Cara Mengobati Mencret Pada Kelinci | Drh. Fira Sovica

Mencret pada kelinci

bisa disebabkan oleh beberapa sebab. Penyebab mencret pada kelinci yang paling utama adalah karena salah makan atau adanya bakteri dan kuman di makanan kelinci. Mengobati kelinci yang mencret bisa diketahui dengan mengetahui sebabnya terlebih dahulu. Oh ya, anda juga bisa belajar cara memandikan kelinci di artikel cara memandikan kelinci. Selain itu, ciri kelinci yang sehat bisa anda baca di artikel tanda kelinci yang sehat.
Cara Mengobati Mencret Pada Kelinci
Image taken from urbanfarmonline.com
Berikut adalah beberapa sebab mencret pada kelinci dan cara mengobati mencret pada kelinci.
  1. Kandungan air yang terlalu banyak pada makanan kelinci.
  2. Sayuran yang memiliki kandungan air yang banyak bisa menjadi penyebab mencret pada kelinci. Juga, kandungan air pada makanan kelinci juga bisa memicu kelinci jadi sering kencing, menjadikan tingkat urin kelinci jadi banyak, dan akhirnya menimbulkan bau menyengat. Sebaiknya, pilih sayuran yang memiliki tingkat air yang sedikit, sehingga resiko mencret pada kelinci bisa dihindari.
  3. Kandungan getah pada sayuran yang diberikan sebagai makanan kelinci.
  4. Faktor penyebab mencret pada kelinci yang kedua adalah adanya getah pada sayuran yang diberikan sebagai makanan kelinci. Getah yang terlalu banyak bisa menyebabkan sistem pencernaan kelinci terganggu, dan pada akhirnya menyebabkan mencret pada kelinci. Sebaiknya, pilih sayuran yang tidak mengandung getah sebagai makanan kelinci atau kurangi kandungan getah pada sayuran dengan membuat layu sayuran yang akan diberikan sebagai makanan kelinci untuk mencegah mencret pada kelinci akibat getah sayuran. Anda juga bisa membeli sayuran dalam keadaan layu.
Jika anda sudah melakukan cara di atas namun mencret pada kelinci tidak juga sembuh, sebaiknya perhatikan warna feses kelinci. Jika warna fesesnya terlihat cair, berwarna cerah, dan agak berbau, kemungkinan ada bakteri di sistem pencernaan kelinci anda. Saya menganjurkan untuk segera membawa kelinci peliharaan anda ke dokter hewan terdekat untuk mendapatkan antibiotik guna mengurangi bakteri di sistem pencernaan kelinci anda.
Demikian adalah penyebab dan

cara mengobati mencret pada kelinci

yang saya tulis berdasarkan pengalaman sebagai dokter hewan. Semoga artikel diatas bisa membantu anda dalam memelihara kelinci. Saran, komentar, kritik, dan konsultasi mengenai kesehatan kelinci bisa anda tulis di form dibawah ini. Terima kasih. (FS)

7 Responses to "Cara Mengobati Mencret Pada Kelinci"

  1. Saya pernah baca di beberapa blog tentang cara beternak kelinci,yg jadi pertanyaan dan bikin penasaran dr beberapa artikel itu adalah tentang larangan pemberian bayam sebagai makanan kelinci.
    Oleh karna itu sampai sekarang saya belum pernah sekali pun kasih bayam buat kelinci saya.
    Dan sekarang saya mau tanya langsung ke ahlinya,benar atau tidak pendapat itu dok?.... :)

    ReplyDelete
  2. Dok,,sy punya kelinci dewasa mengalami mencret dan kembung hari pertama mencret air dan tidak mau mkn tetapi byk minum hr kedua sdh mau mkn dan kotoran nya kecil2 yg di mkn hanya daun pepaya daun jambu biji dan daun pisang sedangkan makanan biasa nya kangkung dan wortel tdk mau,,tetapi mlm nya kelinci sy mencret air lagi sejak mlm itu sampai skr sore hr tdk mau mkn pagi nya kotoran kelinci sy spt jelly berlendir sdh sy bawa ke dokter hewan sdh di suntik dan siang nya sy ksh obat dari dokter tablet B complex menggunakan spt,,kenapa ya dok kelinci sy tdk mau mkn jg??apa yg hrs ay lakukan agar kelinci sy sehat kembali

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek artikel saya cara mengetahui kesehatan kelinci dari fesesnya. udah ada artikelnya.

      kalau udah dikasih obat dari dokter, mending minumkan aja dlu obat itu. dokter liat fesesnya juga gak? kalau liat, cukup ikuti anjuran dokter.

      saya tunggu kabarnya

      Delete
  3. dok, emang kelinci ga boleh makan bayam ya? kalo iya alasannya apa? lalu saran dari dokter untuk sayuran yang cocok buat pakan kelinci yang tidak mengandung air atau getah banyak tuh apa? hehe terus pelet nya pelet ikan kah dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mas. kelinci sebaiknya gak dikasih bayam karena bayam mengandum asam oksalat yang tinggi yang tidak bagus buat ginjal kelinci... :)

      Delete
  4. Dok, kelinci saya gasuka minum air mineral, tapi pas ada air kelapa dia mau. Gimana cara menangani kelinci yang gasuka minum? Dan apakah boleh kelinci dikasi air kelapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dikasih air kelapa gak apa2, mbak. malah bagus. :)

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.