Cara Memelihara Argentine Tegu | Drh. Fira Sovica

Memelihara argentine tegu

, atau sering disebut memelihara tegu atau kadal argentina, adalah salahsatu hobi memelihara kadal lainnya selain memelihara iguana dan memelihara savannah monitor yang telah dibahas sebelumnya. Bisa dikatakan, memelihara tegu memiliki tantangan tersendiri, karena pada awal pemeliharaannya, tegu akan bersikap defensif dan galak pada owner barunya. Namun seiring berjalannya waktu, tegu akan jinak dan bersahabat kepada pemiliknya.
Memelihara Argentine Tegu

Image taken from teguterra.com
Nah, bagaimana cara memelihara tegu? Berikut adalah cara memelihara tegu.
  • Sifat dan karakter argentine tegu.
  • Argentine tegu (tupinambis merianae) adalah sejenis kadal yang berasal dari Argentina. Ciri khas argentine tegu adalah corak putih pada kulit dan sisiknya, serta bergelombang halus seperti ular. Argentine tegu adalah hewan pemakan daging (karnivora), dan di habitat aslinya, tegu bisa hidup selama 10 hingga 15 tahun dan mencapai panjang 1,5 meter dan berat 13 kilogram.
  • Kandang pemeliharaan argentine tegu.
  • Argentine tegu yang masih bayi bisa ditempatkan dalam akuarium atau gex berukuran 50 sentimeter, namun argentine tegu yang sudah dewasa hendaknya ditempatkan dalam kandang permanen yang sesuai dengan besar tubuh tegu yang dipelihara. Kandang argentine tegu sebaiknya diberi pencahayaan dari sinar matahari langsung ataupun dari lampu UVB. Suhu dalam kandang argentine tegu hendaknya konstan berkisar 30 hingga 34 derajat celcius, suhu penjemuran (basking) argentine tegu berkisar antara 41 hingga 45 derajat celcius. Tempatkan hiding box dalam kandang tegu sebagai tempat bersembunyi serta tempatkan pula bak berisi air untuk tempat berendam tegu. Sebaiknya, kandang tegu dibuat diluar rumah dengan dilengkapi penutup dan pengatur suhu. Jaga agar suhu dan kelembaban kandang tegu agar selalu konstan. Suhu kandang argentine tegu yang berubah-ubah akan membuat argentine tegu pilek. Mengobati argentine tegu yang pilek sama halnya dengan mengobati ular yang pilek yang bisa anda baca di artikel cara mengobati pilek pada ular.
  • Pemberian makanan untuk tegu.
  • Meski termasuk hewan karnivora, argentine tegu juga kadang memakan sayuran dan buah-buahan. Anda dapat memberikan daging ayam, serangga, serta tikus untuk makanan argentine tegu peliharaan anda. Atur pola makan agar argentine tegu tidak obesitas karena tegu yang obesitas tidak bisa disembuhkan dan argentine tegu obesitas rawan mengalami sudden death atau kematian mendadak akibat kegagalan ginjal dan jantung. Pengaturan pola makan argentne tegu bisa dilakukan dengan cara membatasi asupan lemak dan protein serta pengaturan pemberian makan.
  • Handling argentine tegu.
  • Argentine tegu hendaknya dihandling atau diajak main minimal 20 menit setiap harinya. Hal ini mencegah agar argentine tegu mengenal anda dengan baik sebagai ownernya. Dengan cara seperti ini, argentine tegu peliharaan anda akan jinak kepada anda. Anda bisa menggunakan harness saat mengajak tegu berjalan-jalan.
Demikian adalah

cara merawat argentine tegu

. Semoga artikel singkat diatas bisa membantu anda dalam memelihara tegu. Saran, kritik, dan komentar bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

54 Responses to "Cara Memelihara Argentine Tegu"

  1. Dok.. Maaf ganggu tengah malam soalnya lagi panik, kemarin ane tanya mslah BD skrang mau nanya masalah tegu dok. Ane punya baby tegu skitar 35cm udah 3 minggu adopt tp pas td pagi ane rendem air hangat trus jemur kaki nya pada gemeteran sampai malam ini dok.. Apa kurang calcium ?? Padahal ane rajin jemur trus pakan nya juga ane dusting calcium+d3 3x seminggu. Panik soalnya baru kali ini liat gemeteran sampai malam ini.. Mohon pencerahan nya dok soal nya di makassae blum ada yg khusus nanganin tegu. Makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi sih karena air panasnya kepanasan. malem2 juga mas rendem air tegunya?

      kemungkinan dia kedinginan atau kepanasan, suhu emang masalah utama soal kesehatan tegu.


      coba cek dua hal itu, mas...

      sekarang gimana keadaannya? masih gemeter?

      Delete
    2. Makasih banyak dok atas ilmu dan saran nya... Alhamdulillah dok baby tegu ane dan baikan dan kembali normal, mungkin memang karena suhu nya dok yg kepanasan soal nya ane matiin lampu spot nya semaleman akhirnya tegu ane sehat kembali dok. Makasih banyak dok... Sukses trus buat drh.fira sovica.. Jangan bosen yah jawab pertanyaan dari saya. Skali lagi makasih banyak dok

      Delete
    3. saya seneng tegunya sehat lagi. saya ikut senang. :D

      kabari terus kalo ada apa2 ya mas... :D

      Delete
  2. Atau karna kepanasan yah dok air hangat nya ??? Mohon pencerahan nya dok soal nya nih baby tegu ane syng bgt.. Takut kenapa napa..

    ReplyDelete
  3. Assalamu alaikum dok... Mau nanya dok, tegu baby 37cm boleh makan kuning telur mentah gak ???
    Tegu baby saya kasi makan kuning telur mentah suka banget, apa g papa yah dok ??? Mohon bimbingan nya. Makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh dengan catatan terkontrol. artinya lebih baik jangan tiap hari dikasih telur mentah. kandungan lemaknya terlalu tinggi....

      sesekali boleh... :)

      Delete
  4. Assalamu alaikum dok... Semoga dok fira tdk bosan dan masih berkenan berbagi ilmu jarak jauh. Hhehehe

    Dok... Seperti nya kaki (mungkin jari) depan tegu saya sakit deh soal nya klo saya sentuh (pencet dikit) pasti langsung nepis gitu dok padahal yg sebelah nya aman aman aja dok dan jalan normal kok, obat nya kira kira apaan dok ??
    Atau cuman perlu rendem air hangat aja tiap pagi ???
    Atau salep yg aman buat nyembuhin nya ada g dok ???? Mohon tips nya yah dok.. Makasih, semoga makin sukses dalam karir.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya saya mohon maaf karena baru balas pertanyaan masnya.... sibuk sekali seminggu kemarin... :(

      sebelumnya, tegu mas sempet jatuh atau ada insiden lain? asupan kalsium gimana? bagus?

      kalau emang gak ada insiden, pastikan asupan kalsiumnya bagus. makanannya mas taburi bubuk kalsium exoterra aja.... coba baca artikel cara memberikan asupan kalsium untuk reptil....

      rajin dijemur?

      hati2 karena cuaca lagi gak bagus buat reptil, banyak reptil sakit akhir2 ini. jaga agar dia tetap hangat...

      Delete
    2. Iyaa dok ngerti klo dokter lagi sibuk... Makasih banyaj sebelumnya udah mau respon pertanyaan nya.

      Kaya nya abis jatuh deh dok soalnya tegu saya suka manjat" terrarium pengen keluar.. Skrang udah mendingan dok karena seinf rendem air hangat tp jari nya ada yg bengkok.. Bisa di lurusin lagi g ???
      Klo salep atau minyak ada g dok yg bisa sembuhin kaki tegu bengkak atau jari bengkok ??? Buat jaga jaga dok klo dapat kasus kaki bengkak.
      Skalian buat lurusin jari tegu saya dok biar kembali normal
      Tegu saya rajin jemur dok + pakan di dustin calsium d3. Makasih dok... Sukses selalu

      Delete
  5. Dok.. Butuh jawaban dari pertanyaan di atas. Makasih

    ReplyDelete
  6. Selamat siang dok. Tegu saya betina udah seukuran 80 cm panjangnya. akhir akhir ini nafsu makannya turun. biasanya makan habis 15 ekor tikus putih ukuran tanggung, akhir akhir ini cuma habis dua ekor saja tikus tanggung. saya memberi makannya dua sampai tiga hari sekali. seringnya saya kasih aampela dan fillet dada ayam dipotong sebesar ukuran mulutnya. ikan lele juga saya berikan untuk makannannya. untuk pepaya dan buah lain kurang suka.

    Lalu saya perhatikan akhir akhir ini juga seperti susah BAB jadi perutnya membesar, hanya makan tapi tidak BAB. misal BAB juga cuma sedikit.

    untuk tiap hari pasti berjemur karena saya lepas di taman rumah dok.
    Mohon dokter memberikan solusi untuk kesembuhan tegu saya. terima kasih dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas...

      cuaca emang lagi gak bagus buat reptil.... biasanya karena stamina tegu berkurang, jadi dia nggak ada tenaga buat 'ngeden'... coba baca artikel saya cara mengobati sembelit pada gecko, secara prinsip sama kok....

      jaga agar suhu kandangnya tetap stabil

      Delete
  7. siang mba firr,
    mau tanya, memelihara Tegu lebih mudah atau lebih sulit dari iguana?

    thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. antara tegu dan iguana, sebenernya agak lebih rentan tegu, mas... :)
      lebih gampang iguana...

      Delete
  8. dokter yg baik saya mau tanya.
    1. kasih makan tegu tuh tiap hari atau 2 sampai 3 hari sekali dok?

    2. terus ngejemur matahari brp lama dan apakah harus setiap hari?

    3. lampu di kandang seperti UVB apakah harus di nyalakan 24jam? atau lampu pemanas juga?trimakash dok.

    ReplyDelete
  9. dokter yg baik saya mau tanya.
    1. kasih makan tegu tuh tiap hari atau 2 sampai 3 hari sekali dok?

    2. terus ngejemur matahari brp lama dan apakah harus setiap hari?

    3. lampu di kandang seperti UVB apakah harus di nyalakan 24jam? atau lampu pemanas juga?trimakash dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo. :)
      1. tergantung usianya, mas. makin besar tegunya, biasanya makin jarang kasih makannya. kalo yang berusia 2 tahun keatas, 2 hingga 3 hari sekali. kalo yang dibawah itu, sehari sekali... :)

      2. bagusnya emang tiap hari, minimal seminggu 2x. mas juga bisa pake lampu uvb kalo emang gak sempet jemur dibawah sinar matahari.

      3. nggak. lampu uvb buat tegu cukup 12 jam aja, dengan jarak 6 jam 6 jam. jadi 6 jam dinyalakan, 6 jam dimatikan, 6 jam dinyalakan, dan 6 jam lagi dimatikan... begitu... :)

      Delete
  10. Selamat malam dokter sy ada seekor red tegu berumur 6 bln untuk membiasakan tiap2 hari saya memegang dia selama 15 menit mungkin terlalu ketat sy memegang waktu sy lepaskan cara berjalannya terlihat agak pincang dan waktu malam suka berendam dlm air(dipelihara di tingkat 2)mohon dikasih penjelasan

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas...
      sekarang gimana keadaan tegu-nya mas? masih pincang?
      karena biasanya dia akan baikan sendiri kalau nggak parah.

      Delete
  11. Mbae tegu saya susah pup mba tapi sudah pup kapur itu harus gimana yaa mba tolong jawab atau bisa wa saya mba 081314913161 mohon pemcerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasa dikasih makan apa? coba kasih selingan buah, mas. pepaya matang boleh.

      saya tidak membuka jalur konsultasi via wa.

      Delete
  12. Selamat sore dok saya punya tegu baby makan normal saya kasih jangkrik sama ikan patin hari ini tiba2 kaki dan badannya gemetaran dok tapi masih lincah sich, itu kenapa ya dok ?? Mohon pencercahannya trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek juga asupan kalsiumnya. karena biasanya faktor itu yang menyebabkan baby tegu gemetaran di kaki dan badannya. bisa jadi kurang kalsium. kasih asupan kalsium bubuk, udah saya tulis di artikel cara memberikan asupan kalsium

      Delete
  13. Dok saya mw nanya ni saya punya tgu jinak,,tapi lama saya gk hendle cracter nya llu bringas di gendong gk mw dia udh besar kira" 80cm..
    Apakah bisa jinak lagi dok ,trus apa mslhnya biasa dok,

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa. tapi ukurannya mas mulai lagi dari awal, yaitu jinakin dari awal lagi. kenapa berhenti handle dulu mas? :)

      Delete
    2. Saya kuliah dok jadi gk smpat ngurus..
      Jdi bisa jinak lagi ya dok..
      Apa dia mangap itu mw gigit ya dok,,saya jdi bingung juga.?

      Delete
    3. bisa. sangat bisa. :)
      ya emang itu sih resikonya, hehehe... sabar aja mas, latih lagi... :)

      Delete
  14. Dok mau nanya ni... Kalo tegu baby bgs ngk ksh alasny itu cocopeat?? Saya pakai lampu 25 watt cukup ngk buat suhu dlm kndgny thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu udah cukup, mas. :)
      cocopeat oke, cuma rentan kemakan kalau pas kasih makan. malah jadi sembelit ntar. kenapa nggak pake koran bekas aja? :)

      Delete
  15. Dok, mau nanya tegu saya udah lama terserang MBD gatau spesifiknya apa, skrg ini dia jalan ada masalah dikaki depan, dia jalan pake telapak kaki dan kukunya ga napak, terus kaki depan keliatan lemas dan gak mampu buat ngangkat badan, kira kira bisa normal lagi kah dengan pemberian unsur kalsium+d3 juga jemur?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending bawa ke dokter hewan atau rumah sakit hewan, mas... biar dicek sama dia....

      kalau pemberian kalsium dan d3, hmmm, jujur saya nggak bisa jawab, karena saya tidak tahu separah apa. mungkin tebakan saya: bisa sembuh meski nggak bisa 100%.... :(

      Delete
  16. Kata org kalo pakai koran kukunya numbuh kagak bgs trs lagi shedding ngk sempurna.. Dok nanya lagi dong tegu saya kan uda ukuran 35 up kalo tiap malam matiin lampu bole? Pagi sampe, siang hidupin lampunya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang kenapa mas? kok lampunya dimatiin?
      kalau emang cuaca lagi gak dingin sih sebenernya gak masalah. tapi kalo cuaca lagi dingin, mending idupin aja lampunya. jaraknya juga harus diatur, jangan sampe tegu-nya dehidrasi karena kepanasan akibat lampu yang terlalu dekat....

      Delete
  17. Takutnya pakai lampu terus ketergantungan ma lampu dok sampai gede.. Dok kalo tegu mmg suka bosanan sama makanan yg kita kasih.. Dari baby tiap pagi kasih jangkrik tapi skrg kagak mau lagi cuma mau tikus doang.. Daging ma kecoa ma jangkrik kurang doyan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya nggak ada hubungannya sama ketergantungan, mas. karena secara alami reptil ya butuh cahaya.

      semua hewan ada kecenderungan bosan sama makanannya. jadi lebih baik dikasih banyak variasi dan perubahan makanan.

      kalau dikasih daging emprit cacah atau daging puyuh cacah, udah pernah coba?

      Delete
  18. Kalo daging ayam pernah kalo puyuh ma emprit lom mbak.daging fillet ayam bgs ngk?.. Bgsnya berapa watt ukuran 35cm up ya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. daging ayam yang anakan, mas. yang masih doc/doq.
      jangan daging ayam dewasa. biar gak terlalu alot.

      maksudnya 35cm up apanya mas? ukuran lampunya? kayaknya nggak ada lampu segede itu, mas. itu lampu buat reptil apa lampu buat dangdutan? :D

      Delete
  19. N kalau tikus berbulu, calsium jadi gk nempel ke badan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya gimana mas?
      kalau mau kasih calsium ke reptil, di powdering aja mas...

      Delete
  20. pagi dok..
    mau nanya dok.. tegu aq kok sering bersuara grook..grook.. kaya batuk. kenapa ya.. bahaya ndak.. cara ngobatinnya gimana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nafsu makannya gimana?
      kayaknya kedinginan. cek aja temperature kandangnya. pastikan kandangnya gak terlalu dingin. temperature ideal buat tegu 26 s/d 32 derajat celcius, mas.

      Delete
  21. mks dok.🙏🙏

    apa obat cacing untuk tegu dok.. apa bisa aq gunakan obat cc untuk kucing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada artikelnya mas, judulnya obat cacing untuk reptil :)

      Delete
  22. Malam dok saya mau tanya..
    Saya punya tegu umurnya kurang lebih 2 tahun
    Penjual lamanya sih bilang kasih 2 pala ayam sehari
    Sy sudah pelihara sekitar 1 bulan dan skrng perutnya besar sekali pas lagi tidur
    Apakah itu normal apa tidak?
    Dan sebaiknya ngasih makan nya berapa kali sehari?
    Sm porsinya kira2 berapa banyak?
    Terima kasih dok....

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk kepala ayam sebenernya agak kurang cocok sih mas. mending kasih daging ayam muda (DOC)... selebihnya, silakan mas baca di artikel di atas... :)

      Delete
  23. kalo baby tegu ukuran50+ kalo makannya daging doang gk boleh ya? harus pake buah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagusnya minimal seminggu sekali kasih buah, mas.
      biar sistem cernanya bagus...

      Delete
  24. malam dok mau nanya kalo pakai lampu exoterra night heat lamp yg 50 watt buat jam tidur gimana dok? boleh gk? biar ga terang bgt

    ReplyDelete
  25. Dear Drh. Fira

    Sy punya red Tegu, 3 tahun lebih

    1.belakangan ini dia malas makan bisa 5/6 hari..dan makannya pun tidak lahap cm dikit, biasa kasih kepala ayam..krn dikasih buah tidak dimakan, apa ada makanan yg bisa membuat dia selera makan lagi

    2. skrg Tegu sy berprilaku tidak wajar tidur seharian , dan kalau bangun itu dia seperti beronta ronta, memukulkan kepalanya ke lantai dan berjalan mundur sambil mulut terbuka..gejala apa ini dok dan bagaimana cara menyembuhkanya..

    3. sy taruh tegu sy di kandang out door jd dia bisa berjemur sendiri dan sembunyi bila sudah cukup, tp kl hujan pun dia bisa terkena airnya..sy tidak pernah cek suhunya dok..salah tidak untuk kandang sy ini ?

    4. tegu sy ini kadang suka jalan meyeret tubuhnya , apa ini krn kekurangan kalsium atau kegemukan, krn sy tanya teman yg pelihara 2 hal ini yg disebutkan ke saya

    terima kasih atas waktunya

    ReplyDelete
  26. Hallo dok, mau nanya, ini tegu saya kenapa ya? Apa ini infeksi, di bagian perut nya ada garis2 kuning tapi g keluar nanah, cara penanganan nya gimana ya?

    ReplyDelete
  27. Dok saya punya gold tegu, dia jumpy bgt selalu mau keluar kandang, saya taruh di aquarium ukurannya lumayan besar dari badan dia, cara bikin dia tenang gimana ya dok? Sekaligus cara jinakinnya biar pas dipegang ga ngacir lari terus. Apa karna kurang lampu uva/uvb dikandang saya?

    ReplyDelete
  28. Oiya dok kandang itu bagusnya yg ketutup atau ngga ya? Soalnya kandang saya kebuka atasnya, saya tutupin jaring aja. Takut kelembapannya kurang

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.