Cara Memberikan Asupan Kalsium Pada Reptil | Drh. Fira Sovica

Memberikan asupan kalsium

adalah salahsatu syarat wajib kesehatan hewan, terutama reptil. Sebenarnya banyak cara memberikan asupan kalsium pada reptil baik itu dengan cara langsung maupun tidak langsung. Bagi anda yang ingin tahu cara memelihara bearded dragon, anda bisa membaca cara merawat bearded dragon.
Cara Memberikan Asupan Kalsium Pada Reptil
Image taken from reptilesmagazine.com
Dalam artikel ini, saya akan mencoba menjelaskan dua cara pemberian asupan kalsium kepada reptil. Inilah cara memberikan kalsium untuk reptil yang saya rangkum berdasarkan pengetahuan sebagai dokter hewan:
  • Pemberian asupan kalsium secara langsung.
  • Asupan kalsium yang diberikan secara oral (langsung diberikan sebagai makanan) disebut juga pemberian asupan kalsium secara langsung. Mayoritas pecinta reptil melakukan cara pemberian asupan kalsium secara langsung dengan "membedaki" (powdering) makanan reptil yang akan diberikan. Cara lainnya adalah dengan memberikan makanan yang mengandung kalsium tinggi. Kelebihan pemberian asupan kalsium untuk reptil secara langsung adalah lebih praktis dibandingkan pemberian kalsium secara tidak langsung. Pemberian asupan kalsium reptil secara langsung bisa dilakukan kapan saja, tidak mengenal waktu tertentu. Meskipun demikian, setiap reptil masih membutuhkan asupan kalsium secara tidak langsung melalui penjemuran.
  • Pemberian asupan kalsium secara tidak langsung.
  • Seperti yang saya katakan di akhir poin pertama tadi, pemberian asupan kalsium secara tidak langsung bisa dilakukan dengan cara penjemuran. Pemberian asupan kalsium secara tidak langsung artinya pemberian kalsium secara non-oral (tidak melalui makanan atau mulut). Meski dianggap tidak praktis, pemberian asupan kalsium melalui penjemuran harus dilakukan minimal satu atau dua kali seminggu karena cara ini dianggap sebagai cara terbaik dalam memberikan asupan kalsium kepada reptil. Kelebihan pemberian asupan kalsium untuk reptil dengan cara tidak langsung adalah memastikan asupan kalsium terserap secara sempurna saat proses berlangsung, berbeda dengan cara memberikan kalsium secara langsung karena pemberian asupan kalsium secara langsung kadang menghasilkan sisa kalsium yang terbuang percuma dalam feses. Selain itu, proses pemberian asupan kalsium secara tidak langsung melalui penjemuran juga memberikan manfaat lain yaitu mematikan kuman dan bakteri yang menempel di badan reptil. Kekurangannya, proses penjemuran reptil hanya bisa dilakukan saat matahari tidak terlalu terik, yaitu sekitar jam 8 hingga jam 10 pagi. Sebaiknya hindari penjemuran reptil diatas jam 10 pagi karena bisa menyebabkan reptil dehidrasi.
Demikian adalah sekelumit tentang metode

pemberian asupan kalsium kepada reptil

. Semoga artikel diatas bisa membantu anda para pecinta reptil. Komentar dan konsultasi mengenai kesehatan reptil bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

0 Response to "Cara Memberikan Asupan Kalsium Pada Reptil"

Post a Comment

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.