Cara Memelihara Savannah Monitor | Drh. Fira Sovica

Memelihara savmon atau lebih dikenal dengan

memelihara savannah monitor

jenis hobi memelihara reptil yang banyak digeluti oleh para pecinta reptil. Dalam artikel berikut, penulis akan mencoba mengetengahkan judul tentang cara memelihara savmon yang penulis tulis berdasarkan pengalaman sebagai dokter hewan.
Memelihara Savannah Monitor
Image taken from thereptilezoo.com
Savannah monitor juga dikenal dengan Bosc's Monitor adalah jenis reptil penyendiri pemakan daging (karnivora) yang hidup di daerah kering dan panas di Afrika, tempat asal savannah monitor berasal. Hewan sebangsa kadal ini memiliki sisik dengan tekstur berbintik agak kasar dan memiliki kaki pendek. Jika dipelihara dengan baik, savannah monitor dapat mencapai ukuran panjang 120 sentimeter.
Cara memelihara savannah monitor adalah sebagai berikut:
  • Kandang savannah monitor sebaiknya berupa akuarium yang memiliki panjang minimal dua kali panjang tubuhnya.
  • Satu kandang hanya boleh ditempati oleh seekor savannah monitor. Alas kandang savannah monitor bisa menggunakan kertas koran yang bersih. Suhu kandang sebaiknya bersuhu kamar, yaitu sekitar 29 hingga 34 derajat celcius. Tempatkan wadah air minum dan hiding cave di dalam kandang.
  • Makanan savannah monitor adalah jangkrik, tikus putih, bayi tikus, dan telur ayam.
  • Memberi makan savannah monitor hendaknya dilakukan saat sedang menjemur savannah monitor (basking) karena pada saat itu nafsu makan savmon akan meningkat. Cukup berikan pakan secukupnya saja, tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit. Anda juga bisa membaluri makanan savannah monitor dengan bubuk suplemen kalsium khusus reptil sebelum diberikan kepada savannah monitor. Istilah membaluri makanan reptil dengan bubuk kalsium disebut dengan powdering.
  • Jemur savannah monitor setiap hari dengan suhu 34 hingga 39 derajat celcius.
  • Jika anda tidak memiliki cukup waktu untuk menjemur savmon peliharaan anda, cukup tempatkan lampu uvb di dalam kandang. Jaga jarak lampu agar tidak terlalu dekat kepermukaan kandang. Lampu uvb yang terlalu dekat ke permukaan kandang akan membuat savmon kepanasan yang berakhir pada dehidrasi dan kematian. Untuk itu, tempatkan termometer di dalam kandang agar suhu tetap terjaga.
  • Penyakit pada ular umumnya juga menjangkiti savannah monitor.
  • Anda bisa membaca tentang jenis penyakit pada savannah monitor dengan membaca artikel penyakit-penyakit pada ular.
Demikian adalah

cara memelihara savannah monitor

. Semoga artikel singkat diatas bisa membantu anda dalam memelihara reptil, khususnya dalam merawat savannah monitor. Saran, komentar dan kritik bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

42 Responses to "Cara Memelihara Savannah Monitor"

  1. Savmoon saya mogok makan sudah selama 1mnggu itu kenapa ya dok?jemur rutin,rendam pun rutin..sampai sekarang tidak mau makan..kemarin di forst feed di muntahin..gimana cara penangan nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bentuk fesesnya gimana mas? mencret?? sebelumnya dikasih makan apa?
      sebaiknya jaga kehangatan dalam kandang karena cuaca dan iklim memang sedang tidak bagus untuk savmon. dan force feed hanya dibolehkan hanya dalam keadaan sangat terdesak.

      saran saya sih dibawa ke dokter hewan saja mas. alamat dan nomor telepon dokter hewan ada kok di blog ini. lengkap. :)

      Delete
  2. Min mau nanya
    Mas ane kan punya Savmon beby umur -+3 bulan' Setiap dia tidur/gak tidur mao ane angkat baru aja d colek dikit mendesis kaya ular udah nyabet make ekor kaya mao gigit gitu , tolong min pencerahan biar jinak soalnya baru pengalaman melihara reptil , tolong dibjawab ... Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dia begitu, mas langsung takut? )
      kalau dia begitu (galak dan menyabetkan ekornya), mas jangan takut. kalau mas takut dia malah makin berani sama mas. biasa aja. yah, 2 minggu ini usap2 aja dikit. paling nggak sentuh kulitnya, usap2. makin sering begitu, dia akan semakin mengenal mas. :)

      savmon membutuhkan sentuhan ownernya agar dia kenal sama mas dan bisa jinak... :)

      Delete
  3. Savmon gigit gx sii min , Okeh Makasih pencerahannya min

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Bu dokter, saya mau nanya yah..mhon masukannya. gini.. savmon saya ukuran 24cm an, skarang mogok mkan udh lbih 5 hri.. sblumnya makan rakus (jangkrik), entah kenapa ga mau mkan lagi sampai skarang. pup lancar.. pertama pup kaya biasa, trus akhir2 ini skrang pupnya cuma yg wrna putih aja keluarnya (mungkin karena ga ada yg dia mkan). Beberapa hari ini dia jua sering muntahin kaya lendir bening gitu (3 kali an mungkin yg terpantau saya). kondisi skrng: mulut dan hidung kering, ga ada tanda pilek (menurut saya), tubuh lemes (dulu sebelum mogok mkan gesit banget), mata nutup terus (kalau diangkat dia buka mata), kalo abis di rendem dan jemur dia saya masukin kandangnya terus dia minum. tubuhnya sekarang menyusut. mohon pencerahannya yah Ibu Dokter, apa yang mesti saya lakukan.sementara di daerah saya ga nemu dokter hewan yang bisa nanganin reptil. sebelum dan sesudah saya ucapkan terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya maksimal 3 hari mas, lalu bawa ke dokter hewan segera. tebakan saya sih salah makan yang membuat dia susah pup (konstipasi). mas kasih apa sebagai alas kandangnya? cocopeat?

      kadang kalau dikasih cocopeat sebagai alas kandang, gak sengaja dia memakan cocopeatnya yang menyebabkan dia susah pup... coba rendem dengan air hangat savmonnya....

      ini cuma tebakan saya aja ya. lebih bagus sih bawa ke dokter hewan sesegera mungkin

      Delete
    2. alas kandangnya saya kasih forest bark Bu Dokter..
      oke Dok, mksh banyak yah untuk balasan dan masukannya..

      Delete
    3. iya, kemungkinan besar emang termakan itu mas.. :(

      Delete
    4. Ane jg punya savmon baby...udh bbrpa hari lemas..kondisi sama hrus diangkat dan direndam baru melek... Kaki blkng tidak bisa digerakan sprti lumpuh. Makan hrus di force feed sampai dalam mulut bru ditelan nya sndiri...Kmngkinan konstipasi juga...mngkin trtelan substrate pasir malang halus ukuran kecil yg saya pakai.
      Cara penyembuhan ny gimana ya dok. agar bisa pup hitam. Krna saya udh lakukan berbagai cara sampai berendam perut ny diusap usap.

      Delete
    5. Ane jg punya savmon baby...udh bbrpa hari lemas..kondisi sama hrus diangkat dan direndam baru melek... Kaki blkng tidak bisa digerakan sprti lumpuh. Makan hrus di force feed sampai dalam mulut bru ditelan nya sndiri...Kmngkinan konstipasi juga...mngkin trtelan substrate pasir malang halus ukuran kecil yg saya pakai.
      Cara penyembuhan ny gimana ya dok. agar bisa pup hitam. Krna saya udh lakukan berbagai cara sampai berendam perut ny diusap usap.

      Delete
    6. silakan mas baca artikel saya Mengobati Sembelit Pada Gecko. secara prinsip sama saja.

      beddingnya pakai koran bersih aja mas...

      Delete
  7. Assalamualaikum.... saya mau nanya masalah baby savmon saya. Kenapa ya savmon saya sering tarik nafas dalam banget (kayak susah bernafas gitu)? Sering mangap mulutnya kalau mau bernafas dan di dongakan ke atas kepalaknya? Udah pernah di coba sedot hidungnya tapi gak ada cairan seperti flu atau sesuatu benda yang menyumpal di hidungnya. Rendam air hangat sama jemur rutin tiap hari, makan lancar jangkrik (semua kaki2 dan mulut jangkrik di lepaskan), lincah. Cuman masalah nafasnya aja yang agak susah, apalagi kalau savmonnya lagi tidur sering kebangun sendiri dan narik nafas dan menghembuskan nafasnya dari mulutnya gitu. Mohon sarannya. Trimakasi. Waslam

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sih agak khawatir ada masalah di paru2nya, mas.
      mas kasih alas kandang bubuk kayu ya? sebaiknya jangan dikasih bubuk kayu sebagai alas kandang, mas. karena kadang partikel kayunya masuk ke paru2....

      Delete
  8. Dok saya. Mau tanya, saya punya savmon baby umur 2blnan, salah 1 kuku dijarinya patah dok, kira" bisa gak numbuh dok. Terima kasih dok

    ReplyDelete
  9. Dok saya. Mau tanya, saya punya savmon baby umur 2blnan, salah 1 kuku dijarinya patah dok, kira" bisa gak numbuh dok. Terima kasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kuku savannah monitor yang patah bisa tumbuh lagi... :)

      Delete
  10. Kira" berapa lama waktu tumbuhnya ya dok?
    Dokter punya kontak bbm atau line, biar saya bisa hubungin buat konsultasi, makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya tidak membuka jalur komunikasi pribadi selain di blog dan chatting di blog, mas... :)

      tergantung, biasanya sekitar 3 hingga 4 bulan... cmiiw... :)

      Delete
  11. dok, savmon saya menjadi kurus keriput, mogok makan. ukuran savmon saya 60cm.
    dia terlihat lemas, jalan hanya beberapa langkah, rus tidur.

    knapa ya dok kayak gtu itu..

    mohon atvis nya dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah berapa lama? fesesnya mencret nggak?
      jujur saya khawatir crypto sih.
      coba baca artikel cara mengobati crypto

      Delete
  12. Dok kalau savmon durasi pemberian makannya kira kira berapa kali ya?

    ReplyDelete
  13. Savmon saya 20cm ,udah 1minggu mogok makan ,terakhir kasih fillet ayam dimuntahkan ,1 minggu sekali memang saya kasih fillet biar agk gemuk ,sekarang udh mogok makan ,suka bejemur dibawah lampu ,mukut suka mendongak keatas ,fases hanya putih dan berlendir ,mohon masukannya dok ,sekian terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana keadaan savmonnya mas?
      makanannya jangan terlalu besar. cacah dulu sampe kecil2, sekira dia gampang makanannya....

      selain dikasih fillet ayam, dikasih apa lagi?

      dagingnya usahakan yang fresh ya mas....

      fesesnya gimana? mencret?

      Delete
    2. dokter pakan apa yg paling baik untuk savmon 80 cm dan berapa kali seminggu makan nya ? apa boleh di beri makan seminggu 3 kali 3-4 tiput

      Delete
    3. kalo kebiasaannya gimana mas?
      sebenernya sih ngikutin kebiasaannya dia aja. tapi kalo menurut pendapat pribadi saya, seminggu 3 kali kayaknya termasuk kebanyakan.

      emang biasanya berapa dosis makannya?

      Delete
  14. Dok saya ingin bertnya, saya baru perta handle reptil varanus, saya punya savmon ukuran 50cm,
    Sebelumnya makan lancar, sehari sekali,saya memberi makan setelah savmon pup,pupnya sehari sekali pasti pup, putih ada kaya coklatnya gitu dn berlendir, saya jemur lalu saya kasih makan, dan itu setiap hari sebelum masuk musim ujan seperti sekarang ini,dan porsi yg saya berikan, tikus putih jumper 2x seminggu,, rutin filet ayam & jangkrik 5s/d3 ekor, kadang 10 selagi dia mau saya kasih,,
    Dan sekarang sudah 3 hari ga mau makan dok, kerjaannya malas dan kalo udah masuk kandang yg hangat dia tidur,,
    Tapi kalo di keluarin dia aktif,,
    Penghangat kandang saya pakai bantal penghangat yg jika terlalu panas dia otomatis mati, dan itu ga saya taro dalem gex, saya taro di luar di bawah gex, biar dalem kandang ga terlalu panas,,untuk jemur rutin setiap hari,,
    Alas kandang pakai kertas HVS,,
    Savmon saya kenapa ya dok? Saya takut kenapa" takutnya mogok makan,, biasanya rutin sekarang sudah 3 hari ga mau makan, pup lancar setiap hari,,
    Mohon solusinya,,
    Terkasih dok sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana? berubah atau masih kayak biasa?
      atau jadi mencret?

      saya punya dugaan. sayangnya mas gak kirim gambar fesesnya.

      tapi sementara kita observasi aja dulu. dan coba pancing pake bayi tikus yang masih merah. taro aja di kandangnya, terus tinggalin. secara insting, mereka suka sama makanan yang 'keliatan lemah' gitu....

      bisa dilukain dulu biar darahnya keluar... :)

      Delete
  15. Alhamdulilah hari ini mau makan, tp hanya 1 ekor tikus putih jumper dan 3 ekor jangkrik, biasanya dia makan lebih banyak dari itu,,
    Itu sudah cukup dok? Pemberian makannya kapan lagi ya?
    Fasenya berlendir dan menggumpal,,
    Karakter ga lemas, jika keluar kandang dia jalan" biasa sambil menjulurkan lidahnya,,
    Fase normalnya harusnya seperti apa ya dok?
    Sekarang sedang saya jemur japi saya kasih air setengah, lama jemurnya gpp dok? Notabeneh diakan berbeda dengan salvator air, yg biasa di iklim panas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan terlalu lama juga mas jemurnya, takutnya malah dehidrasi. iya, terbiasa dengan iklim panas. tapi kalo dijemur kelamaan juga bakalan dehidrasi juga. :D

      alhamdulillah kalo dia udah mau makan. pemberian pakannya kayak biasa aja.2x seminggu oke.

      Delete
    2. Iya makasih dok infonya,,
      Saya suka dengan hewan, tp saya lebih memilih reptil yg perawatan ga membutuhkan waktu lama untuk membersihkan kandang dan perawatannya, hanya bisa belajar lewaat google dalam pemeliharannya

      Delete
    3. iya sih, reptil yang paling simple perawatannya. dulu saya sempet punya kura-kura, pelihara dari bayi sampe mati karena tua. :D

      Delete
  16. Dok, ga mau makan lagi,, jemur lancar,, knpa ya dok? Fase pup mencret,,,
    Penqnganannya seperti apa? Swya mesti gimana biar nafsu makannya kembali?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih pakan hidup, kayak pinkies (bayi tikus yang masih merah), atau minimal kasih daging cacah... daging ayam atau daging sapi, cacah dulu kecil2...

      Delete
  17. Dok.sy baru beli savmon..sellernya bilang sehat dan makan lancar. tapi pas di saya savmonnya gak aktif dan lemas terus.skrg gak mau makan..dibadanya ada shading yg gak selesai..kira" knp ya?thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi karena stress akibat perjalanan...
      mending karantina dulu di ruangan sepi suara...

      mang pas mas beli gak test makan?

      Delete
  18. Misi dok saya mau tanya, ini savmon saya kok mendadak kaki belakang nya gabisa digerakin ya? Jalan jaya di seret gitu, substrate cuma kasih koran ama bebatuan buat tempat basking spot nya, makan masih rakus, tiba2 aja jalan kayak lumpuh gitu kaki belakangnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek asupan kalsiumnya, mas. saya takut dia kena MDB, penyakit lumpuh akibat kurang kalsium.

      selama ini dikasih makan apa? kasih asupan kalsium. kayak suplemen kalsium exoterra, misalnya...

      Delete
  19. Selamat pagi dok, saya ingin bertanya, kmrn baby savmon saya bru sampe kondisi ny lumayan aktif. Pas baru sampe lgsg saya rendem sambil kasih lampu spot saya kasih 3 ekor jkk dilahap dok. Skrg kondisi ny tiap saya masukin kandang dia lemes dok tidur aja, jadi kira kira gmn dok? Savmon ny sakit atau msh stres dan lg adaptasi krn kmrn baru sampe?

    Terima kasih

    ReplyDelete
  20. Selamat malam dok, maaf mengganggu, kmaren malam saya terlalu over kasih makan savmon saya, 7 jangkrik utk ukuran baby, tadi pagi udh pup, cuma sampe skrg belum mau makan dan tidur terus, jalan paling dikit, tidur lagi, cara penamganan gmana dok? Kandang ada pake lampu uva uvb... atau pupnya belumbkeluar semua dok?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.