Ciri Kura-kura Sehat | Drh. Fira Sovica

Ciri atau

tanda kura-kura sehat

berikut bisa menjadi panduan memilih kura-kura yang sehat yang akan dipelihara. Tanda kura-kura yang sehat sebenarnya mudah saja, anda bisa memperhatikan beberapa bagian tubuh seperti mata, scute (lempeng tempurung), kelengkapan kuku, ada atau tidaknya luka fisik, dan lain sebagainya. Artikel tanda kura-kura yang sehat ini diharapkan bisa membantu anda dalam membeli kura-kura yang sehat. Cara memelihara kura-kura sendiri bisa anda baca pada artikel cara memelihara kura-kura brazil, cara merawat sulcata, memelihara pardalis, serta cara memelihara labi-labi.
Ciri Kura-kura Sehat
Image taken from animalzfun.blogspot.com

Berikut adalah beberapa ciri kura-kura sehat yang penulis tulis berdasarkan pengalaman sebagai dokter hewan:
  1. Kura-kura yang sehat biasanya aktif bergerak, tidak hanya diam atau "melamun" di kandangnya.
  2. Tanda kura-kura sehat kedua adalah matanya bening, tidak terdapat kotoran di matanya, terbuka lebar, dan tidak ada luka atau bengkak di sekitar mata.
  3. Tidak adanya noda kotor atau lumut pada tempurung atas (karapaks) dan tempurung bawahnya (plastron).
  4. Lubang hidung kura-kura yang sehat bersih, tidak berlendir dan tidak basah.
  5. Tidak adanya luka fisik pada tempurung (karapaks) dan di garis pemisah antar keping tempurung (scute).
  6. Kura-kura yang sehat biasanya memiliki respon yang baik terhadap makanan. Jika disodorkan makanan, kura-kura yang sehat umumnya akan menghampiri dan memakan makanan itu. Secara singkat, kura-kura sehat memiliki nafsu makan yang baik. Maka dari itu, mintalah seller (penjual) kura-kura untuk memberi makan pada kura-kura yang akan dibeli.
Demikian adalah beberapa tanda dan

ciri kura-kura sehat

yang penulis tulis berdasarkan pengalaman praktek sebagai dokter hewan. Semoga artikel tanda kura-kura sehat diatas bisa membantu anda dalam memilih kura-kura yang sehat serta menghindari anda dari penipuan saat akan membeli kura-kura, baik itu kura-kura darat, kura-kura semi-akuatik, atau kura-kura full akuatik. Komentar dan konsultasi tentang kesehatan kura-kura bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

15 Responses to "Ciri Kura-kura Sehat"

  1. Dok, bagian dalam karapas kura-kura saya kotor. Apa akan mengganggu kur-kuranya? Bagaimana cara membeesihkannya?
    Boleh tidak kuku kura-kura dipotong dan giginya dibersihkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kukunya dipotong masih boleh, kalau giginya biarin aja....

      bagian dalam maksudnya? coba aja usap pelan2 pakai kuas lukis lembut yang dibasahi. jangan kasar2 ya mas, takutnya luka....

      maaf baru balas.... saya tunggu kabarnya...

      Delete
  2. Terima kasih sebelumnya untuk artikelnya dok, sangat membantu.saya juga ingin tanya, saya punya sepasang kura kura brazil yg masih kecil, tapi kenapa ya dok mereka suka diam, tidak aktif bergerak, dan matanya selalu tertutup?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kura-kuranya masih mau makan?
      yang pasti sakit.
      airnya jangan sering diganti, biar suhu airnya stabil. juga, jaga biar airnya gak terlalu dingin. jadi sebaiknya akuariumnya jangan ditaro di ruangan ber-ac, dan airnya jangan terlalu banyak.

      mas baca artikel saya OBAT ALAMI UNTUK KURA-KURA :)

      Delete
  3. Dok kura kura sulcata saya sehat nafsu makan bagus. Setiap pagi saya jemur dan rendam 15 mnt. Tapi tiba tiba pas lagi jemur pagi pagi muncul jendolan seperti digambar warna kuning sudah 3 hari tidak ilang. Itu kenapa y dok thank you

    ReplyDelete
  4. Dok kura kura sulcata saya sehat nafsu makan bagus. Setiap pagi saya jemur dan rendam 15 mnt. Tapi tiba tiba pas lagi jemur pagi pagi muncul jendolan seperti digambar warna kuning sudah 3 hari tidak ilang. Itu kenapa y dok thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mas kasih gambarnya kemari?
      jendolan kayak gimana ya? kayak bentol gitu?

      dia suka garuk2 bagian yang bentol?

      Delete
  5. Dok kura kura saya kena gigit hewan jadi cangkangnya luka fisik apakah bisa menutup kembali? Cangkang kura kura saya juga kelihatan gepeng meskipun bukan jenis kura kura pancake beda sama aslinya itu kenapa yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. besar nggak lukanya? jenis kura-kuranya apa mas?
      kalau jenis kura-kuranya kura-kura brazil, coba di drydock aja untuk seminggu ke depan. lukanya kasih betadine. terus coba mas baca artikel saya: dosis amoxicillin untuk hewan. kasih amoxicillin berdasarkan artikel itu... :)

      kalau kura-kura mas kayak keliatan gepeng dulu, mungkin dulu waktu kecil pernah kena metabolic bone disease tapi terus sembuh.... nggak apa2 kok... :)

      Delete
  6. Maaf dok, kalo kura2 daun saya hidungnya ga berlendir, cuma mulutnya kluar busa, itu gmna y dok, nafsu makannya sih mnurut saya msh normal dok, mhon pnjelasan dok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk jaga-jaga, mending airnya mas kurangin, sekira kepalanya masih bisa nyembul di atas air dengan mudah.

      kura-kuranya umur berapa mas?

      Delete
  7. Dok...kura2 sy sdh 2 minggu sy beli namanya Iggy, tp smp skrg blum mau makan. Sdh sy coba ksh pelet kura2, wortel dan kangkung tp ttp tdk mau dimakan. Walaupun bgt, iggy ttp lincah dan kelihatan sehat. Solusix bgmn ya dok biar iggy mau makan, mhon bantuannya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. jenis kura-kuranya apa mas? dan umurnya berapa?
      tanya sama owner sebelumnya, biasanya dikasih makan apa... :)

      Delete
  8. Halo dok, mau tanya. Sulcata saya di bagian lehernya ada benjolan (seperti di gambar). Terus dia kaya suka garuk garuk lehernya gitu dok, tp dia aktif dan nafsu makannya pun bagus. Kenapa ya dok ?
    Terimakasih

    ReplyDelete
  9. Gambarnya tak nampak dok, tp pokoknya benjolnya kecil dan warnanya agak kuning gelap

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.