Mengenali Sugar Glider Bleachingan | Drh. Fira Sovica

Mengenali sugar glider yang bulunya dibleaching dengan sugar glider yang memang asli tidaklah sulit, terutama bagi anda yang sudah berpengalaman dalam memelihara sugar glider. Artikel ini saya buat untuk menunjang artikel cara memelihara sugar glider.
Mengenali Sugar Glider Bleachingan
Image taken from kaskus.co.id
Berikut adalah beberapa tips untuk

mengenali sugar glider bleachingan

atau sugar glider hasil bleaching.

1. Perhatikan telinga dan bagian dalamnya.
Sugar glider hasil bleaching biasanya adalah sugar glider jenis classic grey yang dibleaching menggunakan cat rambut. Hal ini biasanya dilakukan oleh oknum penjual yang ingin menaikkan harga sugar glidernya.
Namun demikian, proses pembleachingan itu biasanya tidak sampai mengubah warna telinga dan bagian dalamnya. Maka dari itu, jika anda menemukan seekor sugar glider yang anda curigai adalah sugar glider bleachingan, perhatikan bagian kupingnya. Jika sugar glider tersebut berwarna putih di bagian tubuhnya tapi kupingnya tetap berwarna hitam, maka kemungkinan besar sugar glider tersebut adalah hasil pembleachingan. Jangan pernah membeli sugar glider yang bulunya dibleaching.

2. Jika diraba, bulunya terasa kasar.
Bulu asli sugar glider, jenis apapun itu, akan terasa halus jika diraba. Maka, patut dicurigai jika ada sugar glider yang berwarna putih namun terasa kasar jika diraba. Kemungkinan besar sugar glider tersebut adalah hasil bleaching.

3. Harganya.
Hal ketiga untuk mengetahui seekor sugar glider adalah hasil bleaching atau tidak adalah harganya. Jika anda ditawari seekor sugar glider yang menurut penjualnya adalah jenis albino namun harganya masih berkisar ratusan ribu rupiah, anda patut curiga.
Pasalnya, sampai lebaran monyet pun tidak ada yang percaya bahwa ada jenis sugar glider albino berharga ratusan ribu. Harga seekor sugar glider jenis albino bisa dilihat di artikel jenis-jenis sugar glider.

Tindakan membleaching bulu sugar glider adalah tindakan keji yang tidak seharusnya dilakukan oleh siapapun, dimanapun, kapanpun, dan dengan alasan apapun. Membleaching sugar glider dapat mengakibatkan iritasi hingga alergi dan bisa menyebabkan rontoknya bulu sugar glider. Sugar glider yang dibleaching juga kerap akan merasa stress hingga dapat menyebabkan kematian. Penulis memohon agar pembaca TIDAK MEMBELI SUGAR GLIDER YANG TELAH DIBLEACHING BULUNYA. Terima kasih. (FS)

23 Responses to "Mengenali Sugar Glider Bleachingan"

  1. Replies
    1. bisa, mas. lama-kelamaan akan tumbuh bulu baru menggantikan bulu yang di bleaching... :)

      Delete
  2. dok, apakah ada SG berwarna coklat? Thank..

    ReplyDelete
    Replies
    1. warna asli? tidak ada.
      kadang ada sg yang berwarna coklat karena kena kotoran (biasanya bekas feses dan urinnya), tapi aslinya sebenernya bukan coklat tapi abu2. jenis2 sugar glider bisa mas ketahui di artikel jenis sugar glider.....

      Delete
  3. dok saya suka sg tp g cocok warnanya...saya dr dl udah pikir mau bleaching tp bleaching bulu sg hewan pake apa ya dok?dok blh minta pinnya?

    ReplyDelete
  4. dok saya suka sg tp g cocok warnanya...saya dr dl udah pikir mau bleaching tp bleaching bulu sg hewan pake apa ya dok?dok blh minta pinnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dengan alasan apapun, bulu hewan tidak boleh diwarnai. dan setahu saya, tidak ada cat bulu hewan.

      Delete
  5. Bgmn cara meghilangkan nya dok,
    Apa cma pake shampo kucing ?ga bsa pake shampo biasa ?
    Atau ada alternatif lain dok ...
    Thanks before

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak susah sebenernya untuk menghilangkannya. pakai shampo kucing pun kadang tidak bisa menghilangkan, dan sugar glider yang dimandikan dengan cara dibasahi langsung dengan air gitu, rawan hipotermia (mati akibat kedinginan)..... namun balik lagi ke masnya.... :)

      saran saya sih mending tunggu hingga bulu yang dibleaching tergantikan dengan bulu baru... :)

      Delete
    2. Makasih dong saran nya,,
      Saya pnya pertanyaan lg,
      Sudah beberapa hari cenderung diam sg nya,selalu ngumpet didalam pouch(setau saya sg itu binatang aktif)..
      Saran apa biar sg nya aktif lg dok ?dn makanan apa yg bagus untk sg yg cenderung diam saja ..

      Delete
    3. kalau siang hari, sg memang cenderung pasif. mereka kan hewan nocturnal (aktif di malam hari), jadi mereka lebih banyak gerak di malam hari. kalau siang paling hanya makan dan bermain sebentar dengan ownernya jika ownernya ngajak main, selain itu, dia tidur...

      sg yang pasif juga bisa dikarenakan dia gak punya temen main. sg adalah hewan sosial, jadi mereka membutuhkan interaksi sesama sg sehari2nya. mas pelihara berapa ekor? mungkin dia gak aktif karena gak ada temennya.. :)

      Delete
    4. Karena saya pemula jadi saya pelihara 1 dulu dok,kalo emg saya sudah paham tntang pemeliharaan sg nya,rencana saya mau beliin pasangan nya ,,
      Mgkin sg saya stres krn bleachingan(ketipu penjual,katanya sg langka)
      Saya lepas dari kandang pun dy ga lari,hanya diam saja

      Delete
    5. oh begitu. gak apa2, mas. yang penting dia sehat. kasih madu di air minumnya.
      ada kemungkinan stress karena dibleaching itu. gak apa2 kok. saya siap jadi pemandu mas....

      sementara ini, kasih madu di air minumnya. next, tolong mas infokan fesesnya ya. mau dikasih nama? lebih bagus. sering2 diajak main dan panggil pake namanya.

      silakan baca2 dulu artikel2 mengenai sugar glider di blog ini... :)

      Delete
    6. Thanks dok,you very" helping :) ..
      Untk makan dn minum slalu saya campur madu ,,untk nama saya udh kasih koq ,,, ,gpp emg dok kalo kita pegang terus ?hampir stiap hari nya saya pegang dn ajak main

      Delete
    7. gak apa2 dipegang tiap saat... :)

      Delete
    8. Untuk feses nya padet dok ,,warna nya hitam agak seperti pepaya ..
      Krn saya ksh makan nya pepaya dan sun beras merah ,,

      Delete
    9. itu udah bagus. :)
      terus pertahankan. jangan lupa baca2 artikel saya tentang sg di blog ini... :)

      Delete
    10. This comment has been removed by the author.

      Delete
    11. Dok sy mu nanya nie,,,klo jd breed susah g y?sg sy rencananya mu breed tp cari yg pas soal ny pengen hasil ny jenis sg lain,gmn cara nya?

      Delete
    12. Dok sy mu nanya nie,,,klo jd breed susah g y?sg sy rencananya mu breed tp cari yg pas soal ny pengen hasil ny jenis sg lain,gmn cara nya?

      Delete
    13. kalau mau menghasilkan sg jenis lain yang kedua induknya harus yang jenis itu juga. mas pengen punya anakan sugar glider leucistic, ya mas harus punya indukan sugar glider leucistic lah... :)

      gak bisa sg grey menghasilkan sg jenis selain grey....

      Delete
  6. Dok, fesesnya warna putih dan agak cair . Saya juga tertipu penjual yg bleaching bulunya . Gimana caranya supaya feses dia normal ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih makan buah. cukup2 buah2an aja.
      jangan dikasih makanan buatan manusia (bubur bayi, dll)... air minumnya kasih madu dikit. madu TJ aja, jangan madurasa. kalo ada madu asli, lebih bagus... :)

      kalo udah terlanjur dibeli, ya udah. buat pengalaman aja mas... :)

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.