Ciri Leopard Gecko Siap Kawin | Drh. Fira Sovica

Ada beberapa

ciri leopard gecko siap kawin

. Tanda leopard gecko yang siap kawin berikut ini diharapkan dapat membantu anda dalam memilih indukan untuk mengawinkan leopard gecko atau untuk tujuan breeding leopard gecko. Ternak leopard gecko memang menjadi sarana investasi yang menjanjikan saat ini.
Ciri Leopard Gecko Siap Kawin
Image taken from geckotime.com
Nah bagaimana ciri calon indukan leopard gecko yang siap kawin? Berikut adalah tanda leopard gecko yang siap breeding.
  1. Bobot leopard gecko calon indukan minimal 65 gram.
  2. Umur calon indukan leopard gecko adalah delapan bulan untuk leopard gecko betina, dan tujuh bulan untuk indukan pejantan.
  3. Calon indukan betina memiliki tanda bulatan berwarna merah dibawah perutnya sebagai tanda masuknya fase ovulasi.
  4. Terlihat kulit mengelupas seperti shedding di bagian pangkal ekor pada leopard gecko jantan.
Demikian adalah beberapa

tanda leopard gecko yang siap kawin

. Semoga artikel diatas bisa menjadi penambah wawasan bagi anda yang berniat ingin ternak leopard gecko atau beternak tokek hias. Konsultasi mengenai perawatan dan merawat leopard gecko bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

15 Responses to "Ciri Leopard Gecko Siap Kawin"

  1. kl gecko suka mencakar2 alas/korannya itu tanda knp dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama fesesnya gak mencret dan nafsu makannya bagus, saya kira gak kenapa2 mas... mungkin iseng aja.. :)

      Delete
  2. Permisi Dok mau tanya , gecko jantan saya kok gk mau kawin ya , padahal udah umir 1 tahun lebih

    ReplyDelete
  3. Kalo betina baru umur 6 bulan mau 7 bulan, tapi ada tanda buletan merah diperut itu tanda ovulasi bukan ya dok?

    ReplyDelete
  4. Assalamualaikum, dok mau tanya. Gecko saya kok ada bulatan merah pada perut nya. Itu apakah tanda" ovulasi dok ?

    ReplyDelete
  5. Hi Dr Fira,
    Saya mau menanyakan tentang inkubasi telur leopard gecko, seperti yang kita ketahui sexing pada LG bisa di tentukan dengan suhu. Awalnya selama hampir 2 bulan saya inkubasi telur dengan suhu sekitar 28-29 C, kemudian menjelang masa2 hatch saya tambahkan lampu 5 matt beserta thermostats untuk menaikan suhu dan menjaga suhu agar stabil di 30-31 C. Namun ketika baby LG tersebut hatch saya menemukan baby tersebut sudah tidak bernyawa dengan posisi setengah badan sudah keluar dari telur, awalnya saya kira memang kondisi telur yang tidak bagus namun keesokan harinya telur saya ada yg hatch lagi dan kejadian hal yg sama sudah keluar kepalanya tp langsung mati. Bisa tolong di jelaskan dok apa yang sebenarnya terjadi? Apakah faktor perubahan suhu tersebut mempengaruhi kematian baby LG? Fyi saya menambahkan lampu pemanas H-1 sebelum baby gecko hatch. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kepanasan kayaknya mas. kenapa mas naikkan suhunya? agar dapet jenis kelamin yang berbeda?
      iya, dia kaget dengan perubahan suhu. mungkin itu juga yang menyebabkan dia hatch terlalu cepat---iya, saya mengira saat menetas itu sebenernya dia belum mau menetas, cuma mungkin karena overheat, jadi dia kepanasan dan hatch.

      soal suhu bisa menentukan jenis kelamin gecko, itu sebenernya bukan di akhir perkembangan janin mas, tapi di awal hingga pertengahan. kalau udah di akhir, misalnya h-1 sebelum hatching, nggak akan ngaruh ke sexing dan malah resikonya ya tadi, dia hacthing terlalu dini akibat overheat....

      Delete
    2. Saya kira karena kurang beberapa hari jadi gak bakal ngaruh kalau saya naikan suhu nya. karena pikir saya karena embrionya sudah jadi baby.
      Jadi penyebab kematian nya bukan kepanasan kan ya dok? Melainkan perubahan suhu menjadi panas? Jadi kalau saya mau incub male dari awal langsung saya inkub di suhu 30-33 saja ya. Mksh dok

      Delete
    3. iya, lebih ke perubahan suhu, selain juga kepanasan juga. :)

      saya dan tim mengucapkan selamat hari raya idul fitri. maafkan jika banyak pertanyaan yang telat dibalas ya mas/mbak... :)

      Delete
    4. Terima kasih dok, btw mohon maaf lahir batin juga.

      Oh iya saran aja dok, kalau bisa bikin artikel tentang pembahasan detail genetics di reptile dong dok. Mksh

      Delete
    5. oke. saya akan riset dulu mas. :D

      Delete
  6. Dok kenapa gecko saya Ndak mau makan umurnya 6 bulan betina kenapa ya padahal gak sakit

    ReplyDelete
  7. Dalam satu tahun gecko bisa kawin berpa kali,? Klo misalka. Udh beres bertelur yg ke 3 kali nya dri kawin pertama hrus nunggu berpa bulan lagi gecko bisa kawin lagi dan bertelur

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.