Cara Mengobati Hairloss Pada Sugar Glider | Drh. Fira Sovica

Hal pertama untuk mengobati hairloss pada sugar glider adalah mengetahui penyebab hairloss pada sugar glider. Dalam artikel ini saya akan menjabarkan penyebab hairloss pada sugar glider dan cara mengobati hairloss pada sugar glider. Oh ya, bagi anda yang ingin memandikan sugar glider, anda bisa membaca artikel saya cara memandikan sugar glider.

Penyebab utama hairloss pada sugar glider adalah gizi yang buruk, stress pada sugar glider, dan kandang yang kotor. Pemberian zat gizi yang buruk bisa dikatakan sebagai penyebab utama hairloss pada sugar glider. Pemberian pakan yang tidak seimbang dalam hal gizinya kemungkinan besar bisa menyebabkan hairloss pada sugar glider.
Cara Mengobati Hairloss Pada Sugar Glider
Sugar glider yang menderita hairloss.
Image taken from sugarglider.com

Lebih dari

penyebab hairloss pada sugar glider

diatas, kondisi kandang yang kotor adalah penyebab hairloss yang kedua. Kondisi kandang yang kotor bisa membuat bakteri dan jamur tumbuh di tubuh dan tubuh sugar glider. Jamur dan bakteri tersebut bisa menyebabkan sugar glider gatal-gatal dan menggaruk bagian tubuhnya. Hal tersebut bisa membuat kulit sugar glider iritasi dan bulunya menjadi rontok.

Tingkat stress yang tinggi pada sugar glider juga bisa menyebabkan hairloss pada sugar glider. Stress pada sugar glider bisa disebabkan oleh kebisingan di sekitar kandang dan lingkungan tempat kandang sugar glider, saat diperjalanan, dan suhu dan iklim yang berubah-ubah.

Dari ketiga sebab hairloss pada sugar glider di atas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa mencegah hairloss pada sugar glider adalah memberikan gizi yang baik pada sugar glider. Jenis-jenis makanan sugar glider yang baik bisa dibaca di artikel makanan sugar glider.

Hal kedua untuk

mencegah hairloss pada sugar glider

adalah dengan menghindari stress pada sugar glider. Jauhkan kandang sugar glider dari kebisingan serta aktifitas yang tidak biasa.

Mencegah hairloss pada sugar glider yang ketiga adalah menjaga kebersihan kandang dan menjaga kebersihan sugar glider. Bersihkan kandang minimal satu minggu dua kali dan lap sugar glider dengan menggunakan lap bersih yang dibasahi air hangat minimal satu minggu sekali.

Jika bulu sugar glider sudah terlanjur rontok (hairloss), maka cara mengobati hairloss pada sugar glider adalah dengan rajin-rajin membersihkan area bulu yang rontok dengan air hangat dicampur sedikit dettol cair, terlebih jika permukaan kulit sugar glider sudah tampak bulu dan iritasi. Lakukan pembersihan area yang botak dan sekitarnya setiap hari sambil terus diobservasi.

Jika kulit sugar glider sudah terlihat luka akibat sering digaruk, hindari pemberian serangga dan protein berlebih ke sugar glider. Pembatasan pemberian protein dan serangga ini sebenarnya sama halnya dengan cara mengobati sugar glider yang sakit mata dan bengkak kakinya.

Demikian adalah penyebab hairloss pada sugar glider, cara mencegah hairloss pada sugar glider, dan cara mengobati hairloss pada sugar glider. Semoga artikel ini bisa membantu para pecinta sugar glider di luar sana. Oh ya, kritik, saran, dan komentar bisa ditulis di kolom dibawah ini, terima kasih. (FS)

115 Responses to "Cara Mengobati Hairloss Pada Sugar Glider"

  1. Salah satu cara mengobati hairloss pada sugar glider adalah memberikan makanan bergizi tinggi. Berikan MARKEL, terbuat dari serangga hidup yang di keringkan dengan oven. Di perkaya dengan minyak ikan kods dan multivitamin.

    Sugar glider menyukai makanan tambahan alternatif

    Extra fooding MARKEL, solusi cerdas untuk mengobati hairloss pada sugar glider kesayangan anda

    ReplyDelete
  2. Assalamu'alaikum.. Dokter, benarkah pisang menyebabkan hairloss pada SG?? Karena info dari sebuah blog menyatakan demikian (http://suggies101.blogspot.com/2011/07/makanan-yang-selamat-untuk-sugar.html).
    Kutipannya: "pisang (Juga tinggi fosforus, jangan beri dalam kuantiti yang banyak.. ia boleh membuat bulu suggies gugur, seterusnya melemahkan badan sugar gliders dan langsung mati)".
    Khawatir juga nih dok, soalnya SG saya hampir tiap hari makan pisang. Buburnya pun rasa pisang... Ouhhh........

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bubur rasa pisang kan hanya rasanya doang mas. kalau kandungannya tetep seimbang. gak apa2, kasih aja bubur rasa pisang terus. :)

      faktanya, fosfor dan kalsium sama-sama dibutuhkan untuk perkembangan tulang. fosfor dapat membantu penyerapan kalsium ke tulang. kalau dibilang zat gizinya harus seimbang antara kalsium dan fosfor, ya semuanya juga harus seimbang kan mas? gak hanya kalsium dan fosfor aja, tapi ya semuanya: vitamin2, kalsium, fosfor, protein, dan lain-lain.....

      setau saya aman2 saja kasih makan sg pisang. tapi mbok ya masak mau dikasih pisang selamanya? kasian sgnya.

      Delete
  3. dok saya mau tanya kok sgnya saya saya liat sering garuk2 gitu yah dok, itu karna kutu atau apa ya? kalo pun misalkan kutu menanganinya gimana ya dok.
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas mandikan dengan cara disemprot pakai spray yang biasa buat mandiin burung. semprot 2-3 kali, lalu lap hingga kering. ulangi hingga 6 kali.
      bisa juga dilap dengan memakai tisu basah non alkohol... :)

      Delete
    2. dok kalo misalkan saya mengunakan spray anti bakteri yang digunakan untuk kucing atau anjing gitu aman gak sih buat sugar glider saya?
      terimakasih

      Delete
    3. bakteri yang ada di kucing dan anjing tentu berbeda dengan bakteri yang ada pada tubuh sugar glider. :)
      mas bisa lap tubuh sugar glider mas dengan tisu basah non alkohol... :)

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Dok nanya,

    Sg saya diatas mata nya botak gt kecil, apa karena di gigit pasangannya atau gmn ya dok ??

    Soalnya akur2 aja sih sepasang betina nya, umurnya 2 bln sama 1,5 bln

    Apakah nnti akan tumbuh lg bulu nya dok ??

    Cara penanganannya gmn ya dok ??


    Thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada banyak kemungkinan. kandang bersih, mas? selama ini gak keliatan berantem ama temennya? :)
      selama makannya masih rakus, saya kira masih sehat. tidak ada treatment khusus, karena agak riskan juga kalau untuk sg umur segitu. sediakan saja makanan yang cukup dan jaga kebersihan kandang...

      Delete
    2. Bersih dok, tiap hari di bersihin..

      Gak pernah berantem, klo tdr ja saling ngeringkul gt..

      Makanan alhamdulillah bnyk dok selalu di sedian bubur sun + hpw / beepolen selang seling sama buah2an..

      Tpi bsa numbuh lg kan ya dok seperti semula ?

      Delete
    3. bisa. saya yakin bisa numbuh lagi.
      sesekali bisa dikasih minyak ikan (yang untuk kucing atau untuk manusia, bukan untuk ayam) di makanannya. satu butir perminggu sudah cukup. misalnya kasih pada hari rabu aja. campur di makanannya dengan cara ditusuk pakai jarum dulu....:)
      jangan lupa kasih nama ya mas. dan sering2 di ajak main... :)

      Delete
  6. Sg ane dok suka garuk2 terus sama pup nya suka dimakanin terus itu knp?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya ciri sugar glider yang stress...

      Delete
  7. Dok...saya mau tanya
    Sg saya betina namanya Qiro....semenjak dia punya teman baru di kandang...sg jantan...si Qiro pendiam bgt...malas makan trus malas bgt gerak..kerjaan cuman dalam pouchnya mulu klo dibkandang...
    Kemren feses nya sempat rada encer...tp baru ajha aku liat udah rada keras lagi...badan nya rada gemetaran...n hidungnya pucat agak ungu dikit ujungnya
    Apa si Qiro stress ? Ato Qiro sakit ? Gimana penanganannya ? Apa harus di bawak ke dokter hewan ? Terima kasi sebelumny ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. qiro usianya berapa dan sg yang baru dateng umurnya berapa?
      kemungkinan stress sih ada aja. namun kayaknya gak apa2. bukan stress. tetep kasih makan dan coba kasih air madu di air minumnya. soal gemeteran, observasi aja selama 1 minggu ke depan.... :)

      Delete
    2. Qiro umurnya 5 bulanan....sedang si Olaf tuch 3-4 bulanan...
      Iya...klo di kasi makan qironya mau...tp dikit...dh seminggu ini aku kasi air madu...tp tetap gemetaran....
      Aku dapat qiro dari teman...dia belinya di petshop...qiro kayaknya Wc..jadi rada galak...

      Delete
    3. Qiro umurnya 5 bulanan....sedang si Olaf tuch 3-4 bulanan...
      Iya...klo di kasi makan qironya mau...tp dikit...dh seminggu ini aku kasi air madu...tp tetap gemetaran....
      Aku dapat qiro dari teman...dia belinya di petshop...qiro kayaknya Wc..jadi rada galak...

      Delete
    4. wc atau cb sama aja, yang penting perawatan kita aja. sayangi aja mereka berdua. dirawat baik2.... sambil diobservasi.... coba dalam 4 hari ke depan, lapor lagi kemari.... :)
      sehat terus qiro dan olaf...

      Delete
    5. Dok...qiro skarng makannya udah banyak lagi...
      Tp tetap ajha slalu malas2an di pouch nya...
      Makasi atas saran2 nya dok...

      Delete
    6. Dok...qiro skarng makannya udah banyak lagi...
      Tp tetap ajha slalu malas2an di pouch nya...
      Makasi atas saran2 nya dok...

      Delete
    7. sering2 diajak main...
      dan kalau dia malas-malasannya waktu siang, masih dibilang wajar kok... :)

      Delete
  8. Iya...sering saya ajakin main...tp suka bgt barking...
    Malas2an nya malam juga dok...
    Makanya malam ini aku coba lepasin pouch dari kandang...gpp kan dok..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. salahsatu arti barking pada sugar glider adalah untuk menarik perhatian kita sebagai ownernya atau menarik perhatian sg lain dalam koloninya. mungkin emang karakternya kayak gitu. masih wajar kok. justru unik kalau dia suka manggil2 masnya... :)

      gak apa2 tapi sebaiknya di jaga dan diperhatikan... :)

      Delete
  9. Iya...sering saya ajakin main...tp suka bgt barking...
    Malas2an nya malam juga dok...
    Makanya malam ini aku coba lepasin pouch dari kandang...gpp kan dok..?

    ReplyDelete
  10. Dok, aku punya sg joey namanya kimy, umur 1,5bln. 2 minggu lalu bulunya kena bursun, terus telat di bersihin dok, sampe sekarang kimy bulunya jadi rontok parah, udah ada bagian yg botak. Penanganan yg paling benar gimana yaa dok? Kalo aku browsing caranya suka beda2 gitu, hehe. Minta pencerahannya ya dok :)

    ReplyDelete
  11. Dok, aku punya sg joey namanya kimy, umur 1,5bln. 2 minggu lalu bulunya kena bursun, terus telat di bersihin dok, sampe sekarang kimy bulunya jadi rontok parah, udah ada bagian yg botak. Penanganan yg paling benar gimana yaa dok? Kalo aku browsing caranya suka beda2 gitu, hehe. Minta pencerahannya ya dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana keadaannya mbak?
      sementara ini lap pakai handuk yang dibasahi air hangat aja. lap 2x sehari.

      Delete
  12. Dok , apa bisa bulu sg yg udah kena ciri" hairloss bisa tumbuh bulu lagi?

    ReplyDelete
  13. Dok mau tanya , kenapa sg saya ini over grooming? Padahal kebersihan kandang dll terjaga , 2- 3 minggu yang lalu dia overgrooming di kedua tanganya , skrg kondisi tangan udah membaik , bulu uda agak tumbuh , di tangan juga tidak ada indikasi bakteri / jamur yg hitam" (katanya penyebab hairloss), nah sekarang gantian kakinya yg over grooming ,mau minta saranya mengenai tindakan dan asupan makanan yang harus diberikan
    Terimakasih

    ReplyDelete
  14. Dok..sy mau nanya lagi...
    Hari ini sy nemu...salah satu kuku belakang sg sy terangkt...kaya mau lepas...itu knp y dok..? Apa masih bisa numbuh lagi ? Apa yg bisa sy lakukan dok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kok. bisa tumbuh lagi.
      ada lukanya nggak? kalau ada, obatin pake betadine. totol2 aja, jangan terlalu basah.

      dia keliatan pincang? saya tunggu kabarnya...

      Delete
    2. Klo luka di badannya gak ada dok..
      Klo pincang seeh gak dok...
      Nafau makannya jg gak brubah dok..
      Cuman dia malas buat manjat2 lagi dok..

      Delete
    3. ya itu wajar kok. :)
      selagi makannya gak berubah dan dia gak murung, tunggu aja nanti juga dia baik sendiri.

      masnya merokok? kalau nggak merokok, taruh kaus bekas pakai mas di dalam kandang biar dia kenal bau tubuh masnya.. :)

      Delete
  15. Dok mau tanya , kenapa sg saya ini over grooming? Padahal kebersihan kandang dll terjaga , 2- 3 minggu yang lalu dia overgrooming di kedua tanganya , skrg kondisi tangan udah membaik , bulu uda agak tumbuh , di tangan juga tidak ada indikasi bakteri / jamur yg hitam" (katanya penyebab hairloss), nah sekarang gantian kakinya yg over grooming ,mau minta saranya mengenai tindakan dan asupan makanan yang harus diberikan
    Terimakasih
    (Maaf tanya lg karena sebelumnya belum dibalas)

    ReplyDelete
  16. Dok maaf mau tanya, moza, sg sya ngalamin hairloss,malah udh ad botak sdikit d kpalany, sebaikny d kasih makanan kya apa ya dok klo udh gt?
    Terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. moza jantan atau betina? umurnya berapa?

      bagian kepala yang hairloss dibagian mana??

      coba mas baca artikel struktur tubuh sugar glider terlebih dahulu.

      Delete
  17. Ternyata pertanyaan saya dianggap tidak penting
    Makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya tidak menganggap pertanyaan anda tidak penting, mbak/mas.
      cuma emang tidak semua pertanyaan bisa saya jawab secara langsung. kadang ada yang tidak sengaja terlewati. maklum, setiap hari gak kurang dari 150 komentar yang harus saya balas. kadang juga bentrok dengan kegiatan saya yang 'bejibun'.....

      saya mohon maaf sebelumnya. bisa mbak/mas ulangi lagi pertanyaannya?

      Delete
    2. Dok mau tanya , kenapa sg saya ini over grooming? Padahal kebersihan kandang dll terjaga , 2- 3 minggu yang lalu dia overgrooming di kedua tanganya , skrg kondisi tangan udah membaik , bulu uda agak tumbuh , di tangan juga tidak ada indikasi bakteri / jamur yg hitam" (katanya penyebab hairloss), nah sekarang gantian kakinya yg over grooming ,mau minta saranya mengenai tindakan dan asupan makanan yang harus diberikan
      Terimakasih

      Delete
    3. kalau lagi pancaroba kayak sekarang ini emang rawan sg yang overgrooming. ruangannya dingin ya mbak? coba dibuat agak hangat.
      kebersihan kandang dijaga?

      cek juga fesesnya. gimana bentuk fesesnya. apakah agak berair apa nggak.

      saya tunggu kabarnya...

      Delete
    4. Ruangan kalo malam mungkin agak dingin dok , feses kering makan normal, terus ni sg saya yg 1 nya kan baru beli bbrp hari yg lalu dok , entah kenapa makanya tu cenderung lahap bgt tp td pagi tau" badanya lemes , feses lembek , walopun makanan tetep lahap dimakan , ada solusi dok?

      Delete
    5. coba buat ruangannya agak hangat. justru harusnya malam lebih hangat. sg kan lebih aktif di malam hari (nocturnal). :)

      soal sg yang satu lagi, "badannya lemes tapi makannya tetep lahap" maksudnya gimana,mbak? namun kalau dia tetep mau makan, kayaknya masih sehat.

      coba kasih sari kurma untuk kedua sg tersebut. jaga agar tetap hangat ya kandangnya... :)

      taruh juga kaus bekas pakai mbak di kandangnya. dan kasih saya kabar lagi..

      Delete
    6. Pemberian sari kurma dengan pemberian madu sama atau tidak dok? Soalnya selama ini saya seringnya pake madu
      Maksud saya td tu badan dia lemas + feses lembab , tp kalo dikasi makan masi lahap bgt dok
      Terimakasih

      Delete
    7. fungsi madu dan sari kurma sama2 untuk menjaga daya tahan tubuh. hanya menurut saya, lebih bagus pakai sari kurma. meski pakai madu juga bagus asalkan mbak yakin madunya madu asli... :)

      kabari saya lagi.. :)

      Delete
    8. Oke dok terimakasih , saya selama ini pake madu TJ apa tidak masalah? Lalu untuk Sg saya yg baru (yg lemas /feses lembab) 2 hari ini saya kasih makan pepaya , apa sudah benar?

      Delete
    9. madu TJ oke. :)
      penanganannya juga udah benar. mungkin masalah cuaca aja sama suhu. jaga agar jangan kedinginan ya mbak... :)

      Delete
  18. Oke mbak terimakasih saranya , nanti saya kasih kabar lagi jika ada kendala

    ReplyDelete
  19. Dok mau tanya dok ,uda 1 minggu sg lama dan baru aku sebelahin beda kandang , tadi siang nyoba masukin gaada masalah dan uda tidur 1 pouch brg , terus ini malem kok kayak berantem ya? Aku gatau ini berantem apa bercandaan tp sampe bunyi" gitu , langsung aku pisah kandang lg , apa tindakan saya sudah benar dok?

    ReplyDelete
  20. Dok mau tanya dok ,uda 1 minggu sg lama dan baru aku sebelahin beda kandang , tadi siang nyoba masukin gaada masalah dan uda tidur 1 pouch brg , terus ini malem kok kayak berantem ya? Aku gatau ini berantem apa bercandaan tp sampe bunyi" gitu , langsung aku pisah kandang lg , apa tindakan saya sudah benar dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajar kalau baru disatuin rada 'rusuh' bareng. hehehe.
      sering cek aja. kalau gak ada luka fisik, biarin tetep satuin. kalau ada luka, mending pisahin... :)

      fesesnya gimana?

      Delete
    2. Gak ada luka fisik dok , feses alhamdulillah normal kering ,cuma yg sayaa bingung sg yg cewe lebih bau , uda di lap" tisu basah masih bau , apa emg harus rutin? Terus rutin tu tiap hari apa boleh? Waktu nge lap nya lebih baik kapan ya dok?
      Terimakasih

      Delete
    3. sg memang punya bau khas, terutama pada sg pejantan untuk menandai wilayah kekuasaan. bau ini akan makin tercium saat sg mulai dewasa...

      cara menghilangkan bau pada sg? udah ada kok artikelnya. :)
      bisa sering2 dilap pakai tisu basah non alkohol setiap pagi dan sore... pake tisu basah non alkohol yang buat ganti popok aja mbak... :)

      Delete
    4. Iya dok, ini soalnya yg bau malah yang cewek , oke oke , tisu basah non alkoholnya yg berbau wangi apa yg basah normal aja?

      Delete
    5. boleh yang fragrance, atau non fragrance. sama aja.. :)

      jaga agar tetap hangat. cuaca lagi gak bagus..

      Delete
    6. Oke makasih dok , diupdate terus ya blognya :)

      Delete
    7. sip.. :)

      kabari saya kalau ada apa2...

      Delete
  21. Dok...mau nanya...
    Sg saya lagi IP...
    Tp kok 2 hari ini dia tuch lemas bgt...malas makan...fesesnya coklat n gak keras..
    Trus bbrapa kali sy dengar dia tuh brsin2...
    Apa dia sakit dok..?
    Td aku nyoba ngasi dia madu...alhamdulillah dia mau...truss aku ngasi bubur..dia makan walaupun sedikit...
    Saya mesti bgm ya dok..?
    Apa karna sy naro dianya di ruangan brAC ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. kemungkinan karena kedinginan. awas, jangan sampe hipotermia (mati kedinginan).

      mending pindahkan ke ruangan yang agak hangat. lalu kasih sari kurma agar nafsu makannya naik dan daya tahan tubuhnya kuat...

      Delete
  22. Dok. Saya mau tanya. Saya adopsi SG sepasang usia 2 bulan. Awal saya adopsi bulu masih bagus tapi setelah 2 minggu saya rawat kokk bulu kaki SG yg jantan jadi botak yahh.. Apakah karna stress atau gimana.. Makannya lahap dikasih bubur sun. Tapi kalo dikasih ulat hongkong dia ga mau.. Trus pertanyaan saya ngatasin kerontokannya pake apa yah dok.. Apa masih bisa tumbuh lagi.? Makasih dok tolong pencerahannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebersihan kandangnya dijaga gak?
      mohon dijaga kebersihannya. berapa hari sekali dibersihkan kandangnya?
      juga, kalau habis makan, sebaiknya sisa makanan yang menempel dilap aja pakai lap basah atau tisu basah... :)

      Delete
    2. Kebersihan kandangnya si dijaga dok. Masalahnya ini kayanya SG saya rontok dok. Bukan cuman bagian kaki aja. Bagian buntut sama badan juga sudah mulai tipis. Tapi kalo bagian kaki malah sudah botak Sampai bagian dengkul.. Itu penyebabnya apa ya dok.. Soalnya ini terjadi sama jantan dan betina dok.. Yang parah si jantan nya dok.. Apa penyebabnya karna potong gigi dok.. Sampe kaya begitu.?

      Bulu bulu yang rontok itu bisa tumbuh lagi ga dok.? Kalo bisa bagaimana caranya dok. Apa ada obatnya.? Tolong pencerahannya dok..

      Delete
    3. hah? masnya sendiri yang potong gigi??
      kemungkinan rontok akibat pemotongan gigi sih bisa aja terjadi.

      dia sering garuk2 badannya juga?
      suhu kandang gimana? terlalu panas gak? sebaiknya lingkungan di sekitar kandang jangan terlalu panas...

      kemungkinan dia memang sakit. saran saya, pisahkan antara jantan dan betina di kandang terpisah.

      dan kalau dalam 3 hari ke depan belum ada perubahan, mending bawa ke dokter hewan terdekat.

      Delete
  23. Dok, ini sgku umur 8 bulan, jantan, tiba2 rontok bulu di paha terus agak sayu gitu. Aku pny 2, jantan n betina, tp yg betina gpp. Makanan sama dan kandangnya sebelahan, ga ada perlakuan yg beda, kenapa ya dok sgku ini ? Ini udah aku kasih madu tj yg ada sari kurmanya, minyak ikan, sama udah aku lap bagian yg botak. Apa yg harus aku lakukan lg biar dia lebih enakan ? Makan masih lahap, 1/3 pear yg besar. Pup agak lembek, tp masih berbentuk kayak pup cicak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya dok, kalo pas makan (aku suapin), kenapa dia bunyi2 kayak bayi berdeguk2 gitu ya ? Kayak gluk gluk gitu, aku cari bunyi sg kok ga ada yg gitu. Tapi kalo makan sendiri ga ada bunyi itu. Kenapa ya dok ? Cuma yg jantan yg gitu, yg betina ga...

      Delete
    2. madunya boleh, bagusnya sih pake sari kurma.
      kalau soal bunyi2, coba baca artikel saya istilah dalam memelihara sugar glider. apakah jenis suaranya ada di dalam istilah2 itu? :)

      soal bulunya yang rontok, coba kasih minyak ikan di makanannya. campur di makanannya. cukup satu butir sehari dengan cara dicampur di makanannya.... :)

      Delete
    3. Ga ada dok, makanya itu aku bingung, kok aneh suaranya. Oke dok, nanti aku banyakin minyak ikannya. Tapi hairloss ini ga sampe mati kan dok ? Makasih dok...

      Delete
    4. gak. hairloss gak sampe mati, meski demikian sebaiknya dihindarkan.

      jaga betul2 kebersihan kandangnya.

      sekarang masih sering bunyi2? coba air minumnya kasih madu. air minumnya tempatin di botol minum hamster... :)

      kabari saya terus... :)

      Delete
    5. Iya dok, kalo disuapin bunyi2 gitu. kalo makan sendiri ya ga bunyi.
      Udah mulai tumbuh dok bulunya, udah gemukan jg. ternyata emang rontok gara2 sering nyelup2 buntut di tempat minum sama kena pipisnya. udah aku ganti botol hamster skrg.

      Delete
    6. nah itu... :)
      kasih saya kabar lagi ya mbak. chat aja kalo emang ada yang ingin ditanyakan..

      Delete
    7. Iya, makasih dok... kalo chat, jarang nyambung dok, ga tau kenapa, kyknya hpku ga support deh...

      Delete
    8. oh hehehe. bisa aja emang gak support. coba aja buka via laptop/computer... :)

      Delete
  24. malam dok saya mau tanya sg saya mengalami hailoss pada bagian ekor dan kemudian ekor yang gada bulunya tersebut kaya mengering gitu dok, itu bagaimana cara penanganannya? apakah sama seperti yang dokter jelaskan di atas? dan kalau memang bisa apakah akan bulunya kembali dok ? terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. pisahkan dengan sg lain (pindahkan ke kandang lain). jangan disatuin dengan sg lain.

      selebihnya, iya, ikutin aja langkah2 di atas...

      Delete
  25. Dok ngapa sg guwe botak di bahgian perutnya dan tangannya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia suka garuk2 badannya?
      umur sgnya berapa?

      coba sering2 dibersihkan pakai tisu basah non alkohol, dan jaga kebersihan kandang dan peralatannya...

      Delete
  26. Dok mau nnya kalo sg over protein yg dialami sgnya apaa ya? Kebanyaakan makan uh sama jangkrik gitu dookk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sugar glider yang overprotein akan kegemukan (obesitas). Hati-hati karena sg yang overweight biasa rentan mati

      Delete
  27. Dok..saya bru aja beli sg 3 hari yg lalu..umurnya 6 bln semua,tpi yg jantan baru aja sya liat ada bulu yg rontok dibwah mata trus ada bintik hitam kecil itu ap ya dok&gmana cara mengatasinya dog..makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak nggak bulu yang rontok di bagian matanya?
      kalo dikit, gak apa2.

      bintik kecilnya bergerak gak? bergerak2 gak? kalo gak bergerak, saya kira aman.

      makan masih mau?

      kabari terus

      Delete
  28. Dok..saya mau nanya sg saya koq akhir2 ini sering melamun knp y?trus bulu d ekor dan kakinya mulai rontok..sudah saya coba kasih minyak ikan d makanannya tp g mau d makan..solusinya gmn y dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas peliharanya seekor aja ya? bener? kalo pelihara cuma satu emang dia suka kesepian...

      makannya gimana? masih mau makan? oh ya, umur sgnya berapa?

      soal bulu ekornya mulai hairloss, mending cek kebersihan kandangnya, sama apakah ekornya suka basah? kalo iya, coba lap aja pake tisu kalau ekornya basah.. :)

      Delete
  29. SG sy usianya skitar 3 blnan dok..klo mkn nya msh lahap dok..tp ni bulunya mlh tambah rontok..trus d kulitnya ad kyk kerak coklat giitu dok..ap ini jamur yg bkin rontok dok?pdhl kndang sll sy bersihin..klo emg jamur obatnya ap y dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja mandikan pake sampo kucing + air hangat. sambil dimandikan, coba kerik keraknya, lepas apa nggak... saya khawatir kena scabies...

      jangan lama2 dimandikannya, cukup 5 menit aja, abis itu langsung lap dan keringkan pake handuk...

      Delete
  30. Keraknya bisa lepas dok..klo kena scabies itu cirinya gmn y dok?pengobatan nya bs pake salep scabies utk kucing g dok?tp nti bulunya bs tumbuh kn dok?kasian SG ku:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah bersih gak?
      setelah dimandikan dan keraknya udah lepas, mending observasi aja selama seminggu ke depan. sambil diliat2in, apakah keraknya muncul lagi apa nggak...

      cek juga kulitnya, ada bintik-bintik apa nggak...

      terus apakah dia masih suka garuk2 apa nggak. maksudnya garuk-garuk di sini, apakah sering? kalau sering banget, lapor lagi ke saya... :)

      jaga kebersihan kandangnya... :)

      kabari lagi, terutama yang saya tanyakan di atas... :)

      Delete
  31. Okeee dok..nti saya lapor lg prkembangannya..mkasih y dok..

    ReplyDelete
  32. Sangat membantu sekalii... Update terus ya dok blognyaa.. XD

    ReplyDelete
  33. Alhamdllah sg saya sehat trus
    Vitamin dan makananya sll trjaga😊

    ReplyDelete
  34. Buat tmn" yg lg nyari vitanin cemilan at asesoris buat sg nya saya bantu sok silahkan bisa hubungi saya lewat bbm D9CB23D9 at wa 089696663128😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaaah, buka lapak juga ya mbak?
      mau saya buatkan postingannya?
      selain BBM dan WA, ada facebook?
      bisa kirim gambar2 produknya?

      nanti admin blog ini yang akan buatkan artikelnya... :)

      Delete
  35. Buka lapak mah gk kak tmn saya yg jual mah.saya ah cmn bantu tmn" yg mungkin gk tau cari makanan cemilan at vitaminya sg.
    Tapi boleh jg mungkin ia coba usaha.boleh jga lkh bantuin aku coba" usaha kcil kak😀 mksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh, boleh. kirimin aja foto2nya kemari, hehehe...
      nanti saya buatkan artikelnya.. :D

      Delete
  36. Assalamualaikum
    halo lagi dok

    tips buat mandiin SG biar dia g petakilan gmn ya?
    bulu ujung ekornya rontok, menurutku gara2 sering kena pipisnya pas di tempat tidurnya nih.

    kalo beli minyak ikan, saya bingung belinya dimana, hehe.

    thanks dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas...
      jangan dimandikan dulu. cukup lap aja pake tisu basah non alkohol. rutin 3x sehari...

      tempat tidur nya kasih kain biar urine-nya langsung keserap....

      minyak ikan beli aja di toko obat....

      Delete
  37. Assalamu'alaikum dok
    Maaf saya mau nanya, sg saya umur 2 bulanan kok bulunya jarang" yaa terus mekar gitu bulunya..
    Itu kenapa ya dok? Termasuk hairloss ga ya dok?
    Terus pertumbuhannya agak lambat, berbeda dengan temannya tp makan tetap lahap sehari 3-4 Kali
    Mohon dibales ya dok
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa alaikum salam.
      bisa kirimin saya fotonya? :)
      caranya ada di bagian atas kolom komentar, bagian PERHATIAN.

      mungkin buat merangsang pertumbuhan bulunya, di makanannya bisa campur minyak ikan (bisa minyak ikan buat kucing atau minyak ikan buat manusia, jangan minyak ikan buat ayam).

      kasih aja seminggu sekali. jangan kebanyakan. kalau kebanyakan malah sakit nantinya. seminggu cukup satu butir, dengan cara dicampur ke makanannya...

      Delete
  38. Dok mau tanya, SG saya baru beli obes dia sekali jilat liur nya terlalu banyak beda dengan yg lain kalo jilat liur nya tidak banyak apa itu normal?

    ReplyDelete
  39. Dok mau tanya, SG saya baru beli obes dia sekali jilat liur nya terlalu banyak beda dengan yg lain kalo jilat liur nya tidak banyak apa itu normal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, agak mengkhawatirkan sih mas...
      mending jangan terlalu obes. makanannya ganti buah aja dulu selama 3 minggu ke depan. bisa kasih pisang atau pepaya dulu. jangan dikasih makanan lain selain buah....

      biar gak terlalu obes....

      Delete
  40. cek kulit sgnya, apakah ada kayak bintik2 merah gitu?
    karena saya khawatir kutuan sih mas...

    mending bersihkan secara menyeluruh kandangnya. cuci pake deterjen, kemudian jemur hingga kering. sgnya bisa dimandikan dengan air hangat campur dettol cair antiseptik (yang cairannya kayak teh).

    mas kasih makan apa sgnya?

    lakukan apa yang saya sarankan

    ReplyDelete
  41. Cara mandiinnya gimana dok?? Sgnya di semprotin pakek air dettol yg hangat gitu tah dok??

    Trs di badannya yg bulunya rontok dan masih tipis" gk ada bintil merahnya do??

    Biasanya saya kasih makan bubur sun kacang hijau ajah dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada artikelnya, cara memandikan sugar glider.
      bisa mas kirim gambarnya ke sini? terutama bagian yang botak....

      Delete
    2. Dok sg saya anus nya kluar n berdarah itu cara menanganinya gimana ya?

      Delete
    3. udah berapa lama?
      sebelumnya ada insiden? misalnya jatuh dll?

      sekarang nafsu makannya gimana?

      biasa mas kasih makan apa?

      agak riskan sih, kalo saya sarankan, mending bawa aja ke dokter hewan terdekat, mas...

      Delete
  42. https://i.imgur.com/T8Fg6bu.jpg,
    dok bulu sg saya ko begini ya? ini dia stres sakit atau gimana ya?
    Mohon jawabannya dok terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak. mungkin agak hairloss aja dikit.
      coba mas kasih minyak kemiri aja di bagian yang agak botaknya. pake ujung jari mas, dioles pake minyak kemiri.

      jangan lupa jaga kebersihan kandangnya juga.

      Delete
  43. Kalau sun di campur madu jadi makannya boleh ngak dok, ,?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.