Cara Memandikan BOP | Drh. Fira Sovica

Sama halnya seperti memandikan burung hantu, ada dua cara yang bisa digunakan untuk

memandikan burung pemburu

peliharaan anda. Memandikan alap-alap, memandikan cg, memandikan elang, dan memandikan jenis burung pemburu lainnya bisa menggunakan dua cara berikut ini. Oh ya, bagi anda yang ingin menambah pengetahuan dalam cara memandikan burung hantu, anda bisa menilik artikel saya cara memandikan burung hantu.


Cara Memandikan BOP
Image taken from birds-of-north-america.net
Cara Pertama Dalam Memandikan BOP: Menggunakan Spray Air.
Cara kedua dalam memandikan BOP ini adalah cara yang lebih sering saudara-saudara saya lakukan untuk memandikan BOP peliharaan mereka. Metode memandikan BOP dengan menggunakan spray adalah sebagai berikut:

  • Siapkan spray yang biasa digunakan untuk memandikan burung. Isi dengan air matang atau air mineral hingga penuh.
  • Siapkan BOP yang akan dimandikan. Lepaskan aksesoris seperti angklett-jesse, lease, hood, dan lain sebagainya jika aksesoris tersebut masih terpasang di tubuh BOP anda. Bersihkan kotoran fisik yang penempel pada bulu dan kaki BOP jika ada.
  • Putar ulir spray hingga berada di mode semprotan menyebar, lalu semprotkan air ke seluruh tubuh BOP hingga merata.
  • Lap seluruh tubuh BOP dengan handuk kering.
  • Lakukan langkah nomor 3 dan 4 dalam langkah-langkah memandikan BOP tersebut sebanyak 3 kali, setelah itu angin-anginkan BOP di dalam ruangan bersirkulasi udara baik hingga bulu BOP kering sambil diberi makan.

Cara Kedua Dalam Memandikan BOP: Menggunakan Wadah Air.
Memandikan BOP dengan menggunakan wadah berisi air relatif lebih mudah. Anda cukup menaruh wadah berisi air setinggi setengah kaki burung pemburu peliharaan anda, lalu taruh si BOP di wadah tersebut. Tinggalkan selama beberapa saat, sekitar 10 hingga 15 menit hingga si burung pemburu peliharaan anda nyaman dalam mandi sendiri, lalu angkat burung pemburu peliharaan anda dari wadah air, dan biarkan dalam ruangan bersirkulasi udara baik hingga bulunya kering.
Demikian adalah

cara memandikan burung pemburu

yang penulis tulis berdasarkan pengalaman sendiri dalam memelihara BOP. Semoga artikel cara memandikan BOP ini bisa berguna bagi anda yang ingin memandikan cg, memandikan elang, memandikan alap-alap, dan memandikan BOP jenis lainnya yang anda pelihara. Saran, komentar, dan kritik saya tunggu. Terima kasih banyak. (FS)

110 Responses to "Cara Memandikan BOP"

  1. Dok, gimana ya supaya cg saya mau handsfeed?? Soalnya dari dulu beli masih ga mau handsfeed padahal sudah di manning secara rutin.Mohon sarannya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi kalau makan dia mau, mas? biasa kasih makan gmn? taruh begitu aja?
      karakter masing2 cg memang unik. ada yang mudah percaya kpd manusia, ada juga yang gak. mungkin cg mas termasuk yang kurang percaya kpd manusia, makanya dia tidak mau makan makananan yang disodorkan.... :)
      gak apa2, jangan dipaksa. beberapa bop milik kakak dan ayah saya juga ada yang begitu... :)

      Delete
    2. Pagi dok.saya punya bop bwk,dr anakan sih pliharanya,br dua bulanan lh.sy biasanya mandiin dia sprti ayam jago sy.ap efeknya ya dok ?

      Delete
    3. maksudnya mandiin dia seperti ayam jago gmn ya mas? :)
      mending ikuti langkah2 di artikel saya cara memandikan burung hantu. secara prinsip sama saja..

      Delete
  2. Kalau memandikannya di luar rumah boleh dok?

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Siang dok...mau tnya..
    saya pnya 1 ekor alap2 CG umur 1 bulan...1 ekor elang BK umur 2 bulan...
    badanya sudah bau banget...mau saya mandikan...nah bagaimana cara memandikan yang benar untuk umur segitu...trus klo mau pke shampo bagusnya shampo kita atau shampo bayi...
    terimakasih dok...
    salam sayang dari saya....hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak usah pakai shampoo dulu. silakan baca baik2 artikel cara memandikan bop di atas...

      Delete
  5. Dok mau tanya
    Panjang leash untk cg berapa ya? 1,25 m boleh ngga?
    Saya kasi tali komando pramka soalnya ga ada yang jual leash

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan pakai rante. beli aja di toko benang, beli benang yang agak besar. saya kurang tau namanya, tapi biasanya ada di toko benang gitu. agak lebih kecil dari tali komando pramuka....

      Delete
    2. Benang untk kasur itu ya dok?

      Delete
    3. bukan benang kasur. :3
      entah apa namanya. tp lebih gede dari benang kasur, lebih kecil dr tali komando... :)

      Delete
    4. nanti coba saya carikan lah soalnya kmarin escape lagi gara2 tali komandonya putus hahaha......

      Delete
    5. Tali perusik, beli aja di toko anak2 mapala (pecinta alam/pendaki) pasti ada..

      Delete
  6. Kalau diganti rantai kecil boleh

    ReplyDelete
  7. Oh iya dok kalau setelah d mandikan bop d jemur boleh ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok bisa escape mas? tapi ketangkep lagi kan??
      boleh aja, asalkan sinar matahari jangan kena langsung ke matanya. ditaruh aja dibawah pohon, nanti kering sendiri. lakukan dibawah jam 10 pagi... :)

      Delete
    2. iya escpe karna tali komandonya putus hehehe bhkan tadi pagi escpe lagi. Saya khawatir dia stres berat karena kata dkter cg rentan stres
      Jadi bgmana supaya dia tdk stres dok?

      Delete
    3. Maksudnya agar dia tdk mudah stres

      Delete
    4. gak usah takut. selama mas menjaga dia dan makanannya, saya kira aman.
      jangan lupa latih juga ya mas.... :)

      Delete
    5. Karena dia tdk mau handsfd jadi susah melatihnya dok....:'(

      Delete
    6. sebenernya dibiasakan aja, mas. coba mas coba handsfeed aja terus-menerus. sering2 berinteraksi juga sama dia agar dia percaya sama mas... :)
      lakukan terus menerus dan jangan nyerah... :)

      Delete
  8. Apakah tobi masih bisa d perbaiki agar dia mau handsfd dok?
    Saya khawatir kalau nanti sampai usia mature dia masih belum mau handsfd....:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya yakin bisa. tobi tipe owl yang agak kurang percaya kpd manusia, tapi semua owl pasti bisa dibuat agar dia percaya kepada kita, ownernya. tinggal tergantung kitanya aja... :)

      Delete
    2. Ayam serama saya mati...:( diserang tobi tpi kok ngga d makan ya dok

      Delete
    3. Tadi pas maning tobi saya ajak keluar saya elus2. Tpi tidak saya ajak bicra cuma saya tatap matanya , trus pupil matanya yg awalnya kecil dan terlihat giras pas saya tatap sampai mata saya berkaca2 kok lama2 membesar ya dok apa baik2 saja?

      Delete
    4. mas ada rasa sedikit takut atau ragu2 kalau dia bisa jinak? :)
      saya punya dugaan, tapi nanti saja saya kasih tau, hehehe. perlu saya tekankan bahwa jangan ragu2 kalau mau handle bop, mas... mereka bisa membaca pikiran kita. semua jenis BOP dan burung hantu seperti itu... :)

      Delete
    5. Begitu ya dok
      Jadi hrus yakin

      Delete
    6. iya betul. Maaf baru dibales.
      saya abis sakit kemaren... :)

      Delete
  9. Dok. Fungsi rinci clickers (equipment BOP) itu gimana ya? Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. katanya (hanya katanya) frekwensi dr clickers mirip suara panggilan antar BOP...
      saya sendiri (dan keluarga) kurang setuju. saya dan keluarga (ayah, kakak, dll) semuanya pecinta bop.
      maaf baru dibales mas. saya habis sakit kemaren... :)

      Delete
  10. Tobi kok suaranya jadi ngorok itu knapa ya dok? Tpi fesesnya nrmal dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemarin sempat menurun nafsu makannya dok trus saya kasih tikus jebakan dari dapur dia mau makan

      Delete
    2. nah. kalau mau kasih tikus putih saja atau bayi tikus rumah. asalkan jangan dikasih tikus dewasa. takutnya udah makan2 kotor. tikus yang anakan gak apa2... :)

      Delete
    3. Iya dok tikus nya kecil2
      O iya ada yang bilang katanya dikasi daging sapi terus menerus bisa bikin bop gagal ginjal. Apa itu benar dok?

      Delete
    4. Sekarang tobi malah maunya tikus trus
      Gimana dok? Masa saya harus jebak tikus tiap hari:*)

      Delete
    5. tidak. bop gagal ginjal karena dikasih daging sapi biasanya lebih karena adanya zat kimia yang menempel pada daging sapi tersebut. kalau dagingnya fresh (tanpa bahan pengawet dll) sehat2 aja....

      oh ya? jadi hanya mau makan tikus? hehehe. coba aja kasih cacahan daging sapi mas. kasih pas dia lapar. kalau dia gak mau dikasih cacahan daging sapi, diamkan 15 menit. lalu kasih lagi. kalau masih gak mau, diamkan lagi 15 menit. begitu terus... :D
      salam nih dari errol yang terlantar selama saya sakit, hihihi.... dr pagi maunya nemplok di pundak... :D

      Delete
  11. Iya dok Tobi sudah mau makan daging sapi tapi sedikit
    Salam balik dari Tobi buat si Errol

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2 sedikit2 juga. yg penting sering. :)
      tobi sehat mas? :)

      Delete
    2. Salam dari tobi buat errol dan padma
      Semoga sehat selalu

      Delete
  12. Bu brapa lama Burhan Celepuk kalau di jemur pagi ya?

    ReplyDelete
  13. Dok saya mau tanya, saya baru beli kestrel, pada saat hari permata kestrelnya sampe makannya rakus banget tapi besoknya gak mau makan sama sekali. Kira kira gimana cara menanganinnya ya Dok? Terimakasih Dok hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya mas gak ngasih keterangan lebih lanjut. mas kasih makan apa kestrelnya?
      biasanya kalau kayak gitu dia salah makan.... atau mas yang salah kasih makan dia mas... :)

      Delete
  14. dok mhon pencerahan supaya burung hantu saya yg bernama goblin lekas hilang rasa stres dan takutnya pada orang soalnya waktu saya bri makan pas pagi lupa klo pintu kandang nya kebuka alhasil dia mau lolos tpi dihentikan sama sodara sya dengan cara diambil lngsung dan dia lngsung mrasa tkut pda orang dan yg sya liat gejalanya sma" diartikel" d internet yaitu feses nya gada fecalnya ktanya itu tanda owl mau stres caranya menghentikan gejalanya gmana dok sya tkut klo sih goblin stres bneran dan akhirnya almarhum gara" penanganan yg krang tepat T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon sgera di bales dok sya gk tega liat nya akhir" ini klo dideketin lngsung brontak yg akhirnya paruhnya sndri di tabrak"-in ke mana-mana,, akhirnya paruhnya akhir" ini sring skali kluar darah T_T

      Delete
    2. pertanyaan ini sudah saya balas di halaman http://jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.com/2014/04/makanan-burung-hantu.html?showComment=1433208851937#c7682392042482376790

      tiap kali kirim komentar, jangan lupa klik ingatkan saya / notify me ya mas, biar setiap ada balesan mas bisa langsung cek email saja...

      Delete
  15. dok dikasih Tikus sawah bolehgak ..? kebetulan rumah deket sawah ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting pastikan tikus sawahnya bebas bakteri dan kuman mas.
      saya sih menyarankan lebih baik cari bayi tikus sawah mas... :)

      Delete
    2. ohh gtu yah dok .. ini sih baru rancena dok .. mau keep che dm ... abis lebaran nanti ... kebetulan di deket rumah banyak tikus sawah + bangau .. nah saya mau ajarin hunting ^^ ciri" yang bebas bakteri gimana dok ..? emang di alam Bop punya sensor anti bakteri yah dok ..? tapi kok malah ada elang yg cenderung klo melihat bangkai binatang dia makan yah di alam liar sana ..?

      Delete
    3. kalau hanya bakteri2 yang sekira tidak membahayakan bagi sistem pencernaannya sih gak apa2. takutnya, si tikus nantinya terkena pestisida dll, kemudian dimakan ama che, akhirnya malah che-nya yang sakit...

      iya, setau saya, beberapa jenis falcons yang hidup bebas di alam (bukan yang dipelihara manusia) memiliki penciuman yang bisa membedakan seekor tikus sudah terkena racun atau tidak. sama halnya seperti burung hantu. hal ini tidak terjadi pada BOP yang dipelihara oleh manusia karena BOP yang dipelihara manusia cenderung akan memakan apapun yang diberikan kepadanya... :)

      semoga membantu :)

      Delete
    4. kalau hanya bakteri2 yang sekira tidak membahayakan bagi sistem pencernaannya sih gak apa2. takutnya, si tikus nantinya terkena pestisida dll, kemudian dimakan ama che, akhirnya malah che-nya yang sakit...

      iya, setau saya, beberapa jenis falcons yang hidup bebas di alam (bukan yang dipelihara manusia) memiliki penciuman yang bisa membedakan seekor tikus sudah terkena racun atau tidak. sama halnya seperti burung hantu. hal ini tidak terjadi pada BOP yang dipelihara oleh manusia karena BOP yang dipelihara manusia cenderung akan memakan apapun yang diberikan kepadanya... :)

      semoga membantu :)

      Delete
    5. ohh i see ... kebetulan sawah di tempat saya tidak memakai pembasmi hama . karena di sawah masih banyak ikan" kecil, burung" air, katak bahkan ada linsang, musang juga .. emm kira" untuk melatih insting tersebut gimana dok ..? karena final gol saya pada bop yg saya keep adalah realese setelah bisa hunting ^^

      Delete
    6. oh, kalau memang kayak giru mungkin aman.
      namun sebaiknya tetep mas cuci dulu setiap mau ngasih makan ke si owl.

      melatih insting agar si bisa berburu sendiri? bisa. dengan melatihnya dengan latihan2 dasar bop terlebih dahulu. kalau udah lancar latihan dasar, mas bisa baca artikel lain cara melatih burung hantu agar bisa berburu sendiri. secara prinsip sama... :)

      sukses buat keep che-nya mas... :)

      Delete
    7. iya pasti saya cuci .. ^^ .. BTW ... dok ... menurut dok ... lebih baik Cg dulu apa langsung CHE ? saya nyara yg reltive tingkat stressnya rendah ... sih

      Delete
    8. mas udah pernah pelihara BOP sebelumnya?
      kalau menurut pengalaman saya sih (semua keluarga saya pecinta BOP, cuma saya aja yang pelihara owl), cg relatif lebih mudah dari che.... mas bisa baca artikel saya bedanya cg, alap2, dan bwk

      Delete
    9. kalo masalah species saya sudah khatam ... hampir semua bop di indonesia saya sudah baca" n kebetulan kemarin saya melihat kestrel liar sedang hunting wahh keren banget mbak :D

      Delete
  16. saya dulu pernah memelihara barn owl mature ... sayang escape saat masa karantina seminggu lebih pada malam hari dia molos ke pelafon di dapur , kebetulan saya tidak ikat kakinya .. akhirnya keluar rumah lewat lubang ventilasi genteng .. padahal lubang di sisi plafon kecil n mepet ke tembok .yang saya tidak perhitungkan . tapi saya bingung kok bisa muat ..? saya beri makan pada waktu itu .. DOC, Tiput, Emprit, kelelawar .. ohh ... iya cg yah dok ... mungkin lebih cocok ...untuk saya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan salah mas, BO sangat cerdas. celah beberapa senti aja kadang mereka bisa lolos...

      cg bagus. :)

      Delete
    2. dok sesuai rencana saya .. akhirnya saya udah keep .. bop . tapi BWK dok . sebenarnya kemarin mau keep Barn owl .. tapi saya lihat di penjualnya ada bwk dan usianya juve .. akhirnya saya pilih bwk .. ^^ sampai saat ini masih stress defens bgt dok untuk manningnya agar lebih efektif seperti apa yah dok ..?

      Delete
    3. sebaiknya biarkan di tempat sunyi sepi dulu, biarkan dia adaptasi dulu.
      defends adalah hal wajar. tetep kasih makan. selengkapnya, mas bisa baca artikel saya cara menjinakkan BOP... :)

      Delete
    4. sebaiknya biarkan di tempat sunyi sepi dulu, biarkan dia adaptasi dulu.
      defends adalah hal wajar. tetep kasih makan. selengkapnya, mas bisa baca artikel saya cara menjinakkan BOP... :)

      Delete
  17. Siang dok.saya punya bop bwk,dh brumur 3bln.biasa sy mandikan bareng ayam jago sy.ada efeknya gk dok klu mandinya sprti ayam jago d basahin pke busa n shampoo

    ReplyDelete
  18. Siang dok.saya punya bop bwk,dh brumur 3bln.biasa sy mandikan bareng ayam jago sy.ada efeknya gk dok klu mandinya sprti ayam jago d basahin pke busa n shampoo

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya cara memandikan burung hantu.... :)

      Delete
  19. Dok, BK aku , kalo di mandiiin susah banget, lari2 terus, apa itu karena blm jinak, kurang mining , atau blm percaya kita ya dok, trus apakah kalo dah jinak, dia bisa pasrah gt kalo di mandiin dengan semprotan gt dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 33nya. :D
      iya belum jinak, iya kurang manning juga, iya belum percaya juga. bahkan tupai yang udah jinak pun kadang masih suka minggat kalau mau dimandiin, terutama kalau dimandiin dengan cara dicemplungin langsung ke air...

      coba jangan dicemplungin atau disemprot air. lap aja pakai kain yang dibasahi air hangat... :)

      Delete
  20. Tapi dok, skarang dia kalo hari minggu , aku kasi loyang atau parten , buat tempat mandinya, diisi air biasa, dia nyemplung sendiri dok, apa itu sudah sesuai aturan dok. Atau air dinginnya di ganti sama air hangat aja ya, trus ditaruh shampo bayi sedikit, biar kutunya mati semua dok, oiya dok, tolong balas coment ku yg du artikel memelihara bop dok, blm di balas sampe skarang dok, makasih dok, sapak buat erol sama padma

    ReplyDelete
  21. 1. Gimana cara mengembalikan stamina elang brancher shabis prjalanan jauh??
    2. Apakah BOP brancher awal boleh mandi??
    3. Pd usia brapa jenis CHE akan belajar mkan sndiri??
    4. Apa yg d mksud dngan membedakan jenis klamin bop dngn cara pemdulum??
    :D maff prtnyan'a bnyk ky soal ulangn, smoga bisa d jwb smua

    ReplyDelete
  22. dok BOP sy jenis BK sering sy mandiin klo pagi... tpi kok banyak kutu yah dok..saran dong..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo abis dimandiin, dikeringin gak buluunya?
      coba cek...

      kebersihan air mandi juga dicek... kalau mau, kasih obat kutu khusus burung di air mandinya... :)

      Delete
  23. habis dimandiin lansung dijemur... truz obat kutunya apa?

    ReplyDelete
  24. dok mw tanya bwk ku ak mndikan setiap hari dan d ats jam 10 pling sering jam 12an siang dan itu bleh ap gk dok dan ad efek yg gk baik buat patner saya,,,,
    kalau mau kasih mnyak ikan seminggu 2 kali ckup ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. haduh, mending jangan tiap hari. maksimal 2 hari sekali, optimalnya seminggu sekali atau seminggu 2x. itu juga kalau cuaca cerah dan dibawah jam 9 pagi, mas.... kalau jam 12 kayaknya kurang bagus, takutnya dia gak bisa atur suhu tubuhnya (kaget), malah pilek ntar bwk-nya....

      minyak ikan seminggu sekali aja cukup... kalsium juga ya mas... :)

      Delete
    2. kalsium yg bgus merk ap dok buat bwk
      1 minggu jga 1 kali jga dok
      dan tiap hari ak ksih mkan doq 8 sehari ak bagi jg 3 bag 3 pagi 2 siang 3 sore dok itu kurang gak bwk juve awal

      Delete
    3. kalau BOP atau owl kami (keluarga saya semuanya pelihara BOP, cuma saya doang yang pelihara burung hantu) biasanya ngasih asupan kalsium dari bayi tikus putih. :)

      doq maksudnya anak ayam? dia makan sama tulang2nya? kalau dia makan sama tulang2nya, kayaknya cukup asupan kalsium dari situ... atau kalau nggak, mas bisa beli tulang ikan sotong di tukang makanan burung, tumbuk hingga benar2 halus, terus taburin ke doq sebelum dikasih ke BOP-nya....

      untuk porsi bwk, tergantung usia. tapi biasanya kakak saya ngasih 3 hingga 4 kali makan dalam sehari, sekali makan bisa 3 atau 4... :)

      Delete
  25. sayap bop saya turun sebelah kira" cara nyembuhkannya gmna dok?

    ReplyDelete
  26. penyebabnya saya kurang tau tiba" saja sayap bop saya turun sebelah gmna cara nyembuhkannya dok.? mohon dibalas dok. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek makanannya, terutama asupan kalsiumnya.
      biasanya dari makanannya kalo sayap turun begitu, mas.... :)

      artikel lengkapnya menyusul

      Delete
  27. Dok porsi makan untuk buffy fish owl usia brancher baru bisa loncat seberapa banyak ya kalo saya kasih ikan lele atau anak puyuh ?
    Misal saya ganti dengan udang sesekali bisa gak

    ReplyDelete
    Replies
    1. buffy fish owl brancher kayaknya gak seberapa sering loncat deh mas... yang saya tahu sih begitu...

      lele dan anak puyuh boleh, tapi kalo udah, hmmm, saya sarankan mendingan jangan, mas.... :)

      Delete
  28. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  29. Dok saya punya bwk juvkir putih.. tiap saya mandiin kok gemetar ya? Apa itu gpp?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mandikan pas cuaca lagi bagus aja mas. bisa pas pagi-pagi cerah (ada matahari), jadi selesai mandi bisa langsung dijemur....

      Delete
    2. Saya kl mandiin liat cuaca dulu dok.. kalo bagus baru saya mandikan.. sekitar jam 6 sampai jam 9.. tp selalu menggigil kedinginan. Padahal 1 minggu mandi 3x doang

      Delete
    3. mas mandiinnya pake air dingin ya? coba pake air hangat. dan meski cuaca bagus, tapi kalo iklim lagi dingin kayak sekarang, emang biasanya dia akan tetap menggigil.

      mungkin selama cuaca lagi sering ujan begini, dimandikan dengan cara disemprot pake spray aja, mas. spray air hangat. setelah itu, dilap, dan dijemur... :)

      makan masih mau kan? jangan telat kasih makan, pindahkan ke ruangan yang hangat, dan rutin kasih super-n setetes setiap hari...

      Delete
  30. Doq sya punya elang bondol umur ny juve akhir dan masih sangat liar kira2 bisa jinak gk ya?? klo bisa jinak cara jinakin ny gimana??..

    ReplyDelete
    Replies
    1. asalkan mas sabar, bisa.
      coba mas baca artikel saya CARA MENJINAKKAN BURUNG HANTU karena secara prinsip sama...... :)

      Delete
  31. mau tanya dok che lm ku gak mau mkan tiap d kasih maka. d lihatin aj gak mau matuk sendri maunya ak loloh dok usianya baru masuk bc akhir,,,dan kalau nelan makanan kayak susah gitu gak ad tanda' frounce kotoran juga normal,,,dan tiap ak jemur pagi dan ak keluarkan dr kardus ya ngebakin sayap kayak burung gak sakit dok kadang jga mulutnya terbuka kayak ter ngah" trs kata temn iti sakit candida itu bner gak dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. candidiasis itu sama dengan frounce, mas. candidia adalah nama bakterinya, penyakitnya namanya frounce.

      coba cek fesesnya. che lm sehat biasanya fesesnya 3 elemen: putih, hitam, sama bening. saya tebak juga sama, gejala awal frounce.

      mas bisa kasih super-n, setetes setiap hari. dan jaga kebersihan makanannya...

      Delete
  32. Ni kayak d tengorokan dok sakitnya dan fesesnya normal terdiri dr 3 hitam,putih sama bening
    Trs vitnya ap dok biar makin sehat che lmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. suplemennya udah saya tulis di komentar sebelumnya. silakan baca dulu. :)

      udah dikasih belum?

      Delete
  33. Sudah dok
    Trs minyak ikan perlu gak dok dan d kasih berapa

    ReplyDelete
    Replies
    1. minyak ikan cukup sebutir seminggu aja. jangan keseringan karena bisa mengganggu sistem pencernaan kalo terlalu banyak.

      dosisnya seminggu sebutir... cara kasihnya adalah dengan dioles ke makanannya... jadi ditusuk dulu pake jarum, lalu ditekan sambil dioles ke makanannya...

      Delete
  34. Assalamu alaikum dok.
    Saya baru saja adopsi seekor elang bido.tetapi bulu sayal dan ekornya udah pada rusak.
    Untuk bulu sayap pemilik sebelumnya memotong sebagian bulu sayapnya.
    Gimana solusi tercepat agar bulunya bisa kembali normal?
    Apakah di cabut atau di tungguin sampai bulunya normal kembali.
    Jazakillahu khoir
    Wassalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa alaikum salam.
      biarkan aja, mas. nanti dia akan terganti lagi dengan bulu baru. gak ada treatment untuk mempercepat pertumbuhan bulu. mungkin bisa dengan cara diberi minyak ikan, kasih sebutir seminggu dengan cara ditusuk, kemudian dipencet hingga isinya keluar sambil dioleskan ke makanannya. tapi itupun sebenernya hanya untuk merangsang pertumbuhan bulu aja, bukan untuk mempercepat... :)

      jadi biarkan aja.

      Delete
    2. Jazakillahu khairan khatira dok

      Delete
    3. amiin...
      kabari lagi kalau ada apa2 or mau ada yang ditanyakan.

      maaf karena saya baru balas komennya...

      Delete
  35. permisi bu dokter ,, saya pnya BWK bulu nya kotor sekali , kena kotorannya sndri ,, nah gmn cra bersihkannya , klo di mndikan smpai basah betul apakah gpp , terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak apa2, mas mandikan aja... :)
      cara memandikannya, bisa mas baca di artikel di atas...

      Delete
  36. Assalamualaikum
    Dok saya punya CG umur Juve Tengah. Apa Benar klo CG One Man (Hanya Jinak Sama Satu Orang).
    Dan Ketika Ada Pemilik Yang Baru Agak Butuh Waktu Lama Buat Manning.
    Mohon Infonya Dok
    Makasih.
    Assalamualaikum

    ReplyDelete
  37. Mau tanya donk... Saya blom lama punya alap alap coklat loreng... Cara jinakin gmana ya kalo saya kasi mkn pake tangan pernah skali dipatok ...

    ReplyDelete
  38. Apakah Smua type Bop susah dijinakin yaa... Sedangkan mreka type predator... Saya kasih jangkrik ama ulat jerman... Saya beli nya udah agk sdikit besar ya skitar umur remajalah bop nya.. Kalo di kasih makan kagk dimakasn itu jangkriknya pas saya masuk kdalam saya liat jangkriknya 12 ekor habis dmakan

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.