Saturday, December 27, 2014

Cara Memelihara Tupai Terbang | Drh. Fira Sovica

Memelihara tupai terbang

bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun tentu saja, seperti halnya memelihara hewan lain, memelihara tupai terbang membutuhkan beberapa persiapan baik berupa kandang dan pengetahuan tentang cara memelihara tupai terbang. Bagi anda yang berniat breeding tupai terbang, ada baiknya anda membaca artikel saya tentang siklus hidup tupai terbang.
Cara Memelihara Tupai Terbang
Image taken from merdeka.com
Hal pertama dalam memelihara tupai terbang adalah memastikan bahwa hewan yang anda pelihara adalah memang benar-benar tupai terbang, bukan sugar glider. Karena meski secara prinsip ada persamaan antara memelihara tupai terbang dan memelihara sugar glider, keduanya adalah hewan yang samasekali berbeda. Cara membedakan tupai terbang dengan sugar glider bisa anda baca di artikel bedanya tupai terbang dan sugar glider.
Ada beberapa persiapan yang harus dipenuhi oleh anda yang ingin merawat tupai terbang sebagai hewan peliharaan. Dan inilah beberapa persiapan yang harus anda persiapkan.
  • Perlengkapan Memelihara Tupai Terbang.
  • Ada beberapa persiapan dari segi perlengkapan memelihara tupai terbang yang harus anda persiapkan. Berikut adalah perlengkapan memelihara tupai terbang.
    1. Kandang tupai terbang.
    2. Tupai terbang memiliki kebiasaan meloncat dari dahan satu ke dahan yang lain. Kandang yang bagus untuk tupai terbang adalah kandang yang lumayan tinggi. Namun anda bisa menggunakan kandang yang biasa digunakan untuk kandang kucing berjeruji agak jarang, sekira tupai anda tidak bisa meloloskan diri dari jeruji kandang tersebut. Alas kandang tupai terbang sebaiknya ditutup oleh koran bekas agar mudah dibersihkan. Ganti kertas koran tersebut minimal satu minggu sekali.
    3. Makanan tupai terbang.
    4. Meski tupai terbang termasuk hewan omnivora, anda bisa menggunakan bubur bayi sebagai makanan tupai terbang peliharaan anda. Anda juga bisa meracik makanan tupai terbang sendiri dengan membuatnya sendiri. Resepnya sama saja seperti membuat sugar glider diet. Buah-buahan berasa manis seperti kelengkeng dan pepaya matang bisa diberikan satu minggu dua kali. Anda juga membutuhkan suplemen kalsium bubuk sebagai makanan tambahan, terutama untuk bayi tupai terbang. Pastikan agar kandang selalu hangat namun tidak panas (bersuhu ruangan).
    5. Aksesoris kandang tupai terbang.
    6. Untuk aksesoris kandang, anda bisa menggunakan box kayu, box plastik, atau hanging pouch sebagai sarang tupai terbang anda. Hanging pouch yang dimaksud sama seperti yang digunakan untuk sugar glider. Selain sarang, anda membutuhkan wheel atau putaran agar tupai terbang anda bisa bermain di dalamnya. Aksesoris lain bisa anda tambahkan di dalam kandang seperti rantai dari plastik dan lain sebagainya. Untuk tempat minum tupai terbang, anda bisa menggunakan botol minum hamster.
    Sama halnya seperti sugar glider, tupai terbang biasanya memiliki keterikatan dengan ownernya yang disebut bonding. Tupai terbang yang sudah bonding biasanya akan sering merayap di tubuh atau di sekeliling pakaian anda. Kadang, dia akan tidur di kantung pakaian anda. Tentunya, hal ini tidak bisa dilakukan dengan mudah.
  • Cara Memelihara Tupai Terbang.
  • Cara memelihara tupai terbang adalah sebagai berikut:
    1. Dalam satu kandang sebaiknya tidak lebih dihuni oleh sepasang tupai terbang. Seperti yang saya tulis di artikel siklus hidup tupai terbang, tupai terbang adalah hewan soliter yang biasa hidup sendiri. Tidak seperti sugar glider yang hidup berkoloni.
    2. Saat pertama kali tupai terbang tiba di rumah, pindahkan kandang ke ruangan sepi dan biarkan agar dia beradaptasi dulu. Beri air madu dan buah-buahan selama 2 hari pertamanya.
    3. Setelah masa adaptasi selesai, berikan pakan 3 kali sehari. Pagi, siang, dan malam. Porsi makanan disesuaikan dengan jumlah tupai yang dipelihara dan nafsu makan tupainya. Selama 2 minggu pertama, sebaiknya berikan makanan secara handsfeed (disuapi dengan tangan) agar tupai terbang peliharaan anda mengenai anda sebagai ownernya.
    4. Agar pencernaan tupai terbang tetap sehat, beri asupan buah dua kali selama seminggu.
Demikian adalah

cara merawat tupai terbang

yang penulis rangkum dari beberapa buku dan riset saya. Semoga anda terbantu dengan artikel memelihara tupai terbang ini. Saran, kritik, dan komentar bisa ditulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

131 comments

Terima kasih dok,artikel ini sngt membantu sekali...
Oh ya bu,saya mempunyai tupai terbang 1 ekor,kandangnya berukuran 90x90x150 cm dan berencana mau beli beberapa ekor lg untuk di satuin.tp stlh baca artikel ini saya jd ragu kalau beli lg takut tupainya berantem.menurut dokter,sesuai ukuran kandang trsbt apakah boleh memelihara tupainya lbh dr satu/beli lg walau waktu beli nya gak sama?

mas boleh menempatkan dua tupai terbang dalam satu kandang. ukuran kandang yang digunakan sudah bagus.... :)

dokk kalo tupaii yg saya pelihara sakit gimana sembuhinya dokk ?

coba dijelaskan lebih spesifik lagi apa penyakitnya. apa gejalanya. bagaimana bentuk fesesnya.
kalau hanya sakit aja kan saya gak tahu apa gejalanya mas... :)

Saya kan punya Sugar Glider WC cara jinakin nya gimana? Soalnya di handfeed malah di gigit tangan nya, kalo di elus dia malah bangun. Dan saya punya SG tapi udah lama gk di handle tapi dia malah galak, biar di pegang dia gigit ampe berdarah

cara mas sudah benar, cuma hanya kurang sabar aja. :)
silakan mas baca artikel saya cara menjinakkan sugar glider. search aja di bagian cari artikel...

slmt pagi Dok.... saya mau tanya mengenai makanan apa yang baik untuk tupai kelapa supaya cepat gemuk dan bobot beratnya ideal. Dan waktu pemberian makanannya itu di jam berapa saja ya..... terima kasih

silakan baca cara memelihara tupai kelapa. search aja di menu cari artikel...
waktu pemberian biasanya 3 kali sehari....

b'arti untuk makanan utama'y bubur bayi dok,walau udah dewasa ?...

iya. betul. sesekali bisa kasih buat untuk memperlancar sistem pencernaannya mas... :)

permisi dok cara mengawinkan tupai terbang gimana ya ? saya udah search dimana2 gaada
makasih

silakan baca SIKLUS HIDUP TUPAI TERBANG di blog ini... :)

Pagi dok....maaf mengganggu...saya punya tupai kelapa namanya brandi...umur sekitar 3 bulan..tiga hari ini dia kelihatan lemas..padahal nafsu makanya baik cuma dia kelihatan lemas...aku pikir dia stress dok..biasanya dia lincah..menurut dokter brandy kenapa ya dok? Mohon saranya dok...terima kasih

halo mas... :) maaf baru bales, saya abis sakit kemaren...\
iya kemungkinan stress. bisa mas pindahkan kandangnya ke ruangan yang agak sepi....\

Assalamualaikum dok mau tanya Kalo tupai terbang sy jadikan diurnal bisa tdk dok seperti yg d lakukan pada Sg.
Trim

sebenernya, bisa aja hewan nocturnal (aktif di malam hari) dijadikan diurnal (aktif di siang hari). tinggal membiasakannya aja mas. mungkin agak lama, tapi saya yakin bisa. :)

Oh ya dok sy sebenarnya sudah punya bk umur 3 bln sudah bonding, nah sy kan mau pelihara tupai terbang yg mash umur sebulan biar mudah bondingnya.. Yg ingin sy tanyakan Bagaimana sy membuat bonding antara si bk dan si tupai terbang kayak hewan2 di buku unlikely friendship itu dok hehhe.. Trims

yang paling penting adalah pendekatan dan interaksi. sering2 diajak main mas. baik di dalam kandang dan diluar kandang....
masih kabur2an gak bknya? :)

Bknya sih suka kabur suka berpetualang tp Kalo dah mlm dia balik nyariin saya .. Gag ada masalah sama bk dok.. Sy cuman takut si bk ntr menyakiti Fs kecil... Biar si bk nerima Fs sebagai temannya gimnana dok? Langkah apa yg harus saya lakukan? Bk saya baru 3 bulan kurang dok cuman dah lincah banget Kalo d poho.

nah itu udah bagus. bk memang memiliki aura yang lebih tajam kalau malam, jadi mereka cenderung lebih mudah mengenali ownernya saat malam. lanjutkan terus secara bertahap ya mas, nanti saya yakin dia bisa jinak...

untuk sementara pindahkan dulu. kandangnya pisahkan, taruh secara berdekatan (samping-sampingan). biarkan seperti itu selama 1 hingga 2 bulan. kalau keduanya akur2 saja, boleh diajak main bareng. kalau waktu diajak main gak saling serang, bisa satukan dalam 1 kandang sambil diawasi terus... :)

dok, mau nanya nih .. apakah ada penyakit yang menular dari si tupai ke manusia? makasih dok :)

ada, tapi selama kita dan si tupai bisa jaga kebersihan, gak bakalan ada masalah... :)

halo dok...
saya mau tanya, saya mempunyai 2 ekor bayi tupai terbang, untuk usia saya kurang tau namun mereka sdh membuka mata, untuk makan dan minum pun mrk bs sendiri. Sehari harinya mereka sy kasih buah2an segar spt pepaya dan pisang mrk makan dg lahap, namun suatu hari sy kasih dg bubur bayi dia tdk mau memakannya. apa tdk papa dok di beikan buah2 terus menerus tnpa konsentrat? dan apakah mereka perlu susu dok? jika perlu susu, apa susu yg harus sy berikan dok? Terima kasih :)

sebenernya kasih makan buah dan kasih minum air mineral aja udah cukup.
gak apa2 kasih buah2an terus. malah bagus kalau menurut saya.
sementara ini gak usah kasih susu dulu. :)

Apa perlu memotong gigi tuupai yang mash liar dan suka gigit dok?

tidak. dengan alasan apapun, memotong gigi tupai tidak bisa dibenarkan... :)

dok saya mau tanya,...
tupai saya qo fases'y berwarna coklat encer ya dok,
kenapa ya kira"???
trims

biasa dikasih makan apa mas?
dia masih mau makan?

saya tunggu kabarnya...

permisi dok :)
sy ingin menambah pngetahuan tentang pemeliharaan brbagai hewan, jdi maaf sy bnyk nanya di bbrp artikel blog anda hehe..

oh iya dok, di artikel ini yg sy tanyakan:
diatas ditulis buah"an diberikan 2x seminggu.. brarti dsini bubur bayi sbg makanan pokok tupai terbang ya?

saya malah seneng jika ada yang nanya.. :)

iya, betul, buah2an hanya sebagai makanan pelengkap dan pengganti saja. kalau tupainya sehat2 aja, kasih bubur bayi aja, buah kasih 2x seminggu aja. namun jika tupainya kurang fit atau sedang sakit, bisa diganti full buah2an.... agar sistem pencernaannya kembali normal.. :)

Dok mau tanya, tupai saya yg cowok suka gigitin bulunya tupai saya yg cewek sampe hampir botak nih, kira kira kenapa ya? Biasanya dikasih makan pisang sama nasi, kadang madu, fesesnya juga hitam padat kering, trims

mending pisahkan aja mas. takutnya stress itu.
ruangan tempat memeliharanya bising gak? kadang kebisingan juga bisa ngaruh...

maaf baru balas.. :(

Iya dok sementara udah saya pisahkan. Kebetulan saya taroh di ruang tamu, dan adek saya yg masih kecil suka ribut, maklum lah anak anak. Kira kira solusi yg tepat gimana ya dok? Karena kebetulan di rumah saya terkadang agak rame, trims :)

masnya merokok? kalau nggak merokok, mas bisa taruh kaus bekas pakai mas ke dalam kandangnya. gunanya agar dia bisa berlindung di dalam kaus itu dan agar dia mengenal bau tubuh mas....

kalau masnya merokok, taruh aja kaus (udah dicuci dan keringkan) ke dalam kandang, biar dia bisa menyusup ke dalam....

saran lain, pindahkan ke ruangan lain. atau mas bekap adik mas biar gak berisik, hihihihi. becanda. jangan dibekap mas. kasian gak bisa nafas, hihihihi....

Iya dok sudah saya kasih kaus di kandangnya, Alhamdulillah ga ngerokok. Oke dok kalo gitu adek saya aja yg dipindahkan ke tempat lain haha. Terima kasih dok sementara udah dipisah tupai nya, di observasi dulu perubahannya

Saya mau beli tupai terbang. Tapi ga tau tempat dan harga nya. Minta info nya

silakan datang ke pasar hewan terdekat di kota mas. :)

Klo cara mmlihara se ekor tupai yang masih nyusu gmna dok

Klo cara mmlihara se ekor tupai yang masih nyusu gmna dok

silakan baca artikel saya cara handraise sugar glider. secara prinsip sama.. :)

punten dok, maaf ganggu.
saya mau nanya tips nya biar bulu fs nya bagus dan rapi gmn yah.? apa dari makannya atau harus sering di mandikan.?
terus fs yang udah bisa di mandikan harus udah berumur berapa.?
terimakasih dok.

yang paling utama sih kebersihan kandang, mas. kalau kandangnya kotor, biasanya ngaruh juga ke bulunya.
kedua dari pakan. ketersediaan makanan dan gizinya bisa membuat bulu fs lebat.

ketiga mungkin trik. bisa mas kasih minyak ikan di makanannya, gak usah banyak2 cukup 2 minggu sekali aja...campur ke makanannya... minyak ikan buat manusia juga gak apa2. asalkan jangan minyak ikan buat unggas/burung.

Permisi dok,kalo tupai terbangnya di kasi serangga boleh gak?

tergantung serangga-nya apa. kalau jangkrik boleh. :)

Dok saya mau tnya kalau tupai terbang ini aktifnya pada malam hari atau siang hari ya? Makasih

tupai terbang aktif pada siang hari. beda dengan sugar glider yang nocturnal...

Dok mau tanya donk...saya pu ya tupai terbang dah 2minggu...awalnya fasesnya padat berwarna hitam tapi 3hari belakangan kok fasesnya berwarna cream trz kaya mencret gt...kira2 tupai saya sakit ato gmn ya dok...mohon pencerahannya...

Dok mau tanya donk...saya pu ya tupai terbang dah 2minggu...awalnya fasesnya padat berwarna hitam tapi 3hari belakangan kok fasesnya berwarna cream trz kaya mencret gt...kira2 tupai saya sakit ato gmn ya dok...mohon pencerahannya...

Tupai terbang saya kasih makan pisang dok...tapi 3hari ini fasesnya kuning agak cream trz agk encer trz dah g mau makan pisang lagi dok.trz saya beliin jeruk lokam g dimakan.saya kasih manggis dimakan dikit doanx.trz saya beliin apel fuji dimakan agk byk dok...mohon pencerakannya ada apa dengan tupai terbang saya yang saya kasih nama MAXY...

kemungkinan sakit sih ada aja. kayaknya sih karena perubahan makanan, mas.
saran saya kalau mau ganti makanan, jangan mendadak. pertama2 kasih dikit2 aja, selama seminggu. minggu berikutnya agak banyakan... gitu terus...

kemungkinan sakit sih ada aja. kayaknya sih karena perubahan makanan, mas.
saran saya kalau mau ganti makanan, jangan mendadak. pertama2 kasih dikit2 aja, selama seminggu. minggu berikutnya agak banyakan... gitu terus...

Tupai terbang saya kasih makan pisang dok...tapi 3hari ini fasesnya kuning agak cream trz agk encer trz dah g mau makan pisang lagi dok.trz saya beliin jeruk lokam g dimakan.saya kasih manggis dimakan dikit doanx.trz saya beliin apel fuji dimakan agk byk dok...mohon pencerakannya ada apa dengan tupai terbang saya yang saya kasih nama MAXY...

Bukan gt mksdy dok...saya kasih pisang awalnya lahap tapi akhir2 ne saya kasih pisang gak disentuh...saya kasih apel dimakan dikit saya kasih bubur bayi lom disentuh...sudah saya kasih minyak ikan ma madu tapi lom da perkembangan dok...mohon pencerahannya...mksh dok

Bukan gt mksdy dok...saya kasih pisang awalnya lahap tapi akhir2 ne saya kasih pisang gak disentuh...saya kasih apel dimakan dikit saya kasih bubur bayi lom disentuh...sudah saya kasih minyak ikan ma madu tapi lom da perkembangan dok...mohon pencerahannya...mksh dok

sama2, mas. seneng bisa bantu.
kabari saya kalau ada apa2... :)

sore dok, saya kemaren abis beli tupai terbang dipasar pasty jogja berumur skitar 2bln dan sdh bisa makan sendiri, saya pgn jinakin dia sampe bisa betah berada ditubuh saya sperti burung hantunya master Limbad. kemaren pas saya tanya pedagang pertama katanya jika pgn nurut sperti itu sminggu pertama tupainya di ikat dgn tali/rantai biar tdk pergi berlarian dan bisa trus berada didekat kita agar cpt terbiasa dgn kita tp disisi lain ada pedagang yg mgatakan hal tsb tdk perlu dilakukan dan cukup kita sering ajak main aja agar tupai tsb nurut trhdp kita aplg jika dirantai tupai kita bisa stres karna tdk bisa bepergian kata pedagang kedua tsb.
sampe skrg ini tupai saya msh saya perlakukan dgn sering saya ajak interaksi, dia merasa nyaman berada dipelukan tangan saya ketika dia makan dan tidur saja tp ketika ia terbangun masih sering menggigit & brusaha kabur dari saya.

saya sbenarnya pgn mencoba merantai dia dok sperti saran pedagang pertama yg saya temui dlm crita saya diatas, apalagi jk dia brusaha kabur saat brinteraksi dgn saya, saya takut ia pergi jauh kluar rumah hingga hilang mengingat pergerakan dia sdh mulai lincah serta susah ditangkap jk bersembunyi di sela2 barang dlm rumah.

mohon saran & penjelaaannya ya dok, saya tunggu. trimakasih :)

sore dok, saya kemaren abis beli tupai terbang dipasar pasty jogja berumur skitar 2bln dan sdh bisa makan sendiri, saya pgn jinakin dia sampe bisa betah berada ditubuh saya sperti burung hantunya master Limbad. kemaren pas saya tanya pedagang pertama katanya jika pgn nurut sperti itu sminggu pertama tupainya di ikat dgn tali/rantai biar tdk pergi berlarian dan bisa trus berada didekat kita agar cpt terbiasa dgn kita tp disisi lain ada pedagang yg mgatakan hal tsb tdk perlu dilakukan dan cukup kita sering ajak main aja agar tupai tsb nurut trhdp kita aplg jika dirantai tupai kita bisa stres karna tdk bisa bepergian kata pedagang kedua tsb.
sampe skrg ini tupai saya msh saya perlakukan dgn sering saya ajak interaksi, dia merasa nyaman berada dipelukan tangan saya ketika dia makan dan tidur saja tp ketika ia terbangun masih sering menggigit & brusaha kabur dari saya.

saya sbenarnya pgn mencoba merantai dia dok sperti saran pedagang pertama yg saya temui dlm crita saya diatas, apalagi jk dia brusaha kabur saat brinteraksi dgn saya, saya takut ia pergi jauh kluar rumah hingga hilang mengingat pergerakan dia sdh mulai lincah serta susah ditangkap jk bersembunyi di sela2 barang dlm rumah.

mohon saran & penjelaaannya ya dok, saya tunggu. trimakasih :)

terima kasih atas penjelasannya.
sebenernya menjinakkan tupai terbang itu sama halnya seperti menjinakkan sugar glider. silakan baca artikelnya.
standar aja sih, ajak main, kandangnya tutup pakai kaus bekas pakai yang masih bau keringat biar dia kenal bau kita. tapi jangan sesekali diikat. kalau dia masih suka kabur2an, cukup elus2 aja di dalam kandang. ajak main di kandang. handsfeed (suapi) kalau makan. itu aja...
silakan baca artikel saya yang lain...

daripada mas iket pakai tali/rantai, mending taruh kaus bekas pakai di dalam kandang. biar dia menyusup ke dalamnya sekalian biar dia inget bau masnya. sehari ganti, sehari ganti. :)

kasih kabar ya... :)

baik dok klo gtu bakal saya ikuti saran dokter sebaik mungkin biar tupai saya bisa cpt jinak sperti yg saya inginkan

makasih banyak ya dok buat penjelasannya, ini sgt bermanfaat bagi saya, bsk saya kabari perkembangan tupai saya, trimakasih dok :)

baik dok klo gtu bakal saya ikuti saran dokter sebaik mungkin biar tupai saya bisa cpt jinak sperti yg saya inginkan

makasih banyak ya dok buat penjelasannya, ini sgt bermanfaat bagi saya, bsk saya kabari perkembangan tupai saya, trimakasih dok :)

mlm dok, saya mau curhat ni hehe

tupai kesayangan saya yg saya ceritakan itu td siang mati dok, ceritanya gini:
Pagi td skitar jam 11.00 tupai saya kliatan lemas tp msh mau makan meski hanya sedikit, saya perhatikan lg ternyata kaki depan sbelah kanan agak bengkak(pikir saya akibat kemaren terjautuh karna brusaha kabur dari saya).
stelah itu tupai saya tak pindahkan ketempat yg lbh terah dibawah hangatnya sinar matahari melalui tembusan genteng kaca jd tdk terkena sinar scra lgsg karna pikir saya tupai tsb kedinginan karna kemaren sharian daerah sini hujan trus sampe nyaris tiada sinar mthari hingga mmbuat suhu skitar mnjd dingin.
bbrp saat kemudian saya putuskan untuk mmbawa tupai tsb ke klinik dokter hewan di kota klaten.

tiba disana saya lgsg menceritakan smua hal ttg perubahan kesehatan tupai saya scra mendetail.singkat cerita sang dokter memberi 2 suntikan di tupai saya dibagian kaki kanan & kiri, dokter tsb mgatakan juga memberi vaksin anti flu/pnyakit dalam mengingat kondisi tupai saya yg lemas.

setibanya dirumah bukannya lekas baikan tp kondisi tupai saya makin parah dok, detak jantung makin melambat dan selang bbrp saat sering terjadi kejang2 hingga akhirnya tupai saya mati.

yg menjadi pertanyaan saya adalah kecurigaan saat saya melihat dokter tsb menangani tupai saya dikliniknya, awal saya perlihatkan dokter tsb trsenyum (sperti org kaget & agak bingung dlm senyumannya) bgitu mlihat pasiennya adlah seekor tupai, lalu saat menangani tupai saya dr tsb jg lgsg memegang gadgetnya (seolah2 sedang searching perihal penyakit tupai saya).

jujur begitu tau tupai saya malah mati stelah diobati dari klinik dr hewan tsb saya merasa jika dokter tsb justru salah mengatur takaran dosisnya & dr tsb jg terlihat baru pertamakali menangani mamalia kecil sperti tupai.

saking sgt disayangkan atas matinya tupai saya, akhirnya sore ini jg saya lgsg ke pasar hewan Pasty jogja untuk membeli tupai terbang ditempat yg sama.

dari sini mohon penjelasan & tanggapannya ya dok mengenai perihal kecurigaan ttg matinya tupai saya tsb sblm saya lanjut lg curhatnya hehe

makasih dok sblm.nya :)

terima kasih atas ceritanya. pertama2, saya ikut sedih atas kematian tupainya mas.

yang ingin saya tanyakan, apakah si dokter hewan melihat bagian dubur, mulut dan lidah (dengan membuka mulut tupai), dan mata si tupai? apakah si dokter keliatan memegang tangan si tupai mungkin?

soal pemberian vaksin, saya kira keliru. sangat keliru. karena vaksin hanya boleh diberikan saat hewan sedang sehat. kalau vaksin diberikan saat hewan sedang sakit, malah akan membuat hewan tersebut tambah parah.....

saya jelaskan sedikit mengenai vaksin biar masnya mengerti. siapkan kacang buat cemilan. begini mas... :)

vaksin itu memperkuat daya tahan tubuh hewan dengan mengaktifkan sistem pertahanan alami tubuh hewan dari penyakit. secara alami, tubuh hewan dikaruniai sistem pertahanan tubuh dari penyakit. hanya saja, sistem pertahanan tubuh itu dalam posisi dorman (tidak aktif), dan hanya aktif saat ada penyakit.

manusia juga gitu kok mas. contohnya, mas pernah demam? panas? itu juga termasuk sistem pertahanan tubuh. kalau virus flu masuk ke tubuh kita, otomatis tubuh kita akan memanas agar virus flu mati/tidak berkembang. contoh lain, ingusan. mas pernah ingusan? kalau virus atau bakteri ada yang masuk ke hidung, otomatis kelenjar di hidung akan mengeluarkan 'pasukan antibodi' untuk memerangi bakteri itu. nah, sisa2 antibodi dan bakteri yang mati akibat peperangan antibodi vs bakteri itulah yang dinamakan ingus.

nah, apa hubungannya dengan vaksin?

tadi saya bilang bahwa sistem pertahanan tubuh hanya akan aktif saat ada bakteri atau penyakit atau virus yang masuk. nah gunanya vaksin adalah untuk mengaktifkan sistem pertahanan tubuh dari penyakit meskipun tidak ada penyakit, mas. secara tidak langsung, vaksin itu sengaja 'buat masalah' atau 'ngajak ribut' dengan sistem daya tahan tubuh biar dia aktif. makanya kan kalau anak-anak atau bayi abis divaksin kadang mereka suka panas dan demam, itu wajar karena sistem daya tahan tubuhnya lagi diaktifkan. dan bagus kok. itu artinya vaksinnya sedang bekerja maksimal...

jadi ngerti kan kenapa pemberian vaksin saat kondisi hewan sedang sakit dikatakan salah?
karena sistem kekebalan tubuh hewan sedang lemah (alias hewan sedang sakit) lalu ditambah dengan suntik vaksin, maka yang ada dia bukannya membangun sistem pertahanan tubuh, malah yang ada tambah sakit karena kondisi awalnya emang daya tahan tubuhnya sedang rapuh.

maka usahakan kalau memvaksin hewan, pastikan hewannya sedang sehat.

jadi gitu mas, ceritanya. :D

saya sendiri tidak bisa tahu ya si dokter hewan apakah dia keliru atau tidak, soalnya saya tidak tau hipotesis apa yang dia gunakan. dan lagi, saya tidak tahu tupai mas keadaannya yang sebenernya gimana. yang pasti, dari cerita mas bahwa si vet memberikan vaksin pada tupai, itu setau saya salah.

buat pengalaman aja ya mas. feel bad emang kalau peliharaan kita baru mati, dan itu wajar. makanya buat pengalaman aja ke depannya... :)

iya dok makasih buat rasa simpatik.nya

seingat saya kemaren, si dokter tdk membuka mulut tupai saya, dia hanya melihat fisik tupai saya bagian luarnya saja & si dokter jg tidak terlihat memegang tangan tupai saya yg sakit, sblm disuntik kemaren dokter jg mengujarkan klo dia mengamati tubuh luar bagian tupai saya untuk memastikan bahwa tidak ada luka selain tangan tupai saya yg bengkak tsb

oalah iya dok saya ngerti betul dgn penjelasan dokter mengenai perihal pemberian vaksin pd hewan dari cerita dokter diatas :D

dokter hewan yg menangani tupai saya kmaren menyuntikan cairan vaksin dlm jumlah yg banyak dok, meski saya tdk begitu tau ttg takaran vaksin didunia kedokteran tp saya bisa berpikir logika jika hewan mamalia kecil sperti anakan tupai harusnya diberi dosis yg tentunya sedikit pula mengingat tubuhnya yg mungil, kemaren saya perhatikan cairan dlm suntikan itu jumlahnya terlalu banyak dok dan tdk sebanding dgn tubuh tupai saya yg masih kecil & sgt kurus kerempeng

oh iya dok saya mau memborong pertanyaan nih masih perihal cara pemeliharaan tupai :D

pertama, jika tupai sdg tidak vit sperti hnya mkan sedikit, badan terlihat lemas, mata tdk bercahaya dan terlihat sayu serta agak berair(membuat kita cemas karna terlihat sakit) bagaimana kita mengatasi.nya dgn benar dok?

kedua, jika tupai diare(kotorannya tdk padat sperti biasanya) bagaimana kita mengobatinya?

yg ketiga, sbenarnya tupai terbang itu membutuhkan cahaya terang & hangat sinar matahari(berjemur) atau tidak dok untuk asupan vitamin D nya mengingat tupai terbang adalah hewan nocturnal?

saya tunggu penjelasannya ya dok, kasih saya cerita lg deh buat pengalaman & pendalaman ilmu saya ttg pemeliharaan tupai :D

makasih dok sblm.nya :)

iya dok makasih buat rasa simpatik.nya

seingat saya kemaren, si dokter tdk membuka mulut tupai saya, dia hanya melihat fisik tupai saya bagian luarnya saja & si dokter jg tidak terlihat memegang tangan tupai saya yg sakit, sblm disuntik kemaren dokter jg mengujarkan klo dia mengamati tubuh luar bagian tupai saya untuk memastikan bahwa tidak ada luka selain tangan tupai saya yg bengkak tsb

oalah iya dok saya ngerti betul dgn penjelasan dokter mengenai perihal pemberian vaksin pd hewan dari cerita dokter diatas :D

dokter hewan yg menangani tupai saya kmaren menyuntikan cairan vaksin dlm jumlah yg banyak dok, meski saya tdk begitu tau ttg takaran vaksin didunia kedokteran tp saya bisa berpikir logika jika hewan mamalia kecil sperti anakan tupai harusnya diberi dosis yg tentunya sedikit pula mengingat tubuhnya yg mungil, kemaren saya perhatikan cairan dlm suntikan itu jumlahnya terlalu banyak dok dan tdk sebanding dgn tubuh tupai saya yg masih kecil & sgt kurus kerempeng

iya, harusnya ada takaran tersendiri. tidak asal berikan saja. soal pertanyaannya mas, saya coba jawab. oh ya, sebelumnya maaf karena saya baru balas.... saya lagi otewe pulang kampung, sekarang lagi di rest area dulu bareng keluarga + errol + padma... :D 1. kalo tupai sedang tidak sehat, cukup kasih suplemen aja kayak sari kurma dan semacamnya. cek juga fesesnya karena cara termudah untuk tahu apa penyakit hewan adalah dengan cara mengecek fesesnya. kalau fesesnya mencret, berwarna cerah, berbau menyengat, ada kemungkinan infeksi bakteri. akalu fesesnya cair, tidak berwarna cerah, agak berbusa, kemungkinan keracunan dan semacamnya. 2. kalau tupainya diare biasanya bisa diliat dari fesesnya yang mencret, agak berbau, dan kadang berwarna cerah. makin mencret dan makin bau, biasanya makin parah juga. cara mengobatinya dengan kasih buah kayak pepaya dulu biar sistem saluran cernanya agak baikan. kasih air kelapa juga untuk menetralisir racun dan bakteri penyebab mencretnya... sehari2 kasih 2 jenis makanan dan minuman itu aja. jangan kasih yang lain dulu. air kelapanya bisa kasih sari kurma dikit biar ada penambah tenaga. 3. semua hewan tentunya butuh asupan kalsium dan vitamin d. namun hewan mamalia kayak tupai dan sejenisnya mendapatkan asupan vitamin d dari makanan, mas. beda kalau reptil (kura2, ular, kadal2an) mereka biasanya dapet dari sinar matahari lewat penjemuran atau lampu uvb. jadi, pastikan tupai mas dapet asupan kalsium. banyak kok makanan atau buah yang mengandung kalsium. udah pernah coba kasih telur rebus? coba aja kasih putihnya aja... :) saya tunggu kabarnya ya mas. sekali lagi maaf karena baru balas... :)

Dok saya mau nanya, klo SG di silangin sma tupai terbang bisa ga ? Mohon penjelasan nya makasih

Dok saya mau nanya, klo SG di silangin sma tupai terbang bisa ga ? Mohon penjelasan nya makasih

gak bisa karena beda family dan beda kromosom. :)

Kirain bisa dok hehe
Trus klo ciri2 tupai terbang lg birahi itu kaya gmna ?

tupai terbang yang sedang birahi biasanya lebih galak dari biasanya. :)

Trima kasih dok atas penjelasan nya, klo saya punya pertanyaan saya boleh bertanya tanya lg kan

saya malah seneng banget bisa bantu2, mas... jangan sungkan buat nanya lagi kalau ada apa2... :)

saya tunggu ya... :)

Iya siap dok trima kasih banyak :-)

Slmt mlm Dok, mau tanya Dok.
Cara menjinakkan Tupai Terbang gimana Dok ?
Kalo dipegang suka ngegigit terus Dok dan kalo dilepas dari kandang suka keluyuran Dok.
Lalu apakah benar menjinakan Tupai Terbang itu dengan memotong/menumpulkan gigi si Tupai tersebut Dok ?
Terimakasih Dok :)

salah. menumpulkan dan memotong gigi tupai gak membuat tupainya jinak. yang ada malah stress....

cara menjinakkan tupai kayaknya udah ada artikelnya, mas. coba search dlu... :)

This comment has been removed by the author.

Klo klo fs sakit obat nya apa ya ? Ciri2 nya muka nya pucat trus mata nya berair tp blum mencret pup nya, makan nya masih bagus tp
Mohon bantuan nya dok

sebelumnya maaf karena baru balas, mas. saya habis sakit. selama ini dikasih makan apa? coba kasih pepaya. minumnya kasih air madu atau air sari kurma..... :)

Iya dok lekas sembuh aja buat dokter hehe
Saya kan punya tupai terbang betina, trus saya beli jantan nya bru di rmah 3 hari dok suka di kasih makan pisang sma bubur sun, kaya nya setres efek suka brantem klo dilepas dikamar
Tp skrng yg jantan nya udah mati :(

kalo emang pas disatuin dia berantem, pisahkan aja di kandang yang berbeda.

sekarang tupai yang masih ada sehat? :)

min tupai terbang saya kok matanya merem sebelah ya? tapi yang satu lagi matanya bulat. itu kenapa ya? obatinnya pakai apa? terima lkasih sebelumnya

dia suka garuk2 matanya? matanya yang merem suka belekan nggak?

kalau 2 pertanyaan itu jawabannya iya, silakan mas baca artikel saya cara mengobati katarak pada sugar glider. penanganannnya sama kok... :)

dok,tupai saya kemarin mati,padahal udah aku kasi makan, udah tidur di bawah kain2 .. pas kainnya aku buka,udah kaku gitu

banyak sebab, mas. umur tupainya berapa?
masih bayi banget?

This comment has been removed by the author.

Dok saya baru mau memelihara tupai terbang, lebih baik saya langsung pelihara sepasang atau satu dulu dok? Dan kandang saya hanya punya satu dan ukurunnya 20×30×50. Bagaimana dok? Terimakasih dok.

langsung sepasang gak apa2, biar ada temennya.. satuin aja dalam satu kandang, mas... :)

halo dok saya punya tupai. tapi bukan tupai terbang , dan saat ini tuapi saya sedang sakit, entah kenapa ke empat kaki nya membesar dan mengeluarkan bau tidak sedap.. karena sakit itu tupai saya jadi ga nafsu makan.. apa karena jatuh daritempatt tidur. Terimakasih

bu dokter masih aktif kah? saya baru saja beli fs dipasar burung, menurut forum2 sebelah kalau beli dipasae burung itu rentan mati dok apakah benar? terus saya awalnya ga ngerti cara bonding fs , jadi sama abang2nya leher fs diiket biar jinak katanya sampe dirumah saya kasian juga sma fs nya diiket saya coba buka tapi fs nya cakar2 sama gigit2 jadi samapai saat ini iketnya blm dilepas dok saya bingung giamana ngelepasnya kalau dipakasa takut stress kalau ga dilepas juga takut stress

iya, blog ini akan terus aktif bahkan sampe saya meninggal nanti, hihihi.... beda pengurus aja kali... :D

iya, flying squirrel yang biasa dijual di pasar hewan memang rentan mati karena faktor stress dan cara memelihara yang kurang terjaga. makanya pinter2 pilih fs yang sehat: apa ciri fs yang sehat? aktif bergerak (gak murung/loyo), nafsu makan bagus (tes makan dulu), dan fesesnya/tahinya gak mencret.... itu aja dlu...
bilang sama abang2 yang jual fsnya, bahwa ngiket leher fs pake tali gak bikin fs jadi jinak. lepas aja talinya, terus taro fsnya di kandang hamster atau semacamnya... :)

wuih dokter keren semoga blognya ada penerusnya ya dok hehehe .... anyway fs saya mati dok :(((( besok saya ke abang2 dipasbur bilangin jangan pernah ngiket fs lagi , saya kapok beli hewan dipasbur lagi. har ini saya beli bk gantinya fs saya dok pertanyan tentang bk saya ada di post cara memelihara bk ya dok heheh

Dok cara mengobati tupai terbang yang diare gimana ya?, umurnya sekitar 3 bulan,akibat diare jadi susah makan dok.

tetep kasih makan, meski dikit2. dan coba makannya diganti, pake pepaya matang yang dihancurin + sari kurma.... :)

Dok cara mengobati tupai terbang yang diare gimana ya?, umurnya sekitar 3 bulan,akibat diare jadi susah makan dok.

tetep kasih makan, meski dikit2. dan coba makannya diganti, pake pepaya matang yang dihancurin + sari kurma.... :)

Permisi dok, sy perlu sdikit pertimbangan buat pelihara tupai terbang..
Prtama tupai terbang kn hewan nocturnal, jdi klo misal siang tdk bisa ksh makan kmudian dkasih makan sore harinya spulang sekolah gmna dok?
Trus sy dirumah plihara tupai kelapa, tiap hri minggu sy jemur sebentar, tupai kelapanya jd seneng, kliatan aktif stelah dijemur..
Klo tupai terbang kira2 gmna dok, penjemuran baik enggk buat dia?

meski nokturnal, tetep kasih makan di pagi hari. karena kadang mereka tetep bangun pada siang hari untuk makan, kemudian tidur lagi. kalo tupainya udah bisa makan sendiri, taro aja makanan di kandangnya, terus tinggal... :)

penjemuran bisa juga dilakukan. asalkan nggak terlalu lama. :)

Selamat malam dok,saya baru saja membeli FS tetapi waktu saya ajak main dia mengeluarkan pup yang banyak sekali,warna pupnya masih hitam sih dok tapi apakah itu karena dia stress?umur fs yang saya beli sekitar 2 bulan dan saya memberinya makan pisang tetapi dia hanya makan sedikit dan lebih banyak tidur?apakah saya salah memberinya makan?terima kasih sebelumnya dok

maaf karena baru balas, saya sakit 2 hari kemaren... :)

sekarang keadaan fsnya gimana? udah mau makan?
coba kasih bubur bayi promina aja mas. pisang bisa dikasih seminggu sekali...

kabari lagi ya..

Selamat malam dok maaf baru balas,keadaannya sehat dok sudah saya ganti bubur dok tetapi masih banyak tidur
cara agar membuatnya aktif bagaimana yah dok?terima kasih

kalau masih umur 2 bulan emang lebih banyak tidur, kok.
fokus aja ke feses dan nafsu makannya. kalau fesesnya bagus (gak mencret) dan dia masih mau makan, saya kira dia masih sehat.

jangan kedinginan, itu aja pantangannya... :)

kabari terus

Terima kasih infonya dok,membantu sekali buat pemula seperti saya

sip. mampir lagi buat baca2 ya mas... :)

tanya aja kalo ada yang ingin ditanyakan...

Selamat pagi dok,fs saya hari ini tidak mau makan tetapi dia hanya minum saja yang banyak dan fesesnya agak sedikit cair tetapi tidak mencret apakah dia sakit dok?

Dok fs saya susah bab,tetapi dia tetap mau makan dan lincah
sudah saya kasih pepaya tetapi masih susah mau keluar pupnya
itu kira kira gimana yah dok?

coba kasih ramuan kesehatan musang, mas. sama aja kok, bisa juga dikasih ke fs, biar sistem pencernannya lancar. cara buatnya ada di artikel ramuan kesehatan musang...

Assalamualaikum dok. Maaf ngganggu malam2,dok saya kan kemarin baru beli FS umur sekitar 2 bulan..Dan sampai sekarang aku kasih pepaya terus , bagus nggak dok?....Saya mau minta saran Kalo FS baru sampai Lebih baik diberi maakan Apa?....Tolong kasih info,Pemula dok,

mas bisa kasih bubur bayi sebagai makanannya. bubur bayi promina. buah bisa diberikan seminggu sekali...

Dok , saya baru adopsi tupai terbang udah mandiri , cara jinakin gmna dok ? Blm ada 24 jam dirumah , blm mau makan masih gesit bgt , dipegang juga gigit , saya di gigit sampe berdarah , mohon pencerahannya

masnya merokok gak? kalau masnya gak merokok, taro kaus bekas pakai mas di kandangnya. biar dia bisa tidur dan menyusup di dalem situ. tujuannya agar dia kenal bau tubuh mas... .... dan jangan lupa ajak main, meski cuma di dalam kandang... bebaj akja tangan mas pakai kain, terus coba elus2... :)

Dok apa kromosom BK sama FS sama ?, apa bisa di silangkan ?. Salam untuk errol sama padma

Dok apakah FS boleh makan cat food ,makanan kelinci,sama biji bijian ?

Dok pertama beli tupai terbang tupai nya itu jinak di pegang gak ngapa ngapain,tapi habis di masuk in kandang kan ada sarang nya habis masuk situ dia kalau mau tak pegang kaya bunyi bunyi mau nyerang saya dok, gimana ya dok biar tupai nya bisa jinak lagi ?

Dok saya dapat tupai terbang masih menyusu, kondisi nya tidak baik.Lengan kanan nya patah kena peluru, jadi menjulat keluar. Kalau boleh tau apa masih bisa disembuhkan? Dan bagaimana cara penyembuhan nya

kasih makan buah-buahan aja. pepaya bisa. diancurin dulu.
ada lukanya nggak? kalau emang tulangnya sampe mencuat ke luar gitu, saya sarankan sih mending bawa ke dokter hewan terdekat aja. minimal buat diperban. karena kasian.

kalau emang cuma luka doang tanpa ada disposisi tulang, rawat aja sebaik2nya. lukanya kasih betadine.

mas biasa kasih susu apa? jangan kasih susu kental manis. kasih aja susu non laktosa kayak SGM LLM.

saya tunggu kabarnya

Assalamualaikum dok, saya punya sepasang tupai kelapa,saya taruh di dalam satu kandang,kalau tupai kelapa sya kawin dan melahirkan, apakah jantan nya harus dipisahkan dengan betina? Atau dibiarkan dalam satu kandang? Mohon pencerahanya :)

silakan mas baca artikel saya SIKLUS HIDUP TUPAI, secara prinsip sama aja kok.... :)

Kalo tupai kekes disatukan dengan tupai terbang satu kandang bisa?

sebenernya sih gak masalah, cuma kadang mereka suka berantem kalo belum kenal. jadi sementara coba mas bisa satuin. terus kalo berantem, pisahin dulu. terus kalo udah dipisahin, kandangnya mas taro sebelahan biar mereka kenal. setelah 3 minggu, mas bisa coba satuin lagi...

Assalamualaikum.
Mau nanya dok saya 2 hari yg lalu beli tupai. Katanya ini tupai kekes bulu emas. Apa bener. Saya curiga ini hanya bleaching.

Assalamualaikum dok, saya punya tupai kelapa masih bayi umur 4 minggu sudah dua hari terkena diare, kalau minum susu lahap dok cara mengobatinya gimana ya dok soalnya di daerah saya tidak ada petshop

jangan dikasih susu. itu yang bikin dia mencret.
stop susunya. dan kasih bubur bayi promina aja.
bagusnya sih kasih buah sebagai makanannya. pisang atau pepaya.

Saya mau nanya dok, Tupai Terbang saya kok diem terus, padahal udah saya taruh di tempat sepi

dia masih mau makan? coba sering ajak main...
fesesnya gimana? mencret nggak?

coba minumkan air kelapa muda, mas....


Silakan upload gambar.