Penyakit Kekurangan Kalsium Pada Reptil | Drh. Fira Sovica

Sebenarnya,

penyakit kekurangan kalsium

atau penyakit metabolic bone disease pernah disinggung dalam artikel mengobati kura-kura yang tempurungnya lunak. Metabolic bone disease sebenarnya bisa dengan mudah dicegah jika anda tahu pasti penyebab metabolic bone disease dan cara mencegah metabolic bone disease.
Penyakit Kekurangan Kalsium Pada Reptil

Contoh bearded dragon yang terkena metabolic bone disease. Anda bisa membaca lebih lanjut cara memelihara bearded dragon dengan membaca artikel cara merawat bearded dragon.
Image taken from morphedout.com
Nah, untuk bisa mencegah penyakit metabolic bone disease, mari kita pelajari bersama apa itu metabolic bone disease.
  • Apa itu metabolic bone disease?
  • Metabolic bone disease adalah penyakit yang diakibatkan oleh kekurangan kalsium pada reptil. Penyakit ini juga bisa diakibatkan karena reptil tidak mampu menyerap kalsium yang diberikan. Artinya, pemberian suplemen kalsium kepada reptil bukan jaminan reptil anda bebas dari penyakit MBD ini.
  • Tanda-tanda reptil yang menderia kekurangan kalsium (metabolic bone disease).
  • Penyakit metabolic bone disease menyebabkan tanda-tanda spesifik pada reptil, kadal, dan kura-kura. Tanda metabolic bone disease pada reptil sebangsa ular biasanya ditandai dari kurang aktifnya ular yang menderita MBD untuk bergerak. Ular dan kadal yang menderita penyakit kekurangan kalsium atau metabolic bone disease juga sangat rentan patah tulang serta disposisi tulang yang menyebabkan ular dan kadal tersebut mogok makan hingga akhirnya mati. Metabolic bone disease pada kura-kura biasanya ditandai dengan tempurung kura-kura menjadi lunak. Hal ini bisa berakibat fatal apabila kura-kura penderita MBD tersebut terjatuh karena bisa mengakibatkan pecahnya tempurung kura-kura yang tentu mengakibatkan kematian.
  • Cara mencegah metabolic bone disease pada reptil.
  • Langkah preventif yang bisa anda lakukan untuk mencegah kekurangan kalsium pada reptil adalah memberikan sinar uvb di kandang serta sering menjemur reptil peliharaan anda. Penjemuran reptil (basking) bisa dilakukan 2 kali seminggu, masing-masing selama 15 atau 20 menit dibawah sinar matahari sebelum jam 10 siang. Anda juga bisa melumuri makanan yang akan diberikan sebagai makanan reptil anda dengan suplemen kalsium bubuk khusus reptil dan kadal sebelum diberikan kepada reptil peliharaan anda. Istilah melumuri makanan reptil dengan kalsium bubuk sebelum diberikan kepada reptil disebut dusting. Untuk reptil dan kadal anakan atau baby, mencegah metabolic bone disease cukup dilakukan dengan cara dusting tadi, yaitu melumuri makanan yang akan diberikan dengan bubuk kalsium.
  • Mengobati metabolic bone disease pada reptil.
  • Mencegah metabolic bone disease lebih baik daripada mengobati metabolic bone disease. Jarang ada reptil, baik itu kadal dan ular ataupun kura-kura, yang bisa sembuh secara sempurna dari penyakit metabolic bone disease tanpa meninggalkan cacat. Meski metabolic bone disease pada reptil tersebut bisa sembuh, namun biasanya terjadi kecacatan pada tubuh reptil seperti tulang yang melengkung dan perilaku dan cara bergerak yang tidak wajar.
Demikian adalah bahasan tentang

penyakit kekurangan kalsium pada reptil

yang biasa disebut dengan penyakit metabolic bone disease. Semoga artikel diatas bisa menjadi acuan bagi anda para pecinta reptil. Saran, komentar, dan kontribusi atas blog ini bisa anda tulis di kolom komentar. Terima kasih. (FS)

42 Responses to "Penyakit Kekurangan Kalsium Pada Reptil"

  1. Dok.... mohon petunjuknya.... kalsium buat reptil (kura2 & kadal) yang bagus apa dok.... saya kan tinggal di daerah dan ndak ada petshop... apa bisa diganti dengan minyak ikan atau apa barang kali... makasih sebelumnya...

    ReplyDelete
  2. Dok.... mohon petunjuknya.... kalsium buat reptil (kura2 & kadal) yang bagus apa dok.... saya kan tinggal di daerah dan ndak ada petshop... apa bisa diganti dengan minyak ikan atau apa barang kali... makasih sebelumnya...

    ReplyDelete
  3. Dok.... mohon petunjuknya.... kalsium buat reptil (kura2 & kadal) yang bagus apa dok.... saya kan tinggal di daerah dan ndak ada petshop... apa bisa diganti dengan minyak ikan atau apa barang kali... makasih sebelumnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mas kasih bubuk tulang ikan sotong. campur ke makanannya.
      tumbuk aja tulang ikan sotong sampai benar2 halus, lalu kalau sudah kayak bedak, bisa dikasih ke makanan reptilenya sekali seminggu. kasihnya dikit2 aja, jangan kebanyakan....

      Delete
  4. Dok, mau tanya kalo babby ular boa yg tulangnya bengkok bawaan dari lahir itu bisa normal kembali tidak????

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejujurnya, kalau bawaan lahir, kecil kemungkinan bisa normal kembali. itu yang saya tahu.

      mas yakin tulangnya bengkok itu emang bawaan lahir?

      Delete
  5. Iya dok kata seller sebelumnya bawaan dari lahir..tpi makan normal pinkies, diusianya yang masih babby ukuran -+50cm. Apakah babby boa saya itu tulangnya bisa normal kmbali(lurus).

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejujurnya, agak susah sih kalo emang bawaan lahir.
      tapi saya sarankan, mending mas bawa aja ke rumah sakit hewan terdekat biar dicek. saya sendiri agak susah untuk memutuskan karena nggak liat ularnya langsung....

      Delete
  6. Punya id line atau facebook gk dok.. biar saya bisa ngirim foto babby boa bagian tulang melengkungnya nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau kirim foto, bisa upload ke postimage.org, terus linknya taro disini... :D

      maaf karena baru balas... kabari lagi ya mas

      Delete
  7. https://postimg.org/image/6oebu48tp/278ad9f5/
    Itu link nya dok.
    Gambar udah saya kirim.
    Apakah bisa normal lurus kmbali tulangnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya, makasih banyak atas fotonya. :D
      yang di tengah badannya ya mas? bukan di ekor?

      dulu pernah nanganin sih kasus kayak gini, dan bisa normal setelah beberapa kali penanganan. itupun karena bukan bawaan....

      saya nggak bisa memutuskan karena nggak bisa liat ularnya langsung, tapi dari tebakan saya, kemungkinan sembuhnya 40%. mungkin mas bisa konsul ke dokter hewan di rumah sakit hewan terdekat.

      Delete
  8. Iya dok yg tengahnya.
    Cara tradisional memulihkannya gimana dok...
    Supaya bisa pulih kmbali....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau cara tradisional untuk menyembuhkan tulang ular yang bengkok, setau saya sih nggak bisa. harus dengan medis... :)

      hmm, kalau pendapat saya, yang penting dia sehat....

      Delete
  9. Mba kalo bd tangannya suka kyk tremor gtu kenapa ya?udah hanpir seminggu ga mau makan dan kepalanya selalu ditaro lantai ga kyk dlu selalu diangkat. Terakhir makan 17jangkrik dikasih kalsium semua. Tp sblmnya ga pernah dikasih kalsium hanya pake uvb dan spot. Sejak dikasih kalsium malah ga mau makan.

    ReplyDelete
  10. Mba kalo bd tangannya suka kyk tremor gtu kenapa ya?udah hanpir seminggu ga mau makan dan kepalanya selalu ditaro lantai ga kyk dlu selalu diangkat. Terakhir makan 17jangkrik dikasih kalsium semua. Tp sblmnya ga pernah dikasih kalsium hanya pake uvb dan spot. Sejak dikasih kalsium malah ga mau makan.

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Kak mau tanya kan aku punya bearded dragon nah kakinya itu kayak bengkak gitu, itu kenapa ya kak?? Ini fotonya http://imgur.com/a/CrKIk
    Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ditekan, dia kayak kesakitan nggak mas?
      dia sering garuk2 bagain yang bengkak?

      terlalu banyak sih kemungkinannya.

      dan boleh tahu, biasa mas kasih makan apa?

      mungkin cek makanannya dulu, dan kebersihan kandangnya.

      Delete
    2. Kalau ditekan kayak kesakitan kak
      Klau digaruk" gk pernah liat

      Kasih jkk sama sayur kak
      Kandangnya setiap sore aku bersihkan

      Delete
    3. sebelumnya pernah jatoh?
      kalau ditekan kesakitan, pertolongan pertama mungkin bisa kasih minyak urut dulu di bagian yang bengkak. kasih 2x sehari.

      kalau dalam 3 hari belum mendingan juga, segera bawa ke dokter hewan terdekat ya mas... :)

      Delete
    4. Gk pernah kak kayaknya tapi dlu cuma pernah loncat pas aku pegang itu juga gk tinggi
      Minyak tawon gtu kah kak??

      Itu udh hampir 3 minggu kak :3 awalnya gk gitu pertamanya kakinya itu klau tidur mesti ke belakang trus pas aku pegang udh bengkak aku tanya ke penjualnya katanya kekurangan kalsium udh aku kasih kalsium tapi tetep aja :3

      Aku gk tau kak dokter hewan dimalang dimana yaa :3

      Delete
    5. iya betul, minyak tawon.
      terus lanjutkan kasih kalsium juga mas. :)

      Delete
  13. Ohh iya kak nanti aku coba

    Trus pemberian kalsiumnya itu baiknya berapa minggu sekali kak? Sama kalau bdnya gk mau makan disuapin gppa kan kak soalnya berapa minggu ini gk mau makan jadi aku suapin

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang sebelumnya dikasih kalsium berapa minggu sekali?
      kalo saran saya sih, seminggu bisa 2x.

      gak apa2, suapin aja. :D

      mas bisa kirim gambat fesesnya kemari? caranya cek bagian PERHATIAN

      Delete
    2. Ini baru satu minggu ini kak aku kasih 1 minggu 5× stiap hari 1 jkk tapi

      Wah udh aku bersihin kak tapi awalnya kotorannya itu banyak sekarang sedikit nnti klau poop lagi aku foto kak

      Delete
    3. saya tunggu ya mas.
      maaf karena baru balas...

      kabari lagi

      Delete
    4. Ini kak
      https://postimg.org/image/i2s5v27ux/

      Delete
    5. sebelumnya maaf karena baru balas... :(

      selama ini dikasih makan apa mas?
      dijaga kebersihan makannya. cuci dulu bersih sebelum diberikan ke bdnya...

      Delete
    6. Maaf juga kak baru bales
      Aku kasih jkk sama sayur kak, kalau sayurnya aku cuci klau jkknya enggak
      Trus sabtu kemarin aku bawa ke dokter hewan diUB, katanya kayak pembengkakan otot mau dironsen tapi gk jadi trus coba keluarin itu udah keras bukan cairan akhirnya disuntik obatnya itu sama vitamin biar nabsu makan, tapi sampai sekarang juga gk mau makan sendiri jadi aku suapin , trus ganti kulitnya juga lama padahal cepet 1 minggu gitu udh selesai ini hampir 3 minggu gk selesai" kak

      Delete
  14. Kak klau obatin bd yg diare gmna ya kak baru beberapa hari ini baru diare

    ReplyDelete
  15. Misi dok mau tanya
    Saya baru punya gecko nah geckonya waktu saya beli pada saat ganti kulit. Tapi kaki depannya yg kiri kaya bengkok katanya penjual udah dikasih kalsium rutin sotong. Itu gimana ya dok?...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas tetep beli gecko itu meski kakinya bengkok?
      harusnya kalo kakinya bengkok, gak usah dibeli, mas. pilih yang lain aja.

      soalnya kita kan gak tau sebenernya bengkoknya karena apa. kalo emang beneran kurang kalsium, MUNGKIN masih bisa normal, tergantung seberapa parah kurang kalsiumnya. tapi kalo emang bawaan lahir, kan susah....

      pelihara aja dia apa adanya, mas... umur berapa geckonya?

      Delete
  16. Dok mau tanya, iguana saya bengkak di rahang bawah sepertinya terkena mbd, apakah bisa kempes dan normal kembali?

    ReplyDelete
    Replies
    1. seyakin apa mas dia kena mdb? kalau emang yakin bgt, mending segera bawa ke dokter hewan terdekat, mas....

      Delete
  17. Dok gecko saya kena mbd nih..cara penyembuhannya gimana..step2 yg harus dilakukan apa aja..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah parah? kalau belum parah, mending segera bawa ke dokter hewan biar bisa disuntik kalsium... itupun sebenernya agak susah untuk normal lagi....

      Delete
  18. Ka mau tanya,
    Iguana saya saat ini dalam kondisi makan, poop, dan tingkah yang normal, tapi saya melihat sedikit keanehan karena ekornya sekarang ada sedikit lekukan dibeberapa titik, kalau dilihat secara visual ngga terlalu ketara, tapi kalau dipegang berasa banget. Trus kadang dia juga suka bersin2 gitu. Mohon infonya ka, apakah ini indikasi awal adanya MBD? dan kalau ya, apa yang seharusnya saya lalukan ka?
    terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, ada kemungkinan karena MDB.
      sejak kapan ketauan? dan umur iguanya umur berapa?

      bisa juga karena dulunya MDB, terus menyebabkan disposisi tulang, akhirnya baru ketahuan sekarang....

      selama ini, asupan kalsiumnya gimana?

      Delete
  19. Dear Drh Fira Sovica,
    Saya ingin bertanya, apakah tulang yang bengkok akibat MBD bisa kembali normal dengan melakukan operasi bedah tulang?
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dengan operasi tulang, saya yakin bisa.... :)

      Delete
  20. Dok kalo mau nyembuhin luka kaki iguana berapa lama y dok sembuhnya???soalnya punya saya 1bulan lebih belum sembuh"..tapi makannya lancar g ad gangguan..kadang lukanya ngelupas habis itu korengan lagi dan seterusnya kayak gitu..solusinya gimana ya dok biar lukanya cepat sembuh padahal udah dikasih Betadine sama dibersih in pake alkohol..saya takut iguana saya lukanya infeksi minta solusinya dok makasih..

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.