Umur Burung Hantu | Drh. Fira Sovica

Kesempatan hidup dan

umur burung hantu

yang dipelihara oleh manusia relatif lebih panjang daripada umur burung hantu dan kesempatan hidup burung hantu di habitat aslinya. Burung hantu sendiri bisa hidup lebih panjang jika dirawat dengan baik. Anda bisa membaca cara memelihara burung hantu barn owl dengan membaca cara memelihara barn owl, atau bagi anda yang pemula dalam memelihara burung hantu, anda bisa membaca cara memelihara burung hantu celepuk, burung hantu yang lebih mudah dipelihara daripada burung hantu barn owl. Cara memelihara burung hantu celepuk bisa anda baca di artikel cara memelihara celepuk.
Umur Burung Hantu
Image taken from lpzoo.org

Umur maksimal burung hantu yang dipelihara tergantung jenis burung hantu itu sendiri. Jenis burung hantu yang memiliki cupil telinga lebih panjang keatas biasanya memiliki umur yang lebih panjang.
  • Seperti halnya burung pemburu (bird of prey, BOP) lainnya, burung hantu berada di bagian atas rantai makanan dan tidak banyak terancam oleh spesies lainnya. Hewan lain biasanya menyerang burung hantu hanya jika makanan sangat langka, demikian juga burung hantu menyerang burung hantu lain yang lebih kecil jika makanan sedikit.
  • Bisa dikatakan, burung hantu berukuran kecil (owlets) lebih rentan diserang oleh spesies lain dan oleh burung hantu lain. Burung hantu berukuran kecil biasanya dimangsa oleh ular, possum, tupai besar, dan burung gagak, hewan-hewan yang justru dimangsa oleh burung hantu berukuran besar.
  • Bayi burung hantu sangat rentan akan kematian. Kematian burung hantu biasanya dikarenakan campur tangan manusia seperti penggundulan hutan, perburuan, serta campur tangan manusia seperti terlalu banyak dipegang oleh manusia sehingga induk burung hantu menjadi enggan untuk menjaga bayi burung hantu tersebut. Dalam beberapa kasus terdapat kecenderungan menurunnya tingkat hidup burung hantu di suatu wilayah dengan meningkatnya populasi manusia di wilayah tersebut. Dengan kata lain, kehadiran manusia di suatu wilayah dapat meningkatkan tingkat stress pada burung hantu yang mendiami wilayah tersebut.
  • Di habitat aslinya, burung hantu bisa mencapai usia minimal 10 tahun. Beberapa jenis burung hantu bahkan bisa mencapai umur 38 tahun lamanya di alam liar. Dalam penangkaran, burung hantu bisa hidup hingga mencapai usia 50 hingga 60 tahun.
Demikian adalah artikel singkat mengenai

umur burung hantu

yang dipelihara manusia serta umur burung hantu di alam liar. Semoga artikel diatas bisa menjadi penambah wawasan bagi pembaca sekalian. Saran, kritik, dan komentar bisa pembaca tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

30 Responses to "Umur Burung Hantu"

  1. Dok mau nanya, cara pelihara burung GAGAK kok belum pernah dibahas ya? Tolong dong bahas cara merawat dan pelihara burung gagak... Apa perbedaan antara Crow dan Raven juga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke nanti saya buatkan...
      kalo crow, antara sayap dan badan segaris (sayapnya lurus di sepanjang badan).
      kalo raven, antara sayap dan badan tidak segaris. (sayapnya mencuat ke atas).
      dari segi paruh juga beda. paruh raven lebih cembung, sementara crow dia lebih lurus (lebih tajam)

      Delete
    2. Celepuk aku td hbs aku makanin sma minum , dia sempoyongan , trus terbang tp jatuh kyak mo pingsan, trus aku selus2 dia sehat lg, tp hbs itu muntah makananx tp masih utuh, dia kyak gtu kadang2, 2hri skali bsa 4hri skali, dia aku makanin ulet hongkong yg kecil, soalx dlu aku ksih jangkrik tp malah radang, gara2 tengorokanx suka digigit jangkrik, kasihan, klo ulet lbh halus trus ga nyapit,, dya cew, umurnya sekitar 8bln,, knp ya ? Kok kadang sempoyongan trus muntah ? Akhir2 ini

      Delete
    3. umur celepuknya berapa?
      masih anakan ya?

      takutnya kena tetelo atau gejala tetelo, saya sarankan sih mending bawa ke dokter hewan. ini cuma tebakan saya loh ya. soalnya saya jg kan gak liat burung hantunya secara langsung....

      fesesnya gimana? warna fesesnya? coba baca artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya... :)

      Delete
  2. Permisi dok, mau tanya, sayau baru tadi siang beli celepuk, masih bulu kapas dok, caranya biar deket + kenal sama ownernya gimana ya? Terus di kasih minum tidak burung hantunya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara kasih minum burung hantu udah ada artikelnya: cara memberi minum burung hantu.

      cara agar burung hantu celepuk deket dengan masternya adalah dengan menjinakkannya. silakan baca artikel saya cara menjinakkan burung hantu.

      baca2 juga artikel lain mengenai cara memelihara burung hantu di blog ini ya mas. kalau ada yang perlu ditanyakan, kirim pesan aja.. :)

      Delete
  3. Dok mau tanya, saya tadi siang beli celepuk, masih bulu kapas dok, caranya biar deket+kenal sama ownernya (saya) gimana ya dok? Terus di kasih minum tidak burung hantunya? Terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara kasih minum burung hantu udah ada artikelnya: cara memberi minum burung hantu.

      cara agar burung hantu celepuk deket dengan masternya adalah dengan menjinakkannya. silakan baca artikel saya cara menjinakkan burung hantu.

      baca2 juga artikel lain mengenai cara memelihara burung hantu di blog ini ya mas. kalau ada yang perlu ditanyakan, kirim pesan aja.. :)

      Delete
  4. Permisi dok, mau tanya, celepuk saya kok pas di angklet di gigitin terus knp ya? Terus kakinya ga mau megar, sekarang chick akhir

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum terbiasa... harus sering dibiasakan.
      nanti kalau udah terbiasa pakai angklett, dia gak akan gigit2 lagi...

      kalau saran saya sih, umur segitu mah gak usah dipasangi angklett dlu aja mas. biar dia lebih percaya sama mas. burung hantu susah buat percaya sama kita kalau dia udah dipasangi angklett sedari kecil...

      Delete
  5. Dok saya baru beli burhan celepuk, tapi siang malam ngga mau buka mata knp ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang pasti sakit.
      entah karena apa.

      cek aja tahinya, mas. baca artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya....

      Delete
    2. Dok bagaimana cara mengenali umur burung hantu..

      Delete
    3. paling hanya perkiraan aja mas. coba mas baca artikel saya istilah dalam memelihara burung hantu...

      Delete
  6. Dok, burhan saya kok tahinya encer hitam kecoklatan ,apa ada masalah dgn pencernaannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek parameter kesehatan burung hantu lainnya. silakan baca artikel saya parameter kesehatan burung hantu...

      Delete
  7. Dok saya kemarin nemuin elang bido, setelah saya tangkap ternyata tidak bisa terbang dan bulunya banyak yang rontok gimana cara menyembuhkannya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih mau makan?
      coba karantina dulu, cek artikel saya cara karantina burung hantu. secara prinsip sama.
      usahakan mau makan ya mas, usahakan banget. sementara mau makan aja dulu. :)

      Delete
  8. Dok, mau nanya nih, cara biar burung hantu mau nyari makanannya sendiri gimana ya?,aku kelupaan saking serunya terus disuapi (handsfeed),dia sekarang kayaknya manja, harus disuapi, kalo taruh jangkrik di deketnya gak mau dimakan malah di diemin aja, perlu saran nih dok buat celepuk saya... Umurnya kalo ga salah 2 bulanan ni celepuknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya biar dia bisa makan sendiri di kandangnya? mas kasih bayi tikus putih yang masih merah (pingkies) karena secara naluri burung hantu suka sama mangsa yang keliatan lemah... taro aja di deket dia, terus tinggal... :)

      lakukan minimal seminggu 2x...

      Delete
  9. Dok mau tanya nih, burung hantu saya clepuk dia suka dalam posisi siaga stiap d deketin sama siapa aj,trus klo d ksih makan kadang d gigit d paruhnya dlu engga langsung d telen, kaya gitu udh hampir 3 hari ini, itu kenapa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu artinya dia belum jinak.
      silakan mas baca artikel CARA MENJINAKKAN BURUNG HANTU.

      soal nafsu makannya, normal kok. coba ditajamkan instingnya. kasih daging puyuh atau daging emprit...

      Delete
  10. Dok sya punya celepuk namanaya flo,dia doyan nasi,kdengerannya aneh memang.tp ttp saya kasih jangkrik tiap hari..apa bener kalo kita pelihara dari kecil bisa giring kandang.? Soalnya stiap sy bangun tidur dia udh ada di bantal saya.trus klo kita lg makan dia suka mendekat sy kasih nasi doyan aja..apa itu nggk papa dok.? Dia masih kecil baru lepas bulu kapas kemarin..blm bisa terbang jauh
    Saya nggk pernah latih dia biar terserah dia aja..gmn menurut dokter..thnks

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara memeliharanya sama kayak saya pelihara errol. so far so good kecuali kasih makan nasi. jangan dikasih makan nasi, mas. saya takut malah nyangkut di pencernaannya....

      gak ada masalah kesehatan? :)

      silakan mas baca2 dulu artikel2 saya di blog ini. semoga membantu, dan jangan sungkan kalau ada yang ingin ditanyakan...

      Delete
  11. Dok mau tanya nihh saya punya celepuk namanya bibo dia masih blajar trbang klo mlem* bibo suka trbang sring jatuh tkutnya di mkan kucing bibo blum smpurna tebang nya .. di taro di kandang apakah bklan stres gk dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kandangnya besar, saya kira gak akan stress. mas bikin owlbox aja dari kardus akua yang besar. kardus akua seliter. kasih tangkringan di dalam kardusnya....

      tapi jangan seharian di taro di dus. ya latih juga kalau lagi ada waktu. dan kasih makan dengan cara disuapin... ajak main, dielus2... :)

      oh ya, kasih perch juga di luar. jadi kalau dia lagi gak di dalam owlboxnya dia bisa menclok di situ... mas bisa bikin perchnya dari tempat parcel.

      Delete
  12. Halo dok,saya pemula untuk memelihara burung hantu.Saya beli burung hantu jenis tyto alba ini melalui online,dan umurnya katanya sekitar 5 bulanan kemungkinan juve,dan sekarang di rumah saya sudah 9 hari.Awal kedatangan burung hantu ini jinak dan selalu kabur kalau kita dekati,dan kalau saya naikkan di tangan saya memakai sarung tangan,dia diam saja dan menurut.Tapi setelah 1 Minggu saya coba taruh di tangan lagi dan mencoba dekati muka saya dengan muka dia,muka saya dipatok dan sekarang malah tambah galak.Setiap saya dekati malah berani dan membentangkan sayapnya dan mengeluarkan suara paruh,bulu pantatnya tegak.Ketika tangan saya didekatkan ke dia,dia malah ingin mematok tangan saya.Bagaimana solusinya supaya jinak dok?O iya selama ini memang tyto alba ini ga mau makan dan selalu saya paksa suapin.Saya juga pernah masukkan tyto alba ke dalam dus bersama anak ayam/burung kecil,tapi yang dimakan hanya lehernya saja

    ReplyDelete
  13. saya ada celepuk yg datang sendiri ke teras saya...secara pribadi saya tidak ada keinginan untuk memelihara burung, apapun jenisnya, tp si Olol ini karena dia datag sendiri akhirnya saya tempatkan di dalam keranjang pakaian yg saya balik, dan saya buatkan tangkringan. kenapa saya pake keranjang pakaian, karena dia untuk menghindari sergapan kucing. si Olol mungkin masih anakan, masih ada bulu kapas, alhamdulilah dia jinak. ya mungkin karena ketidak tahuan saya, saya hanya kasih makan setelah saya pulang kerja, padahal klo baca di atas..4 jam sekali...owh (maaf ya Olol ). apa si Olol perlu dimandikan Dok..? soalnya bau dr kotoran sepertinya menempel di bulunya. oh iya, sedikit cerita sebelum si Olol dateng, ketika itu saya sedang bersepeda di daerah Jababeka, yg jalannya lumyan sejuk, karena kerindangan pohon di sisi jalan, nah di pinggir jalan itu, saya melihat ada sarang burung yg sudah jatuh ke tanah..pertama sarang kosong, nah untuk kedua kalinya, saya lihat sarang yg berisi telur burung yg sudah hampir menetas, saya ambil dan saya letakan lagi di pohon, berharap dia menetas semua, nah 1/2 jam kemudian, saya dpt WA dari istri, yg mengabarkan ada burung hantu di teras..OWH. pikir saya, telurnya sudah menetas dirumah, hehe.sekian Dok, terima kasih. oh iya niatnya kalo si Olol sudah bs terbang sempurna akan saya biarkan dia ambil jalan hidupnya, mau tetap dirumah atau mau terbang bebas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas sama si Olol kayaknya jodoh.
      ada banyak cerita kayak cerita mas ini, termasuk cerita nenek saya dlu, dia juga pelihara burung hantu juga. mirip ceritanya mas.

      kalo soal mandi, udah ada artikelnya di blog ini...

      sekarang Olol gimana mas? fesesnya gimana? pokoknya selagi dia mau makan dan fesesnya masih 3 elemen (hitam, bening kayak air, dan putih kayak susu), dia masih sehat.... ada banyak artikel di blog ini mengenai burung hantu kok, mas bisa baca2... :)

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.