Mengobati Pneumonia Pada Kura-kura | Drh. Fira Sovica

Cara mengobati radang paru-paru pada kura-kura

berikut sebaiknya tidak dilakukan oleh orang awam. Artinya, langkah pengobatan kura-kura yang positif kena pneumonia ini harus dilakukan oleh dokter hewan, terutama bagian penyuntikkan antibiotic. Mari kita bahas bersama mengenai seluk beluk penyakit pneumonia pada kura-kura. Oh ya, artikel ini juga terkait dengan artikel cara memelihara kura-kura brazil.
Mengobati Pneumonia Pada Kura-kura
Image taken from vcahospitals.com


  • Apa itu penyakit pneumonia pada kura-kura?
  • Penyakit radang paru atau pneumonia pada kura-kura adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi pada saluran pernafasan dan paru-paru kura-kura. Umumnya, penyakit kura-kura disebabkan oleh kurang vitamin A dan bakteri.
  • Gejala dan ciri penyakit pneumonia pada kura-kura?
  • Penyakit radang paru pada kura-kura biasanya menyebabkan kura-kura susah bernafas, terlihat mengangguk angguk kepala (seperti manusia bersin), berenang dengan tak tentu arah, kadang berenang berputar-putar, karena paru-paru yang sakit mengganggu daya apung kura-kura. Pada kura-kura yang dewasa, kadang kura-kura yang menderita pneumonia nafasnya terdengar terengah-engah, seperti kesulitan bernafas. Kura-kura yang kena pneumonia juga sering membuka mulut dan lebih sering berjemur.
  • Cara mengobati pneumonia pada kura-kura
  • Pneumonia yang belum terlalu parah masih bisa disembuhkan. Lain halnya dengan pneumonia yang sudah parah. Penyakit radang paru yang sudah sangat parah lebih baik ditangani dan dirawat oleh dokter hewan. Pun jika pneumonia-nya belum terlalu parah, akan lebih baik jika anda membawa serta kura-kura tersebut ke dokter hewan. Dokter biasanya akan memberikan suntikan antibiotik.
  • Saya amat menyarankan agar kura-kura yang terindikasi kena pneumonia untuk segera dibawa ke dokter hewan terdekat dan dipisahkan dengan kura-kura yang sehat. Jangan sesekali menyatukan kura-kura yang sakit dengan yang sehat, apapun penyakitnya.
  • Penyebab pneumonia pada kura-kura.
  • Penyakit pada kura-kura disebabkan oleh suhu air yang terlalu fluktuatif. Suhu air tidak stabil, kadang hangat, kadang anjlok menjadi dingin. Hal ini membuat daya tahan tubuh kura-kura akhirnya menurun. Penurunan daya tahan tubuh kura-kura ini menyebabkan timbulnya infeksi bakteri pada mulut yang kemudian menyebar hingga paru-paru. Inilah yang menjadi sebab terjadinya pneumonia pada kura-kura.
  • Cara mencegah pneumonia pada kura-kura.
  • Jaga suhu air agar tetap stabil, jaga kebersihan air aquarium, menjemur kura-kura, dan menjaga agar makanan yang diberikan adalah makanan sehat dan seimbang gizinya adalah cara terbaik mencegah radang paru pada kura-kura.
Demikian adalah artikel singkat mengenai

cara mengobati pneumonia pada kura-kura

. Semoga artikel ini bisa memberi pengetahuan bagi anda semua. Terima kasih. (FS)

91 Responses to "Mengobati Pneumonia Pada Kura-kura"

  1. Dok mau tanya. Kura2 brazil itu dominan di air atau d darat? Saya punya 2 ekor ko yg satu suka d darat yg satu lebih suka d air ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. meski dominannya sebenernya di air, tapi mereka jg seneng di darat. :)

      Delete
  2. Dok..
    Maaf, sy mau tanya..
    Sy punya kura2 brazil..sdh hampir sebulan ini tdk mau makan. Aktifitas kebanyakan di darat pdhl sblmnya dia suka dia air yg sdkit tergenang..
    Kadang kepalanya seperi mengangguk2..sprti sesak.

    Sy sdh pernah membawa ke dokter hewan dan dikatakan mngkin sj dia sdang dlm proses hibernasi.
    Yg ingin sy tanyakan..
    Apakah ini sprti pneumonia pada kura2?
    Bgmn cara mngatasi tdk mau makan nya dok?

    Terima ksh sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hidungnya keliatan basah nggak? kalau hidungnya keliatan basah, kemungkinan pilek. kalau hidungnya kering, kemungkinan pneumonia. gak dikasih obat apa2 ama dokternya?

      silakan baca artikel saya penyakit pada kura-kura... :)

      Delete
    2. Ga dksh obat apa2 dok..
      Cuma katanya matanya agak merah jdi dsuruh campurkan metylen blue ke dlm airnya dan makannya bisa di suapi cacing sutra..

      Delete
    3. oh, bisa juga dikasih metylen blue....
      selengkapnya coba mbak baca artikel saya penyakit pada kura-kura

      Delete
  3. Berarti RES sya kena pneumonia yah dok, soalx sdh 3 hari ini dia kliatan malas makan dan ciri2x sperti yg disebutkan di atas, slalu berjemur, lehernya dan kepalax kadang ke atas terus, sering mengangguk dan sesekali buka mulutnya kya menguap gitu, tapi hidung dan mulutx kering, trus kalo sya kasi renang kaya ga seimbang dan diam aja, terus cari tmpat kering lagi, kayax lemas. Mohon solusix dok. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ciri2nya sama kayak di atas, kemungkinan iya kena pneumonia. cuaca lagi pancaroba, ngaruh juga...

      mending bawa ke dokter aja mas.

      Delete
    2. Maaf dok, beberapa hari sya amati RES sya tidak menunjukkan gejala awal seperti yg sebelumnya saya sebutkan, cuma tetap tidak mau makan, sering berjemur, dan tidak BAB, apa ada solusi lain dok, mengingat saya di luar daerah, dan tidak mungkin ada dokter hewan di kota kecil ini, terima kasih.

      Delete
    3. agak susah untuk menghandle kura2 yang sakit tanpa bantuan dari vet... apalagi kalau benar dia kena pneumonia..

      yang pasti, jaga agar airnya tetap hangat. stabil suhunya, gak panas, juga gak dingin. cuaca lagi gak bagus, maka harus hati2... makanan dijaga, kebersihan air juga dijaga....

      saran saya, tetap sama: bawa ke vet.. :D

      Delete
    4. Ok, dok sya smentra cari list CP dokter hewan di kota terdekat yg bisa di hubungi. Terima kasih atas saran dan bantuannya dok.

      Delete
  4. Dok, saya mau tanya. Kura kura brazil saya beljm terlalu parah mengidap pneumonia. Masih bisa gerak. Padahal saya selalu menjemur dan memberi air hangat. Tetapi tak kunjung sembuh. Disini tidak ada dokter hewan yang bagus. Gimana ya dok? Ada cara lain?

    ReplyDelete
  5. Dok, saya mau tanya nih. Saya punya kura2 brazil yg umurnya hampir 10 tahun. Tapi, akhir2 ini dia keliatan lemas. Sudah 2 hari ini dia diam di daratan. Matanya sering menutup seperti tidur, tapi hidungnya tidak berair. Fesesnya juga normal. Saya udah coba masukin dia ke air dan kasih makan, tapi makanannya ga dimakan dan dia malah berenang tanpa arah dengan cepat dan kembali lagi ke daratan. Apa dia positif kena pneumonia dok? Mohon bantuannya dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas... sibuk sekali akhir2 ini....

      cuaca emang lagi gak bagus buat reptil, terutama kura2.... mending pindahkan dulu ke dalam ruangan.....

      jaga pola makan. usahakan dia tetep makan.....

      sekarang gimana keadaannya?

      Delete
  6. Kemarin saya ke dokter hewan dekat rumah, ternyata dia egg binding dok. Jadi kebetulan kura2 saya betina dan ada telur yg tidak bisa keluar. Tapi dokternya ga bisa bedah kura2. Kira2 saya bisa kontak kemana ya dok? Makasih sebelumnya..

    ReplyDelete
  7. Dok, apakah kura kura sehat gak pernah mangap mangap gitu dok? Frekuensi mangap yg wajar brp x sehari? soalnya kura ambon saya suka mangap mangap sama lehernya diangkat panjang pas lagi berjemur

    ReplyDelete
  8. cara mengobatinya gimana dok, res saya 3cm mengalami gejala seperti yg dihadapi...apakah pake terramycin bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah berapa lama? kalau udah lebih dari 3 hari, bawa aja ke dokter hewan biar dapet suntikan antibiotik. kalau belum lebih dari 3 hari, lakukan langkah pencegahan seperti yang saya tulis di atas....

      terramycin kayaknya gak bisa, mas. :)

      Delete
  9. Dok, saya mau bertanya..
    Kura2 RES saya sudah seminggu mulutnya mangap2 kayak ambil nafas gitu, trus kadang suka kaya "kesedek" tapi gak kesedek apapun, malah keluarin lendir kentel warna putih sampai putih susu.. trus gak mau makan, dan kalau abis mangap mungkin ngerasa cape jd dia suka nunduk rendah banget.. trus kalo air kolamnya ketinggian dia ngambang sebelah, kadang berenang jga suka kesana kesini. Saya udah baca2 dan mungkin kena pneumonia, apa betul begitu dok?
    Lalu saya udh coba ke dokter hewan, tp dia juga bngung mau digimanain soalnya kura2 saya msh kecil banget +- 5cm, umurnya +- 3 bulan. Jadi dia kasih saran untuk sering dijemur (tp skg musim hujan dan gak ada matahari), trus beli obat khusus kura2 untuk pernafasan. Saya sdh cari di tempat yg dirujuk dokternya tp tidak ada, saya sblmnya tanya nama pbatnya apa, tp dokternya bilang apa aja tanya aja di sana yg khusus untuk kura2 sakit pernafasan. saya bngung dok harus gimana lagi? Mohon sekali sarannya, terimakasih dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas...
      sekarang gimana keadaannya?

      kalau nggak pneumonia, ya pilek parah itu mbak/mas. coba cek artikel saya cara mengobati kura2 pilek, beli obatnya di kaskus juga ada....

      harusnya sih sama dokternya bisa dikasih obat. mungkin karena baru nanganin kura2 aja dokternya, jadi dia agak bingung....
      kabari lagi ya mbak/mas..

      Delete
    2. sekarang sudah agak sedikit lebih baik sih dok. Mangap2 gitu masih, trus skg suka lebih ky ke bersin gitu dok. Keluarin putih2nya juga udh jarang tinggal sedikit. Tp masih mengapung dan masih gak mau makan juga. Kira2 harus saya apain ya dok? Terramicyn ya dok?

      iya sepertinya begitu, dan agak susah juga cari dokter hewan yg bisa tanganin kura2 di daerah saya dok.. jadi saya mau pake perawatan rumah saja..... mau coba pakai air rebusan daun sirih bagaimana dok?

      Delete
    3. bisa sih pake air rebusan sirih, tapi mending pake terramycin aja...

      yang penting suhu airnya stabil, nggak turun naik. dan kasih penanganan pake terramycin... :)

      kabari terus ya mbak

      Delete
  10. dok kura2 saya kenapa seperti kaku ya tidur gaya renang kaki dan tangan terlentang kebelakang... saya binggung...

    ReplyDelete
  11. Dok obat untuk pneumonia secara alami tidak di suntik ada ta soal nya disni dokter hewan nya jauh dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak susah sih mas, apalagi kalau udah parah...
      umur kura2nya berapa?

      Delete
  12. Dok kura kura saya d ujung bibirnya berbusa terus, pas ambil napas kepalanya pnjang banget mangap mangap dok....
    Gak mau makaN n gak mw brenang d air, kura kuranya lebih suka berjemur...
    Akhir akhir ini kura kura saya kayak gelisah gt mau keluar dari aquariumnya....
    Penanganan pertamanya apa ya dok untuk drmh dulu, kasian liatnya saya dokter....

    Dokter hewan dsni mesti keluar kota dokter jauh banget....

    ReplyDelete
  13. Dok kura kura saya d ujung bibirnya berbusa terus, pas ambil napas kepalanya pnjang banget mangap mangap dok....
    Gak mau makaN n gak mw brenang d air, kura kuranya lebih suka berjemur...
    Akhir akhir ini kura kura saya kayak gelisah gt mau keluar dari aquariumnya....
    Penanganan pertamanya apa ya dok untuk drmh dulu, kasian liatnya saya dokter....

    Dokter hewan dsni mesti keluar kota dokter jauh banget....

    ReplyDelete
    Replies
    1. pilek. cuaca emang lagi gak bagus buat kura2 dan reptil.
      silaka baca artikel saya cara mengobati pilek pada kura2. kalau dia emang gak mau di air, biarkan aja dulu di daratan. dan jaga suhunya agar tetap stabil: gak kepanasan juga gak kedinginan....

      dan usahakan tetap makan...

      Delete
  14. Dok kura2 sy bbrp hari ini jd pendiem (biasanya nakal bgt) , trus nafsu mkn berkurang tp msh mau mkn sih.. trus jd ky lemes dan lebih bnyk tidur.. trus tdurnya kepalanya agak nunduk ke bawah. Dann kadang suka buka mulutnya kecil banget kalo pas lg di air, tp kalo di darat jarang banget dan kalo di darat ky biasa aja ga sediem di air. Trus di batoknya suka ada putih2 lendir gitu dan kalo digosok agak susah krna nempel banget, apa itu jamur ya dok?
    Air di kandangnya jd lebih dingin dr biasanya krna ujan dingin banget, apa itu pengarug ya dok?
    Trus saya udh baca2 artikel ttg pilek , tp hidung dan mulut kura2 saya ga basah .. jd sy bngung kira2 kura2 saya ini kenapa ya dok? Mohon bantuannya ya.. terimakasig

    Nb : sudah 2 minggu ini jarang skli dijemur krna gaada matahari, tiap hari hujan teruss dan dingin..
    Setiap hari saya beri makan cacing kering (tubifex worms) , fesesnya lancar, btknya spt untaian sosis warnanya hitam kecoklatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending pindahkan kura2nya ke dalam ruangan.
      sesegera mungkin.
      jaga agar dia tetap hangat.

      sayangnya mas gak bilang kura2nya apa. tetep kasih makan ya mas. dan saya tunggu kabarnya...

      Delete
    2. mmg ditaruh di dlm ruangan dok.. tp ttp spt itu..
      kura2nya kura2 brazil dok +- usianya 2 bulan..

      Tetap diberi air di kandangnya atau dikeringkan saja ya dok?
      Terimakasih..

      Delete
    3. kasih basking spot (daratan) biar dia bisa manjat ke daratan situ kalo kedinginan... cuaca emang lagi gak bagus buat kura2, apalagi yang masih baby...

      usahakan tetep kasih makan, sedikit2 gak apa2. jaga suhu airnya, jangan sampe dingin.

      Delete
  15. Assalamualaikum wr wb
    Maaf dok telat ya... Baru bs nyambung google+ dokter.

    Dokter akhir akhir ini egy kura kura jenis res/brazil usia 11bln ,berjenis kelamin jantan agak kurang sehat..

    1. kepala keatas tegang seperti kura bangun tdr menguap tuh tp kepalanya keras banget dia jalanpun kepalanya seperti itu.
    2. Bagian lehernya agak gede..
    3. Tidak bs makan utuh harusnya di gerus bru bs mencerna.
    4. Jalannya miring renang pun jg. Kalau jalan pasti tergelempang.
    5. Hidung mulut berlendir tetapi tdk banyak.
    6. setiap dia bangun kepala pasti ke kiri kalau gak kekanan.
    7. Sering bersin..
    8. Kepala kalau kena aer biasa selalu menggeleng. Padahal air yg saya beri selalu kurang dr karapasnya.
    9. Matanya masih bening dan gak tdr suka buka matanya dok ya liat gtu tp dia pasif.

    Dia mengalami itu 4hari yg lalu kritisnya 2hri lalu.
    Saya tanya di grup komunitas tidak ada yg tau tp ada yg menyarankan.
    1. Jemur pagi siang dan sore
    2. Makannya harus di haluskan suapkan ke mulut.
    3. Pisah dg temannya
    4. Drydock
    5. Kalau tdr lampu uvb di nyalakan
    6. Beri antibiotik alami dg daun sirih.

    Saya melakukan itu semua dok
    Egy saya buatkan box tmpt tdr dg lampu uvb
    Alhamdulillah dok
    1. Jalan tdk miring renangpun balik lg
    2. Sudah bs di hand feed
    3. Sudah tdk menggeleng kalau di aer
    4. Kepalanya sudah tdk mengarah satu sisi aja.ya dg kata lain dah seperti dy sehat.
    5. Sudah tdk berlendir.

    Sebelum itu saya baca di blog dokter perkiraan saya dy kena pneumonia dok.
    Apa benar dok ??
    Kalau ia gmn caranya menanganinya??dan brp lama penangannya.
    Saya tidak ada uang lebih dok sebisa mungkin cari cara alami.

    Terima kasih dok.
    Assalamualaikum wr wb

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya, terima kasih atas sharing knowledge-nya di sini. :)

      iya, saya juga setuju kalau kura-kura mbak kena pneumonia. dan apa yang mbak lakukan sudah tepat kok...

      dan inget, cuaca emang lagi kurang bagus buat kura-kura. mending pindahkan kura2nya ke dalam rumah kalau selama ini dia ada di luar.

      kasih makan kayak biasa... :)

      Delete
    2. Kura kura sudah lepas dr pneumonia tuh gmn dok brp haru

      Delete
    3. lakukan aja terus treatment yang mbak lakukan selama seminggu ke depan. setelah yakin sembuh, baru bisa stop... itu juga kalau tanda2nya udah tidak terlihat lagi...

      dan tetep jaga suhu ruangannya, jangan sampe kedinginan... :)

      Delete
    4. Sore dok egy kmrin dah aktif dan mulai makan daging
      Namun td sepertinya kambuh lagi dok
      Akhirnya saya putuskan beli heater karena kmrin belum sempat beli.
      Dok ada obat jkk procare saya baca bisa jg menangani pneumonia.
      Blm pernah coba sih dok.
      Menurut dokter perlu tidak membelinya.

      Delete
    5. daging? kura-kuranya mbak kasih makan daging?
      emang udah biasa makan itu apa gimana?
      kalo daging ikan sih gak apa2, tapi kalo daging sapi atau ayam, kayaknya kurang bagus buat kura2 brazil, mbak... apalagi yang masih anakan...

      pake procare sebenernya juga gak menjamin. yang penting adalah menjaga agar dia gak kedinginan. jadi yang paling penting ya heater dan ketersediaan makanan.

      kalo dua itu udah mencukupi (kandang gak dingin dan makanan udah tercukupi), bisa beli procare buat jaga2 kalo ada kambuhan lagi... :)

      Delete
    6. Daging udang dok..
      Egy dan iru ska daging udang donk hehe..
      Oh ya donk ngeluarin lendir tuh gmn dok

      Delete
    7. oh kalo daging udang masih boleh.
      maaf karena baru balas...

      ngeluarin lendir dari mananya?
      lubang hidungnya?

      suhu kandangnya gimana? gak dingin, kan?

      kabari lagi. dan sekali lagi, maaf karena baru balas...

      Delete
    8. Egy lendir mulut m hidung

      Anehnya tiap kumat kepalanya nukik keras

      Suhunya 27° dok

      Klo bs saya tunjukin video egy kmbuh dok

      Tp makannya msh lncar

      Delete
    9. rajin dijemur kan?
      saya pikir kalau dia masih mau makan, atleast dia masih sehat. mungkin mbak bisa kasih dia air jahe.
      TAPI jangan sembarangan. ada cara buat air jahenya di artikel obat alami untuk kura-kura... :)

      Delete
    10. Jadwal jemur egy pagi siang sore dok.

      Delete
    11. oke. (y)
      sekarang gimana keadaan kura-kuranya? :)

      Delete
    12. RIP dok
      terakhir plg ngajar paut dah kaku dan bag mulutnya darah :(

      Delete
    13. :(
      sebelumnya maaf karena baru balas...

      saya ikut sedih dengernya. dan maaf karena saya hanya bisa bantu lewat blog ini.... :(

      Delete
  16. Maaf dok. Mau tny. Kura2 brazil saya . Diameter kira2 10cm. Di jemur d lbt 2. Trs jatuh ke bawah, dicek tdk retak, tp ada lapisan batok dan lapisan d perut yg ngelupas. Di air dia miring hampir terbalik. Dan skrrg ga mau makan. Mohon bantuan ya dok. Gimana y dok? Takut mati. Thank sbelumnya dok.

    ReplyDelete
  17. Hallo dok.. saya mau tanya, saya punya kura2 brazil 4 ekor, 2 ekor pertma dah 14 tahun.. dl waktu pemeliharaannya biasa aja.. cma ganti air.. gk ad perhatikan suhu dll.. skrg saya tanbah lg kura2 baby sktr masi 3-4cm.. dan ke empatnya saya perhatikan betul tmptnya dan makanannya.. cma kura2 baby yg baru ini.. yg prtma matanya bengkak merem trus tp skrg dah smbuh setelah saya kasi rebusan air daun sirih dan acryvlavine plus.. uda mau makan dan agak gesit.. nah skrg yg kedua yg awalnya normal2 aja.. skrg kepalanya klo kluat miring ke kanan dan jalan kadang suka muter2 1 arah.. saya coba berenangin dikolam dalam.. dia agak miring dan klo kena semprotan filter dia muter muter.. tp makan masi napsu bgt dok.. klo dikasi lngsung nyamber.. itu sakit ato normal ya dok? Terima kasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kura-kura dewasa emang lebih kuat daripada yang masih bayi

      soal kura-kura yang masih baby, mas udah baca artikel di atas? :v
      udah ada keterangannya di atas.

      Delete
    2. Saya sudah baca yg diatas.. tp apakah klo dia berenang agak miring dan klo kena semburan filter dia muter2 brarti dia sakit? Tapi makannya masi napsu bgt dok?
      Sama yg kura sudah dewasa dl saya pelihara saat masi baby jg.. tp malah lbh sehat.. :D

      Delete
    3. emang kudu dipastikan dulu, apakah dia emang berenangnya miring karena sakit atau cuma kesa sembur filter air aja. kalo nafsu makannya bagus dan kura2nya juga masih aktif, saya kira dia masih sehat....

      kalau kura2 pneumonia biasanya gak aktif dan gak mau makan.... :)

      Delete
  18. Dok Pneumonia kira2 nular ga ya ?, baru ketauan 1 pneumonia tapi sisanya 3 jd bobo di batu terus, makan masih mau tapi sering tiduran di batu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya sih nggak, mas. tapi mending pisah aja. kura2 yang sakit dengan yang sehat.
      mas bisa kasih antibiotik amoxicillin juga. tapi itu juga mending dengan ketentuan dari dokter, jadi bawa ke dokter hewan aja dulu..

      Delete
  19. Dok saya melihara kura - kura banyak dirumah dan masih kecil - kecil. Tapi ada 2 yg sakit. Yang pertama mata sama hidungnya kayak tersumbat sisa pelet gitu, akhirnya dia kyk sesak napas dan mangap - mangap gitu,matanya juga gamau kebuka... airnya udah diganti tiap hari 2X tapi kotorannya gak hilang - hilang, makin lama dia jadi makin lemes...kasian liatnya:-s Untuk kasus yang kedua, diatas matanya kyk ada bintik putih gitu.jadi mata yg kebuka cuman sebelah.... untuk 3 hari ini 2 kura - kura itu saya pisah aquariumnya dan di airnya dikasih daun sirih.. tapi bagusnya diapain ya biar cepet sembuh?? Makasih dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. daun sirihnya diminumkan, bukan jadi air tempat memeliharanya, mbak...

      dan sementara di drydock aja. kasih daratan di akuariumnya, yang kira2 dia gampang panjatnya.

      untuk kura2 yang kayaknya kemasukan sisa pellet di hidungnya, mbak bisa sedot pake sedotan akua nggak? yang kecil itu loh... :)

      taro ujung sedotan akua yang tumpul di depan hidungnya, terus dari ujung satunya mbak sedot udaranya....

      itu juga kalo gak jijik, hehehe...

      Delete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. Assalamualaikum dok,

    Sekitar seminggu yang lalu saya baru beli 2 ekor baby kura kura brazil, (A dan B). Pada saat hari saya beli malamnya saya langsung mengganti airnya, tetapi kura kura A terlihat mengapung dan tidak bergerak. Kura kura saya juga saya beri makan semacam pelet yang khusus untuk kura kura, tapi sepertinya tdk dimakan. Beberapa hari kemudian kura kura A madannya berlendir trus matanya seperti belekan dan merem terus. Kura kura saya sepertinya juga jarang makan, mungkin karna sakit. Tapi baru kemarin saya liat kura kura B sepertinya tertular sama kura kura A, matanya belekan dan berlendir badannya. Setiap saya ganti air mereka selalu membuka mulutnya sambil ngangkat kepalanya. Setelah saya coba googling dan tanya tanya sama temen, ada yang bilang kura kura saya kena pneumonia ada juga yang bilang jamuran. saya bingung dok penanganannya gmn. Mohon bantuannya dok, terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa alaikum salam...
      kalau pneumonia biasanya berenangnya miring2. udah saya jelaskan di artikel atas.
      saya lebih cenderung ke jamuran sih.

      setelah tahu salahsatu kura-kura sakit, harusnya dipisah. lalu di akuarium keduanya, dikasih obat biru yang buat ikan. beli aja di toko akuarium ikan hias..

      yang pasti, jaga agar airnya tetap stabil suhunya. taro akuariumnya di dalam ruangan. lalu jangan sering diganti airnya...

      Delete
  22. Dok, kura kura yang satu udh mati :(. Tapi yang satunya ini sudah tdk berlendir tp kayaknya matanya gabisa kebuka mungkin karena makanan peletnya itu kering dimatanya, mau coba dibersihkan susah. Untuk obat birunya itu ditaro di di aquariumnya trus kura kuranya berenang aja apa gmn? Makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. obat birunya ditetesin ke airnya.
      iya, kura-kuranya biarin aja di air...

      kura-kura anakan emang agak susah buat dipelihara....

      Delete
  23. dok..salah satu bayi kura-kuraku di cangkang yang lurus sama kepalanya itu ada bercak coklat, aku mikir itu jamur. Terus dia juga ngapung, matanya merem, kalau bernafas suka buka mulutnya, terus lehernya itu membesar mengecil (seperti kodok tiap bersuara). Aku yakin dia sakit..takutnya sakit pneunomia itu.
    Terus dari awal beli (3 hari lalu) dia(Jiu) sama Beyu(bayi kura-kura satunya) ga mau makan. Beyu aktif, tapi Jiu diem aja..

    Tapi tadi pagi diajak main mereka aktif, nyakar-nyakar juga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kura2 sakit dan ada lebih dari 1 ekor, sebaiknya dipisahin.
      iya, mbak. kemungkinan kalau gak pneumonia, dia pilek. yang pasti dia mangap karena susah bernafas...

      taro di daratan aja dulu. airnya buang dulu. terus minumkan air jahe. air jahenya jangan pedes, jadi campur air mineral dulu sampe rasa jahenya gak terlalu pedes, abis itu baru minumkan....

      makan kayak biasa, kasih makan kayak biasa...

      Delete
  24. dok mau tanya kalo cara menyuapi kura-kura yang masih bayi itu gimana yah dok? kura-kura brazil saya yang satu sepertinya terkena pneumonia dok dia udh ga mau makan kurang lebih semingguan dok. Tapi karena disini dokter hewan susah jadi belum saya bawa ke dokter. Saya harus gimana yah dok buat agar dia ga terlalu lemas? matanya skrng udh jarang kebuka dok tapi pas saya taro di air dia masih gerak dikit. Makasih sebelumnya dok. mohon bantuannya

    ReplyDelete
  25. Dok,kura kura saya nggak mau makan udah seminggu. Pas saya kasih sayuran dia mau makan tapi setelah itu sayurannya dimuntahin dan nggak mau makan lagi. Terus nafasnya jadi bunyi, itu kenapa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. masalah di paru2 atau saluran pernafasannya, mas. mending segera bawa ke dokter hewan. sesegera mungkin.

      Delete
  26. dok saya mau nanya, kura brazil saya sakit pilek selama 10hari saya bingung nyari obat dmn dan akhirnya saya beli di online, dan saya ksh obat terramycin ke hidungnya, stelah itu dia jadi buka mata, ttpi sblm saya ksh obat dia sperti ngamuk2 kejang2 gitu kepalanya kedalem tempurung saat sy rendem pakai air hangat. dan esoknya sy ksh obat lg malah sperti itu lagi ngamuk2 ga jelas. saya ga ngerti dia knp. ada saran ga dok😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini kura kura sy dok lg kejang2 gitu

      Delete
    2. maafkan saya karena baru balas...
      sekarang gimana keadaan kura-kuranya, mbak?

      ini mbak yang kemaren punya anakan kura-kura bukan?

      kalau emang urgent, segera bawa ke dokter hewan aja mbak...

      Delete
  27. Dok kalo kura kura kena pneumonia lebih baik tetep ditaruk di air apa ditaruk didaratan? Kura kura masih mau makan tapi gasebanyak dulu, baru tau malem ini kalo dia gamau nyemplung di air, trus sering ngebuka mulutnya,kalo ditaruk di air tadi kayak panik gitu dok, itu bener pneumonia? Ini masih ditaruk di darat ndaada airnya,bagusnya tetep di air apa di darat dok? Soalnya kayak panik gitu kalo di air. Mohon bantuannya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. tetep ditaro di air tapi airnya dikit aja. sekira kepalanya masih bisa nongol di atas airnya...

      kemungkinan emang iya, mbak....

      coba kasih air jahe. cara bikinnya, cek artikel obat alami untuk kura2.

      kura-kura anakan emang masih sangat mudah sakit, mbak... :)

      saya dan tim mengucapkan selamat hari raya idul fitri. maafkan jika banyak pertanyaan yang telat dibalas ya mas/mbak... :)

      Delete
  28. Oiya aku baru punya sekitar 2 bulan ini. Sebelumnya dia kalo baru ganti air kayak berenang cepet gitu trus kayak berdiri sampek hampir jatuh, tapi makannya masih normal. Pas dapet juga matanya ndabisa kebuka jadi gaada matanya (ketutup) kayak buta sampek sekarang. Trus malem ini dia baru kayak gamau masuk ke air, makannya juga gasebanyak dulu. Masih kecil kura kura aku

    ReplyDelete
  29. Bonus Bonus Super Heboh Dari LIGA108
    ~ Bonus New Member : 20%
    ~ Bonus Next Deposit : 5%
    ~ Bonus Cash Back : 5%

    LIGA108 & WIN323 - Merupakan Situs Online Betting NO.1 Di Indonesia.
    Dengan WIN RATE tertinggi 97% + Bonus Bonus Super Heboh yang bisa
    anda dapatkan setiap hari nya!!

    Minimal Deposit : Rp.25.000
    Minimal Withdraw : Rp.25.000

    Tunggu apalagi mari langsung bergabung bersama LIGA108 dan jadilah
    pemenang di setiap taruhan yang Bossku lakukan :)

    Contact Person LIGA108 :
    BB : 55A567BC
    LINE : LIGA108
    WA : +855 78 633 425 ( LIGA108 )
    WA : +855 78 633 430 ( WIN323 )

    ReplyDelete
  30. Dok mau tanya dong tolong :( kura kura aku gamau makan, matanya merem terus tapi masih bisa buka mata kadang kalo lg mau ngecek bentar trus merem lagj, engga aktif gerak padahal uda dipencet2 kaki tangannya, trus kaki sm tangan sm kepalanya gamau dia masukin ke tempurung. Dia diam saja dan gamau makan pokonya dan napas seperti dr mulut. Kura kura saya kura brazil dan sudah besar (lbh dr 10thn) sama kita gakenapa napa br kali ini ada masalah. Itu sakit apa dok saya bingung dia pilek atau pneumonia :( krn dia tidak menjulur palanya dan gaberenang miring spt pneumonie lebih ke diam saja dan ga jalan ataupun masukin kaki ke tempurung.. terimakasih tolong bantuannya dok..

    ReplyDelete
  31. Dok , saya beli 2 kura" brazil yang masih baby sekitar 3 minggu lalu. Tapi sekitar 3 hari ini ada satu yang matanya nutup terus , suka berjemur (bahkan berjam" tanpa ke air), buka mulut seperti menguap, berdiam diri kalau di akuarium. Karena kukira sakit ,akhirnya ku pisah dengan yang satunya dan kutaruh baskom dan dikasih lampu biar hangat . Tapi anehnya setelah di pisah , dia jadi lebih semangat dan buka mata. Untuj makannya juga masih semangat dan lahap dok . Itu sebenarnya baby kura" saya sakit atay tidak ya? Karena dulu itu lumayan lincah, sekarang kok jadi diam terus sambil nutup mata .

    Terimakasih

    ReplyDelete
  32. Dok, saya mau tanya, kura-kura saya sepertinya memiliki gejala Pneumonia yang diatas, saya baru menyadari setelah dua minggu saya beli ditoko hewan, saya ingin membawa ke dokter hewan untuk mendapat suntikan tetapi tidak tau berapa budget yang harua saya keluarkan, mohon solusi dan jawabannya terima kasih

    ReplyDelete
  33. Dok, baby kura2 sy kemungkinan besar trkena pneumonia, di kota saya tidak ada dokter hewan yg bs mgobati kura2, ada cara lain slain bwa ke dokter dok? Awalnya gejala pilek, tp ud dkasih obat, hidung sudah kering tapi gk mau makan sm sekali, adakah solusi lain slain ke dokter hewan?

    ReplyDelete
  34. Dok, baby kura2 ambon saya kmgkinan besar trkena gejala pneumonia, awalny sperti pilek krn hidungnya basah,. Ud dkasih obat yg sy beli online, skg hidung sudah kering tp msh gk mau makan sudah lama sekali,
    D kota sya tidak ada doktr hewan, adakah cara lain slain ke dokter utk mengobati pneumonia? Mhon bantuannya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. nama obatnya apa mbak? :)
      kalau memang udah dikasih obat dan hidungnya sudah kering, tunggu aja beberapa hari lagi. mbak biasanya kasih makan apa?
      coba aja kasih makan dengan makanan yang biasa mbak kasih...

      kabari terus

      Delete
    2. obat tetes hidung namanya reptilizer 10ml, ud hampir 2 minggu dari hidungnya sudah kering dok , tapi msh tidak mau makan. kalo dulu masih sehat saya ksh makan kates, sekarang sya kasih pelet tp tidak pernah mau makan,kates dan kangkung air juga tidak mau. karena tidak ada dokter hewan yang bisa mengobati kura2 disini, saya searching lg obat online merk procare dok. kira2 mempan gak ya? terima kasih bnyk dok atas responnya :)

      Delete
    3. kalau saya boleh saran, mbak bisa coba obat merk reptile booster, sudah saya review di artikel cara agar reptile tetap sehat

      procare saya belum pernah coba, sih. mbak bisa coba procare atau reptile booster, dua-duanya oke saya rasa

      fesesnya gimana? dia lancar buang air? mencret atau berbentuk? kabari terus

      oh ya, mungkin mbak bisa jemur dia sebentar, barang 3 s/d 5 menit, jam 8 atau jam 9 pagi. seminggu 2x aja...

      Delete
    4. wah ok dok, saya coba obat itu nanti. slama ini krn tidak ad makan, tdk ada feses, dan baru hari ini ad fesesnya sdkit tp kyk mencret dok. wrn hijau kecoklat2an, pdahal stau saya dia gk makan.

      biasa saya jemur ckup lama bs stgh jam lebih,cuma sya ksh tempat teduh juga kalau dia gk mau jemuran lg. kenapa gk boleh trlalu lama dan smggu hny 2x aja ya dok?

      Delete
    5. untuk ukuran baby kura-kura, kayaknya jemur sampe setengah jam kelamaan, mbak. saya sih takutnya stress karena itu.
      atau perkiraan saya, dia kena temperature shocks. jadi abis jemur, langsung mbak mandiin, jadi suhu tubuhnya langsung drop (dari kepanasan, langsung dingin). itulah mangkanya dia jadi stress....

      fesesnya kehijauan ya? hmm... dia masih gak mau makan?
      saya sih bersyukur dia mau pup. dan dugaan saya, pencernaanya terganggu, berdasarkan warna pupnya itu....
      reptile booster membantu kok. atau kalau mbak mau, kasih pepaya aja. biar pencernaannya mendingan. opsi lain, kasih air kelapa muda. minumkan aja sedikit.

      kabari terus ya mbak...

      Delete
  35. Dok, prkembangan smpai hr ni, dia belum mau makan, kmarin sy liat nafasnya sudah mulai baik, jd sy stop obat procare 2hr, dan dia mulai kumat lagi nafasnya sdkit,

    Apa boleh sy gnt ke reptile booster yg prnh dokter saranin? Air kelapa muda tidak mau diminum kalau air putih dia msh mau, jadi pro vits multivitamin reptile sy semprot di air yg dia mnum

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana kabarna mbak? maaf baru balas..

      procare atau reptile booster sama aja kok.
      kabari lagi

      Delete
  36. iya dok , masih belum mau makan, masih sering merem kadang2 buka mata, cuma dbanding sblum kasih procare, masih ud baikan sedikit.
    reptile booster itu tidak perlu harus stelah makan kan dok? dalam perut kosong maksudnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. di keterangan kemasannya gak ada? setau saya sih tidak harus setelahh makan...

      kirimin foto feses kura-kuranya, mbak. saya tunggu di fanpage ya...

      Delete
    2. ok dok, nnt kalo ada saya foto. baru pagi ini sy teteskan reptile booster ke mulutnya.
      sehari bisa brapa x tetes tidak msalah ya dok?
      semoga dia bisa sehat. dokter terima kasih byk ya sudah sangat membantu, penuh cinta kasih kepada semua makhluk hidup :*

      Delete
    3. di kemasannya tidak ada, mbak? :)
      satu tetes aja saya kira cukup. atau lihat di kemasnnya...

      Delete
  37. ok dok, nnt kalo ad feses, sy fotokan , slama ini jrang sekali ada karena dia gk makan, dan baru pagi ini coba saya satukan lg dg kura2 saya yg 1 lagi, dlu badan mreka sama besar, cuma skg krn yg satuny sehat, badan dia ud lbh besar drpda yg sakit ini.


    kura2 memang suka matokin kaki kura2 lain ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama tidak bikin cedera/luka, nggak apa2. kecuali kalau udah terlihat kasar, mending pisahin... :)

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.