Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Musang | Drh. Fira Sovica

Sebelum membeli musang, ada baiknya anda memperhatikan beberapa hal berikut ini, terutama bagi anda yang termasuk pemula dalam hal memelihara musang.

Memelihara musang

bukan perkara mudah, dan ada beberapa resiko yang harus anda perhitungkan sebelum memelihara musang. Resiko memelihara musang bisa dibaca di artikel resiko memelihara musang.
Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Musang
Kegiatan gathering musang lover di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Indonesia
Image taken from youtube.com
Kembali ke topik.
Selain resiko memelihara musang di artikel tersebut, hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli musang dan memelihara musang adalah sebagai berikut
  1. Sebelum memelihara membeli musang, perhatikan dulu apa niat anda memelihara musang. Anda yang hanya ingin eksis dan ingin gaya-gayaan sebaiknya tidak usah memelihara musang. Musang bukan hewan yang gampang jinak dan butuh perlakuan khusus untuk memeliharanya. Namun seliar apapun musang, musang tetap bisa dijinakkan. Cara menjinakkan musang bisa dibaca di artikel cara menjinakkan musang.
  2. Sebelum membeli musang, harap perhatikan usia musang yang ingin dibeli. Musang yang masih bayi lebih susah dipelihara. Cara memelihara musang yang masih bayi bisa dibaca di artikel cara memelihara bayi musang yang masih merem. Dan musang dewasa hasil tangkapan alam relatif agak susah untuk dijinakkan. Saran saya, pilih musang yang berusia remaja, yang berusia sekitar 3 sampai 5 bulan dan sudah bisa makan sendiri. Selain masih gampang untuk dijinakkan, musang yang berusia 3 sampe 5 bulan lebih tahan terhadap udara dingin yang merupakan penyebab utama kematian bayi musang.
  3. Sebelum membeli musang dan memelihara musang, sebaiknya pelajari dulu cara memelihara musang yang baik dan benar. Anda bisa membaca artikel tentang cara memelihara musang yang baik di artikel cara memelihara musang. Anda juga bisa bergabung ke forum-forum pecinta musang di facebook seperti grup musang lover dan lain sebagainya. Anda juga bisa memelih jenis musang yang gampang dijinakkan dengan membaca artikel musang apa yang paling mudah dipelihara?.
  4. Sebelum membeli dan memelihara musang, pikirkan lagi tentang resiko memelihara musang. Musang adalah hewan liar yang tidak segan menggigit dan melukai anda, bahkan jika musang sudah jinak sekalipun. Memelihara musang berarti siap dengan resiko ini dan resiko lainnya seperti yang sudah saya cantumnya di link artikel resiko memelihara musang di atas.
Demikian adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli musang dan memelihara musang. Dengan artikel ini, saya harap tidak ada lagi musang yang tersia-sia karena ketidakmampuan si pemilik dalam memelihara musang. Saran, kritik, dan komentar bisa ditulis di kolom komentar dibawah ini. Terima kasih. (FS)

6 Responses to "Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Musang"

  1. kira2 biaya untuk pangkur brp ya dok

    terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mbak.
      tergantung dokternya. saran saya sih cari dokter yang memang sudah terbiasa pangkur gigi musang. caranya gimana? gabung aja ke komunitas pecinta musang di kota masing-masing, lalu ikut gath, saat gath tanya deh dimana anggota grup tersebut biasa mempangkur gigi musang. biasanya biayanya jauh lebih murah karena sudah "langganan". kalo di dokter hewan umum, biayanya sekitar 200 hingga 300rbu. :)
      cara pangkur gigi musang bisa dibaca di cara pangkur gigi musang.

      Delete
  2. Dok saya mau mintak sran.saya kan mw beli musang yg masih kecil di toko hewan biasa itu bagaimana cara memilih musang pandan yg baik dan sehat... terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan mas baca artikel ciri musang yang sehat atau artikel penyakit pada musang....
      bisa di cari di bagian cari artikel...

      Delete
  3. Dok saya ingin pelihara muspan tetapi ruangannya terbatas d kos an, sebaiknya bagaimana dok?

    ReplyDelete
  4. Dok saya ingin pelihara musang pandan nih. Lha sendangkan dirumah sy juga punya 2 kucing persia usia 10bula, kira2 gimana dok apa tidak apa2 kalau saya ingin peliharamusang. Kasih sarannya dok. Terimakasih

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.