Arti Bahasa Tubuh Sugar Glider | Drh. Fira Sovica

Artikel tentang

cara membaca perilaku sugar glider

ini saya tulis berdasarkan pertanyaan yang diajukan salahsatu pengunjung blog ini. Membaca perilaku sugar glider perlu diketahui oleh para owner sugar glider agar lebih memahami sugar glider miliknya. Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman dan riset kecil-kecilan sebagai orangtua asuh dari Yoyo dan Cici, sugar glider milik saya dulu. Cara memelihara sugar glider bisa anda baca di artikel cara merawat sugar glider. Harga sugar glider berdasarkan jenis sugar glider juga bisa anda baca di artikel harga sugar glider.
Berikut adalah beberapa perilaku sugar glider dan artinya:
Arti Bahasa Tubuh Sugar Glider
Image taken from sugarglider.com


  1. Sugar glider berak (pup) atau kencing (pee) saat diajak bermain.
  2. Adakalanya sugar glider berak dan kencing saat diajak bermain. Hal tersebut wajar karena sugar glider adalah makhluk teritorial yang kerap menandakan daerah kekuasaannya dengan air kencing atau kotorannya. Secara tidak langsung sebenarnya anda patut bangga jika dikencingi oleh sugar glider saat bermain bersama sugar glider anda karena itu berarti dia menandakan anda sebagai miliknya.
  3. Sugar glider mengeluarkan cairan berwarna putih atau bening dari anusnya saat didekati.
  4. Jika sugar glider mengeluarkan cairan bening atau putih dari anusnya yang berbau 'agak beda', maka itu artinya si sugar glider tidak mau didekati atau tidak mempercayai anda. Hal ini juga sering terjadi pada sugar glider yang baru datang ke lingkungan barunya atau baru pindah ke kandang baru. Selama tidak ada tanda-tanda sugar glider sakit lain, hal tersebut normal.
  5. Sugar glider bersuara saat makan.
  6. Sugar glider akan merasa senang jika bertemu atau memakan makanan. Kegembiraan ini dia tunjukkan dengan mengeluarkan suara-suara saat makan. Suara ini disebut chirping. Anda bisa membaca lebih lanjut tentang chirping pada artikel istilah dalam memelihara sugar glider.
  7. Sugar glider berdiri dengan kaki belakangnya.
  8. Sugar glider mengenali lingkungan dan ownernya dari aroma udara dan aroma tubuh, makanya cara terbaik untuk menjinakkan sugar glider salahsatunya adalah dengan menaruh kaus bekas pakai ke dalam kandangnya. Perilaku sugar glider ini juga membuat sugar glider kerap berdiri di atas kaki belakangnya jika menemukan aroma aneh atau tidak biasa, misalnya jika dia melihat ownernya namun dengan aroma yang berbeda, misalnya saat sang owner memakai parfum atau semacamnya. Perilaku sugar glider ini juga kerap terjadi jika si sugar glider baru dipindahkan ke tempat yang baru.
  9. Sugar glider diam di suatu tempat selama beberapa detik atau beberapa menit (freezing).
  10. Sugar glider adalah hewan yang memiliki sifat dasar selalu ingin tahu. Kebanyakan arti gigitan sugar glider memiliki arti "ini bisa dimakan nggak ya?" Daripada "ini bikin aku kesal!!". Begitu juga dengan kebiasaan freezing pada sugar glider, terutama berkaitan dengan suara yang dia dengar. Sugar glider kerap freezing atau diam di suatu tempat selama beberapa detik jika mendengar suara yang menarik perhatiannya atau jika mendengar suara crabbing dari salahsatu anggota koloninya.
  11. Sugar glider menjilati bulu di tubuhnya (grooming).
  12. Sama halnya seperti kucing, sugar glider kerap menjilati bulu di tubuhnya bila dia merasa tidak nyaman dengan tubuhnya. Dengan kata lain, sugar glider 'mandi' dengan cara menjilati badannya. Perilaku sugar glider sering menjilati badannya ini bisa dikatakan masih wajar.
  13. Sugar glider jantan mengeluarkan dan menjilati 2 tentakel berwarna merah dari alat kelaminnya.
  14. Perilaku sugar glider jantan ini kerap terjadi pada sugar glider jantan yang sudah siap kawin. Bahasa tubuh sugar glider jantan ini bisa dikatakan juga masih wajar selama tidak ada indikasi sugar glider sakit.
  15. Sugar glider bergerak-gerak atau bersuara saat tidur.
  16. Alasan kenapa sugar glider sering bersuara atau bergerak saat tidur hingga saat ini masih menjadi bahan perdebatan para breeder sugar glider. Namun saya sendiri punya teori sendiri, yaitu bahwa sugar glider bisa mengalami mimpi, sama halnya seperti kita manusia. Inilah yang membuat sugar glider suka mengigau (ngigo) saat tidur. Sama seperti poin sebelumnya, perilaku sugar glider sering mimpi ini bisa dikatakan masih normal selama sugar glider masih mau makan dan masih aktif bergerak.
  17. Sugar glider masih kabur-kaburan, masih tidak mau diam di telapak tangan, tidak mau tidur di tangan.
  18. Perilaku sugar glider ini menandakan sugar glider belum mempercayai anda sebagai ownernya. Dibutuhkan proses pendekatan lagi agar sugar glider percaya sepenuhnya dengan anda. Silakan baca artikel saya cara membondingkan sugar glider.
  19. Sugar glider sudah mulai tenang, terbiasa tidur di telapak tangan dengan posisi meringkuk.
  20. Jika sugar glider sudah mulai terbiasa tertidur di tangan anda, itu artinya dia sudah mulai percaya kepada anda. Belum sepenuhnya percaya, namun jika anda melakukan pendekatan terus menerus, nantinya si sugar glider akan sepenuhnya percaya kepada anda.
  21. Sugar glider sudah sangat tenang saat bermain dengan anda. Si sugar glider juga bisa tertidur dengan posisi telentang (tidak meringkuk) di telapak tangan anda.
  22. Sugar glider bisa dikatakan sudah sangat mempercayai anda jika dia memperlihatkan testikel atau pouchnya saat tertidur (terlentang). Hal ini juga bisa menjadi acuan bonding atau tidaknya seekor sugar glider kepada anda. Sugar glider yang sudah bonding tidak lagi ragu untuk melompat atau gliding ke arah anda. Dia juga mudah untuk tidur di telapak tangan anda dengan posisi telentang.
  23. Sugar glider menjilati-jilati tubuh anaknya (joeynya) atau mencium hidung joeynya.
  24. Berkaitan dengan poin sebelumnya, sugar glider juga mengenali anaknya dari bau tubuh si joey. Hal ini juga berlaku sebaliknya, yaitu joey sugar glider mengenali induknya dari aroma khas induknya. Bukan hanya sugar glider saja yang memiliki perilaku seperti ini. Kambing juga seperti itu. Bahkan, entah anda sadar atau tidak, manusia juga seperti itu. Secara naluri, bayi manusia mengingat bau tubuh ibunya. Secara singkat, induk sugar glider suka menjilat tubuh anaknya agar tubuh anaknya bersih. Hal ini juga membuat si anak sugar glider lebih tenang karena dia tahu induknya berada di dekatnya.
  25. Dua ekor sugar glider jantan 'berantem' di dalam kandang.
  26. Ada dua kemungkinan kenapa sugar glider bertarung: salahsatu sugar glider adalah pemilik teritorial di dalam kandang, sehingga sugar glider lain yang masuk ke area teritorialnya adalah sugar glider pengganggu; dan dua ekor sugar glider tersebut memperebutkan seekor betina yang sama. Untuk itu, saya lebih menganjurkan anda untuk menempatkan satu pejantan saja dengan beberapa betina dalam satu kandang. Jangan menempatkan lebih dari satu pejantan.
Demikian adalah artikel tentang

arti perilaku sugar glider

yang penulis tulis berdasarkan pengalaman sebagai orangtua asuh dari beberapa ekor sugar glider. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan dan wawasan bagi anda yang memelihara sugar glider. Terima kasih. (FS)

189 Responses to "Arti Bahasa Tubuh Sugar Glider"

  1. Maaf selalu melenceng dok
    Saya punya lovebird sayapnya bekas wingclip. Cara nya biar cpt tmbuh gmn ya dok apa harus d cbut??

    ReplyDelete
  2. Dm saya sering jongkok it knapa dok. Respon, feses, makan masih nrmal

    ReplyDelete
    Replies
    1. normal. kadang freezing dilakukan saat sg jongkok gitu mas.. :)

      Delete
  3. Maaf dok saya kan tanya che dm bukan sg:-P hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh sorry. saya kirain sg. :D
      che dm suka jongkok? kakinya baik2 aja? fesesnya gimana?
      saya punya dugaan, tapi saya tanya dulu. nafsu makannya gimana mas?

      Delete
  4. Fesesnya nrmal, makan masih rakus dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba observasi selama seminggu ke depan mas.
      kayaknya sih baik2 aja... :)

      Delete
    2. Sekarang si udah jarang jongkok lagi. Kemarin saya kasi GPU trus rutin jemur aja soalnya d sini susah cri kalsium

      Delete
  5. Apa mungkin masi usia sarang ( seharusnya masih di sarang ) ya dok???

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi, tapi tebakan saya sih kurang kalsium....
      lakukan treatment yang saya sarankan saja selama 2 minggu ke depan.. :)

      Delete
  6. Kalo sg suka diam sambil menggoyang2an ekor. Dr tau ga kira2 kalo sg lagi goyangin ekor gitu maksudnya apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada beberapa kemungkinan.
      1. pegal. emang agak menggelikan, tapi emang seperti itu. sugar glider di habitat aslinya menggunakan ekor untuk membantunya melompat dari satu pohon ke pohon lain, dan biasanya setelah melompat dia suka menggoyangkan ekornya ke kiri dan kanan gitu.
      2. gatal. jarang terjadi, tapi bisa saja terjadi.

      kemugkinan pertama lebih sering terjadi... :)
      semoga membantu..

      Delete
  7. Dok kalo sg saya sukanya melamun di batang pohon kalo jam 11 maleman
    Apa gara gara engga punya pasangan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kemungkinan karena nggak punya teman.
      mas pelihara cuma 1 ya? coba beli lagi temannya... :)

      Delete
  8. Oya dok
    Yang saya pelihara ada yang nonjol di deket anus itu laki apa bukan dok?
    Soalnya kalo liat di artikel agak bingung dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau laki biasanya da testikel ('bijinya')....
      kalau laki juga gak punya pouch, kantung buat naro anak, di bagian perutnya....

      Delete
  9. Oya yang saya prlihara FS dok
    Kalo FS bukan hewan berkantungkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya bedanya sugar glider dan tupai terbang... :)

      Delete
  10. Assalamu'alaikum dok, SG saya joey 3bulan, kalau pagi sampai malam dia tidur terus dok, aktifnya kalau lampu ruangan sdh dimatikan, apa itu tidak apa? Mohon pencerahannya dok, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas/mbak memeliharanya berapa ekor?
      kalau hanya 1 ekor memang kayak gitu. lebih dari 1 ekor pun sebenarnya wajar karena dasarnya sg memang hewan nocturnal (aktif pada malam hari), terlebih sg yang masih joey.... makin tambah umur biasanya mereka akan makin aktif... :)

      Delete
    2. Saya piara 1ekor dok, kalau siang dia di tempat tidur tp sering buka mata dok, kalau saya ambil lalu saya kekep lumayan mau tidur meringkuk gt.. Cm pas malem gamau di kekep sama sekali, apa wajar? Apa itu termasuk dia sdh mulai percaya sama saya? Skrg dia nya sering bgt freezing. Kelihatannya lemas, hidungnya berair dok, sekilas saya amati agak kebiruan, itu knp yah dok? Mohon dibantu. Terimakasih

      Delete
    3. iya, wajar kalau malam dia gak mau dikekep di tangan. soalnya kalau malam, sg lebih aktif. coba lebih sering berinteraksi kalau malam. taruh kaus bekas mas di dalam kandangnya agar dia kenal bau masternya....

      untuk hidungnya, bisa masih kasih air madu sebagai air minumnya. madu asli lebih bagus.... :)

      saran lain, coba beli temennya mas. beli sg 1 lagi agar dia gak freezing... :)

      Delete
    4. terimakasih banyak dok, si Helen sekarang sudah beraktifitas normal.. kalau ini dianya blm mau tidur terlentang di tangan.. masih meringkuk, ada saran lain dok? memang harus sabar yah, yang penting dianya sehat aja deh gapapa

      Delete
  11. Dok tupai saya tadi coba di handfeed (maaf kalo tulisan salah) mau si mau dok
    Tapi saya pake roti coklat
    Itu bahaya engga ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh2 aja asalkan jangan terlalu sering... jangan dikasih coklatnya, cukup rotinya aja.,.. :)

      Delete
    2. Iya dok
      Buat selingan aja biar engga bosen

      Delete
  12. Dok kalo SG biar gemuk dikasih apa dok? Apa susu boleh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca cara agar sg obesitas. :)
      jangan terlalu gemuk ya mbak, kasian sgnya... :)

      Delete
  13. Dok kalo SG biar gemuk di kasi apa dok? Apa susu boleh?

    ReplyDelete
  14. mau tanya beberapa pertanyaan dong dok

    1. cara simple biar sg gak crabbing dan gigit gimana ya dok?
    2. apa crabbing dan menggigit nya bisa nular ke teman se kandang yang udah jinak dok?
    3. wajar gak kalo sg joey jantan ukurannya hampir 2 x lipat dari yang betina? karna si penjual mengklaim sg nya msih 2 bulan oop, tapi ukurannya jauh sama betina saya yang baru 2,5 bulan oop.

    makasih ya dok maaf banyak tanya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya coba jawab.
      1. cara 'simple' agar sg gak crabbing dan gak gigit adalah jangan memelihara sg :D
      karena sejinak apapun, sg pasti crabbing dan gigit, baik becanda maupun serius. namanya juga hewan mas. :)
      2. iya, bisa nular, karena semua sg pasti crabbing. :D
      3. bisa aja terjadi kasus kayak gitu. postur masing2 sg biasanya tergantung kepada genetiknya... :)

      Delete
  15. Dok saya sudah beli FS enam hari lalu tapi kok engga akur akur ya dok crabbing terus
    Yg FS lama suka iseng ngambil makanannya FS yg baru beli, padahal yg lama jenis kelaminnya cewe dok
    Apa iya di dunia hewan juga cowonya ngalah ke cewenya? :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya agak bingung FS kok crabbing. setau saya yang crabbing itu sg, bukan fs.... coba mas baca artikel saya bedanya tupai terbang dan sugar glider...

      Delete
    2. Crabbing yg teriak teriak kan dok?
      Tapi sekarang udh engga dok
      Yang baru beli baru mati jam setengah enam

      Delete
    3. suara crabbing itu mirip suara 'oeoeoeoeoeoeoeoeoeoeoeoeoeoeoeoeoeoe' gitu... :D
      biar jelas, silakan buka youtube terus ketik 'sugar glider crabbing'

      Delete
    4. Dok suger glider saya kok suka brantam ya? Pdahal mak sama anak. dlm kandang nya ada 6ekor tapi yg suka brantam 2aja.

      Delete
    5. gak menimbulkan luka kan? kalau nggak menimbulkan luka, gak apa2... biarin aja.. :)

      Delete
  16. 1. Maaf dok mau nanya, seperti yg artikel dokter blg sg wajar jika pup disaat diajak main diluar kandang, tp apakah bisa diajarin buat pupnya di dalam kandang aja? soalnya was2 juga kl mau diajak main di kasur dok hehe
    2. Sg saya masih joey jantan sekitar 2 bulan dan saya pgn cariin dia temen tp pas umurnya udh sekitar 4-5 bulan dan disaat itu temennya yg pgn saya cari joey sekitar 2 bulan dan betina. Kaya gitu masalah gak dok kl disatukan kandangnya? Terus menurut dokter umur yg ideal untuk dicarikan teman pas brp bulan? Krn gamau terlalu dekat2 ini saya cariin temennya
    terima kasih dok sebelumnya:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. sebenernya sih agak susah, meski bisa aja dilakukan. soalnya sudah naluri bahwa sg kerap pup dan pee saat diajak main, mas. pup dan pee inipun sebenernya bukan di tempat bermainnya, namun di anggota tubuh pemiliknya. jadi gak usah khawatir sg pup di kasur saat mengajak main sg di kasur. dia tidak akan pup di kasih, namun biasanya di badan ownernya...
      2. kalau mau cari yang seumuran, itu lebih bagus. kalau takut berantem, pisahkan dulu kandangnya, taruh kandangnya berdekatan (sebelahan) selama beberapa minggu sampe mereka terlihat 'kenal', lalu baru satukan.... :)

      Delete
  17. malam,dok maaf mau tanya, saya baru nih melihara sugar glider,saya beli sepasang umur 1,5 bulan terus yang betinanya saya bawa (yang jantan di teman),terus jalan sebulan sendiri,sg betina punya saya itu mulai mogok makan (kecuali ulet hongkong,jilat dikit madu dan minum air itupun sedikit sekali) lalu dia sering bengong dan memakan kotoran sendiri, setelah saya baca postingan di atas beberapa minggu lalu,saya adopt lagi 1 jantan (1 bulan lebih muda dari betina saya) dan 1 joey betina,mereka semua pas disatuin aman gak berantem,terus si betina saya itu agak jadi gak bisa diem dan aktif banget,mulai makan lagi seperti biasa,mulai jarang crabbing,dan gak kagetan lagi kaya dulu pas sendirian. tapi beberapa hari ini,si betina saya yang lama itu mulai mogok makan lagi dan sering ngelamun lagi,kotoran sih aman gak encer atau apa,saya udah coba ganti-ganti menu makan,dari mulai pepaya matang,pisang matang,bubur bayi dll,tetep cuman sedikit terus makannya,terus mulai jilatin kotorannya sendiri lagi.

    terus juga dok mau tanya lagi nih yang si joey nya,saya pernah baca artikel kalau joey memang makannya sedikit-sedikit lalu tidur lagi dan makan lagi sedikit,saya sering antisipasi handsfeed dll,cuman kenapa dia sering hissing gitu dok? apa crying yah? kan katanya kalau hissing sambil pup atau pee berarti bermasalah di pencernaan? nah saya bingungnya, kadang dia lagi diem juga suka hissing justru bukan hissing pas lagi pup atau pee, tp yg saya perhatikan,joey tersebut jarang pup bahkan selama saya adopt baru 3-4 kali dia pupnya,itu kira2 kenapa dok?

    maaf kalau banyak bgt pertanyaannya dok, makasih sebelumnya, mohon informasinya yah dok :D

    ReplyDelete
  18. malam,dok maaf mau tanya, saya baru nih melihara sugar glider,saya beli sepasang umur 1,5 bulan terus yang betinanya saya bawa (yang jantan di teman),terus jalan 2,5 bulan sendiri,sg betina punya saya itu mulai mogok makan (kecuali ulet hongkong,jilat dikit madu dan minum air itupun sedikit sekali) lalu dia sering bengong dan memakan kotoran sendiri, setelah saya baca postingan di atas beberapa minggu lalu,saya adopt lagi 1 jantan (1 bulan lebih muda dari betina saya) dan 1 joey betina oop 19 juli (sekitar baru beberapa minggu kluar kantung) mereka semua pas disatuin aman gak berantem,terus si betina saya itu agak jadi gak bisa diem dan aktif banget,mulai makan lagi seperti biasa,mulai jarang crabbing,dan gak kagetan lagi kaya dulu pas sendirian. tapi beberapa hari ini,si betina saya yang lama itu mulai mogok makan lagi dan sering ngelamun lagi,kotoran sih aman gak encer atau apa,saya udah coba ganti-ganti menu makan,dari mulai pepaya matang,pisang matang,bubur bayi dll,tetep cuman sedikit terus makannya,terus mulai jilatin kotorannya sendiri lagi.

    terus juga dok mau tanya lagi nih yang si joey nya,saya pernah baca artikel kalau joey memang makannya sedikit-sedikit lalu tidur lagi dan makan lagi sedikit,saya sering antisipasi handsfeed dll,cuman kenapa dia sering hissing gitu dok? apa crying yah? kan katanya kalau hissing sambil pup atau pee berarti bermasalah di pencernaan? nah saya bingungnya, kadang dia lagi diem juga suka hissing justru bukan hissing pas lagi pup atau pee, tp yg saya perhatikan,joey tersebut jarang pup bahkan selama saya adopt baru 3-4 kali dia pupnya,itu kira2 kenapa dok?

    maaf kalau banyak bgt pertanyaannya dok, makasih sebelumnya, mohon informasinya yah dok :D

    ReplyDelete
  19. Dok mau tanya, saya abis beli bubur bayi beda merek sama yang biasa dia makan, sg saya jd kurang nafsu makannya, terua saya beli yang biasa sg makan tetep aja gk nafsu makannya, cara biar nafsu makan sg balik lg gimana ya dok? Oiya kandang sg habis saya kasih pasir yang wangi apa pengaruh sama nafsu makan sg?

    ReplyDelete
  20. Dok, cara mengatasi feses yang cair pada sg gimana ya? sg saya umurnya 4,5 bulan

    ReplyDelete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  23. Sugar glider masih kabur-kaburan, masih tidak mau diam di telapak tangan, tidak mau tidur di tangan.
    Perilaku sugar glider ini menandakan sugar glider belum mempercayai anda sebagai ownernya. Dibutuhkan proses pendekatan lagi agar sugar glider percaya sepenuhnya dengan anda. Silakan baca artikel saya cara membondingkan sugar glider.Artikelnya Dimana ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. http://jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.com/2014/01/cara-agar-sugar-glider-bonding.html

      Delete
  24. Malam dok maaf saya ganggu saya mau tanya knpa yah sg saya bersin brsin trus udh 3 hari trus yang satu nya lagi bulu d atas hidung nya rontok gmn cara mengatasi nya trimakasih

    ReplyDelete
  25. Malam dok maaf saya ganggu saya mau tanya knpa yah sg saya bersin brsin trus udh 3 hari trus yang satu nya lagi bulu d atas hidung nya rontok gmn cara mengatasi nya trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba jaga kebersihan kandang, dan bersihkan debu2nya. air minum tambah sedikit madu tj (jangan madurasa). lakukan, sambil diobservasi selama 1 minggu. kalau dalam seminggu blm baikan, silakan lapor lagi kemari.... saya tunggu... :)

      Delete
    2. coba jaga kebersihan kandang, dan bersihkan debu2nya. air minum tambah sedikit madu tj (jangan madurasa). lakukan, sambil diobservasi selama 1 minggu. kalau dalam seminggu blm baikan, silakan lapor lagi kemari.... saya tunggu... :)

      Delete
  26. oya dok saya tanya saya punya sepasang sugar glider nah yang dewasa itu ukuran tubuhnya lebih besar ketimbang yg betina.., memang dari segi umur berbeda yang jantan umur mungkin 3- 4 bulan kalau yang betina itu pasti 2 bulan karena sudah dihitung sejak oop oleh bredernya ...pertanyaan yang pertama apakah tidak apa2 kalau sepasang itu jantan lebih tua? kedua apakah nanti si betina bisa hamil ? karena di banyak artikel yang saya baca kebanyakan yang betina lah yang lebih tua dan jantan lebih muda...terus kemudan yang ketiga yang betina sering menaiki tubuh jantan ,... apakah itu merupakan tindakan saat dia takut dengan sekitar? soalnya saya beli itu jantan nya terlebih dahulu selang beberapa minggu baru si betina., namun jantan uda bonding yng betina belum terlalu bonding soalnya masi suka kaget dan takut tp sudah bisa handsfeed dan tidur di telapak tangan saya .., tolong dijwab satu2 ya dok biar saya lebih mengerti tentang hewan satu ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau memang keduanya sudah masuk ke usia siap kawin (silakan baca artikel siklus hidup sugar glider untuk tahu usia sugar glider siap kawin), bisa aja terjadi perkawinan antara sugar glider yang beda usia. usia si betina lebih muda gak masalah...

      betina masih bisa hamil asalkan usianya sudah siap kawin. HATI2 dalam mengawinkan sugar glider yang masih belum cukup umur, soalnya kemungkinan anaknya bisa direject nantinya (yang paling parah, anaknya bisa dimakan sama induknya. silakan baca artikel kenapa sugar glider suka makan anaknya sendiri)

      si betina suka menaiki tubuh jantan karena si betina yang masih berumur 2 bulan terbilang masih anak2. kelakuan anak sugar glider memang seperti itu. kebiasaan itu terbilang masih normal... bukan, bukan karena takut, itu memang naluri anak sugar glider

      silakan mas baca2 dulu artikel2 saya mengenai sugar glider di blog ini... baca aja dulu semua agar lebih mengerti.. :)

      Delete
    2. sebenernya saya tidak berniat mengawinkan mreka cuma kasian kalau sijantannya sendirian gtu dok.,, takut nya apabila suda masuk musim kawin itu dok, . . .siap tidaknya saya juga kurang paham

      Delete
    3. oh. ya udah kalo gitu. gak apa2 kok disatukan.. :)

      Delete
  27. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah lama saya publish artikelnya di sini mas. :)
      search aja di bagian search (paling atas). cara memotong kuku sugar glider... :)

      Delete
  28. halo malam dok... pd hari sabtu lalu sg saya bersin2 kemudian pd hari minggu mata kirinya mulai berair, krn saya takut knp2 rabu kmrn saya bawa kedokter alhamdulillah sudah mendingan krn dikasih obat tetes, tp skrg pipi kirinya bengkak.. dia msh lincah, biasa dikasih makan bubur sun, buah. sayur jg sm ulet hongkong. warna hidung ga pucat, pup nya jg padet warna cokelat biasa, skrg msh nafsu makan, tp itu knp ya.. penyebab sm solusi pipinya gmn.. mohon bantuannya ya dok mohon dibalas saya bnr2 udh sayang sm puci, saya gamau dia makin sakit:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kemungkinan karena obat tetes mata. itu tebakan saya aja. namun karena obatnya dari dokter, just trust the vet. mungkin mbak bisa hentikan pemberian obatnya jika matanya udah mendingan....

      kasih saya kabar ya mbak. salam buat puci. :)

      Delete
  29. Dok, mau nanya, saya pelihara sg dari sepasang 2 ekor beranak2 sampai 8 ekor, tapi anak yg terakhir mati satu karena saya kurang teliti waktu ganti pouch masih di dalem dan kecuci :-( nah masalahnya yang satunya sekarang dimusuhin sama koloninya kemana aja dia berada selalu digigit sama sodara2 nya atau bapak ibunya padahal yg terusir ini joe 2 bln betina, sedang koloninya 3 jantan 3 betina akhirnya saya pisahkan sendiri, kasihan aja sendirian... please advise

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mending pisahkan aja di kandang yang lain, tapi tetep deketin kandangnya (ditaruh bersebelahan, nempel) biar mereka bisa saling kenal.... itu aja sih... :)

      Delete
  30. Dok, mau nanya, saya pelihara sg dari sepasang 2 ekor beranak2 sampai 8 ekor, tapi anak yg terakhir mati satu karena saya kurang teliti waktu ganti pouch masih di dalem dan kecuci :-( nah masalahnya yang satunya sekarang dimusuhin sama koloninya kemana aja dia berada selalu digigit sama sodara2 nya atau bapak ibunya padahal yg terusir ini joe 2 bln betina, sedang koloninya 3 jantan 3 betina akhirnya saya pisahkan sendiri, kasihan aja sendirian... please advise

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mending pisahkan aja di kandang yang lain, tapi tetep deketin kandangnya (ditaruh bersebelahan, nempel) biar mereka bisa saling kenal.... itu aja sih... :)

      Delete
  31. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

  32. Dok, sg saya waktu grooming di bagian itunya (cewek) kok kaya keluar cairan bening di bagian itunya ya dok trus dia ttep bersihin/jilatin.. Dia sambil hissing gitu dok.. Apa itu normal? Atau itu yg di sebut meminum pee nya sendiri? Dia gitu cuma waktu grooming dok, kalau pee biasa dia biasa aja dok nggak meminumnya. Normal apa tidak dok kasus td? Kalau bermasalah, gimana penanganannya ya dok?
    Terus sg saya satunya waktu pee hissing dok, tapi waktu pop biasa saja dok.. Sudah lama waktu pee slalu desis gitu dok, normal atau tidak dok? Gimana penanganannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajar kok. kadang sg sengaja mengeluarkan pee-nya waktu grooming dan menggunakannya untuk melumuri badan/daerah kekuasaannya. selama dia masih mau makan dan sehat (aktif), nggak masalah....

      soal sg yang suka hissing saat pee atau poo, itu juga normal. karakter sg emang unik2, mbak. dulu sg saya suka tidur sambil gelantungan. kayak kelelawar gitu.... :D

      Delete
  33. Dok maaf saya nanya agak melenceng, kok di forum kebanyakan yg nyari SG itu yg jantan ? Klo saya mau beli lebih baik jantan atau betina dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama aja. mau jantan mau betina. yang penting bisa ngurusnya... :)

      Delete
    2. Klo beli yg umur 5 blan tp udh jinak ga apa2 dok ?

      Delete
  34. dok saya mau tanya kalo mau pelihara sugar glider enakan cowok apa cewek ?

    ReplyDelete
  35. siang dok sy mau tanya dok SG sy diare dok td mlm sy ksh makn buah naga jd diare dok,dia suka bgt jilat badan nya dok mata nya pun sayu dok ,sy panik bgt dok UMUR NYA MSH 1,5 bln dok.makan buah juga susah dok mnum ny pn agak susah dok.tlg info nya y dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena saya baru balas, saya sedang sakit sekarang.... :(

      sgnya sekarang gimana mbak? coba air minumnya kasih sari kurma dikit....

      sekali lagi saya mohon maaf karena baru bisa balas. saya tunggu kabar selanjutnya ya mbak

      Delete
  36. Bagaimana kalau sugar glider sering gigit ekor nyaa ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. sampe luka nggak?
      sayangnya mas gak ngasih tau umur sgnya berapa.

      kebersihan kandangnya mohon dijaga. coba sering2 lap pakai tisu basah non alkohol... :)

      Delete
  37. Dok saya punya 1 sg jantan dan lama dia jomblo alias sendirian nah akhirnya saya beli 1 sg betina..
    Saya deketin si betina di kandang si jantannya kaya musuhin gitu dok, itu kenapa yaa??
    Untuk jalan keluarnya biar ga berantem gimana??

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajar kok. awalnya emang begitu. gak apa2, satuin aja... :)

      Delete
  38. Dok kalo Sg saya sepasang seumuran 1,5bln, 22nya ga mau makan bubur bayi udh seminggu dari awal beli. Yg jantan suka makan pepaya klo yg betina pepaya cuman nyicip2 doang. Saya ksih madu sm air cuman nyicip2 juga. Sayuran ga d makan. Saya coba ksih bubur bayi campur madu/pepaya ttep ga mau. Yg jantan lahap makan pepaya yg betina makan sedikit sekali. Tp saya ksih susu, eh mereka langsung berebut makan. Apa gpp dok d ksih susu tiap hari ? Merk susunya indomilk. Soalnya ada yg bilang susu ga baik, bisa nyebabin kematian dll. Trims dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dikasih susu. kasian sistem pencernaannya...
      mending coba mas kasih bubur bayi promina. karena sepengalaman saya, mereka lebih suka bubur bayi promina dibandingkan merk lain. dan coba campur sari kurma sedikit.

      gini. bikin bubur bayi promina, kasih ke sgnya. kalau dimakan dan mereka rakus, gak usah dikasih sari kurma. tapi kalau mereka gak rakus, coba kasih sari kurma... :) alias, sarikurmanya opsional aja... :)

      madu ganti sari kurma aja, mas...

      buah coba kasih yang rasanya manis. kayak lengkeng atau buah naga...

      Delete
  39. Oh ga baik buat pencernaan ya dok.. Saya udh ksih susu bayi + susu hari kmren sm hari skrg. Saya ksih bubur merk cerelac rasa beras merah, gonta-ganti sm rsa kacang ijo juga. Bsok saya coba kasih promina. Promina rasa apa ya dok kira"? Trims atas pencerahan nya dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. rasa apa aja. rasa kacang hijau juga oke...
      bagusnya lagi campur sari kurma sedikit...

      kabari lagi ya mas...

      Delete
  40. DOk saya mau tanya mengapa sg saya tidak lincah jika didalam kandang yah ? KErjanya makan tidur doank doank mohon pencerahaannya dok

    ReplyDelete
  41. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  42. Kak, SG aku umur 2bln baru adopt 2harian.. didalam kandangnya aku kasih batang cabang pohon gitu buat dia main". tp dia suka gigit" itu batangnya, dikelupasin gitu. klo aku lihat kok kya dimakan gitu yaa.. kira" bahaya gak ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. amannya sih mending jangan dikasih batang2 pohon gitu, mbak. hmm, kalau mbak mampir ke toko baju, suka ada rantai-rantai dari plastik gitu, buat gantungin baju, tahu? nah pake itu aja.... :)

      atau opsi lain, pilih dahan yang udah kering, hingga gak digigit2in sama sgnya... :)

      Delete
  43. selamat pagi, dok
    saya mau bertanya, pagi ini SG saya bertingkah beda dari biasanya, dia terlihat lompat2 giras, dan mundur2 waktu saya dekati dan kaget2, padahal biasanya enggak.
    saya taruh di pundak jalan2, dia lompat ke lantai, biasanya ndak pernah ky gt
    dan saya cek di lubang anus nya ada benjolan seperti jerawat warna pink muda
    berbahaya atau tidak ya? apa mungkin perubahan perilakunya krena dia kesakitan? pantatnya diangkat2, dan beberapa kali ekornya nge wave (pdhl ndak pernah spt itu)
    mohon bantuannya
    terima kasih banyak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya/tahinya gimana? ada perubahan?
      feses sg yang sehat biasanya mirip feses cicak. tapi agak besar...

      untuk saat ini, jangan kasih makanan apapun kecuali buah-buahan yang manis, kayak lengkeng, pear, dan semacamnya. untuk suplemennya, mbak bisa kasih sari kurma.... :)

      inget ya, jangan dikasih makanan lain selain buah2an... lakukan selama 2 minggu ke depan sambil diobservasi....

      Delete
  44. Dok SG betina sy suka jilatin kelaminny yg jantan. Trus di atas klaminnya ada Buletan yg menggantung itu jg suka d jilatin betina. Bahaya ga dok Sg sy 3bln lbih

    ReplyDelete
  45. Malam dok, mau tanya, saya punya sg dari 2 sudah beranak jadi skg total ada 7 ekor (semua anaknya seinduk), koloni 3 jantan (salah 1 nya joey), 4 betina (salah 1 nya joey), sblmnya mereka selalu akur2, tp kemarin ini saya lihat mereka semua jadi suka saling tarik lalu gigit telinga sg lainnya, sampai2 telinga joey yg betina terluka, joey betina udah saya pisahkan sendiri, tapi sisanya masih 1 kandang, apa itu normal? Kalau tidak, solusinya gimana ya dok? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang diserang hanya 1 joey betina itu aja? atau mereka saling serang?

      kalau mereka saling serang, biasanya karena faktor stress. kalau yang diserang cuma 1 ekor saja, ada faktor x (tidak diketahui). mungkin karena aromanya dia beda dengan aroma saudara2nya yang lain.

      agak bingung menjelaskannya, tapi secara singkat begini.

      sg itu mengenali sesama sg lewat aromanya. jadi kayak kambing. dan biasanya, kalau masih satu indukan, mereka memiliki aroma yang mirip (bukan sama, cuma mirip). itu yang membuat mereka bisa mengenali sesama saudara.

      nah kalo ada seekor yang diserang oleh saudaranya yang lain, kemungkinan emang dia punya bau yang 'beda'.

      pisahkan aja dlu selama beberapa waktu, bisa juga dibikin 2 koloni. sg yang suka diserang dan yang suka nyerang pisahkan dalam 2 koloni berbeda.

      Delete
  46. Dok SG jantan saya umur 4 bulan suka ggit2 saya. Kdang pelan kadang jg keras. Lmayan skit sh dok tp ga smpe brdarah. Ada cara ga dok biar ga gigit2 saya terus? Klo sya kasih mainan yg buat gigit2 yg katanya ada kalium (klo ga slah) dan biar giginya ga trlalu tajam bagus atau aman ga dok? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya kalo buat mengurangi gigitannya, agak susah sih. karena sejinak apapun sg, dia pasti gigit, baik becanda maupun serius...

      tapi kalau dia udah kenal kita, nanti juga dia berkurang sendiri gigitannya kok. udah berapa lama peliharanya? :)

      kalau menurut saya, malah bagus kalau dia gigit2 kita, mbak. biar dia kenal sama kita. apalagi kalau ditambah makan disuapi (handsfeed).... coba cek artikel saya cara menjinakkan sugar glider... :)

      cuaca lagi gak bagus, pindahkan dulu sgnya ke dalam ruangan... :)

      Delete
  47. Dok saya baru beli sg umr 5 bln... pecicilan banget dok ga mau dipegang udah 3 hari... kalo saya taruh dikandang langsung masuk ke pouch terus kalo tangan saya masuk dia menggonggong dok sambil berdiri mata melotot...makan dikit minumnya banyak... bingung dok masa beli SG buat hiasan.. ga bisa di ajak main...

    ReplyDelete
  48. Dok saya baru beli sg umr 5 bln... pecicilan banget dok ga mau dipegang udah 3 hari... kalo saya taruh dikandang langsung masuk ke pouch terus kalo tangan saya masuk dia menggonggong dok sambil berdiri mata melotot...makan dikit minumnya banyak... bingung dok masa beli SG buat hiasan.. ga bisa di ajak main...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas belinya yang wc (wild caught) ya? bener? yang tangkapan liar?
      kalau kasusnya kayak sg mas gitu, ya emang harus dijinakkan dulu. coba baca artikel cara menjinakkan sugar glider.

      Delete
  49. Malam dok maaf mau nanya.. Saya dl pernah konsul jg ke dokter hehe sg saya namanya puci. Jd skrg saya pny sg 5, sepasang dan 3 anakan, nah cuma si ibu ini(si puci) bbrp minggu terakhir hidungnya sedikit lebih pucat dibanding yg lain, padahal dulu selalu merah pink dok. Selain itu, badannya jd kuruus sekali sampai dititik saya yg gatega sendiri gendongnya krn saking kurusnya bs ngerasain tulang badannya:( Kondisi msh aktif, makan msh nafsu. Cuma, durasi tidur dia skrg lebih lama dibanding yg lain. Nah kira2 kenapa tau2 bs begitu yah dok? Ada saran biar dia gemukan lg ga dok? Dia gasuka madu dan jangkrik. Hari ini abs saya coba kasih air kelapa alhamdulillah mau. Untuk UH sih masih saya kasih 2x seminggu, Makasih yah sebelumnya dok udh bantu hehe ditunggu balasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas... saya habis sakit kemarin, hiks...

      oh ya. inget. sekarang gimana kabarnya puci?
      kasih bubur bayi promina campur sari kurma dikit...

      kabari lagi ya mbak...

      Delete
    2. Keadaan puci masih sama dok, makan lancar, aktif juga. Tapi untuk badan gaberubah.. Bubur skrg saya kasih madu dan suplemen hpw.. Saya sempet nanya orang katanya kalo udh berumur memang begitu, emang iyaya dok? Karena pasangan puci kondisinya berbeda (tidak kurus). Puci skrg udh 2x melahirkan jg dok hehe

      Wah dok, jaga kesehatan jg ya(:

      Delete
    3. hehehe, emang gitu sih. postur asli sg keliatan biasanya pas udah tua. :)

      kabari lagi kalau ada apa2 ya mbak...

      Delete
    4. Halo dokter, apa kabar? Hehe saya mau bertanya sedikit mengenai obat untuk sugar glider...

      Kebetulan sg saya sedang ada luka yg cukup dalam dibagian tengkuknya. Saya sudah gunakan salep garamicyn dan kebetulan hrs minum amoxilin cair yg warna pink dok.. Nah sblmnya sg saya mau utk dipipet skrg menolak utk amoxilin. Pertanyaan saya, apa boleh saya campur amoxilin tsb ke bubur bayinya? Saya sebelumnya sudah mencoba dicampur di air minumnya tp menolak jg. Terima kasih dok(:

      Delete
    5. jangan dikasih makanan mengandung protein dulu. apapun itu. termasuk bubur bayi, karena protein buat lukanya gak kering2. cukup kasih buah2an aja kayak pisang dan pepaya.
      jangan dikasih obat selain betadine. totol2 aja di lukanya pake cottonbud.
      pisahkan dengan sg yang sehat. artinya, karantina dia di kandang sendiri.
      selebihnya, jaga kebersihan kandang dan sgnya..

      lakukan aja langkah2 tersebut selama smeinggu ya mbak. maaf karena baru balas. kabari lagi :)

      Delete
  50. Assalmualaikum Dok
    Ini mau nanya dok,saya kan punya baby joey betina,kami udah mulai akrab sampe dia (joey) udah mau tidur di leher saya,apalagi ditelapak tangan saya,
    Saya juga udah baca comment diatas kalo baby joey tidur trus bergerak gerak itu artinya dia sedang mimpi,nah gimana kalo dia smntra tidur tapi menggigit dok?
    Apakah mimpi juga? Soalnya tadi dia tidur ditelapak tangan saya,tidurnya lama dan nyenyak awalnya gigtannya gak ganggu gak sakit,tapi gigitannya berulang mulai sakit dikit sih hhe
    Trus matanya tetep merem pas gigitnya..
    Mohon infonya dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu masih normal kok mbak. sg saya juga dulu gitu. gak sampe berdarah kan gigitnya?

      kalau emang takut sakit, coba aja lapisi tangan mbak pakai kain. kaos bekas pakai yang masih bau keringet aja, biar dia kenal bau tubuh mbaknya...

      malah bagus kalau dia gigit mbak kalau lagi mimpi. dia udah kenal masternya kalau begitu.. :)

      Delete
  51. Dok saya ingin bertanya,apakah benar sg jantan ukurannya relatif lebih besar dari sg betina?

    ReplyDelete
  52. Dok saya ingin bertanya,apakah benar sg jantan ukurannya relatif lebih besar dari sg betina?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak tuh mas, postur sg biasanya dipengaruhi genetik. bukan berdasarkan jenis kelamin... :)

      maaf karena baru balas...

      Delete
  53. ass wr wb
    dok saya punya sg betina 1 selang beberapa minggu saya beli lagi sg yg jantan 1. lalu yg jantan saya masukkan ke kandang yg betina. masalahnya dok setelah dua2nya berkenalan yg betina jd agresif (nafsu) sm yg jantan. yg betina sering jilat/gigit yg jantan, kadang2 yg jantan juga gitu. itu kenapa ya dok? apakah normal? mohon penjelasannya:)
    wss wr wb

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur sgnya berapa?
      menurut saya sih normal2 aja, itu lebih ke perkenalan mereka sebenernya. gak apa2 selama gak menimbulkan luka....

      Delete
  54. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  55. Selamat sore dok, saya mau nanya.
    Saya punya 2 ekor SG. Awalnya saya cuma pelihara 1 ekor SG (jantan) usia 2,5bulan. Lalu saya pelihara 1 ekor SG lagi (betina) . Awalnya saya kaget melihat SG (jantan) alat kelaminnya keluar memanjang, lalu saya coba buka google dan itu merupakan hal yg wajar dan menandakan bahwa memasuki usia matang, tapi kenapa SG(jantan) saya yg masih 2,5bulan sudah masuk masa matang? Dan juga saya bingung kenapa SG (betina) suka menjilati alat kelamin SG (jantan) ?. Trimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas.
      mas yakin sg jantannya umur 2,5 bulan? tapi ada kemungkinan juga sih, meski jujur baru kali ini saya nemu kasus unik.

      soal sg betina yang suka menjilati alat kelamin sg jantannya juga normal.

      usia sg betinanya sama-sama 2,5 bulan juga ya mas? bener?

      Delete
  56. Akhir bulan desember saya belinya masih sama sama umur 2,5 bulan dok, bulan ini genap sama" umur 3 bulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana keadaan sgnya, mas/mbak?
      kalau umurnya sama sih, ada kemungkinan terjadi gitu sih. jadi saya kira, sementara diobservasi aja selama 2 atau 3 minggu ke depan....

      kabari terus :)

      Delete
  57. Dok saya.baru beli SG umur 2,5 bln, laki.
    Dia kalo pup sambil hissing gtu
    Obat nya di kasih apa ya?
    Itu semacam sembelit ato gmn ya?
    Thanks ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dikatakan itu wajar kok.
      mungkin kasih asupan buah lebih banyak lagi, terutama pepaya. :)

      Delete
  58. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, meski agak riskan karena usia keduanya masih bisa dikatakan belum cukup. saya sarankan, mending tunggu 2 bulanan lagi...

      Delete
    2. Salah dok Jantan saya umurnya 2 tahun, dan betina saya 1 tahun tapi obes dok udah dua minggu tidak menunjukkan tanda hamil, niatnya saya mau tukar dengan sg betina 8 bulan tapi tidak obes, bagaimana menurut dokter?

      Delete
    3. oh, ya udah. sip. langsung disatuin aja, mbak. :)
      jangan dituker2, biarin aja dulu... :)

      kabari terus

      Delete
  59. Dok saya mau tanya, sugar glider saya kena kapur bagus apakah todak apa apa dok atau kenapa napa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kena doang atau sampe dimakan? :)

      sebaiknya jauhkan, mas.

      Delete
  60. Kena doang terus saya lap pake kain ga bakal ap apa kan dok?

    ReplyDelete
  61. Dok sg saya kalau ditaruh diruang ber-Ac gak kenapa napa kan?, Soalnya kalau diluar berisik dok, sg betina saya lagi proses kawin takut keganggu, suasana tenang cuman dikamar saya(ber-ac)

    ReplyDelete
  62. Dok sg saya kalau ditaruh diruang ber-Ac gak kenapa napa kan?, Soalnya kalau diluar berisik dok, sg betina saya lagi proses kawin takut keganggu, suasana tenang cuman dikamar saya(ber-ac)

    ReplyDelete
  63. Dok sg saya udah 2 hari makan buah buahan nya sedikit mulu ga kaya biasanya, asalnya habis terus pas sebelum di kasih air pake madu,pas di kasih air madu kok jadi kurang ke buahnya malah ke air madunya, tapi kalo bubur bayi/nesle sg saya rampus makannya dan di kandang pun tetep aktif saat malam hari apa itu normal dok / abnormal

    ReplyDelete
  64. Dok, sg aku kok kalo lagi dipangku suka gigitin celana aku, itu wajar gak dok? Terus juga akhir-akhir ini sg aku suka garuk-garuk. Itu kenapa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat wajar. :)
      mereka biasanya menggigit2 benda yang punya aroma khas, terutama yang baunya mirip aroma tubuh ownernya. :)

      Delete
  65. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  66. Mau tanya dok..
    Aku baru beli sg joey betina dan jantan kira2 2mingguan.. kantanya yg betina umur 1.5 bulan dan cwonya 1.5 bulan.. tp awal beli yg betina msh belom bs makan sendiri kemungkinan msh menyisui krna ekornya msh belom tumbuh bulu panjang(sampai skrng)..
    Nah kondisi skrng yg betina terlihat lemas terus walau diajak main atau dikandang kebanyakan tidur.. itu knp ya? Dan skrng kotorannya cenderung seperti mencret.. kondisi yg jantan giras kalau diajak main lompat sana lompat sini kalau ditaruh slalu buang kotoran ditgn dan awal ambil di kandangnya slalu seperti mau nyerang bahkan gigit..
    Apa wajar ya kondisi mreka ??? Thxx dok kalau mau gambar kotorannya bs dikirim lewat mana ya dok? Atau mungkin mau lihat kondisi fisik yg betina krna overall terlihat lemas dan sayu matanya..
    Aku ksh makan bubur sun rasa pisanv

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara kirim gambar udah ada di atas bagian tulis komentar (PERHATIAN).

      sg yang masih bayi emang masih sering tidur. udah ada artikelnya, KENAPA SUGAR GLIDER TIDUR MELULU.

      kasian sebenernya, karena sg umur segitu masih sangat tergantung sama induknya...

      kalau malam gimana? mereka lebih aktif? jam 11 ke atas....

      coba mas foto fesesnya/tahinya. terutama yang mencret.

      untuk makanannya, saya sarankan mas ganti promina aja.

      Delete
  67. Sama aja.. jam 11 pun diem.. di taruh ditgn yg betina melungker tdr..
    Kalau jantan dipegang hyper active, lompat sana sini..

    Yg jantan bagus kotoranya dan sering kadang dipegang bs 2x keluar kotoran.. betina jrng banget keluar kotoran, kalau ada nanti aku fotoin

    Promina rasa apa??

    Ad saran ndk knp sg pertama dipegang slalu nyerang.. mau taruh makan diserang.. tp bgitu uda diambil ndk gigit

    ReplyDelete
    Replies
    1. rasa beras merah boleh, atau rasa kacang hijau...
      wajar kok kalau dia suka nyerang. gak apa2. meski sering nyerang, mas ajak main terus. kalau mas malah jauhin, malah makin galak nantinya...

      kalo umur segitu, masih gampang dijinakkan kok....

      Delete
  68. Dok, sg aku baru beli umur 4 bulan suka mandiin aku kenapa ya? �� Lagi diajak main di tangan, dia jilat jilatin heboh banget, sampe bersih kayaknya tangan aku, trus kadang digigitin, tapi trus dijilatin lagi.. �� Salah satu tanda bonding kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah, keren! bagus itu.
      mbak udah berapa lama pelihara?

      secara singkat, dia cuma pengen main aja. bisa jadi juga dia pengen bilang makasih.

      soal bonding, mbak bisa baca artikel saya, BEDANYA JINAK DAN BONDING

      maaf karena baru balas... kabari lagi ya mbak

      Delete
  69. Terhitung sampe hari ini sih baru sekitar 2 minggu aku piara, dok.. Dari pertama adopsi emang udah rada manja kayaknya. Kadang kalo main di badan saya, suka nggak mau lepas. Main main ke rambut, ngejilatin telapak tangan, jari. Kadang kalo digendong orang lain, pasti lompat lagi ke saya. Tapi masih belom pinter buat dipanggil, dok. Kadang harus pake "clicker" (?) itu juga harus dibunyiin berkali kali, belom pinter ngikutin saya kemana mana juga kalo lagi dilepas. So I still working on it :D

    Oia dok, is that okay, kalo aku mengenalkan sg ku sama kucing ku? Atau bakal bermasalah sama sg nya? Entah stress atau takut atau gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending sementara jangan dikenalin dulu ke kucing. nanti aja. sementara ini focus ke bonding dia ke mbaknya aja dulu. :D

      dia suka diem2 liat mata mbak ya? kayak bengong sambil mata mbaknya? bener?

      kalau iya, dia lagi nyoba berkomunikasi. kalau dia kayak gitu, tatap balik sambil tanya, "kenapa?" terus ajak ngobrol... :)

      Delete
  70. Dok mau nanya, apa SG juga perlu divaksin sprti kucing?

    ReplyDelete
  71. Dok mau nanya, apa SG juga perlu divaksin sprti kucing?

    ReplyDelete
  72. Dok,apa sg boleh dikasih bubur bayi,dan apa bubur bayi itu baik buat sg?
    Dianjurkan tdk dok sbnarnya?
    Dan apa hanya buah, jangkrik sma ulet sja?
    Trimakasih

    ReplyDelete
  73. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  74. Dok mau tanya kenapa SG joey saya kalo pagi gk dimakan ya makannnya tp lebih banyak di pouch
    Saya punya 2 SG joet betina umur 1,5 bulan
    Saya takutnya dia kelaperan, soalnya saya kerja pulangnya sore baru bisa ajak mainnya sore
    Kandangnya saya sudah bikin gelap

    ReplyDelete
  75. Dok mau tanya kenapa SG joey saya kalo pagi gk dimakan ya makannnya tp lebih banyak di pouch
    Saya punya 2 SG joet betina umur 1,5 bulan
    Saya takutnya dia kelaperan, soalnya saya kerja pulangnya sore baru bisa ajak mainnya sore
    Kandangnya saya sudah bikin gelap

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak usah dibikin gelap, yang penting ruangannya gak usah terlalu berisik. itu satu.
      kedua, sg umur segitu emang lebih banyak tidur. itu normal kok.
      ketiga, makannya gimana? selagi dia masih mau makan dan tahinya gak mencret, saya kira dia masih sehat.

      empat, coba mas baca artikel saya, kenapa sugar glider tidur melulu... :)

      Delete
  76. Dok, saya mau tanya. Bagaimana cara melatih joey untuk makan sendiri? Karena joey ini baru saja saya pisah karena induknya sudah ip lagi saat menyusui. Joeynya berumur +- 1.5 bulanan. Saya kasi bubur sun encer dia ga mau makan banyak, paling cuma 3-4 jilatan.
    Thank you dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak apa2 kalau dia cuma mau 3-4 jilatan.
      karena emang porsinya segitu. atau mbak bisa sodorin bubur bayinya ke mulutnya dia, biar dia jilatin ujung jari mbak...

      Delete
  77. Dok, saya mau tanya. Bagaimana cara melatih joey untuk makan sendiri? Karena joey ini baru saja saya pisah karena induknya sudah ip lagi saat menyusui. Joeynya berumur +- 1.5 bulanan. Saya kasi bubur sun encer dia ga mau makan banyak, paling cuma 3-4 jilatan.
    Thank you dok

    ReplyDelete
  78. Dok, saya mau tanya sg harus handfeed sampe umur brp dok? Cara mengajarkan makan sendiri bagaimana dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sg mbak sekarang berapa bulan? coba aja taro makanannya di kandang...

      Delete
  79. Assalamualaikum dok
    Saya beli sugar glider betina umur hampir 3 bulan buat nemenin sg saya yg jantan umur sekitar 5 bulanan lah kira2.
    Nah ini udh g crabbing si betina ke jantan, pas aku satuin ke kandang.
    Si Jantan selalu nempel trus sama si betina, nggondelin trus sambil gigitin(tapi g parah kyknya )ama njilatin.
    Si betina kdg biasa aja, kadang kalo mulai merasa risih si betina mencicit.
    Enaknya gmn ya dok?
    Trus itu si jantan indikasi nya knapa?
    D tunggu jawabannya ya dok
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikum salam. maaf karena baru balas, mas... :(
      biarin aja mas. emang suka gitu. kecuali kalau kedua-duanya udah mulai saling serang (berantem) parah, baru pisahin... :)

      Delete
  80. Dok ini sg saya suka gigit tangan owner nya terus di jilatin sama dia itu kenapa yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas, mas...

      baru diadopsi ya? maksudnya, belum lama?
      kalau baru2 emang gitu. sg biasanya suka jilatin tangan owner barunya.

      Delete
  81. Dok, tanyaa ini saya beli jantan usia 3 bulan. Waktu awal beli karakternya jinak, laa kok waktu dirumah berubah jd agak defensive yah. Mau tak tangkap, susahnya minta ampun. Itu biasanya kenapa yaa dok? Cara menangkap (memegang) sg yg benar itu gimana? Solusi buat ngerubah karakternya gimana yah?
    Maaf agak banyak tanyanya hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajar, mas. dia masih stress dengan lingkungan barunya.
      jangan terlalu banyak dipegang dulu. taro aja di kandang. sodorin aja makanan ke mulutnya pake ujung jari (handsfeed), biar dia kenal sama masnya...

      Delete
  82. Saya mau bertanya dok...
    Apa manfaat kebiri bagi sugar glider.

    ReplyDelete
  83. Saya mau bertanya dok...
    Apa manfaat kebiri bagi sugar glider.

    ReplyDelete
  84. Dok,saya mau tanya...
    Saya beli sugar glider yg betina terus saya belikan lage yg jantan...awal nya gpp tapi kemudian hari ketika habis saya ajak main2 saya satukan lage kq malah kyak berantem gitu ya...itu knpa ya dok?

    ReplyDelete
  85. Mau Nanya Nih Dok..
    Saya Baru Beli Joey 3Hari Yang Lalu Usia 1.5Bulan Jantan,Trs Yg ingin Saya Prtnyakan Dok,Koq diKsih Makan Pepaya Mtng Nggk diMkn,Bubur S*N Nggk diMkan,Pisang Mtng Nggk diMkn,,Mau ny Minum Doank Dok,,Itu Kenapa Yaa Dok:(

    ReplyDelete
  86. Permisi mau nanya lagi dok. Sg dikasih jambu air gakpapa kan yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak apa2. asalkan jambunya manis. jangan yang sepet atau asem... :)

      Delete
  87. Dok misalkan sg ane sering kagetan mulu apakah nanti Dia akan terbiasa dan tidak akan kaget lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, nanti dia akan terbiasa dan gak kagetan lagi. sering diajak main aja mas. :)

      Delete
  88. Maaf menggangu
    Dok SG saya itu malas, hobinya tidur melulu, makannya pun jarang
    Apakah iku efek hamil apa obesitas y Dok

    Terima kasih 😊

    ReplyDelete
  89. Maaf menggangu
    Dok SG saya itu malas, hobinya tidur melulu, makannya pun jarang
    Apakah iku efek hamil apa obesitas y Dok

    Terima kasih 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. sgnya umur berapa?
      terus mbak pelihara satu atau lebih dari satu?

      selengkapnya mungkin mbak bisa baca artikel saya: kenapa sugar glider tidur melulu

      Delete
  90. Maaf mengganggu
    kalo untuk membuat sg cepat bonding gimana ya sg ya saya sangat sulit untuk diam ditangan sukanya lari sana sini umur masih 3 bulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak ada cara agar sg cepat bonding.
      semuanya butuh proses.

      sg suka lari kesana kemari karena dia belum mengenal masnya. masnya merokok? kalau nggak merokok, taruh kaus yang bekas pakai di kandangnya. biar dia tidur di situ.

      inget: itupun kalau masnya gak merokok. kalau masnya merokok, jangan. karena bahaya: residu asap rokok yang menempel di kaus bisa ikut kehisap sama dia...

      dan terus aja ajak main. kasih makan pake tangan.
      nanti setelah dia seneng tidur di kaus bekas pakai mas, dan dia usah mau makan dengan cara disodorin pake ujung jari mas, itu artinya dia udah kenal sama masnya... :)

      Delete
  91. Malam Dok. Saya mau bertanya, saya dititipi SG oleh teman saya. Usia saya kurang tahu tp sudah dewasa. Yang saya mau tanyakan dia suka freezing di satu tempat saja. Dan dia suka menggosokkan badannya spt kucing ke majikannya di tempat itu. Disitu memang saya taruh baju bekas saya tapi diluar kandang, itupun sering ditarik masuk sama dia. SG saya cuman 1 jantan. Terimakasih dok.

    ReplyDelete
  92. Malam Dok. Saya mau tanya SG saya SG dewasa baru saya pelihara beberapa hari. Dia sering gosokin badan ke satu tempat. Di tempat itu emang sayang taruh baju saya tapi diluar kandang. Sg saya 1 jantan. Terimakasih dok. Mohon sarannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak apa2. wajar kok. :)
      sg kan emang menandai daerah kekuasaan pake baunya. sama kayak anjing atau kucing. apalagi sg jantan. :)

      Delete
  93. Dok saya mau nanya, sg saya umur sekitar 2 bulan. Kalo siang itu selalu tidur terus, kalo dibangunin malahan dia kaya ngelindur gitu jalan2 gajelas. Saya baru beli sg sekitar 2 harian ini. Iti kira2 kenapa yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya, kenapa sugar glider tidur melulu...

      Delete
  94. Dok saya mau tanya, sg saya sekitar umuran 4 bulan dia perempuan. Dan di fesesnya keluar kaya usus merah gitu. Itu kenapa yaa?? Kira2 bahaya gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yakin dia perempuan, mbak? :)
      coba cek artikel saya, "Sugar Glider Mengeluarkan Benang Berwarna Merah?", kayak gitu nggak?

      selama ini dikasih makan apa? coba lebih sering dikasih buah. pepaya, pisang, lengkeng, buah naga...

      Delete
  95. Saya punya sg betina umur 2tahun karakternya cuma bisa di elus2 aja,lalu saya beli Joey jantan, apakah aman jika sg nya langsung digabung?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin sementara dipisah dulu di 2 kandang berbeda, tapi ditaro kandangnya bersebelahan. jadi mereka bisa saling lihat dari kandang masing2.... setelah seminggu, baru bisa digabung... :)

      Delete
  96. Selamat pagi dok. Sya pemula, Bru 1bulan adopted 1pasang sg.
    Kenapa sg betina selalu lompat, loncat2 Di kandang setiap pagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajar. bahkan bagus. karena kalo sg sakit biasanya gak begitu. sg sakit biasanya diem aja. :)

      nggak apa2 kok. wajar. dan emang biasanya sg betina lebih aktif.

      nafsu makan lancar?

      Delete
  97. Asalamualaikum dok ..
    Saya pertama pelihara sg joy betina skrng udah 2.bulan lebih umurnya , trus saya beli lagi sg jantan umur 1.5 bulan .. pas saya satuin yg sg jantan.nya creabing mulu sama si betina itu gimana yah .. apa pisahin dulu .?

    ReplyDelete
  98. Yg betina udah satu bulan saya adopt dan udah gak creabing , yg jantan emang baru saya beli masih creabing mungkin belum kenal yah dok ?
    Apa pisah dulu nunggu dia adaptasi trus satuin dok ? Minta saran.nya

    ReplyDelete
  99. Dok, SG Joey saya baru beli 4 hari lalu, saya kan handle tiap hari tuh, nah sekarang dia gigit gigit jari saya terus, apakah Itu gigit gigit manja atau gigitan terancam?

    ReplyDelete
  100. Dok Fira, mau tyk saya punya 1 SG betina & 1 Sg jantan (anaknya) apakah ada kemungkinan induknya hamil lg jika saya gabungkan 1 kandang dgn anaknya yg jantan?

    ReplyDelete
  101. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  102. WIN323 - Merupakan Situs Online Betting NO.1 Di Indonesia.
    Dengan WIN RATE tertinggi 97% + Bonus Bonus Super Heboh yang bisa
    anda dapatkan setiap hari nya!!

    Bonus Bonus Super Heboh Dari WIN323
    ~ Bonus New Member : 20%
    ~ Bonus Next Deposit : 5%
    ~ Bonus Cash Back : 5%

    Untuk permainan terbaru FAFA SLOT BONUS NEW MEMBER 100% dengan minimal deposit Rp 100.000,-

    Minimal Deposit : Rp.25.000
    Minimal Withdraw : Rp.25.000

    Tunggu apalagi mari langsung bergabung bersama WIN323 dan jadilah
    pemenang di setiap taruhan yang Bossku lakukan :)

    Contact Person WIN323 :
    BB : E3E94F65
    LINE : win323a

    WA : +855 78 633 430 ( WIN323 )

    ReplyDelete
  103. WIN323 - Merupakan Situs Online Betting NO.1 Di Indonesia.
    Dengan WIN RATE tertinggi 97% + Bonus Bonus Super Heboh yang bisa
    anda dapatkan setiap hari nya!!

    Bonus Bonus Super Heboh Dari WIN323
    ~ Bonus New Member : 20%
    ~ Bonus Next Deposit : 5%
    ~ Bonus Cash Back : 5%

    Untuk permainan terbaru FAFA SLOT BONUS NEW MEMBER 100% dengan minimal deposit Rp 100.000,-

    Minimal Deposit : Rp.25.000
    Minimal Withdraw : Rp.25.000

    Tunggu apalagi mari langsung bergabung bersama WIN323 dan jadilah
    pemenang di setiap taruhan yang Bossku lakukan :)

    Contact Person WIN323 :
    BB : E3E94F65
    LINE : win323a

    WA : +855 78 633 430 ( WIN323 )

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.