Bahasa Tubuh Musang Dan Artinya | Drh. Fira Sovica

Musang akan mendesis dan menggeram jika terancam, demikian

bahasa tubuh musang

yang dikenal banyak orang. Selain itu, sebenarnya banyak bahasa tubuh yang sering dilakukan musang, dan masing-masing dari bahasa tubuh musang tersebut memiliki arti yang berbeda-beda. Artikel arti bahasa tubuh musang ini memang masuk ke dalam area abu-abu, sama halnya seperti imprint pada musang. Artinya, belum ada penjelasan secara scientific tentang kebenaran beberapa bahasa tubuh musang ini.
Bahasa Tubuh Musang

Image taken from zimbio.com
Berikut adalah beberapa bahasa tubuh musang dan artinya. Percaya atau tidak, kembali ke diri pembaca masing-masing:
  • Telinga musang maju atau mengarah ke depan, hal itu berarti si musang sedang merasa tenang atau sedang tertarik kepada sesuatu. Perhatikan arah pandangan si musang, lihat apa yang sedang ditatapnya. Kemungkinan benda itulah yang menarik minatnya.
  • Telinga musang mengarah ke belakang atau kesamping, kemungkinan si musang sedang merasa terganggu atau sedikit marah.
  • Telinga musang mengarah ke satu arah atau berganti-ganti arah, artinya bahwa si musang sedang mendengarkan sesuatu atau menyelidiki keadaan sekitar.
  • Pupil musang telihat mengecil, artinya si musang sedang keadaan agresif atau sangat marah.
  • Pupil musang kelihatan melebar dan bergerak kesana-kemari (gelisah), artinya si musang sedang merasa terancam, lapar, tidak nyaman terhadap sesuatu, atau sedang birahi.
  • Ekor musang memanjang lemas ke belakang atau terlipat ke daerah perutnya saat sedang tiduran, hal itu bisa berarti musang sedang dalam posisi siaga atau bisa juga si musang sedang merasa senang.
  • Bulu ekor musang berdiri, artinya musang tersebut sedang merasa marah luar biasa.
  • Ekor musang tegak diam ke satu arah, hal tersebut menandakan si musang sedang merasa marah.
  • Badan musang melengkung ke atas, artinya si musang sedang merasa takut atau terancam.
  • Badan musang terlentang, menandakan musang ingin diajak bermain.
  • Badan musang tertelungkup, artinya musang sedang santai atau dia sedang ingin dielus. Pada musang betina, badan musang yang tertelungkup bisa berarti si musang betina sedang birahi.
  • Badan musang terlungkup dan si musang menggeram-geram ke satu arah, artinya si musang sedang terganggu atau kesakitan.
Demikian adalah beberapa bahasa tubuh yang biasa dilakukan musang dan artinya. Semoga artikel singkat tersebut bisa menambah wawasan pembaca dalam memelihara musang. Saran, komentar, dan kritik bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

46 Responses to "Bahasa Tubuh Musang Dan Artinya"

  1. Dok musang saya suka jongkok berdiri apa ya artinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kira jongkok dan berdiri tidak ada artinya, kecuali jika udara panas kadang musang sering melakukan hal itu... :)

      Delete
  2. Pagi dok, kalau musang mengeram "arrrgghhh.." itu pertanda apa dok???
    Musang sy bulan jantan umr 11bln kata owner sblm'a 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. istilah musang berbunyai "arrrrgggghhhh" pelan saat didekati namanya HISSING. saya pernah menulis tentang hissing pada musang di artikel CARA MENGHILANGKAN HISSING PADA MUSANG, silakan search pada menu cari artikel di atas...

      Delete
  3. Dok kalo ekor musang berbentuk melengkung spiral trus menjauh pas mau dikasi makan.. artinya apa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang setiap hari seperti itu atau hanya sesekali saja? kalau tiap hari ekornya spiral, itu bukan bahasa tubuh. silakan baca artikel penyebab musang ekor ringtail. search aja di menu cari artikel...

      untuk musang yang menjauh saat diberi makan, mungkin karena dia belum jinak saja. silakan baca cara menjinakkan musang... :)

      Delete
  4. Dok musang sya tiba2 berubah sifatnya, tdk seperti biasa. Lbh suka tdr dan marah klau d pegang. Nafsu mknnya jg menurun. Padahal sebelumnya dia jinak total. Umurnya skitar 3bln

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan cek cara mengecek kesehatan musang dari fesesnya.
      dan coba mas lebih sering diajak main juga. baca juga artikel cara menjinakkan musang... :)

      Delete
  5. musang saya sering muter2 kagak jelas di dalem kandang dok,
    itu kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. musangnya baru beli ya mas? kalau ditempat baru memang dia seperti itu. atau bisa juga musangnya hasil tangkapan liar, biasanya bebas di alam, lalu dia dimasukkan ke dalam kandang. biasanya seperti itu.
      nanti juga akan tenang sendiri... :)

      Delete
  6. mau nanya nih musang saya kok sering batuk/bersin terus sampai gak berhenti itu kenapa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa karena dia makan cabe ya, soalnya pertama saya liat dia batuk dia di kamar trus di lantai ada cabe

      Delete
    2. oh iya. kemungkinan besar karena itu, mas.
      coba mas kasih air madu di kandangnya. buat agak manis biar dia mau minum. :)

      Delete
    3. ohh yaa maaf banyak tanya
      kalo musang takut keresek itu wajar gak sih

      Delete
    4. kadang ada yang kayak gitu, mas. suaranya kadang bikin musang takut..... :)

      Delete
  7. Dok kalau muspan usia 3 bulan bagus nya dikandangin di dalam ruangan/diluar ruangan? Dan kalau musang yang belum pernah dimandikan lalu dimandikan sama sekali apakah akan menjadi galak? Tetimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 3 bulan mending dibiasakan di luar kandang. namun sambil diawasi. kalau misalnya gak ada yang ngawasi, mending taruh di kandang. :)
      dimandikan gak ngaruh ke tingkat kejinakkannya, mas. :)
      meski musangnya dimandikan setiap hari kalau dari ownernya gak ada kontak mata samasekali dan gak sering diajak main, tetep aja akan galak juga. yang penting itu interaksi saat bermain dan kontak mata. :)

      Delete
  8. Dok musang saya umur 2 bulan sering garuk garuk dan jilat telapak tangan saya di barengi suara gerung kayak burung. Itu artinya apa dok.terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajar kok. kandangnya bersih? sering mas lap pakai handuk yang dibasahi air hangat gak musangnya? minimal dimandikan dengan cara seperti itu, mas... :)

      Delete
  9. Engga pernah di kandang dok musang saya. Soal nya klw engga di turunin dari tangan saya ,engga bakal berenti garuk garuk nya dok. Apakah musang umur 2 bulan harus di kasih minum juga dok, selain saya kasih sun encer. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus kalau gak pernah mas kandangin.
      kalau mas worry, mending baca artikel saya cara mudah mengobati musang kutuan. ada caranya di situ.. :)

      nama musangnya siapa mas?

      Delete
    2. Yang Di garuk tangan Si maknya Bu dokter :D

      Musang saya juga gitu Mas. Manja aja musang nya Mas. kucing juga ada yg suka gitu. Begitu caranya nunjukin dia sayang Dan manja2 sama ortunya :D betul ga Bu dok? :D

      Delete
  10. Muspan sy umur -+2bln , tpi blm numbuh gigi , trus klo di kandang suka strike dok,pas di kluarin dia langsung anteng di pundak, trus makannya apa ya dok? Maaf banyk nanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. soal giginya, masing2 musang emang beda2. dan itu wajar. toh mas juga gak tahu pasti umur musangnya kan? cuma perkiraan -+2bln? bener? :)

      untuk makanannya, silakan mas baca artikel saya cara memelihara anakan musang.... :)

      Delete
  11. dok .. saya kan abis beli musang kira2 sudah 3 hari sama saya. umur -+2,5 bln. di owner lama katanya lancar makan pisang. tapi di saya susah sekali untuk makan pisang maunya susu,sun sama madu jadi satu.. itu knp ya dok ? apa adaptssi ? terus dia suka mundur terus loncat nyerang tangan saya seperti takut bercanda. knp ya dok ? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas kasih bubur bayi promina campur sari kurma.
      bisa aja sih masih adaptasi. masnya ngerokok gak? kalau nggak merokok, taro aja kaus bekas pakai mas di kandangnya... biar dia kenal bau tubuh mas...

      Delete
  12. Dok, musang sya dh jinak bgt sma sya tp setiap sya datengin pas dia dia kandang knp selalu menggeram ya? Trs setiap sya taro luar rumah si musang pasti bulu ekornya beridiri dan melengkung badannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya cara agar musang anteng... cari di bagian cari artikel..

      Delete
  13. Selamat sore dok.
    Saya punya seekor musang pandan betina berusia 9 bln.
    Blkgn musang ini jadi suka sekali strike lalu menggigit tangan saya sambil melingkarkan tubuhnya ke lengan saya.
    Kelihatannya seperti bermain-main, tapi gigitannya ckup tajam sampai gigit taringnya menancap. Ketika didekati, musangnya selalu berlari heboh sampai separuh meloncat seperti kucing kaget.
    Feses dan kondisi fisiknya baik2 saja, hanya saja kadang anusnya jadi berwarna kemerahan dan makannya jadi lebih rewel (maunya itu2 saja).
    Apakah ini adalah indikasi musang saya sedang stress atau fenomena musang saya gigit2 ini wajar saja dan tidak ada kaitannya dgn kondisi fisiknya?
    Trims dok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajar.
      perilaku musang mas mirip musang saya dulu, si bruno. kalo si bruno dulu kalau saya mendekat, dia kayak mau nyerang saya: lari sambil setengah loncat2 gitu (kayak kucing kaget, mirip musangnya mas) terus dia manjat kaki saya, nerkam pergelangan saya, dan nancepin taringnya di situ. hahahaha.

      saya malah kangen kalo inget si bruno kayak gitu, mas. karena bisa dibilang, itu ekspresi kangen musang sama kita, ownernya... cuma kadang kita salah paham atau nggak ngerti, dikiranya kita diserang sama mereka... :)

      biasa dikasih makan buah apa, mas?

      Delete
  14. biasanya saya beri makan buah pisang/pepaya/apel dok.
    terkadang jg bubur bayi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. asupan makanannya udah bagus. :)
      lanjut lagi aja mas.. :)

      Delete
  15. Pagi dok..sya mau tnya ..apa ada vitamin khusus buat musang ? Khususnya buat musang bulan..mkasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada.
      silakan baca artikel saya SUPLEMEN PENAMBAH DAYA TAHAN TUBUH MUSANG

      Delete
  16. Pagi dok..sya mau tnya ..apa ada vitamin khusus buat musang ? Khususnya buat musang bulan..mkasih dok

    ReplyDelete
  17. Pagi dok
    Saya mau nanya
    Saya punya musang namanya maxi dia saya adopsi wktu umur -+ 2bln dok,
    Dulu saya cuman ksh mkn nya bursun sm susu SGM LLM tp krna skrng umur hmpir 5bln jd saya kasih bursun, buah dan kdang kepala ayam dok itu cuman skali"
    Tp dr dlu maxi gak suka mkn buah dok, stiap di kasih buah gk prnh di mkn dok..
    Blkangan nafsu mknnya brkrang bgt dok, itu knpa ya dok??
    Apalagi skrng saya jarang main sm maxi, krna ksbukan jd saya jarang bawa maxi main
    Stiap liat saya wajah nya sedih gtu dok, krna gk tega td saya ajak main tau" dia lompat" jilatin tangan dan gigit tangan saya sambil manjatin tangan saya dok apa itu krna dia kangen ya dok???

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia kesepian itu, mas... :)

      usahakan, sesibuk apapun kita, ajak dia main. iya, dia kangen sama masnya. sebenernya dia nyoba untuk 'nyambungin' imprint sama mas, tapi mungkin dari masnya kurang respon, hehehe... coba mas baca artikel IMPRINT PADA MUSANG...
      kalau pulang kerja, ajak aja main di depan kandangnya. jangan lama2, cukup 10 menit aja.

      udah gak dikasih susu lagi kan? jangan dikasih susu...

      fesesnya gimana? mencret nggak?
      coba mas kasih obat yang saya tulis di artikel SUPLEMEN PENAMBAH DAYA TAHAN TUBUH MUSANG

      Delete
  18. Saya cewek dok, hehehe
    Maxi suka jilatin saya trus, pipi leher tangan klu saya tarok di pundak krjaannya main smbil jilatin saya
    Udh gak saya kasih susu lagi dok
    Tp klu maxi di mandiin dia sering hissing marah gtu dok
    Td aja wktu mndiin sking marah nya sampai gigi taring nya yg bru tumbuh patah di bgian bawah
    Feses nya normal dok,
    Cara mindahin mkn nya dr bursun ke buah gmna ya dok??
    Krna maxi gak suka mkn buah..
    Maaf bnyak nanya dok😁

    ReplyDelete
  19. Saya cewek dok, hehehe
    Maxi suka jilatin saya trus, pipi leher tangan klu saya tarok di pundak krjaannya main smbil jilatin saya
    Udh gak saya kasih susu lagi dok
    Tp klu maxi di mandiin dia sering hissing marah gtu dok
    Td aja wktu mndiin sking marah nya sampai gigi taring nya yg bru tumbuh patah di bgian bawah
    Feses nya normal dok,
    Cara mindahin mkn nya dr bursun ke buah gmna ya dok??
    Krna maxi gak suka mkn buah..
    Maaf bnyak nanya dok😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya, hahahaha. maaf. :D
      dia sebenernya mau bilang makasih sama mbak. caranya, ya dengan jilat2 bagian tubuh... wajar kok, kadang ada musang yang kayak gitu.

      soal mandi sering hissing, emang karena belum terbiasa. gak apa2, lanjut aja. biar dia terbiasa. :)

      buah apa yang sering dikasih? udah coba buah apa?
      coba aja kasih pisang, pepaya, pear yang manis (yang kulitnya ijo), bisa juga kasih lengkeng....

      Delete
  20. Biasa saya kasih pisang sm pepaya dok, tp gak di mkn..
    Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. buah minimal dikasih seminggu sekali aja cukup.
      kalo emang dia gak mau makan sendiri, di sepet aja. pake pipet/suntikan yang ada selangnya. beli aja di toko makanan burung, bilang beli alat loloh gitu....

      Delete
  21. Musang saya kok suka hising sambil muterin kandang dok, itu knp yak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajar kok. coba lebih sering diajak main lagi... :)

      Delete
  22. Dok kalo musang kalo labil kenapa ya

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.