Cara Merawat Anjing Yang Sudah Tua | Drh. Fira Sovica

Merawat anjing yang sudah tua memang agak berbeda dengan merawat anjing yang masih produktif. Hal ini dikarenakan menurunnya fungsi organ tubuh anjing seperti pendengaran, pandangan, daya tahan tubuh, dan respon atas perintah dan rangsangan. Artikel mengenai anjing lain yang pernah saya tulis adalah cara mengurangi bau mulut pada anjing.

Cara Merawat Anjing Yang Sudah Tua
Image taken from dogsplendor.com
Merawat anjing yang sudah tua memang punya tantangan tersendiri. Umumnya, anjing bisa mencapai umur 7 tahun jika dirawat dan dijaga dengan baik. Kecuali anjing jenis dobermann yang bisa mencapai umur 9 tahun. Berikut adalah beberapa tips dalam

merawat anjing yang sudah tua

.
1. Anjing yang sudah tua sebaiknya diberikan waktu istirahat yang lebih banyak. Jangan mengajaknya bermain atau beraktifitas terlalu lama.

2. Anjing yang sudah tua sebaiknya diberi pakan yang berbeda dengan anjing yang masih produktif. Beri pakan yang kaya serat serta rendah kalori, rendah lemak, dan rendah protein.

3. Anjing yang sudah tua biasanya memiliki masalah di bulunya berupa rontoknya bulu. Untuk mengatasinya, gunakan shampo untuk anjing berkulit kering dan mengurangi kerontokan.

4. Anjing yang sudah tua harus selalu dibawa ke dokter hewan untuk medical checkup minimal 6 bulan sekali. Hal ini untuk mencegah timbulnya penyakit dan mengantisipasi kemungkinan terburuk yang akan terjadi.

Demikian tips

cara merawat anjing yang sudah tua

. Tips tersebut ditulis untuk membantu anda para doggylover atau orang yang akan memelihara anjing. Komentar, saran, kritik, dan konsultasi bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

23 Responses to "Cara Merawat Anjing Yang Sudah Tua"

  1. Anjing Golden sy berumur 11 thn sudah hampir 2 minggu tdk nafsu makan. Mau makan buah, tp selalu muntah. Diberi daging, hanya makan sedikit sekali. Perutnya buncit, mnrt dktr hewan langganan ada air di luar usus krn fungsi jantung melemah. Keadaan skrg sdh semakin lesu dan sulit berdiri. Dktr hewan saya minta utk mengikhlaskan saja, tp sy blm mau menyerah. Mohon sarannya, Dok.
    Bagaimana supaya nafsu makannya kembali?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya dengan tegas menolak untuk mengikhlaskan. maksud saya, kalau kita masih bisa berusaha yang terbaik, kenapa nggak? kenapa malah menyuruh kita mengikhlaskan?

      yang terpenting adalah lakukan langkah medis yang memang butuh dilakukan, mbak. mungkin mbak bisa minta second opinion ke rumah sakit hewan terdekat. tebakan saya sih dia nggak nafsu makan karena memang sedang sakit, dan itu wajar. makanya dibutuhkan penanganan medis, mbak....

      kalau diberikan makanan yang lembut2 dulu, dia mau? yang terpenting adalah dia mau makan aja, meski sedikit2, nggak apa2....

      11 tahun bukan waktu yang sebentar buat asal mengikhlaskan hewan peliharaan kita. makanya saya sependapat dengan mbak, agar tidak menyerah. :)

      Delete
    2. Iyaaa jangan nyerah mba. Anjing saya udah 18 taun lebih masih makan dan lari2... Makannya renal royal canin dry dan wet ganti2 sama dada ayam rebus diblender mix nasi lembek, kasi wortel cincang rebus sometimes .. Kan giginya udah ga kuat juga..

      Delete
    3. tuh mbak agnesya, dapet suntikan semangat lagi... :)

      Delete
  2. Dok, anjing sy 15thn sudah, 2hari lalu tiba2 pincang, sakit kakinya... tdk mau mkn, kmrn makan lahap sekali tp hari ini kelihatannya sakit perut tp tdk bs pup, muter2 terus dr pagi sampai skrg. Ditambah badannya mengigil. Apa hrs sy kedokter skrg?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sebaiknya bawa ke dokter hewan sesegera mungkin. saya ada tebakan, tapi lebih baik mbak bawa ke dokter hewan aja biar sekalian dicek menyeluruh...

      Delete
  3. Dok gmn cara bikin dog food sendiri ? Karna saya baca pemberian dry dog food pabrikan bs menyebabkan kanker. Anjing saya campuran golden uda umur 11 taon, bbrp x ini sering skt tp alhamdulilah sembuh, nah tp drh langganan suru saya ganti makanannya jd dog food krn krg nutrisi katanya, emang anjing saya blakngan susah bab trus stlh makan dog food sbulan ini lancar bab and kering, kakinya jg uda ga suka skt2 lg, slm ini dr umur sbulan ampe 11 taon sih saya kasih makan nasi ama kdg hati, ikan, daging, or bakso ganti2 aja tp dia plg doyan ikan. Mohon info cara bikin dog food sendiri dog biar ckp nutris anjing saya tp tanpa pengawet.

    ReplyDelete
  4. Dok gmn cara bikin dog food sendiri ? Karna saya baca pemberian dry dog food pabrikan bs menyebabkan kanker. Anjing saya campuran golden uda umur 11 taon, bbrp x ini sering skt tp alhamdulilah sembuh, nah tp drh langganan suru saya ganti makanannya jd dog food krn krg nutrisi katanya, emang anjing saya blakngan susah bab trus stlh makan dog food sbulan ini lancar bab and kering, kakinya jg uda ga suka skt2 lg, slm ini dr umur sbulan ampe 11 taon sih saya kasih makan nasi ama kdg hati, ikan, daging, or bakso ganti2 aja tp dia plg doyan ikan. Mohon info cara bikin dog food sendiri dog biar ckp nutris anjing saya tp tanpa pengawet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau emang doggynya udah seneng makan ikan, kasih aja ikan tiap hari. bisa kasih suplemen kalsium di ikannya.

      kalau saya sih ngasih makan si anjing (kucing saya) bikin ikan giling, lalu saya kasih suplemen kalsium ke dalamnya. kasih deh ke kucing.

      dengan menu yang mbak kasih sekarang sebenernya udah cukup bagus, mungkin tinggal ditambah suplemen kalsium aja biar tulangnya kuat... :)

      Delete
  5. Dok..
    Puppy 3 bln sy titip sm org. Sy ambil lg skrg.
    Tp dlm keadaan sakit.
    Muntah cairan kental ky air sagu. Trus mencret darah.
    Kasi ap y dok yar lgsg sembuh..?
    Sy ga tau wktu dititipin, dikasi apa.
    Please, urgent
    Thankyou

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke. makasih banyak atas pertanyaannya, mas?
      mungkin nanti saya publish artikelnya. tinggal publish aja kok. silakan mas cek aja artikel terbaru atau search... :)

      Delete
    2. Apa yg dipubish dok..?
      Blm dijwb tuh..

      Delete
    3. udah saya publish artikelnya. judulnya cara mengobati hewan yang muntah lendir... :)

      Delete
  6. Dok, anjing sy sudah berumur 14 tahun, akhir2 ini sering muntah dan diare. stelah dibawa ke dokter dan dilakukan tes darah divonis gagal ginjal ( CKD) saat ini anjing saya masih di rawat di RS dokter hewan dengan di beri suntikan infus. Dokter menyarankan saya untuk mengikhlaskan, karena setiap makanan dan minuman lewat mulut selalu dimuntahkan. mohon masukannya ? apakah gagal ginjal tidak ada cara lain selain cuci darah ? cuci darah di indonesia belum ada untuk hewan peliharaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya, saya ikut sedih. emang udah berumur doggynya...

      bisa transplantasi, tapi hanya bisa di rumah sakit besar. itupun sebenernya prosesnya panjang...

      Delete
  7. Dok, anjing sy umur hampir 10 tahunan sekitar matanya nggk ada bulu gitu & pernah robek dikit krn berantem sm anjing sy yg stunya (anakny, sm sm jantan, tpi klo berantem cuma klo ada sy aja, caper anjingnya hahaha) ngobatinnya gmn ya dok? https://i.imgur.com/F27lumK.jpg

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi problemnya karena nggak ada bulu di sekitar matanya? udah coba kasih minyak kemiri di aera yang botak? oles aja pake ujung jari...

      Delete
    2. Klo yg bekas robekny gmn dok? & Kira kira klo kulitny begitu normal nggk dok? & Klo dikasih vasselin bisa nggk dok?

      Delete
    3. robeknya di sebelah mana mas? harusnya setelah robek, langsung dijahit aja. kalo bisa sebelum lukanya kering....

      Delete
  8. Dok doggy umur 10 tahun
    Dy sdh 2 hari ni tdk nafsu makan d ksih susu pun tdk d minum
    Air putih juga minum hnya sdikit
    Lalu d malam k2 tiba2 saat jalan dy kya sempoyogan
    Bila boleh apakah ada saran dok bagaimana Cara mengatasix Dan kenapa bisa terjadi
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. nafasnya gimana? kayak berat gitu?
      fesesnya mencret?

      saya punya dugaan. tapi mending mas bawa ke dokter hewan terdekat aja mas.

      Delete
    2. Nafasnya biasa aj dok
      Dy klo makan ma minum susu minta
      Fesesnya normal aj ngk da mencret
      Sya sdh kdokter tdi katax infeksi pencernaan n d ksih vitamin dan obat antibiotic
      Terimakasih

      Delete
    3. kalo emang infeksi pencernaan, mending jangan dikasih susu, mbak. stop susunya. :)

      coba kasih minum air kelapa, biar infeksinya agak mendingan....

      10 tahun, fiuh. bukan waktu yang sebentar. ;)
      salute buat mbak

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.