mohon dijawab

jangan disatuin. pisahin.
sayangnya mbak gak ngasih tau jenis kura2nya apa. kalau kura2nya kura-kura air, jaga suhu airnya. jangan kedinginan juga jangan kepanasan.

coba cek lubang hidungnya. kalau diangkat dari air, dia keluar gelembung gitu nggak dari dalam lubangnya.....

tetep kasih makan ya mbak. saya tunggu kabarnya lagi...

Kura sy jenis RES/brazil ,, iya dia ngeluarin gelembung dari hidungnya trus jg mangap2 .
Sakit apa ya kira2 dok , ukuran kura saya 5cm bisa gak ditetes terramycin?

Kalo tetesin terracmycinnya di satu lubang hidung aja apa dua duanya dok ?, saya punya salva flu dia suka merem aja

This comment has been removed by the author.

terramycin cukup ditetesin aja ke lubang hidungnya. udah berapa lama pileknya? dijemur juga gak? jemur 5 menit, setiap pagi, sebelum jam 8 pagi.
kalau udah lebih dari seminggu, saya sarankan sih mending bawa ke dokter hewan aja mas....

dua-duanya boleh. dan jangan banyak2, cukup setetes aja....
jemur juga 5 menit tiap pagi.

Dok kalo fasesnya putih padet itu lenapa yah salva saya juga lagi pilek

dia pilek itu. dia juga mangap2 karena kesusahan bernafas. bisa ditetesin terramycin. cukup setetes aja sehari.
ukuran kura2nya berapa? sementara kurangin aja airnya, sampe kira2 dia nggak tenggelam. setinggi setengah badannya aja. kasih juga daratan dari batu, biar kalo dia kedinginan, dia bisa manjat ke batu itu....

kalau kura2 yang masih anakan emang masih gampang sakit...

Ga nemu terramycinnya dok , adanya gentamicin.. Gpp kah pake gentamicin dok ??

boleh aja sih pake gentamicin.
jangan kebanyakan ya mas.

kabari terus

hmm, biasa dikasih makan apa mas?
kalo gak sering2 sih, aman. bagusnya, warna salva itu gelap, antara kehitaman dan coklat kehitaman.....

Dok kalo siklus makan baby salva itu gimana yah ?, soalnya salva saya hari minggu udah makan cicak satu ekor terus ampe sekarang belum mau makan lagi. Trims

Dok ko salva ane sukanya merem terus yah ? Hidung ga berlendir cuman kadang kadang iya, apa masalah kandangnya dok ?

udah berapa lama begitu?
kayaknya sih sakit itu mas. fesesnya gimana.

kemungkinan sih pilek itu. dan agak susah kalau salvanya masih baby. saran saya, mending bawa ke dokter hewan terdekat.

kedinginan kali? jaga biar dia gak kedinginan.

Hmm gitu yah dok, tapi di tangerang dokter hewan rata" mau ga nanganin reptil ?, soalnya yang saya tahu banyakan nanganin kucing sama anjing

coba gabung ke grup pecinta salva/reptil daerah tangerang? kalo di depok sih saya tahu, nama grupnya derics. tanya aja ke sana, dokter hewan yang biasa nanganin salva dimana..

atau mas juga bisa pake terramycin, cuma karena ini salvanya masih bayi, jadi kudu hati2. makanya saya gak menyarankan mas handle sendiri. boleh coba pake terramycin, tapi do at your own risk...

This comment has been removed by the author.

Dok, kura-kura saya jenis RES, 3cm. Sepertinya sakit flu, matanya merem terus dan hanya terbuka saat di jemur, tempurungnya juga jadi lunak

Jadi saya cari terramycin, tapi yang saya temukan bentuknya salep untuk obat mata, benarkah yang seperti ini?

Terimakasih

Dok?sulki saya kena pilek...tp udah mengeras ingusnya...cara ngilangin pileknya gmn ya?apa cuma terramycin aja?

Dok?sulki saya kena pilek...tp udah mengeras ingusnya...cara ngilangin pileknya gmn ya?apa cuma terramycin aja?

separah apa mas pileknya?
kalau emang belum terlalu parah, bisa pake terramycin. tapi kalau udah parah banget (sampe bikin sulcatanya hilang nafsu makan) saya sarankan bawa ke dokter hewan aja langsung, mas...

maaf karena baru balas... kabari lagi....

soal tempurungnya lunak, itu karena dia kurang kalsium. kayaknya sih penyakit sulvatanya mbak gak cuma pilek, kurang kalsium juga. ... terramycin itu kayak obat suntik... agak susah sih jelasinnya, tapi coba cari aja di kaskus...

sebelumnya maaf karena baru balas... sekarang gimana keadaan sulcatanya mbak?

Pagi dok. Mau tanya, kura-kura saya beberapa hari yang lalu saya lepas di taman. Rupanya karena terlalu aktifnya dia jalan-jalan, dia diserang oleh kawanan semut merah ;,( .... Setelah saya selamatkan dan kembalikan dia ke kandang, matanya menutup dan tidak aktif lagi seperti biasanya.

Besoknya matanya udh mulai membuka, tapi sering nutup lagi,dan tetep tidak aktif kyk biasany, walau masih gerak manjat". Apakah terramycn bisa digunakan supaya dia aktif lagi??
Makasih

sering2 dilap aja mas badan kura2nya. pake kain kasa yang dibasahi air hangat aja. pas bagian mata, cukup ditotol2 aja. saya kira dia masih merasa perih karena sengatan semut, tapi gak apa2.... dilap 2x sehari, pagi dan sore.

lalu observasi selama seminggu. gak usah dikasih terramycin gak apa2... :)

Dok maaf ganggu malem malem, ssaya baru ada salva dia ada luka bekas gigitan jangkrik (kata ownernya) sama bekas lecet nyundul kandang terus di deket mulutnya juga ada bekas luka. Itu obatinnya gimana yah ?, luka udah pada kering. Apa yang harus dilakuin oleh saya dok, trima kasih

kalau lukanya udah kering, biarin aja. nanti akan sembuh sendiri. :)

cukup jaga kebersihan kandang dan salvanya. kalau lukanya masih berdarah, bisa kasih betadine. itu juga kalau masih berdarah. kalau udah kering ya diemin aja... :)

kabari terus

Tapi kalo saya rendem sambil jemur gapapa kan?, apa jangan dulu dok ?. Soalnya takut dehidrasi kalo kering

jemurnya jangan kelamaan, mas. cukup 10 sampe 15 menit aja, mulai jam 8 pagi aja kalo cerah. :)

Kandang kasih wadah air aja yah dok buat dia minum atau berendem, gapapa kan ?, apa ga usah takut lukanya basah lagi nantik

kira2 kalau dikasih air, lukanya bisa tambah parah? bisa basah lagi? emang lukanya kayak ada korengnya gitu, mas? kalau emang kira2 lukanya bisa basah lagi kalau kena air (ada korengnya), mending jangan dikasih air aja dlu... :)

Selamat Siang dokter,

saya punya kura" masih kecil.
dan sekarang dy suka menguap" gt dan ujung"nya bersin.
tidak ada lendir.
tapi skrng dy suka nya berjemur dan berdiam diri d atas batu.
tidak mau makan. Berenang di air juga agak miring gtu.


kira" kenapa ya dok?
itu gejala biasa atau memang kena flu?

mohon masukannya

terima kasih

coba mas baca artikel saya, cara mengobati pneumonia pada kura-kura... :)

Dok, saya mau tanya.

1. Saya punya 2 kura2 brazil umur skitar 5 bulan.
Sebulan lalu yang betina ada bintik putih d tempurungnya. Air akuarium sudah rajin saya ganti setiap hari dan saya beri garam ikan. Selain itu juga saya olesin tempurungnya dengan Acriflavine. Lampu buatan UVB pun ada kalau cuaca ga mendukung buat njemur mereka. Kok masih ada terus ya dok bintiknya?

2. Lebih khawatirnya akhir2 ini udah 2 minggu ga nafsu makan dua duanya dok. Biasanya saya kasi sayur sama pelet kura2. Tiap hari ganti2 jenis makanan. Mnggu lalu saya beri udang mentah, nah kyknya abis itu smakin brkurang nafsu makannya sampai sekarang tidak nafsu sama sekali. Mau kasi udang lagi takut nanti pyramiding.

Mohon pencerahannya Dokter.
Terima Kasih

1. kura-kuranya masih disatukan ya? betul? kalau masih disatukan, ya emang kecil kemungkinan sembuh. coba dipisahkan, dan lakukan treatment yang sudah mas lakukan di setiap akuarium karantinanya...

2. berenangnya gimana? masih lurus? suhu airnya terjaga gak? matanya sering merem? terlalu banyak sih kemungkinannya... bisa jadi juga karena pilek...
yang pasti, langkah pertamanya adalah jangan disatuin. itu aja dulu. lalu lakukan treatment yang mas udah lakukan.

oh ya, jangan dijemur dulu mas. cukup pastikan aja temperature airnya stabil.

Selamat malam dok. Kura-kura brazil saya tatan dan titin. Si tatan makannya rakus dan aktif, sedang si titin malas gerak, sering merem, gak nafsu makan. Malam ini saya kasih lampu di aquarium biar anget, tapi titin malah julurin kepalanya ke batu kaya orang lemes. Gimana dok solusinya? Thx

dok...kura2 yang sakit flu apakah tidak boleh berenang/terkena air?
kemudian bagaimana mengecek nafsu makannya sudah kembali?

pisahin yang sakit ke akuarium sendiri, jangan disatuin.
terus jaga suhu airnya agar tetap stabil, gak dingin, juga gak terlalu panas....

tatan dan titin masih anakan ya? bener?

boleh berenang, tapi airnya sebaiknya dijaga agar tetap stabil suhunya.
atau kalau mau, kasih basking stop (daratan) di akuariumnya, biar kalau dia kedinginan, dia bisa manjat ke situ...

Bener dok masih anakan. Apakah itu gejala flu ya dok?Baik dok akan saya pisahkan. Terus mata tatan dan titin seperti kotor ada seperti lendir.apa itu dok?

iya dok. malah maunya di basking area terus. makin lemes malam ini. ga gerak sama sekali dok

seberapa lama diperbolehkan kura RES tidak kena air sama sekali?

cuaca emang lagi gak bagus buat kura2, selain jaga suhu air, jaga juga kebersihan airnya. dan jangan lupa kasih makan kura2nya secara rutin.
soal lendir dimatanya, coba mbak kasih garam ikan di airnya. dikit aja, jangan sampe merubah rasa airnya jadi asin.... beli garam ikan di toko beras, eh salah, di toko ikan hias...

ya gak apa2, biarin aja di basking spot.
sekarang gimana keadaannya mas? cuaca makin gak bagus, jadi jangan sampe kedinginan kura2nya...

ya dok. 2 hari ini saya kasi teramicyn tapi masih blm mau makan. kira2 suhu yang pas untuk kura berapa derajat dok?

suhu ruangan aja, antara 24 sampe 27 derajat celcius... :)

mendingan nggak kura2nya..? :)

kalau suhu segitu insyaallah terjaga dok. masih belum membaik, tapi semlamam saya paksa makan dengan memberikan pelet yang dihancurkan.

This comment has been removed by the author.

coba mas minumkan air rebusan daun sirih. 2x sehari.
emang lagi banyak kasus kura2 sakit sekarang ini... :(

baik dok. besok saya cari. iya lagi musim sakit

Dok maaf mau tanya lagi.. kura2 saya (RES +- 2 bulan) kena pilek, udah saya kasih terramicyn sehari 1x (1-2 tetes) sudah 3 hari diberi terramicyn tapi belum mendingan juga dok.. malah klau ambil nafas dia kepalanya jadi tinggi banget .. harus dibagaimanakan ya dok?
dia masih mau makan dan masih ada fesesnya juga, ga ngambang jugaa..

jaga agar kura-kuranya jangan sampe kedinginan. taro aja di daratan sementara, jangan dikasih air.
dan kura-kura umur segitu emang masih gampang banget sakit, apalagi cuaca lagi kayak sekarang....

mas boleh lanjut terus kasih terramycin.

dan pagi sore mas bisa kasih air rebusan daun sirih... caranya mas bisa baca di artikel saya obat alami untuk kura-kura

sudah seminngu saya beri teramicyn tapi gejala flu masih terlihat. tiap sore saya mandikan air daun sirih tapi mata masi merem terus. dia coba buka mata dengan tangan tapi tidak bisa. suhu air dan ruangan terjaga dok antara 26-28'C

Maaf dok, baru saya baca jawaban dokter. Ternyata masuk spam email.

Dok, mengenai RES saya sudah kembali nafsu makannya.
Lincah juga. Yang jantan sempet ilang 2x tapi ketemu.

Nah ini yang betina masih ada jamurnya dok (yang jantan ga ketularan). Lebih lagi kayaknya tempurung dua - duanya jadi lembek (wktu d bersihin tmpurungnya kyknya agk lmbek gt wkt saya tahan biar ga lepas d tangan).
Feces normal dok.
Selama ini juga masih jadi satu sih. Apa harus dipisah dulu ya dok?

Acryflavine bagusnya di olesin d tempurung langsung atau d campur di air dok?

sebelumnya maaf karena baru balas.
iya, dipisah dulu aja. jangan disatuin. soal tempurungnya jadi lembek, coba kasih asupan kalsium dari bubuk tulang sotong.
caranya baca di artikel obat alami untuk kura-kura.
khusus buat kura-kura brazil, larutkan aja satu sendok makan bubuk tulang sotong dengan 2 sendok makan air mineral, aduk, terus minumkan. lakukan seminggu 2x.
cuaca udah mulai bagus. kalo sabtu minggu cerah, mas bisa jemur selama 5 menit dibawah sinar matahari pagi... :)

Dok kalo ngasih garam ikan seberapa banyak?

This comment has been removed by the author.

mas bisa baca artikel saya, penyakit pada kura-kura. dosis garam ikan ada di situ.

oh ya, silakan baca juga artikel saya: obat alami untuk kura-kura sakit. :)

Dok, saya sudah mengikuti saran dokter.. saya kasih terramycin setiap hari sejak tgl 18 Feb 2017 sampe hari ini, lalu kasih air rebusan daun sirih, dan saya dry dock (sy kasih air kalau mau makan saja atau pas mau dijemut sedikit sekali). Kura2 saya brazil +- 2 bulan, selama sakit dia masih mau makan, makin kesini nafsu makannya semakin besar dan semakin aktif dibanding waktu awal2, juga feses masih ada warna hitam kecoklatan. Tapi kenapa ya setiap masuk air dia (masih) terus mangap2... dan matanya ga mau buka2.. apa lagi yang harus saya lakukan ya dok? apa itu gapapaa? apa ada batas pemberian terramycin? terima kasih dok, maaf terlalu panjang krna sy bngung harus tanya siapa lagi..

sebelumnya maaf karena baru balas.
saya baru pulang dari aussy, vietnam, dan china.

sekarang gimana keadaannya?
kalau nafsu makannya udah naek, gak apa2. lanjutkan aja perawatannya. untuk airnya udah dipastikan gak dingin? bisa tambai garam ikan juga di airnya. dosisnya: sekira tidak merubah rasa air. jangan sampe rasa airnya jadi asin.

kalau dari fesesnya, udah ada perbaikan. lanjutkan. dan kabari terus ya mbak

Dok kura-kura saya dua terus duaduanya pilek yg satu cuma pilek yg satunya pilek mata bengkak sama jamuran terus habis dikasih terramicyn satu biasa saja(melakukan kegiatan sehari harinya) yg sakinya ada tiga kok malah mati ya? Dok

mas udah pisahkan, kan, kura-kuranya? jangan disatuin.
mending pisahkan satu2.
lalu kasih terramicyn. dan kasih daratan di akuariumnya biar dia bisa naek ke situ. airnya juga jangan terlalu tinggi..

mas bisa baca juga artikel saya obat alami untuk kura-kura

Yg biasa saja udah mau sembuh tinggal taruh saja diluar dia akan lari2 sambil saya kejar dia cepat sekali larinya saking cepat nya yg kejar sampe Capek �� kalo ada tanjakan dia manjat kalo kepanasan dia cari tempat teduh sendiri kebetulan ada keramik bekas yg tersandar di tanjakan di bawahnya ada ruang teduh terus si kura2 masuk ke tempat teduh itu pintarkan kura2nya ��

Saya udah baca tentang obat alami untuk kura kura dok dipisah sih enggak dikasih daratan udah air juga nggak lebih 10cm

hehehehe. dia udah kenal sama masnya ya? :D
iya kasih aja salahsatu obat yang saya tulis di artikel obat alami kura-kura..

Gapapa dok..

Iya saya ttp lakuin rutin terramycin, jemur, dry dock dok..

Setiap hari sih dia makin aktif jd gak diem2 amat, nafsu makan juga kyknya udh meningkat walaupun harus agak kayak disuapin (soalnya dia merem dan penciumannya terganggu jd kyk suka nyasar gitu kalo mau makan)

Tapii dia masih mangap untuk ambil nafas dok.. dan sy liat sptnya hidungnya mampet krna ingus (baik yg msh didalem ataupun yg udh agak mengering didpan lubang hidungnya) , nah kira2 cara supaya ingusnya ilang gimana ya dok?

Nb : res +- skg udh 3 bulan, makan masih ok, feses juga oke bahkan di waktu di dry dock dia pup juga .. ditunggu jawabannya ya dok hehe apa ada alat ubtuk sedot ingusnya atau harus dibagaimanakan šŸ˜

agak mendingan. :)
coba jemur, tapi jangan lama2. cukup 5 menit aja. pagi2 jemurnya.
oh ya, udah dikasih obat yang saya tulis di artikel obat alami untuk kura-kura?
kabari terus.

Dok saya mau tanya kalo cara mengobati jamur kura2 selain dengan garam ikan ada nggak yang lebih sederhana? Tolong penjelasannya ya

hmm, saya ada sih cara lain, tapi juga gak tau bisa atau nggak. tapi mas bisa coba.

alat yang harus disiapkan: sikat gigi anak-anak yang bulunya halus. bisa juga pake kuas kecil.
2 gelas air hangat. gelas pertama, mas campur garam ikan satu sendok teh. gelas satunya lagi kasih betadine 5 tetes. aduk sampe garam ikan dan betadine terlarut.

oles larutan air hangat + garam ikan di bagian tubuh kura-kuranya. sampe semua bagian tubuh kura-kura kena larutan garam. diamkan di daratan (jangan dimasukkan ke air) sampe kering. terus abis itu oleskan larutan air hangat + betadine di bagian kulit yang kena jamur.... diamkan lagi sampe kering...

lakukan selama seminggu... :)

dok saya mau tanya kan kura brazil saya masih kecil sekitar 3cm ada 2 sedanng pilek saya berikan heater supaya hangat airnya tapi kura-kura A ini lemes total kaya sudah mati tapi aslinya masih hidup masih suka membuka mulut seperti menguap,tapi kura-kura yang B seperti biasa saja yah walaupun belum sembuh, yang saya tanyakan itu kura-kura A nya kenapa ya sekarat kah? kepanasan kah? atau apa? saya bingung dok mohon pencerahannya

mas udah baca artikel di atas?
coba baca dulu.
cek juga artikel saya obat alami untuk kura-kura...

Dok kenapa ya sampai sekarang dia masih belum sembuh juga? Dia masih mangap2 terus karena kesulitan bernafas lewat hidung, sptnya hidungnya tersumbat ingus gitu dok.. trus matanya ga kebuka2 sejak 3 mingguan yang lalu.. apa itu gapapa dok? atau lebih baik saya coba pakai salep mata gentamicyn ya? sy takutnyamata dia jadi kenapa2 kalau ga ngebuka2..
awalnya saya ragu apa dia sakitnya jadi pneumonia karena suka agak ngambang kalo ditaruh di air (jadi kaki belakangnya ngangkat) tapii sptnya sih engga krna dia masih bisa meratakan badannya dgn permukaan kandang (isi air) jadi ga ngambang lagi..
Lalu nafsu makannya jadi agak kurang, skg kira2 2 hari 1x makannya.. fesesnya juga ada kalo hanya dia makan, kalo engga gak ada..
aku masih lanjutin pengobatan pake terramycin dan jemur dan dry dock + garam ikan dok.. kura2ny res baby 3 bulan

mbak bisa kasih air seduhan daun sirih juga. kalau bisa, airnya dikurangi aja. dikit aja airnya, sekira dia masih bisa berdiri sendiri di kakinya...

usahakan tetep makan ya mbak. dikit2 nggak apa2. yang penting masih mau makan.

selebihnya, udah bagus. tinggal tunggu waktu aja. :D

Permisi dokter mau tanya, kura" saya salah satu lubang hidungnya tertutup, itu kenapa ya dok? Trus Gamau makan juga, penanganannya bagaimana ya dok? Setiap hari sudah saya jemur juga. Makasih dok atas responnya

sayangnya mas gak bilang jenis kura-kuranya apa.
kalau jenis kura-kuranya kura-kura air, mending pastikan suhu airnya stabil. jangan sampe kedinginan.

terus airnya dikurangi aja. kalau jenis kura-kuranya adalah kura-kura brazil, mas bisa kurangi airnya sampe airnya setinggi leher kura-kuranya.

dan coba mas kasih air seduhan daun sirih ke dia. info lengkap baca artikel saya OBAT ALAMI UNTUK KURA-KURA

Kura kura saya jenisnya RES/brazil dok, perlu engga dok hidung tersumbatnya di hisap pake alat hisap untuk bayi? Saya engga pake heater dok jdi pas malam lebih baik engga dikasi air atau gimana ya dok?

mending biarin aja airnya, jangan dikuras, tapi kasih daratan, biar kalo dia sekiranya kedinginan, dia bisa naik ke situ.
boleh aja sih hidungnya di sedot pake sedotan ingus untuk bayi, tapi pelan2 aja yas.

udah dikasih obat yang saya tulis di artikel obat alami?

Sudah saya kasi air rebusan daun sirih dok tdi sore, setiap pagi dan sore kan dok? Mau nanya lagi dok itu air rebusan sirihnya sebanyak apa ya dok? Trus apakah musti hangat? Makasih sebelumnya dok šŸ–’ hahaha

This comment has been removed by the author.

diminumkan ke dia. :)
nggak hangat nggak apa-apa.

air rebusannya ganti tiap hari. jadi sehari ganti, sehari ganti.

Ohh begitu dok, diminumkan mksdnya gimana ya dok? Direndam kan ya? Sebanyak apa ya dok saya kasih air sirihnya? Cara siasati kasih makannya gimana ya dok? Abisnya setelah salah satu hidungnya tersumbat, kura" saya jdi engga makan gitu

Ya diminumkan ke kura-kuranya. Jangan direndem. Kura-kuranya angkat dari air, terus air daun sirihnya diminumkan ke mulut kura-kuranya. Bisa pake bantuan pipet atau sedotan

ohh oke dok saya akan coba dlu, makasih ya dok atas sarannya :D sukses selalu dok

dokkk tdi saya coba kasi minum rebusan daun sirihnya, masalahnya bagaimana cara membuat kura" buka mulut ya? help dok

Mengelurkan lendirnya ada cara lain engga dok selain dihisap dengan alat hisap lendir untuk bayi? Atau nanti akan hilang sendiri?

bisa dihisap dengan hisap lendir untuk bayi, tapi pelan2 aja. atau pake pipet aja mas. tekan karet pipetnya,taruh ujung pipet di depan hidungnya, terus lepaskan pelan2 karet pipetnya....

ditetesin aja ke mulutnya, nggak bisa? bisa juga sih pake jari, tapi kudu hati2 banget buka mulut kura-kuranya....

oke dok akan saya coba, makasih infonya dok

dok, saya punya kura kura hidung babi.. sepertinya usianya emang masih kecil banget, pas dateng ke rumah saya di matanya ada kyk selaput putih gitu dok, tapi hanya menutupi 1/5 dari matanya dok, saya pikir itu selaput mgkn abis netas ato gimana gitu, eh saya diemin seminggu selaputnya menutupi seluruh matanya yang kiri dok.. :( menurut dari source yang saya liat liat di google, coba kasih gentamicin ke lapisannya tsb dok.. saya mau bawa ke dokter tapi bingung di daerah sini rata2 dokter anjing/kucing aja dok. ini penanganannya gimana ya dok? saya harus beli garam ikan itu kah? dan naikin suhu aquariumnya? saya baru kasih gentamicin ini 2x sih dok.. keadaan aquarium pun saya kuras biar salep itu gak mengkontaminasi air.. apa tindakan saya benar dok? terimakasih banyak..

iya, kasih garam ikan di airnya.
dan sebaiknya, airnya jangan sering2 diganti biar suhu airnya stabil.
dia masih mau makan?
gentamicin bisa terus dikasih. dikit2 aja.

kalo anakan labi-labi emang masih rentan banget, mbak..... :(

masih sih dok makan mau, dan gerak nya cukup lincah juga.. saya takut mati dok, apa ini bagian flu juga dok? saya bingung karna ini kan kura kura akuatik saya ga bisa bedain flu atau tidaknya..

saya ganti pagi dan malam aja sih dok, kan memang harus di ganti pagi malam karna emang harus di kasih gentamicin kan

sesekali bisa angkat dari air. biasanya kalo pilek, bakalan keluar gelembung gitu dari lubang hidungnya....

mending ganti air pagi hari aja, mbak... airnya dikit aja, dan usahakan tetep makan...

kabari terus

Halo dok kura" saya jenisnya RES, matanya 1 ketutup satunya lagi kebuka itu tanda" flu atau apa ya dok? Cara menanggulanginya bagaimana dok? Makasih s3belumnya

This comment has been removed by the author.

Dok, saya punya kura" udah besar, dia kemarin pilek. Ini tadi waktu saya masukkan ke air, kelapanya menjulur" sambil mangap" dan ternyata keluar putih" dari mulutnya. Kayak gini https://postimg.org/image/kx41aq0xt/ itu apa ya dok? Dan penyebabnya apa? Bahaya tidak? Terima kasih sembelumnya.

sebelumnya maaf karena komentar mbak yng ini kelewat...

sekarang gimana keadaan kura-kuranya?

sekali lagi maaf karena komentar mbak kelewat... kabari lagi...

kalau diangkat dari air, keluar gelembung dari lubang hidungnya nggak? :)
dia masih mau makan?
kalau nggak keluar gelembung dan dia mau makan, saya kira bukan pilek. soal matanya, mungkin mas bisa jaga suhu airnya dengan mengurangi airnya. batas ketinggian air cukup sampe batas atas kura-kuranya... dan jaga agar suhu airnya tetap stabil.... :)

kabari lagi

dia kayaknya salah makan itu mas.
mirip tisu yang kemakan...

dia masih mau makan, nggak?

mas bisa baca artikel saya OBAT ALAMI UNTUK KURA-KURA, di sana ada resep tentang air jahe untuk kura-kura, minumkan ke kura-kuranya. silakan dipraktekkan.

jaga suhu airnya.... dan kabari lagi...

Dok,kura2 RES saya udah 3 hari ini pilek,kayaknya karena kedinginan,udah aku jemur tiap pagi.aku udah coba cari obat terramicyn di apotek2 tapi nggak ada,,sekarang malah dia lemes bgt,tidur terus,makan nggak mau,dan tadi aku taroh di air anget dan dia pup,pup nya warna hijau setelah 4 hari dia nggak pup,,gimana ya dok?Aku Ampe bingung

kura-kuranya masih anakan?
jangan dijemur dulu. taruh di dalam ruangan, terus airnya jangan tinggi2. cukup sebatas kepalanya aja, sekira kepalanya masih bisa nyembul ke atas...

terus silakan baca artikel saya OBAT ALAMI UNTUK KURA-KURA, di sana ada resep bikin air jahe untuk kura2. baca dan praktekkan, jangan sampe salah. minumkan air jahenya sehari 2x, pagi dan sore....

Oh gitu ya dok,usia 6 bulan.an sok.. iya dok tadi pagi sudah saya coba praktekkan air jahe nya,cuma buka mulut kura2 nya susah dok,terus kulit dibawah mulut sama sekitar mata agak ngelupas gitu dok,gimana ya cara buat kura2ku mau buka mulut?

pake sedotan aja, sedotan akua yang kecil. jadi diselipkan ke paruh kura-kuranya, lalu air jahe yang ditahan pake jari di dalam sedotannya lepasin, biar air jahenya ngalir ke dalam mulut kura-kuranya... :)

Udah aku coba dok,susah bgt dia buka mulutnya,,trus dia skrg suka bgt di daratan,suka jalan-jalan nyari tempat gelap+anget terus tidur,tidur terus kerjaannya sok,susah makan juga,,gimana dok?

oh, gak apa2 di daratan.
usahakan diminumkan air jahenya, mbak...

kalau agak dipaksa, gimana? tapi pelan2 aja.... tetesin aja dulu di mulutnya...

Kalo dipaksa aku suka takut kalo dia kesakitan ato gak nyaman dok,coba nanti saya coba teteskan air jahe nya dok,makasih banyak ya dok semoga sukses trus

Maaf dok tanya lagi,kura2ku trakhir pup 3hari yg lalu warna pup nya ijo, sebelumnya dia juga gak pup selama 4 hari.an,kira2 bahaya gak dok?

iya, kemungkinan sistem pencernaannya terganggu. berarti emang bener perkiraan saya. :)

kasih air jahenya ya mbak... :)

dok, ini aku yang kmrn punya kura kura idung babi, yg matanya ketetup satu.. dia nafsu makan dari kemarin oke aja dok. dan ga ada sign kalo pilek.. cuma matanya ketutup satu terus satu, aku kasih gentamicyn ga ada efek, dah ku taro juga daun sirih sbg antibiotic.. udah sebulan ini, tapi napsu makan normal sih dok.. kira2 bisa bawa ke dokter mana ya.. mau menangani kura kura, saya di jakarta..

kalau mbak di jakarta, bawa ke puskeswan di daerah ragunan aja mbak... :)

bisa kirim foto matanya kemari?

mbak yakin kualitas airnya bagus?

Hai dokter cantik,makasih ya tips buat kura2 pilek,aku udah kasih air jahe dan skrg kura2 ku udah doyan makan,rakus bgt,udah aktif lagi,,tapi masih pilek dok di hidung nya masih ada ingus..Oh iya dok aku mau nanya,skarang kura2 ku kok kulit nya pada ngelupas ya,dibagikan leher,kaki,trus kuku nya pada copotšŸ˜­bahaya nggak ya dok?

cek kualitas airnya, mbak... :)

usahakan jangan pake air pam atau air mengandung kaporit. bagusnya pake air tanah murni.

seberapa parah?

kalo emang udah parah banget, mending bawa ke dokter hewan aja.

cuaca emang lagi gak bagus buat reptil dan hewan lain. terutama reptil sih...

Aku selalu pakai air matang dok,,lumayan parah sih dok,di leher sama kaki doang yg ngelupas,aku kira ganti kulit dok.trus kuku nya juga yg di kaki belakang kanan habis,yg depan udah copot 2,soalnya dia hobi ngorek2 batu gitu dok..Kuku nya bisa tumbuh lg nggak ya dok

Ngelupas nya kaya kulit kita kalo lagi ganti kulit gitu lho dok

kalau emang suka garuk2 batunya, mending ganti aja batunya pake batu yang permukaannya lebih alus...

kalo kukunya, nanti juga tumbuh lagi....

soal kulitnya yang mengelupas, coba untuk sementara kurangi dulu airnya. biar dia lebih banyak di darat.

airnya sebatas tempurungnya aja.

mbak bisa beli obat biru buat ikan, beli aja di toko ikan hias. kasih ke airnya. jangan terlalu biru, cukup kalo airnya udah berubah warna aja... :)

maaf karena baru balas ya mbak. maaaaf banget. kabari lagi.

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 247   Newer›   Newest»


Silakan upload gambar.