Cara Mengobati Pilek Pada Ular | Drh. Fira Sovica

Cara mengobati ular yang pilek bisa anda lakukan sendiri selama kondisi

pilek pada ular

belum terlalu parah. Ular yang pilek biasanya ditandai dengan lubang hidung ular yang terlihat basah dan terlihat gelembung yang kerap muncul dari lubang hidung ular, seperti halnya ingus pada manusia yang sedang pilek. Penyebab pilek pada ular biasanya dikarenakan kondisi kandang yang terlalu dingin dan perubahan cuaca. Selain pilek, ular juga menderita kulit kering. Anda bisa membaca mengenai cara mengatasi kulit ular yang kering.
Cara Mengobati Pilek Pada Ular
Image taken from exoticpets.about.com

Cara mengobati ular yang menderita pilek adalah sebagai berikut:
  • Untuk mencegah penularan pilek antar ular, jauhkan ular yang pilek dengan ular lain.
  • Jemur ular yang pilek di bawah sinar matahari dibawah jam 10 siang selama 5 hingga 10 menit selama satu minggu penuh.
  • Naikkan temperatur atau suhu kandang ular ke batas maksimum kenormalan suhu kandang ular menurut jenisnya sendiri.
  • Jika setelah seminggu pilek pada ular belum juga sembuh, maka sebaiknya segera bawa ular yang pilek ke dokter hewan terdekat.
Demikian adalah

cara mengobati ular yang menderita pilek

dan semoga artikel mengobati ular yang pilek itu bisa membantu anda dalam menyembuhkan pilek pada ular. Saran, komentar, dan kritik bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih banyak. (FS)

54 Responses to "Cara Mengobati Pilek Pada Ular"

  1. dok, Iguana saya pilek, klw gk ada wkt jemur kurang dr jam 10 ada lg wkt yg bagus buat ngejemurnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, agak susah sih. soalnya gak ada lagi waktunya. emang mas sabtu minggu masih kerja/kuliah/sekolah? kenapa gak sabtu minggu aja? :)

      atau coba mas beli lampu UVB khusus reptil. pasang di kandangnya. tapi jangan dekat2 ya pasang lampu uvb-nya... jangan sampe iguananya kepanasan...

      kalau emang susah beli lampu uvb, mau gak mau harus jemur, mas... :)

      Delete
  2. mba ularku chondro pilek tp lendirnya didalam mulut, suka bersin juga ... kalo pake obat boleh ga? kaya teramicyn cair

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa.... kasih terramicyn cair...
      sering2 jemur dan jaga suhu kandang... :)

      Delete
    2. Teramicyn cair dosisnya gimana dokter ?

      Delete
    3. cukup setetes atau dua tetes saja...

      Delete
  3. assalamualaikum dok ular molab saya flu 2 ekor yang satu udah agak mendingan udah gak mengeluarkan dahak cuman masih agak kesumbat kayanya klo bernafass nah yang satu lagi belum sembuh masih pilek tapi udah tidak mengeluarkan dahak lagi setelah saya mengikuti saran dokter di jemur soalnya udah 1 mingguan, klo boleh tau boleh kasi obat gak dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas bisa kasih obatnya? kalau bisa, kasih aja. pakai terramicyn. :)

      jemur terus ya mas. dan kabari saya lagi. pola makannya dijaga..

      Delete
    2. gak bisa bu dok, kira2 dosisnya gimana bu dok ? dia gak mau makan dok kemarin tuh abis kawin tapi malah kena flu dua2nya, maaf

      Delete
  4. Hallo dok molu saya pilek dan rubbing, kadang mulutnya agak mangap tapi ga pernah bersin sama sekali...
    Obat nya pake apa yaa dok untuk pilek nya?
    Kalo pake terramycin ada takarannya ga dok ?
    Kalo rubbing dan sariawannya , info dr temen saya katanya pake chlorampenicol..
    Untuk rutin jemur slama seminggu saya ga bisa dok, itu jg setiap sabtu sama minggu saya jemur dibawah jam 10 dok,
    Kadang saya rendam pake air hangat slama 20 menit ( info dr temen saya jg dok )
    Mohon jawabannya yaa dok
    Makasih
    Wassalamualaikum

    ReplyDelete
  5. Pagi bu dok, ular retic saya klo mau di kasih obat terramicyn dosis nya brapa tetes ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung ukuran ularnya, mas. namun biasanya sih saya kasih satu atau dua tetes untuk ular berukuran sedang, atau 3 hingga 4 tetes untuk ular berukuran jumbo... :)

      maaf baru balas, saya sibuk sekali kemarin2 ini... :)

      Delete
  6. dok mau tanya,selain ditetes,,ada cara lain ga mengobati pilek pake terramycin

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ada, mas.
      mang kenapa emang kalo ditetes? :)

      kalau emang ragu2 buat ngobatin sendiri, mending bawa ke dokter hewan aja sih mas. malah bagusan gitu...

      Delete
  7. dok mau tanya,selain ditetes,,ada cara lain ga mengobati pilek pake terramycin

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau nanya lagi dok,,klo reptil bisa terkena penyakit scabies ga

      Delete
    2. scabies cuma buat hewan berdarah panas, hewan darah dingin (reptil) setau saya nggak bisa kena scabies...

      Delete
    3. iya dok makannya saya jg ga ngerti,,iguana saya kulitnya seperti scabies,,beda dengan jamur,klo jamur saya tau

      Delete
    4. coba kirimin saya gambarnya, mas. :)
      ganti aja foto profile mas pake foto itu...

      Delete
  8. Dok dipong saya nafasnya bersuara, tapi idunng atau mulutnya gak ada lendir itu kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. makannya gimana mas? masih mau?
      kandangnya bersih gak?
      saya sih khawatir paru2nya kena. mas merokok? pernah merokok deket ularnya gak?

      Delete
  9. Ular Ball python saya pilek, sudah 2 minggu blm sembuh, udah saya rendam pakai rebusan air daun sirih dan dijemur.
    Kalau mau beli terramycin dimana ya?
    Apa di dokter hewan ada yang jual?
    Makasih 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. terramycin ada yang jual di kaskus, mas.
      emang separah apa? umur ularnya berapa?
      kalau udah parah, kenapa gak dibawa ke dokter hewan terdekat aja mas? :)

      Delete
  10. Dok terramycin sebaiknya diberikan berapa hari sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. terramicyn buat ular yang pilek sekali sehari aja mas... :)

      Delete
  11. Dok, kalau molu habis makan, beberapa hari kemudian muntah2, tapi yg keluar kyk lendir, trus napasx jg mendengkur kyk pile dan tiba2 loyo. Itu kenapa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo habis makan langsung mas pegang2 ya? gak didiemin dulu di kandang?
      soalnya ular kalo abis makan langsung diajak main (berinteraksi) biasanya langsung gitu, muntah2 dll...

      kemungkinan lain, bisa juga karena pilek... coba cek lubang hidungnya, keliatan basah nggak?

      kalau iya, silakan baca artikel di atas...

      Delete
  12. Dok ular retic saya masih baby, alternatif kandang yg baik gmn ya? Selain di gek atau aquarium..tapi biar ular saya juga nyaman..

    ReplyDelete
  13. Cara penggunaan teramicyn itu d tetes ke mulutnya langsung atau d campur k minumanya ? Thanks

    ReplyDelete
  14. Dok sya punya dipong jumbo mulut ny berliur terus knp ya dok pdhal slma 6th blm pernah gtt
    apa ketularan yg baby pilek sma berliur jga dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi, mas. emang gak dipisahin sama yang sakit?
      mending segera bawa ke dokter hewan, mas...

      maaf karena baru balas.

      Delete
    2. Bu dok untuk penjualan terramychin di apotik gaada ya?

      Delete
    3. ada yang jual, mas.
      cari aja di kaskus

      Delete
  15. permisi bu dokter, akhir akhir ini sy sibuk kuliah jd tidak sempat jemur,ular ular sy rentan pilek, sebaiknya menggunakan lampu uv b atau lampu basking? untuk mengganti sinar mataharinya, dan ular sy tipe nokturnal semua .kondisi kalo malam pakai ac suhu 24° C

    ReplyDelete
  16. Permisi bu dokter , ular saya molurus python pilek sudah dua minggu dan selama itu saya rajin menjemurnya 13-15 menit.. Namun belum juga sembuh.. Soal makan , masih mau makan kok.. Apalagi yg saya harus lakukan ya dok ? Terimakasih buk dokter..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kandangnya, jangan sampe dingin.
      kasih lampu UVB bagus.

      sebenernya sih saya lebih menyarankan bawa ke dokter aja sih mas....

      Delete
  17. Assalamualaikum dokter.. Ini ular saya molurus flu susah nafas gitu dok.. Kalo diberikan teramycin bisa ga dok ? Tadi mau saya kasih cuman ragu karena teramycin buat bakteri dan bukan virus.. Gimana ya dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang banyak sih yang menyarankan diteteskan terramycin, meski, iya mas... mending bawa ke dokter hewan aja kalo ragu2....

      kalo dibilang apakah saya menyarankan kasih terramycin atau nggak, mas bisa coba... :)

      Delete
  18. Dok ular molu sy pilek dan mogok makan kalo di kasi makan hanya d bunuh lalu ditinggal.
    Gimana ya dok cara mengatasinya.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah berapa lama?
      cuaca emang lagi gak bagus buat hewan. dan agak riskan sih kalo molu. hmm, mas bisa lakukan langkah2 di atas, atau saya sarankan bawa ke dokter hewan aja...

      Delete
  19. Dok mau nanya kandang tegu panas bgs nya berapa derajat??? Kalo tegu saya sering bersin flu bukan ya?? Padahal pakai lampu pagi sore 60 watt malam yg 50 watt mohon saranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kandang tegu minimal 21°C hingga 35°C, mas...

      maaf karena baru balas.

      Delete
  20. Dok mulut ular saya suka menggelembung spt balon.. Apakah itu salah satu ciri pilek?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya iya, mas. segera tangani.
      sekarang gimana kabarnya? maaf karena baru balas. kabari lagi

      Delete
  21. Dok mau tanya. Retic morph platy uk 1.3 meter saya kena pilek, di dalam mulutnya ada lendirmya gitu nafas tidak hissing atau selayalnya ular pilek. Makan sangat lancar sesuai harinya. Apakah pilek ini bisa tambah parah atau gimana dok? Gimana cara mengatasi flunya? Dan jika di rendem air sirih sesama ular yanglainnya ga pilek. Apakeh bisa tertular? Twrimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan direndem sama yang lain biar gak nular, mas.
      biar pileknya sembuh, mending suhu kandangnya dijaga. sama kasih suplemen khusus ular. mas biasa pake suplemen apa? mas bisa coba pake Reptile Booster, udah saya bahas di artikel cara agar reptil tetap sehat...

      Delete
  22. Saya ga pernah pake suplemen dok. Biasanya pake daun sirih direbus terus direndemin kalok di varanus biasanya seminggu duaminggu sembuh. Di ular apakah sama ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama kok. dan gak apa2 direndem, cuma jangan disatuin sama yang sehat pas direndem...

      sekarang gimana mas kendalanya?

      Delete
  23. Mau tanya dok, ular boa 2meter saya pilek tapi pilek kering gitu, jadi keluar lendir nya hanya ketika saya beri air atau dijemur saja, treatment nya lebih baik bagaimana ya? Sedangkan saya dengar ular boa itu justru gaboleh banyak dijemur hehe, terimakasih

    ReplyDelete
  24. Mau tanya dok
    Ball python saya makan nya moody
    Kondisi sehat, kandang dan kelembaban juga Ok
    Kalo pake reptil bosster bisa nambah nafsu makan gak dok?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.