Cara Memelihara Kodok Pesek | Drh. Fira Sovica

Seperti halnya memelihara reptil,

memelihara kodok pesek

termasuk mudah. Seperti halnya memelihara hewan air lain, memelihara kodok pesek membutuhkan ketekunan dan syarat dan prasyarat berupa kebersihan air yang selalu terjaga dan pemberian pakan yang cukup. Oh ya, selain memelihara kodok pesek, anda juga bisa memelihara kodok pacman. Cara merawat kodok pacman bisa anda baca di artikel memelihara kodok pacman.
Dan berikut adalah

cara memelihara kodok pesek

yang penulis tulis berdasarkan pengalaman sendiri.
Cara Memelihara Kodok Pesek
Image taken from luakkampus.blogspot.com

  1. Kodok pesek adalah hewan semi akuatik. Hidupnya dihabiskan di dua alam, yaitu di darat dan di air. Maka, kebersihan air adalah nomor satu. Kondisi air yang tidak terjaga akan membuat kodok pesek sakit.
  2. Kodok pesek bisa dipelihara di akuarium dengan media mengapung di permukaan airnya sebagai tempatnya hinggap diluar permukaan air. Media mengapung bisa berupa kayu atau papan yang dibentuk secara unik. Media mengapung ini bisa dibeli di toko ikan hias.
  3. Hiasan standart akuarium bisa ditambahkan di dalam air. Untuk mencegah kontaminasi dan terjaganya kebersihan akuarium, sebaiknya jangan memelihara hewan lain di dalam akuarium yang sama.
  4. Makanan kodok pesek adalah berupa jangkrik dan ulet hongkong. Berikan makanan dua kali sehari dan angkat sisa makanan yang masih bersisa dari dalam akuarium.
  5. Akuarium wajib dibersihkan minimal dua minggu sekali tergantung seberapa kotor air di dalamnya.
Perlu penulis tekankan sekali lagi, kebersihan air adalah hal utama dalam

memelihara kodok pesek

. Maka dari itu, anda harus selalu memperhatikan kebersihan air sebagai sarana memelihara kodok pesek. Saran, kritik, dan komentar bisa ditulis di kolom komentar dibawah ini. Terima kasih. (FS)

12 Responses to "Cara Memelihara Kodok Pesek"

  1. Dok misi mau tny obat untuk luka di katak pesek apa ya? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas bisa kasih betadine di lukanya.
      jaga agar kandangnya tetap bersih...

      Delete
  2. Dok, ciri katak pesek hamil itu apa?
    Saya rasa katak pesek saya hamil soalnya perutnya membesar padahal blm dikasih makan cuma 2x sehari dan sblm nya Tdk sebesar seperti ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas punya sepasang?
      nafsu makannya gimana?

      biasanya nafsu makannya naik sih. kalo soal perutnya membesar, emang agak membesar juga tapi ya gak gede-gede banget. dibutuhkan temperatur air yang pas agar si induk mau meletakkan telurnya di air akuarium.... paling bagus pake air reverse osmosis.

      mungkin nanti artikel lengkapnya saya tulis di blog ini... :)

      Delete
    2. Saya beli borongan Dok, 20ekor untuk dijual lagi hehehe

      Iya nafsu makannya nambah, apa aja dimakan..
      Lebih galak juga klo ada kodok yg Deket dia

      Delete
    3. woow, 20 ekor... :v
      udah pengalaman kan pelihara kodok pesek?

      saya belum sempet nulis lagi, mas. hiks. sibuk banget minggu2 ini... :(

      Delete
  3. Katak pesek saya kok susah makan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas...

      banyak sebab mbak. biasanya sih karena sakit. cek fesesnya, apakah mencret?

      sekarang gimana keadaannya?

      Delete
  4. selamat malam dok, saya mau tanya. katak pesek saya sepertinya terluka pada bagian hidungnya, saya tidak tahu kenapa penyebabnya tapi ada kemungkinan akibat terbenturnya hidung pada kaca pada saat proses menangkap makan (jangkrik), saya bingung bagaimana cara mengatasinya hingga pulih. saya sudah coba beberapa hari mengoleskan betadine ke hidung katak tapi, belum ada perubahan. katak hidung pesek saya hingga berubah menjadi berwarna putih. boleh minta sarannya dok. terima kasih atas perhatiannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari pemberian betadine sebenernya udah cukup. sama pemberian airnya, sebaiknya dikurangi biar lukanya bisa kering.

      jujur untuk pemberian obat, saya agak riskan sebenernya kalo untuk kodok pesek. jadi lebih baik kita observasi aja 2 hingga 3 hari lagi.

      jangan lupa kabari terus. dan kalo bisa, bisa fotoin lukanya?

      Delete
  5. dok mau tanya kok katak saya kulitnya belang yaa jadi warna ijonya ga full gitu belang2

    ReplyDelete
  6. Assalamualaikum dok mau tanya, saya kan baru bgt adopsi katak pesek. Kalo boleh tau aquarium nya diisi air sedikit atau ditaro dimangkuk aja airnya dan aquarium nya dikasih bebatuan/daun2an?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.