Cara Mengobati Scabies Pada Kucing Dan Anjing | Drh. Fira Sovica

Bisa dikatakan, cara mengobati scabies bukan hal yang sulit. Tentu saja, penanganan yang cepat dalam mengobati scabies lebih diutamakan. Makin parah scabies makan semakin lama juga waktu penyembuhannya. Bagi anda yang memelihara musang, patut saya beri tahu bahwa musang juga bisa kena scabies. Cara mengobati scabies pada musang bisa anda baca di artikel menyembuhkan musang yang kena scabies.
Nah, sebelum kita beranjak ke

cara mengobati scabies

pada anjing dan kucing, mari kita sama-sama kupas penyakit ini.

Apa itu scabies?
Scabies atau scabiesis adalah penyakit kulit yang biasanya diderita oleh anjing dan kucing. Penyakit scabies disebabkan oleh kutu atau tungau notoedres cati pada pada kucing dan tungau sarcoptes scabie pada anjing. Meskipun demikian, terkadang ada juga tungau notoedres cati yang menyebabkan scabies pada anjing dan sarcoptes scabie menyebabkan scabies pada kucing.

Cara Mengobati Scabies Pada Kucing Dan Anjing
Kucing yang menderita scabies
Image taken from imgur.com

Secara spesifik, kedua jenis tungau ini memiliki 'cara kerja' yang sama untuk menyebarkan scabies. Tungau betina yang sudah dewasa membuat beberapa lubang di kulit induk semangnya, membuat rasa gatal yang luar biasa pada induk semangnya. Di lubang-lubang tersebut, si tungau meletakkan telur-telurnya. Si tungau betina mati setelah selesai meletakkan telur-telurnya.

Dalam waktu 6 hingga 8 hari, telur-telur tungau di dalam lubang mikroskopik tersebut kemudian menetas dan menjadi nimpa. Nimpa-nimpa tersebut kemudian menjadi dewasa dan melakukan perkawinan. Tungau yang sudah melakukan perkawinan lalu mengulangi siklus hidup seperti induknya. Begitu seterusnya.

Penularan Scabies
Penularan scabies biasanya melalui kontak fisik atau kontak dengan benda yang terkontaminasi tungau scabies, baik itu sisir, kandang, dan lain sebagainya. Perlu diingat bahwa scabies atau scabiesis bisa menular ke manusia.

Cara mengobati scabies pada anjing, kucing, dan manusia
Beberapa cara dan tips cara mengobati scabies pada kucing, anjing, atau manusia adalah sebagai berikut:
  • Bersihkan kandang, perlengkapan, serta sandang secara menyeluruh. Siram perlengkapan tersebut dengan desinfektan atau air dicampur belerang. Jemur semua perlengkapan dibawah sinar matahari. Lakukan langkah ini selama kurang lebih 2 minggu.
  • Mandikan hewan yang menderita scabies dengan sabun yang mengandung sulfur secara menyeluruh. Setelah dimandikan, siram celupkan hewan ke dalam bak berisi air yang sudah diberi sulfur atau belerang sebanyak 2% atau 3%. Lakukan langkah nomor dua ini selama kurang lebih dua minggu.
  • Jika langkah pertama dan kedua tidak membuahkan hasil atau tidak ada perubahan yang signifikan selama dua minggu, saran saya adalah bawa hewan peliharaan anda ke dokter hewan terdekat dengan segera.
Demikian adalah

cara mengobati scabies

pada anjing dan kucing. Semoga tips diatas bisa menjadi acuan bagi anda untuk mengobati scabies. Saran, kritik, serta komentar bisa ditulis di kolom dibawah ini. Terima kasih. (FS)

16 Responses to "Cara Mengobati Scabies Pada Kucing Dan Anjing"

  1. kalau cara mengobati scabies pada landak mini apakah sama dengan yg diatas dok?

    ReplyDelete
  2. Lalu bagaimana jika musang saya telat penanganan dy pasif n lemas... leherx sllu d tumpukan pada tangan saya.. penanganan ap yg akan d berikan. Msa sya harus memandikannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok musang? :)
      musang mas kena scabies maksudnya? silakan baca artikel saya cara mengobati scabies pada musang. cari di bagian cari artikel... :)

      Delete
  3. hollo doc,,,

    kami punya anjing beagle usia 4 thn, didiagnosa scabies. pertanyaan saya, apakah kami boleh memandikannya dengan mencampurkan dettol? lalu apakah scabies juga berdampak pada aktifitasnya, 1 mgg ini dia cenderung sangat diam dan loyo. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung tingkat keparahannya. kalau belum parah banget, boleh2 aja. tapi kalau udah parah, saya sarankan bawa aja ke dokter hewan terdekat, mas....

      jaga kebersihan kandang dan tempat. kalau perlu, kandang ganti2 setiap minggu. seminggu pakai kandang A, yang B bersihkan dan sterilisasi (cuci dengan desinfektan, jemur hingga kering).... minggu berikutnya, ganti pakai kandang B. yang A sterilisasi... begitu selanjutnya.... hal ini untuk mencegah kutu scabies kembali mengenai doggy....

      semoga cepet sembuh,,,

      Delete
    2. terima kasih mbak dokter cantik :)

      Delete
  4. Dok, kemarin sabtu kucing sya suntik scabies yg pertama, ktnya suruh ngulang 2 minggu lagi. Nah, selama jangka wktu tersebut apa boleh sya mandikan kucingnya, dengan shampo yg anti jamur dan kutu, lalu tiap pagi di daerah luka sya beri salep scabies sma dijemur sebelum jm 9, apa itu sudah benar dok ? Terima kasiih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kata dokternya gimana? :)
      pendapat saya pribadi sih bpleh aja dimandikan. pilih sampo khusus scabies ya mbak.. :)

      perawatannya sudah benar. untuk salep sendiri, bisa diberikan malam atau setelah dijemur.. :)

      Delete
    2. Oo, jadi harus sampo kusus scabies ya dok, kmren sya lupa nanya sama dokteree, soale pas di petshopnya bru ramee, jdi buru" :). Oke oke dok, terima kasih dok.. Tpi klo bulunya pada rontok itu wajar nggak ya dok ? Ini lbh banyak dri biasanya soale rontoknyaa :)

      Delete
  5. Dokter kulit telinga kucing saya mengelupas kaya ketombe apakah itu scabies setiap hari sudah saya kasih minyak vco tapi belum sembuh mohon bantuannya Bu dokter terimakasih

    ReplyDelete
  6. Dok, kucing saya bulu bagian ataslehernya jadi botak dan timbul bintik2 coklat dikulit yg rontok tsb. Apakah itu scabies? Krn saya tidak menemukan kerak kulit mati dibagian telinganya. Dan nafsu makannya juga tidak berkurang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia suka garuk2 bagian itu?
      kalau gak scabies ya jamur, kemungkinan besar karena kutu (entah itu scabies atau apa)... mbak bisa beli semprotan anti kutu (anti tick spray), mandikan dengan shampoo khusus kucing kutuan, dan rajin jemur minimal seminggu sekali... :)

      Delete
  7. Dok, kalo mengobati kelinci yg kena scabies gimana?, trus kalo dimandikan peke shampo khusus scabies itu merknya apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mirip dengan penanganan scabies pada kucing dan anjing.
      soal samponya, udah ada di artikel obat scabies...

      Delete
  8. Dok gejala menularnya ke manusia itu apa? Terus ciri ciri sudah tertular gimana? Dan penanganannya bagaimana?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.