Penyakit Kekurangan Kalsium Pada Kodok Pacman | Drh. Fira Sovica

Seperti halnya jenis reptil lain, kodok pacman juga bisa mengalami kekurangan kalsium.

Penyakit kekurangan kalsium pada kodok pacman

disebut metabolic bone disease. Penyakit metabolic bone disease juga menyerang kura-kura dan jenis reptil lainnya. Untuk menambah wawasan, anda bisa membaca penyakit kekurangan kalsium pada reptil. Pada kura-kura, penyakit metabolic bone disease menyebabkan tempurung kura-kura menjadi lunak. Lengkapnya, anda bisa membaca penyakit tempurung lunak pada kura-kura.
Penyakit Kekurangan Kalsium Pada Kodok Pacman
Image taken from reptilesmagazine.com
  • Ciri Metabolic Bone Disease Pada Kodok Pacman
  • Ciri kodok pacman yang kena metabolic bone disease (MBD) biasanya memiliki ciri terlihat murung dan lesu, rahang terlihat menurun ke bawah, sulit dalam menangkap makanannya, otot berkedut dan bergerak-gerak, dan terlihat kelainan pada tulang punggung dan bentuk panggul. Jika tidak segera dilakukan tindakan pengobatan, dikhawatirkan akan terjadi patah pada tulang kodok pacman yang berakhir pada kematian.
  • Cara Mengobati Metabolic Bone Disease Pada Kodok Pacman
  • Kodok pacman yang kena metabolic bone disease bisa disembuhkan dengan cara memberikan asupan kalsium berupa kalsium oral, yaitu menaburi makanan kodok pacman dengan suplemen kalsium bubuk. Menaburi makanan reptil dengan bubuk kalsium disebut dengan istilah powdering. Lakukan powdering pada makanan kodok pacman setiap kali pemberian makan kodok pacman anda. Suplemen kalsium bubuk bisa anda beli di toko kebutuhan pet terdekat atau di forum jual beli kaskus dan lain sebagainya. Mengenai cara memberikan asupan kalsium kepada reptil, anda bisa membaca cara memberikan asupan kalsium pada reptil.
Patut saya tegaskan bahwa penyakit metabolic bone disease kadang meninggalkan bekas berupa cacat tubuh dan kelainan karena bergesernya struktur tulang dan lain sebagainya. Maka dari itu, penting untuk mencegah penyakit MBD pada kodok pacman dengan terus melakukan powdering pada kodok pacman anda. Terima kasih. (FS)

2 Responses to "Penyakit Kekurangan Kalsium Pada Kodok Pacman"

  1. katak pacman aman kah bu dokter jika diberi makanan yang di taburi serbuk tulang sotong?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh, mas. nggak apa2. meski bagusnya sih pake suplemen kalsium exoterra aja... :)

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.