Merk Bubur Bayi Untuk Sugar Glider | Drh. Fira Sovica

Artikel mengenai

nama bubur bayi yang bagus untuk sugar glider

ini saya susun berdasarkan pengalaman sendiri karena sewaktu masih kuliah semester awal, saya pernah menternakkan beberapa pasang sugar glider. Artikel merk bubur bayi yang bagus untuk sugar glider ini saya tulis untuk membantu para breeder sugar glider. Anda bisa membaca artikel saya tentang cara memelihara sugar glider di blog ini.
Merk Bubur Bayi Untuk Sugar Glider
Image taken from dinomarket.com


Berdasarkan pengalaman saya, merk bubur bayi yang bagus untuk sugar glider adalah bubur bayi Promina. Bubur bayi promina relatif lebih disukai sugar glider dibandingkan merk lainnya, dan sepengalaman saya, bubur bayi promina lebih bisa membuat sugar glider gemuk (obes).
Namun, tentu saja, masing-masing karakter sugar glider biasa beda juga selera makannya. Artikel tentang

merk bubur bayi yang cocok untuk sugar glider

ini saya susun hanya berdasarkan pengalaman saya saja yang pernah memelihara sugar glider. Semoga artikel singkat ini bermanfaat untuk semua. Terima kasih. (FS)

71 Responses to "Merk Bubur Bayi Untuk Sugar Glider"

  1. maaf jauh menyimpang dok, ini agak urgent matter soalnya,

    assalamualaikum dok,
    mau nanya sedikit nii dok, saya baru adopt 2 BO usia Brancher Akhir nii (belum bisa terbang)

    *saya mau share gambar tapi ga ngerti*

    saya taro di lantai paling atas rumah saya, jadi rumah saya itu ga ada atapnya, dan di keramik, naah saya buat denah pake Kardus gitu saya sambung dengan ukuran cukup luas sekitar 1,5 x 2 meter, lalu atas nya saya tutupin pake kardus yang sudah saya susun.

    nah pertanyaan saya dok, apa boleh 2 BO itu di gabung jadi satu tempat yang sudah saya buat?
    gimana menurut dokter tentang denah yang sudah saya buat itu dok?

    saya mau share gambar dan mau nanya saran dari dokter nii..

    atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau share gambar, mas bisa ubah gambar profil mas pake foto itu... :)
      mas tinggal di mana? kalau tinggal diperkotaan yang panas, sebaiknya jangan ditaruh di atap gitu mas. soalnya barn owl cenderung tidak tahan panas dan stress kalau kepanasan.... kecuali kalau mas emang tinggal di lingkungan dingin..... boleh2 aja dengan terus diawasi....

      yang paling baik sih menurut saya di ruangan kosong kayak gudang dan sebagainya....

      Delete
  2. Replies
    1. gak apa2 kalau emang sg mbak arum lebih seneng sun... :)

      Delete
  3. Dok maaf OOT, saya kemarin nemu bwk usianya masih brancher pas saya cek sayap kiri nya terkilir, terus kakinya yang kanan kok nggak mau nempel ke tanah ya? jadinya jalan nya pincang pake kaki kiri, itu bisa sembuh sendiri gak dok? sembuhnya berapa lama? pertolongan pertama nya gimana? saya di kediri kebanyakan dokter hewan biasanya cuma khusus kucing dan anjing

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada di kediri yang biasa menangani burung. silakan buka artikel daftar nomor telepon dan alamat dokter hewan daerah jawa tengah dan jawa timur....

      harus dicek sayap dan kakinya kenapa. takutnya memang ada facture atau disposisi pulang... makanya saya sarankan ke dokter hewan dengan segera

      Delete
  4. Dok, suhu di rumah saya panas dok. Apakah suhu mempengaruhi kehidupan sg dok. Dan saya denger sg binatang bersih apa 2 mnggu sekali di mandikan? Dan 2 kali saya piara SG mati dg hal yang sama. Badan lemas dan flu sama kepala miring gk kuat bawa kepala. Saya trauma dok mau pliara lagi 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa juga dia tengkleng gitu karena dehidrasi akibat kepanasan. rumahnya panas banget? kenapa bisa panas rumahnya?
      sebelumnya piara sg yang usia berapa? anakan/joey? kalau mau pelihara yang usia dewasa aja agar daya tahan tubuhnya lebih kuat. jangan yang joey. dan usahakan taruh di dalam ruangan yang tidak terlalu panas.... sediakan juga minuman dan makanan di dalam kandangnya...

      Delete
  5. Dok bwk saya awalnya saya beri minyak ikana 2x 1hari. Trus sekarang kaya mau moulting. Apa karena kebnyakan minyak ikan atau mungkin sdh wktnya moulting? Trus kalau moulting perawatanya gmn???

    ReplyDelete
    Replies
    1. bwk dikasih minyak ikan 2x sehari termasuk overdosis mas.
      cukup 1x seminggu atau bahkan 1x per dua minggu aja.

      kalau moulting jangan diajak main dulu. jangan disentuh dulu kecuali saat pemberian makanan. intinya jangan diajak berinteraksi dulu. biarkan dia sampai masa moultingnya selesai.... umur bwk mas berapa? kemungkinan karena emang udah waktunya moulting... :)

      Delete
    2. Kalau menurut dkter sendiri bwk saya bulunyacpt karena moulting apa overdosis minyak ikan_???

      Delete
    3. ya saya gak tau soalnya saya gak tau umur bwknya berapa, hihihi
      kemungkinan karena emang udah waktunya moulting... :)

      Delete
    4. Juve akhir dok umurnya. Udah mau mature kayaknya. soalnya matanya agak ke merah2 an

      Delete
    5. oh iya. ada kemungkinan memang waktunya moulting kalau memang mau mature... :)

      Delete
  6. Dok status cg dan bwk it apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. status konservasi cg dan bwk masih LC (least concern)

      Delete
  7. Replies
    1. kalau menurut status IUCN sih masih termasuk LC, jadi cenderung aman dari kepunahan. tapi kadang BKSDA kita suka lebay. asal berani argumen aja mas.... atau mas bisa telpon ke BKSDA setempat, nomor teleponnya ada di blog ini... :)

      Delete
  8. Mau nanya dok..
    Kalo cara melihat sg untuk bisa di kasih makan sendiri di usia brp bln yh? Sedangkan sg saya baru 1 bln.. dan tolong dong kasih tips cara menghilangkan kekuningan pada bulu sg , yang cepat dan aman..
    Trmksh sblmnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah emang selama ini kasih makannya gimana mas? atau sgnya masih disusui oleh induknya?? :)
      selengkapnya mas bisa baca artikel saya siklus hidup sugar glider... silakan cari di bagian cari artikel...

      Delete
    2. lah emang selama ini kasih makannya gimana mas? atau sgnya masih disusui oleh induknya?? :)
      selengkapnya mas bisa baca artikel saya siklus hidup sugar glider... silakan cari di bagian cari artikel...

      Delete
  9. Mau nanya dok..
    Kalo cara melihat sg untuk bisa di kasih makan sendiri di usia brp bln yh? Sedangkan sg saya baru 1 bln.. dan tolong dong kasih tips cara menghilangkan kekuningan pada bulu sg , yang cepat dan aman..
    Trmksh sblmnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. keterangan tentang sg bisa makan sendiri pernah saya bahas di artikel siklus hidup sugar glider.
      untuk cara menghilangkan noda kekuningan pada bulu sugar glider pernah saya buat artikelnya... :)

      Delete
  10. dok mau nanya dong. kalo ngobatin sg yg kakinya bengkak itu pakai apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah saya buatkan artikelnya: cara mengobati sg yang kakinya bengkak. silakan cari dulu di bagian cari artikel...

      Delete
    2. sgnya yg kakinya bengkak harus dipindahkan gak ke kandang lain dok? sgnya lagi hamil dok :(

      Delete
    3. di artikel cara mengobati sg yang kakinya bengkak ada jawabannya. udah mas baca? :)

      Delete
    4. udah kok. sgnya bisa kemungkinan mati gak dok kalo gak segera diobatin? kalo kakinya dikompres air panas boleh gak?

      Delete
    5. kalau udah dipraktekkin petunjuk yang ada di artikel cara mengobati sg yang kakinya bengkak, cukup lakukan terus selama 2 minggu sambil terus diobservasi. jangan dikompres pakai air, biarkan kakinya tetap kering. kalau dibersihkan pakai tisu basah sih oke2 aja..... namun jangan sering2... :)

      Delete
    6. oke makasih dok :) nanti saya kabarin lagi setelah 2 minggu hehe
      makasih ya dok :)

      Delete
    7. dok, kok sg saya malah mutilasi diri yaa. kaki jempolnya yg sebelumnya bengkak gak ada. padahal setiap hari kasih makan terus kok, setiap jam makanan gak pernah kosong hmm

      Delete
    8. mas tetep kasih makan bubur bayi ya? atau dikasih makanan lain yang mengandung protein?

      Di komentar sebelumnya sudah saya suruh mas baca artikel cara mengobati sg yang kakinya bengkak. Saya mohon mas baca dulu. JANGAN MALAS MEMBACA ya mas, silakan baca dulu. kalau mas udah baca artikel di sana dan mas praktekkan, pasti gak bakalan kejadian kayak gini.... :(
      kalau udah baca dan udah dipraktekkan, pasti gak akan tambah parah kayak ini....

      Delete
    9. gak dikasih bubur sama sekali dok -_- cuma dikasih pepaya apel doang kok hemmm

      Delete
    10. oh, fiuh. syukurlah kalau sudah mas praktekkan. mohon maaf kalo saya rada esmosi juga. :D
      gini aja sekarang. kasih amoxicillin aja. 1 tablet amoxicillin potong jadi 6 bagian sama besar, lalu satu bagian ditumbuk hingga halus, dan kasih 1 sendok makan air. minumkan 2x sehari ke sg yang sakit.

      pisahkan juga sg yang sakit dengan sg yang sehat ya mas.. :)

      Delete
    11. sekarang kakinya udah sembuh dok. setelah saya liat kaki jempolnya gak ada, yaah saya kasih bubur bayi lagi.
      kalo amoxicillinnya dicampur sama makanannya gapapa kan dok? atau malah bahaya efeknya?

      Delete
  11. Dok knp SG saya kalau saya keluarin dia langsung kabur kadang ke kolong ,terus dia lebih suka tidur dripada aktif . apakah itu hal yg wajar dok? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajar, perlu penjinakkan lagi. kalau dia masih mau makan, masih sehat.
      silakan baca artikel saya cara menjinakkan sugar glider.

      Delete
  12. Dok bubur promina.nya itu yg rasa apa ya..?
    Kalau menghilangkan noda kuning pada bulu sg gmna dok..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara menghilangkan noda kuning di bulu sg bisa mas baca di artikel cara membesihkan bulu sugar glider.

      buat referensi lain, mas bisa baca artikel cara memandikan sugar glider. buat referensi aja ya. baca dlu baik2... :)

      Delete
  13. Dok, kalo dikasih makan bubur promina yg rasa aym jamur gapapa? Soalnya bubur yg lama dia ga mau makan. Tp kalo dikasih ulat hongkong, buah, telur rebus mau. Saya pikir sg saya bosan dgn rasa bubur bayi yg lama..

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh aja sih. kalo soal rasa sebenernya gak masalah. cuma dulu saya banyaknya kasih promina kacang hijau... :)

      Delete
  14. Dok, saya mw tanya
    bisakah minyak ikan untuk ank kecil dipakaikan ke sg?

    ReplyDelete
  15. Dok, katanya laktosa itu tidak baik bagi sg, lalu bagaimana susu yang terkandung pada bubur bayi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sg samasekali gak usah dikasih susu. malah gak bagus buat sistem cernanya...

      kasih aja air madu atau air sari kurma...

      Delete
  16. Maaf dok, yg saya tanyakan kndungan susu pada bubur bayi bukan pemberiannya, sprti bubur sun dan promina

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, maaf.
      kalau kandungan susu yang di dalam bubur bayi kan jumlahnya sedikit, dan dia ternetralisir oleh kandungan lain. jadi, bisa dikatakan aman... :)

      Delete
  17. Bagusnya make promina untuk umur brapa dok ?

    ReplyDelete
  18. dok,katanya SG kita bakal mengenal kita dari bau ownernya.kasusnya SG saya kalau siang/ malam dengan kondisi terang dia mengenal ownernya,tp kalau kondisi malam tanpa cahaya lampu(gelap) SG dideketin pasti mengeluarkan suara desiran seperti tudak mau dideketin.kondisi tersebut apakah wahar atau ada masalah lain dengan SG nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajar kok mas.
      mungkin emang sgnya belum terlalu mengenal ownernya. butuh adaptasi dan interaksi lagi biar dia lebih kenal bau tubuh masternya... :)

      udah berapa lama peliharanya?
      kalau masnya gak merokok, taro aja kaus bekas pakai mas di dalam kandang. kaos yang masih bau keringet

      Delete
  19. dok joey sy sudah sy pelihara kurang lebih 5 hari, kelihatannya udah jinak, tp tiba2 tingkahnya berubah yg tadinya aktif jadi pendiam, kadang diam dalam waktu yg lama, kira2 itu hal wajar atau gimana dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas.
      mas peliharanya seekor aja ya? satu ekor doang?
      coba beli lagi, biar dia gak kesepian (ada temennya).

      Delete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. Dok saya mau tanya, sg saya bersin2 tp itu jg jarang trs waktu subuh dia kaya yg batuk ngegonggong tp bkn crabing. Itu knp ya dok? Trs obat nya apa?kalo untuk makan dia mau tp ga serakus kemarin2. Trs kagetan ,hidung nya basah kaya ingusan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas baca artikel saya: istilah dalam memelihara sugar glider. di sana ada istilah barking. ada videonya juga. apa kayak gitu?
      kalau iya, di sana ada artinya kok. :)

      Delete
  22. Dok saya mau tanya, sg saya bersin2 tp itu jg jarang trs waktu subuh dia kaya yg batuk ngegonggong tp bkn crabing. Itu knp ya dok? Trs obat nya apa?kalo untuk makan dia mau tp ga serakus kemarin2. Trs kagetan ,hidung nya basah kaya ingusan.

    ReplyDelete
  23. Dok sorry nyimpang nih, mau nanya kalo kucing persia boleh di kasih bubur promina beras merah gak ya ?

    ReplyDelete
  24. Ask : Dok SG boleh dikasih susu kental manis ga dok soalnya bingung kalo madu abis gada campuran buat minumnya
    Thanks 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan. gak cocok buat sg. mending jangan dikasih susu apapun. :)
      bagusnya kasih sari kurma aja mas.
      maaf karena baru balas, mas. kabari lagi ya.

      Delete
  25. Dok saya mau nertanya , kalo SG di kasih bubur sun rasa ayam kampung + bayam apakah boleh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh, mas. :)
      rasa apa aja boleh kok... :)

      tapi kalo saya boleh saran, kalo bisa yang merk promina aja. jangan sun. sepengalaman saya, sg lebih lahap kalo bubur bayi promina...

      Delete
  26. Dok nanya lagi dong heheh
    Penyebab sg bersin bersin apa ya dok??

    ReplyDelete
    Replies
    1. penyebab sg sering bersin-bersin diantaranya...
      1. debu
      2. ruangan tempat memelihara yang terlalu dingin

      hidungnya keliatan ingusan juga gak mas?

      Delete
  27. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  28. Halo dok, saya barusan beli sg umur 2 Bulan. Kalau saya kasih bubur bayi SUN Rasa sup ayam boleh ga dok? Trus di bagian bawahnya ada keterangan tinggi zink

    ReplyDelete
    Replies
    1. meski saya lebih merekomendasikan yang merk promina rasa beras merah, tapi pake sun juga boleh kok.... rasa apa saja bisa... :)

      Delete
  29. Halo, saya belikan sugar glider promina bubur tim yg ayam kampung untuk 8+, tapi sugar glider saya tidak mau makan.. Apa dia tidak suka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya mbak kasih makan apa? coba yang rasa lain, rasa beras merah misalnya. atau bubur bayi yang tim ayam itu mbak tambah madu kayak madu rasa atau madu TJ. biar agak terasa manis.... :)

      Delete
  30. dok mau tanya, subuh tadi saya lupa mengeluarkan bubur bayi sisa makan sg saya yang saya buat jam 11 malam. pada pagi hari bubur itu sudah habis. gimana ya dok jika sg saya makan bubur yang sudah basi itu. saya harus bagaimana ya dok? mohon pencerahannya karena saya takut sg saya mati mendadak. makasih dok

    ReplyDelete
  31. WIN323 - Merupakan Situs Online Betting NO.1 Di Indonesia.
    Dengan WIN RATE tertinggi 97% + Bonus Bonus Super Heboh yang bisa
    anda dapatkan setiap hari nya!!

    Bonus Bonus Super Heboh Dari WIN323
    ~ Bonus New Member : 20%
    ~ Bonus Next Deposit : 5%
    ~ Bonus Cash Back : 5%

    Untuk permainan terbaru FAFA SLOT BONUS NEW MEMBER 100% dengan minimal deposit Rp 100.000,-

    Minimal Deposit : Rp.25.000
    Minimal Withdraw : Rp.25.000

    Tunggu apalagi mari langsung bergabung bersama WIN323 dan jadilah
    pemenang di setiap taruhan yang Bossku lakukan :)

    Contact Person WIN323 :
    BB : E3E94F65
    LINE : win323a

    WA : +855 78 633 430 ( WIN323 )

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.