Cara Mengobati Sugar Glider Yang Sakit Mata | Drh. Fira Sovica

Cara mengobati sugar yang sakit mata dibawah ini sebenarnya sudah pernah disinggung di artikel cara merawat sugar glider yang sedang sakit. Meski demikian, dalam artikel

cara mengobati sugar glider yang sakit mata

berikut penulis akan menjabarkan lebih lanjut cara penanganannya.

Cara Mengobati Sugar Glider Yang Sakit Mata
Image taken from glidercentral.net

Nah, bagaimana cara mengobati sugar glider yang sedang sakit mata? Berikut ini penulis akan memberikan beberapa tips cara mengobati sakit mata pada sugar glider:
1. Pisahkan sugar glider yang sakit mata dengan sugar glider sehat.
Untuk mencegah penularan penyakit antar sugar glider, sugar glider yang sakit mata hendaknya dipisahkan di kandang tersendiri. Jangan sesekali mencampur sugar glider yang sakit dengan yang sehat.

2. Beri makanan HANYA berupa buah-buahan. JANGAN PERNAH memberikan serangga berupa jangkrik atau ulat hongkong ke sugar glider yang sakit mata.
Sama seperti cara mengobati sugar glider yang kakinya bengkak, sugar glider yang sedang sakit mata hendaknya dijauhkan dari segala macam protein. Cukup berikan buah-buahan non-protein seperti pepaya, serta berikan madu asli untuk menambah daya tahan tubuhnya.

3. Bersihkan mata sugar glider yang sakit dari kotoran dan belek yang menempel dengan tisu steril yang dibasahi dengan air hangat dicampur SEDIKIT dettol cair.
Perlu diingat bahwa tisu yang dibasahi air hangat dan dettol tersebut BUKAN untuk ditempelkan langsung ke mata melainkan hanya untuk mengangkat belek dan membersihkan daerah sekitar mata.

Lakukan ketiga tips diatas selama dua atau tiga minggu ke sugar glider yang sakit mata sambil terus diobservasi. Jika kondisi sugar glider tidak membaik, penulis menyarankan agar anda membawa sugar glider tersebut ke dokter hewan sesegera mungkin.

Demikian tips

cara mengobati sugar glider yang sakit mata

. Semoga tips tersebut berguna bagi anda para pecinta sugar glider. Saran, komentar, serta kritik bisa ditulis di kolom komentar. Terima kasih.

26 Responses to "Cara Mengobati Sugar Glider Yang Sakit Mata"

  1. Dok,saya mau nanya gima klo sakit mata dengan tupai? Mata nya memutih gitu,kyk buta gtu :(

    ReplyDelete
  2. Dok,saya mau nanya gimana klo sakit mata pada tupai? Matanya memutih gitu,kyk buta :(

    ReplyDelete
  3. Dok,saya mau nanya gimana klo sakit mata pada tupai? Matanya memutih gitu,kyk buta :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. katarak itu.
      cara mengobati tupai katarak sama seperti mengobati sugar glider yang katarak. secara prinsip sama saja. silakan cari di bagian cari artikel... :)

      Delete
  4. dok saya baru dua hari adopsi sg, cuma pas kemaren ada kucing yang masuk kerumah dan ngedeketin kandangnya sg. nah sejak saat itu sg saya jadi murung dan gak mau keluar dari pouchnya.
    itu kenapa ya dok.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan sekarang matanya jadi belekan gitu

      Delete
    2. kenapa dibiarin aja kucing di deket kandang sgnya dan gak diusir? kemungkinan sgnya stress ketakutan. jangan dibiarin kayak gitu. apalagi sgnya kan baru ada di rumah (belum lama), jadi masa adaptasi....

      Delete
  5. Dok, SG saya matanya satu tertutup setelah di usap2 pake air sekarang bisa terbuka,sama jadi nga mau di kasih makan

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama ini dikasih makan yang mengandung protein, bener mas? kayak bubur bayi dan semacamnya?

      saran saya sih hentikan dulu untuk sementara. kasih buah2an aja kayak pepaya, lengkeng, dan jenis buah2an yang rasanya manis lainnya... :)

      Delete
    2. Dok sugar punya ku tadi malam di gigit kucing terus luka di bagian mata nya itu gimana dan apa obatnya saya butuh obatnya dokter

      Delete
    3. yang pertama mas lakukan adalah jangan memberi makanan apapun selain buah. pepaya, pisang, atau buah apapun. yang pasti jangan dikasih makan yang mengandung protein.... mas ngerti? jangan diberi makanan yang mengandung protein dan kasih makan buah aja.

      terus kasih amoxicillin. ada dosisnya. mas baca artikel dosis amoxicillin untuk hewan.

      lakukan selama seminggu ya.
      dan kabari terus.

      Delete
  6. dok saya punya sg, itu kenapa ya bibir bagian bawah jadi warna putih gitu kaya kena parasit.
    cara ngobatinnya gimana ya? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sendiri gak bisa memastikan itu itu apa. ada luka? bentuknya kayak gimana, apakah kayak sariawan?

      mending mas foto, kemudian ganti foto profil mas dengan foto itu...

      untuk saat ini, cukup dibersihkan aja dengan cotton bud yang dibasahi air hangat...

      Delete
  7. maaf dok mau tanya, SG btina ane dserang btina lain. sampe mata bengkak trz kaki jg. ekor sampe ptus dikit blakangnya. skrg udah ane pisah+kasih makan buah. mau makan walopun g bnyk. cara penangananya gmn ya? ane kasian bgt ama SG ane. thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas, mas. saya lagi sakit.

      hindari makanan berprotein apapun (bubur bayi, jangkrik, dll). kasih buah2an aja kayak pisang dan pepaya. lukanya sering2 dikasih betadine.

      sekali lagi saya tekankan, jangan dikasih makanan berprotein, ya mas. kasih buah aja. air minumnya coba kasih sari kurma biar daya tahan tubuhnya bagus...

      Delete
  8. Dok saya punya tupai kelapa joey kira2 umurnya 1 bulan, pas saya beli sehat2 aja. PAS sampe di rumah dia tidur siang dan pas bangun matanya nutup atau rapat sebelah:( saya basahi pakai air hangat sorenya.. alhamdulillah terbuka tp kayak sembab gitu, dan keesokan harinya bangun tidur pas keluar dr rumah2an matanya rapat sebelah lagi:( itu kenapa ya dok? Dan bagaimana cara menanganinya biar ga gitu lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas kasih makan apa? kasih makan buah aja. dan sering dibersihkan matanya dengan cara yang mas lakukan. kalau masih baby emang rentan kena kotoran, terutama sekitar mata...

      saya kira sih gak masalah selama kebersihan bagian mata dijaga....

      Delete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Dok apa boleh sugar glider hairloss & sakit mata ( bagian mata besar sehingga mata nya mengecil ) diberi makan telur rebus ? Untuk mata saya beri tetes mata erlamycetin boleh tidak dok ? Untuk hairloss saya lap pakai minyak telon selain detol boleh dok ? Terima kasih ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dikasih makanan apapun yang mengandung protein dulu, termasuk telur. cukup kasih buah aja. kayak pepaya atau pisang.

      udah berapa lama? sementara lakukan aja itu dulu.

      untuk hairlossnya, seberapa parah? apa sampe botak? dan kalau boleh tau, penyebabnya apa? coba cek bagian yang hairloss, apa ada tanda2 kutuan atau jamur? kayak ada bintik2 atau kerak gitu?

      jaga kebersihan kandang, dan kalau ada lebih dari satu sg, mending pisahkan aja jadi dua kandang.

      jangan dikasih minyak telon, karena kalau kutuan atau jamuran, dikasih minyak telon malah tambah parah. cukup sering2 dibersihkan aja bulunya pakai handuk yang dibasahi air hangat + dettol cair...

      Delete
    2. Sdh bbrp hari ini dok.
      Awalan begini dok : joey saya 1,5 bln kaki nya digigit sd dewasa, kesakitan ...saya obati dengan olesin minyak tawon. Bbrp hari kurleb 5-6 hari kemudian sembuh dok tp badannya jd agak kurus. Saya Kasih bubur khusus SG skrng uda mulai berisi badanya. Tapi
      Tidak lama bbr hari kemudian mata nya kok menyipit disertai besar dibawah mata sdh saya beri erlamycetin, selama pengobat erlamycetin bulu jd hairloss
      botak dok ( awal nya terlihat pecah ) ... tidak ada kutu/jamur. Yg sakit hairloss 2 SG dok umur sknrg 2 bulan . 2 sg hairloss satu kandang boleh kan dok ?
      Maaf dok penjelasan saya panjang lebar. Mohon saran ya dok...

      Delete
    3. harusnya begitu matanya keliatan sakit, stop bubur khusus sgnya. karena itu kayaknya over protein. jangan dikasih erlamycetin juga. cukup kasih buah aja, kayak pisang atau pepaya.
      terus jaga kebersihan kandangnya. saya kira kalau semua faktor yang saya sebut tadi udah dilakuin, selama gak ada kutu atau jamur, saya kira nanti akan sembuh dengan sendirinya.... baik hairlossnya, maupun matanya... :)

      Delete
    4. Baik dok thanks advice saya sdh coba terapi nya ... biasanya akan membaik brp minggu dok ?

      Delete
    5. kalau proteinnya distop samasekali dan dikasih buah aja, mudah2an seminggu atau 2 minggu udah keliatan sembuhnya... :)

      kabari terus

      Delete
  11. Doktor, Bagaimana jika sugar glider ada penyakit ketarak mata yang pada siang hari selaput mata mengecil dan jika dimalam hari selaput memenuhi ruangan matanya? Bagaimana cara mengubatinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahida dari malaysia? salam... :)
      just feed it with fruit, like papaya or banana. stop anykind of protein. and keep clean the cage.
      do atleast 2 or 3 weeks long.

      oh. do not direct contact sugar glider with sunlight.

      bisa kirim gambar? please upload the pic in postimage.org, then send the url in comments... :)

      salam...

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.