Cara Memelihara Iguana | Drh. Fira Sovica

Memelihara iguana

yang baik dan benar tidaklah susah. Persyaratannya hampir sama dengan memelihara sulcata yang sudah ditulis sebelumnya di artikel cara memelihara sulcata.

Tips cara memelihara iguana berikut ini semoga saja bisa membantu anda dalam memelihara iguana
image taken from xromm.org
Data umum
Nama Umum: Common Green Iguana
Kerajaan: Animal.
Filum: Chordata.
Kelas: Reptilia.
Order: Squamata.
Subordo: Sauria.
Keluarga: Iguanidae.
Genus: Iguana.
Spesies: iguana.
Nama ilmiah: Iguana iguana.
Penyebaran: Amerika tengah dan Amerika selatan.
Ukuran panjang: 5 s/d 6 inci.

Apa itu iguana?
Iguana adalah kadal besar berwarna-warni, sebagian besar nuansa berbintik-bintik hijau dalam warna dengan berbagai bandeng hitam pada tubuh dan ekornya. Iguana merupakan kada kadal arboreal, berasal dari daerah hutan hujan amerika tengah dan selatan. Iguana bisa dijinakkan dengan cara mengajaknya bermain secara terus menerus. Perlu ditekankan bahwa iguana tidak cocok dipelihara untuk pemula kecuali sudah terlatih atau untuk anak-anak.

Kandang iguana
Sama halnya dengan cara memelihara sulcata, kandang tempat memelihara iguana hendaknya disinari dengan lampu khusus reptil. Anda bisa menggunakan terrarium sebagai kandangnya. sediakan juga tempat bersembunyi dan aksesoris lainnya. air minum hendaknya selalu tersedia di pojok kandang. hindarkan kandang yang berupa kawat agar kuku iguana tidak patah.

Makanan iguana
Memilih jenis makanan adalah hal selanjutnya yang musti diperhatikan dalam

memelihara iguana

. Meski bertampang seram, iguana adalah herbivora (pemakan tumbuh-tumbuhan). Iguana mengigit tangan ownernya biasanya karena terancam, ingin bercanda, atau sedang merasa gelisah. Jenis-jenis makanan iguana mencakup kacang hijau, labu, wortel, selada air, ketela, lobak hijau, dan pisang.

Menentukan jenis kelamin iguana
Agak susah untuk mengetahui jenis kelamin iguana, terutama untuk iguana yang masih berumur dibawah 1 atau 2 tahun. Untuk mengetahui secara pasti jenis kelamin iguana, anda bisa membawa iguana anda ke dokter hewan terdekat untuk sexing.
Namun umumnya, iguana jantan memiliki bentuk kepala lebih besar dibanding iguana betina. Dan sexing dengan menggunakan pendulum lebih efektif pada iguana jantan dibandingkan iguana betina.

Demikian adalah beberapa tips dasar dalam hal memelihara iguana. Pada intinya, memelihara hewan apapun membutuhkan komitmen dan keseriusan dalam memeliharanya. Semoga artikel cara memelihara iguana ini bisa bermanfaat baik bagi pemula dalam hal memelihara iguana ataupun yang sudah berpengalaman.

89 Responses to "Cara Memelihara Iguana"

  1. Dok, kalo kandang nya aquarium besar dikasih lampu biasa (bukan khusus reptil) boleh nggak dok ?? & kalo jemur nya 3hr sekali apa nggak papa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau lampu biasa, hanya untuk penghangat saja. kalau khusus reptile kan ada asupan kalsium dari sinar lampunya. lagipula, lampu biasa karena kadang membuat kulit iguananya kering.... :)

      jemur 3 hari sekali gak apa2... :)

      Delete
  2. Dok sbnrnya alas kandang untuk iguana bs tidak menggunakan karpet? Iguana saya sekitar usia 3bulan,dan air minumnya bs dr kran atau hrs mineral water?

    ReplyDelete
  3. Mau tanya dok , kalo harga iguana dan jenisnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih jelasnya sih silakan mas baca artikel saya penjual hewan terpercaya. di sana ada penjual yang namanya mbak ani nyeel. tanya aja ke dia via bbm/sms.

      cari artikelnya di bagian search

      Delete
  4. dok iguana saya setelah saya kasih jangkrik besokannya langsung mati, itu apa penyebabnya ga cocok makan jangrik apa gmn... trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangkrik emang gak direkomendasikan sebagai makanan iguana, apalagi kalau iguananya masih anakan. kalau iguana dewasa mungkin bisa, tapi tetap harus hati2. kalau anakan, sebaiknya hanya kasih sayuran saja....

      Delete
    2. iguana saya nafsu makannya kurang dok, itu cara agar meningkatkan nafsumakannya gmn ya....trimakasih

      Delete
    3. selama dia masih mau makan, meski sedikit tak apa2.
      fesesnya gimana mas? mencret? coba sering2 jemur, minimal sekali seminggu. dikasih makan apa aja mas?

      Delete
  5. maaf donk mau tanya,iguana saya habis jatuh terus kaki depan sebeah kanan kaya lumpuh gitu dok,terus sebaiknya penanganannya gmn yah dok supaya bisa sembuh,sekian dan terimakasih dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana keadaan iguananya?
      maaf karena baru balas ya mbak.

      kalau gak terlalu parah sih biasanya akan baik sendiri. kalau belum, akan lebih baik sebenernya kalau mbak bawa iguananya ke drh... biar sekalian dicek... :)

      Delete
    2. masih sama dok cmn agak mending,kalo d pegang masih bisa gerak dikit,cmn seringnya didiemin gitu kakinya dok..
      trs mau tanya lg, apa bekas ekor yang putus warnanya nda bisa berubah yah dok,apa bakalan tetep aja item..makasih

      Delete
    3. bu dokter,,sy mau tanya,,gmn cara merawat iguana merah agar tetap merah menyala tipsnya ap ya,,terimakasih

      Delete
    4. maksudnya tetap menyala gimana ya? ma
      apakah maksudnya biar warnanya tetep tajam? hindari stress aja, sama kasih asupan makanan yang cukup... teruytama kalsium.. :)

      Delete
  6. Mau nnya ni dok, kalau menurut dokter lebih susah merawat iguana atau bearded dragon ya dok? Satu lagi dok, kalau cuma dijemur setiap pagi tapi malam nya gk pakai lampu uva/uvb boleh gk dok.. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo menurut pendapat saya, lebih susah pelihara bearded dragon.
      penyinaran/penjemuran cukup pake sinar matahari pagi. gak pake lampu uva/uvb gak apa2, asalkan suhu kandangnya stabil... gak naik turun... :)

      Delete
  7. Malam bu dokter.. sy mau adopsi iguana merah teman yg udah gede umur 3thn.. sy mau tanya apa iguana harus di bikin kandang kusus? Rencana saya ngak d kasih kandang.. sy pengen lepasi aja d dalam rumah.. biar bisa ber interaksi sama anak2 dan sy mau bikin tempat dia di kamar.. ini iguana sudah jinak.. apakah dengan pindah rumah dan tuan iguananya bisa berontak?? Mohon bantu saya dok sarannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau emang iguananya jinak, iya, di freeroom aja (dilepasin di dalam rumah). tapi meski begitu, mas harus nyediain kandang buat dia. tentu gak bisa 100% di dalam rumah dong, kalo mas mau tidur, tentu iguananya harus di masukkin kandangnya dulu biar aman....

      dan yang namanya hewan freeroom juga harus diawasi. karena dia lebih bebas. dia bisa aja jatoh, atau makan sesuatu..... sama kebersihannya juga dijaga...:)

      kabari lagi ya mas

      Delete
  8. Malam bu dokter.. sy mau adopsi iguana merah teman yg udah gede umur 3thn.. sy mau tanya apa iguana harus di bikin kandang kusus? Rencana saya ngak d kasih kandang.. sy pengen lepasi aja d dalam rumah.. biar bisa ber interaksi sama anak2 dan sy mau bikin tempat dia di kamar.. ini iguana sudah jinak.. apakah dengan pindah rumah dan tuan iguananya bisa berontak?? Mohon bantu saya dok sarannya..

    ReplyDelete
  9. Bu Dok.mau tanya ini kalau kita kegigit sama iguana apa berbahaya gak.apa bener liurnya beracun.soalx baru mau pelihara sxh bu dok.

    makasih..... sebelumnya

    ReplyDelete
  10. Bu Dok.mau tanya ini kalau kita kegigit sama iguana apa berbahaya gak.apa bener liurnya beracun.soalx baru mau pelihara sxh bu dok.

    makasih..... sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama kebersihan kandang dan iguananya dijaga, saya kira aman. gak kok, air liur iguana gak beracun....

      Delete
  11. Dok saya mau nanya, saya punya baby iguana , diperutnya kok ada benjolan kecil, apa itu penyakit BS atau emang wajar ya??, kalo soal makan dan pup lancar semua dok dan pup baik, terima kasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas.
      penyakit bs itu apa ya mas? maaf karena saya baru denger... :D

      benjolannya kayak gimana? apakah ada cairan atau nanah di dalamnya?

      kalau bisa sih mas foto, terus upload ke postimage.org, linknya taro di sini... :)

      Delete
  12. Setau saya benjolan disamping perut ada dikit gitu. Apalagi waktu kurus. Keliatan benjolannya. Mungkin normal ya dok?sama iguana saya kok sering kaget ya. Padahal g ada apa2. Dan sukanya sering kabur keluar rumah. Padahal di rumah udah saya free room.
    https://postimg.org/image/iwjtmekgv/
    Ini iguana saya sok. Kalo bole tahu jenis apa yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mas. makanya saya tanya dulu benjolannya kayak gimana, hehee... :D

      kalau saya liat sekilas, jenisnya green iguana, mas...

      Delete
  13. dok, kandang iggy saya, saya kasih alas koran, setiap hari saya ganti, tapi kalau semisal korannya basah terkena air apa bisa menyebabkan jamur?atau penyakit untuk iggynya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. basah karena apa?
      setau saya, selama di kandangnya gak ada tempat minum, saya kira beddingnya tetep kering... bisa aja sih kena fecesnya...

      ganti aja beddingnya sehari sekali atau kalau belum basah, bisa 2 hari sekali... :)

      Delete
    2. basah kena minum dok, tapi sekarang udah nggak saya kasih tempat minum tumpah terus :) nah kalo makanannya saya semprot air boleh nggak?
      oh iya dok spike baby iggy saya warnanya mulai coklat gitu, apa itu ganti kulit ya?
      terimakasih sudah membalas :)

      Delete
    3. tapi dia masih kecil bgt dok

      Delete
    4. kalo mau kasih minum, pindahkan aja dulu ke kandang lain/ke wadah lain. mas kasih makan dan kasih minumnya di situ. setelah makan dan minum, mas taro lagi di kandangnya...

      Delete
    5. dok mau tanya.iguana saya lg shadding saya bantu daerah kepala iguana saya tidak mau gimana ya dok?trs dia juga tidak mau minum,thx dok

      Delete
    6. maksudnya gagal shedding di bagian kepala? begitu?
      semprot2 kan aja air di bagian kulit yang gagal shedding, nantinya kulitnya akan copot sendiri.

      karena penyebab iguana gagal shedding salahsatunya karena kelembaban yang kurang terjaga (kulit terlalu kering)

      Delete
  14. oh ok akan saya terapkan :) maaf sebelumnya dok tapi saya punya beberapa pertanyaan mohon djawab
    1.spike iggy saya mencoklat gitu dok,apakah ciri ganti kulit?
    2.apakah kalau sudah setiap hari rutin dijemur masih butuh pencahayaan kalau butuh dibutuhkan berapa menit yaa dok?
    3.iggy saya muncul bintik hitam dok
    4.iggy saya sering dipegang tapi gak keliatan stress dok, dan dia juga gak terlalu jumpy kalo dipegang apakah normal?
    5.iggy saya suka ngelamun gitu dok dan mencakar bayangannya di kaca aquarium, apakah normal?
    6.dan mohon rekomendasi kombinasi makanan yang baik untuk iggy
    maaf ya dok terlalu banyak pertanyaan, terimakasih telah menjawab pertanyaan saya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. sebelumnya gak coklat?
      kalau sebelumnya gak coklat, bisa jadi emang tanda mau shedding, mas... :)
      2. kalo rutin dijemur, gak usah dikasih pencahayaan uvb gak apa2. cuma pastikan kandangnya gak terlalu dingin.
      3. kayak gimana? bisa mas kirim gambarnya?
      banyak? dia suka garuk2 badannya juga?
      4. fesesnya gimana? apakah mencret?
      kalau abis makan, sebaiknya jangan langsung dipegang2, mas. biarin aja di kandangnya selama minimal 3 jam. setelah itu baru bisa dimainin...
      5. normal, kok... :)
      6. silakan baca artikel di atas, hihihi. bagusnya sayurannya yang udah layu... :)

      kabari lagi ya mas

      Delete
  15. wah lengkap sekali dok, terimakasih atas jawabannya :)
    bintik hitamnya gak terlalu banyak sih dok jarak antar bintiknya juga jauh,tapi kalo garuk dia suka gesekin bagian belakang kebawah kepalanya dok,dan fesesnya juga berwarna coklat dan tidak mencret dok. :) oh iya dok kemarin iggy saya juga kaya kencing gitu ngeluarin cairan warna putih trus dia pup deh, apakah normal juga dok? sekali lg terimakasih banyak dok :) jawabanya sangat membantu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mas kirimin fotonya kemari? biar saya analisa keseluruhan. badannya (yang ada bintik) dan fesesnya... :)

      oh ya, makanannya biasanya mas kasih makan apa? minumnya gimana?

      cek aja kebersihan makanannya... :)

      Delete
  16. untuk makan sih saya kasih sawi dicampur wortel cincang. trus saya taruh makannya di tutup toples gitu dok, nah iggy saya suka tidur diatasnya gitu, apakah menyebabkan kotoran?
    untuk fotonya mungkin besok saya beri linknya, karna fotonya masih belum tersimpan dilaltop dan baru bisa pindah besok :)
    minumnya dia jarang sih, kalau disodorin baru mau kalo di taruh doang gak mau diminum dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mas. bisa jadi karena itu. mending disebar aja makanannya, atau bisa pake wadah, tapi kalau dia tidur di atasnya, mas pindahin aja...

      setau saya kalau mengeluarkan cairan putih sebelum dia pup itu wajar kok... :)

      tapi dia masih mau makan dll? sekalian aja deh saya analisa kesehatannya dari foto fesesnya besok... saya tunggu... :)

      Delete
  17. ini foto bintik nya dok, saya tidak tau ini bintik atau tidak sih :) https://postimg.org/image/4ef4z1ffd/
    oh ya waktu dia pup lupa difoto nih dok tunggu dia pup lagi ya dok :) maaf nih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepenglihatan saya sih normal2 aja mas.
      mungkin jemur aja seminggu sekali. tapi selebihnya sehat aja.

      normal kok kalau ada bagian kulit yang agak keriput gitu. kecuali kalau dia suka garuk2 di bagian itu. baru bisa dikatakan nggak nomal..

      soal benjolan di bagian pahanya juga saya kira normal kalau pas mas tekan dia nggak kesakitan... :)

      Delete
  18. trus kulit bagian perut nya itu kok kayak keriput gitu ya dok? apakah ada cara agar tidak keriput atau itu memang karna masih kecil

    ReplyDelete
  19. dok, perut iggy saya bagian kirinya ada benjolan agak keras yg kanan gak paahal

    ReplyDelete
  20. terimakasih atas jawabannya dok, kalau iggy saya sih saya jemurnya tiap hari senin sampai jum'at 5 menitan kalau sabtu minggu saya lamain 10 - 15 menit, apakah boleh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, boleh. boleh mbak.

      maaf karena baru balas... :)

      Delete
  21. dok iggy saya kepalanya warnanya pucet kayak ijo toska gitu dok, tapi warna tubuhnya hijau cerah, apakah tanda shadding juga?

    ReplyDelete
  22. matanya juga kadang membesar dok, apakah sakit? tapi cuman sementara

    ReplyDelete
  23. https://postimg.org/image/4vciov5h9/

    dokter, mohon dibantu checkkan notmal tidak gambar diatas... terimakasih

    ReplyDelete
  24. Dok, untuk kandang iguana ukuranya berapa ya? Terus iguana meliharanya bisa dicampur dalam satu kandang nggak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau iguananya gak saling serang, gak apa2 disatuin. meski saya sarankan, mending pisah aja mbak...

      untuk ukuran kandangnya, sekira dia masih bisa bergerak bebas....

      Delete
  25. Kalo ukuran kandangnya 150×75×150 cm itu cukup ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cukup kayaknya. :)
      kedua iguanyanya bisa bergerak bebas, kan? :)

      Delete
  26. Dok maaf saya mau nanya iguana saya lidah nya agak pucat warnanya ga semestinya warna merah kenapa ya dok perut agak besar adkit dok tpi kta tmen bukan pnyakit bs biasa aja trima kasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana? mencret?
      cek aja dulu fesesnya, mas... kalau mencret, ada kemungkinan emang sakit...

      oh ya, nafsu makannya juga cek. lancar apa nggak?

      Delete
  27. Dok mau tanya saya baru dapet iggy kemarin tp kondisinya lemes banget.. . Udah saya kaaih minum dia minum banyak banget...mau makan tapi cuma dikit dok terus tadi kaya yang bersin gitu badannya kurus banget biar agak gemukan gimana ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana? mencret?
      nafsu makan gimana??

      usahakan tetep makan. pastikan makanannya bersih.

      dan coba mas kirim gambar tahinya kemari, mas.... saya tunggu...

      Delete
  28. dok saya punya iggy jantan kayanya kena gigit sama iggy betinanya terus kakinya jadi kaya lumpuh gitu terus bengkak ada bekas lukanya juga..
    itu ngatasinya gimana ya dok
    trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. pisahin, mas. jangan disatuin terus.
      setelah itu, observasi aja selama seminggu.

      sampe patah nggak tulangnya?
      biasa dikasih makan apa?

      Delete
  29. Kulit Iggy kaya melepuh jadi kehitaman. Ngobatinnya gimana ya dok, atau dibiarkan aja sampai ganti kulit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gambar: https://i.imgur.com/71RP6Vw.jpg,

      Delete
    2. https://i.imgur.com/71RP6Vw.jpg,

      Delete
    3. maaf karena baru balas.
      udah coba dimandiin mas? coba aja mandiin. itu sih kalo saya liat kayak kerak gitu.... mandiin aja pake air hangat, terus yang keraknya itu bisa digosok pake sikat gigi bayi..

      Delete
  30. assalamu'alaikum dok.. saya punya green iguana ukuran -+60cm, dibadan sama buntutnya ada titik" hitam itu apa ya ? apa jamur dok ? cara mengobati iguana jamuran gmna ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya saya gak bisa liat iguanya langsung. bisa jadi jamur. bisa mas kriim gambarnya kemari?

      tapi mandikan aja iguananya, seminggu 2x. abis dimandikan, bisa jemur. bagusnya mandikan pagi2, jadi abis dimandiin bisa langsung jemur.... :)

      Delete
  31. https://i.imgur.com/GTCdk9P.jpg,

    ReplyDelete
    Replies
    1. parasit kayaknya mas. mandiin pake air hangat campur dettol antiseptik cair....

      Delete
  32. oke dok.. nanti saya coba
    makasih ya dok...

    ReplyDelete
  33. Asslkm Dokter. Saya baru beli babby red mix iguana. kmrn pas beli saya yg pilih sendiri iguananya. Skrg br sehari dirumah, makannya sedikit. Fesesnya cair. Pdhl sudah saya jemur sekitar 20menit, makanan saya kasih tauge dan cesin.Apakah dia msh stress karena adaptasi? Dan apakah sudah boleh di handling? Mohon pencerahannya Dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana keadaannya mas? maaf karena saya baru balas. :(

      harusnya emang jangan dijemur dan jangan dipegang2 dulu. karena dia masih adaptasi... .. taro aja di kandang sepi, biar dia tenang dulu. jangan lupa kasih makan di kandangnya...

      Delete
  34. Selamat malam dok, mau tanya iguana saya belakangan ini fesesnya cuma putih aja, hitamnya dikit. Nafsu makan lancar seperti biasanya, tapi fesesnya ga lancar dok. Akibatnya perutnya gendut gitu. Biasanya saya bersihkan kandang 1 minggu sekali, ini sudah 2 minggu belum kotor juga kandangnya. Saya sudah keep iggy sy 3 bulan baru kali ini seperti ini. Mohon pencerahannya dok, atau bagaimana cara mengatasinya. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya mas kasih makan apa?
      agak susah sebenernya, soalnya saya nggak liat iguananya langsung.
      . kalo emang urgent mas bisa bawa aja ke dokter hewan langsung. kalau emang gak urgent, coba cek artikel saya: cara agar reptil tetap sehat

      Delete
  35. Makannya sawi pisang tomat dok.. oke siap dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kasih pepaya matang aja mas. sebagai makanannya. jangan dikasih lain selain potongan pepaya matang.

      Delete
  36. dok saya mau tanya knp iguana saya ga mau makan sendiri(harus disuapin) padahal udh keep 8bulanan

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah terlalu sering disuapin. coba mas taro aja makanannya di kandangnya. terus tinggal (jangan diliatin). kalau dalam waktu 6 jam gak dimakan juga, baru suapin dengan makanan yang mas taro di kandangnya tadi....

      Delete
    2. apa kalau lebir rajin jemur lagi bisa berpengaruh dok

      Delete
    3. kalau rajin dijemur dia bisa makan sendiri?
      nggak sih mas. :)

      Delete
  37. dok mau tanya apa saya bisa memelihara iguana soalnya saya bru pelihara kura kura air dan saya pernah merawat panana tapi ga sepenuhnya karenanotu punya sodara, saya paling bantu ksih makan dan jaga suhu nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja pelihara iguana, mas. gampang kok, malah lebih mudah dibandingkan panana... :)

      Delete
  38. Permisi mau nanya saya melihara iguana di kandangnya saya kasih lampu reptil cuman sama mau nanya buat pengunaan lampunya sehari berapa jam ya terus kapan harus nyala kapan harus mati?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau lagi dingin aja mas. kalo cuaca lagi panas, ya matiin aja. :)

      Delete
  39. Mau tanya bu dokter, kalo pagi gak sempat jemur apa siang hari boleh dijemur?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagusnya pagi sih mas. :)
      kalau emang gak bisa jemur pagi, pake lampu UVB aja. tapi jangan lama2. 10 menit aja. dan jangan terlalu deket ke iggy-nya. nanti malah mati dehidrasi karena kepanasan...

      Delete
  40. Mohon maaf sebelumnya karena sudah mengganggu. Saya ingin bertanya. Saya adalah pekerja kantoran dan ingin memelihara reptil, khususnya iguana. Kendala saya adalah tidak punya cukup waktu untuk melakukan penjemuran secara rutin, terutama pada saat weekdays. Apakah lampu kombinasi UVA/UVB seperti SolarGlo yg 80 watt sudah cukup untuk mengatasi permasalahan tersebut?
    Kira-kira bagaimana setting kandang dan daily treatment yang memungkinkan untuk dilakukan dengan kondisi diatas?
    Terima kasih atas perhatian dokter.

    ReplyDelete
  41. Dok,kl perkawinan iguana dari indukan yg sama apa akan berdampak buruk bagi anaknya.. Klainan fisik ato gmn gt? Ato tidak apa2?

    ReplyDelete
  42. Malam Dok saya mau tanya iguana sya di satukan(sepasang ) malah berantem ya waktu saya beli emang terpisah sama jenis nya pun berbeda waktu saya satukan di kandang agak kecil nggak berantem stelah sya pindahkan mlah sering ribut skrg jantan mulut nya jdi kya sariawan apakah normal dok trima kasih mohon di jawab

    ReplyDelete
  43. Mlm dok ini saya baru dpt Iggy kok dia gak mau mkn apa dia lg gejala stress mang sblmnya dipegang2 ..skr ditaruh di kandang dl supaya dia tenang..terima kasih dokter mohon masukannya..

    ReplyDelete
  44. dok saya ingin bertanya, saya baru membeli iguana jantan indukan. tapi jika berjalan kaki belakangnya lemes seperti tidak ada power, jadi agak menyeret jalan nya. apakah itu bisa disembuhkan dok dan kembali normal? lalu bagaimana cara cara terapinya, apakah harus dibawa ke dokter? terimakasih

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.