Siklus Hidup Tupai Terbang | Drh. Fira Sovica

Siklus hidup tupai terbang

wajib diketahui oleh orang yang memelihara tupai terbang, seperti halnya orang yang memelihara sugar glider harus mengetahui siklus hidup sugar glider. Bagi anda yang ingin memulai ternak sugar glider, silakan baca artikel cara ternak sugar glider.
Siklus Hidup Tupai Terbang
Image taken from http://squirrelguide.com/
Nah, kembali ke laptop. :)
Siklus hidup tupai terbang terdiri dari beberapa hal. Dan berikut adalah siklus hidup tupai terbang yang saya tulis berdasarkan beberapa sumber buku:
  1. Sifat Umum Tupai Terbang.
  2. Di habitat aslinya di alam, tupai terbang mampu hidup sekitar 6 tahun. Di dalam penangkaran manusia, tupai terbang mampu hidup 15 hingga 17 tahun lamanya. Bayi tupai terbang adalah mangsa empuk bagi predator macam ular, burung hantu, rakun, kucing besar, dan lain sebagainya. Tupai terbang umumnya nocturnal (aktif di malam hari), dan omnivora (pemakan segalanya). Mereka biasanya memakan serangga seperti jangkrik, siput kecil, siput berukuran sedang, buah-buahan berasa manis, jamur manis, laba-laba, dan bunga. Meski banyak ditemukan meloncat dari dahan pohon satu ke dahan pohon lainnya, sebenarnya tupai terbang adalah hewan terrestrial alias hewan yang hidup di atas tanah. Tupai terbang termasuk hewan soliter(hidup sendiri-sendiri) atau dalam koloni kecil (antara 3 hingga 5 tupai), tergantung jenisnya. Ada kurang lebih 50 jenis tupai terbang. Tupai terbang yang hidup di indonesia adalah jenis Javanese Flying Squirrel yang punya nama ilmiah Iomys horsfieldii.
  3. Masa Kawin Tupai Terbang.
  4. Usia tupai terbang siap kawin biasanya bervariasi, tergantung jenisnya. Rata-rata, tupai terbang siap kawin saat berusia 2 hingga 2,5 tahun. Tupai terbang jantan dan tupai terbang betina bertemu untuk melakukan proses kawin pada bulan februari hingga maret. Setelah proses kawin selesai, si jantan akan pergi meninggalkan betina. Masa kehamilan tupai terbang kurang lebih 40 hari. Saat hamil, si betina kemudian membuat sarang dalam lubang di batang pohon untuk melahirkan anaknya.
  5. Masa Melahirkan Anak, Masa Bergantung Kepada Induk, Dan Masa Independent.
  6. Jumlah anakan tupai terbang bervariasi, tergantung jenisnya. Jumlah anakan bajing terbang jawa (javanese flying squirrel) adalah satu hingga empat bayi tupai terbang, namun beberapa jenis tupai terbang bisa melahirkan hingga 7 bayi tupai terbang. Bayi tupai terbang lahir dalam keadaan buta dan tanpa bulu. Induk betina tupai terbang akan mengurus bayinya hingga anak tupai terbang mampu mencari makan sendiri. Masa ini disebut masa bergantung kepada induk atau masa dependent. Anakan tupai terbang akan memasuki masa independent saat ia berusia 2 hingga 3 bulan. Pada masa independent ini, anakan tupai berangsur-angsur akan melepaskan diri dari induknya dan mulai hidup sendiri hingga usia kawin tupai terbang.
Demikian adalah

siklus hidup tupai terbang

. Semoga artikel ini bisa berguna bagi anda yang akan memelihara tupai terbang. Saran, komentar, kritik, dan konsultasi bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

116 Responses to "Siklus Hidup Tupai Terbang"

  1. dok kalo induknya habis melahirkan apa boleh masih satu kandang sama jantannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel di atas :D

      Delete
    2. Misi dok saya mau tanya waktu itu saya beli 2 FS gak jinak nah gak lama om saya dapet 1 yg agak besar kata om saya FS nya laki laki semua nah saya taro 1 kandang tadinya kaya biasa pecicilan dan ngegigitin kandang gak lama yg 1 hamil sebelumnya norman pas beberapa hari kemudian dia gak mau makan minum susu jga jarang di minum dah gitu tidur mulu tapi pas di pegang jinak kalo boleh tanya kenapa ya dok FS sayq

      Delete
  2. dok, saya punya tupai terbang usianya 3bulan beli di pasar burung. tapi sudah 2 minggu tupainya jarang sekali loncat2, terlihat tidur krn aku sediakan kain dan sll ngumpat disana.. jika di tarik keluar atau di angkat sll mengigit, sudah sll dicoba untuk diajak makan dr tangan tdk pernah mau. tp jika di elus aja mau di dlm kandang. saya ada 2 betina dan 1 jantan. setiap pagi sudah di jemur sblm brgkt kerja. malam plg kerja di ajak ngobrol ttp aja menundukkan kepala trs kadang sampe mengigit kandang trs dan tegang gt badannya. knp ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tupai terbang dijemur?? kok bisa?? mas dapet keterangan dari mana itu tupai terbang dijemur?? :)
      coba air minumnya kasih madu asli (jangan madurasa, madu tj aja). biasa dikasih makan apa? coba kasih bubur bayi promina...

      itu kayaknya stress... jauh2kan dari bunyi2an keras.... :)

      Delete
    2. Revisi dok, aku perempuan.. baca2 di link lain gitu.. katanya di jemur sm kandangnya juga biar tulangnya kuat biar dpt vit.D, buahnya juga hanya mau pepaya saja.. sudah coba buah manis (pisang sunprise, mangga manalagi, pir, jeruk, kelengkeng juga kurang mau)
      sebenarnya bosan dikasih pepaya krn makin bau pup n pipisnya, skrg baru diliat pupnya spt mencret.
      air putih sll disediakan dan bubur promina rasa buah tdk di sentuh.
      sekarang ga berani dipaksa keluar kandang, suara tupainya spt tdk suka dan gigitnya makin sakit jadi tangan saya sedikit bengkak.
      krn sempat mau di bersihkan badannya dgn kanebo basah, krna makin bau badannya.

      ada saran lain dok? terima kasih bny sblmnya

      Delete
  3. Jika tupai kelapa facesnya betlendir kenapa ya bu ? Hari sebelumnya su kasih madu tj di air minumnya bagaimana cr mengatasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending stop madu tj-nya, coba kasih sari kurma aja.
      jaga pola makan agar tetap bersih. biasa dikasih makan apa? coba kasih bubur bayi promina...

      cuaca lagi gak bagus buat tupai. jaga agar tupainya tetap hangat. jangan ditaruh di luar rumah kalau malam...

      kabari terus.. :)

      Delete
  4. terimakasih atas informasinya, dan saya mau tanya fase fae ketika bajing terbang jawa dalam kandungan dari awal mengandung sampai dia keluar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. siklus hidup tupai terbang udah ada di artikel di atas, mas. :D

      Delete
    2. artikel diatas itu kalau yang udah lahir dok. ada tidak gambaran yang di dalam kandungan misalnya dari janin sampai membentuk tupai dalam usia kandungan berapa hari. terimakasih :D

      Delete
    3. fase-fase kandungan tupai gitu mas? :D
      saya kudu riset dan cari gambar dulu berarti. mungkin nanti saya luangkan waktu buat riset. :)

      Delete
    4. iya dok hehehe, saya mbak dok. terimakasih dok

      Delete
  5. Dok..saya mau tanya..kan kemarin aku baru beli Tupai Terbang...baru sampai rumah aku langsung kasih makan pisang dan minumnya aku kasih air madu...Bagus Nggk dok makanan untuk FS baru sampai??....Tolong beri saran dok makanan yg bagus bhat FS baru umur 2 bulan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas bisa kasih bubur bayi sebagai makanannya. bubur bayi promina.
      buah bisa diberikan seminggu sekali...

      Delete
  6. FS Sya Baru Melahirkan
    Kenapa ANaknya Dicuekin Sma Ibu Nya?
    Mhon Pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak sebab. bisa jadi karena dia stress, bisa jadi juga karena emang induknya belum cukup dewasa (belum cukup umur). bisa jadi juga karena anaknya udah mas pegang2. bisa jadi juga karena ini anak pertamanya, jadi si induk gak tahu harus gimana.....
      sekarang gimana mas?

      Delete
  7. Siang dok, ada yang mau saya tanyakan tapi sebelumnya saya mau cerita dulu hehehe 😁 jum'at lalu rumah saya kedatangan seekor tupai terbang (liar) usianya mungkin sekitar 2 atau 3 bulanan (saya kurang paham juga). Awalnya saya kira SG dok, lalu saya baca2 di artikel2 dokter. Nah pas hari pertama sampa hari ke 3 FSnya setiap malam mengeluarkan bunyi2an yg nyaring. Hari ke 4 sudah bisa diajak main, bahkan sudah mau handsfeed. Saya kasih makan pake SUN rasa Pisang (kadang saya campurkan dengan sari kurma) dan air minumnya saya kasih air mineral dengan sari kurma Al-Jazira, dan kalau pagi kadang saya kasih buah pisang. Makannya Alhamdulillah lahap tapi sedikit2, awalnya fesesnya berwarna hitam dan sekarang jadi coklat tapi tidak mencret (padat).
    Pertanyaan saya :
    1. Sudah 3 harian ini dia jarang malah hampir gapernah mengeluarkan bunyi2an nyaring lagi.
    2. FSnya jarang sekali mau minum, tapi pipisnya banyak dok.
    3. Dan kalo di dalem kandang, dia maunya tidurrr terusss dok.
    Mohon pencerahannya 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mbak.
      1. selama fesesnya gak mencret dan dia masih mau makan, saya kira dia masih sehat. :)
      2. soal pipisnya banyak juga masih normal. :)
      3. umur fs-nya masih anakan ya? bener?
      bisa kirim saya gambarnya? foto, terus upload aja di postimage.org, linknya taro di sini. nanti saya perkirakan umurnya berapa. kalau bisa, fotonya pas dia di telapak tangan mbaknya...


      kalau masih anakan, masih bisa dikatakan normal kok.. :)

      Delete
    2. Pagi bu dokter, maaf baru balas heheheh ini saya kirim beberapa fotonya ya bu :
      1. https://postimg.org/image/58gs3nlm5/
      2. https://postimg.org/image/44wnrp0z1/
      3. https://postimg.org/image/izl95vajx/
      4. https://postimg.org/image/9dropkje5/
      5. https://postimg.org/image/xszwqmib1/

      Iya dok kalau makan masih mau, walaupun sedikit tapi lahap. Dan kalau saya ajak main, dia gesit bangettt gerakannya dok. Tapi kalau sudah masuk kandang, langsung lompat ke tempat tidurnya 😂
      Kalau yg soal tidak pernah mengeluarkan suara itu gimana ya dok? Saya takut kalau dia stress 😖
      Mohon penjelasannya trimsi 😁

      Delete
    3. kalau dia masih mau makan, diajak main masih aktif, dan fesesnya gak mencret, saya kira dia nggak stress... :)

      coba aja taro kaus bekas pakai mbak yang masih bau keringat di kandangnya, biar dia menyusup ke situ. tujuannya biar dia inget bau tubuh mbaknya... jadi tambah bonding nantinya.... coba baca artikel saya BEDANYA JINAK DENGAN BONDING... :)

      itu kira2 umur 2 bulanan. hampir 3 bulan. mungkin sekitar 2,5 bulan. :D

      Delete
    4. Siang dokter, maaf baru bales hehehe ini saya kirimkan fotonya ya dok.
      1. https://postimg.org/image/58gs3nlm5/
      2. https://postimg.org/image/izl95vajx/
      Iya dok kalau makan sih walaupun sedikit2, tapi lumayan lahap. Dan kalau saya ajak main tuh gesit bangetttt gerakannya, tapi kalau udah masuk kandang (semisalkan habis selesai makan tanpa main) pasti langsung lompat ketempat tidurnya dan pelorrr 😂
      Nah kalau yg soal gak pernah mengeluarkan suara2 lagi itu gimana ya dok? Saya takut kalau dia stress dok 😖
      Mohon penjelasannya trimsi 😄

      Delete
    5. Sekarang fesesnya berwarna hitam dan padat dok. Kalau yg soal gapernah mengeluarkan suara lagi itu gak apa2 dok?
      Ohh iya dok, ini minumnya saya kasih air mineral + sari kurma setiap hari apa tidak apa2?

      Delete
    6. kalau dia masih mau makan, diajak main masih aktif, dan fesesnya gak mencret, saya kira dia nggak stress... soal dia tidak bersuara, malah bagus. artinya dia udah mengenal lingkungan barunya. udah dikasih kaos bekas di kandangnya?

      intinya, cara mengetahui kesehatan tupai bisa dari nafsu makannya dan fesesnya (tahinya). :)

      coba fotoin tahinya... saya tunggu... biar saya analisa, apakah dia sakit atau nggak :)

      Delete
    7. oh gak apa2. malah bagus dikasih sarikurma + air mineral sebagai air minumnya... :)

      Delete
    8. Pagi dokterrrr 😁 ini semalam saya foto fesesnya :
      Ini pas pertama kali dia pup 1. https://postimg.org/image/44vahvfgx/
      2. https://postimg.org/image/rzohg8l5d/
      Dan ini pup setelahnya 1. https://postimg.org/image/uegd0o1e9/
      2. https://postimg.org/image/a8cv1s5qp/
      Kemarin siang sampai sore dia susah makan dok, makan2 pas jam 10 malam sama pas subuh. Pagi ini dia makan buah pisang tapi sedikit. Dan kemaren dia diam saja, mungkin efek lapar kali ya dok. Setelah makan (jam 10) itu dia langsung gesit hahahah 😁

      Iya dok tempat tidurnya emang saya kasih baju saya dok.
      Ohh iya dok, kalau seumuran dia sudah boleh diberikan ulat hongkong belom yah dok?

      Delete
    9. dari fesesnya sih sehat. :)
      kalo saran saya sih mending jangan dikasih ulhong dulu. nanti aja. sementara kasih apa yang biasanya dikasih aja. kalo ulat hongkong, ulat jerman, dan jenis ulat lainnya, agak riskan karena sifatnya yang panas...
      jangkrik masih boleh, tapi kaki belakangnya dibuang dulu. yang tajem itu. :)

      Delete
    10. Alhamdulillah hehehe makasih ya bu dokterrr 😆 mau saya kasih jangkrik tapi jangkrik kan besar, takutnya dia malah takut sama jangkriknya hahaha 😂
      Kalo untuk buah2an dikasih setiap hari (dengan porsi sedikit) boleh gak dok? Soalnya kadang dia gamau bubur bayinya. Jadi alternatifnya buat ganjel perut saya kasih buah dok

      Delete
    11. boleh aja dikit-dikit kasih buah, tapi tetep makanan intinya bubur bayi ya mbak. :)

      jangkrik sebenernya buat pengganti protein aja. secara prinsip, protein udah ada dari bubur bayi.... jadi, gak dikasih jangkrik sebenernya gak apa2...

      Delete
    12. Iya dok soalnya porsi makan dia emang sedikit tapi sering 😁 kadang jam 4 pagi saya kasih bubur bayinya, nanti jam 8 pagi saya kasih pisang + air sari kurma, jam 12 makan burbayi, jam 2nya buah, jam 7 malem kadang buah kadang burbayi, jam 10 malem makan lagi. Gimana tuh dok 😁
      Owhh gitu ya dok, ya mungkin nanti kapan2 saja dikasih jangkriknya heheheh

      Delete
    13. makannya udah bagus.
      itu makan sendiri atau disuapin? dibiasakan makan sendiri, biar dia nggak manja...

      Delete
    14. Iya dok, tapi kalo lagi susah ya kadang seharian makan cuma secuil. Apa karna dia nocturnal jadi aktif makannya pas malem hari dok?
      Kadang makan sendiri, kadang saya suapin dok 😁 ohh iya dok, kemaren malam dia tidur di tangan saya, tapi masih suka lari2an kalo saya turunin di lantai, dan kadang suka susah kalo dikeluarin dari tempat tidurnya. Itu kenapa dok?

      Delete
    15. kalau makan waktu malam, dia lebih lahap? karena kadang ada musang yang kayak gitu...

      kalo musang yang anakan emang gitu, suka pecicilan kalo ditaro di lantai, hehehe. namanya juga anak-anak. :D

      dia udah kenal sama mbaknya, cuma belum bonding aja... itu udah bagus, tinggal lanjutkan perawatannya... :)

      kabari terus

      Delete
    16. Iya dok, kalau malam bisa 2x makan. Dia suka susah buat minum dok, sedikit bangettt minumnya. Owhh begituu ya dok, oke deh makasih banyak ya dokterrr :>)

      Delete
    17. oke. kabari terus.

      yang pasti, poin utama mengetahui kesehatannya dari feses.. :)

      soal minumnya dikit, bisa coba kasih sari kurma di minumannya...

      Delete
    18. Halo dokterr, mau tanya do, ini FSku fesesnya ada yg berwarna putih agak cream gitu kenapa ya dok? Ini fotonya https://postimg.org/image/aponwb33p/
      Udah 3x ini saya liat, tapi gak mencret sih dok. Owhh iya dok, dia sering gigit2in kandangnya, trus saya kasih biskuit roma kelapa itu kira2 boleh gak dok?

      Delete
    19. soal fesesnya, masih bisa dikatakan normal. sangat sehat malah. :)

      jadi masih wajar...

      jarang mbak kasih buah ya? :)

      kabari terus...

      Delete
    20. Justru saya kasih buah terus dok, karna dia kalo siang sama sore jarang mau makan burbayinya. Jadi alternatifnya saya kasih buah. Dia lahap makan burbayinya kalo tengah malem dan pagi2 dok.
      Owhh iya kalau yg soal saya kasih biskuit roma kelapa itu boleh gak dok?

      Delete
    21. Duhh dokk, kok di fesesnya ada cacing putih kecil gitu ya. Ini kenapa yaaaaa 😰

      Delete
    22. cacingnya gerak-gerak gak?

      sementara, stop aja kalo biskuitnya. kasih buah sama bubur bayinya aja. bubur bayinya pastikan gak lebih dari 4 jam. kalo udah 4 jam di kandang, sisanya buang aja... :)

      untuk fesesnya, observasi dulu. kalo nanti masih ada cacingnya, kabari lagi kemari... :)

      Delete
    23. Ini dok foto fesesnya 1. https://postimg.org/image/79ypvbzjz/
      2. https://postimg.org/image/4h5ibaz7j/

      Delete
    24. Iya cacingnya gerak2 dok. Cacing halus gitu. Itu kira2 kenapa ya dok?
      Owhh oke dok, nanti saya perhatiin lagi fesesnya, sekarang fsnya lagi bobokkk 😂

      Delete
    25. dari fesesnya sih lumayan sehat. gak keliatan ada cacing. atau mungkin saya aja yang gak liat ya?

      untuk cacingnya, observasi aja dulu. bisa kasih air jahe sebagai antibiotik alami..... caranya seduh jahe yang sudah dikeprek, diamkan sampe dingin. terus setelah dingin, tambahkan air lagi agar rasa jahenya gak terlalu pedes (gak kerasa jahe lagi), minumkan ke tupainya sekali sehari....

      nanti bikin komen baru aja ya mbak... di saya tampilan komennya udah mepet banget, hehehe... :)

      Delete
  8. Iya mungkin gak kelihatan dok, kalo di hp saya itu yg putih2 tuh cacingnya. Dan barusan saya observasi lagi fesesnya, ternyata masih ada cacingnya walaupun gak sebanyak kemaren dok.
    Untuk takaran air jahenya segimana dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting rasa jahe-nya gak kerasa lagi, atau nggak kerasa anget lagi. jadi airnya jahenya tambah air mineral biasa....

      kalo udah dikasih, kabari lagi ya mabk.. :)

      Delete
  9. Tadi siang udah saya kasih resep yg bu dokterr kasih, barusan saya observe fesesnya lagi, dan cacingnya masih ada dok. Fesesnya berwarna agak coklat dan lebih besar dari biasanya, dan bau. Sebelumnya gak berbau

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2, lanjut aja treatment-nya sampe 3 hari ke depan.
      untuk makanannya, pernah dikasih pepaya matang? coba kasih, biar membersihkan sistem cernanya juga... bisa diancurin dulu... :)

      tupainya gimana? masih aktif dan pecicilan?

      Delete
  10. Agak susah nyuapin air jahenya dok 😂
    Pepaya matang udah pernah sih dok, tapi lebih sering pisang. Nanti saya coba kasih pepaya dok.
    Masih dok, kalo malam lompat2an terus. Saya kasih ranting pohon rambutan di kandangnya, jadi dia gigit2in ranting itu, soalnya sebelumnya dia gigit2in kandangnya. Boleh kan dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake sedotan akua yang kecil, hehehe... tapi pelan2, jangan sampe kecolok.. :)
      boleh kok kasih ranting2... :)

      kabari terus.. :D

      Delete
  11. Halo dokter, hari ke-3 dan masih ada cacingnya dok. Harus bagaimana lagi? @-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke.
      Besok mbak bisa beli obat cacing buat kucing merk drontal ditoko makanan kucing. Bisa kok buat tupai juga....

      Kalo pendapat saya sih mending sekalian aja check ke dokter hewan terdekat. Sekalian periksa. Mbak tinggal di kota mana?

      Delete
  12. Owhh oke dok saya coba pake obat cacingnya dulu, kalau belum ada efeknya, langsung saya bawa ke dokter hewan.
    Saya di purworejo jateng dok.
    Kira2 di purworejo jateng ada dokter hewan yg ngerti soal tupai gak ya dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau purworejo emang agak susah sih mbak... beberapa kali ke sana, katanya emang belum punya rumah sakit hewan ya? bener?

      gak apa2, bawa aja ke dokter hewan biasa. kalau dokter hewannya bilang gak ngerti soal tupai, bilang aja disuruh dokter hewan fira buat kasih drontal sesuai dengan dosisnya... :)

      Delete
  13. Iya bener dok, pet shop juga masih rada jarang disini. Saya baru 5 bulan tinggal disini sih dok, jadi belum begitu tau lokasi dokter hewan dimana. Nanti coba saya cari tau.
    Kalau si dokter hewannya gatau dosisnya seberapa gimana dok hahahaha 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. dosisnya setengah dari dosis kucing aja, mbak.
      atau mbak coba aja kasih sendiri drontalnya... :)

      kalo dokternya gak tau dosisnya, suruh berenti aja jadi dokter hewan, hahahaha... :D

      Delete
  14. Siaapp bu dokterrr 😊
    Hahahah dokter fira bisa ajah 😂 masa disuruh brenti 😂
    Makasih banyak ya dokter fira 😊

    ReplyDelete
  15. Selamat malam dokter. Apa kabar? 😁 ini saya lagi heheheh mau tanya nih dok. Beberapa hari ini kan saya di RS, dan kalau malam jadi gabisa ngasih makan FS saya. Nah hari ini saya liat dia mencret tapi agak kentel kaya lengket gitu dok, trus berbau. Kira2 itu kenapa ya dok? Apa karna gak makan waktu malem dok? Dia biasa makan jam 6 sore, 11 malam, 03 pagi dan 6 pagi. Berhubung saya di rs jadi dia makannya cuma pas jam 8 pagi dan 6 sore dok.
    Sama 1 lagi dok 😁 ini kok bulu tupai saya berubah warna agak kuning2 coklat gitu ya. Di bagian kepala dan punggung.
    Mohon jawabannya dok hehe trimsi

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas... :(
      wah, sama dong. saya juga kemaren abis sakit. sekarang giaman? udah sembuh?

      sebenernya sih gak masalah dikasih 2x sehari makan. tapi agak banyak ya mbak...

      soal perubahan corak bulunya, agak susah kalau saya gak liat dulu. bisa kirim gambarnya kemari?

      Delete
  16. Alhamdulillah udah sembuh juga dok hehehehe 😁
    Nah itu diaaa dok. Dia porsi makannya sedikit, tapi sering. Kalo laper, dia suka bersuara trus lompat kesana-sini kaya manggil2 minta dikasih makan gitu 😂

    Ohh iya ini dok fotonya
    https://postimg.org/image/wowg5i95p/
    https://postimg.org/image/3ns3w3opp/
    https://postimg.org/image/4eku1vr31/

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus tuh! keren! :D
      lanjut aja perawatannya. fesesnya gak mencret kan?

      Delete
  17. Heheheheh 😁 udah enggak sih dok. Cuma kalau nanti mencret, saya kasih obat apa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. syukurlah. kalo mencret, bisa kasih buah aja. bisa pepaya atau pisang. dan cek kebersihan makanannya. :D

      maaf karena baru balas... :(

      Delete
  18. Ohh begitu, baiklah dok heheheh 😁
    Terima kasih ya dokter fira 😊

    ReplyDelete
  19. Dokter firaaaa 😭 saya punya kabar buruk dan menyedihkaannnn. Pagi ini saya lagi kasih makan FS saya, saya mau gunting kawat kandangnya pakai gunting dan FS saya langsung ngedeketin tangan saya abis itu saya lanjutin gunting kawat kandangnya, ehh dia langsung hap ke gunting itu dan kresssss 😭 jarinya dia kepotong dokterrr. Kejadiannya cepet bangetttt, dan 2 jari dia putusss. Saya kasih betadine, dia jilat2 terusss. Gimana nih dokterrr, saya gak tega liatnyaaa 😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiks.... sekarang keadaaannya gimana??
      ya udah sementara biarin aja dulu mbak... kalau dia masih jilat2 lukanya, jangan dikasih betadine dulu. biarin aja....

      observasi aja terus sampe 3 hari ke depan mengenai lukanya...

      Delete
  20. Shock bangetttt sampe mau nangis gabisaa 🙍 ngeliatnya kasian bangettt dok. Trus ini gaperlu dikasih apa2?
    Coba ada dokter fira disini 😂

    ReplyDelete
  21. Sekarang lagi saya taruh di tempat tidurnya dok, tadinya dia jilat2in terus itu jarinya, karna darahnya keluar terus kan, saya takut kehabisan darah dok, takut infeksi juga dok 😖

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana mbak? :)
      dont worry kalau dia jilat2in lukanya, gak apa2. :)

      lukanya udah mendingan?

      Delete
  22. Halooo dokter firaaa 😁 maaf bangettt baru bisa ngabarin 😂
    Saya bingung deh dok, ini FS saya pas malam setelah insiden itu langsung aktif seperti biasa. Udah bisa loncat kesana kemari (dalam kandang). Makannya juga normal sih dok.
    Kalau lukanya sampai sekarang sih masih bengkak dan agak merah dok, normal kah dok?
    Ohh iya untuk obatnya dia agak susah dok 😂 malah mleber2 ke pipinya. Jadi saya campurin ke makanannya (sun+biskuit marie) dok. Gimana boleh gak dok? 😄 2 hari pertama saya kasih buah2an terus, tapi keliatannya kurang kenyang dok. Jadi saya kasih SUN 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, emang saya kemarin rekomen obat apa ya mbak pentin? :D
      saya rekomen obat merah betadine aja deh, tetes di lukanya.

      kok di campur ke makanannya? :D

      bisa kiirm gambar lukanya nggak mbak?

      untuk makanan, sebaiknya dibatasi. jangan pake sun + marie, kasih buah-buahan aja. pepaya atau pisang. biar lukanya cepet sembuh dan cepet kering

      Delete
  23. Kemaren dokter nyaranin obat amoxicilin cair, cuma berhubung gak ada yg cair jadi saya beli yg tablet trus saya hancurin sendiri campur air anget 😂 kemaren itu kita bahas di online sih dok 😅
    Iya cuma sedikit sih dok, heheheh saya salah ya dok 😂
    Ohh begitu, oke dok saya kasih buah2an ajah deh hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ooh, iya, iya. kirain saya betadine-nya yang dimasukkin ke makanan, hehehe.... fiuh, syukurlah kalo amoxicillin.. :D

      udah mulai kering sih lukanya. dia masuk suka jilat2in lukanya?

      bagus, bagus. tinggal kasih betadine aja lukanya, obat merah betadine... :)

      Delete
  24. Ini yg di zoom dok https://postimg.org/image/ov68bp6mx/
    dan yg ini yg gak di zoom https://postimg.org/image/51u4izt95/

    ReplyDelete
  25. Hahahah ya bukann dokterrr 😂 saya liat dia jilat2in jari yg saya kasih betadine ajah takut keracunan 😅 masa saya kasih ke makanannya hiks hiksss 😂
    Udah sih dok, bengkaknya juga tinggal di pucuk jari yg putus itu doang.
    Nah sekarang, dia gamau tidurrr. Dia kayanya kelaperaannn 😅 saya kasih pisang sama pepaya dimakan tapi sedikitt, selang 5 jam saya kasih lagi buah2annya. Sama dia dimakan trus kaya di mainin gitu dok, kaya di lepeh2in gitu. Nah ini gimana dok? Saya kasih SUN ajah apa gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana keadaannya?
      hmm, kalau emang lukanya udah mulai sembuh dan udah kering, gak apa2 kasih bubur bayi atau biskuit marie lagi. asalkan amox-nya tetep kasih...

      maaf banget karena baru balas.... :(

      kabari terus

      Delete
  26. Sekarang dia lagi susah makan dok, makannya sedikitt bangetttt 😂 kasih apa ya dok biar nafsu makannya bagus?
    Amoxnya dicampurin ke makanannya boleh kan dok? Soalnya kalo diminumin langsung susah dia, kabur2an terus kalo dikasih obat 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh, gak apa2...
      makannya jadi susah sejak diganti makanannya ya? bener?

      gak apa2 kasih marie aja lagi... :D

      Delete
  27. Iya sama sun sekarang agak susah. Karna kemaren2 dikasih buah terus, jadi mungkin untuk balik ke sun lagi agak susah dok heheheh
    Tapi kalo laper bangetttt sih ujung2nya pasti di makan dok heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip, hehehe.
      buah tetep kasih minimal seminggu sekali. :)

      lukanya gimana mbak? :)

      Delete
  28. Alhamdulillah udah gak merah lagi sih dok 😁 ohh iya dok saya mau tanya. Cara bedain jenis kelamin yg jantan sama yg betina gimana ya. Soalnya saya ada rencana mau beli 1 lagi buat pasangannya dia. Kira2 dokter fira punya channel yg jual FS gak ya 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, saya gak ada channel, hihihihi...

      cek aja bagian tubuhnya. kalo betina, biasanya jarak antara kelamin dan anusnya lebih deket. kalo jantan, sebaliknya. jarak antara kelamin dan anus lebih jauh.

      nanti saya buatkan artikelnya... :)

      Delete
  29. Heheheh agak susah ya dok nyari penjual FS 😅 weehhh terima kasih banyaakkk dokter firaa 😁

    ReplyDelete
  30. Ohh iya dok, FS saya kalau siang tuh aktif bangetttt. Pas malem saya ajak main malah kabur2an ke kantong tidurnya terus 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya tupai emang hewan diurnal. aktif pada siang hari. gak kayak sg, yang hewan nocturnal...

      mbak tinggal dimana? kalo di jakarta, cari aja di pasar hewan jatinegara...

      Delete
  31. Dok, ini FS saya tiba2 ngegigit jari saya sampe berdarah nih 😖 biasanya kalo gigit2 juga gigit2 manja kaya kucing gitu. Kira2 kenapa ya dok?

    Saya tinggal di purworejo jateng dok. Pasar hewan disini adanya hewan ternak sama burung2 gitu 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. di pasar burung biasanya ada yang jual hewan lain. CMIIW. gak tahu juga sih. belum pernah ke purworejo, paling ke magelang sama wonosobo aja. :)

      dia nge-gigit? Wajar. dan gak usah takut. dia cuma pengen ngetes mbak pentin aja. kalau mbak takut, malah makin diisengin sama dia. biarin aja. tetep ajak main..

      udah coba taro kaus bekas pakai yang masih bau keringet di kandangnya? coba aja taro, biar dia kenal sama bau tubuh mbak.. :)

      Delete
  32. Udah pernah kesitu sih dok, tapi gak ada hahahah. Kalo di wonosobo ada FS kah?
    Apa dia merasa terganggu ya dok? Makanya dia gigit saya sampe gamau di lepas. Ya biasanya sih dia ngegigit2 bercanda dok, nah baru kali ini dia ngegigit sambil ngeluarin suara 😂 trus malemnya saya ajak main, dia langsung lompat ke kandangnya. Seolah2 kaya gamau main sama saya 😂
    Udah pernah sih dok, tapi saya ambil lagi heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kemungkinan dia trauma mbak potong jarinya kemaren. hehehe. istilahnya balas dendam. tapi biasanya gak lama...

      dan jujur, jarang ada tupai yang sampe begini. maksudnya, sampe balas dendam gini. artinya emang ada keterikatan (bonding) antara tupai mbak dengan mbak. mungkin imprint, bisa jadi. dan ini bagus.

      saran saya selanjutnya, sering ajak ngobrol. :)
      dia ngerti apa yang kita ucapin, cuma gak bisa bales aja.

      dulu sahabat saya ada yang punya tupai. sama kasusnya kayak tupai mbak pentin ini, bahkan sampe diliarkan ke kebun samping rumahnya. dan selalu balik lagi ke kandangnya di dalam kamar temen saya... kalo siang, ngayab ke kebun. sore pulang. :D

      Delete
  33. Owhhh ya bisa jadi ya dok 😂 sekarang dia agak susah buat di ajak mainnya dok. Biasanya kalo saya tutupin pake telapak tangan saya, pasti dia langsung meringkuk trus tidur. Sekarang kalo saya gituin pasti langsung keluar lagi 😅 langsung lompat lagi ke tempat lain.

    Wahhh kalo punya sahabatnya dokter mah udah enak bangetttt ituu. Udah gak khawatir bakal kabur. Kalo FSku ini pasti kaburr dan gak balik2 lagi heheheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kok tupai mbak penting kayak tupai sahabat saya.
      intinya jangan dipaksa untuk jadi apa yang kita mau. biarin aja seenaknya dia. gak usah terlalu keras dilatih juga, nanti dia akan nurut sendiri...

      intinya, buat dia senyaman mungkin... :)

      Delete
  34. Iya baik dok, pelan2 ajah ya dok 😄
    Ohh iya, dokter fira jadi bikin artikel soal perbedaan jenis kelamin jantan dan betina FSnya? 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah saya publish kok, hehehe. judulnya lupa. cek aja di halaman HOME. :D

      gimana kabar tupainya, mbak? :)

      Delete
    2. Sudah saya baca dok artikelnya hehehe 😁 FS saya jantannn hihihih

      Delete
  35. Waahh makasih banyak ya dok 😁
    Ini dok, kemaren dia agak mencret. Awalnya fesesnya berwarna cokelat dan lebih besar dari biasanya 😅 nah besoknya, dia mencret dan berbau. Sekarang sepertinya sudah normal. Belum bisa saya foto dok, soalnya fesesnya nyampur sama yg kemaren2 heheheh.
    Trus ini dok, FS saya sekarang sering menghentak2an kaki belakangnya sambil ngibas2in ekornya gitu. Itu kira2 kenapa ya dok 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas, mbak... sibuk banget mau persiapan kerja keluar kota lagi, hiks... :(

      kalo tupai suka menghentak-hentakkan kaki, atau kayak gemeter kakinya, itu artinya dia mencoba menakut-nakuti kita. mencoba mengancam kita. wajar kok, mbak.

      kalau dia lagi kayak gitu, mending elus aja pelan2. mbak udah coba taro kaos bekas pakai yang masih bau keringet di kandangnya?

      Delete
  36. Owhhh begitu to, mau pindah tugas kemana dok? 😄
    Owhhh gituu ya hahahahah 😂 mungkin kalo dia bisa ngomong mah gini kali ya dok 'jangan ganggu aku' hahaha 😂
    Baru mau nih dok heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, iya bisa jadi. apalagi dia cowok. hehehe... :D

      nggak, ini tugas bulanan aja ke luar kota... :D

      Delete
  37. Ini dia udah waktunya kawin apa belom sih dok? Soalnya saya nyari2 fs (betina) belom nemu2 😂
    Ohh begitu, take care ya dok 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mbak pentin fotoin kelaminnya? :)

      mungkin nanti saya bisa bantu. kalau dari tampilan foto sebelumnya sih, kayaknya belum... :)

      maaf karena baru balas, mbak...

      Delete
  38. Halooo dokterr, apa kabar? Maaf baru balas, ini fotonya saya gabung dok https://postimg.org/image/z713lmge7/
    Di tengah2 antara anus dan kelamin ada seperti bulat2 menggantung itu apa dok? 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. testikelnya, kan?
      buah zakarnya.

      kalo yang saya liat sih gitu....

      dia suka garuk2 bagian itu?

      Delete
  39. Halo dokterr firaaa 😁 Minal Aidzin walfaidzin ya dokk.
    Maaf baru balas dok, ohh itu mungkin buah zakarnya hehehe. Kalo dokter fira atau temen dokter punya yg betinanya, kabari saya ya dok 😄 biar bisa kawin dia heheh
    Kalo garuk2 bagian itu sih saya pernah lihat beberapa kali, tapi gak sering sih dok. Soalnya dia sembari garuk2 dan gigit2in bagian badan yg lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas, mbak... :D
      sip. hehehe. :D

      minal aidzin juga...

      Delete
    2. Halo dokter fira. Saya mau tanya nih. Kira2 aman gak yah kalau kita dalam posisi hamil dan memelihara FS? 😅 berbahayakah untuk ibu dan janinnya?

      Delete
    3. wah, mbak pentin! maaf karena baru balas, ya... :)

      selama kebersihannya dijaga, aman kok... :)

      Delete
    4. Lagi sibuk bangettt ya dokter heheh
      Ohh Alhamdulillah, 5 hari sekali dibersihin ya dok kotorannya 😄

      Delete
    5. sekarang gimana kabar hewannya, mbak? :D

      Delete
  40. Assalamualaikum dok , saya baru beli fs tpi beda beda yg 1 gigitin kandang yang 1 diem ajaaa .. mohon pencerahannya bu dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh minta info beli FSnya dimana gak? Heheh 😁 soalnya saya lagi cari2 FS betina nih, trimsi

      Delete
  41. Slmat mlm dok, Bru petamax beli FS.. yg mau sya
    tnyakan.
    1. Kira2 FS sya umur brp ya, soale wktu beli penjual tdk tau umurny, wrnanya msh hitam.
    2. Makannya selalu pisang tk kasih sun rasa kacang ijo gx mau
    makan. Bagus gx dok?
    3. Kdang mencret kadang hitam. Kira2 itu kenapa ya?
    4. Sarannya dokter klu baru pertamax pelihara FS agar cpt bonding apa aja?
    Mksih bnyak

    ReplyDelete
  42. Selamat siang mba fira..

    Mau tanya siklus makan untuk FS jam brp aja ya?
    And waktu tidur dia jam berapa aja ya dok, mau main tapi takut ganggu dia.


    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa 3 kali sehari. mas. taro aja makanannya di kandangnya.

      kalau mau diajak main, pas dia lagi main di kandang aja. kalau dia lagi tidur, jangan diganggu. :)

      Delete
  43. kak, tupaiku umur 1 stgh bulan (kata yang jual), dia gamau makan bubur bayi, maunya makan buah pepaya. apa gapapa aku kasih makan pepaya terus? apa nutrisi pepaya aja cukup?
    terus tentang bonding, udh aku coba taruh tanganku sambil makan tapi dia gamau, klo taruh tangan pasti kabur. tapi klo taruh dikain dia kalem. untuk step-stepnya biar bonding gimana ya selain dengan handfeed? biar dia ga takut lgi, kasian juga.


    ReplyDelete
  44. dok saya mau tanya kalo FS kira2 umur dua mingguan di kasih susu sgm sama sedikit gula kelapa gpp ya? terus makanan tambahanya apa

    ReplyDelete
  45. soalnya saya masih belum paham betul tentang makana FS yg masih bayi.
    saya baru dapat kemaren sore dok

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.