Cara Menjinakkan Burung Hantu | Drh. Fira Sovica

Menjinakkan burung hantu

seperti menjinakkan burung hantu celepuk atau menjinakkan barn owl tidak kalah pentingnya dalam memelihara burung hantu. Ada beberapa tips dan trik yang bisa anda lakukan untuk menjinakkan burung hantu dengan cepat. Rahasia menjinakkan burung hantu ini mungkin belum pernah anda dengar sebelumnya, tapi saya menulis cara menjinakkan burung hantu ini berdasarkan pengalaman pribadi dan sebagai dokter hewan. Tentu saja, efektif atau tidaknya cara menjinakkan burung hantu berikut berhubungan dengan artikel beberapa hal yang salah dalam memelihara burung hantu.
Cara Menjinakkan Burung Hantu
Image taken from hootsowls.co.uk
Nah, bagaimana cara menjinakkan burung hantu? Hal utama dalam menjinakkan burung hantu adalah mendapatkan kepercayaan dari burung hantu peliharaan anda. Itu adalah hal utama dalam menjinakkan burung hantu. Jika seekor burung hantu sudah percaya kepada anda, dia akan patuh dan menuruti apapun perintah anda. Hal ini terjadi kepada burung hantu saya, si Errol.
Jujur saja, Errol adalah seekor Barn Owl jantan yang berkarakter keras, sama keras kepalanya seperti saya. Hal ini menguatkan teori dari kakek saya bahwa setiap burung hantu yang anda pelihara sebenarnya mencerminkan diri anda sebenarnya. Sebagai pecinta hewan, kakek saya percaya bahwa setiap hewan yang kita pelihara sebenarnya sudah ditakdirkan saat mereka menetas atau dilahirkan oleh induknya untuk kelak dipelihara oleh kita. Dari kakek saya itulah saya mendapatkan pelajaran untuk menjinakkan burung hantu. Dia tidak putus-putusnya untuk mengingatkan saya agar mendapatkan kepercayaan burung hantu dengan cara berikut ini:
  1. Jangan pernah menempatkan burung hantu peliharaan dalam sangkar.
  2. Seperti yang sudah saya tulis di artikel hal yang salah dalam menjinakkan burung hantu, menempatkan burung hantu dalam sangkar adalah kesalahan pertama dalam menjinakkan burung hantu. Menempatkan burung hantu dalam kandang hanya akan memperkuat karakter si burung hantu, yang membuat dia makin sulit anda jinakkan.
  3. Taruh burung hantu yang anda pelihara di perch, tempatkan di ruangan tempat anda tidur.
  4. Ini adalah trik utama dalam menjinakkan burung hantu, yaitu membiarkannya melihat anda tertidur. Hal inilah yang akan membuat burung hantu yang anda pelihara, baik itu burung hantu barn owl, burung hantu celepuk, atau jenis burung hantu lainnya akan mudah jinak. Dengan cara seperti ini (membiarkan burung hantu yang anda pelihara melihat anda tertidur), akan membuat dia percaya bahwa anda tidak akan menyakitinya. Sering-seringlah membersihkan perch dan lantai bagian bawah agar kotoran burung hantu tidak menumpuk di dalam kamar anda dan menimbulkan bau tidak sedap akibat kotoran burung hantu. Akan lebih baik jika anda melapisi lantai bagian bawah perch dengan kertas koran.
  5. Latih burung hantu anda.
  6. Melatih burung hantu juga bisa dilakukan untuk menjinakkan burung hantu. Cara melatih burung hantu bisa anda baca di artikel cara melatih burung hantu yang baik dan benar.
  7. Darah dalam makanannya (dari potongan daging atau darah tikus putih) tidak akan membuat burung hantu peliharaan anda jadi buas lagi.
  8. Malah sebaliknya, darah yang terdapat dalam makanan burung hantu akan membuat insting berburu burung hantu makin kuat. Hal ini nantinya akan membuat burung hantu lebih mudah dilatih.
  9. Selanjutnya, dan mungkin ini yang paling menggelikan bagi anda, ajak burung hantu anda berbicara.
  10. Saya dan keluarga adalah orang yang memelihara bermacam-macam burung pemburu, namun hanya saya yang fokus ke owlry (pemeliharaan burung hantu). Dan kami sekeluarga membiasakan untuk berbincang-bincang dengan peliharaan kami. Seperti kucing yang selalu mengeong saat pemiliknya berbicara kepadanya, kami percaya bahwa setiap burung hantu sebenarnya mengerti apa yang kita ucapkan dan mereka akan berusaha menjawab segala omongan kita. Percayalah, burung hantu lebih cerdas dari hewan apapun.
  11. Hal terakhir: beri nama burung hantu anda, dan latihlah burung hantu anda dengan memanggil namanya.
  12. Biarkan mereka terbiasa dipanggil namanya hingga mereka mengerti bahwa panggilan itulah nama mereka.
Demikian adalah

cara menjinakkan burung hantu

. Sekali lagi saya tekankan bahwa keberhasilan menjinakkan burung hantu diatas tergantung seberapa keras usaha anda dalam menjinakkan burung hantu tersebut. Berhasil atau tidaknya anda dalam menjinakkan burung hantu celepuk atau menjinakkan burung hantu barn owl serta menjinakkan burung hantu jenis lainnya tergantung kepada diri anda sendiri. Burung hantu anda dalah cerminan jiwa anda. Saran, komentar, dan konsultasi bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

470 Responses to "Cara Menjinakkan Burung Hantu"

  1. Numpang tanya,kemarin rantai yang biasa dipasang dikaki si lucy saya lepas tapi dia tidak kabur meskipun tahapnya Juve awal dan pagi ini dia sering ikutin aku waktu aku bolak balik ambil minum sama makan!Apakah dia sudah jinak dengan saya!?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dia sih juga mau di elus2x bulunya sayapnya normal ga patah bisa terbang!Waktu beli sih sudah juve saya juga pemula dia begitu defensive tapi dia selalu ikutin,saya setiap saya dateng dia udah siap untuk makan,makasih mohon balasanya

      Delete
    2. saya tidak bisa menjamin. setiap burung hantu punya karakternya sendiri2, ada yang mudah diijinakkan, ada juga yang susah. cukup lanjutkan tahap pemeliharaan burung hantu mas dengan melatihnya. cara melatih burung hantu bisa dbaca di melatih burung hantu.

      Delete
  2. min beli burung hantu harus sepasang kah?

    ReplyDelete
  3. dok mau tanya, saya pny owl jenis cepluk. saat awal pny saya rantai kakinya & saya masukkan ke kurungan tp kadang saya taruh luar. saya lihat sepertinya dia krg suka kakinya dirantai, berkali2 mematuk rantainya...

    skrg rantai sdh saya lepas krn saya rasa dy gk bakalan kabur, tp saat saya keluar & bekerja. si owl saya kurung tuuh n saya taruh di kamar saya, takutnya kabur. tp sebelumnya saya kasih mkn & minum sampai dia kenyang..
    kalo saya lg senggang, saya keluarin dr kurungan, terkadang kepalanya saya elus2 dan si owl menyukainya sampai merem2 matanya. kadang saya tatap matanya dan mengikuti kedipan matanya.
    perlakuan seperti itu apakah salah?
    mohon penjelasanya ya dok.. terima kasih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. perlakuan mas udah tepat. lebih bagus sebenarnya kalau mas memberi dia nama agar dia bisa tahu namanya siapa dan kelak dia bisa menghampiri mas kalau dipanggil. si errol, burung hantu saya, akan terbang menghampiri saya kalau saya panggil, baik kalau saya di dalam rumah atau di luar rumah (masih sekitar komplek).

      usahakan jangan terlalu memanjakan burung hantu, coba latih burung hantunya. cara melatih burung hantu bisa dibaca di artikel melatih burung hantu

      sehat selalu buat owlnya... salam dari errol...

      Delete
    2. Waduh,kacau2
      Sist coba deh search2 lagi tentang owl
      Ane perhatiin dari komen2 & postan sist (ane udah cek hampir semuanya) kok kayanya sist ngebenerin perlakuan orang2 yg salah dalam memperlakukan owl ya?

      Saya ambil contoh,owl itu ga boleh dikurung dikurungan burung,tapi sist bilang boleh -___-
      Trus pemakaian rantai,haduh sist mati itu lama2 burhan kalo kaya gitu
      Owl itu harusnya ga dirantai,tp pake ankjess,fungsinya sama kaya rantai tp bisa bikin owl jadi nyaman
      Maaf sist ane cuma mengingatkan
      Sorry kl ane rada emosi,soalnya kasian owlnya

      Sist emg ga salah memperlakuin owl sist,tapi saran sist buat orang lain itu loh yg bikin saya jadi miris

      Delete
  4. Si errol warnanya kok putih itu jenis barn owl apa ya dok? Soalnya barn owl di indonesia kan kebanyakan warna coklat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. si errol warnanya coklat muda mas. yang saya cantumkan di atas itu bukan si errol... :)
      barusan dia baru aja pulang sebentar mau pamer makanannya... :)

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Dok maksud dari artikel yang mengatakan taruh burung hantu dalam kamar. Itu sebaiknya lampu kamar di matikan apa dalam keadaan menyala?

    ReplyDelete
    Replies
    1. menyala gak apa2, kalau mau dimatiin juga oke. yang pasti, kamarnya jangan terlalu bising dan tidak ada manusia di ruangan tersebut... :)

      Delete
  7. Loh.. katanya biarkan burung melihat anda ketika tertidur, tapi kok gak boleh ada manusia di dalamnya... maksudnya gimana dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, saya kira anda bertanya mengenai "proses adaptasi burung hantu". sorry... :D
      iya, kalau proses diamkan di kamar sambil melihat ownernya tertidur, lebih baik dilakukan dengan lampu menyala.... maaf kemarin ini saya lagi kurang fokus :D

      Delete
  8. Dok, Hog(celepuk) kemaren sudah seminggu dirumah saya, meskipun ga di iket pintu mbuka dianya tetep ga keluar, tapi kalo diksih makan kok masih belum jinak ya?dilatih juga masuh belum mau

    ReplyDelete
    Replies
    1. biarin aja sementara beberapa minggu mas suapi (handsfeed) kalau makan..... mulai latih dengan langkah-langkah melatih burung hantu di artikel cara melatih burung hantu :)

      Delete
  9. Dokter mau tanya, owl saya kok gak mau makan ya? Udah seminggu di rumah dok tapi gak mau makan sama sekali... takut dia kenapa".

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek dari fesesnya. warna feses (tahi) burung hantu sehat biasanya berbentuk agak cair dengan bagian hitam dan putih (bagian hitam lebih sedikit). ada sedikit lendir tidak berwarna juga di fesesnya. kalau fesesnya normal, coba cek apakah dia kena frounce apa tidak. caranya bisa dibaca di artikel cara mengobati frounce, bisa disearch di menu cari artikel diatas.... harap dikabarkan lagi ke saya... saya tunggu... :)

      Delete
    2. Warna fesesnya putih dok. Dia lemes banget, sampek gak kuat terbang. Jadi kasian... :'(

      Delete
  10. Dok, si hog kalo dikardusin bareng tikus putih ko malah takut ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tikus putihnya tikus putih yang masih bayi aja, yang belum berbulu. agak sedikit dilukai juga agar bau darahnya kecium sama si hog.... ada salam dari errol buat hog, saya lagi ngobrol sama errol saat menulis pesan ini... :)

      Delete
    2. Tapi kalo dikasih daging mentah dari kulkas ko langsung di buang

      Delete
    3. iya karena dia kan dingin, dia gak suka. sebaiknya kasih pakan hidup seperti bayi tikus putih...

      Delete
  11. dok saya baru nemu BO, baru kemarin sih, terus saya iket di perch, BO nya anteng, dipegang diem, ngga gigit, tapi sampe skrg ngga mau makan, dikasiin tikus ngga mau, dikasiin emprit juga ngga mau, bawaannya murung terus, itu cara nanganin nya gimana ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik bawa ke dokter hewan terdekat. soalnya sudah pasti dia sakit. atau, mas coba cek artikel saya cara mengobati frounce pada burung hantu, search di menu cari artikel diatas. cek apakah ada tanda2 frounce atau tidak di burung hantu mas....

      kalau dia tidak kena frounce, silakan bawa ke dokter hewan terdekat mas...

      Delete
    2. oh ya, lebih baik jangan diikat. biarkan dia di ruangan tertutup yang sepi agar dia adaptasi dlu, karena ada kemungkinan stress. silakan mas baca juga cara memelihara barn owl

      Delete
    3. oiya thanks dok, tapi ngga ada tanda2 frounce tuh, tapi tadi saya sodorin langsung tikus ke mulutnya, udh mau makan tapi ya dengan cara maksa dok, terus di tenggerin di tangan juga diem aja, apakah lebih baik di lanjutin aja cara kayagitu atau ada solusi lain ya dok?

      Delete
    4. iya, lebih baik dilanjutkan saja dengan cara tersebut sambil diobservasi selama 3 hingga 7 hari. fesesnya berwarna gimana mas?

      Delete
    5. oiya baiklah dok, terimakasih
      fesesnya warnanya putih kehijau2an gitu dok normal kah?

      Delete
    6. diobservasi aja selama 3 hingga 7 hari. saya tunggu kabar selanjutnya... :)

      Delete
    7. baik dok, terimakasih banyak atas konsultasi nya :) salam buat errol

      Delete
  12. dok,,merawat ank owl baiknya di ikat,,ato gmna? makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masih anakan (belum bisa terbang), lepas aja di ruangan tertutup seperti gudang atau ruangan kosong lainnya....

      Delete
  13. Agar burhan tidak kabur dri kandang mskipun dilepas gmn dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perlu proses penjinakkan dan latihan yang banyak. :)
      CARA MENJINAKKAN BURUNG HANTU bisa mas search di menu cari artikel di atas. CARA MELATIH BURUNG HANTU juga bisa mas search di menu cari artikel di atas... silakan baca cara2nya... :)
      salam... :)

      Delete
  14. Dok, tanya dongg. Aku kan barusan adopt burhan jenis celepuk. Umurnya baru 3bulan sih uda bisa terbang. Tapi kok aku gadenger dia bersuara ya daritadi? Dia masi aku adaptasiin sm lingkungan barunya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2. kalau umur 3 bulan memang biasa seperti itu. kalau nafsu makannya bagus, berarti sehat. mbak/mas bisa cek artikel CIRI BURUNG HANTU SEHAT, silakan search di menu cari artikel. CARA MEMELIHARA CELEPUK juga bisa mbak/mas baca untuk lengkapnya.... :)

      Delete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. Mbak dokk, jelas2 namanya dania :)))
    Oh gituu okee makasih dokk

    ReplyDelete
  17. Oiya dok, kira2 umur berapa bulan ya dia bisa bersuara sm bisa buat dilatih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, hahahaha. maaf. soalnya ada sahabat saya dokter, namanya dania juga. dan dia pria. :D
      usia ideal burung hantu mulai dilatih adalah usia brancher (bulu kapas akhir). cara melatih burung hantu bisa mbak baca di artikel CARA MELATIH BURUNG HANTU, search aja di bagian cari artikel.. :D

      Delete
  18. Iya sudah aku baca sbelum aku beli hehe
    Tapi sampe skrg dia blm bersuara dokk. Terus juga dia kadang kalo aku samperin kayak masi takut gituu. Berasa gagal ndeketin-_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo dia masih mau makan, gak apa. nafsu makannya gimana? kalau disodorin jangkrik, dia mau kan?? :)
      gak apa2 gak bersuara juga, memang kalau anakan celepuk jarang bersuara... kalau sudah berbulu real (bukan bulu kapas lagi), nanti baru dia ramai... :D

      Delete
  19. Sejak aku beli dipasarnya itu dia diem aja dok. Cuma ngepak2in sayap aja. Masih mau kok kalu dikasih makan..
    Oiya, masa adaptasinya ini sampe 12 jam dok? Kalo sudah 12 jam ditempatin di tempat lain yg ga tertutup atau gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo udah melewati masa adaptasi, pindahkan saja ke ruangan lain. yang kira2 dia bisa melihat mbak setiap hari agar dia bisa mengenal mbak.. :)
      silakan baca HAL-HAL YANG SALAH DALAM MENJINAKKAN BURUNG HANTU... :)

      Delete
  20. Oh oke dok aku coba. Makasihh ntar aku tanya2 lagi dok :D

    ReplyDelete
  21. Oiya dok, kira2 sekitar umur berapa bulan ya celepukku berbulu real? Soalnya kalo aku lihat2 ya sudah nggak berbulu kapas._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kasih saya fotonya? via hangout googleplus aja... :)
      saya tunggu...

      salam dari errol. dia marah sama saya karena ujan mulu, wkwkwkw... dikira saya bisa nangkal hujan.. :D

      Delete
  22. Sudah aku upload di google+ ku dok. Maaf kalo ga sesuai permintaan. Pengguna baru._.
    Waaa seneng deh, pengen banget owlku jadi kayak errol:3
    Salam balik dokk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa follow g+ saya dulu sebelum invite hangout... :D
      setelah follow, masuk aja ke plus.google.com
      trus klik hangout... :D

      atau kalo mba dania punya facebook, bisa upload juga ke wall facebook, set public biar saya bisa akses liat, lalu share nama facebooknya di sini.... :D

      bisa juga tempel di fanpage facebook saya di facebook.com/caramemeliharahewan

      Delete
  23. Sudah aku upload di fb aku dok. Bisa dilihat :D https://m.facebook.com/herdaniia.arssya?ref_component=mbasic_home_header&ref_page=%2Fwap%2Fhome.php&refid=8

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu sepertinya masuk ke usia juvenile. udah dewasa. :)
      udah jinak? namanya siapa? :)

      Delete
  24. dok..burung hantu clepuk itu bisa gede ngg sih..??sm mau tanya...beli glove itu dmn ya..??petshop??

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak. burung hantu celepuk adalah burung hantu berukuran kecil. silakan mas baca JENIS BURUNG HANTU DAN TINGKAT KESULITAN MEMELIHARANYA, search aja di menu cari artikel di atas...

      glove biasa dijual di petshop khusus yang menjual keperluan burung pemburu. bisa juga dibeli di forum jual beli kaskus...

      Delete
  25. Sudah jinak sih, tapi belom akrab sm aku dok:(
    Namanya oby wkw
    Tapi dia blm bersuara sampe skrg dok. Padahal udah aku pancing pake suara2nya burung hantu celepuk itu. Tetep aja-_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mbak cari video tentang burung hantu celepuk yang sedang bersuara di youtube. biasanya dia akan nyautin kalau ada suara celepuk lain... :)

      Delete
  26. Nah iya itu maksud aku dok. Sudah aku setelin berulang2 dia diem aja:(

    ReplyDelete
  27. Oiyaa selain ga bersuara. Kakinya dia jadi gini dok. Kalo aku lihat sih mungkin gara2 tali biru yg ngiket talinya waktu aku beli ituu. Yg ngiket penjualnya dokk itu harus aku apainn kasian ngliatnya:( mangkanya smentara aku taruh di sangkar dulu dok
    Bisa lihat fotonya disini https://m.facebook.com/photo.php?fbid=739991899420401&id=100002287935039&set=a.133067870112810.34532.100002287935039&refid=17&_ft_&__tn__=E

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk sementara gak apa2 di sangkar, tapi kalau ada ruangan kosong, tempatkan saja di ruangan kosong itu. gudang misalnya.
      itu kakinya bengkak? coba ke apotik, beli amoxicillin. satu tablet amoxicillin potong 6 bagian, larutkan 1 bagian dengan air 6 sendok makan, lalu minumkan setiap pagi dan sore...
      soal gak bersuara: saya kira kalau memang dia nafsu makannya bagus, gak apa2. fesesnya warna apa? :)
      saya tunggu.

      salam dr errol. dia baru terbang cari makan. kemarin malem gak bisa pulang karena keujanan, tapi akhirnya pas ujan berenti, dia pulang juga... :D

      Delete
  28. Eh maksudnya tali biru yg ngiket kakinya maaf2

    ReplyDelete
  29. Oh iya dokk
    Kayaknya sih gituu merah bgt kakinya:(
    Fesesnya warna putih ada hitem2nya panjang
    Oke dok ntar aku beli
    Wahhh enak ya dok jd ngurangin biaya buat makannya si errol :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih makan berapa kali sehari? pastikan kasih makan yg cukup... :)

      iya, si errol emang saya latih biar cari makan sendiri di luar. baru aja pulang berburu, kaget saya ada bangkai tikus dilempar ke tempat tidur ama si errol :(

      dia emang ngambek kalo pas pamer makanan hasil tangkapan dia, kita gak ngeliatin ke makanannya terus gak ngelus kepalanya dia.... :)

      Delete
  30. Yg pasti sih pagi sm malem dok. Siang sorenya juga tp ga sebanyak waktu pagi sm malem
    Wih yampunn enak banget yaa. Gitu itu gimana cara nglatihnya dok smpk dia hafal rumahnya, trs berburu sndiri diluar._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalao nafsu makannya masih bagus, saya kira masih aman mbak... :)

      Delete
  31. Oke dok makasih banyakk hehe maaf banyak tanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, gak apa2. saya malah seneng kalau ada yang nanya. :D
      salam dari errol. barusan girang bgt keluar rumah karena ujan udah reda...

      Delete
  32. dok si mimo celepuk saya hanya mau makan jangkrik dari tangan saja (disuapin) kalo jangkriknya gak dipegang gak mau makan kaya gak liat gitu, apakah mungking burung hantu bisa buta?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin saja. coba mbak sorotkan senter ke matanya dari jauh, kemudian gerakkan hingga mendekat ke matanya. jika pupilnya berubah (mengecil atau membesar), itu artinya dia masih bisa melihat.... :)

      saya kira si mimo terbiasa dimanja oleh ownernya. coba berikan makan saat dia benar2 lapar. biarkan dia menghampiri tangan mbak yang berjarak 10 senti. kalau dia makan, coba lagi beri makan dari jarak 15 senti. terus seperti itu. silakan search cara melatih burung hantu di menu cari artikel... :)

      Delete
  33. Dok kalau burhan jenis celepuk boleh di kasi tikus putih nggak dok? Karena saya rasa tikus putih kebesaran dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tikus putih yang masih bayi aja mas. taruh bayi tikus putih di dalam kardus tertutup yang dibolongi sedikit dindingnya bersama si burung hantunya, lalu diamkan.... jangan diliatin, kadang dia gak mau makan kalau diliatin... tutup saja dusnya... :)

      Delete
  34. Kardusnya harus yg besar atau ckp kardus mie instan dok? Trs untuk pemberian minyak ikan dlm bentuk utuh atau kita ambil cairannya aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo bisa sih yang lebih besar dari kardus mie instan. kalau tidak ada, pake ada kardus mie instan.
      ambil cairannya saja, jangan dikasih bulat2... :)

      Delete
  35. Thx dok infonya dan ternyata tanpa kardus dia langsung nyambar beby tikus putih dalam keadaan hidup dok,,, dan di sambar pas lagi jalan di lantai,,, :)

    ReplyDelete
  36. Dok sya mau nanya, lidah burhan saya terlilit benang bol yg ada di kakinya. Bagaimana cara untuk mengambilnya? Karena hal tersebut membuat burhan saya tidak nyaman. Dan apakah itu membahayakan kesehatnnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. potong saja dengan hati2.. kalau bisa, lakukan dengan bantuan teman....
      jangan sampai terluka... :)

      Delete
    2. Jika tertelan bagaimana dok? Sebelum kjadian ini burhan saya slalu bunyi, skrg diam saja.. Tp nafsu makan normal

      Delete
    3. kalau memang sudah tertelan, tidak apa2. :)
      observasi aja selama satu hingga dua minggu, terutama dari warna fesesnya. kalau masih warna putih, dan ada bagian bening dan hitamnya, itu sehat... :)

      Delete
  37. Dok saya kesulitan untuk pemberian minyak ikannya? Boleh nggak kalo minyak ikannya saya lumuri di makanannya dok? O,ya untuk jenis barn owl di umur berapa sudah bisa di pasang equipment?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh, mas. emang harusnya seperti itu.
      equipt barn owl bisa dipasang sedini mungkin, dari sejak baby juga sebenarnya bisa. tapi saran saya sih kalau dia sudah mulai tenang....

      Delete
  38. dok, saya baru beli di jatinegara celepuk bulu kapas akhir, tp warna putih dok. mungkin di bleaching x ya. klo saya kasih minyak ikan buat menjaga kesehatan boleh ga? 1 capsul berapa hari? saya takut owl banyak kena zat kimia

    ReplyDelete
    Replies
    1. JANGAN SATU KAPSUL SEHARI! malah bikin sakit burung hantunya.
      cukup berikan dua minggu sekali.

      coba raba bulunya. kalau terasa halus, berarti bukan bleachingan. ada kok celepuk yang memang berwarna putih bulunya... :)

      Delete
    2. JANGAN SATU KAPSUL SEHARI! malah bikin sakit burung hantunya.
      cukup berikan dua minggu sekali.

      coba raba bulunya. kalau terasa halus, berarti bukan bleachingan. ada kok celepuk yang memang berwarna putih bulunya... :)

      Delete
  39. Dok sy baru beli burhan jenis "oriental bay owl" klo malam hari di pengennya kabur aja sampai terkadang dia tak ajak ngobrol sambil sy elus2 kepalanya....apa yg hrs sy lakukan dok ??? Trs untuk saat ini sy kasih makan jangkrik pagi 5 ekor sore 5 ekor menurut dokter mengenai makanan apa sdh benar ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah bagus makanannya. jangkrik yang diberikan yang masih hidup ya mas, jangan yang sudah mati diberikan ke dia...
      coba mulai latih, cara melatih burung hantu ada di blog saya ini. silakan search...

      Delete
  40. Dok mau tnya,
    Tmn saya nemu burhan ukurannya lebih kecil dr ayam dewasa dan berwarna coklat putih batik, kira" tu burhan brp umurnya dan jenis apa?
    Trus tuk penempatan bagusnya bagaimana?
    Mohon sarannya dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca jenis-jenis burung hantu dan tingkat kesulitan memeliharanya...
      search aja di bagian cari artikel

      Delete
  41. Dok saya baru beli bay owl nih, pertama nyampek rumah saya langsung taruh di kardus besar yg saya buat sendiri kira2 kalo pkk ukuran tv sekitar 21 inch apa masih kekecilan dok? Bay owlnya udh dewasa dok, trus boleh di kasi anak ayam hidup?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh ditaruh box spt itu.
      lebih baik kasih jangkrik aja dengan cara disuapi. jangan anak ayam. kalau toh mau kasih anak ayam, potong, kuliti, dan cacah dulu dagingnya, kemudian berikan dengan cara disuapi. malah ribet. mending kasih jangkrik. pastikan jangkrik yang diberikan masih hidup. :)

      Delete
  42. Kalo di beri jangkrik kira2 berapa ekor kasinya dok? Kalo kasi tiput atau burung emprit boleh?

    ReplyDelete
  43. Dok mau nanya, bay owl saya mata kanannya berair terus apa kemungkinan dia sakit ya dok?

    ReplyDelete
  44. Waduh,kacau2
    Sist coba deh search2 lagi tentang owl
    Ane perhatiin dari komen2 & postan sist (ane udah cek hampir semuanya) kok kayanya sist ngebenerin perlakuan orang2 yg salah dalam memperlakukan owl ya?

    Saya ambil contoh,owl itu ga boleh dikurung dikurungan burung,tapi sist bilang boleh -___-
    Trus pemakaian rantai,haduh sist mati itu lama2 burhan kalo kaya gitu
    Owl itu harusnya ga dirantai,tp pake ankjess,fungsinya sama kaya rantai tp bisa bikin owl jadi nyaman
    Maaf sist ane cuma mengingatkan
    Sorry kl ane rada emosi,soalnya kasian owlnya

    Sist emg ga salah memperlakuin owl sist,tapi saran sist buat orang lain itu loh yg bikin saya jadi miris

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, saya senang jika ada yang mengkoreksi saya seperti ini. makasih banyak mas sebelumnya. :)
      benar mas sudah baca semua artikel saya mengenai burung hantu? Termasuk artikel CARA MEMELIHARA BURUNG HANTU CELEPUK? DI sana sangat jelas dan gamblang kok. Yakin mas sudah membaca semuanya?

      gak apa2 mas. sebagai orangtua dari owl (saya punya barn owl jantan bernama errol) juga kadang kesal dengan banyaknya owl yang mati akibat salah asuhan. :)

      salam, dan terima kasih banyak atas masukannya. untuk yang lain, harap baca semua artikel saya dulu sebelum memutuskan, jangan asal 'nembak' dari satu artikel saja. bandingkan dengan yang lain. jika ada yang tidak sesuai, bisa ditanyakan, seperti mas ini. :)

      salam dari errol mas.. :)

      Delete
  45. Dok bukanya klo menaruh owl di kamar itu gk sehat buat kitanya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mas rajin membersihkan perch-nya dan kotorannya, gak masalah mas... :)
      saya juga dulu memelihara si errol begitu, gak masalah selama kita bisa menjaga kebersihan...

      Delete
  46. Dok kalu memasang equipmentnya itu waktu di karangtina ato udah di ambil dari kardusnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah masa karantina aja... :)
      setelah masa karantina selesai, tunggu 2 hari, baru pasang equipt... :)

      Delete
  47. Dok saya punya sepasang celepuk membedakan jantan betina seperti apa dik thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya cara membedakan jenis kelamin burung hantu

      Delete
  48. Min jual "burung Hantu" nya juga gg ya ?

    ReplyDelete
  49. Dok gmana kalau baru beli lalu d bwah k rmah gk ada ruangan kosong di waktu masa adaptasi

    ReplyDelete
  50. Dan boleh ka kalau burung hantu masih kecil di taruh di kamar tpi kamar qw ruangan ac

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa pakai dus besar, bekas tv atau bekas kulkas atau 4 dus mie instan disusun... :)
      udara dingin sangat mematikan bagi owl yang masih chick. sebaiknya hindari penggunaan ac dulu kalau owlnya masih chick mas... :)

      Delete
  51. Dok burhan barn owl masih cick bulu kapas boleh gk di beri mkan burung emprit

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh aja. empritnya disiangi dulu. dagingnya aja yang dikasih... :)

      Delete
  52. Dok burhan yg tua kira kira brpa th y dok

    ReplyDelete
  53. Dok burhan yg paling tua kira kira brpa tahun ya dok

    ReplyDelete
  54. dok saya punya celepuk..udah 2 hari saya beli..sdh jg saya karantina dlm kardus..namun stiap saya deketin slalu mundur/defense..klo ditaruh di glove/perch maunya terbang trus..tp kaki sdh saya pasang anklet..oia saya belinya brancher akhir..mohon pencerahannya utk menjinakkannya biar ga defense lg

    ReplyDelete
  55. dok saya punya celepuk..udah 2 hari saya beli..sdh jg saya karantina dlm kardus..namun stiap saya deketin slalu mundur/defense..klo ditaruh di glove/perch maunya terbang trus..tp kaki sdh saya pasang anklet..oia saya belinya brancher akhir..mohon pencerahannya utk menjinakkannya biar ga defense lg

    ReplyDelete
    Replies
    1. syarat utama menjinakkan burung hantu adalah sabar, sabar, dan sabar. silakan baca2 artikel saya mengenai burung hantu di blog ini mbak. banyak yang bisa dipelajari.... :)

      cukup yakini bahwa semua burung hantu pasti bisa jinak.... yakin saja.... jangan lupa dilatih karena melatih burung hantu bisa membuat burung hantunya jinak... :)

      Delete
  56. mau tny dong. Apakah burung hantu boleh ditempatkan di kamar ber ac?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dok, kasi tips manning burhan dong. Burhan aku celepuk masih bulu kapas, udh bisa terbang dikit2. Tiap mau didekati selalu batting.

      Trus cara ngenalin dia ke perchnya gimana ya? Apa harus diambil trus ditangkring-in gitu?
      Trus tiap udh nangkring, dia buru2 terbang turun lagi. Apa yg salah y?
      Aku baca2 juga burhan ga suka perch yg terlalu pendek, yg baik tinggi perch utk celepuk brp y dok?
      Trimakasih :)

      Delete
    2. sebaiknya, burung hantu yang baru datang dibiarkan dulu dalam ruangan kosong selama 12 jam sambil dikasih makan, baru nanti lanjut proses manning dengan cara dilatih. melatih burung hantu juga sebaiknya dilakukan bertahap, sedikit demi sedikit.

      burung hantu gak suka perch yang terlalu pendek juga gak benar. untuk burung hantu yang masih masa adaptasi mungkin iya, tapi kalau burung hantunya sudah mengenal lingkungannya dengan baik, perch ukuran apapun sebenarnya oke kok.... yg penting, masa adaptasinya dan pengenalan mas dengan burung hantunya....

      silakan baca2 artikel saya mengenai burung hantu di blog ini. gunakan menu cari artikel... :)

      Delete
    3. Iya dok, ini burhan saya udh 5 hari di rumah. Kalo banyak jangkrik sekali memberi makan berapa ya? Trus lebih baik kasi makam sehari 2x or 3x?
      Trimakasih infonya dok, maaf tanya terus. Ini saya pertama kali punya burhan

      Delete
    4. kasih aja terus sampai dia tidak mau makan lagi, lalu kasih minum.... pemberian makan bisa 3x sehari... :)

      pastikan jangkrik yang diberikan masih hidup... :)

      Delete
  57. Dok, burhan saya ada gejala2 bumblefoot ni. Gimana cara ngobatinya? Apa harus ke dokter? Apa penanganan yang bisa saya lakukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, lebih baik ke dokter aja mas biar lebih tepat penanganannya mas.... biar dikasih antibiotik juga.... :)

      sehat selalu... :)

      Delete
  58. dok saya mau tanya, burung hantu bisa terkena flu burung ga? apa pas beli harus dibawa kedokter dulu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa aja. tapi yang kalo sering dibersihkan kandangnya, ditaruh di ruangan yang sirkulasi udaranya bagus, sering2 dijemur, dan pakannya dijaga, pasti gak bakalan kena avian flu.... :)

      Delete
    2. kalo baru beli dianjurkan dibawa ke dokter? ato bisa juga tidak usah? dijemur itu pagi jam berapa sampai jam berapa ya bagusnya dok?

      Delete
    3. gak usah. cukup lakukan hal2 yang tadi saya sebutkan. jangan lupa juga cuci tangan kalau habis main.... menjemur burung hantu bisa dilakukan dibawah sinar matahari pagi sebelum jam 9 selama 10 hingga 15 menit. jangan kena matahari langsung ya mas. kasih penghalang berupa kain tipis... :)

      Delete
    4. okay dok,oiya 1 lagi kan saya mau beli umur 2 bulanan ya nah apakah umur segitu sudah bisa mandi? atau ada range waktu tersendiri?

      Delete
    5. sementara ini disemprot aja dulu mas.
      jangan terlalu basah. abis disemprot, dilap pakai kain kering lalu
      jemur 10 menit... :)

      Delete
  59. Min gua ad dapt burung hantu ... pas hari ke 3 dia nelur di kamar ane.......tpi pas gua bersih2 tu burung lepas ...kira2 mau balik ga ya

    ReplyDelete
  60. Min gua ad dapt burung hantu ... pas hari ke 3 dia nelur di kamar ane.......tpi pas gua bersih2 tu burung lepas ...kira2 mau balik ga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kemungkinan balik lagi, tapi kecil.
      semoga aja memang dia balik lg mas... :)

      Delete
  61. . sore dok
    . Dok.. Saya baru dapet celepuk kemarin tgl 21 dr Ps.pramuka
    . Dia masih bulu kapas.. Tapi juga udah bisa terbang walau cuma 1 meter
    . Pas dirumah dia lsg saya taruh di kardus + tempat gelap
    . Selang 1 jam dia berontak keluar.. Ya sudah saya taruh di perch sementara di kamar saya.. Dia mau makan sih.. Saya kasih jangkrik ada kali 15 jangkrik abis
    . Cuma sehabis magrib dia itu bunyi terus dok, Sampe jam 8 pagi masih bunyi. " itu dia stress atau normal dok?
    . dia di perch, dkt sy tidur dok
    . Lalu tadi pagi saya kasih makan lagi dan lsg saya taruh kardus yg kemarin.
    . Cuma kali ini dia nggak bunyi dok,, nggak berontak juga.. sampe /5 sore baru dia bunyi , kayanya sih mau keluar .. ya lsg saya keluarin
    . ini skrg lagi ngikut ngetik juga dok :))
    . ini celepuk saya " mimo ' nggak apa2 kan dok? cz kmarin bunyi terus,, tapi sekarang diem aja sambil melotot2

    . ngomong2 ini dia baru 2 hari dirumah saya

    mkash dok .. mhon responnya .. Trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajar kok kalau si mimo sering bunyi2. malah saya khawatir kalau burung hantu gak bunyi. artinya dia lagi ngerasa sakit kalau tidak bunyi. kalau siang biasanya dia lebih baik diem dan matanya merem, kalau malam biasanya dia bunyi2. itu normal....

      taruh saja di perch sekarang. langsung latih aja. baca2 juga artikel saya mengenai burung hantu.... :D

      sehat selalu buat mimo dari errol...

      Delete
  62. . Oh sukur deh kalo dia gpp :D
    . Trus dok tadi pagi itu sy ksh mimo minyak ikan .. Sy olesin ke 10 jangkrik yg sy kasih ... Cuma waktu dia tidur itu pas sy cek feses'a malah seperti mencret gitu ... Cuma warna'a masih hitam putih.. Dan banyak hitam'a ... Itu sy kebanyakan minyak ikannya atau gmn dok? Cuma sore ini feses'a balik normal lagi hitam putih nggak cair

    . iia dok mkasih udah buat artikel buat bop .. Jadi banyak yg tau ... Udah gitu bisa konsultasi juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik jangan diberikan minyak ikan dulu mas sampe dia dewasa....

      silakan baca2 artikel saya di blog ya mas. salam nih buat mimo dari errol... :D

      Delete
  63. Kalo bersihin kaki celepuk pake antis spray boleh gak dok?

    ReplyDelete
  64. Kalo bersihin kaki celepuk pake antis spray boleh gak dok?

    ReplyDelete
  65. Kalo bersihin kaki celepuk pake antis spray boleh gak dok?

    ReplyDelete
  66. Kalo bersihin kaki celepuk pake antis spray boleh gak dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan pakai antis. mas. hehehehe....
      pakai air biasa aja. air anget.... :)

      Delete
  67. dok umur berapa udah bisa nangkring di perch?

    ReplyDelete
    Replies
    1. asalkan dia udah bisa berdiri sendiri, sebenernya bisa mulai dibiasakan di perch... :)

      Delete
    2. okay makasih ya dok, oiya ada channel buat gloves ga dok? hiihi

      Delete
  68. Dok mau nanya, barn owl saya hidungnya keluar cairan bening kyk pilek gt, kira2 knpa ya dok? Fases normal, makan juga lancar dok,, mohon info dok,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba pindahkan perch/tempat pemeliharaannya ke ruangan yang agak hangat. iklim dan cuaca emang lagi gak bagus buat BOP. kemaren juga owl saya si errol begitu...

      jaga kebersihan perch, makan teratur, dan suhu ruangan tempat memelihara stabil (tetap hangat).... :)

      Delete
  69. Klo abis ngerendem kaki celepuk. Dia bisa ngeringin sendiri kan?

    ReplyDelete
  70. Kalo rajin di jemur bisa membantu nggak dok? Kebetulan daerah di tmpat tinggal saya dataran tinggi jadi suhu udara memang dingin dok, kebetulan owner sebelumnya lokasinya dekat pantai apa mungkin karena blm terbiasa, di tempat dan suhu yg baru ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh pantas.
      iya, bisa membantu juga. tapi tetep aja mas, mas bisa pindahkan ke dalam ruangan yang lebih hangat... :)

      bisa jadi juga karena owlnya belum terbiasa. iya, pindahkan saja ke dalam ruangan dulu selama beberapa minggu, lalu kalau sudah hilang ingusnya, mas bisa pindahkan lagi keluar... :)

      Delete
  71. dok, celepuk 2 bulan udah bisa dipakein angklet jesse belom?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya tidak apa2. hanya umumnya, owl mulai dipasangi ankjess umur 3 bulan keatas...

      Delete
  72. Halo dok ..maap mau tanya lagi ...Owel celepuk saya dia uda bisa terbang smp 2 meter ...saat ini dia sdh bisa klo saya taruh jangkrik Di lantai , dia sergap terbang meluncur dr tenggeran Kira2 setinggi 100 cm ...ekornya masi pdk bulu kapas sedikit lagi ..pertanyaan saya :
    1. Kenapa dia ga pernah mau ya dok klo jangkrik itu saya pegang Dr jarak 30 cm ..baik posisi lbh rendah ataupun sejajar dia ? JTTF ga pernah mau ....Pdh owel saya rasa cukup pintar, hanya selang 1 smp 2 hari dia sdh bisa jalan sendiri sambil menyergap dg kakinya ketika owel dan jangkrik saya taruh Di lantai dlm jarak 50 cm ...selang 1 smp 2hari berikutnya dia udah bisa terbang dr tengeran ke jangkrik Di lantai ...pdh awal bgt saya beli dia pasiv malahan ga mao makan sama sekali ...

    2. Seberapa penting penggunaan peluit dok ?caranya bgmn ya dok ?apakah hrs konsisten klo sdh pake peluit jgn pake katakata lg ?

    3. Pertama saya adopt owel 1 minggu lalu , ga ada td td defence ....belakangan ini kenapa malaha sering defence y dok ? Klo liat saya suka bunyi cuit dan mengembangkan sayap smbil mundur mundur cari pojokan ....
    Sehari2 owel saya taruh di kardus kulkas setinggi 160 cm lebar 100 cm panjang 100 cm dg tenggeran di dalamnya....dus itu saya taruh di dak bersama bbrp tanaman pot krn saya ga punya teras rmh ...
    Selama ini saya ga pakaikan ankle Jesse atau apapun ...adakah yg salah dok ?

    Oya owel saya latih pagi jam 7 Dan malam jam 9 selepas saya plg kerja Kira2 1 jam Setiap lat ...selebihnya saya taruh di dus ...


    Makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya akan coba jawab.
      1. menurut saya, dia mau makan sendiri dengan mangsa ada di bawah (tanpa dipegangi oleh owner) malah bagus. mengenai dia gak mau makan kalau mas pegangin, burung hantu sama seperti kita, manusia, memiliki karakter masing-masing. mungkin seperti itulah karakternya owel, mas. dia gak mudah percaya kepada manusia. gak apa-apa, wajar kok. cukup tunjukkan kalau mas memang serius mau memelihara dia. istilahnya, PDKT dulu, hehehe. ajak main, latih, dan terus lakukan latihan karena saya pikir owel sudah sangat pintar... :)

      2. menurut saya, kata-kata lebih penting daripada peluit. peluit biasanya hanya digunakan oleh BOP diurnal (yang aktif di siang hari seperti elang, cg, alap-alap, dan lain sebagainya, sementara burung hantu yang merupakan BOP nocturnal, mereka biasanya lebih peka ke suara.
      si errol juga begitu. kalau saya tiup peluit, dia gak mau nyamperin. tapi kalau saya keluar ke balkon, saya duduk sendirian disamping perchnya dan saya panggil pelan-pelan ke arah luar balkon, kadang si errol terbang dari luar menghampiri saya. :)

      3. biasanya, burung hantu yang tidak defense samasekali saat dibeli menandakan burung itu sedang stress. namanya lagi stress kan males mau ngapa2in kan mas? begitu juga burung hantu....
      nah, sekarang setelah sama mas, dia malah defense, saya kira itu malah bagus, artinya mas berhasil membuat dia tidak stress lagi. mungkin itu penyebab si owel akhirnya mau dilatih karena burung hantu yang stress kadang susah untuk dilatih.... soal defensenya, gak apa2, nanti juga kalau mas sudah terkoneksi secara emosi ke si owel, dia tidak akan defense lagi... :)

      4. soal kandang dalam kardus kulkas, itu sudah sangat bagus. dan latihannya juga bagus. lanjutkan saja. mas juga bisa baca2 artikel saya tentang burung hantu di blog ini.... :)

      salam buat owel dari errol... :)

      Delete
  73. Makasih jawabannya dok =)
    Trus ada jg kelakuan yg lucu dr owel ....setelah dia menyambar jangkrik dr tengeran ke tanah, dia lalu menatap saya (jangkrik masi di paruh ) trus sebelum ditelan dia selalu lari dulu mencari tempat agak menjauh dr saya baru ditelan , kesannya takut saya rebut hahahahha ...kok bs gt ya dok ?


    Oya dok dg kondisi dia ga mau makan jangkrik d tgn saya , masi perlukah saya trus latih smp dia bisa jttf ?


    Oya walaupun dia bisa menyambar jangkrik Di tanah dr tenggeran , tetapi klo tenggeran saya naikkan setinggi 1,5 meter dia seperti melihat lihat ke bawah trus seakan akan takut jatuh ,pdh dia uda bisa terbang dr tanah k lemari setinggi 2 meter ...knp y dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mirip kucing, burung hantu juga kerap memamerkan mangsanya dulu ke orang atau burung hantu lain, mas. tujuannya untuk memberitahu caranya berburu ("begini nih caranya berburu makanan!"). emang begitu kok.... :D

      coba aja terus jttf mas. mas sodorin makanan dr tangan. kalau gak mau diamkan 10 menit. udah 10 menit, sodorin lagi. kalau gak mau, diamkan lagi 10 menit. terus seperti itu. :)

      biasanya, kalau banyak angin atau pijakannya kurang steady, dia biasa berdiam dulu untuk menyeimbangkan diri. terutama, untuk owl yang masih anakan. seiring bertambahnya waktu biasanya dia akan steady sendiri kok... :D

      salam untuk owel yang pinter... :D

      Delete
  74. Akhirnya dia cm liatin jangkrik dan ga berani turun

    ReplyDelete
  75. Makasih dokter ...salam jg utk errol =)

    ReplyDelete
  76. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  77. dok burhan masih chick makannya emang UH dimatiin ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung burung hantunya jenis apa.
      rata2 sih gak usah dimatiin.... langsung kasih aja... :)

      Delete
  78. dok mau tanya lagi, jam segini si alexis bersuara kik kik kik itu normal kan? bukan seharuanya tidur ya? hehehe

    ReplyDelete
  79. 1 lagu dok, celepuk masih bulu kapas boleh dikasih minyak ikan? kalo boleh berapa kali ? itu 1 bola minyak ikan dikasih semua?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya akan coba jawab :)
      1. kalau burung celepuk suka bunyi2 kalau siang itu normal. saya malah seneng kalau saya punya celepuk lalu dia bunyi2 waktu siang hari. itu tandanya dia sehat.
      2. pemberian minyak ikan cukup dilakukan 3 minggu sekali saja. jangan terlalu sering.... iya, satu kapsul minyak ikan dikasih semua dengan cara dioles sedikit2 ke jangkriknya... :)

      nama owlnya siapa mas? :)

      Delete
    2. ooh alhamdulillah kalo sehat, dia minta makan mulu pagi siang malem sama jam 1 malem setelah dikasih makan dia anteng hehe.
      okay dok kalo gitu, namanya alexis katanya salam buar errol dok hehe.

      Delete
    3. salam juga buat alexis dari errol dan padma... :)
      jangan lupa latih ya mas... cara melatih burung hantu bisa mas baca di blog ini... :)

      Delete
    4. oke dok terima kasih atas infonya ya, berguna banget buat pemula hehe.

      Delete
    5. sama-sama. silakan berkunjung lagi ke blog ini jika ada masalah :)

      Delete
    6. dok saya masih bingung deh, saya beli alexis nah katanya umur 3minnggu mau ke 1 bulam. apakah sudah bisa diaro di perch?

      Delete
    7. kalau memang dia sudah bisa nangkring, taro aja di perch. tidak apa2. kaki owl memang didesign untuk nangkrik, tidak seperti kaki kita... :)

      Delete
    8. udah bisa sih dok, cuman kalo udh beberapa lama dia lompat gitu kebawah dok ga mau lama disitu. apa emang begitu ya?

      Delete
    9. belum terbiasa itu, apalagi kan masih chick owlnya. dibiasakan saja.
      nanti juga dia akan terbiasa... :)

      Delete
    10. oh begitu, okay dok terima kasih ya

      Delete
    11. dok apakah tidak papa kalo alexis dia kik kik kik tapi memejamkan mata?

      Delete
  80. 1 lg ini dia ditaro kardua lompat2 terus, apa harus sdi taro di perch skrg? kalo di perch nanti semut pd dteng di kotorannya dong pusing deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. justru jika dia bunyi ngik ngik ngik gitu sambil merem, itu tandanya mereka sehat. burung hantu sakit biasanya tidak berbunyi kayak gitu... :)
      kotoran burung hantu tidak mengundang semut. jangkrik yang mati biasanya yang membuat semut datang... :D

      Delete
    2. DOK! saya baru sampe rumah tiba2 alexis udah tegang begitu badannya masih hidup kalo dia mangap terus mulut tertutup bunyi tak gitu :'(

      Delete
    3. sekarang udah saya kubur dok, kardusnya saya bakar :(

      Delete
    4. kenapa bisa escape mas?? :(
      semoga alexis bisa beradaptasi dengan alam ya mas... :(

      Delete
    5. gaktau dok, kenaoa ya bisa gitu? siang masih bersuara nah sorenya saya balik saya panggil kok diem aja.taunya udah tegang aja terus kaki kaku gitu pala dongak ke atas mangap2 gitu dok.
      1. apakah bisa karena angin kedinginan?
      2. apakah bisa karena makan jangkrik masih chick? pencernaannya blm sempurna?

      Delete
    6. Meninggal dok, tapi sebelom meninggal gitu kaku gitu pala dongak ke atas mangap2 dok.

      Delete
    7. saya turut berduka cita. semoga kedepannya tidak terjadi lagi.... :(

      Delete
  81. Maaf mba
    Burung saya alap² china apa cara menjinakan dan maningnya sama dengan burung hantu,?
    Terimakasih

    ReplyDelete
  82. Bu dokter, Celepuk saya kmaren2 udh mau JTTF, tp akhir2 ini gk mau. Pdhal dia udh bisa terbang jarak pendek. Itu gmn ya ?

    ReplyDelete
  83. Replies
    1. halo mas adit. halo ames. :)
      coba dilatih malam hari sambil kasih makan. untuk mengecek kesehatan burung hantu, mas bisa baca artikel cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya. cari di bagian cari artkel...

      Delete
  84. Sore Dok, saya mau bertanya..
    Saya punya Barn Owl yang masih bulu kapas, umurnya sekitar 3 minggu. Baru 3 hari ini saya addopt.
    Yang mau saya tanyakan apakah boleh bila memberi makan dengan cara membuka paksa mulutnya lalu menyodorkan makanan ketika mulutnya terbuka dan memberinya minum menggunakan sendok teh? Soalnya si Owly belum sepenuhnya kenal dengan saya. Pernah saya memberi makan dengan cara menyodorkan langsung, tetapi malah jari saya di patuk bukan makanannya.
    Mohon pencerahannya dok..
    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas tidak boleh memberi makan dengan force-feeding kalau burung hantunya masih belum jinak dan belum termanning dengan baik. saran saya, mas bisa kasih pakan hidup seperti bayi tikus putih dan semacamnya....

      Delete
    2. Apakah boleh memberi pakan hidup dok? Soalnya kan masih bayi. Teman saya punya pengalaman ketika burung hantu peliharaannya (kebetulan jenis Bar Owl juga) diberi anak tikus putih malah kakinya digigit oleh si tikus hingga berdarah. Alhasil, si BO tidak mau makan, dan langsung diberi pengobatan.

      Delete
    3. memang seharusnya dikasih pakan hidup berupa bayi tikus putih (pinkies), jadi jangan dikasih tikus putih dewasa. kalau toh mau dikasih tikus putih dewasa, dilukai dulu pakai pisau kecil biar dia gak berontak dan bau darahnya keluar, jadi merangsang nafsu makan juga.

      kalau dikasih pakan hidup, jangan diliatin mas. tinggal aja. nanti juga dicaplok ama dia... :)

      Delete
  85. dokter, Alhamdulillah saya sudah addopt owl.. dok apakah perlu owl baru saya di suntik vaksin atau dsb? lalu apakah dokter ada tempat praktek? supaya saya bisa konsul langsung bersama owl saya, dan dokter bisa cek fisik owl saya dok... trims dok sebelumnya..

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.