Cara Chatting Dengan Drh. Fira Lewat HP | Drh. Fira Sovica

Ada beberapa orang yang agak bingung dengan cara chatting dengan saya, Drh. Fira, lewat ponsel. Sebenarnya, caranya lumayan simple. Bagi anda yang ingin chatting dengan saya lewat ponsel, anda bisa mengikuti cara chatting lewat ponsel berikut ini. Oh ya, saya masih membuka konsultasi kesehatan hewan via chatting jika saya sedang online, dan via komentar di post jika saya sedang offline. Artikel ini terkait dengan artikel chatting langsung dengan Drh. Fira.


Berikut adalah cara chatting dengan drh. Fira dari ponsel android anda:
  1. Pertama, follow akun G+ Drh. Fira (https://plus.google.com/+FiraSovica) untuk mengetahui kapan saya online.
  2. Biasanya, saya akan memberi tahu kapan saya akan online via Google+.
  3. Saat saya sedang online, buka blog saya (http://jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.co.id/) dari browser di ponsel anda, lalu klik icon chatting di pojok kanan bawah layar (icon chatting: gambar bulat berwarna ungu bergambar cloud. Lihat gambar.).
  4. Cara Chatting Dengan Drh. Fira Lewat HP
  5. Saat icon chatting diklik, maka akan muncul jendela baru. Ketik pertanyaan anda di jendela tersebut (lihat gambar).
  6. Cara Chatting Dengan Drh. Fira Lewat HP
    Harap diingat bahwa saya hanya akan membalas konsultasi kesehatan hewan yang masuk via komentar di post dan chatting saja. Saya tidak menerima konsultasi kesehatan hewan via Google+. Fungsi Google+ hanya untuk memberitahukan kapan saya akan online.
Demikian adalah cara chatting dengan Drh. Fira lewat ponsel. Semoga artikel tersebut membantu anda untuk chatting langsung dengan saya. Terima kasih. (FS)

48 Responses to "Cara Chatting Dengan Drh. Fira Lewat HP"

  1. Dok mau tanya, saya punya brancher BWK,tapi kuku sebelah kanannya patah/lepas,itu apa bisa tumbuh lagi ya?
    sama sebelah kiri kakinya luka,obat apa yg bagus biar cepet kering dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kuku bwk yang copot atau lepas atau patah nantinya akan terganti dengan kuku baru. kalau patah, biasanya akan tumbuh lagi...

      kalau bwk luka, kasih betadine aja mas. totol2 pakai kapas yang dibasahi betadine sedikit... dan sering2 dijemur biar lukanya kering terus... :)

      Delete
  2. Dok saya mau tanya, SG saya tadi malam kaya ketakutan soalnya biasanya anteng jadi lompat lompat terus sama bunyi terus, biasanya jinak jd crabing kalo dideketin. Trus td pagi saya liat masih crabing klo dideketin, sama keliatan lemes dan kalo nyengkram kandang keliatam kaya mau lepas, kaki bagian belakang yang paling keliatan lemea banget. Nafsu makan masih doyan dok. Barusan saya kasih UH masih makan. Kira kira kenapa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasa mas kasih makan apa? bubur bayi? coba ganti bubur bayinya pake bubur bayi promina, mas. dan kasih sari kurma di bubur bayinya.

      soal kenapa dia tiba2 aktif waktu malam, wajar kok. mereka kan emang hewan malam. mas udah berapa lama pelihara sg? dan peliharanya berapa ekor? seekor ya? sg itu hewan sosial, mereka butuh temen buat di kandangnya... jadi minimal pelihara 2 atau sepasang...

      dan pengalaman saya, sg saya juga dulu gitu. suka aktif dan gerak2 heboh sendiri kalau malam. saya yang kebetulan 'bisa lihat', yah emang ada sih 'kayak gitu' di deket kandangnya. mungkin si sg juga 'bisa lihat' apa yang saya 'lihat'... kita mah gak usah ganggu mereka, dan mereka pun gak akan ganggu kalau kitanya gak ganggu duluan. biasanya kalau sg saya kayak gitu, saya ajak main dia. bisa dielus di dalam kandang, dll...

      coba mas baca2 dulu artikel saya tentang sg di blog ini. kayaknya udah pernah saya bahas tentang sg bisa lihat makhluk gaib... :)

      Delete
  3. Saya pelihara sepasang dok. Aktifnya itu aneh banget dok sampe jd galak sama saya padahal sebelumnya jinak banget sampe crabing crabing. Sekarang kondisinya malah gk bisa gerak dok diam aja keliatan lemes banget. Sebelumnya kaki belakangnya yang keliatan lemes, sekarang cuma diam aja sama gigit apa aja yang ada di sekitarnya. Supaya gk semakin buruk saya spet sama saya kasih madu dok, saya gk tau ada dokter hewan atau gk di tempat saya soalnya kota kecil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dikasih madu, mas. mending kasih sari kurma aja.
      sebelumnya saya tanya. mas merokok? kalau iya, sebaiknya kalau merokok jangan dekat2 mereka biar asapnya gak terhirup.

      terus usia sgnya berapa?
      gini aja. pindahkan kandang sgnya ke ruangan yang sepi. biarin aja dia di situ. dan coba cek fesesnya, apakah mencret?

      makanannya mas ganti promina. kasih sari kurma dikit.

      air minumnya boleh dikasih sari kurma juga... dan coba kasih buah yang terasa manis kayak lengkeng, atau pepaya...

      kabari terus ya mas.

      Delete
  4. Dok, nama saya Titan. Saya ingin konsultasi. Kitten saya persia medium umur 2.5 bulan. Sebelumnya, saya beli di pet shop. Pas sampai di rumah saya beri makan max cat food khusu kitten (dryfood). Dia feses nya masih keras seperti biasa. Tapi beberapa hari kemudian kira kira 2 hari, feses nya mulai lembek. Besoknya mencret. Apa karena dia tidur di kamar berAC jdnya masuk angin dn diare? Atau dia g cocok dgn makananya.Kitten saya suka masuk kamar saya soalnya. Karena udh 2 harian dia fesesnya lembek, saya lgsung tnya ke pet shop yang dulu saya beli kucingnya. Dia bilang mungkin makananny g cocok, dia biasanya kasih meo kitten. Udah 2 harian dia diare. Sempet mengeras lg, tp bskny lembek lg. Kadang lembek dn kadang cair.feses nya warna cojlat muda kekuningan gitu dok. Kyk diare manusia aja gitu.. Saya kan nitip teman saya beli catfood dulu. Tp berhubung lg ga tersedia yg meo kitten adanya yg adult, jdnya beli yg merek whiskas dulu. Saya pikir mungkin dia cocok karena sebelumnya saya pernah melihara kucing anggora medium juga dan cocok cocoj aja. Saya kan campur yg max catfood dengan whiskas. Perbandingannya 2:1. Whiskas ny saya ksih sedikit. Dia makan lahap msih lincahh. Selama dia diare dia ttp lincah dan engga muntah. Tapi besoknya setelah diberi whiskas, poop nya berdarah dn skrg dia udh ga lincah dn lemas gitu dok. Sebelumnya dia poop ga berdarah tp skrg lembek dn disertai darah dn juga lendir. Makan minum juga sedikit banget. Saya takut dia kenapa kenapa. Saya mikirnya sih antara dia
    1. Masuk angin karena tidur di ruangan ac dan diare. Karena luka dia jd fesesnya brcampur darah.
    2. Ga cocok sama catfood nya jd harus ganti meo kitten.
    3. Cacingan atau kena penyakit lain.
    Ditunggu balasannya ya dok. Sekarang kitten saya sementara tidur di luar. Saya ga kasih dia masuk ke dalam kamar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya seneng mbak titan mindahin kucingnya ke ruangan non ac, karena tebakan saya sama kayak tebakan mbaknya. tapi saya sendiri cenderung ke ruangan ac.

      yang saya sayangkan, kenapa mbak ngasih wishkash juga ke kucingnya? :)

      karena pencernaannya udah lumayan 'kaget' dengan dikasih makanan yang beda (max cat food) dengan makanan sebelumnya, eh mbaknya malah kasih makanan yang lain lagi (wishkash).... :D

      harusnya terus kasih max aja, jangan ganti lagi. :)

      sekarang kedaaan kucing gimana? jaga agar dia gak kedinginan, dan kasih max khusus kitten. wishkashnya stop....

      kabari lagi ya mbak...

      Delete
    2. Iya dok, saya sekarang pindahin di luar ruangan Ac dn stop kasih whiskas. Baru hari ini sih. Saya kasih max cat aja. Makannya masih sedikit dok. Semoga besok dia baikan. Soalny saya takut bgt dia knp knp. Saya sudah beli obat cacing merek combantrin. Saya cari di internet, kucing dibawah 3 bulan sebaiknya jgn dikasih dontral cat dulu. Menurut dokter, saya prlu ksih obat cacingnya ga kalau dia ga membaik? Trimakasih dok :)

      Delete
    3. masalahnya, saya sendiri gak tahu dia beneran cacingan atau emang cuma masalah sistem pencernaannya aja yang kaget....

      untuk sementara ini, jangan dikasih obat apa2 dulu. cukup pastikan dia gak kedinginan biar sistem cernanya gak terganggu... dan kasih makan dikit2 aja, yang penting dia mau makan... :)

      Delete
  5. Kucingnya udh ga berdarah dok poop nya. Saya stop whiskas. Dia jg tidur di luar yang NON-AC tp poopny masih lembek.

    ReplyDelete
    Replies
    1. warna fesesnya gimana? kayak feses kucing biasa (putih kekuningan) atau ada hitam2nya? :)

      ada perbaikan, tapi lanjutkan saja.... kalau mau, kompres perutnya... caranya ada di artikel saya cara mengobati kucing kembung... :)

      Delete
    2. Maaf dok baru kabari. Kucing saya poop nya sudah seperti biasa. Tp ga keras keras bgt. Sebelumnya dia poop ada cacingnya. Trus saya kasih obat cacing dan bangkai cacingnya keluar semua. Poopny beberapa hari mencret lg. Saya baca efek samping obat nya memang bisa menyebabkan diare, hilang nafsu makan dll. Tp skrg kucing saya sehat dan ga kenapa kenapa dok :). Sbntr lagi 3 bulann dan mau di grooming biar cantik

      Delete
    3. oh, syukurlah kalo emang udah mendingan. saya seneng dengernya. :D

      kabari terus ya mbak... :)

      Delete
  6. dok mau tanya kalo bulu disekitar bawah buntut sudah tebal apakah boleh dipotong (maksud saya agar memudahkan BAB tidak mengenai bulu)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hewannya apa mas? burung hantu, kucing, atau anjing? hmm, kalau emang fesesnya nempel2 di bulu tersebut, boleh aja sih di potong.... tapi tetep aja, kalau hewannya abis pup, cek aja bagian anusnya... kalau masih ada kotorannya, ya bersihkan... :)

      kabari lagi...

      Delete
  7. Dok, kirakira susu kucing yang bagus dan harganya terjangkau sekitar 30-50k untuk kitten ku merek apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk harga susu kucing, saya kurang tau. :D
      mungkin bisa tanya ke petshop terdekat...

      Delete
  8. Halo dok,
    Kucing saya lagi birahi, terus memang suka saya biarkan main di taman belakang. nah minggu kemarin ada jantan yang datang terus kucing saya lari, jantannya marah marah. lalu kucing saya masukin kandang, nah baru barusan saya liat di bagian punggung dekat ekornya kaya ada bekas kerokan seperti gundul gitu, itu kenapa ya? atau karena ganti makanan jadi seperti itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bekas kerokan gimana? bisa saya liat fotonya? upload aja di postimage.org, linknya taro di sini....
      dia suka garuk2 bagian ekornya?

      soal birahinya, kenapa nggak dikawinkan?

      saya kira ganti makanan nggak berpengaruh sama bulunya kecuali kalau emang si kucing betul2 gak cocok sama makanannya, hingga membuat dia stress. itupun rontoknya biasanya gak cuma di ekor....

      kabari lagi... :)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Tidak sempat dikawinkan, dia gapernah garuk garuk anteng-anteng aja, cuma jilat jilat badan seperti biasanya.
      Terus dikepalanya juga kenapa ya, waktu itu saya bawa ke dokter sudah disuntik jamur
      cuman ini kasian ekornya kenapa ya dok. makasihh
      https://postimg.org/gallery/1xy8uxvbq/

      Delete
    4. makasih banyak atas gambarnya. :)
      baru mbak adopt dari orang lain? kayaknya sih itu faktor external. kalau berdasarkan penglihatan saya sih, mirip abis digunting itu. itu kalo dari visual saya saja loh ya. :D

      Delete
    5. Iya ini baru saya adopt, seperti ada ketombe gitu dok, putih-putih. harus saya gimanain ya itu yang botaknya? makasih banyak dok

      Delete
    6. cukup rutin aja mandikan tiap minggu. kalo soal bulunya, nanti tumbuh sendiri. jaga kebersihan kandang dan kucingnya... :)

      Delete
  9. Assalamualaikum dok. Saya mau tanya kucing saya namanya amung umur sekitar 5bulan dari semalem kenapa napasnya cepat sekali. Dalam 1menit amung bisa ambil napas sampe 70 kali trs kalau dipegang bagian perut amung pasti merintih gitu dok tapi untuk makan amung masih lahap dan masih lincah juga kaya ngga nunjukin kalau dia lagi sakit dok jadi saya bingung.  Kira kira amung kenapa ya dok? Terima kasih sebelumnya ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah berapa lama?
      dia banyak kontak atau berinteraksi sama perokok? sehari2nya amung dimana? bebas liar di lingkungan rumah (diliarkan) atau di dalam rumah aja? terus, kalau di dalam rumah aja, ada kucing lain yang seruangan nggak?

      mending amung karantina dulu. taro di ruangan atau kandang khusus. jangan disatuin sama kucing lain. cek juga lubang hidungnya. apa keliatan basah (ada ingusnya), cek juga fesesnya....

      kalau gak ngerepotin, coba foto fesesnya (tahinya), upload di postimage.org, terus linknya taro di sini...

      Delete
  10. Siang Drh vira yang cantik, saya Fauzi, Mau nanya, kebetulan punya kukang yg saya beli d penjual hewan.kukang yg saya punya umurnya kira2 3bulanan, kebetulan makan nya susah, dikasih pisang Di iris kecil makan cuma sedikit, dikasih bubur juga tdk d makan, yg ingn saya tanyakan bagaimana cara agar kukang yg saya pelihara Mau makan, dn makanan yg bagaimana yg cocok buat anakan kukang

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertama, kukang itu emang hewan nocturnal. mereka lebih aktif di malam hari. kalau siang mereka males2an.
      kedua kesehatan kukang bisa diliat dari fesesnya. kukang yang sakit biasanya fesesnya juga mencret, dan baunya lebih busuk dari biasanya.

      kalau kukang mas makannya dikit, gak apa2. ada 2 kemungkinan: pertama, emang mas ngasih makannya pas siang hari. kedua, dia gak mau makan kalau diliatin. dan itu wajar kok. coba taro aja makanannya di wadah.... :)

      Delete
    2. Menanggapi jawaban dokter, saya ingin jelaskan bahwa feses Kukang TDK lah lembek atau bau (normal), saya kasih makanan (potongan pisang)ditempat yg dtaroh dlm kandang MLM hari,tp tidak pernah habis padahal cma sedikit dan pisang nya sampai busuk.demjkian susu yg saya kasih d tempat minum jga wlw dikit TDK pernah habis.wlw demikian sdh hampir 20harian kukangmua kelihatan sehat krna hampir tiap MLM Kukang saya lepas di kamar biar dia merasakan kebebasan dan jam 12mlm baru di taruh kembali ke kandang. Wlw demikian ada kekhawatiran klo hal tersebt berlanjut (selera makan dn minum yg sgt sedikit) akan bisa menyebabkan Kukang nya sakit dikemudian hari. Untuk itu adakah solusi biar dia bisa makan minimal buat penuhin kebutuhan gizi nya? Atas saran yg d berikan saya ucapkan trimakasih

      Delete
    3. kalau memang fesesnya tidak mencret dan baunya normal, saya kira dia masih sehat.
      saran saya, setop aja susunya. mas kasih susu apa? karena setahu saya, susu 'manusia' gak cocok buat kukang.
      dari makanan sudah bagus, cuma porsi buahnya mungkin ditambah. terutama pepaya. dan sebagai pelengkap, bisa kasih bubur bayi promina juga.
      oh ya, satu lagi. kukang termasuk hewan yang dilindungi di indonesia... :)

      Delete
    4. Saya kasih Dia susu sgm, berharap vitamin dn nutrisi Dia bisa dilengkapi oleh susu sgm umur 1_3thn..
      Ia dok, kukang hewan yg dlindungi, DPT dptnya beli Sama penjual hewan, ada keinginan melepas ke alam, tapi takut Dia akan terancam, baik oleh pemburu kukang (krna harga d pasaran Mahal Banyak penmburu kukang yg seharusnya pemerintah bisa menangkap mereka agar perburuan kukang turun drastis) dn oleh alam karna habitat alaminya yg Sudah sangat berkurang krna penebangan liar, sya CMA berharap kukang yg sy pelihara bisa Sehat, tdk terkekang (Sdh d buatkan kandang UK 1'8m) dn trcukupi kebutuhan hidupnya

      Delete
    5. saya salut sama masnya. mas tinggal dimana? kalau di bogor, mas bisa kontak IARI. mereka organisasi khusus pelindungan dan pelepasliaran kukang ke gunung salak....

      susu malah bikin sistem cernanya kurang bagus, mas. makanan yang cocok sebenernya buah. :)

      Delete
  11. Dok mau tanya sy punya anjing minipom umurnya baru 3 bln kurang 1 minggu,biasanya dia makan sangat lahap dan banyak, tapi tiba" jadi ga mau makan. Suka tidur. Susah minum itu kenapa ya dok? Trus jadi diem aja biasanya ga bisa diem.. dia sudah di vaksin tahap 1.. Thanks dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana? mencret?
      saya ada dugaan, terutama kalo bener fesesnya mencret. tapi kalo saran saya, mending mbak bawa ke dokter hewan terdekat aja biar sekalian dikasih obat... :)

      Delete
  12. selamat pagi dok, saya mau tanya dok kucing saya si mpus sudah melahirkan anak pertamanya, tapi pas mau melahirkan anak keduanya si mpus hanya mengeluarkan air ketubannya aja dok tapi anak'a ga keluar", si mpus mengejan" hingga lemas dok, jarak air ketubannya itu sudah lebih dari 12 jam tapi anak'a sampe sekarang blm keluar" dong, itu kenapa ya ? apakah bahaya buat si mpus dok ? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama hamil, si mpus jarang bergerak ya? cuma dikurung aja di dalam kandangnya?
      sebaiknya induk kucing yang sedang hamil dibiarkan bergerak di dalam ruangannya. jangan hanya dikurung di dalam kandang. maka resiko kejadian seperti ini bisa diminimalisir...

      agak susah sih kalo saya tidak lihat kucingnya langsung, mbak. jadi saya sarankan mending segera bawa kucingnya ke dokter hewan terdekat...

      selama si mpus melahirkan, mbak liatin melulu ya?

      Delete
  13. Assalamualaikum. Dok, sy punya elang Sulawesi Hawk Eagle, sdh 2 hari In mulut BOP saya berbau & tadi pagi saya buka mulut nya banyak benjolan kecil berwarna kuning, seperti penyakit Goham pada merpati. Kalau dari kotoran nya saya lihat masih normal seperti biasa, sebelum kena penyakit itu saya kasih makan ayam.! 1hari setelah itu baru terasa berbau mulut nya. Sekarang saya lihat dari fisik masih bagus. Mohon bantuan nya dok.!

    ReplyDelete
  14. Assalamualaikum. Dok, sy punya elang Sulawesi Hawk Eagle, sdh 2 hari In mulut BOP saya berbau & tadi pagi saya buka mulut nya banyak benjolan kecil berwarna kuning, seperti penyakit Goham pada merpati. Kalau dari kotoran nya saya lihat masih normal seperti biasa, sebelum kena penyakit itu saya kasih makan ayam.! 1hari setelah itu baru terasa berbau mulut nya. Sekarang saya lihat dari fisik masih bagus. Mohon bantuan nya dok.!

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas baca artikel saya cara mengobati frounce.
      dan nanti, coba jangan dikasih ayam. kalo toh mau kasih ayam, mending kasih anak ayam yang sudah disiangi/dipotong. kasih dagingnya aja.

      Delete
  15. Sy sudah baca artikel nya pengobatan Frounce dok. Tdi pagi sy lihat ad perubahan dengan kotoran nya, sdh mulai ad warna hijau nya dan agak lebih cair.! Kalau nafsu makan nya sangat lahap dok, cuman masalahnya susah tertelan sama BOP nya, sering singgah di tenggorokan, padahal pakan nya sdh sy ksih daging nya saja, trus klw lagi makan seperti susah nafas jadi mangap trus, tpi klw pakan nya sdh masuk tembolok smua sdh enakan lgi sya lihat.! Trus klw mw buang kotoran sy lihat agak susah, biasanya seperti di paksa sama BOP nya.! Mohon bantuan nya dok.!

    ReplyDelete
  16. Sy sudah baca artikel nya pengobatan Frounce dok. Tdi pagi sy lihat ad perubahan dengan kotoran nya, sdh mulai ad warna hijau nya dan agak lebih cair.! Kalau nafsu makan nya sangat lahap dok, cuman masalahnya susah tertelan sama BOP nya, sering singgah di tenggorokan, padahal pakan nya sdh sy ksih daging nya saja, trus klw lagi makan seperti susah nafas jadi mangap trus, tpi klw pakan nya sdh masuk tembolok smua sdh enakan lgi sya lihat.! Trus klw mw buang kotoran sy lihat agak susah, biasanya seperti di paksa sama BOP nya.! Mohon bantuan nya dok.!

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke. lakukan terus langkah pengobatan frounce-nya.
      dan coba kasih super-n. dosisnya, baca di artikel saya cara agar burung hantu tetap sehat... :)

      Delete
  17. Dok, Frounce yg di mulut BOP sy sdh hilang tpi seperti ada tulang yg menonjol keluar pada lidah dalam dekat tenggorokan.! Ap itu wajar.? Sy jga tdk bisa dapat obat super n dsini, mungkin ada saran lain untuk pengganti obat nya.!

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas beli super-n di toko makanan burung. di daerah mas gak ada toko makanan burung?

      mengenai tonjolan di dalam mulutnya, dia masih mau makan nggak?
      terus bisa mas fotoin? coba aja foto, upload ke postimage.org, terus linknya taro di sini....

      kabari lagi...

      Delete
  18. Malam dok, kucing saya yg masih berumur 2bulan terkena gigitan tikus kupingnya sampe robek dok:'( Untuk lukanya sendiri sudah saya bersihkan dan karna saya panik luka tsb saya beri betadine. apa tindakan saya sudah tepat? Dan selanjutnya saya harus bagaimana ya dok? Trims.
    Ini foto keadaan kucing saya saat ini dok https://postimg.org/image/u407fl9t1/

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah bagus tindakannya. :)
      mungkin mas bisa tetep hubungi dokter hewan untuk asupan antibiotiknya. sekalian dicek.

      mungkin observasi aja dulu sampe 3 hari ke depan. baru setelah itu ke dokter hewan kalau lukanya belum kering... :)

      Delete
  19. dok mau tanya. saya punya partner CHE DM. idealnya dikasih makan sehari berapa kali? kemudian cara mengukur berat idealnya gimana? soalnya ada yg bilang klo dikasih makan kebanyakan, nanti bisa obes sehingga nanti burung jadi malas. mohon bimbingannya dok, terimakasih.

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.