Mengobati Kejang Pada Kodok Pacman | Drh. Fira Sovica

Penyakit kejang pada kodok pacman

yang disebabkan oleh racun dari kotoran kodok pacman itu sendiri disebut penyakit toxic out syndrome. Cara mengobati toxic out syndrome pada kodok pacman bisa anda baca di artikel berikut. Bagi anda yang ingin memelihara kodok pacman, anda bisa membaca cara memelihara kodok pacman.
Mengobati Kejang Pada Kodok Pacman
Image taken from frogforum.net
Patut saya ingatkan bahwa semua jenis kodok bisa kena toxic out syndrome. Bukan hanya kodok pacman saja. Kodok pesek pun bisa terkena penyakit kejang akibat kotorannya ini. Cara memelihara kodok pesek bisa anda baca di artikel cara merawat kodok pesek.
Dan inilah pembahasan mengenai cara mengobati toxic out syndrome.
  • Apa Itu Penyakit Toxic Out Syndrome?
  • Secara singkat, penyakit toxic out syndrome pada kodok pacman bisa juga disebut keracunan. Kotoran yang terdapat pada air tempat memelihara kodok pacman kadang menempel pada kulit kodok pacman, menyebabkan racun terserap oleh kodok pacman lewat kulitnya.
  • Apa Tanda Kodok Pacman yang Kena Toxic Out Syndrome?
  • Tanda kodok pacman yang kena toxic out syndrome adalah kodok melompat-lompat tanpa kendali, kejang-kejang, terlihat lesu dan murung, mata terlihat berawan. Sebaiknya, segera lakukan langkah pengobatan penyakit toxic out syndrome pada kodok pacman anda jika ditemukan ciri penyakit kodok pacman seperti di atas.
  • Bagaimana Cara Mengobati Toxic Out Syndrome Pada Kodok Pacman?
  • Mengobati penyakit toxic out pada kodok pacman bisa dilakukan sebagai berikut:
    1. Siapkan bejana dari kaca. Bisa juga menggunakan akuarium kecil.
    2. Buat lubang di sisi kanan dan kirim bejana tersebut. Lubang di sebelah kanan hendaknya lebih besar dibandingkan lubang di sisi kirinya. Ukuran lubang di sisi kanan 2x lebih besar di sisi kirinya.
    3. Pasangi selang untuk memasukkan air lewat lubang kanan. Alat siap digunakan.
    4. Untuk menggunakan alat untuk mengobati toxic out pada kodok pacman, siapkan air mineral atau air tanah murni tanpa bahan kimia di suatu wadah atau ember besar. Hubungkan selang dari sisi kanan bejana yang tadi dibuat ke dasar ember, tutup agar air tidak mengalir.
    5. Masukkan kodok pacman yang menderita toxic out syndrome ke dalam bejana penyembuhan.
    6. Buka secara perlahan penutup di ember penampungan air hingga air mengalir ke bejana penyembuhan dan menggenangi bejana penyembuhan. Set agar air yang masuk ke bejana penyembuhan dari sisi kanan bejana lebih banyak daripada air yang keluar dari lubang pembuangan di sisi kiri (banyak air yang menggenang di dalam bejana, membuat kodok pacman anda terendam dan airnya langsung terbuang).
    7. Cara bejana penyembuhan tersebut akan membuat lapisan racun yang menempel pada kulit kodok pacman anda melebur ke air dan langsung terbuang bersama air. Lakukan hal tersebut sebanyak 5 hingga 8 kali hingga kodok tidak lagi kejang-kejang.
Demikian adalah sekelumit tentang

cara menyembuhkan toxic out syndrome

pada kodok pacman. Semoga artikel mengobati kodok pacman yang kejang ini bisa menjadi acuan bagi anda dalam memelihara kodok pacman. Saran dan kometar bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

2 Responses to "Mengobati Kejang Pada Kodok Pacman"

  1. Siang dok mau tny ttg pacman saya, knapa ya pacman sya perutnya membesar dan kyk menagndung air di dalem perutnya, makannya masih lancar. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana mas? mencret? lancar?
      cek suhu kandangnya. apakah kepanasan/kedinginan. makanannya mas kasih apa?

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.