Cara Memotong Kuku Sugar Glider | Drh. Fira Sovica

Tips cara memotong kuku sugar glider berikut ditujukan untuk para owner sugar glider yang mengalami kesulitan dalam memotong kuku sugar glider. Memang, untuk sugar glider yang masih belum tenang atau belum bonding kepada pemiliknya, agak susah untuk memotong kuku sugar glider. Namun tips berikut diharapkan bisa membantu anda dalam memotong kuku sugar glider. Bagi anda yang ingin beternak sugar glider, anda bisa membaca artikel panduan lengkap ternak sugar glider.
Berikut adalah

cara memotong kuku sugar glider


1. Pegang dengan lembut sugar glider dalam lilitan handuk. Hal ini untuk mencegah sugar glider mengigit tangan anda.

2. Tarik kaki atau tangan yang ingin dipotong kukunya.

3. Potong kuku sugar glider dengan menggunakan gunting kuku bayi.
4. Bagian kuku sugar glider yang dipotong jangan sampai mengenai bagian dalam kuku yang disebut quick. Disarankan untuk hanya memotong bagian kuku sugar glider yang tajam saja, kira-kira setengah senti dari bagian atas kuku.

Demikian adalah

cara memotong kuku sugar glider

yang baik dan benar. Semoga tips diatas bisa membantu para pecinta sugar glider baik yang sudah berpengalaman maupun pemula. Terima kasih. (FS)

32 Responses to "Cara Memotong Kuku Sugar Glider"

  1. Dok, saya barusan memotong kuku sg saya, pas saya potong kuku sgnya, malah keluar bintik2 darah dok. saya khawatir dok. apa itu dibiarin aja atau diobatin? kalo emang harus diobatin caranya gimana dok? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana keadaannya? dia keliatan murung?
      kalau dia masih aktif kayak biasa dan mau makan, saya kira masih sehat...

      kabari saya ya mas...

      Delete
  2. Assalamualaikum. Dok baiknya kukunya sg dipotong apa engga? Saya baru 3 minggu miara sg, kemaren saya bawa sgnya ke breedernya buat dipotong. Nah abis dipotong, dia jadi susah buat manjat manjat gitu, malahan manjat baju saya aja suka jatoh jatoh dok, saya kaaian juga ngeliatnya susah payah manjat. Sg saya umurnya minggu depan 2 bulan. Jadi bagusnya dipotong apa engga? Terimakaaih dok

    ReplyDelete
  3. dok sebenarnya masalah ga sih Sg kalo kukunya ga dipotong?
    soalnya saya ga brni buat motong kukunya, soalnya msh pemula tkutnya strees

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2 kok gak dipotong juga... :)

      maaf baru balas, saya sakit 2 hari ini.. :(

      Delete
  4. Dok sg saya kaki nya bengkak jari tengah kuku nya seperti hampir patah, jika saya beri minyak tawon di kuku kaki sg gimana? Boleh? Lalu yang kedua sg saya jalan nya seperti berat kekiri terus dan kepalanya juga kurang singkrong dengan tubuh itu kenapa yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada artikelnya. cara mengobati kaki sugar glider yang bengkak...

      sgnya kurang gizi gak mas? biasa dikasih makan apa? coba makanannya dikasih sari kurma. jaga kebersihan kandang juga.

      silakan baca2 artikel saya mengenai sugar glider di blog ini. baca baik2, lalu praktekkan...

      Delete
  5. dok pas saya mau potong kuku sg nya, baru aja di tarik kaki nya dia eh malah crabbing dok, itu gak apa-apa kan ya? saya takutnya dia malah jadi stress.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2. wajar kok.
      mas ikutin langkah2 cara potong kuku sugar glider seperti di artikel kan? dibungkus dulu pakai kain sgnya?

      Delete
  6. dok kuku sg saya berdarah,trus saya kasih betadine ,itu tidak apa2 kn dok .. ? Kalo saya ksih betadine ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dok kuku sg saya berdarah,trus saya kasih betadine ,itu tidak apa2 kn dok .. ? Kalo saya ksih betadine ?

      Delete
    2. kok bisa berdarah? emang kependekan potong kukunya? :(
      iya pake betadine aja. dan jangan keulang lagi ya mas. kasian...

      Delete
  7. Ass dok knp setelah dipotong kukunya sg saya gk bisa manjat2 lagi?, apa karena potongnya terlalu pendek? Oiya dok saya mau tnya kalo sg hamil dikasi makan apa? Trs hamilnya itu brp bulan? .terima kasih dok sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. gak apa2, biarin aja. nanti juga dia akan bisa manjat2 lagi.

      makanan untuk sg yang hamil kayak biasa. mungkin ditambah lagi asupan proteinnya. biasa dikasih makan apa?

      bisa tambah sari kurma di makanannya...

      Delete
  8. Biasanya dikasih makan bubur sun rasa pisang. Contoh makanan yg mengandung protein apa saja dok? Bagaimana ciri2 sg saya makan anaknya sendiri? Terimakasih sebalumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena saya baru balas...

      sg yang makan anaknya sendiri udah ada artikelnya kok. silakan baca aja. :)

      contoh makanan berprotein banyak: bubur bayi, jangkrik.
      yang rendah protein pepaya, pisang. jadi sementara kasih buah pepaya dan pisang aja

      Delete
  9. Yg jantan dan betina perlu dipisah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya pas yang betina lagi hamil, begitu?
      jangan, biarin aja.

      coba mbak baca artikel saya PENYEBAB SUGAR GLIDER MAKAN ANAKNYA SENDIRI

      Delete
  10. Dok mau tanya nih, sg saya kira2 umur 4blnan itu jari sama kakinya itu pucet gtu warnanya, tpi klo makan masih rakus, trus pupnya jg normal, itu gapapa kah dok? Kan biasanya klo sg kakinya agak pink2 gtu
    Thankyou dok

    ReplyDelete
  11. Dok sg saya yg jantan kan kukunya kepanjangan. Suka nyangkut" di pouch. Saya kawathir ntar terkilir atau gimana. Yg jantan ini baru stgh bonding ke saya. Kalau liat saya udh pgn nemplok aja tapi blm mau diem di tangan jd blm bisa dipotong kuku.
    Lalu dok saya jg mau tanya ini sg betina saya baru aja dateng kok hidungnya lebih merah dari yang jantan terus bibirnya juga agak benjol 2 di bawah hidung. Itu normal ngga dok?
    Dok gmn ya caranya biar si betina kalau makan ga direbut jantannya. Si betina makannya lemot bgt hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak potong aja kukunya. kalau emang ragu2, bisa bawa ke klinik yang biasa buat kucing... mereka bisa juga kok potong kuku sg.... ya kalo emang mau, potong sendiri nggak apa2.... :)

      yang betina saya rasa sehat.... :D

      mbak kasih makan apa? :D

      Delete
    2. Begitu bisa ya dok? Ini jantannya malah parno sama saya kalau siang ga mau nemplok lagi

      Saya kasih buah soalnya yang jantan kan kapan hari kakinya bengkak

      Delete
    3. yang jantan coba sering diajak main, mbak.... atau taro kaos bekas pakai mbak yang masih bau keringet. kaus dalam oke... biar dia kenal sama mbak....

      sehari ganti. jadi sore hari setelah beraktifitas, taro aja kaos dalam mbak di dalam kandang. nah, besoknya, kayak gitu juga. kaos yang kemaren dicuci, ganti dengan kaus dalam yang abis dipakai. gitu terus... :)

      Delete
    4. Baik dok terimakasih sarannya. Akan saya coba.

      Delete
    5. Pagi bu,untuk kencing sg normalnya warna apa? Sg saya warnanya kecoklatan gitu

      Delete
    6. biasa dikasih makan apa?
      kecoklatan bening?

      coba kasih air kelapa muda aja sebagai minumnya...

      Delete
    7. Bubur sama ulat hongkong bu. Coklat teh gitu bu warnanya. Apa karena saya coba kasih snack sg ya?

      Bu saya udh coba nyari repcal tdk ketemu. Boleh diganti callsium buat anjing?

      Delete
    8. untuk kalsium, bisa dari bubur bayi promina. itu udah lumayan tinggi kalsiumnya. :)

      iya, bisa jadi karena snack sg. snack sgnya apa mbak?

      Delete
    9. snack buat SG dan hamster gitu kata penjual petshopnya. seperti dari adonan tepung lalu di potong" kaya stick gitu bu. kalau saya liat ingredients nya ada ulat hongkong, jangkrik dan biji"an begitu. kalau baunya sih seperti stick ikan.

      Delete
    10. oh, fish stick ya mbak. boleh aja sih. tapi jangan keseringan. 2 hari sekali oke. makanan terbaik untuk sg tetep buah-buahan...

      Delete
  12. Dok mau tanya dong saya potong kuku sugar glider lalu berdarah apakah akan bahaya nanti nya dan penanganan nya gimana ya

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.