Semua Tentang Toxoplasma | Drh. Fira Sovica

Di artikel kali ini, saya akan membahas semua hal tentang toxoplasma atau toksoplasma, demikian banyak disebut oleh masyarakat umum. Artikel ini adalah jawaban dari beberapa pertanyaan yang diajukan oleh pasien saya. Dan berikut adalah beberapa hal yang harus diketahui tentang toksoplasma.

Image taken from http://gobrandgo.com/

Apa penyebab penyakit toxoplasma?

Penyebab penyakit toksoplasma adalah protozoa bernama toxoplasma gondie. Toxoplasma gondie adalah sejenis protozoa (hewan yang memiliki hanya memiliki satu sel) yang dapat menyebabkan penyakit toxoplasmosis. Penyakit toxoplasmosis inilah yang disebut sebagai penyakit toxoplasma atau biasa disebut toksoplasma.

Hewan apa yang bisa terkena toksoplasma?

Hampir semua hewan berdarah panas dapat terkena toksoplasma, tidak hanya kucing saja. Sapi, kambing, musang, anjing, ayam, babi, kelinci, burung, dan hewan lain yang sejenis bisa terkena toksoplasma.

Bagaimana penyebaran penyakit toksoplasma?

Penyebaran penyakit toksoplasma adalah jika ada manusia yang menelan kista atau ookista (inang) dari toksoplasma. Jadi, toksoplasma tidak bisa menular lewat udara. Biasanya, ookista toksoplasma ikut tertelan di makanan atau sayuran yang tidak dicuci bersih. Penyebaran penyakit toksoplasma juga bisa dilakukan dengan cara menjaga kebersihan kandang, sering memandikan hewan, rajin mencuci tangan setelah memegang hewan, dan menggunakan sarung tangan saat memegang hewan.
Penyebaran ookista toksoplasma yang paling besar adalah dari kotoran (feses) hewan yang terjangkit toksoplasma. Hewan yang tidak terjangkit toksoplasma tidak akan mampu menyebarkan toksoplasma.

Bagaimana ciri hewan yang terkena toksoplasma?

Pada dasarnya, hewan yang terkena toksoplasma tidak mengalami tanda-tanda fisik (subklinis). Maka untuk mengetahui seekor hewan terkena toksoplasma atau tidak dibutuhkan uji laboratorium. Jika anda tinggal di wilayah jabodetabek, anda bisa mendatangi Rumah Sakit Hewan di Ragunan untuk melakukan pengecekan lebih lanjut. Biaya tes toksoplasma pada hewan di rumah sakit hewan ragunan berkisar antara 200 hingga 300 ribu rupiah.

Bagaimana mencegah toksoplasma?

Toksoplasma bisa dicegah dengan cara-cara berikut ini:
  1. Menjaga kebersihan kandang dan tubuh hewan dengan memandikannya minimal satu atau dua minggu sekali.
  2. Menggunakan sarung tangan saat memegang hewan.
  3. Mencuci tangan dengan sabun hingga bersih setelah memegang hewan.
  4. Memasak makanan dengan sempurna (suhu diatas 70 derajat) untuk mematikan ookista toksoplasma.
  5. Menghindari makanan berupa daging mentah ke hewan peliharaan.
Demikian adalah artikel singkat mengenai

semua tentang toksoplasma

Semoga artikel tersebut bisa menjadi acuan bagi anda dalam menghindari toksoplasma, mencegah toksoplasma, menghindari penyebaran toksoplasma, serta menjadi bahan pembelajaran lebih lanjut tentang penyakit toksoplasma. Saran, kritik, dan komentar bisa anda tulis di kolom komentar dibawah ini. (FS)

40 Responses to "Semua Tentang Toxoplasma"

  1. di rmh saya ada anak kucing yg mulutnya sampai ke hidung luka, sptnya perih sampai badannya gemetar. tak mau nyusu dg induknya, saya oleskan bubuk habbatusauda utk pertolongan. saya cari drh gak ktemu. saya khawtir. sebab luka tdk diketahui,krn kucingnya gak tinggal dlm rmh. induknya bersiap menyusui tp dia acuh.bgmn atasinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana keadaannya? maaf baru balas. saya baru pulang dari luar kota.

      kalau emang parah, mending bawa ke dokter hewan sesegera mungkin....

      kasih saya kabar ya mbak..

      Delete
  2. Waduh, kucing saya pernah saya beri daging ikan tuna mentah, dan tongkol mentah. Gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pernah, berarti gak sering?
      kalau hanya sesekali, tak apa2... :)

      Delete
  3. Selamat malam drh Fira,
    salam kenal, dan mohon ijin untuk bertanya,
    1. Apakah mungkin bila dr kotoran hewan yang mengering kemudian tertiup angin lalu terhisap manusia, kmudian masuk saluran cerna sehingga seseorang bisa terjangkit toxoplasma?

    2. Sudah 1 th lebih saya memelihara celepuk 2 ekor, ruangan untuk memliharanya cukup luas berupa balkon sekitar 3x2 meter dan tinggi 4 meter, setiap hari sy menyiram kotorannya ( membersihkan dg menyemprot menggunakan selang air), saat ini saya dan istri merencanakan untuk mempunyai anak, apakah berbahaya dokter apabila kami selalu rajin mencuci tangan sebelum makan?


    Dan mohon maaf dokter, pertanyaan berikut sedikit melenceng.
    Saya ingin sekali memelihara burung hantu yg lbh besar, setelah saya jatuh cinta pada pandangan pertama ketika melihat seekor Buffy Owl.

    Mohon petunjuk dokter Fira, kira2 apa yg hrs saya persiapkan ( setahu saya pakan utk buffy tdk seperti celepuk yg bisa diberikan jangkrik saja, berapa banyak emprit yg saya harus siapkan per hari? atau bolehkan saya memberikan potongan daging sapi mentah/ seperti di tukang satai?)

    Dan terakhir, Dimana yah dok, saya bisa mencari chick atau bracher buffy fish owl?
    saya bbrp hari lalu mengunjungi pasar pramuka dan tiada satupun yg menjual burhan dg alasan dilarang diperjualbelikan. Saya juga sudah search di facebook dan kaskus namun jarang sekali yg menjual buffy, kalaupun ada yg menjual buffynya sdh di usia juve.


    Terimakasih dokter atas balasannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat malam drh Fira,
      salam kenal, dan mohon ijin untuk bertanya,
      1. Apakah mungkin bila dr kotoran hewan yang mengering kemudian tertiup angin lalu terhisap manusia, kmudian masuk saluran cerna sehingga seseorang bisa terjangkit toxoplasma?
      jawaban: kemungkinan tersebut bisa saja terjadi, namun kecil. lebih sering karena kontak kulit. makanya, menjaga kebersihan kulit dan mencuci tangan sehabis memegang kucing adalah hal utama..

      2. Sudah 1 th lebih saya memelihara celepuk 2 ekor, ruangan untuk memliharanya cukup luas berupa balkon sekitar 3x2 meter dan tinggi 4 meter, setiap hari sy menyiram kotorannya ( membersihkan dg menyemprot menggunakan selang air), saat ini saya dan istri merencanakan untuk mempunyai anak, apakah berbahaya dokter apabila kami selalu rajin mencuci tangan sebelum makan?
      jawaban: kalau mas dan istri rajin mencuci tangan setelah kontak dengan burung, saya yakin aman. :)


      Dan mohon maaf dokter, pertanyaan berikut sedikit melenceng.
      Saya ingin sekali memelihara burung hantu yg lbh besar, setelah saya jatuh cinta pada pandangan pertama ketika melihat seekor Buffy Owl.
      Komentar: mas udah pernah pelihara owl sebelumnya? buffy fish adalah jenis burung hantu yang cenderung susah dipelihara. kalau mas belum pernah memelihara owl sebelumnya, lebih baik pelihara yang lebih mudah dulu... itu saran saya aja loh ya, hehehe... silakan baca artikel saya jenis burung hantu dan tingkat kesulitan memeliharanya.

      Mohon petunjuk dokter Fira, kira2 apa yg hrs saya persiapkan ( setahu saya pakan utk buffy tdk seperti celepuk yg bisa diberikan jangkrik saja, berapa banyak emprit yg saya harus siapkan per hari? atau bolehkan saya memberikan potongan daging sapi mentah/ seperti di tukang satai?)
      Komentar: yang harus dipersiapkan adalah pengetahuan tentan cara memelihara owl itu sendiri. belajar banyak2, baik dari blog ini dan sebagainya.
      soal pakan daging sapi dari tukang sate berupa sate mentah, boleh aja... :)

      Dan terakhir, Dimana yah dok, saya bisa mencari chick atau bracher buffy fish owl?
      saya bbrp hari lalu mengunjungi pasar pramuka dan tiada satupun yg menjual burhan dg alasan dilarang diperjualbelikan. Saya juga sudah search di facebook dan kaskus namun jarang sekali yg menjual buffy, kalaupun ada yg menjual buffynya sdh di usia juve.
      Komentar: emang agak susah mencari buffy fish. untung2an sih sebenernya. kalau mau, mas bisa gabung di grup jual beli bop di facebook, post WTB (want to buy)....

      Delete
    2. selamat malam dokter…terimakasih untuk sarannya =)

      selama 1 tahunan ini sampai sekarang saya masih memlihara 2 ekor celepuk dok…sy merawatnya dr bracher awal smp skrg juve. ( dengan hanya pengalaman ini, apakah boleh dok saya mengadopt buffy?)

      Kira2 yg dimaksud lebih rentan stress pada buffy drpd celepuk apanya yah dok ( apa jam makan hrus betul2 tepat, tempat harus betul2 luas?)?

      Oh ya dok minta saran juga,
      lebih baik saya mengadopt chick atau bracher buffy ataukah buffy yg sudah juve tp sudah jinak total krn dirawat org lain sejak kecil?
      ( Sy sempat membaca mengenai tentang imprint di artikel dokter yg lain, shg saya ragu juga bila mengadopt buffy jinak tp sdh dewasa krn takutnya sdh imprin dg owner sebelumnya>..



      terimakasih dokter =)

      Delete
    3. dari segi pengalaman, udah banyak. mas bisa coba adopt buffy fish.. :)

      buffy sistem pencernaannya lebih rentan/rapuh, sepengetahuan saya sih gitu (CMIIW). soalnya dlu sebelum errol juga sempet disuruh pelihara buffy punyanya sodara, yah gitulah pokoknya. hehehe. lumayan repot. karena gak jodoh juga kali ya, gak kayak saya sama errol, dibawanya enak aja. kalo dulu sama si buffy, entahlah, kayak kurang nyaman.
      yang pasti iya, dari segi makanan gak bisa salah dikit. kalo celepuk kan gampang, jangkrik atau pinkies, kalo buffy sepengetahuan saya harus pinkies....

      saran saya, mas beli buffy-nya jangan di pasar hewan. pilih buffy yang dipelihara ama orang, jadi mas bisa tanya2 biasa dikasih makan apa, fesesnya gimana, responnya kayak gimana, trainingnya dah sampe mana, dll. hmm, agak lebih mahal mungkin daripada kalo mas beli di pasar hewan..... :)

      saran saya sih kalau emang mas siap dengan resikonya, mas bisa adopt yang chick atau anakan minimal bulu kapas. soal imprint, kayaknya imprinted bisa pindah ke owner baru kalau emang si buffy merasa lebih nyaman dengan owner barunya. emang butuh adaptasi, tapi bisa kok... saya aja mulai imprint dengan 2 ekor barn owl peliharaan saya sekarang, tadinya cuma imprint sama si errol aja... :D

      sukses buat project adopsi buffynya. saya tunggu kabarnya... :)

      Delete
    4. Terimakasih yah dokter atas sarannya.
      saat ini saya masih mencari yg menjual buffy.
      saya pasti kabarin dokter klo sdh dapat yah dok =))

      dokter, saat ini kan saya punya 2 celepuk,
      bolehkah mereka saya gabungkan dg buffy ( digabungkan dalam tempat perawatan mrk brupa balkon pjg 4 meter lebar 2 meter, tinggi 3 meter-an)??
      takutnya celepuknya diterkam oleh buffy…


      klo sy kerja di pagi smp malam hari, buffy rencananya saya ikat di perch saja dg ankjessnya..berapa panjang leash yah dok sebaiknya…atau dibuat pendek saja sehingga dia tidak bisa terbang selain diam di perch( takutnya bab dimana2)
      klo dibuat leash yg pendek sehingga dia hanya bisa stay di perch bakalan stress gakdok dia?


      maaf ya dok banyak pertanyaan…
      sebelum adopt buffy, saya ingin benar2 siap,,


      trimakasih dok


      Delete
    5. kalau bagusnya sih jangan disatuin ama si buffy. yah namanya hewan, mereka kan berdasarkan insting. walaupun kecil kemungkinan, tapi yah siapa tahu kan? :)
      dulu si errol juga pernah makan celepuk saya.. gara2 si celepuk berisik... padahal errol lebih berisik.. :)

      kalau ada ruangan lain kayak gudang, si buffy taruh aja di ruangan itu. kalau soal fesesnya, yah namanya juga pelihara hewan mas. namun asal kita rajin bersih2in bekas fesesnya, aman kok. saya dan keluarga seumur2 kalo pelihara BOP nggak pernah diiket.

      atau mas mau bikin kandang sendiri (owlbox)? bisa. pakai kardus besar aja, kardus yang besar kayak bekas kulkas. kasih tangkringan di dalamnya.
      itu juga sementara mas kerja aja. kalau mas lagi ada di rumah, biarkan dia di luar (gak di dalam ).

      kalau mau buat yang dari kayu, mas bisa baca artikel cara membuat kandang khusus burung hantu.

      saya malah seneng kalau ada yg nanya mas. seneng bisa bantu2. :)

      Delete
    6. Baik dokter…terimakasih banyak yah sarannya …saya akan update bila sdh meng adopt buffy =)

      Delete
    7. Halo dok…masih belum dapat nih dok buffynya..masih hunting terus…..udah nanya2 sana sini, hunting ke pasar hewan dll, buffy agak jarang….oh ya dok, maaf nanya lagi, klo utk buffy kemungkinan saya hanya bisa memberikan burung emprit atau potongan sate daging sapi mentah…( di daearah saya cukup sulit cari tiput pinkies).. Pertanyaan saya, kira2 berdasarkan pengalaman dok Fira waktu pernah mengurus jenis buffy ( kira2 aja) butuh berapa ekor emprit per hari yah dok? dan makan cukupkah hanya pagi dan malam saja (2x)
      ..Untuk prepare untuk cost pakan buffynya dok =)

      Terimakasih dokter

      Delete
    8. tergantung ukuran buffynya sih. kalau dewasa, dulu saya pakai tikus putih ukuran sedang, biasanya sehari kasih 1 ekor pagi hari, 1 ekor sore hari, dan 2 ekor di pagi hari. kebetulan emang dia nafsu makannya segitu porsinya. :)

      sebenernya dah ada artikel porsi makan bop dan burung hantu, silakan mas baca aja. :)

      emang agak susah kalau buffy, mas. di grup facebook ad? :)

      Delete
    9. Baik dok…saya akan baca artikelnya dulu yah dok mengenai porsi makan bop.

      sudah coba cari dokter di facebook tapi kebanyakan ga update…


      Oh ya dok, dokter kan membebaskan erol di rumah ( tanpa ankjes/tali) apakah ga takut kabur dok? ( bukankah sejinak2nya owl tetap saja kemungkinan kabur besar dan klo sdh kabur jarang kembali)

      dan klo errol dibiarkan terbang bebas di dalam rumah dok, andaikata errol sdh bisa bab hanya di perchnya tapi apa dokter ga kuatir kali aja kotorannya errol mengering lalu terbang dan menempel di makanan? atau ada lalat di sekitar kotoran erol kemudian hinggap di makanan shingga meningkatkan risiko terkena toxo?

      terimakasih yah dokter..

      Delete
    10. si errol kalau malam saya liarkan ke luar rumah, mas. dia cari makan sendiri di sekitar rumah. lumayan, bisa bantu2 lingkungan situ kurangin hama tikus, sekaligus ngurangin budget makannya. biasanya subuh dah balik lagi ke perchnya...

      kalau soal khawatir dia pergi, dah sering banget kok dia minggat dari rumah. hehehe. terakhir hampir sebulan dia pergi. tapi saya tahu, entah gimana, dia pasti balik lagi.... :)


      si errol udah tau kalau 'toilet'nya adalah koran yang terbuka di lantai. dulu pernah kenalan papa mertua saya yang punya kebiasaan baca koran tapi korannya gak dipegang, tapi dilebarin di lantai. ditinggal sebentar ke dapur, gak lama itu koran udah banyak kotoran burungnya, huehehehehe.... akhirnya dijelasin ama papa mertua saya kalau itu ulah dari 'anak angkat' mantunya (saya)... :D

      soal tokso, kalau kita rajin bersih2 kotorannya, aman kok.. :)

      Delete
    11. Dok, waktu pertama kali errol dokter liarkan,bgmn caranya dokter bisa yakin banget bahwa errol pasti akan kembali?

      apalg kan di luar sana banyak "tangan" manusia..mksd saya bisa aja ada yg menjebak, menjaring, melempari dll akhirnya tertangkap manusia?


      Dok, Dokter sudah nonton film bagus belum judulnya the legend of guardian…film animasi kartun…tokoh utamanya si eroll….
      ntr kalo dokter uda nonton bisa ngulas juga di blog ini dok mengenai jenis2 burhannya sesuai tokoh di film tsb =) =) hehe

      trims dokter

      Delete
    12. bener banget, mas. emang gak bisa langsung dilepas gitu aja. antara parter dan master harus udah ada ikatan yang kuat. juga, si partner udah melewati semua tahapan latihan di artikel cara melatih burung hantu.

      yang terpenting sebenernya adanya bonding dan ikatan secara batin antara owl dan masternya. apalagi, seperti yang saya tulis di artikel imprint pada burung hantu, owl cenderung kuat chakra dan auranya sehingga kita (manusia) bisa saja terkoneksi secara aura dengan mereka...

      kadang, kalau koneksi antara kita dan burung hantu sudah kuat, somehow kita bisa merasakan apa yang dia rasakan. si errol juga kerap ngedip kalau saya nyapa atau lagi ngobrol sama dia. kadang kalau saya sedih, tau2 dia menclok di atas kepala saya dan menggosok2 badannya di kepala saya....

      dan kalau dia keluar rumah, saya tahu pasti dia balik lagi karena emang ada 'sesuatu' yang meyakinkan saya dia pasti balik lagi.... jangan tanya apa 'sesuatu' itu, karena sampe sekarang pun saya gak tahu....

      usut punya usut, 'bakat' ini emang nurun dari kakek saya.

      Delete
    13. Iya dok..koneksi itu susah dijelaskan memang yah dok…sy juga percaya ada seperti yg dokter ceritakan..


      oya dok…sy juga sekarang punya 2 ekor celepuk …keliatannya sih beda jenis..
      mgkn kah mereka bisa bertelur?
      mrk ditempatkan di balkon cukup luas 4x2 meter bersama dg tanaman2 di pot…dan juga owl box yg saya tancapka di dinding balkon ( ada 3 box)

      siapa tau mrk bisa bertelur dok..kira2 apa yg harus saya siapkan utk mendukung mereka bisa bertelur…..trims dok


      oh ya jgn lupa nonton filmnya yah dok =)))

      Delete
    14. Legend of Guardian ya? Yang nama owlnya Soren? Iya, dah pernah nonton dulu. :D

      bisa aja sih mereka mating (kawin), asalkan pastikan keduanya beda jenis kelamin, hehehe. cara membedakan burung hantu jantan dan betina ada kok artikelnya....

      dan untuk referensi, mas bisa baca artikel cara mengawinkan burung hantu.

      kalau ada yang ingin ditanyakan, silakan hubungi aja saya... :)

      Delete
    15. Iya dok legend of guardian…haha…..mirip banget aslinya yah tyro albanya…
      tp banyak jenis burung hantu di film itu yg saya ga tahu dok …apa emang yg ga ada di indonesia ya?


      oh ya dok says pernah lakukan cara membedakan kelamin burhan dg bandul sperti di artikel dokter tp kesulitan.

      celepuk yg 1 si owel, sdh jinak. Badannya sih diam saja di tempat ketika ditaruh bandul di depannya tapi kepalanya itu, bukannya liatin tuh bandul malah celinguk kanan kiri/ noleh ke sana sini kaya ga fokus…wkwkw

      klo celepuk ke 2 si owen, dia kan sy adopt dewasa baru 2 bulan, boro2 bisa diam di dpn bandul…saya datang aja langsung terbang menjauh….

      cm bunyi huhuhunya itu owel pendek klo owen panjang dan kepala owen lebih bulat owel lebih lonjong…jd ta pikir beda jenis..hehhe

      oh ya yg agak unit saya perhatikan, walaupun sdh disediakan 3 owl box, tp owel dan owen klo pagi hari saya lihat, mereka selalu sudah berada dalam 1 box,,di dlam berdua..tiap hari selalu begitu kira2 sdh 2 minggu ini ( klo sebellumnya owel sll di dalam dan owen diam di luar/ di atap boxnya. Ehm…it's mean something doc? hehhe

      oh ya di artikel cara ternak burhan itu dok….dalam boxnya saya perlu taruh semacam jerami2 ( seperti sarang2 burung pada umumnnya ) ? atau biarin aja kosong??



      thanks yah dokter=)

      Delete
    16. setau saya sih di film itu hanya snowy owl aja yang nggak ada di indonesia... :)

      kalau pas test sexing pake pendulung dia malah tengak tengok ke kanan kiri, itu kayaknya betina... itu tebakan saya aja.. :D

      mungkin emang mereka berdua lebih seneng berduaan. emang ada sih yang karakternya kayak gitu. :)

      Delete
    17. oke dokter…trimakasih yah untuk semua infonya…maju dan sukses selalu blognya =)

      Delete
    18. sip, sip...
      kabar kabari terus.. :D

      Delete
    19. halo dok apa kabar…
      Dokter saya akhirnya gaagal meng adopt buffy krn sejauh pencarian saya tdk menemukan org yg melepas buffy,,,
      Kebetulan yg ada adalah bubo, akhirnya uda 3 hari ini saya memelihara bubo dok..

      bubo saya usia kmgkn bracher akhir atau juve awal dok, suda lumayan jinak,,,cuma dia suka kagetan dok…trus klo baru liat org sering bunyi "pletok pletok"
      dia mau dielus bahkan dipeluk cuma blm ada skill sama sekali dok..

      Dok..yg mau saya tanyakan..klo saya pergi kerja kan bubonya saya ikat dg ankjess di tangkringan,berapa panjang sih dok bagusnya leashnya ?
      bolehkah dok leashnya saya gulung habis di tangkringan jd dia betul2 ga bisa loncat ke bawah..atau hrsu disisakan berapa meter supaya dia bisa turun dr tangkringan? ehmm..masalahnya dia kan saya taruh di balkon, balkan ada kusen jendela dari kaca..klo leashnya 1 meter saja dia sering seruduk2 kaca , saya takut dia kenapa2…
      klo saya gulung habis leashnya di tangkringa boleh gak sih dok?

      trims yah dok

      oya bubo saya walaupun baru datang sering bunyi pletok2 dan mukanya kaya bingung gt (mgk belum adaptasi) tp makan tetap lahap walau disuapi ..sehari bisa makan 3 ekor lele ukuran sedang….


      trims dok balasannya ya

      Delete
    20. halo. :D
      kalau dia masih masa adaptasi, mending jangan diikat pake angjess dlu. kalau ada ruangan kosong kayak gudang atau apapun itu, mending taruh di situ aja tanpa diikat apa2....

      saya sarankan sih pake owlbox aja. mas bisa pakai kardus besar kayak kardus bekas kulkas dan semacamnya, kasih tangkringan di dalamnya. jangan pake dus yang kecil ya mas, nanti stress...

      hehehe, bubo emang begitu mas. biarin aja. yang penting dia sehat.

      masih inget kan parameter kesehatan burung hantu dilihat dari apanya? :)

      Delete
    21. ingat dok dari fesesnya yah dok hehehe..


      dok..masalahnya bubo sudah biasa di ankjess dr pemilik sebelumnya… dia sudah melewati masa adaptasi 2 hari di ruangan besar kosong sendirian….Saya masih agak2 takut lepasin ankjess nya dok…cakarnya itu dok hahaha..selama ini pelihara celepuk bedanya bagai langit dan bumi hahahhaha……jaDI apa masi perlu ssaya lepas ankjess nya dok?


      trus dok…leashnya itu berama meter ya sewaktu dia diikat di tangkringan?

      dan mengenai pola makan dr pemilik sebelumnya, oleh pemilik sebelumnya dia sehari cuma diberi sepotong kecil ikan nila ( setengah ekor ) sedangkan di artikel dokter ttg "porsi makan burhan" saya baca kan perlu 3 x bisa 3-5 ekor burung…apa perlu saya rubah pola makan bubo?

      mohon petunjuknya nih dok..oh ya klo saya lepas ankjess juga saya bingung ntr klo dia terbang jauh walau dlm rmh...

      Delete
    22. oh kalau emang udah terbiasa pake angjess, nggak apa2 pakein aja.

      kalau emang dia udah terbiasa diangkleet, lease-nya sekira dia nggak menggantung aja. jadi panjangnya = tinggi perchnya lebihin 20 senti... :)

      lalu soal pola makannya, gak usah dirubah dulu. sama aja kayak kucing, kalau dirubah tiba2, biasanya bubo mudah sakit karena perubahan pola makan... :)

      seneng bisa bantu. mas kabari saya lagi ya... :)

      Delete
    23. Baik dokter…trimakasih salam u errol dan padma…=)

      Delete
    24. dok maaf..saya ada lupa mau nanya soal perch..

      klo perch untuk tempat bubo saya stay setiap hari kan ada di lantai 3 dan lumayan berat dok ( dasarnya adukan semen), sedangkan klo saya mau ngelatih dia, harus di lantai 1. apakah boleh perchnya ganti2…?
      soalnya saya pernah baca ada yg bilang lbh baik perchnya sama krn dia uda kenal baunya..


      trus dok…klo kapan y sebaiknya saya latih bubonya mengingat baru bbrp hari di rmh saya…?
      dia masi kagetan sih sering bunyi pletok2 klo liat saya setiap kali pertama kali saya muncul di hadapan dia, tp setelah didekati sih dia mau dielus bahkan dipeluk jg seperti menikmati ..ga ada td2 mengembangkan sayap/ defence..

      trimakasih dok..

      Delete
    25. salam balik dari padma dan errol.. :)

      Delete
    26. boleh kok perchnya diganti2. nggak ngaruh juga. si errol ama si padma juga kadang pake perch saudara2nya yang lain. (keluarga saya semuanya falconry, cuma saya aja owlry)...

      untuk saat ini, cukup pendekatan aja sama dia. elus2 aja terus kasih makan pakai tangan (disodorin ke paruhnya). cukup itu aja dlu. nanti kalau udah 2 atau 3 minggu, baru bisa mulai latihan... :)

      sehat owlnya, mas? :)

      Delete
    27. sehat dok …makannya makin lahap tiap hari…skrg dia uda mau naik ke tangan saya dok….stay di tangan saya sambil saya suapin…baik dok, saya ikuti saran dokter utk melatihnya 2-3 minggu lagi.


      saya pernah lihat ada org tangannya ditenggerin bubo tanpa glove, amankah dok wkwkw…saya masih ragu2 tanpa glove.. takut tangan saya bolong luka tusuk krn liat cakarnya buesssarrr banget dan tajem…wwkwkkw

      Oh ya dok, waktu pertama kali bubo mau naik ke tangan saya, saya sempet kaget, hahaha…ternyata bubo berattt,, apalg kan glovenya kan di tgn kiri, smp pegel klo lama2 di tangan..

      Delete
    28. aman aja sih. yah, paling baret2 kecil aja di tangan. dan baret2 mah udah jamak bagi orang yang memelihara BOP dan owl.... :)

      hahaha, iyap. bubo emang lumayan berat. makanya, kalau nangkring mending di bahu aja. kalau di bahu, keliatan lebih 'laki'. di tangan juga boleh sih, dibiasakan aja dlu... :D

      maaf baru bales, mas. saya baru selesai operasi hewan... biasa, kalau udah weekend, pasti ada aja deh kerjaan... bye bye weekend... :D

      Delete
  4. Apakah landak mini memiliki kemungkinan menularkan tokso?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada ulasannya di artikel apakah kucing penyebab toksoplasma... :)

      Delete
  5. kalo kh kan makan daging mentah itu gimna dok cara menghindari terkena penyakit texoplasma?

    ReplyDelete
    Replies
    1. toksoplasma nggak ada hubungannya dengan makanan hewan, mas.

      cara menghindari tokso bisa mas baca di artikel di atas...

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.