Cara Mengobati Penyakit White Spot | Drh. Fira Sovica

Penyakit bintik putih atau

penyakit white spot

adalah penyakit pada ikan air tawar dan kura-kura semi aquatic dan kura-kura full aquatic. Mengobati penyakit bintik putih pada kura-kura dan ikan sebenarnya mudah, asalkan dilakukan dengan cepat dan tepat. Penyakit bintik putih pada ikan dan kura-kura biasa disebut ich. Penyakit white spot biasanya terjadi akibat lingkungan air yang kotor akibat bakteri yang disebabkan oleh sisa makanan. Penyakit white spot atau penyakit bintik putih pada ikan dan kura-kura biasanya membuat nafsu makan ikan dan kura-kura berkurang, bahkan dalam beberapa kasus yang parah, penyakit ini akan membuat nafsu makan ikan dan kura-kura hilang samasekali (mogok makan), yang berakhir dengan matinya ikan dan kura-kura yang terkena penyakit white spot ini.
Cara Mengobati Penyakit White Spot

Image taken from aquarium-geek.com
Berikut adalah cara mengobati penyakit white spot pada ikan dan kura-kura yang penulis tulis berdasarkan pengalaman penulis sebagai dokter hewan.
  1. Saat melihat ada bintik putih pada salahsatu tubuh ikan, segera pindahkan ikan tersebut ke akuarium lain dan periksa secara menyeluruh tubuh ikan yang lain. Jika terdapat ikan lain yang memiliki bintik putih juga, pindahkan ikan tersebut ke akuarium lain lagi. Hal ini untuk mencegah penyebaran penyakit bintik putih pada ikan yang masih sehat.
  2. Setelah anda yakin tidak ada ikan lain yang memiliki bintik putih lagi, segera ganti air di dalam akuarium, dan ganti air setiap hari selama seminggu berturut-turut.
  3. Setelah ikan yang memiliki bintik putih dikarantina dalam akuarium karantina, naikkan temperatur air di dalam akuarium secara perlahan. Normalnya, ikan hidup di suhu air antara 20 hingga 26 derajat celcius. Naikkan suhu air dalam akuarium karantina secara perlahan (satu derajat celcius dalam setiap jam secara perlahan) hingga mencapai 30 derajat celcius, dan pertahankan suhu tersebut selama beberapa jam untuk membunuh jamur penyebab penyakit white spot. Lakukan langkah diatas selama satu minggu sambil dengan air yang diganti setiap harinya.
  4. Jika anda kesulitan melakukan poin nomor tiga karena tidak adanya water termometer, maka anda bisa melakukan poin keempat ini, yaitu menambahkan garam ikan ke dalam air. Ganti air tiap hari dengan air yang telah ditambahkan garam ikan hingga kondisi ikan atau kura-kura sehat kembali.
Langkah pengobatan penyakit white spot poin ketiga sebenarnya sudah cukup untuk mengobati penyakit white spot pada ikan. Namun jika bintik putih tidak juga berkurang, berikan garam ikan ke dalam air akuarium karantina dengan dosis 5gr perliter air, lakukan selama 3 hari berturut-turut.

Demikian adalah

cara mengobati penyakit bintik putih

pada ikan air tawar dan kura-kura. Semoga artikel tersebut bisa membantu anda dalam menyembuhkan penyakit bintik putih pada ikan. Saran dan komentar bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

76 Responses to "Cara Mengobati Penyakit White Spot"

  1. Saya daridulu punya ikan di aquarium mati karena white spot!!!!!
    Sekarang saya masih piara ryukin di aquarium, dan mulai terjangkit white spot lagi!!!!
    Sudah saya kasih garam air dan ganti air tiap hari, tapi jamurnya palah nambah lagi, ada cara yg lebih ampuh mbak dokter???

    ReplyDelete
  2. Saya daridulu punya ikan di aquarium mati karena white spot!!!!!
    Sekarang saya masih piara ryukin di aquarium, dan mulai terjangkit white spot lagi!!!!
    Sudah saya kasih garam air dan ganti air tiap hari, tapi jamurnya palah nambah lagi, ada cara yg lebih ampuh mbak dokter???

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba ke toko akuarium yang lengkap, biasanya ada obat untuk white spot.
      jaga juga kestabilan suhu air dan kebersihan air... :)

      Delete
  3. bu dokter mau tanya ya, saya lagi ada leopard catfish ukuran 2,5 inch jumlah 2000 ekor dari dua ribu ekor tersebut saya bagi-bagi tiap akuariumnya 60 ekor, ikannya masuk 3 hari yang lalu, pas saya perhatikan ternyata tiap akuarium ada yg terkena whitespot (perbandingan 50% dari tiap akuarium yang terkena ws), untuk pengobatan & perawatannya tanpa memindahkan/karantina ikan ke akuarium lain itu giamana ya dok cara terampuhnya? (perawatan & pengobatan diakuarium tersebut tanpa memindahkan yg terkena ws nya).

    terimakasih dok

    Nb: saya ganti air sehari 2x (pagi dan malam) sebanyak 3 jari ,makannya bloodworm yg sudah saya cuci bersih.. akuarium hanya menggunakan air-pump (tanpa power-head). tiap habis ganti air saya berikan acriflavin oxytetra secukupnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak repot sebenernya kalo kasusnya kayak gini, mas.
      banyak banget soalnya ikannya, jadi susah ngebedain mana yang kena white spot mana yang tidak. bisa mas sortir nggak mana yang whitespotnya parah mana yang tidak? juga pisahkan mana yang tidak kena white spot, mana yang nggak parah kena white spot, dan mana yang parah banget kena white spot-nya. rawat sesuai tingkat keparahan penyakitnya.... :)

      Delete
  4. Kalo dosis untuk ikan konsumsi, apa sama 5gram per litter air. Tolong masukanua, terimakasih

    ReplyDelete
  5. Bu dokter,kalau ikan yg gak kena white spot tapi dikasih obat nya untuk pencegahan gapapa?

    ReplyDelete
  6. Bu dokter,kalau ikan yg gak kena white spot tapi dikasih obat nya untuk pencegahan gapapa?

    ReplyDelete
  7. Bu dokter,kalau ikan yg gak kena white spot tapi dikasih obat nya untuk pencegahan gapapa?

    ReplyDelete
  8. Bu dokter,kalau ikan yg gak kena white spot tapi dikasih obat nya untuk pencegahan gapapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ikannya gak kena whitespot, cukup beri makan cukup dan jaga kebersihan air. itu aja udah cukup sih. bisa dikasih garam ikan dikit. :)

      Delete
  9. Oh iya bu dokter,saya tidak menggunakan heater itu gapapa dok?cuma pakai obat acriflavine saja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. masnya taruh kura2nya di ruangan ber ac? kalau iya, mending pindahkan ke ruangan non ac, biar dia gak kedinginan.

      gak perlu pake water heater gak apa2, yang penting suhu airnya gak turun naik. untuk menjaganya, sebenernya tergantung suhu ruangannya. makanya tadi saya saranjkan, pindahkan kr ruangan non ac... :)

      Delete
  10. Oh iya bu dokter,saya tidak menggunakan heater itu gapapa dok?cuma pakai obat acriflavine saja..

    ReplyDelete
  11. Mba labi2 saya tiba2 f tempurungnya mncul bercak putih agak luas (bukan bintik kecil spt dlam gambar) apakah itu trmsuk white spot jga???

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi itu whitespot. mending lakukan langkah2 seperti di atas...

      maaf karena saya baru balas hari ini ya mas. sibuk sekali minggu2 kemarin... :(

      Delete
  12. Bu,ikan dlm aqurium sya sbgian kena WS, tp klo mesti krantina susah ngambilin ikan.a soal.a ikan.a kecil2 jenis neon tetra. Jd sya kasih obat ajja yg ada kandungan metyaline blue langsung d aquarium. Dlm 24jam WS nya ilang, pling ada 1-2 titik WS d bberapa ikan. Yg jd prtanyaan, pngobatan lgsg d aquariumnya gak akan brdampak sma tanaman air?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ws cuma terjadi pada ikan, jadi gak akan nular ke tanamannya. nah kalo buat tanamannya, apakah obat yang digunakan untuk mengobati ws akan mempengaruhi? saya kira tidak. :)

      Delete
  13. siang dok....ikan saya mati semua kena white spot....sekarang akuarium nya kosong.... tapi saya berniat pelihara lagi.... gimana ya dok cara membersihkan akuarium nya secara total, biar bersih dari bakteri dan jamur sebelum saya beli ikan lagi?

    apa cukup dengan menguras habis akuarium, mencuci bersih akuarium, pasir, filter dan hiasan2 nya aja? atau gimana?
    saya takut ikan saya mati lagi karena sakit yang sama.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mbak. mending cuci bersih peralatan dan akuariumnya secara total. selain itu, analisis dulu kenapa muncul white spot pada ikan, karena penyebab white spot diantaranya:
      *suhu air yang naik turun (gak stabil)
      *kualitas air jelek
      *kualitas makanan
      *stress pada ikan, diantaranya karena banyaknya suara keras dan terlalu banyak aktivitas di sekitar akuarium

      Delete
    2. Iya dok. Kayanya gara2 kedinginan airnya... Kalo gitu perlu dipasang thermo suhu berapa ya?

      Kalau air saya suka. isi pake ledeng or air galon. Makanan sih saya beli yg merek ocean free khusus ikan kecil. Dan akuariumnya saya taro di kamar. Jadi relatif sepi...

      Delete
    3. Iya dok. Kayanya gara2 kedinginan airnya... Kalo gitu perlu dipasang thermo suhu berapa ya?

      Kalau air saya suka. isi pake ledeng or air galon. Makanan sih saya beli yg merek ocean free khusus ikan kecil. Dan akuariumnya saya taro di kamar. Jadi relatif sepi...

      Delete
    4. oh iya. kemungkinan emang karena suhu air atau bisa juga emang karena jamur. jadi fokus ke situ aja, suhu air dan pembersihan jamur2nya... :)

      maaf, mbak mau pelihara ikan apa? karena suhunya beda2 setiap ikan. nanti saya bantu... :)

      Delete
    5. Saya pelihara guppy, molly, barbir, black ghost ,sapu, black phantom & sumatra dok. Rencana nya nanti mau pelihara jenis ikan yang sama lagi. Apa dikasih garam ikan di air nya membantu? Pemberian nya berapa banyak & setiap berapa lama sekali ya?

      Delete
    6. Saya pelihara guppy, molly, barbir, black ghost ,sapu, black phantom & sumatra dok. Rencana nya nanti mau pelihara jenis ikan yang sama lagi. Apa dikasih garam ikan di air nya membantu? Pemberian nya berapa banyak & setiap berapa lama sekali ya?

      Delete
    7. bantu juga sih pake garam ikan, takarannya ada di artikel di atas... :D

      untuk guppy, temperature airnya suhu ruangan aja, antara 15 hingga 30 derajat celcius...

      Delete
    8. Oh ok dok. Kalo saya Kasih garam ikan secara berkala ga apa2 ya? Sebaiknya setiap berapa hari/ minggu sekali ya dok? Oia aquarium saya kapasitas 15 liter... Itu kira2 garam ikan nya berapa sendok makan ya? Thx dok.

      Delete
    9. gak apa2 dikasih garam ikan secara berkala, asalkan sesuai dosis. :D

      dosis garam ikan untuk air akuarium sudah ada di artikel di atas...

      Delete
  14. dok mau nanya klo ikan ngak kena ws dan kena ws di gabung dlam satu akuarium karantina tpi di kasih obat ws ngak pp atau masalah dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan digabungin dengan yang gak white spot, mas..... :)

      Delete
  15. Bu dokter burung saya kok loyo, apa obat nya ya ? Biar lincah

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek fesesnya. cek artikel saya, parameter kesehatan burung hantu.

      jangan ditaro diluar kalo malam ato kalo lagi dingin. udara lagi gak bagus buat hewan... :)

      Delete
  16. bu dokter saya sudah beberapa kali ikan hias air tawar diaquascape saya terkena kasus white spot dok..

    dan sekarang ini jumlah ikan yg terjangkit sudah terlalu banyak dok lebih dari 30 jenis ikan hias air tawar dan semua terjangkit..
    aquascape saya berkapasitas 7000 liter ..

    saya jadi capek dan stres menghadapi kasus ini ..

    tolong dok saran pencegahan yg ampuh dan cara menangulangi'nya dok ..

    karna saya sudah pakai cara pencegahan dan penangulangan yg sudah benar dan selalu mengikuti saran dari bu dokter.. mulai dari air.. tempratur.. obat2 pencegah .. pakan .. PH air.. dll.. tapi selalu saja terulang lagi kasus ini lagi dok dan sekarang ini semakin parah dan cepat sekali penyebaran'nya dok ..

    saya sayang dengan ikan2 saya melebihi pacar saya dok.. merekalah penghibur saya disaat saya galau dan bila sedang berada di rumah.. :(

    tolong pencerahan'nya dok..
    Dan terimakasih atas perhatian'nya selama ini..
    saya sangat berharap dan sangat menghargai semua saran dari bu dokter .. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake obat-obatan khusus white spot nggak manjur, mas? :)
      emang agak riskan juga sih untuk ukuran aquascape sebesar itu. mungkin mas bisa konsultasi kepada scapers yang lebih berpengalaman dalam menangani kasus whithe spot pada ikan. mas gabung ke komunitas? ada baiknya gabung aja dulu ke komunitas aquascape.. :)

      Delete
    2. iya dok.. saya sudah coba semua jenis obat2'an white spot yg di jual di pasaran tapi masih gak ngaruh juga dok ..
      sudah sembuh sekitar 2 minggu white spot muncul lagi..

      kebetulan saya saat ini tinggal di japan dan saya termasuk dikomunitas japanese aquascape..
      dan teman2 disini pun mengalami hal yg sama dok ..
      minggu kemarin saya sudah panggil juui kenkyuusha/ahli dibidang ikan air tawar..
      juui bilang persis sama apa yg bu dokter sarankan,juui juga memberi obat yg sebenar'nya saya sudah beli di toko..

      untuk masalah pencegahan,penanganan pengobatan,ganti air dan sortir ikan yg terjangkit pun sudah saya lakukan dengan baik sampe2 tanaman'nya pun jadi ikut pada rusak gara2 sortir dok.. :(
      saya dan teman2 disini pun sudah kehabisan waktu akal dan tenaga.. sudah nyerah gak tega lihat ikan kesayangan pada sekarat..

      kami semua disini curiga apa iya penyakit ini datang'nya dari soil atau tidak dar pupuk dasar yg kami semua pakai disini ya dok..??
      untuk menunggu tanaman'nya tumbuh lebat saja memakan waktu 11 bulan lebih dengan media yg ukuran begitu besar .. apa iya mungkin efek dari pukdas yg kami pakai ..
      rata2 muncul'nya white spot yg kami alami ini saat usia aquascape berkisar 9-11 bulan dok..
      kebetulan di rumah saya ada 4 aquascape yg berbeda ukuran dan berbeda saat pembuatan'nya dan itu semua mengalami hal yg sama yg saya sebutkan barusan dok..
      padahal pukdas yg kami pakai merk ternama loh dok..

      tolong bu dokter saya sudah nyerah .. ampun ... :(

      Delete
    3. oh masnya di japan ya? :)
      kalau untuk di akuascape, agak susah untuk nyembuhin white spotnya. karena kalau kita naekin suhu airnya, otomatis tanamannya mati. kalau dikasih obat whitespot khusus akuascape, yah itu tadi, penyembuhannya belum tentu ampuh, apalagi untuk ukuran 7000 liter...

      kayaknya mau nggak mau harus dikosongin dulu mas akuascape-nya. maksudnya dikosongin di sini adalah pindahkan semua ikannya ke kolam/akuarium pemulihan, biarin akuascape-nya kosong dulu karena kalau nggak ada ikannya, bakteri penyebab whitespot nggak akan berkembang.

      mas pindahkan ikannya ke akuarium lain, lalu naikkan suhu airnya sedikit sama kasih obat biru + garam ikan.

      Delete
    4. assmlkm..
      iya bu dokter saya sudah 6 tahun ini tinggal di japan buka usaha kecil2'an sama teman saya yg disini dok..
      terimakasih banyak bu dokter atas perhatian'nya dan bantuan'nya.. :)

      rencana saya sih emang gitu dok mau saya kosongin dulu saya karantina ikan dan aquascape'nya dok..

      saya berharap banget mudah2'an dengan saran dan cara penanganan dari bu dokter bisa berhasil ya dok .. amin.. :)

      saya berencana pulang ke jakarta libur musim dingin bulan desember ini dok ..
      kalo boleh sih saya nanti mau konsul sama bu dokter dan pengen belajar banyak dari bu dokter cara merawat hewan pelihara'an saya dok..
      sambil makan batagor gitu dok..(maklum'in dok disini gak ada yg jual kangen makanan indo).. hahahhaa .. :D
      dirumah ini gak cuma ikan aja yg saya pelihara dok..
      salam kenal bu dokter :)ada si tampan jacko dan si menel jaiko(siberian husky blue eyes) sekarang sudah berumur 4 thn lebih saya adop sodara kembar ini dari umur 4 bulan dok.. alhamdulilah mereka berdua akur,sehat2 manja dan perhatian banget sama saya dok.. :)
      ow ya dok saya minta alamat tempat praktek'nya bu dokter dan no tlpn'nya bu dokter kirim by email aja ya dok .. oh iya di email saya pajang foto jacko&jaiko.. :)

      sekali lagi trimakasih ya dok.. :)
      selalu sehat dan sukses selalu buat bu dokter .. amin .. :)
      salam kenal juga dari saya Rio dok .. hehee :)

      Delete
    5. waah, keren! :D
      scapers di sana udah jago2 kok mas. hihihi. kalo saya paling hanya tau prinsip2 dasarnya aja.
      di jakarta lagi kurang bagus cuacanya, lagi la-nina.

      saya nggak buka praktek, mas. dulu sih iya, tapi terpaksa tutup karena saya lebih sibuk di instansi. makanya saya buat blog ini buat ngurangin rasa bersalah saya karena klinik saya tutup dulu... :D

      wah, banyak juga hewan peliharaannya ya mas... pulang ke indo bawa semua anak asuhnya (hewan)? :D

      Delete
    6. aslmlkm ..

      hahaha..
      cuma buka warung sate kecil2'an aja kok di bilang keren sih dok..hehhee..
      apa'nya coba yg keren dok .. hehehee.. :D

      oww.. bu dokter sudah gak buka praktek lagi too..
      waaaahh sayang sekali dok .. padahal saya mau ketemu bu dokter mau konsul dan banyak yg mau saya tanya nanti kalau ketemu dokter .. :(

      aahh.. bu dokter suka merendah .. jelas2 DRH.. hehehe.. :D

      iya emang sih orng2 disini pada jago botani dan merangkai aquascape tapi pada gak ngerti masalah ikan dok.. kebanyakan juga ikan hias'nya dari luar japan juga kok dok..?

      iya dok insaallah bulan desember ini saya pulang ke jakarta rencana mau tahun baruan di indo kangen juga sama bapak ibu dok..

      hmm..
      tadi'nya sih mau bawa si jacko&jaiko karna adik saya bilang kalo dia kangen sama jacko&jaiko..
      karna saya sudah dapet saran dari bu dokter lagi ada cuaca yg gak baik buat mereka,saya pikir2 gak jadi bawa jacko&jaiko ke jakarta,kasian juga nanti buat mereka kalo ada apa2 dok..
      rencana'nya juga sih mau saya kenalin sama bu dokter sambil makan batagor/bakso gitu.. :)
      ohh ya..
      saya juga ada OLEH2 nih dari sini sebagai ucapan terimakasih dari saya atas saran2'nya dari bu dokter.. :)
      tapi ya gpp deh mereka juga sudah pernah ke jakarta 2thn yg lalu.. rencana saya mungkin liburan 2 minggu di indo ..
      jacko&jaiko nanti saya titip'kan di klinik teman dekat saya di shibuya dekat dari rumah,disana juga banyak temen'nya biar mereka gak bete nunggu saya liburan.. hehee :D

      terimakasih banyak dok atas saran'nya .. :)

      nanti setiba'nya saya di jakarta saya akan kabari bu dokter .. :)

      Delete
    7. kalo di jakarta, usaha sate emang udah biasa. tapi di jepang mungkin jarang, hihihi... :)

      iya, cuaca di sini lagi kurang bagus. makanya saya sibuk banget akhir2 ini, ditugasin sama instansi tempat saya bekerja, keliling dari zoo satu ke zoo lain. sekarang aja masih di jakarta, jadi bisa santai. schedule buat minggu depan dan minggu depannya lagi udah full, hiks....

      dokter hewan kan tahu prinsip2 dasarnya aja, mas. hihihi. selebihnya, pengalaman di lapangan. malah saya juga kadang belajar sama yang lebih ahli di bidangnya. :)

      Delete
    8. Ass..
      Maaf dok telat balas'nya di tokyo lagi padam listrik total karna ada kebakaran di jaringan subway dari kemarin ini sampai sekarang belum nyala juga listrik'nya .. jadi inget waktu di indo sering padam listrik .. hehehe :D

      haahahaa .. bisa aja bu dokter loo.. :P
      kebanyakan costumer di warung saya pelajar/pekerja dan mereka berasal dari asia juga dok ada yg dari indo,malay,arab banyak lagi deeh..
      karna saya jual makanan HALAL yg gak banyak dijual disini..
      orang japan sekarang sudah banyak yg jadi mualaf alhamdulilah ya gegara saya sering play lagu2 religi dan mengaji diwarung saya .. :)
      alhmdllh dengan kerja keras kami berempat skrng kami disini sudah memiliki masjid di tokyo karna baru dapat izin dari pemerintah japan
      karna tujuan sebenar'nya bukan bedagang tapi memperkenal'kan agama islam disini karna penduduk japan mayoritas penganut shinto dan sekte2 lain'nya..
      kami dulu'nya mahasiswa Waseda University di shinjuku,tokyo.. alumni 2008 fakultas Fundamental Science and Engineering..
      kami berempat sepakat dan sah menetap di japan tahun 2010 dan skrng kami berempat bekerja di salah satu perusahaan japan yg bergerak di bidang Science and Engineering..
      alhmdllh misi kami selama ini sudah tercapai..
      untuk kedepan'nya kami ada rencana patungan untuk membangun yayasan pendidikan islam di tokyo dan kami sudah dapat dukungan positif dari KBRI dan teman2 disini..
      mohon doa'nya dari bu dokter semoga tercapai cita2 kami disini .. amin .. :)

      mudah2'an akhir Desember nanti bu dokter ada waktu buat sharing2 santai dengan saya masalah pelihara'an saya dok,tung-itung untuk menambah wawasan saya juga.. hihihiii .. :)

      Delete
    9. keren! dan salute buat mas dan temen2 di japan.
      dulu pernah juga sih ke sana, ke tokyo, Ueno Zoo kalo gak salah namanya. beberapa minggu karena study. :)
      mas dimananya?

      kalo desember udah gak la-nina lagi, mudah2an bisa. cuma nggak tahu nih cuaca emang masih kurang bagus. hiks...

      salam buat temen2 di sana...

      Delete
    10. ihihhiii.. :P
      ahh bu dokter bisa aja .. :D
      terimakasih ya dok.. mohon doa'nya yaa.. amin
      ok dok nanti saya salamin sama teme2 disini.. :)

      waahh bu dokter pernah study di Uenokoen distrik taito too keren dok .. :)
      tahun berapa dok,berapa lama dokter di taito..??
      dekat tuh dari apartemen saya kalo jalan kaki sekitar 40 menit ..
      saya sering manasin kaki kesana loh dok.. hihihii.. :)
      lumayan luas kalo kita keliling di komplek ueno park .. disana banyak museum,temple & ada ueno Zoo,kalo jalan kaki sampe gempor deeh pokok'nya.. hahha :D

      kebetulan sudah 6 tahun ini saya tinggal di apartemen central park tower la tour shinjuku,Nishishinjuku, 新宿区 Tokyo 160-0023, sebelum'nya saya tinggal di waseda waktu saya masih study jarak'nya dekat dari sini dok ..
      saya pindah ke shinjuku karna dekat dengan kantor dan warung .. :)

      kalo gitu nanti saya minta konfrim lagi sama bu dokter soal cuaca di jakarta mudah2'an bulan desember nanti cuacanya sudah bagus ya dok.. amin :)
      kalo boleh tau bu dokter tinggal dimana ??

      Delete
    11. saya di bogor utara, tapi kerja sih di jakarta. dan nggak netap di jakarta, maklum orang lapangan, hihihi. jadi kadang di makassar seminggu karena tugas, minggu berikutnya di batam, minggu berikutnya ditugasin ke kalimantan, dll.... :D

      dulu di sana sekitar 3 minggu, mau sebulan. hihihi.

      Delete
    12. ohh bu dokter tinggal di bogor too ..
      ada banyak family saya di bogor dok termasuk adik saya juga tinggal di bogor ..

      waaaahh ..
      asik dong dok bisa keliling indonesia setiap minggu ..
      bu dokter..keereeeenn :)

      waktu di ueno sempat jalan2 kemana aja dok ?

      mudah2'an nanti kita bisa ketemu ya dok .. walau bu dokter super sibuk ... hihihiiii :D

      Delete
    13. amiin... :D

      dulu nggak kemana2 sih, karena tujuannya kerja dan studi. tapi ya belum ke tokyo kalo belum ke tokyo tower sama shibuya. jadi sempetin ke sana aja... :D

      Delete
  17. dok, apa tumbuhan air yg baru dimasukkin ke aquarium bs jd pnyebab whtespot pd ikan? soalnya hanya 2 ikan dr 8 yg terjangkit (mas koki)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, bisa jadi sih, tapi kecil kemungkinan. karena bakteri white spot tidak bisa hidup tanpa inangnya... :)

      namun, sebelum tanamannya di masukkin ke akuarium, sebaiknya di karantina dulu di akuarium kosong (gak ada ikannya, tapi ada airnya).....

      Delete
  18. Dok penggunaan obat white spot yang tetes2 itu saya ga ngerti dok. Masalhnya.. kata om yg jual nya. Tetesin.. aja obatnya paling nanti air nya biru, kata dia.. nah saya tanya lagi, kira2 brapa tetes yah.. ukuran aquarium 30 x30 cm dan tinggi 40cm .. kata om nya.. nyampe biru,,

    Dirumah saya tetes2 in 20 tetes.. tp ga biru2 yah dok.. saya bingubg .. apa kebanyakan apa kurang banyakk.. bantu saya dok.. ikan saya pada mati gara2 ws 😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. pindahin dulu ke akuarium karantina (yang lebih kecil dari akuariumnya yang awal), terus baru tetesin obatnya ke situ...

      emang banyak ikannya, mas?

      maaf karena baru balas. kabari lagi ya mas...

      Delete
    2. Makasih ibu dokter udh di balas hehe,, ada sekitar 30 lebih bu pada mati kira 10 lebih ,
      gara2 ada yg sakit kena ws 1 ikan tetra red nose nya . nah kacaunya saya engga di pisahin malah di satuin terus pada nular ke yang lain nya,

      kmaren2 saya kasih tetes 10 tetes bu tp ga biru airnya, saya takut kebanyakan, eh pada mati lagi 2, 2 , 1 perhari .. berarti yang sehat gaboleh dikasi obat itu ya dok ?

      kira2 10 tetes kebanyaknkah dok ?
      30x30 height nya 40 cm

      makasih dok

      Delete
    3. gak ada wadah atau akuarium karantina yang lebih kecil lagi, mas?
      sebenernya sih gak masalah kalo ikan sehat juga dikasih obat itu, soalnya setau saya, dia hanya ngefek buat bakteri penyebab white spot.

      ikan tetra yang kecil itu?

      Delete
  19. Salam.

    Dok, saya mau nanya seputar lobster air tawar nih:
    1. Apakah lobster bisa kena white spot?
    2. Penyakit apa saja yg bisa menyerang lobster & apa saja obatnya?

    Info tambahan: Lobster saya jenis red claw. Media pemeliharaan kolam terpal & container plastik. Air kolam berasal dari mata air. Pakan yg biasa saya berikan adalah keong sawah, daging ayam, bekicot, cacing tanah, shinking pelet ikan mas koki, tauge, bayam, wortel, ulat hongkong, kelabang, dll, yg semua pakannya selalu saya rendam air yg sudah mendidih. Pemeliharaan di dalam ruangan. Suhu air dikisaran 24°C-26°C.

    Demikian, mohon jawabannya dok...

    ReplyDelete
  20. Dok ikan louhan saya kena white spot bisa sembuh gk ya ?
    Padahal aquarium nya udh di cuci truz pake garam ikan sama obat tetes tapi masih terjangkit white spote

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang pasti, karantina ikan lohannya. jangan disatuin sama ikan lain. setelah itu baru treatment di atas bisa dilakukan....

      karena percuma, kalo ikannya masih disatuin sama ikan lain, kemungkinan bakteri penyebab white spotnya cuma pindah doang ke ikan lainnya, mas.... gak bener2 ilang...

      Delete
  21. Dok ikan louhan saya kena white spot bisa sembuh gk ya ?
    Padahal aquarium nya udh di cuci truz pake garam ikan sama obat tetes tapi masih terjangkit white spote

    ReplyDelete
  22. Dok, sepertinya ikan koki saya yg warna item kena white spot gmn ya dok ngatasinya? Kalo di pindah aquarium kecil tanpa gelembung udara atau aerator nnti bakal mati atau nggak ya? Dan saya gk ada obat macam itu dok kalo alternatif lain ada gak dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba lakukan hal yang saya tulis di artikel di atas...
      tanpa gelembung udara gak masalah, cuma kalo terbiasa pake aerator terus gak pake lagi, agak riskan. soalnya dia udah terbiasa.....

      Delete
  23. Dok saya mau nanya tentang ws, ikan bawal saya terserang ws sama jamur, terus nafsu makan turun drastis. ketika baca artikel ini, penyebabnya air kotor. pertanyaan saya, gimana cara membersihkan air kotor tanpa harus menguras kolam ? apa benar menggunakan bakteri starter ?
    mohon jawabannya

    ReplyDelete
  24. Dok saya mau nanya tentang ws, ikan bawal saya terserang ws sama jamur, terus nafsu makan turun drastis. ketika baca artikel ini, penyebabnya air kotor. pertanyaan saya, gimana cara membersihkan air kotor tanpa harus menguras kolam ? apa benar menggunakan bakteri starter ?
    mohon jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mas. bisa menggunakan bakteri starter atau mengganti air tanpa menguras kolam. gunakan 2 selang dan satu pompa. satu selang untuk mengalirkan air yang baru, selang lain dipasangi pompa untuk membuang air yang lama. setelah airnya terganti, bisa ditambahkan bakteri starter...

      sebenernya saya sendiri butuh tau seberapa parah whitespot dan jamurnya.... dan agak susah emang kalo skalanya besar (kolam besar, ikannya banyak).... namun sepengetahuan dan sepengalaman saya, cara tersebut bisa diaplikasikan.... :)

      Delete
  25. klo bakteri starter bisa buat membersihkan kolam juga kan tanpa harus di pompa atau dibuang. saya menggunakan bakteri starter dari gedebog pisang yg busuk, terus di fermentasi. yg kedua, hampir semua ikan bawal semua ws dok. terus saya pake metan blue dan garam ikan. untuk metan blue dan garam ikan yg tepat untuk ikan di rendam seharian apa tiap beberapa jam di ganti airnya. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas.
      sebenernya untuk skala besar seperti ini, akan lebih baik jika mas langsung mendatangkan dokter hewan yang emang terbiasa menangani kasus seperti ini.
      mungkin mas bisa datang ke dirjen peternakan di kota mas, minta bantuan mereka untuk meninjau langsung kolamnya....

      Delete
  26. labi2 saya matanya merem terus dok ,, dan badannya banyak bintik2 putih , mohon bantuannya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas udah baca dan praktekkan artikel di atas belum?

      Delete
  27. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  28. dok mau tanya, ikan parrot saya sepertiya bercak putih kena ws. berenangnya juga nggak normal, insang nya buka tutup dengan cepat seperti ngos2an. akhirnya saya pisahkan lalu kasih garam & acriflavine. besoknya bintik2 hilang, tapi berenang & nafasnya belum normal. dan nggak mau makan juga, kenapa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek kualitas airnya. pastikan kadar oksigen dalam airnya normal.

      mas bisa tambah aerator di akuariumnya...

      Delete
  29. Boleh tau sumbernya dok, jika white spot (ich) adalah bakteri?

    ReplyDelete
    Replies
    1. protozoa, mas. atau lebih lengkapnya, parasit.

      Delete
    2. Baik dok, sependapat jika penyebabnya adalah Parasit. Atau protozoa (bersel 1) dengan alat gerak ciliate/silia/rambut getar. Thanks konfirmasinya.

      Delete
    3. makasih banyak atas koreksinya...
      mohon koreksinya lagi bila memang ada kesalahan ya... :)

      Delete
    4. This comment has been removed by the author.

      Delete
    5. Sama2 bu dokter Fira Sovica. Sukses buat ibu dalam Meraih Angan & Menggapai Mimpi.

      Delete
  30. terimakasih atas infonya, dan jangn lupa kunjungi kami di http://tokoumpan.com/essen-ikan-mas-kilo-gebrus/

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.