Cara Memandikan Kelinci | Drh. Fira Sovica

Bisa dikatakan,

memandikan kelinci

bukanlah hal yang sulit karena kelinci sendiri bukan termasuk hewan yang takut air. Meski demikian, anda juga sebaiknya jangan memaksakan untuk memandikan kelinci karena bisa menyebabkan kelinci stress dan kapok.

Sebaiknya juga, anda cukup mengelap badan kelinci dengan handuk atau lap yang dibasahi air hangat, lakukan hal tersebut selama beberapa hari. Setelah kelinci sudah terbiasa dan tidak kaget serta takut lagi, maka anda boleh memandikan kelinci dengan cara membasahinya.
Image taken from geekmontage.com
Perlu diperhatikan bahwa cara memandikan kelinci yang akan saya tulis berikut ini hanya boleh dilakukan saat umur kelinci diatas 3 bulan. Artinya, anda sebaiknya jangan memandikan kelinci jika umurnya masih dibawah 3 bulan. Cara memandikan kelinci sendiri sebenarnya tidak jauh beda dengan cara memandikan landak mini yang sudah pernah ditulis di artikel cara memandikan landak mini. Anda juga bisa membaca artikel saya tentang cara mengobati kelinci yang mencret.
Dan berikut adalah

cara memandikan kelinci

yang baik dan benar:

Alat:
  • Bak mandi berisi air hangat setinggi setengah badan kelinci.
  • Siapkan juga wadah berisi air hangat di wadah yang lain
  • Sampo khusus anak kucing atau sampo bayi yang tidak pedih dimata.
  • Handuk bersih.
  • Sisir khusus kucing.
  • Hair dryer.
  • Bedak.
  • Baby oil.
  • Cotton bud.
  • Gunting kuku kecil atau gunting kuku khusus bayi.

Cara memandikan kelinci:
1. Pastikan dulu tidak ada kotoran menggumpal yang menempel di kaki dan bulu kelinci sebelum dimasukkan ke dalam bak air hangat, lalu celupkan kelinci ke dalam bak air hangat dengan posisi membelakangi anda. Hal ini agar mencegah kelinci mencakar-cakar tangan anda. Setelah kelinci berada di dalam bak, basahi seluruh badan kelinci hingga merata.

2. Siapkan sampo yang sudah disiapkan, pindahkan kelinci yang sudah basah ke wadah kosong (tidak berisi air), kemudian usapkan sampo di badan kelinci dan gosok hingga berbusa. Pastikan anda menggosok badan kelinci yang kotor hingga noda benar-benar bersih.

3. Setelah semua noda di badan kelinci bersih, angkat kelinci dari wadah kosong tersebut, kemudian celupkan perlahan-lahan ke wadah berisi air hangat yang lain untuk dibilas. Bilas hingga berkas shampo benar-benar bersih dan tidak ada lagi sisa shampo di badan kelinci.

4. Siapkan handuk, bentangkan di lantai atau meja, lalu angkat kelinci dan taruh diatas handuk tersebut. Usap seluruh bagian badan kelinci hingga semi-kering.

5. Setelah bulu kelinci sudah semi-kering, siapkan hair dryer dan sisir, kemudian keringkan badan kelinci dengan hair dryer sambil disisir dengan sisir khusus kucing. Setelah bulu dan badan kelinci benar-benar kering, angin-anginkan (diamkan) dulu kelinci tersebut hingga dia tenang.

6. Sambil menunggu kelinci diangin-anginkan, basahi cotton bud dengan baby oil, kemudian bersihkan bagian dalam telinga kelinci secara perlahan dan hati-hati. Setelah kedua telinga kelinci bersih, diamkan beberapa saat lagi.

7. Siapkan gunting, kemudian gunting HANYA bagian tajam (ujungnya) dari kuku kelinci, caranya sama seperti cara memotong kuku sugar glider di artikel ini. Proses pengguntingan kuku juga bisa dilakukan sebelum proses memandikan kelinci dimulai.

8. Terakhir, taburkan bedak bayi atau bedak khusus kitten ke tubuh kelinci. Lakukan dengan hati-hati dan jangan sampai mengenai matanya.

Demikian artikel

cara memandikan kelinci

. Semoga artikel ini bisa berguna bagi anda para penggemar kelinci dan siapa saja yang membutuhkan informasi mengenai memandikan kelinci. Saran dan kritik bisa disampaikan melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih.

0 Response to "Cara Memandikan Kelinci"

Post a Comment

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.