Memilih Kandang Untuk Reptil | Drh. Fira Sovica

Sebagai hewan berdarah dingin,

memilih kandang untuk reptil

tidak bisa dilakukan sembarangan. Kandang khusus reptil sebaiknya memenuhi beberapa syarat tertentu. Syarat utama kandang ideal untuk reptil adalah kestabilan suhu dalam kandang.
Memilih Kandang Untuk Reptil
Image taken from animalstime.com
  • Sebagai hewan berdarah dingin, suhu tubuh reptil tergantung suhu lingkungan disekitarnya. Suhu kandang reptil yang selalu berubah-ubah atau tidak stabil akan menyebabkan pilek pada reptil tersebut. Pilek pada reptil seperti ular, bearded dragon, iguana, dan lain sebagainya biasanya ditandai dengan hilangnya nafsu makan dan hidung reptil tersebut terlihat basah. Cara mengobati reptil yang terkena pilek bisa dibaca di artikel mengobati ular yang kena pilek.
  • Maka dari itu, kestabilan suhu dan kelembaban pada kandang reptil merupakan hal utama dalam memilih kandang reptil seperti ular, bearded dragon, iguana, dan lain sebagainya. Bahan terbaik untuk membuat kandang reptil adalah kaca. Akuarium kaca yang diberi penghangat dari lampu uvb dan hiding cave di dalamnya adalah kandang terbaik untuk reptil. Di dalam kandang juga sebaiknya diberikan termometer untuk mengukur suhu ideal bagi reptil peliharaan anda karena setiap jenis reptil memiliki standar suhu kandang sendiri-sendiri. Kandang reptil juga harus selalu kering. Menaruh alas kandang berupa koran bersih akan membuat bagian bawah kandang selalu kering.
  • Selain menggunakan akuarium kaca, anda juga bisa membeli terrarium, kandang yang dibuat khusus untuk reptil yang dibuat dari kayu berbingkai kaca. Terrarium juga biasanya sudah dilengkapi termometer dan lampu uvb, sehingga anda tidak perlu repot-repot mencari kedua perlengkapan kandang untuk reptil anda.
Demikian adalah artikel singkat tentang

cara memilih dan membuat kandang untuk reptil

. Semoga artikel diatas bisa membantu anda para pecinta reptil seperti ular, iguana, bearded dragon, savannah monitor, dan lain sebagainya. Saran, komentar, dan kritik serta konsultasi bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

0 Response to "Memilih Kandang Untuk Reptil"

Post a Comment

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.