Cara Mencegah Bulu Rontok Pada Burung Hantu | Drh. Fira Sovica

Seperti halnya hairloss pada sugar glider, hairloss atau

bulu rontok pada burung hantu

bisa terjadi karena berbagai sebab. Umumnya, bulu burung hantu rontok karena perubahan cuaca, stress pada burung hantu, kebersihan kandang burung hantu yang kurang terjaga, penyakit pada burung hantu, kutu, dan sebab lainnya. Yang jelas, bulu rontok pada burung hantu mencerminkan kesehatan burung hantu itu sendiri.
Cara Mencegah Bulu Rontok Pada Burung Hantu
Mengobati burung hantu yang bulunya rontok hendaknya dilakukan secara profesional oleh dokter hewan. Dan perlu diingat: burung hantu memang kerap merontokkan bulu, sama halnya dengan ular yang sering ganti kulit. Yang saya maksudkan di artikel ini dengan kata "bulu rontok pada burung hantu" adalah kerontokan bulu burung hantu yang diluar kebiasaan, terlalu banyak, atau terlalu sering.
Kerontokan yang tidak biasa pada rontoknya bulu burung hantu adalah kerontokan yang disebabkan oleh gejala abnormal seperti bulu rontok disertai hilangnya nafsu makan, bulu rontok yang disertai seringnya burung hantu menggaruk badannya, bulu rontok yang disertai perubahan perilaku, dan lain sebagainya.

Jika bulu burung hantu sedikit rontok namun tidak disertai gejala-gejala diatas, anda tidak perlu risau. Cukup berikan minyak ikan dengan dosis satu kapsul setiap minggu kepada burung hantu anda. Dengan pemberian minyak ikan tersebut, diharapkan anda bisa mencegah hairloss pada burung hantu.
Demikian adalah sekelumit

cara mencegah bulu burung hantu yang rontok

. Semoga artikel diatas bisa membantu anda para pecinta owlry dalam memelihara burung hantu, baik itu memelihara burung hantu celepuk atau merawat burung hantu barn owl. Komentar, saran, dan kritik bisa anda tulis di bawah ini. Terima kasih. (FS)

56 Responses to "Cara Mencegah Bulu Rontok Pada Burung Hantu "

  1. selain pake minyak ikan pake apa lagi ya ka buat mempercepat pertumbuhan bulu nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sementara ini pake minyak ikan aja... cukup satu butir setiap dua minggu... :)

      Delete
    2. Dok celepuk saya kok pas saya kasih minyak ikan setelahnya malah rontok bulunya?? Padahal itu baru pertama kali saya ksh sebelumnya ga rontok trs rontoknya tapi ga disertai gejala2 diatas dok trs yang rontok bulunya satu helai gtu dok bukan yang kapasnya kayanya apa itu moulting dok??

      Delete
    3. emang umur burung hantunya berapa mas?
      bisa jadi emang moulting. jangan dipegang dan jangan dilatih dulu sampai selesai masa moultingnya. cukup kasih makan aja...

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih byk ya ka :)
      oia mau tnya lgi boleh kan?
      barn owl sy udh bisa JTTF tpi kalo laper bgt, trs dia kalo di pegang suka terbang lgi ka..
      solusinya dong biar dia merasa nyaman dn lebh dket sm sy ???

      makasih ka

      Delete
    2. triknya bisa mas baca di artikel cara menjinakkan burung hantu. semoga sehat2 aja owlnya mas.. :)

      Delete
  3. makasih byk ka, maaf rewel nnya trus..
    smg tdk bosan utk mnjawab :)

    ReplyDelete
  4. Kalo mengatasi bulu sayap yg "nyerit" gmn dok.? Dikasih apa ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada beberapa obat mandi yang bisa diberikan untuk mengatasi tungau atau kutu penyebab nyerit. mas bisa tanya ke toko hewan ternak terdekat. :)
      menjaga kebersihan kandang dan burung jelas diperlukan untuk mencegah burung 'nyerit' :)

      Delete
  5. Upsss.... Unyil gk sy taruh dlm kandang dok..
    Unyil CG sy taruh diatas perch..
    Didlm ruangan lantai keramik yg tiap pagi sy pel....

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu bagus perawatannya. :D
      salam buat unyil dari errol dan padma... D

      Delete
  6. Dok, tau tempat dokter hewan daerah solo yang bisa menangani burung hantu soalnya ucie bulunya rontok trus dan dya suka garuk2 badanya, pdhal perch nya tiap hari selalu saya bersihkan makannya jg normal tapi kok bisa bulunya rontok trus. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada daftar alamat dan nomor telepon dokter hewan di blog ini, silakan mbak search di bagian cari artikel... :)

      mbak bisa semprot uci pakai semprotan berisi air dicampur cairan antiseptik dettol sedikit. buat agak basah, kemudian lap dengan handuk kering hingga uci kering. bisa juga dijemur dibawah sinar matahari sebelum jam 9 pagi....

      semoga sehat ucie... :)

      Delete
  7. dok glowy bagian kaki kulitnya kaya kering smua gitu dok sm atas paruh jg ky ada kulit kering yg mau ngelupas2 normal ga atau hrs sy treatment

    ReplyDelete
  8. Replies
    1. nyerit itu istilah serat bulu yang nyatu atau nemplel satu sama lain....

      Delete
  9. dok buffy fish saya msh brancher akhir, suka terbang kesana kesini, tp bulu y banyak yg rontok, terutama bagean ekor sama sayap. pakai minyak ikan bisa dok? brp lama sampai tumbuh normal bulu y, kasian jd kurang cakep s paffy :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan mas baca artikel saya cara mengobati bulu rontok pada burung hantu. maaf baru balas ya mas, saya baru pulang dinas... :)

      Delete
  10. Dok... saya punya 2 clepuk (Owie n Chiko) Owie dtg sendiri kermh wkt masih bayi... saya Rawat dan skr sdh hampir 3 th sehat sekali. Krn sendirian dan suka kawin dengan rambut kuncir saya... saya belikan teman di pameran flora fauna lap Banteng bulan Agustus th lalu. Saya pikir masih juve krn bulu nya masih agak halus. Tapi sampai detik ini:
    1. Makan lahap
    2. Takut sekali di dekat apalagi di pegang
    3. Terbang nya selalu nabrak2 langit2 (sy tarok di 1 kamar dg Owie)
    4. Bulu kepala dan tengkuk dan ekor masih sama dg wkt saya beli

    Ternyata stlh saya perhatian, ekor nya hancur dok... hanya tersisa 2 lembar dan itu juga jelek sekali.

    Bagaimana penanganannya ya dok, kasian.

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya, apakah bulu burung yang rusak bisa tumbuh lagi atau terganti, gitu mbak? bisa, kok. nanti bulu yang rusak akan terganti dengan sendirinya... emang agak lama karena agar bulunya terganti, harus nunggu bulu tersebut menjadi bulu tua terlebih dahulu....

      sebagai bahan referensi, silakan baca artikel saya apakah bulu burung hantu yang rusak bisa tumbuh lagi... :)

      sekian. kalau ada yang ingin ditanyakan, jangan sungkan untuk bertanya. salam dari errol dan padma, burung hantu saya... :)

      Delete
    2. Malem dok...
      Oh gitu ya dok harus tunggu sampai bulu tua..

      Tapi klo mo dikasi minyak ikan gak apa2 kan ya dok?

      By the way... Owie n Chiko makannya jangkrik saja dok... dikasi air malah buat mandi wkwkwk...

      Feces nya Chiko banyak putih2 nya dok....

      Oke saya baca article nya ya dok... makasiii...

      Cara lihat betina atau jantan bgm ya dok?

      Klo saya perhatian. .. Owie jenis Clepuk Reba dan Chiko Javan scoops owl.. tp gak berantem sih dok... Meski dlm 1 kamar... Mrk punya rumah sendiri2. Tp Chiko cenderung lebih takut sm owie.

      Salam buat Errol n Padma ya dok....

      Delete
    3. kalau kasih minyak ikan gak apa2, kasih aja. jangan kebanyakan, cukup satu butir tiap 2 minggu....

      cara menentukan jenis kelamin burung hantu ada kok artikelnya di blog ini.. :)

      salam buat owie dan chiko.. kasih saya kabar lagi...

      Delete
  11. Dok,si boy celepuk saya suka gigit2in bulunya kaya gosokin paruh ke bulunya gitu,itu cara burunghantu menggaruk bulunya ya dok?tapi ga terlalu sering sih cuma 3-5 kali sehari,tapi ada bulu di samping sayap yg mau copot,itu normal ga dok?ada kutunya atau gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. usia si boy berapa mas?
      normal kayaknya. mungkin kurang jemur aja kali. coba jemur, minimal seminggu sekali, dibawah sinar matahari pagi sebelum jam 9, selama 10 menit...

      Delete
  12. Malam dok, saya mau adop burung hantu bubo sumatranus, tapi burung nya lg moulting.
    Kelihatan juga kurang perawatan dri pemilik pertama.
    Apa akan berdampak serius nnti nya klo saya adop dalam keadaan itu? Apa msh bisa di tangani dok? Untuk asupan pasti akan saya jaga, tapi saya takut nafsu makan nya berkurang jika sudah saya terima burung itu, karna dri pemilik pertama memang mengatakan kurang asupa gizi.. bagaimana cara buat mengatasi itu? Jika sudah saya adob burung nya dalam keadaan ga nafsu makan/kurang sehat..apalagi msh dalam keadaan moulting.
    Mohon sarannya dok terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sarankan mending tunggu hingga moultingnya selesai. kalo bubo sumatranus sebenernya yang paling penting adalah makanannya tepat dan gak telat kasih makan. coba cek artikel saya yang judulnya makanan burung hantu dan artikel porsi makan burung hantu.
      sama mas bisa kasih super-n yang saya bahas di artikel cara agar burung hantu tetap sehat.

      Delete
  13. Dok, burung hantu anakan celepuk saya sering sekali buang air besar. Setelah diberi makan selalu bab. Tapi untuk feses saya rasa normal, bertekstur krim dominan hitam dan sedikit putihnya. Terkadang memang suka merepotkan jika dilepas di kamar saya. Akan tetapi, saya tidak tega jika disangkarkan. Untuk burung hantu tersebut, terbilang normal atau ada gejala lain dok? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih bisa dikatakan normal. :)
      untuk menjaga kesehatan burung hantunya, mbak bisa rutin kasih obat yang saya tulis di artikel CARA AGAR BURUNG HANTU TETAP SEHAT

      Delete
  14. Dok klo fases normal burung hantu iyu warna nya gimana yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya PARAMETER KESEHATAN BURUNG HANTU dan artikel CARA MENGETAHUI KESEHATAN BURUNG HANTU DARI FESESNYA

      Delete
  15. Dok.. Tolong share mengenai katarak pada burung hantu.
    Ciri ciri awal, penanganan dan pencegahannya.
    Karena celepuk saya gak bisa fokus kalau makan. Sering menarik tangan yg memberi makan dari pada makanan yg disodorkan.
    Saya pikir jangan jangan dia katarak.
    TerimaKasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas khawatir burung hantunya mas buta? gitu?
      karena beda loh buta dengan katarak. gini aja. silakan mas baca artikel saya CARA MENGETAHUI MUSANG BUTA ATAU TIDAK, praktekkan artikel saya tersebut. secara prinsip sama aja kok.

      kalau burung hantu katarak biasanya matanya jadi kayak ada selaput putihnya. dan dia masih bisa lihat meski cuma burem aja, jadi gak bener2 buta kecuali kalau emang selaputnya udah putih banget....

      Delete
  16. Pagi Dok,Cara Pemberian Minyak Ikannya 1 Atau Setengah Kapsul Aja Dok Untuk Burhan Yang Masih Bc Tengah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. satu kapsul, tapi cukup seminggu sekali aja ya mas.
      rutin kasih super-n setetes setiap hari ya mas. cek artikel saya cara agar burung hantu tetap sehat.

      Delete
  17. Ohh,Iya Dok. Saya Mau Nanya Lagi Dok,Kenapa Burhan Saya Kalo Di Suapin Susah Banget Buka Mulutnya Dok?,Padahal Dia Blm Makan Dari Pagi,Tapi Kalo Di Lihat Dari Fessesnya Seperti Biasanya Dok Hitam Putih Sma Bening,Tapi Kalo Malem Dia Makan Dok. Apakah Normal Dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi nggak mau makan kalau siang aja ya?
      nggak apa2, kasih makannya pas malam aja.

      jenis burung hantunya apa mas?

      coba kasih super n, kasih setetes sehari

      Delete
  18. Dok kaki burung hantu sy bulu nya di rontokin sama dia sendiri, sebelum nya pernah sy pake in anklet, tapi bukan ukuran dia, lalu dia sering gigitin anklet nya, saya lepas dan dia nyabutin bulu nya pke paruh nya
    Knapa ya dok? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. nyabutin bulunya di bagian tubuh yang mana mas? kakinya? atau semua tubuhnya? nafsu makannya gimana>
      mending mas cek artikel saya, cara merawat burung hantu mabung....

      Delete
    2. Kaki nya aja, nafsu makan oke dok

      Delete
    3. dia suka garuk2 bagian kakinya?
      yang rontok bulu halus gitu ya mas?

      selama fesesnya aman (3 elemen) dan nafsu makan bagus, saya kira dia masih sehat

      Delete
  19. Malem dok, saya mau tanya cara menangani burhan yg hairloss gimana iya? Adakah vitamin/sejenisnya untuk membantu pertumbuhan bulunya?

    Sebenernya saya kurang tau juga sih goofy masih mabung/kena hairloss tapi klo diliat dari penyebabnya mungkin kena hairloss soalnya pas mabung jarang saya ajak berinteraksi kalupun dibawa keluar kamar cuma dilepas di lantai 2 terus saya tinggal kebawah dan pernah saya tinggal pergi juga cukup lama dikamar(klo makan nitip ke temen lemparin anak ayam dari jendela) dari sini perkiraan saya penyebab hairloss muncul 1.strees karna kurang interaksi dan jenuh ruang gerak terbatas, 2.kebersihan kamar & burhan kurang terjaga karna ditinggal cukup lama..

    Oiya goofy juga bulu kakinya pernah kaya botak hanya keliatan batang bulunya aja(bulu jarum) tapi sekarang udh tumbuh lagi sih.. untuk fotonya kemarin" saya sempat chat dokter di Facebook. Menurut dokter gimana?
    Terimakasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih minyak ikan aja cukup sih mas. tapi ada dosisnya. cukup sebutir seminggu aja.

      kalau emang dia lagi hairloss, mending jangan diajak main dulu. karena siapa tahu dia lagi mabung.

      iya, dari foto yang kemaren juga sepertinya sih dia emang lagi moulting aja mas. nggak apa2, wajar kok.

      super-n rutin? fesesnya 3 elemen? :)

      Delete
    2. Untuk feses seperti biasa dok 3 elemen dan terkadang hanya berwarna hitam kental & berbau, klo super-n belakangan ini jarang dok

      Jadi si goofy emang lagi moulting aja iya dok? Baiknya gimana dok jangan di ajak main atau tetep ajak main tapi seminimal mungkin? Soalnya klo saya intip dia dikamar dari jendela klo dia liat langsung bunyi"(kaya biasa dia ngajak main/minta makan)..

      Oiya goofy juga sekarang suka jadi kaya kaget gitu dok klo mau di elus dan klo lagi makan suka marah klo mau di elus/deketin terutama klo lagi makan ayam gak kaya dulu, itu kenapa iya dok? Takut diambil makanannya kah? Soalnya pernah saya ambil agak maksa makanannya dlo. Abis gak dimakan cuma di pegangin dimulut doang takut disemutin doang dianya..
      Tapi klo lagi dilepas di lt.2 klo saya tiduran nungguin dia dianya masih suka nyamperin sih dok naek ke atas perut malah kemaren" dijailin pas ketidur dia gigit"in telinga, pipi, sama bibir saya..

      Delete
    3. emang kenapa jarang dikasih super-n, mas? :)

      iya, saya tebak sih lagi moulting? saran saya? mending diamkan aja dulu. atau kalau toh mau ajak main, jangan yang terlalu aktif. cukup tenggerkan aja di jari atau bahu mas. terus ajak dia keliling sambil ngobrol. saya dulu begitu, ngajak si errol ke kampus... :P

      kalau dia suka kagetan, kayaknya sih iya tebakan saya bener. dia lagi moulting. khas burung hantu kalo lagi moulting ya begitu. :D

      sehat terus goofy

      Delete
    4. Gpp sih dok, menurut saya goofy udh ngelewatin usia rawan(mulai dewasa) kebiasaan aja klo punya partner(apapun hewannya) biasanya gak teralu sering dikasih obat kecuali emang sakit/perlu perlakuan khusus(masih dalam usia rawan)/harus banget pake obat jadi seandainya dia escape(jangan sampe sih) tubuhnya bisa terbiasa dengan keadaan sekitar tanpa bantuan obat.. itu cuma kebiasaan aja sih dok klo ada yg keliru tolong dibenerin(apalagi goofy owl besar pertama saya) biar saya gak salah langkah..
      sebenernya saya juga bingung sih super-n itu masuk dalam katagori obat/vitamin hehehe..
      Mungkin kedepannya saya rajinin dok super-n nya :D

      Pengennya sih gitu dok tapi goofy kadang suka gak bisa diem(tergantung moodnya) ditambah dia kayanya blom terbiasa klo ada org asing apalagi rame, udah gitu org disekitar sini kadang suka rese dibilang jgn gangguin malah diledekin ._.

      Waah kalo gitu berarti saya ajak mainnya paling di dalam ruangan aja deh ngebiasain liat org" asingnya diundur dulu aja, oiya dok biasanya masa moulting burhan brp lama iya dok sampai bener" selesai? Kok goofy kayanya lama banget gak selesai" terus ciri" dia udh bener" selesai moulting apa iya dok?

      Terimakasih dok, maaf klo tiap tanya" selalu panjang dan dibumbui sedikit curhat hehe..

      Delete
    5. super-n cuma suplemen aja mas, hehehe. bagus sih dengan prinsip mas itu. jadi tubuhnya si goofy terbiasa ya mas. ada betulnya juga... :D

      hahahaha, si goofy sifatnya iseng dan keras kepala. biasanya mencerminkan sifat ownernya tuh. bener nggak? :D

      semua informasi tentang mabung sudah saya bahas di artikel informasi tentang moulting pada burung.

      saya malah seneng bisa denger kabar terus dari goofy mas... kabari terus ya... :)

      Delete
    6. Oalah gitu toh, abis sebelumnya tanya sama org katanya obat ada juga beberapa bilang vitamin jadi bingung deh hehehe..

      Haha.. iya mungkin bisa dibilang begitu lah dok :D
      Tapi kalo udh selesai molting kira" sifatnya bakal balik lagi kaya sebelumnya gak iya dok? Masalahny sifatnya sekarang rada susah diaturnya klo abis main mau ajak balik ke kamar kadang dipanggilnya susah padahal udh diiming"in makanan, apalagi klo moodnya lagi kacau bisa sampe pegel nungguin dia nyamperinnya soalnya goofy gak pernah saya iket(pasang anklet) abis dia kayanya risih klo ada tali"nya gitu suka keinjek dia sendiri paling klo lagi mau dijemur/dibawa keluar aja dipasangnya buat jaga" hehe..

      Makasih link artikelnya dok saya baru liat tadi sangat membantu..
      Siap dok, salam dari goofy hehe.. :D

      Delete
    7. iya, setelah moulting dia akan kayak biasa lagi kok... :)

      biasanya kalau kita sabar pas dia moulting, sehabis moulting nanti dia akan makin bonding ke kita. dulu juga kalo gak salah si errol bisa saya lepas ke alam setelah beberapa kali moulting ke saya.... :)

      Delete
  20. Halo dok. Bulu celepuk saya rontok 2 bilah , sblm ny saya mandiin trs saya jemur , trs dia garuk” dan ternyata bulu nya rontok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau cuma 2 bilah, nggak apa2... biarin aja mas... :)

      Delete
  21. dok, kan saya melihara celepuk lagi nih sekarang, sebut saja namanya kucing, nah, si kucing ini bulunya kok rontok ya? dari sekitaran desember akhir, dia juga sekarang jarang keluar dari owl boxnya, lebih seringan di dalem, ini normal ga ya dok? padahal mau gelap juga ga keluar

    ReplyDelete
  22. Dok saya punya 2 celepuk yang 1 udah besar yang 1 nya lagi masih bulu kapas yang bulu kapas di terkam sama yang besar bulu nya banyak yang lepas cara mengatasi nya gimana? Sama kenapa kok celepuk nya diem biasanya bersuara

    ReplyDelete
  23. Dok kalo burung hantu katarak penanganan yg benar itu seperti apa?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.