Cara Mengawinkan Tupai Kelapa | Drh. Fira Sovica

Cara breeding tupai kelapa

atau mengawinkan tupai kelapa banyak ditanyakan oleh pengunjung blog ini. Artikel tentang cara mengawinkan tupai kelapa ini saya susun berdasarkan permintaan dari beberapa pengunjung setia blog saya. Artikel cara ternak tupai kelapa ini berkaitan dengan artikel siklus hidup tupai terbang.
Cara Mengawinkan Tupai Kelapa
Image taken from mantan-bbd.blogspot.com


Berikut adalah cara mengawinkan tupai kelapa yang saya kutip dari beberapa buku sumber saya.
  1. Siapkan kandang berukuran besar.
  2. Kandang sebaiknya diberikan aksesoris berupa ranting-ranting kering. Tempatkan pula sarang yang bisa anda buat dari kotak tisu. Isi kotak tisu dengan kain perca sebagai bedding (alas sarang). Tempatkan beberapa sarang di dalam kandang.
  3. Tupai kelapa adalah hewan poligami/poliandri.
  4. Seekor tupai betina bisa kawin dengan banyak pejantan, pun tupai pejantan biasanya mengawini lebih dari satu betina. Maka, anda bisa menempatkan 2 atau 3 pasang tupai kelapa dalam satu kandang, dengan sarang disesuaikan dengan jumlah pasangan (1 sarang untuk 1 pasang indukan). Sebaiknya, pilih indukan tupai kelapa yang berumur diatas 5 bulan.
  5. Meski di alam tupai kelapa umumnya kawin setiap bulan april hingga juni, namun ritual kawin tupai kelapa terjadi hampir sepanjang tahun.
  6. Ritual kawin biasanya terjadi dengan 'percakapan' antara jantan dan betina atau lewat proses 'kejar-kejaran' di dalam kandang. Beberapa spesies tupai kadang mengeluarkan suara aneh yang bertujuan menakut-nakuti betina agar berhenti, sehingga si tupai jantan lebih mudah mengawini tupai betina. Proses kawin ini biasanya terjadi antara 40 hingga 60 menit. Sebaiknya, jaga ketersediaan pangan selama proses tupai kelapa kawin ini.
  7. Waktu lamanya kehamilan induk betina tupai kelapa adalah 40 hari.
  8. Selama 40 hari ini, kedua calon induk tupai biasanya terlihat akan 'beres-beres' di kandangnya. Setelah 40 hari, induk betina tupai kelapa akan melahirkan anak tupai. Jumlah bayi tupai kelapa berkisar antara 1-4 ekor bayi tupai. Keadaan bayi tupai kelapa saat dilahirkan oleh induknya adalah tanpa bulu dan mata masih tertutup. Induk betina akan mengurus bayi-bayinya hingga bayinya menginjak usia independent saat berumur 6 - 8 minggu. Sebaiknya, anda tidak menyentuh atau mengusuk bayi-bayi tupai kelapa tersebut hingga mencapai usia independent. Induk tupai kelapa kerap mereject atau tidak mau mengurus bayinya yang sudah 'bau tangan' manusia, sama halnya seperti kucing.
  9. Saat memasuki usia independent, anda bisa memisahkan anakan tupai kelapa ke kandang lain.
  10. Tujuan memisahkan anak tupai kelapa yang sudah dewasa ke kandang lain adalah agar menghindari terjadinya kawin sedarah antar anak dengan induknya, karena hal ini kerap terjadi. Sebaiknya, siapkan kandang lain yang mencukupi untuk beberapa ekor anakan tupai. Meski kadang terlihat sendiri, tupai kelapa hidup secara berkelompok, aktif pada siang hari, dan menghabiskan waktunya di atas pohon. Maka dari itu, sebaiknya sediakan dahan-dahan kering sebagai aksesoris kandang.
Demikian adalah

cara mengawinkan tupai kelapa

. Semoga artikel singkat di atas bisa menjadi acuan bagi siapapun yang ingin breeding tupai kelapa sebagai hewan peliharaan. Terima kasih. (FS)

81 Responses to "Cara Mengawinkan Tupai Kelapa"

  1. Artikelnya bagus dok :)
    Oya terimakasih mau membuatkan artikel bahasa tubuh SG dok
    Ngomong ngomong kenapa bulu dekat hidung FS saya rontok dok
    Apa itu normal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya karena sisa makanan yang menempel dan tidak dibersihkan. dikasih makan bubur bayi atau dikasih minum air gula ya mas?
      gak apa2 selama dia masih sehat. saran saya sih setelah dikasih makan, coba dibersihkan bulunya...

      Delete
    2. tapidok gk terlalu sadis lang sung di masukin keduanya gak kenalan dulu.soal nya tupai saya penakut

      Delete
    3. tapidok gk terlalu sadis lang sung di masukin keduanya gak kenalan dulu.soal nya tupai saya penakut

      Delete
    4. nanti biasanya mereka akan adaptasi keduanya. atau kalau masnya emang worried, coba aja pisahkan di 2 kandang berbeda, tapi deketin (taruh kandangnya bersebelahan). biarkan selama beberapa minggu seperti itu hingga ada interaksi diantara keduanya, terus baru satukan... :)

      Delete
  2. Engga doyan bubur dok
    Paling saya kasih apel pisang sama salak
    Tapi sarangnya pake kaos kaki bola
    Apa bisa bikin rontok dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. apel ama pisang oke, tapi sebaiknya jangan kasih salak mas.
      bisa juga sih karena serat kaus kaki itu. kalau bisa saya saran, mending pakai kotak tisu sebagai kandangnya mas... :)

      Delete
  3. Ooh gitu ya dok
    Terima kasih dok

    ReplyDelete
  4. Tapi sekarang saya udh pindah ke kandang ukuran P L T= 1M 40CM 40CM sarangnya pakensarang burung buatan di taruh kain perca
    Itu enggapapa dok?
    Niatnya si mau di ternakin

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu gak apa2. bagus malah. namun kalau saya boleh saran, coba mas pakai kandang lovebird aja... :)

      Delete
  5. Dok kalo tupai kelapa di satuin sama tupai terbang berantem engga dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya sih nggak. :)
      tapi mas coba deketin kandangnya dulu. kalau keduanya keliatan akur, mas bisa coba satuin... :D

      Delete
  6. Dok saya habis beli tupai kelapa masih kecil tapi udah melek dok
    Sebaiknya di kasoh makan apa dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kasih bubur bayi. bisa tambah madu sedikit.
      lebih bagus kalau mas handsfeed, kasih makan disodorin pakai jari. :)

      Delete
  7. Masih kecil dok
    Pupnya encer ada padetnya juga
    Warnanya oranye
    Saya kasih bubur bayi rasa pisang sama air gula jawa

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dikasih air gula. mending kasih bubur bayi aja ama campur madu sedikit....
      yang bikin mencret (pupnya encer) karena air gula jawa itu....

      Delete
  8. Klo tupai kelapa umurnya sampai berapa tahun dok..?

    ReplyDelete
  9. Klo tupai kelapa umurnya sampai berapa tahun dok..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh sudah saya siapkan artikelnya. beberapa saat lagi saya publish.. :)

      Delete
  10. Dok saya punya tupai kelapa yang masih bayi
    Sebaik nya di kasih makan apa ya dok??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih makan bubur bayi promina aja...

      Delete
    2. buat tupai kelapa kasih makan sun rasa pisang aja trus dilolo make suntikan mainan

      Delete
  11. Kalau misalnya dalam satu kandang hanya ada satu pasang bajing masih bisa kawin ?

    ReplyDelete
  12. Tupai kekes Saya albino dok Kira Kira Bisa di kawinin sa tupai kekes yg biasa tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa. kekes albino bisa dikawinkan dengan kekes dewasa.

      hasilnya, jujur saya kurang tau. kemungkinan sih jadi kekes morph. :)

      Delete
  13. Dok Tupai kekes Saya Albino Kira-kira Di kawinkan Dgn Tupai Kekes Biasa Bisa tidak?Apa Hasil Nya Bagus?

    ReplyDelete
  14. Salam kenal dok, sy punya 2 BK Movie (Jantan) Minie (Betina) perkiraan umur 3-4bln. Kira" kpn mereka siap kawin ya dok ? Abis ko dikandang kadang" suka kejar"an saling iseng, kadang tidur juga mau'y ber2 padahal ada 2tempat.. kadang sih mau tidur sendiri.. trus ko Minie yg betina wangi dok bulu'y terutama ekor'y. Mohon info'y dok. Trims

    ReplyDelete
  15. apakah Sugar Glider bisa dikawinkan dengan Bajing Kelapa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. bajing kelapa nggak bisa dikawinkan dengan sugar glider, mas... :)

      Delete
  16. Kalo tupai kekes sama aja dong cara mengawinkanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gitu ya dok,terima kasih
      Terus bagaimana dok cara membedakan kelaminya dok? Saya agak bingung hehe

      Kalo kandang saya dari kandang burung lovebird ukuran P 47cm L 30cm T 30cm
      Bagusnya diisu berapa pasang ya dok agar gak stress dan nyaman nempatinya?

      Delete
    2. nah agak susah bagi saya buat menentukan jenis kelaminnya kalau gak liat langsung, hihihi... tapi biasanya warna bulu penjantan lebih tua dibandingkan warna bulu betina...

      Delete
  17. Kalo kandang berukuran P 47cm L 30cm T 40cm,baiknya di isi berapa pasang dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang pasti, satu koloni boleh banyak betina, tapi pejantannya cukup satu aja. kalau ada pejantan lebih dari satu, mereka bisa berantem sampe salahsatunya mati demi memperebutkan betina.... sepengetahuan saya sih gitu...

      Delete
  18. Dok, mohon share info dong.

    Dr bbrp artikel, ad yg blg BK siap kawin 2 bulan pasca independent, ad yg blg 5 bulan, 8 bulan, hingga 1 tahun. Kira2 usia sexual maturity BK jantan-betina yg lbh valid umur brp y dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. haduuh, maaf sebelumnya karena saya baru balas. saya sibuk sekali akhir2 ini.... maaf ya mass...


      maksudnya BK ini apa ya mas? apakah bajing kelapa atau black kite (elang bondol)?

      kalau maksudnya mas BK itu bajing kelapa, mungkin nanti saya buatkan artikelnya. :)

      Delete
    2. Iya dok gpp, aku yg minta maaf tambah ngrepotin, hehe

      Iya dok, ditgg artikel soal usia matang bajing kelapa ya, dok. Syukur2 lengkap terkait siklus hdpnya,hehee

      Dah desperate nih googling, data gk lengkap. Ad bbrp artikel tp partial,dn bbrp info slg bertentangan.

      Thanks seblmnya dok. Smg sukses sll, dn trs berbagi ilmu.

      Delete
    3. mungkin mas bisa mengacu ke artikel siklus hidup tupai terbang karena pada prinsipnya, sama. kecuali sexual maturity-nya, khusus buat tupai kelapa, sexual maturity-nya di usia 1,5 tahun... sedangkan hal lainnya, relatif sama... :)

      Delete
  19. Halo dok, mhn pencerahannya dong.

    ReplyDelete
  20. Ceritanya gini dok,

    Aku pny 3 ekor BK: Libe (2.5 bulan, jantan), Sosi (3 bln, beti), Rasi (4.5 bln, beti). Ketiganya kutaruh satu kandang, ukuran 90x60x60. Ketiganya ckp jinak, dan saling akrab coz kurawat sejak msh baby.

    Nah, persoalannya d usia segt kok mrk dh main kawin2an y? Terutama si Libe (jantan 2.5 bln) dan Rasi (beti 4.5) bln. Hampir tiap hr mrk main kawin2an, meskipin, sejauh kuamati mrk sll gagal kawin.

    Jdnya rada heran aj dok, ap usia segt emg dh bs kawin? Takutnya mek breed tll dini, trs ntar jd broken home, trs anak2 yg nanggung resikonya hehee

    Mhn pencerahannya dok

    ReplyDelete
  21. Tolong bu dokter..
    Cara bedain tupai kelapa jantan sm betina.??
    Minta pictnya dong di WA saya..
    WA 085725148068
    Thank's

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya udah ada deh artikelnya, mas.
      coba cari dulu di bagian cari artikel..

      Delete
  22. Diumur berapa kak Tupai Kelapa bisa dikawinkan

    ReplyDelete
  23. Diumur berapa kak Tupai Kelapa bisa dikawinkan

    ReplyDelete

  24. Dok, tupai 3 Warna saya baru saja melahirkan,sebaiknya anaknya saya biarkan dengan induknya atau saya pisah disusuin pake dot?
    Takut terjadi kanibal, anaknya dimakan pejantan atau induknya.
    Tolong berikan tips agar tidak dimakan induknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dipisahkan. biarkan saja sama induknya.
      nanti disusuin sendiri kok....

      dan jangan dipegang2...

      Delete
  25. Replies
    1. saya tidak membuka japri, mas.
      untuk konsultasi mengenai hewan, bisa melalui komentar di blog atau chatting kalo saya lagi online...

      Delete
  26. dok, tupai kelapa saya kalo nafas bunyi "klik" gitu, sebelumnya diaksi minum susu kucing, hidungnya kemasukan susu sedikit tiba-tiba langsung kaya flu hidungnya berair. cara mengatasinya gimana ya dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dikasih susu. stop susunya.
      untuk hidungnya, coba sabtu minggu jemur dibawah sinar matahari pagi selama 10 menit, sebelum jam 8 pagi.

      Delete
  27. Siang dok maaf ganggu saya mau tanya tanda2 tupai kelapa hamil gimana ya dok. Saya mohon pencerahan nya makasih

    ReplyDelete
  28. Siang dok maaf ganggu saya mau tanya tanda2 tupai kelapa hamil gimana ya dok. Saya mohon pencerahan nya makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya jadi agresif. lebih galak dan lebih protektif.
      nafsu makan juga meningkat.
      sama perutnya agak membesar...

      kalau tupai kelapa mas hamil, jangan diajak main dulu. nanti malah keguguran. diemin aja di kandangnya. taruh di ruangan yang sepi suara...

      Delete
  29. Klo buat nafsu makan memang meningkat dok.
    Perut juga memang membesar layaknya hamil.
    Nah klo galak sama protektif sama sekali gk dok.
    Malah cenderung pendiam sama suka kaget dok gk kaya biasanya. Dok

    ReplyDelete
  30. Maaf dok 1 lg cara mengobati tupai kelapa yng kutuan selain menggunakan bedak dan shampo hewan kira2 ada cara lain gk dok. Makasih dok

    ReplyDelete
  31. Mau tanya dok ,, bajing kelapa betina bisa dikawinkan dengan bajing 3 warna jantan gak ??

    ReplyDelete
  32. dok. saya mau tanya kalo BK dibawa kemana mana setiap hari tanpa kandang gimana? BK saya udh jinak sih suka ngumpet di kantong baju. trus saya suka di kencingin apa gpp?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2, mas. taro aja di kantung baju masnya.
      masnya ada alergi urine bajing kelapa? kalau gak ada, aman kok... :)

      Delete
  33. ko BK saya tidur mulu. makan tidur makan tidur jadi gabisa di ajak main�� kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya/tahinya gimana? mencret nggak? bisa kirim gambarnya kemari? biar saya analisa kesehatannya... saya tunggu ya mas...

      biasa dikasih makan apa?

      sementara ini kasih bubur bayi promina aja mas...

      Delete
  34. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  35. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  36. dok belakangan ini bk saya mau kabur mulu. padahal udh jinak

    ReplyDelete
  37. kemarin lepas ke pohon duren untung gak ada buahnya jadi pas laper turun saya kasih pepaya. gimana cara si biar bonding. mumpung masih kecil tupai saya. kecil juga gesit. gimana caranya dok biar bonding trus ga kabur kalo di kantong saya juga tidur doang trus bangun pengen loncat lagi

    ReplyDelete
  38. Saya memiliki bajing 3 warna, makanan apa yg membuat di gemuk,dan meningkatkan libido si bajing?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau makanan yang bikin gemuk, kasih aja makanan yang mengandung protein tinggi: jangkrik, bubur bayi promina. tapi jangan lupa, minimal seminggu sekali kasih buah.

      meningkatkan libido si bajing? buat apa? biar cepet kawin? nggak usah mas. kasian. biarin secara alami aja...

      Delete
  39. Pagi dokter mau nnya jenkel tupai kelapa dbedainnya dri mana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada artikelnya, mas.... :D

      maaf karena baru balas..

      Delete
  40. Ada ada aja...jenis kelamin tupai kelapa aja ga tau.Di raba aja bisa tau apalagi di liat

    ReplyDelete
  41. Dok, bk saya matanya sakit gitu gabisa melek yang kanan. Trus saya usap pake air hangat. Pas yang kanan udh mendingan,lamalama yang kiri juga ikutan. Dia sering garukin matanya gitu. Udh gitu suaranya juga beda gitu. Gimana ya obatinnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih makan buah-buahan aja, mas. jangan dikaish makan selain buah2an.

      sementara itu dulu. pokoknya, jauhkan dari protein apapun...

      Delete
  42. assalamu'alaikum, dok, kalau BK nya sudah melahirkan, apa perlu dipisahkan jantan dan betinanya? thanks..

    ReplyDelete
  43. WIN323 - Merupakan Situs Online Betting NO.1 Di Indonesia.
    Dengan WIN RATE tertinggi 97% + Bonus Bonus Super Heboh yang bisa
    anda dapatkan setiap hari nya!!

    Bonus Bonus Super Heboh Dari WIN323
    ~ Bonus New Member : 20%
    ~ Bonus Next Deposit : 5%
    ~ Bonus Cash Back : 5%

    Untuk permainan terbaru FAFA SLOT BONUS NEW MEMBER 100% dengan minimal deposit Rp 100.000,-

    Minimal Deposit : Rp.25.000
    Minimal Withdraw : Rp.25.000

    Tunggu apalagi mari langsung bergabung bersama WIN323 dan jadilah
    pemenang di setiap taruhan yang Bossku lakukan :)

    Contact Person WIN323 :
    BB : E3E94F65
    LINE : win323a

    WA : +855 78 633 430 ( WIN323 )

    ReplyDelete
  44. WIN323 - Merupakan Situs Online Betting NO.1 Di Indonesia.
    Dengan WIN RATE tertinggi 97% + Bonus Bonus Super Heboh yang bisa
    anda dapatkan setiap hari nya!!

    Bonus Bonus Super Heboh Dari WIN323
    ~ Bonus New Member : 20%
    ~ Bonus Next Deposit : 5%
    ~ Bonus Cash Back : 5%

    Untuk permainan terbaru FAFA SLOT BONUS NEW MEMBER 100% dengan minimal deposit Rp 100.000,-

    Minimal Deposit : Rp.25.000
    Minimal Withdraw : Rp.25.000

    Tunggu apalagi mari langsung bergabung bersama WIN323 dan jadilah
    pemenang di setiap taruhan yang Bossku lakukan :)

    Contact Person WIN323 :
    BB : E3E94F65
    LINE : win323a

    WA : +855 78 633 430 ( WIN323 )

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.