Cara Pangkur Gigi Musang | Drh. Fira Sovica

Menumpulkan atau memangkur taring musang boleh dilakukan jika musang masih buas atau tidak segan melukai pemilik. Maksud atau tujuan memangkur taring musang adalah demi keamanan pemilik musang dalam menghandle musang.
Meskipun demikian, memangkur taring musang tidak bisa dilakukan sembarangan.

Cara memangkur gigi musang

yang salah akan membuat rahang musang terluka yang mengakibatkan musang menjadi stress dan akhirnya mogok makan dan mati.

Perlu saya ingatkan bahwa memotong gigi musang sebaiknya tidak dilakukan samasekali. Bagi anda yang memang tidak mau digigit musang saat memelihara musang, ada baiknya anda jangan memelihara musang samasekali. Sejinak apapun musang, dia pasti gigit. Dan ini memang sudah nalurinya begitu.
Cara Pangkur Gigi Musang
Image taken from facebook.com
Memangkur taring musang hendaknya dilakukan oleh orang yang sudah berpengalaman dalam memangkur musang. Akan lebih baik lagi jika anda memangkur taring musang di dokter hewan. Selain menjamin keamanan, memangkur taring musang di dokter hewan akan menghindarkan musang dari stres saat dan sesudah dipangkur.
Biaya pangkur gigi musang di dokter hewan berkisar antara Rp. 150.000 hingga Rp. 300.000, tergantung dokter hewannya. Biaya tersebut biasanya sudah termasuk obat-obatan atau perawatan pra-pangkur, termasuk biaya pembiusan lokal oleh dokter hewan.
Saya sendiri menyarankan agar anda melakukan pangkur taring musang di dokter hewan dan saya tidak menyarankan untuk memangkur taring musang selain di dokter hewan. Semoga artikel ini bisa menjadi acuan bagi anda yang mencari informasi mengenai cara memangkur musang atau

cara pangkur gigi musang

Komentar, saran, dan kritik bisa ditulis di kolom komentar dibawah ini. Terima kasih. (FS)

141 Responses to "Cara Pangkur Gigi Musang"

  1. Dok sya mau tanya, tp sebelumnya sya mau berbagincerita nih, kmrn sore sya coba handle bintu sya, dan ternyata dia mulai stres, tangan sya di gigitnya, untungnya sya pke glove dan itupun tembus, dan sangat di sayangkan teman sya mencoba memegang tanpa pengaman hasilnya jarinya di gigit sampai dagingnya keluar, oleh sebab itu sya memuTuskan untuk memangkur giginya, usia bintu sya 2 tahun, apa masih bisa di pangur dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih kok, masih bisa dipangkur. sebaiknya dilakukan di dokter hewan terdekat agar bisa mendapat perawatan pasca pangkur.... jari saya dlu nyaris putus digigit musang bulan mas, sampai dioperasi malah. tapi tetep saya rawat, dan akhirnya toh dia jinak total. sayangnya sekarang diadopsi ama keluarga di luar kota.... :)

      Delete
    2. Dok musang saya sdh say pangkur gtu apakah ad efek lain tdk?

      Delete
    3. ada luka di gusinya? kalo gak ada luka, biarin aja mas... :)

      Delete
  2. Ternyata cerita dokter lebih memgerikan, jdi bisa aj ya d pangkur, rencana emang di dokter hewan, itu di tumpulin di potong pendek atau yg tajamnya aj d hilangin, biasanya berapa lama proses penyembuhannya, sama biayanya, maaf ni mau tau aj sih, heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo di dokter hewan sih gak lama. paling 3 atau 5 hari udah sembuh. biayanya murah, gak sampe 200rbu. beda-beda sih, tergantung siapa dokter hewannya. kalau binturong, lebih baik telepon dulu. bilang sodara mas punya binturong dan mau dipangkur, kira2 boleh gak. jangan ngaku bahwa itu binturong milik mas, soalnya bintu termasuk hewan dilindungi....

      kalau mau lebih murah, mas bisa gabung ke komunitas musang lover di kota mas. ikut gathering, dan tanya apakah mereka bisa pangkur gigi bintu atau tidak. memang tidak dilakukan oleh dokter hewan, tapi mereka punya pengalaman dalam pangkur hewan.....

      saran terbaik saya tetap di dokter hewan.... silakan lihat postingan bulan oktober kemarin untuk melihat daftar alamat dan nomor telepon dokter hewan terdekat....

      Delete
    2. Iya rencana sih gitu, saya bilang punya saudara, takutnya sih di sita heheheh, iy nih sya coba telp aj deh nanti

      Sya emang udah ikut komunitas, tp teman2 gk ad yg berani megang karna insiden kemarin, sama jga gk ad yg bisa pangkur bintu,

      Oh ad postingannya ya nanti sya coba liat, trimakasih dok ya infonya

      Delete
    3. bintu emang sifatnya lebih keras dari musang, jadi harus ekstra sabar. mas lokasi dimana??

      Delete
    4. Sya di banjarmasin dok, Yg jdi masalah mbawa bintuny aj sih, gmnnya, soalnya jdi galak, apa harus di bius dlu untuk mbawa dok, pke ap bagusnya

      Delete
    5. gak usah dibius, kasian. minta tolong aja ama anak grup yang pernah punya bintu buat bawa ke dokter.....
      bisa kasih saya fotonya?? share aja di hangout googleplus... saya tunggu

      Delete
    6. Oh gitu oke dok, nanti sya share, ditunggu aj ya

      Delete
  3. Dok mau tanya, emang kalo musang kalo pindah tangan jadi galak ya dok soalnya kemaren saya beli dari tangan pertama jinak banget tapi setelah saya beli dan pelihara ko' malah galak ya tolong infonya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, memang butuh beberapa hari agar dia adaptasi dengan lingkungan barunya.
      silakan mas baca menjinakkan musang, search di menu cari artikel diatas...

      Delete
  4. Biaya untuk pangkas taring kira2 brp ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung dokternya pasang tarif berapa. tapi biasanya berkisar antara 150rbu hingga 250rbu... :)

      Delete
    2. coba mas search di menu di atas sana pake kata kunci alamat dokter, di sana ada nomor telepon dokter hewan terdekat ke rumah mas....

      Delete
  5. Apa gigi musang yang di potong dengan pemotong kuku bisa berbahaya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kira2 kalau mas potong gigi mas pakai gunting kuku kira2 sakit gak? huehehehe.
      gunting kuku sudah didesign sesuai dengan bentuk kuku manusia, tentu tidak sesuai dengan bentuk rahang dan gigi musang. akibatnya tentu berbahaya, mulai dari luka di rahang musang dan lain sebagainya.
      salam......

      Delete
    2. kira2 kalau mas potong gigi mas pakai gunting kuku kira2 sakit gak? huehehehe.
      gunting kuku sudah didesign sesuai dengan bentuk kuku manusia, tentu tidak sesuai dengan bentuk rahang dan gigi musang. akibatnya tentu berbahaya, mulai dari luka di rahang musang dan lain sebagainya.
      salam......

      Delete
    3. Udah terlanjur di potong dok.trus gimana??.mohon saran nya

      Delete
    4. beli aja obat penghilang rasa sakit. namanya paracetamol. beli di apotik terdekat.
      satu tablet paracetamol, potong jadi 3 bagian, ambil satu bagian, tumbuk hingga halus, lalu aduk bersama minuman si musang.... :)
      satu hari satu bagian... :)

      Delete
  6. Di campur susu nggak papa dok.soalnya maunya itu minum susu

    ReplyDelete
    Replies
    1. ebih baik jangan. air mineral aja.
      kalau dia tidak mau, bisa dibantu pake pipet atau suntikan....

      Delete
  7. lebih baik jangan. air mineral aja.
    kalau dia tidak mau, bisa dibantu pake pipet atau suntikan....

    ReplyDelete
  8. Replies
    1. oke... kalau mau konsultasi, mas bisa via blog ini... :)

      Delete
  9. Dok saya mau tnya nie. Muspan saya tiba" jadi agresif bgt yah pdhal dlu dia jitot bgt. Sya adopsi umur up 2bln. Dan skrng kurng lbh umur na 9blnan. Dia slalu gigit apa yg ada di dpn mata na. Kaya sya mau lulus kpla na dia lngsng serang.dan belum lama saya coba gendong di pundak dia langsng gigit kuping sy smpe berdrh pdhl dlu gak sprti ini. .Ini sebab na apa yah dan gymn biar musang sya bsa jitot lagi

    ReplyDelete
  10. Muspan sya betina . Smjk itu musang sya jaraang mainin dan jrang sya ajah bwa keluar dan saya kurung terus takut membhaya kan yg mau pegang . . Maksi dok minta solusi nya yah dan apa harus di potong gigi nya biar dia gak gigit"

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada banyak kemungkinan musang tiba2 jadi galak: stress, sakit, kurangnya interaksi dengan si musang, dll. kebanyakan sih karena si musang hanya di pelihara di dalam kandang saja, tidak pernah diajak main keluar kandang....

      sebaiknya saat dia menyerang, mas jangan takut. terus saja handle. luka2 adalah hal wajar karena musang memang hewan buas.... kalau tidak mau terluka, lebih baik tidak memelihara musang... :)

      iya, bisa mas pangkur taringnya. :)

      Delete
  11. pagi Dok, mohon infonya Dokter Hewan yg bersedia utk pangkur musang kesayangan saya di daerah jaksel karena beberapa dokter hewan yg saya tanya by phone tidak bersedia untk pangkur.
    Terimakasih banyak responnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau, silakan mas gabung ke komunitas pecinta musang di sekitaran bekasi, depok, jakarta. biasanya mereka ada yang mau pangkur musang... :)

      Delete
    2. Terimakasih banyak Dok sarannya, sebelumnya sy sudah pernah gabung dg komunitas musang..
      Apakah di komunitas tersebut Dokter jg yg melakukan pangkur?
      Apa efek nya Dok jika pangkur dilakukan oleh bukan ahlinya?
      Trims Dok..

      Delete
    3. tidak. saya tidak gabung ke komunitas manapun.
      setidaknya, mereka sering melakukan pangkur musang. pangkur saja, nanti saya kasih resep obat setelah pangkur musangnya... :)

      Delete
  12. oh artinya belum tentu dokter yah yg pangkur di suatu HB komunitas musang, bisa jadi para muvers yah.. baik Dok, terimakasih banyak infonya dan jika sudah di pangkur barangkali bs dibantu share obat pasca pangkur hhehe.. jgn bosen ya Dok. Trims :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. baik mas. kabari saja kemari jika sudah dipangkur... :)

      Delete
  13. Bu mau tanya musang saya jd gk nafsu makan akibt di pangkur. TakuT infeksi di rahang. Nah obat y itU apa yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas pangkur dimana? di dokter hewan? biasanya langsung diberi obat.
      kalau memang tidak diberi obat, silakan beli amoxicillin ke apotik. bentuknya tablet. satu tablet dipotong jadi 3 bagian sama besar. diambil 1 bagian, tumbuk, lalu campur dengan 4 gelas air. lalu beri madu. taruh saja di kandang.... :)

      Delete
  14. Saya kecewa dengan postingan ini!!!
    Saya selaku pecinta musang tidak setuju dengan cara memangkur musang, karena itu dapat menyiksa musang tersebut, karena walaupun menggunakan bius dan anti nyeri tetapi nantinya tetap saja akan menyiksa dan mengganggu. Dan gigitannya bisa jadi lebih menekan ke tubuh kita. Tolong jangan egois, kalo takut sama gigi nya lebih baik tidak usah pelihara musang galak. Di release aja musangnya terus beli yg jinak total / baby. Bayangkan kalau gigi anda di pangkur! Gimana rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya setuju dengan pendapat mas: kalau tidak mau digigit, gak usah pelihara musang karena sejinak apapun musang pasti gigit, betul begitu mas?

      namun saya harapkan, mas kalau baca sesuatu, jangan hanya baca judulnya. baca dulu juga isi artikelnya. kalau sudah baca artikelnya, baru deh komentar. :)

      Delete
  15. Sekali lagi, jangan pangkur taring musang!!!
    Kalo takut di gigit jangan pelihara musang karena musang hewan liar yg di jadikan peliharaan!!!
    Ajarkan lah ilmu yg baik kepada masyarakat, jangan sebaliknya,.
    STOP PANGKUR TARING MUSANG!!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas sarannya. :)
      namun saya harapkan, mas kalau baca sesuatu, jangan hanya baca judulnya. baca dulu juga isi artikelnya. kalau sudah baca artikelnya, baru deh komentar. :)

      baca dulu artikelnya baik2 ya mas. :)

      Delete
  16. Dok, klo pangkur gigi muspan bagus.a umur berapa?.. thank's.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dia sudah menggigit dan gigitannya fatal, bisa dipangkur tapi konsultasi dulu dengan dokternya. kalau memang dia hanya mengigit biasa, lebih baik gak usah dipangkur... :)

      Delete
  17. Bagus,Pintar,cantik,Ramah, sukses dan sehat selalu dokter cantik :)

    ReplyDelete
  18. Saya yg kmrn beli dr tngn pertama jinak tp di saya dia nya galak..n menggigit dok..
    smpe robek smua tngan..pdhal umrnya bru 4 bulan..d rmh uda 1 pekan..kira2 untk adaptasi butuh brp lama...

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung musangnya. ada musang yang emang karakternya galak kepada owner baru, ada juga yang emang mudah menerima org baru.
      berapa lama masa adaptasi? balik lagi ke karakter musangnya tadi mas. tapi sekurang-kurangnya, minimal 2 minggu. kalau yang susah menerima owner baru, bisa lebih dari 1 bulan.

      mungkin dia jinak ke owner lamanya karena dia sudah imprint dengan owner lamanya, mas, sehingga saat dipindah tangankan dia jadi galak.... silakan mas baca artikel saya imprint pada musang... :)

      Delete
  19. Dok untuk gigi bagian belakang musang ap bisa d pangkur...mhon info nya dok.. krna gigi nya mengigit melukai ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang boleh dipangkur hanya taringnya saja. gigi lain tidak boleh bahkan saya melarang.... :)

      Delete
    2. Tnya lg dok...kalobulu ekor muspan nya rontok...gmn pnanganan nya

      Delete
    3. kandangnya dijaga kebersihannya?? dia suka menggaruk2 bagian ekor?
      kalau tidak, cukup oleskan minyak kemiri ke bagian ekor. satu kali seminggu aja. lengkapnya, silakan baca artikel cara mengobati musang yang rontok bulunya atau cara mengobati musang hairloss... :)

      Delete
  20. Tnya lg dok...kalo muspan nya kan msh gigit cara mandiin nya gmn ya biar bsa d beri sabun...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masih gigit, dimandikan di dalam kandang aja.
      jadi langsung siram pakai air. lalu mas lapisi tangan mas dengan kain atau sarung tangan tebal, mas buka pintu kandangnya, mas tarik keluar ekornya (badannya masih di dalam kandang) lalu mas sampoin deh pakai tangan satunya lagi.... ya kalo digigit wajar, namanya juga musang. bukan ikan mas koki. hihihi... :D

      Delete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. Dok, saya newbie baru adopsi musang umur 2 bulan masih belom jinak. Tp kok gak mau makan ya, saya kasih makan pisang gak mau, tersedak trus dimuntahin, pdhl pisangnya udh saya lembekin. Apa dia masih stres? Mohon sarannya dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak sebab sebenernya yang menyebabkan musang tidak mau makan.
      dia kelihatan muram? kalau mbak kasih makan pisangnya malam, dia mau makan?
      coba tanya juga ama ownernya yang lama biasa dikasih makan apa. mungkin belum terbiasa.bisa mbak kasih bubur bayi juga di kandangnya kalau malam... taruh aja di wadah, buat agak kental (jangan terlalu encer), taruh wadahnya di dalam kandang, kemudian tinggalkan... mungkin emang wataknya pemalu... :)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Lincah sih gak muram, mau makan cuma sekali dua kali doang abis itu gak mau lagi. Kata owner yg dulu di kasih pisang sm bubur sun, saya kasih pisang malah tersedak, terus saya kasih bubut sun tetep gak mau makan. Apa dia masih stres dok? :(
      Malem juga sudah saya kasih, tp tetep gak dimakan juga dok :( kadang saya kasih minum/makan suka batuk2 jd makanan yg dimakan dikeluarin lg sm dia, itu knp ya dok? Apa dia sakit?
      oiya dok, mau sekalian tanya musang itu hrus wajib di vaksin apa enggak sih dok?

      Delete
    4. coba tanya ke ownernya bisa kasih makan gimana.
      mbak juga bisa cek fesesnya dan baca artikel saya cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya.....

      tebakan saya sih musangnya biasa disuapi (dipipet) kalau makan, jadi dia sekarang gak mau makan kalau hanya disodorkan. gak apa2, jangan mbak pipet, justru mbak harus ajarin dia makan sendiri...

      dia usah bisa makan sendiri?
      kandang di dalam ruangan atau di luar ruangan? suhu ruangan hangat atau dingin?

      musang bisa divaksin di usia 8 bulan ke atas.... kalau dibawah itu, belum boleh.

      saya tunggu kabar selanjutnya... :)

      Delete
    5. Kata ownernya sih dikasih makan biasa aja, tp pas setelah berpindah tangan sm saya jd mogok makan. Kalo dr feses sih biasa gak mencret gak berbau juga, padet dn berwarna pekat.

      Kalo skrg ini saya kasih makan dia emng pake pipet, habis di taruh gitu aja dia gak mau makan malah di acak2 makanannya.

      Kayaknya sih udh dok tp ya gitu cuma sekali dua kali abis itu seharian gak makan gak minum, yaudah jadi saya paksa makan/minum pake pipet deh, kasian liatnya gak makan2 :(
      Kandangnya saya tarus di luar ruangan (teras rumah) dok

      Delete
    6. Kata ownernya sih dikasih makan biasa aja, tp pas setelah berpindah tangan sm saya jd mogok makan. Kalo dr feses sih biasa gak mencret gak berbau juga, padet dn berwarna pekat.

      Kalo skrg ini saya kasih makan dia emng pake pipet, habis di taruh gitu aja dia gak mau makan malah di acak2 makanannya.

      Kayaknya sih udh dok tp ya gitu cuma sekali dua kali abis itu seharian gak makan gak minum, yaudah jadi saya paksa makan/minum pake pipet deh, kasian liatnya gak makan2 :(
      Kandangnya saya tarus di luar ruangan (teras rumah) dok

      Delete
    7. Kata ownernya sih dikasih makan biasa aja, tp pas setelah berpindah tangan sm saya jd mogok makan. Kalo dr feses sih biasa gak mencret gak berbau juga, padet dn berwarna pekat.

      Kalo skrg ini saya kasih makan dia emng pake pipet, habis di taruh gitu aja dia gak mau makan malah di acak2 makanannya.

      Kayaknya sih udh dok tp ya gitu cuma sekali dua kali abis itu seharian gak makan gak minum, yaudah jadi saya paksa makan/minum pake pipet deh, kasian liatnya gak makan2 :(
      Kandangnya saya tarus di luar ruangan (teras rumah) dok

      Delete
    8. Kata ownernya sih dikasih makan biasa aja, tp pas setelah berpindah tangan sm saya jd mogok makan. Kalo dr feses sih biasa gak mencret gak berbau juga, padet dn berwarna pekat.

      Kalo skrg ini saya kasih makan dia emng pake pipet, habis di taruh gitu aja dia gak mau makan malah di acak2 makanannya.

      Kayaknya sih udh dok tp ya gitu cuma sekali dua kali abis itu seharian gak makan gak minum, yaudah jadi saya paksa makan/minum pake pipet deh, kasian liatnya gak makan2 :(
      Kandangnya saya tarus di luar ruangan (teras rumah) dok

      Delete
    9. mungkin lebih baik sementara ini taruh di dalam ruangan.
      kalau memang dari fesesnya baik2 saja, mungkin hanya masalah penyesuaian tempat aja. dia belum terbiasa dengan tempat barunya. kalau dia sudah bisa makan sendiri, gak usah dipipet. taruh aja makanan di kandangnya. kasih aja buah2an kayak pisang lampung yang dipotong2 kecil di dalam wadah. taruh aja di dalam kandangnya.... :)

      biasanya kalau musang udah lapar, nanti juga dia makan.... oh ya, taruh juga air gula di dalam kandangnya. ati2 disemutin, jadi disekitar kandang digoreskan kapur semut aja... :)

      sehat selalu... :)

      Delete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. Replies
    1. saya praktek di salahsatu rumah sakit hewan di jabodetabek.
      tadinya buka praktek di rumah, ada klinik, tapi karena sering ditugasin ke luar kota, akhirnya dibuatlah web ini buat mengakomodir pelanggan saya yang dulu sering ke klinik, hihihihi....

      Delete
  25. Dokter , saya boleh minta kontak dan alamat dokter untuk tanya2 masalah musang saya. Dan dokter bisa pangkur musang saya ga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya di bogor, jawa barat. sementara kontak via blog ini aja mas karena saya lebih sering keluar kota, ditugaskan oleh rumah sakit hewan tempat saya bertugas... :)

      Delete
  26. Malam dok..kita newbie br adopt muspan jantan sptnya kurang dr 2bln krn gigi dan kukunya blm tajam.
    Umur brapa bs dipangkur? Krn yg suka anak2 saya takut malah bahaya kl telat pangkur

    ReplyDelete
    Replies
    1. perlu saya tekankan bahwa musang sebaiknya dihindari berinteraksi dengan anak kecil.
      kedua, pangkur pada musang sebaiknya juga dihindari kecuali memang dalam keadaan terpaksa...
      kalau toh mau dipangkur, lalukan saat umur musang sudah diatas 6 bulan... :)

      Delete
  27. Dok, sy mau cerita dikit, sy kan udah ninggalin muspan sy 3 hari y dok, waktu sy plang musang sy susah makan, stlh sy cek ternyata gigi muspan sy dipotong sm bpk sy, pertanyaannya gimana y dok cr ngobatinnya?.. Mksih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas beli obat yang namanya amoxicillin di apotik. bentuknya tablet. satu butir potong jadi 3 bagian sama besar, tumbuk, lalu larutkan dengan segelas air, dan kasih ke musangnya sekali sehari. gak sampe habis airnya gak apa2....

      Delete
  28. Dokter sya mw tanya.
    Sya ad bintu jinak.
    Tpi klo bcanda am sya malem2 sehabis sya pulang kerja kadang gigit sya ampe berdarah.
    Kondisi bintu sya freeroom usia 1,7 thn skrg.
    Klo dipangur aman g dok buat dia.
    Sya g mw bintu sya kesakitan sesudah'a.
    Trima kasih dokter sebelum'a.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sebenernya gak merekomendasikan hewan apapun untuk dipangkur.
      kalau toh mau pangkur, sebaiknya dilakukan di dokter hewan yang sudah berpengalaman. sekalian minta obat buat bintunya pasca dipangkur...

      Delete
  29. Dok, Jual muspan di depok nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan gabung ke grup jual beli musang di facebook atau baca artikel saya penjual musang terpercaya. cari di bagian cari artikel...

      Delete
  30. Dok, Jual muspan di depok nggak?

    ReplyDelete
  31. Dok, Jual muspan di depok nggak?

    ReplyDelete
  32. Dok mau tanya donk..klo u pangkur gigi musang d daerah jakarta selatn dmn y...minta no tlpon ny jg..biar dpt sya hbngi..mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan cari artikel alamat dan nomor telepon dokter hewan jakarta. cari di bagian cari artikel...

      Delete
  33. dok saya mau tanya dikit ?
    gimana cara JINAK TOTALin MUSPAN usia 3 bln-4bln ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya jinak total = gak gigit samasekali, gitu?
      silakan baca artikel saya cara agar musang tidak gigit

      Delete
  34. Dok.. saya baru adopsi muspan usia sekitar 8bulan. Jinak dan jenkel wanita... ciri kalo musang masuk fase birahi gimana yaa dok..???thanks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan mas cari dibagian search: ciri musang birahi

      Delete
  35. assalamuallaikum...dok saya mau tanya, apa ada efek negatif pada karakter musang yg di pangkur? soalnya saya denger klo musang yg d pangkur wlpn giginya bsa tumbuh lagi d usia 8bln - 1thn tpi d usia 1th up si musang suka jdi bego atau kya orang dongo

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang ada mitos kayak gitu. cuma kalau menurut saya tidak seperti itu persis juga.

      perubahan perilaku pada musang yang dipangkur sih bisa aja terjadi. namanya juga disakiti kan, bahkan manusia pun kalau disakiti kadang merasa trauma, kan mas? begitu juga musang.

      jadi perubahan perilakunya lebih ke traumatik aja. :)

      Delete
    2. oh gtu ya dok cuma trauma aja, klo bwt d breeding gk ngaruhkn dok?
      trus satu lagi dok klo musang yg gatot (galak total) bwt d breeding bsa gk, apa harus yg jinak? soalnya kata temen klo yg galak sring yg gagal, maaf dok banyk tanya soalnya lagi tertarik pada musang n ingin coba breeding...makasih atas jawabannya dok

      Delete
    3. tergantung seberapa parah traumanya sebenernya, namun biasanya untuk breeding gak ngaruh sih selama musangnya normal (bukan homo). karena saya barusan aja nemu kasus musang jantan yang kawin ama musang jantan..... kita semua harus cepet2 tobat kayaknya mas.... kalo musang dah banyak jadi homo, kiamat dah deket berarti... :D

      mending gini aja. mas silakan baca artikel saya cara mengawinkan musang. banyak juga artikel lain yang berkaitan dengan cara mengawinkan musang.... :)

      Delete
  36. Hy bu dokter, yudha mau nanya nih kalo gigi musang yang sudah dioangkur dia bakal tumbuh lagi ga ya? Makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bisa tumbuh lagi. tapi tumbuhnya dari bawah ya mas, dari bawah gigi. bukan 'ngelanjutin' yang udah dipotong... :)

      dan agak lama sih, tapi pasti bisa kok...

      Delete
  37. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  38. Bu dokter mau tanya
    Klau taring musang dipangkur didokter hewan,itu menggunakan alat apa khusus untuk musang atau digunakan untuk (dogi)jg
    Dan apakah dogi bisa dipangkur jg,,mohon penjelasanya ,,trimakasih bu dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya menggunakan alat yang sama dengan yang digunakan pada doggy. iya, doggy juga bisa dipangkur dengan syarat tertentu, misalnya membahayakan. :)

      Delete
  39. Owwhh gitu yaaa..okk deh mba mkasihh yaa informasinya..tapi rata rata dogi dipangkur g mba??

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak, rata2 doggy gak dipangkur. kalau ada case khusus aja mas... :)

      Delete
  40. Owhhh,,,jarang y bu dokter,,perbedaan pangkur amatir sm dokter gimna tuhh,,dilihat dari fisik gigi hewanya?bisa dijelaskan,,maaf sbelumnya sy bnyak tnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya pangkur yang dilakukan sama yang bukan dokter hewan sama yang dilakukan dokter hewan? banyak. diantaranya kalau di dokter kan dikasih obat. karena jujur aja, pangkur sebenarnya sangat beresiko dan bisa membuat hewan itu stress. kalau dilakukan di dokter hewan kan mereka punya kaidah tertentu yang harus dilakukan dalam teeth trimming...

      Delete
  41. Bu dok mau tanya lagi donk
    Klau suntikan bekas vaksianasi itu sekali pakai atau berkali kali/entah itu untuk jenis hewan berbeda atau yg sm

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang mas suntik musang sendiri? :(
      kalo dokter hewan sih biasanya udah ngerti, mas... mereka pasti tahu apa yang harus dilakukan dengan suntikan bekas pakai...

      Delete
    2. Engga pernah dok
      Cuma sy pngen tau aja
      Sy jg blom pernah kasih vaksianasi musang sy
      ,klau misalkan didokter hewan pasti dignti kan ya dok,trus digntinya apa cuma jarumnya,atau smuanya,,mkasih bu dokter

      Delete
  42. kalau di jakarta, mending ke RS hewan daerah ragunan, mas... :)

    ReplyDelete
  43. dok saya mau tanya.. ini kan musang saya masih sekitar 4 bulan apa sudahbisa dipangkur? kalau saran doketer lebih baik di pangkur atau tidak ya? soalnya dia kalau ajak main tuh mensti ngincer tangan sama kaki dok.. takutnya kalo sampe besar dia masih suka main gigit2 kan nakutin ya dok,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. saran saya, mending jangan dipangkur. mas. kasian.
      itu saran saya aja loh ya. kalau mas tetep ngotot pengen pangkur, silakan hubungi dokter hewan terdekat... jangan pangkur sendiri...

      Delete
  44. dok saya mau tanya.. ini kan musang saya masih sekitar 4 bulan apa sudahbisa dipangkur? kalau saran doketer lebih baik di pangkur atau tidak ya? soalnya dia kalau ajak main tuh mensti ngincer tangan sama kaki dok.. takutnya kalo sampe besar dia masih suka main gigit2 kan nakutin ya dok,,

    ReplyDelete
  45. Dok mau tanya,, kalo musang udh di pangkur dari kecil gitu,, saya kan beli umur 3 bulanan,, kira2 numbuh nya lagi berapa lama ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau umur dibawah 5 bulan, agak cepet sebenernya tumbuhnya.... biasanya umur 6 bulan udah lengkap lagi.... :)

      Delete
  46. saya membeli musang dengan keadaan taringnya sudah terpotong. musang tersebut jadi tidak nafsu makan, apa solusinya supaya musang tersebut doyan makan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana keadaannya?
      coba kasih makanan yang lembek2 dulu, kayak bubur bayi dan buah pisang yang dipenyetin... :)

      Delete
  47. Dok saya punya musang pandan umur 3 bulan, dibagian buntut nya botak dok. Lalu di bagian punggung ada bekas luka saya juga ga tau itu luka bekas kenapa. Bagian tubuh yang mengalami kebotakan bisa tumbuh lagi ga dok? Lalu bekas luka itu bisa lekas hilang ga dok? Makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk kebotakannya, bisa tumbuh lagi kok selama mas jaga kebersihan badannya. makannya gimana? normal? coba cek artikel saya, cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya...

      bekas lukanya masih basah? kalau masih basah, kasih betadine aja biar cepet kering...

      kabari terus

      Delete
  48. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  49. AM
    dok kalo mau pangkur gigi otter itu bisa ga ya dan dokter mana yang sudahh berpengalaman dengan otter lokasi jakbar
    atau ada alternatif lain untuk mmenumpulkan taring otter

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, saya kurang tau deh, hehehe.
      dan kalo boleh saya saran, mending jangan dipangkur, mas. kasian. rentan stress juga. tapi terserah mas juga sih, hihihi....

      mas gabung aja ke komunitas, tanya mereka tentang dokter hewan yang bisa pangkur gigi otter... :)

      Delete
    2. ok makasih dok
      satu lagi, misalkan saya ingin menghibah hewan ke pihak ragunan cara dan syaratnya itu gimana ya dok?

      Delete
    3. mas bisa langsung telepon ke pihak ragunannya biar lebih jelas. :)

      Delete
  50. Assalamualaikum dok
    Saya mau konsultasi, piaraan saya musang Pandan 1 Bulan yang lalu sempat hilang dan ditangkap orang trus ternyata keempat taring nya di pangkur dok sama yang nangkep. Sekarang kondisi nya oke, tapi di tempat bekas taring yang dipangkur ada titik hitam nya dok keempat2 nya,, saya takut nanti gigi nya busuk,, apa bisa dicegah dok? Dengan mengatur makanan nya,, atau harus dibawa ke dokter hewan ya dok??
    Terima Kasih banyak dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya mau menambahkan muspan saya usianya 4 tahun dok

      Delete
    2. sebelumnya maaf karena baru balas.
      untuk mencegah infeksi dan pembusukan pada rahangnya, coba nanti mas beli amoxicillin 500mg di apotik, satu tablet mas potong jadi 5 bagian sama besar, terus kasih 2 sendok teh air. aduk. minumkan ke musangnya sehari sekali.

      dia masih mau makan? saya tunggu kabarnya.

      Delete
    3. Kalau untuk makan masi bagus dok, ngga ada perubahan dari yang lama,, mungkin karna baru awal ya dok jd gigi nya blm sakit,,
      Untuk amoksilin nya itu diberikan untuk berapa lama ya dok?
      Lalu untuk mencegah agar kerusakan gigi nya tidak bertambah parah bagaimana ya dok? Apa ada cara agar titik hitam nya itu hilang dok? Terima Kasih banyak dok atas tanggapannya

      Delete
  51. dok mau nanya nih umur berapa gigi musang nggak tumbuh lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya sih setelah dewasa ya mas. sekitar umur 8 bulan keatas, gigi musang berhenti tumbuh (gigi permanen)...

      Delete
  52. dok, mau tanya punya referensi drh diwilayah tangerang or jakbar gak yg bisa pangur gigi musang? klo ada sy minta contact personnya. thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, saya kurang tau mas. coba gabung aja ke grup pecinta musang wilayah tangerang di facebook. mungkin mereka punya referensi... :)

      Delete
  53. Maaf Dok mau tny, saya punya musang pandan jantan (usia -+3bln), betina (usia -+2,5bln) dan musang akar borneo betina (usia -+2,5bln) dari ketiga musang ini,klo gigit (becanda/marah) yg terparah adalah musang akar saya,gigitanya tajem,dalam dan pasti berdarah tangan saya.Apakah boleh Dok saya pangkur giginya,mengingat anak-anak saya kadang jg pengen pegang musang tersebut.mksh Dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mas minta saran saya, saya sarankan mending jangan. jangan dipangkur, dan jangan biarkan anak2 mas main sama musangnya....

      tapi terserah masnya juga.kalo toh misalnya mas mau pangkur, lakukan di dokter hewan terdekat yang bisa pangkur gigi musang...

      Delete
  54. Dok...saya ada dua muspan...yg satu umur 7 bln kalo gigit bcnda kagak sakit cuma nyeri aja....yg satunya muspan ekput umur 3 bulan kalo gigit bcnda pasti sampe berdrah...saya udah membiasakan diri selama seminggu tapi kok tetep berdarah ya kalo gigit gigit gemes...ada saran?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah berapa lama pelihara, mas?
      berdarahnya sampe ngocor gitu atau cuma titik?

      ya gimana lagi ya mas, emang udah resikonya begitu. paling bisa mas jinakin aja. mungkin mas bisa baca artikel saya CARA AGAR MUSANG ANTENG

      Delete
  55. gigi taring musang seperti dipangkur dan ada titik hitam di atasnya. perlukah saya risau?

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama gak ada efek lain seperti dia susah makan dan fesesnya mencret tanpa sebab yang jelas, saya kira gak perlu risau, mas... :)

      Delete
  56. Dok mw tnya nih,,apa musang bsa mnglami sakit gigi ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mas. musang juga bisa sakit gigi.
      gejala musang sakit gigi biasanya berhenti makan atau nafsu makan berkurang, suka ngumpet, kalau diambil biasanya strike (nyerang). mending bawa ke dokter hewan aja kalo ada gejala kayak gitu

      Delete
  57. Dok, mau tanya.. Musang saya dipangkur pas msih usia dibwah 7 bulan, skrg udh usia 1th up kok gk ganti gigi ya? Mlah jdi kuning gtu giginya.. Padahal musang saya yg lain umurnya sepantaran (tidak pangkur) udh ganti gigi.. Tolong gmana dok? saya kasian sama musang saya itu dipangkur sama owner lama..

    ReplyDelete
  58. dok mau tanya musang saya kok pas ada owner sebelumnya dia ga gigit tapi pas udah saya pelihara dia malah jadi semi jinak si dok?

    ReplyDelete
  59. Dok mau pangkur otter bisa ngga kalo bisa didaerah mana ya

    ReplyDelete
  60. Numpang Promosi ya Min ,,
    Join yuk di EDEN POKER...
    Tunggu Apalagi Segera Daftar dan Depositkan Segera Di E D E N P O K E R (.) X Y Z
    - Minimal Deposit 15.000
    - Bonus New Member 10.000
    - Bonus Next Deposit 5%
    - Bonus Rollingan 0,5%
    - Bonus Refferal 10%
    Contact Person :
    WA : +85578633569
    LINK : edenpoker.xyz

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.