Cara Memelihara Alligator Snapping | Drh. Fira Sovica

Memelihara alligator snapping

adalah salahsatu hobi yang digemari para pecinta kura-kura. Seperti namanya, snapping yang artinya 'menggigit', kura-kura alligator snapping adalah jenis kura-kura pemakan daging (karnivora), seperti halnya jenis kura-kura karnivora lain yaitu common snapping. Banyak orang menyamakan common snapping dengan alligator snapping, padahal dua jenis kura-kura ini jelas berbeda. Bedanya kura-kura common snapping dan alligator snapping bisa dibaca di artikel perbedaan alligator snapping dan common snapping.
Cara Memelihara Alligator Snapping

Image taken from en.wikipedia.org
Nah, dalam artikel cara merawat alligator snapping ini, penulis akan mencoba menjelaskan cara memelihara alligator snapping yang penulis tulis berdasarkan pengalaman dalam memelihara kura-kura pemakan daging ini, serta berdasarkan pengalaman sebagai dokter hewan. Dan berikut adalah cara memelihara kura-kura jenis alligator snapping:
  1. Kura-kura alligator snapping bukan perenang.
  2. Seperti yang saya ungkap di artikel bedanya alligator snapping dan common snapping, di habitat aslinya jenis kura-kura alligator snapping lebih banyak terdiam di air dangkal dan menunggu mangsanya mendekat. Secara penampilan, kura-kura alligator snapping memang sangat menyaru batu, dan kura-kura pemakan daging ini kerap menjulurkan lidahnya yang berwarna kemerahan dan berbentuk panjang seperti benang sehingga banyak ikan mendekat. Saat ada ikan mendekat, kura-kura alligator snapping akan memakannya. Oleh karena itu, tinggi air di dalam akuarium tempat merawat alligator snapping tidak lebih dari 1 atau 2cm diatas kepala alligator snapping. Permukaan air yang terlalu tinggi malah akan membuat kura-kura yang memiliki tempurung mirip buaya ini tenggelam dan menyebabkan kematian.
  3. Gunakan kandang berupa akuarium dengan tinggi dan lebar yang memadai.
  4. Air yang digunakan untuk memelihara alligator snapping juga sebaiknya air tanah murni yang sudah diendapkan selama 24 jam.
  5. Jangan menggunakan air PAM, air berkaporit, atau air berkadar besi tinggi karena dapat membunuh kura-kura alligator snapping. Ganti air setiap 2 atau 3 hari sekali. Akan lebih baik lagi jika anda menggunakan sistem filter air dalam akuarium tempat memelihara alligator snapping.
  6. Makanan utama kura-kura alligator snapping adalah ikan kecil.
  7. Anda bisa memberikan satu atau dua ekor ikan setiap pagi, atau tergantung umur kura-kuranya. Usahakan agar kura-kura ini selalu lapar agar kita selalu bisa mengetahui apakah kura-kura ini sehat atau tidak. Periksa kebersihan air dan gejala tidak normal pada kura-kura alligator snapping anda.
  8. Terakhir, pegang kura-kura ini dengan hati-hati.
  9. Gigitan kura-kura alligator snapping sangat berbahaya karena kura-kura pemakan daging ini memiliki rahang yang kuat. Cara aman dalam memegang kura-kura alligator snapping adalah dengan memegangnya dari belakang. Pegang bagian atas tempurung dan bagian bawah tubuh kura-kura dengan hati-hati.
Demikian adalah

cara memelihara alligator snapping

yang penulis tulis berdasarkan pengalaman sendiri dan pengalaman sebagai dokter hewan. Semoga artikel diatas bisa membantu anda para pecinta reptil dalam memelihara dan merawat alligator snapping. Saran, komentar, dan konsultasi bisa anda tulis di form dibawah ini. Terima kasih. (FS)

122 Responses to "Cara Memelihara Alligator Snapping"

  1. Dok...saya mau tanya..saya beli kura2 AST sktr 3- 4 hari lalu dikirim dr luar kota...smp skrg koq gak mau makan ya..udh dikasih ikan kecil n daging sapi tapi ttp diem aja..ga dimakan..kalau dilihat secara keseluruhan fisik sih kelihatan sehat2 aja tu..dipegang jg lgsg bereaksi dgn membuka mulutnya lebar2...tp begitu dimasukkan ke air cuma diem aja kyk batu...itu kira2 karena stres atau media kandang yg ga tepat atau apa ya dok? (media yg saya pakai adlh ember besar cz blm punya akuarium). Mohon masukannya n segera dibalas. Trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. air yang digunakan, usahakan air tanah murni yang sudah diendapkan.
      suhu air juga hendaknya dijaga agar stabil. apalagi skrng musim ujan, jadi suhu dingin kadang menyebabkan AST jadi diam.
      jika kedua syarat di atas sudah terpenuhi, biarkan AST di ruangan tertutup dulu. kasih aja makanan ikan kecil di dalamnya, kemudian tinggalkan. nanti biasanya dia akan makan sendiri.

      Delete
  2. Dokter, boleh saya konsultasi langsung ke dokter? Klo ada HP bisa WA/sms ke saya 081253990888.? AST saya sakit, butuh penanganan segera dok. Terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya tidak membuka komunikasi via ponsel, mas. via blog ini aja. kalau emang urgent, langsung bawa ke dokter hewan terdekat saja... :)

      Delete
  3. Dok, kalo tinggi airnya tidak boleh melebihi tinggi AST berarti ikan yg kita taruh disitu akan mati dong, apa AST mau makan (tidak fresh) bangkai ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. minimal kalaupun tinggi airnya lebih tinggi dari kepalanya, si AST masih bisa menjulurkan kepalanya ke permukaan air dan bisa terjangkau permukaan airnya.... :)

      ikannya kan kecil2 mas....

      Delete
  4. Dok Ast saya kayaknya lagi sakit,udah hampir sebulan blm mau makan,udah dkasih ikan ttp gk mau mkn jg.kulitx jg terkelupas gtu.gmna cara ngobatinnya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya mohon maaf karena saya baru balas. baru pulang dinas ke pontianak sayanya... :(

      mending bawa ke dokter hewan aja mas. itu kayaknya infeksi bakteri pada kulitnya. airnya bersih gak? biasanya karena kebersihan airnya kurang terjaga dan suhu air yang fluktuatif... :)

      Delete
    2. Setiap abiskali ngasih makan airnya saya selalu bersihin,apa perlu djemur dan bagaimana cara menjemurnya apa harus ada sedikit air.kalau dikasih garam ikan bisa gk dok?btw dokter dinas dibanjarmasin gk,klu iya dmna tempatnya biar saya bw ktempat dinas dokter

      Delete
    3. kemaren saya baru pulang dari pontianak karena ditugaskan ke sana.... nanti kalau saya dinas di banjarmasin saya infokan... :)

      kasih garam ikan bisa aja. namun saya sendiri lebih menyarankan tidak sih mas. gak ada dokter hewan di sana? agak susah juga soalnya kalau tebakan saya bener, mau gak mau harus dikasih antibiotik. coba gabung ke grup pecinta kura2 di facebook. :)

      Delete
  5. Ada sih dokter hewan dsini tp lbh ngutamain mamalia..he. Emang tebakan dokter apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang kemaren saya bilang mas. kena bakteri entah karena apa...

      sekarang gimana keadaannya?

      Delete
  6. Msh blm mau makan,badannya jg jd suka ngambang miring gtu.dikulitnya ada bercak putih2 kyk terkelupas gtu.apa pengaruh gk pernah djemur ya dok?kalau makannya sering saya kasih daging ayam mentah

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya. kalau ngambang kemungkinan ada masalah di paru2nya mas.... makasih banyak udah kasih saya kabar....

      pastikan ayam mentahnya bebas bahan kimia ya mas.

      entah gimana caranya, tapi saya menyarankan bawa aja ke klinik hewan terdekat....

      Delete
  7. Oooo gtu ya dok,moga aja masalah paru2nya bukan lantaran kabut asap...hehehee :). Makasih ya dok semua infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. di tempat mas banyak kabut asap? :)

      sama2. kabari saya kalau ada sesuatu ya mas.. :)

      Delete
  8. Ya dok disini lg dilanda kabut asap,kyk dinegri diatas awan aja dsini...hehehee. Ya dok ntr saya kasih kabar kalau ada perubahan ama ast saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kabari ya mas.
      cari2 juga info soal dokter hewan dekat2 situ. takutnya nanti ada hal urgent. yah semoga aja sih nggak. buat jaga2 aja.. :)

      Delete
  9. Prmisi dokter ;;) numpang tanyak.. di mana ya belik kura kura aligator seperti yg di atas.. soalnya kura kura di daerah saya yg jenis aligator mahal banget.. hrga 3.5jt utk yg kecil.. mungkin dari dokter ada masukan di mana belik kura kura alihator yg murah agar saya tidak rugia banyak -__-" terimakasih dokter :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. rata2 harga kura2 alligator emang segitu, mas.
      atau mungkin mas bisa gabung ke grup jual beli kura2 di facebook. :)

      Delete
  10. Dok, cara menghilangkan lumut yang nempel di karapas AST (kelamaan di kolam outdor) pake apa ya? Kalo disikat doang susah ilang bekas lumut nya....AST saya udah sekitar 16cm karapas dok....thx

    ReplyDelete
  11. Dok kura kura saya setiap habis mkn udang putih seperti ada kotoran menempel diadani kura kura saya berbentuk benang putih
    Kura kura saya jenis alligator snapping turtle
    Ukuran karapas 6cm
    Dijemur setiap pagi jam 9 selama 15 menit dengan air
    Tiap hari makan udang 2 biji sebesar kelingking
    Saya ganti air setiap hari
    Mohon bimbingannya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. seperti ada kotoran diadani kura2 saya berbentuk benang putih. diadani itu apa ya mas???
      mohon dijelaskan...

      tapi makannya masih normal? matanya gak merem? saya tunggu kabarnya...

      Delete
  12. Mata ga merem Dok
    Makan lancar
    Dibadan maksudnya saya Dok
    Dibadan ada benang2 putih
    Kemarin sempat jatuh dari ketinggian 60cm kurang lebih
    Gag makan 2 hari ternyata karena kekenyangan Dok
    Sekarang udah sehat Dok AST yang 6 cm

    Saya mau nanya Dok
    AST saya yang besar karapas lunak ternyata oleh penjual tidak pernah dijemur
    Apakah dapat disembuhkan Dok
    Dan membutuhkan waktu berapa lama
    Cara mengobati bagaimana Dok
    Saat karapas saya sentuh hancur karapasnya
    Mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hancur gimana mas karapaksnya? remuk gitu?
      maaf karena saya baru bisa bales sekarang. saya sedang sakit... :(

      hmm, udah mas baca artikel cara mengobati kura2 yang tempurungnya lunak? coba baca aja lagi...

      kalau emang urgent, silakan bawa ke dokter hewan terdekat...

      Delete
    2. Seperti mengelupas Dok
      Karapas AST kan seperti kulit durian
      Itu karapas yg lancip saya sentuh remuk
      Dan ada yg patah
      ASTnya galak sih Dok
      Wah kalau dibawa ke Vet belom gajian saya Dok
      Kalo treatment yang baik bagaimana yaa Dok?
      Saya sudah jemur rutin
      Suplemen tambahan berupa makanan merk apa yg bagus yaa Dok?
      Dalam daftar Vet yg Dokter buat Ada dokter di Purwokerto, itu Dokternya sanggup mengobati tidak yaa?
      Maaf Dok banyak nanya dan mengganggu Dokter
      Semoga lekas sembuh Dok
      Amin!

      Delete
    3. coba aja hubungi dlu mas. kemungkinan kurang kalsium parah itu. minta injeksi kalsium aja.

      dia masih mau makan? kasih makanan yang banyak kalsium dan jemur. segera bawa ke dokter hewan kalau emang bisa ditangani...

      udah baca artikel saya cara mengobati kura-kura yang tempurungnya lunak?

      Delete
  13. Udah baca Dok
    Cuma kan itu treatment dengan penanganan Dokter
    Okeh deh saya coba jemur sama minta suntik kalsium
    Saya kasih makan udang Dok
    Terimakasih Atas bantuannya Dok
    Wish You All THe Best

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa Dok nanti perkembangan saya Kabari Dok
      Kemarin saya baru beli kura kura RES jantan Dok
      Udah lumayan gede
      Kedalaman akuarium yang baik buat RES berapa yaa Dok
      RES kok kayanya suka banget ngambang diatas air yaa Dok
      Jarang menyelam kedalam air
      Makan sih rakus
      Itu sakit nda yaa Dok
      Pilek sih engga
      Bersin2 juga engga
      Cuma dia kalo menyelam saat dikasih wortel Dok
      Bagaimana pendapat Dokter?

      Delete
    2. coba mas baca artikel saya cara memelihara kura2 brazil dlu. :)

      menurut saya sih sehat, mungkin mas kurangi aja kali airnya, dan di dalamnya kasih batu, biar kura2nya bisa naik ke atas batu. soalnya kura2 brazil (RES) kan bukan kura2 full akuatik, mereka semi akuatik mas...

      selama dia masih mau makan, berenangnya gak miring2, matanya gak merem, dan aktif bergerak, saya kira RES mas masih sehat.... :)

      Delete
  14. Okeh deh Dok
    Masih lahap makannya mungkin karena cuaca jd dia sering diatas batu
    Oh iya Dok
    Disini ga bisa upload foto yaa?
    Kalau bisa kan saya jd kasih foto AST yg tempurungnya lunak Dok
    Atau kirim ke email Dokter kalau ada dan diperbolehkan
    Terimakasih banyak ya Dok sudah mau menjawab saya yang bawel
    Hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malah seneng bisa bantu2, mas...
      kirim aja via chatting. nanti sore saya online, kok. jam 5 sore.

      sekarang AST yang tempurungnya lunak gimana keadaannya mas?

      Delete
    2. AST yg tempurung lunak kena jamur Dok
      Ada yg gompal karapasnya
      Bisa tumbuh gag yaa Dok?

      Delete
    3. kan di blog ini ada menu chatting. kalau saya lagi online, keliatan tuh di sisi kanan bawah ada tab DRh. Fira sedang onlien... :)


      yang terpenting sebenernya jaga kebersihan air dan asupan kalsiumnya dijaga, mas... udah coba dibawa ke drh terdekat? biar dapet suntikan kalsium...

      Delete
    4. Belum saya bawa Drh Dok
      Ini lg terapi sama saya
      Cuma kalau makan udang kok gag mau yaa Dok?
      Apa karna terbiasa makan ikan jadi tidak mau?
      Dokter online jam brapa yaa

      Delete
    5. bisa jadi karena belum terbiasa makan udang aja, mas... :)

      sore nanti jam 4 saya online kok.. :)

      Delete
  15. Dear Dok Fira,
    dok saya mau tanya, pakan ast yang berkalsium tinggi apa ya dok? kan katanya kura2 perlu kalsium tinggi untuk karapasnya.
    terima kasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada suplemen kalsium khusus kura2 dan reptil kok mas. tinggal kasih aja. ada yang bentuknya tablet ada juga yang bubuk.... :)

      Delete
    2. suplement kyk gmn dok? contoh nya misal, produk apa gt. itu berbentuk makanan kura atau gmn.
      tq dok

      Delete
    3. nama produknya exoterra, mas.
      coba cari aja di kaskus atau forum jual beli reptil di facebook... :)

      Delete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. pagi dok , saya mau tanya dok

    saya kan baru beli ast ya dok , mungkin masih stress , kliatan nya masih blum mau makan dok, padahal sudah saya kasih ikan ama pelet

    cara nya gmn ya dok agar dia g stress dan mau makan

    thx dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah saya bales via chatting tadi siang ya mas... :)

      Delete
  18. Dok mau tanya cara mencerahkan karapas kura kura bagaimana treatmentnya?
    Mohon bimbingannya
    Terimakasih sebelumnya Dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. intinya sih sebenernya ke asupan makanan, terutama kalsiumnya, mas. kalau asupan kalsiumnya bagus, biasanya keliatan dari tingkat kecerahan karapaks-nya... dan lagi, jaga kebersihan airnya... :)

      Delete
    2. Ikan nilem bagus ga Dok kandungan kalsiumnya?
      Air insyaallah bersih Dok

      Delete
    3. ikan nilem bagus.
      tapi coba mas kasih aja asupan kalsium berbentuk suplemen khusus buat AST. gabung aja ke grup pecinta kura2, dan tanya mereka biasanya pake suplemen kalsium apa buat AST... :)

      Delete
  19. Saya sudah masuk grup Dok
    Cuma saran mereka udang dan pakan koi hikari spirulina
    Itu baik nda Dok?
    Kalau Zoolab+ shampoo buat kura kura bagus ga Dok?
    Terima kasih Dok mau share
    Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh pakai udang. zoolab dan shampoo khusus buat kura2 juga bagus. :)

      kasih kabar lagi ya mas...

      Delete
  20. Kura kura saya dikasih pelet yg mengandun spirulina bagus tidak Dok?
    Saya sudah beli zoolab Dok kalau sudah dicoba saya kasih tau
    Oh iya Dok
    Saya pakai batu warna pink mengandung kapur tpi saat saya masukkan akuarium tidak saya rendam dahulu
    Paginya AST ga mau makan Dok
    Itu knpa yaa Dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana keadaan astnya?
      sebenernya banyak sebab sih, diantaranya udah mas sebutkan, yaitu faktor dari batu yang belum dicuci. dan setau saya sih sebenernya AST gak usah dikasih batu di dalam aquariumnya, itu sepengetahuan saya aja loh.... kemungkinan lain, dia belum terbiasa dengan kandungan kapur dari batu dalam airnya....

      mending buang aja batunya, mas... lalu ganti airnya...

      Delete
  21. Selamat pagi dok. Barusan ast saya dateng. Alhamdulillah rakus. Baru nyemplung langsung makan 3 ikan kecil. Kira kira bagus gak ikan ikan kecil buat pertumbuhan ast saya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus. jenis ikannya apa mas? :)
      kualitas airnya dijaga, termasuk kebersihannya... :)

      ditunggu kabarnya

      Delete
  22. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  23. Kalo disini nyebutnya ikan cere dok. Sempet bingung juga pas liat nih ast posisinya nungging. Waktu saya amati malah lagi BAB. -_-
    Bagusnya dikasih makan berapa kali sehari ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagusnya sih kasih makan 3 hingga 4 kali sehari. intinya, kalau makannya dikit, kasih makan lebioh sering, mas.... :)

      matanya nggak merem? aktif berenang? jaga kualitas airnya ya mas... saya tunggu kabarnya...

      Delete
  24. Udah lancar jaya makannya Dok
    Ga pakai batu pink lg
    Oh ya Dok pakan koi yang mengandung spirulina bagus tidak yaa Dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakan koi buat makan ast? mending jangan, mas. tetep kasih makan pakan hidup aja... :)

      Delete
  25. Dok kalo gk punya lampu UVB kura kura nya boleh dijemur ke matahari gk?
    Klo boleh, ke matahari pagi atau siang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh aja.
      pagi2, mas. dan jangan lama2. cukup 10 menit aja sebelum jam 9 pagi...

      Delete
  26. Enggak terlalu aktif dok, tapi kalo dideketin suka nungging nungging sendiri. Apa itu termasuk bemtuk pertahanannnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya sih bukan. makannya lancar?
      nggak merem matanya? :)

      Delete
  27. Enggak dok, ini lagi mogok makan sejak hari minggu, gimana penanganannya?

    ReplyDelete
  28. Hari sabtu baru dateng, terus langsung tek kasih makan ikan kecil 4 ekor. Abis itu sampe sekarang belom mau makan lagi dok. Kemaren cuma dicabik cabik doang ikan kecilnya. Apa ast saya sakit ya dok?

    ReplyDelete
  29. Dok ikan mas katanya beracun dan ga baik buat pakan AST, apakah benar Dok?
    Saya dapat info dari owner sebelumnya

    ReplyDelete
  30. Dok tolong dong kasih saran
    Kura2 CST saya awalnya disela kaki lecet terus udah sembuh
    Lha skrng kok kaya melebar dan busuk putih2 yaa Dok
    Penanganannya bagaimana Dok?
    Terimakasih Dok

    ReplyDelete
  31. Misi dok mau tanya. Ini AST saya udah 2 hari inu gamau makan. Biasanya setiap jam 9 saya suapin langsung di gigit. Biasanya kasih udang kecil 2-3 ekor. Mungkin sakit atau stres ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuaca emang lagi kurang bagus, terutama buat reptil. jaga kebersihan air dan kestabilan suhu air, itu sebenernya yang paling penting. karena reptil gak bisa atur suhu tubuhnya sendiri (hewan berdarah dingin)....

      umur berapa ast-nya mas? coba cek artikel saya yang judulnya penyakit pada kura2 dan artikel pneumonia pada kura-kura.

      kabari saya lagi dan mohon maaf karena baru dibalas...

      Delete
  32. Air saya seminggu sekali tapi filter 24 jam. Suhu air juga stabil ada heather di dalam aquariumnya. Ada lampu uvb sama basking nya juga. Umurnya dari saya beli kira2 3 bulanan. Panjang karapasnya baru 8-9 cm

    ReplyDelete
  33. Dok CST luka di bibir bagian atas dan bawah akibat strike ke aksesoris akuarium dan dapat strike juga dari CST Betina
    Biar luka cepat sembuh obat yang dipakai apa Yah Dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas beli neosporin. :)
      lukanya dibersihkan dulu pake air steril, terus oleskan neosporin 3x sehari. oh ya, pisahkan kura2 yang sakit dengan yang sehat. :)

      Delete
    2. oh ya. bisa juga pake betadine cair, cara pakainya sama dengan cara pakai pada manusia... :)

      Delete
    3. Tp ini dekat hidung Dok
      Diatas ujung hidung takut masuk pernafasan kalo pake betadine
      Monconghidung yg ada 2 lubangnya atasnya itu luka Dok
      Saya bingung Dok

      Delete
    4. betadine-nya ditetes ke cotton bud dulu, baru setelah itu cotton bud-nya dioles ke bagian lukanya, mas...

      sekarang gimana keadaannya... :)

      Delete
  34. Dok rencana mau pelihara ast.. saya tinggal di daerah makassar.. ada info gak penjual ast di makassar ? Atau dokter ada jual adt ? Terus bisa kirim ke makassar ?

    ReplyDelete
  35. Dok rencana mau pelihara ast.. saya tinggal di daerah makassar.. ada info gak penjual ast di makassar ? Atau dokter ada jual adt ? Terus bisa kirim ke makassar ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di makassar bukannya ada grup pecinta kura2, mas? :)
      coba cek aja di facebook... :D

      Delete
  36. dok saya mau nanya kok kura2 saya kaya ada selaput2 nya gt yaa warna putih lalu besok nya malah kulit nya jadi merah2 selaput gt tapi tetep lahap makan nyaa dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya mas gak ngasih tau dibagian mana selaput putihnya. apakah matanya, atau kakinya. :)

      kabari lagi ya mas

      Delete
  37. DoK saya punya alap alap ( si john) dan celepuk ( si chichit) . saya mau tanya dok soalnya baru beli 3hari yh lalu.

    - si chitchit sudah jinak dor brancher. Tinggaj jttf aja yg belom tapi knapa dia selalu matuk sayap si john ya dok klo di 1 tangkringannya?

    - si john belum jinak dok brancher akhir. masih lompat klo di deketin kecuali lapar klo saya kasih makan pake tangan masih mau, ngasih minum nya gimana ya dok? Klo di deketin soalnya kabur, di pegang berontak dok. Sudah 3 hari ga bisa saya kasih minum. Solusinya gimana dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo soal si chitchit matuk, wajar kok. selama si john gak nyerang balik, biarin aja. :D

      coba aja taro wadah air deket si john. semoga dia mau minum sendiri. :)

      Delete
  38. pangkal ekor ast saya berwarna putih dok(baru beli),udah dikasih obat jamur sama rutin ganti air.bagaimana solusi biar ast rakus doyan makan lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jaga suhu air biar gak turun naik dan gak terlalu dingin.
      jadi sebaiknya, ganti air cukup seminggu atau 2x seminggu aja mas, atau kalau keliatan udah kotor aja. :)

      umur astnya gimana?

      Delete
  39. umur ast 1 th dok,sudah aktif gerak tp masih mogok makan.sudah seminggu ini.tinggi air cuma diatas kepalanya jadi apa yg harus saya lakukan dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya itu tadi, jaga suhu air aja dengan cara airnya jangan sering diganti. oh ya, pastikan kualitas airnya bagus (bebas bahan kimia, kadar zat besinya rendah).

      sekarang gimana keadaan astnya? maaf baru balas. kabari lagi.

      Delete
  40. Dok ekor kura saya kegigit ikan nilem jd dagingnya ilang tapi tulangnya ga patah
    Cara mengobatinya gimana Dok?
    Pakainya Obat apa Dok?
    Sementara saya pakai salep gentamicin trus saya dry dock

    ReplyDelete
    Replies
    1. jenis kura-kuranya apa mas?
      maaf karena baru balas...


      sayangnya mas gak kasih tau jenis kura2nya apa..


      iya sementara dry dock aja. sampe lukanya kering. kayaknya jangan pake gentamicin biar lukanya cepet kering

      Delete
    2. Kuranya jenis ast
      Pakai apa dok kalo bukan gentamicin
      Maaf baru balas
      Selama belom balas pakainya gentamicin

      Delete
    3. hmm, setelah dikasih gentamycin gimana lukanya? :)

      Delete
  41. Halo dok..

    Saya baru beli AST kecil..

    Aquarium tempat dia tinggal ada di indoor yang bisa dikata gak kena cahaya matahari..

    Berapa sering kita harus menjemur AST?? Dan apakah perlu diberi air atau dry dock aja Dok??

    terima kasih banyak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, jemur aja mas. tapi jangan lama2. cukup 5 sampe 8 menit aja.
      pas dijemur, dikit aja airnya... :)

      Delete
  42. Dok saya bru beli ast... Blm mw mkan.. setres apa ya ?? Klo air galon bagus ndk buat ast ??

    ReplyDelete
  43. Dok CST Saya sembelit karena tilang kepala ikan lele dan durinya tidak dicerna sempurna
    Sudah sempat saya rendam air hangat dan keluar duri ikan dan tulang kepala ikan lele
    Skrng kondisinya mogok makan dan kepala ditarik kedalam seperti ingin pup cuma sulit
    Penangannya bagaimana yaa Dok selain rendam air hangat?
    CST saya jenkel jantan karapas 38 cm

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas bisa praktekkan artikel cara mengobatii gecko sembelit, secara prinsip sama aja. sebenernya sih saya lebih menyarankan agar bawa CST-nya ke dokter hewan aja, biar lebih pasti....

      Delete
  44. hai dok, maaf menggangu. saya ingin bertanya masalah kura2 aquarik (common snapping) 2 minggu yg lalu kura2 saya makan batu kerikil yg ada d aquarium. pertanyaanya apa batu itu bisa keluar secara alami atau perlu pembedahan ya dok?
    terimakasih ������

    ReplyDelete
    Replies
    1. gebesar apa batu yang dia makan? dan setelah dia makan batu, apakah dia tetap mau makan?

      kalau dia tetap mau makan, nggak apa2. biarin aja. nanti keluar sendiri. mungkin dia makan kerikil karena emang sistem pencernaannya lagi bermasalah.

      tapi kalau setelah dia makan batu dia jadi mogok makan, mending segera bawa ke dokter hewan untuk dilakukan surgery mas... :)

      Delete
    2. batunya kurang lebih 1cm dok, dan kura saya ukuran kerapasnya 12-13.

      untuk nafsu makan sih semnjak 2 minggu kmarin sih masih bagus dok. buang kotoran jg masih lancar2 aj dok walau tidak sering.

      tapi terkadang dia suka mengangkat bagian belakang sampai ekor k atas dok seperti ngeden tp g kluar2, terkadang hanya selaput yg terlihat keluar dr kloakanya

      Delete
    3. kasih makanan buah buahan aja kayak pisang atau pepaya. itu aja sih saran dari saya.

      seberapa sering dia ngeden gitu? sehari berapa kali?

      emang lebih bagus konsul ke dokter hewan atau ke rumah sakit hewan terdekat sih mas...... :)

      Delete
    4. oh kasih buah pisang dan pepaya ya dok, ok nanti saya coba dok.

      durasi ngedenya sih saya perhatiin cukup sering dok, tp klo d liat dari k aktifan sama nafsu makan g terlihat seperti kura2 sakit sih dok.

      saya domisili d bogor dok, dan saya sudah menghubungi beberapa dokter hewan terdekat dok, tapi mereka tdak bsa menangani kura2, jadi saya bingung dok 😅

      Delete
    5. ada rumah sakit hewan deket IPB, mas. di situ aja. mengenai alamatnya, ada artikelnya, mas: alamat rumah sakit hewan di bogor

      Delete
    6. ok terimakasih dok untuk saran dan infonya 🙏🏻🙏🏻😁

      Delete
  45. Halo dok salam kenal, sy baru rencana mau adopt kura darat (sucata/indian star) ataupun ast, lagi pelajari ilmu nya dulu... Nice artikel dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip, mas. :D
      cek artikel saya: jenis hewan peliharaan gampang mati.
      karena kura-kura salahsatunya. maksudnya biar mas tahu faktor apa aja penyebabnya, jadi bisa menghindari... :D

      yang penting jangan yang bayi banget ya mas... :)

      Delete
  46. Met mlam dok,mw Konsul AST saya matanya sering nutup nafsu makannya kurang dh hampir 1 bulan gk mkan,kira kira AST saya sakit knp ya dok,trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. kura-kura AST-nya masih anakan? bener?
      mending kurangi airnya. sekira kepalanya masih bisa nongol dengan mudah di permukaan air.

      sejujurnya agak riskan juga sih, apalagi kalau ast-nya masih anakan.

      selama ini mas kasih makan apa?
      dan fesesnya gimana? apakah mencret?

      mas bisa kasih suplemen reptile booster. ada di artikel cara agar reptil tetap sehat

      Delete
  47. saya dulu ada klinik offline, hanya saja tutup karena saya terlalu sibuk di instansi tempat saya bekerja. :(

    banyak sahabat saya yang alumni sana, saya kenal sama beberapa dosennya juga. :D

    ReplyDelete
  48. Assalamualaikum Drh. Fira Sovica. Salam Kenal dok. Lgsg to the point ya dok.

    Saya pelihara AST, bbrp hari yg lalu saya beri makan belut kecil (biasa nya saya beri ikan kecil selama 9 thn terakhir) lalu tadi waktu saya lg berisihin aquarium, saya cek ada ruam merah di ekor dan kaki belakang AST saya dok, sebelumnya tidak pernah ada masalah itu dok. Sebaiknya bagaimana penanganan untuk recovery ruam merahnya ya dok. Saya khawatir akan makin parah kalo didiamkan saja.

    Walaupun saya blm tau pasti penyebabnya belut atau bukan, tp saya akan kembali ke habit awal dgn memberi makan ikan kecil saja. Cmn untuk ruam merahnya bagaimana penanganannyaya Dok.

    Terima Kasih sebelumnya.
    Wassalam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sementara balik lagi aja ke makanan awalnya, terus observasi. jangan dikasih belut lagi.
      observasi selama 7 hari.
      nah selama 7 hari, mas cari acriflavine hcl bpc aja. buat jaga2. kalo dalam 7 hari belum mendingan, bisa kasih acriflavine hcl bpc tadi.... nanti dosisnya saya publish hari ini... :)

      Delete
  49. Https://i.imgur.com/894P9Ct.jpg

    Itu gambar kondisi ruamnya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia keliatan kayak suka garuk2 bagian itu?
      kasih obat yang saya sarankan di atas aja ya mas... dan kabari terus... :)

      Delete
    2. Ngga dok, mungkin karena ruamnya dibagian yang dia ngga bisa garuk ya (kaki belakang dan pangkal ekor) . Baik dok per hari ini saya beri acriflavine. Itu jamur bukan ya dok?

      Delete
    3. kayaknya sih entah bakteri or something...

      sekarang gimana kabarnya, mas? :)

      Delete
    4. Pemberian acriflavine terakhir saya rendam 1x24 jam (saya lakukan ini karena sesuai di packagingnya) di tanggal 24 Agustus kmrn dok, jadi tgl 25 sudah saya pindah lg ke air biasa. Lalu jemur intense tiap pagi dan makan sudah saya kembalikan ke habit awal alhamdulillah mau makan (tp saya bantu suap supaya saya bisa pastikan dia makan) sejauh ini ruam berkurang sedikit dok cmn blm sepenuhnya. Cmn masih terlihat lemes (blm membuka mulut seperti biasanya kalau sedang menunggu mangsa)

      Yang saya blm tau biasanya proses recovery setelah diberi acriflavine selama 1x24 jam itu brp lama ya dok? Apa perlu saya rendam di acriflavine terus menerus sampai ruamnya hilang, atau cukup 1x24 jam lalu observasi dulu (cmn saya butuh tau normalnya butuh brp lama masa observasi stlh penggunaan acri).

      Begitu dok kurang lebih perkembangannya.

      Delete
    5. kalau emang mau, cukup 1x24 observasi dulu mas. tapi kalau lanjut terus juga gak apa2...

      so far so good, lanjut terus mas. saya ikut pantau....

      Delete
  50. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  51. Klo ngga ada air yang disarankan lebih baik gunakan air apa yah?

    ReplyDelete
  52. Assalammualaykum warahmatulloh
    Dok,, saya ada punya baby CST, kenapa yah sering ada selaput tipis di seluruh kaki sama ekornya? ujung-ujung kerapasnya juga kenapa yah kya yang ganti kulit gitu dok? klo untuk makan sih alhamdulillah rakus lah meskipun sehari sekali.
    1 lagi dok, saya ada AST ukuran kerapasnya sekitar 14cm kok nafsu makannya kurang yah? sama ga aktif berenang, padahal di akuarium saya pake filter air jaga-jaga pengaruh dari air dan AST saya ga pernah di jemur, apa itu masalahnya dok? terima kasih

    ReplyDelete
  53. Dok kura kura ast 40 cm it kisaran umur berapa tahun ya

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.