Chatting Langsung Dengan Drh. Fira | Drh. Fira Sovica

Setelah lama tidak ditampilkan, kini menu chatting dengan Drh. Fira kembali diaktifkan. Saya senang sekali dengan adanya fitur chatting ini, karena semua chat yang masuk bisa saya jawab dari gadget saya. Terima kasih juga untuk sahabat admin yang selalu siap memoderasi chat yang masuk sebelum saya jawab.
Chatting Langsung Dengan Drh. Fira


Semua chat yang masuk langsung saya jawab meski dimoderasi lebih dahulu. Proses moderasi ini tidak lama, admin hanya memastikan bahwa chat yang masuk memakai bahasa sopan, tidak mengandung unsur spam, SARA, dan semacamnya. Selebihnya, semua chat yang masuk akan langsung saya jawab. Beberapa chat mungkin akan sedikit lama dijawabnya, hal ini tentu disebabkan oleh kesibukan saya, namun semua chat yang masuk pasti saya jawab. Harap diperhatikan bahwa jam aktif chat adalah mulai dari jam 8 pagi hingga jam 10 malam. Anda bisa memulai obrolan dengan saya dengan mengklik tab "ONLINE" di sisi kanan bawah bagi yang menggunakan komputer, dan bisa mengklik gambar cloud di sisi yang sama bagi yang menggunakan smartphone.

Sekali lagi, saya ucapkan terima kasih kepada kru admin blog drh. fira yang sudah menambahkan fitur chat dengan drh. fira sovica ini. Semoga keberadaan blog ini bisa terus memberikan manfaat bagi semua.
Salam, drh. Fira.

414 Responses to "Chatting Langsung Dengan Drh. Fira"

  1. Dok, burung hantu saya kok.. Kedap kedip aja dri tdi pagi . bunyinya cerit.. Itu sakit atau ngantuk dok .. Aku khawatur sakit ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dia masih mau makan, dan masih aktif, sepertinya masih sehat... :)

      cek aja fesesnya, mas..

      Delete
    2. Pagi dok,kucing saya ragdoll jantan usia 1 tahun 7 bulan,ga mau kawin dengan kucing betina,padahal betina nya udah birahi,tapi gitu ngeliat boneka langsung mau sama boneka,kira kira ada saran ga dok biar mau sama betina? Terimakasih sebelumnya dok

      Delete
    3. sama kasusnya kayak si anjing, kucing saya. dia suka kawin ama kucing jantan. hihihi.

      kucing jantannya masih perjaka ya mbak? bener? kadang kasus kayak gini biasanya terjadi pada kucing perjaka (belum pernah dikawinkan).

      tunggu aja sampe beberapa minggu ke depan. sekitar 2 hingga 3 minggu. yang terpenting, pastikan tempatnya tenang, gak rame, dan terlalu bising. karena kadang ada kucing yang gak mau kawin kalau tempatnya terlalu bising atau nggak nyaman menurut dia... :)

      Delete
    4. Iya dok masih perjaka hehe, ngelanjutin pertanyaan sebelumnya nih dok,si betina kan bareng terus sama dia dari kecil,apa harus nyari betina baru ya dok ?

      Delete
    5. hmm, sebenernya sih gak masalah, namun kalau mbaknya mau coba kawinkan dengan betina lain, bisa dicoba... :)

      karena kadang ada pejantan yang milih2.... :)

      Delete
  2. Dok, mau nanya che lm saya kenapa ya semalam saya kasih anak bebek yg masih bulu kapas gtu ikut sama tulang2 nya saya cincang, ga berapa lama semua isi di tembolok nya dia muntahkan semua, nah skrang ga mau makan saya kasih daging sapi. Kondisinya skrg asik tiduran aja di kotak nya.... klo saya perhatikan agal lemas gtu, klo di pegang suka bersuara kecil gtu, usia chelm saya branchet akhir, yg mau saya tanya bop sya knp ya dok, itu parah ga ? Dan penanganan/obat apa yg harus saya kasih, klo kotoran nya cairan warna bening agak berlendir n warna putih sperti kapur.. thanks donk mohon solusi ny

    ReplyDelete
    Replies
    1. tadi udah saya bales via chat ya mas... :)

      kabari lagi :)

      Delete
  3. Dok, I'm sorry if I disturb you again ,saya cuma mau nyanya dok inget saya kan yg thn lalu tanya tentang hedgehog, nah landak saya udh setahun umur nya dok dari data yg abang nya betikan ke saya ,nah bulu di deket leher n kepala nya (duri ) agak botak n menghilang..saya kan udh mandiin dia 1bln 2x knp bisa gitu yh dok.. saya pake sampo baby dan pakai air hangat.. apa ada yg salah dengan cara saya ngerawat.. dia agak gemuk and lincah nafsu makan juga banyak cuma duri di kepala dr leher sampe pungung agagk botak dok jarang garuk badan itu knp yh ?,tolong dok saran nya, i really need your advice ,note: dgn mengikutin saran dokter sata hanya kasih makan serangga, ulet hongkong ,jngrik, dan saya liat di instragram yg di jepang.korea n asia lain hanya kasih hedgehog nya seranggga n daging tidak cat food, seperti kata dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena saya baru balas. maaaf banget. saya sedang sakit sekarang.... :(

      sebelumnya saya tanya, kebersihannya gimana mas? mas jaga? sering mas jemur gak? terutama habis mandi. jaga juga dari kutu. kalau dia suka garuk2, patut diwaspadai....


      bedding bubuk kayu mas ganti berapa hari sekali??

      sekali lagi maaf kalo baru saya bales. doakan saya agar cepet sembuh...

      Delete
  4. Dok mau nanya, untuk bop sayap coklat baru 3hari sementara sy beri makan ikan, apa cocok dan untuk perkemban kedepannya gimn, usia bop nya kayaknya masih mudah

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya mas gak ngasih tau BOPnya jenis apa... bisa mas jelaskan lagi? umur bopnya juga,,,
      bagusnya sih bOP kasih mencit atau pingkies alias bayi tikus putih...

      maaf baru bisa saya balas, saya sedang sakit sekarang mas.... mohon doanya aja... :)

      Delete
    2. Ini bop nya br dari penangkap liar, untuk usianya sy tdk tau, tingginya 29cm, info dr penangkapnya elang gunung/ sayap coklat...

      Delete
    3. coba aja kasih pingkies atau mencit. hamster anakan boleh. emprit juga bisa, tapi disiangi dlu...

      dari ukuran tubuhnya sih kayaknya early juvenile.
      cek fesesnya mas, bop sehat biasanya bopnya spesifik. silakan baca artikel cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya, secara prinsip sama....

      Delete
  5. dokk semua hewan saya tak taruh di dapur dok itu kan kalo buat masak gasnya ngaruh ke hewan-hewanku gak dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, kalo ada ruangan lain sih mending taro ruangan lain aja mas.... :(

      kasian kalo di taro didapur...

      Delete
  6. dokter, saya mau tanya, anak kucing saya kemarin di kasih kornet sama orang rumah(ga pernah di kasih sebelumnya). lalu pas malamnya jadi lemes, pas hari ini saya cek tadi pagi lemes juga, jadi gamau minum susu khusus kucing yang biasa saya kasih padahal biasanya suka lahap tapi pas saya kasih makanan kaleng yang beli di petshop dia mau makan, lalu pas sore tadi saya kasih susu, dia mau tapi hanya sedikit dan masih keliatan lemas walau sudah sedikit mendingan. mohon pencerahannya :( terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah saya balas via chatting barusan ya mas... :)

      Delete
  7. Dok mau nanya?

    1. bop saya sekitar seminggu lebih prilakunya parunya mangap terus dan lidahnya diangkat keatas, apakah gejalah ini normal.

    2. Lidah bop bagian dalam terlihat terbelah apakah lidah bop seperti itu, soalnya sy tdk paham

    3. Terlihat juga langit langit bagian atas parunya dalam terbelah

    Dari kondisi diatas sy sangat kawatir apakah gejala normal atau cedera, mohon bantuan saran dan informasi. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya mas gak ngasih tau owlnya masih mau makan atau nggak.... ada kemungkinan kena frounce, mas? coba baca artikel saya cara mengobati frounce pada burung hantu.

      cek juga fesesnya, baca artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya....

      lainnya, kayaknya sih karena frounce, mas...

      Delete
  8. Pagi dok.. mohon bantuannya dok, BOP saya masih brencer dok.. kmaren saya kasih anak ayam utuh, supaya bisa di kill sendiri sama blajar makan sendiri dok.. yang pertama kmaren dia masih ngeluarin felet dok tapi yang skarang gak ada dok.. dan hasilnya fatner saya gak mau makan dan kurang fitt dok... kmaren pun pas di suapin juga di muntahin dok.. mohon bantuannya dok.. udah 3 hari dia gak makan dog...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masih brancher, harusnya mas siangi dulu anak ayamnya, jadi yang dikasih cukup dagingnya aja. bagusnya sih sebenernya bayi emprit aja, yang gak ada bulunya. itu lebih bagus....

      sekarang gimana keadaannya mas? coba kasih minum. cek juga fesesnya, baca artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya...

      oh ya. jenis bopnya apa mas? coba kasih jangkrik deh. kaki jangkrik yang tajam (kaki belakangnya) gunting dulu...

      saya tunggu kabarnya

      Delete
    2. Fesesnya warna ke hijawan dok.. dak mencair dok karna tibit yang di kasih dikit dok..

      Delete
    3. coba mas kasih super-n aja dia dia. beli di toko makanan burung. namanya super-n. berikan sesuai dosis ya mas.

      bagusnya sih kasih vitahawk, tapi kalau vitahawk gak ada, bisa kasih super n...

      sekarang gimana keadaannya? usahakan jaga pola makan. dan jangan kedinginan.... :)

      Delete
  9. Bop nya untuk selera makan bagus.. dok ada wa atau pin bbm, sy mau perlihatkan ft bop nya. Tks dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan bisa via chatting, mas...
      sayangnya mas gak kasih tau saya jenis bopnya sih. jadi saya bingung... :)

      Delete
  10. Tidak apa dok via chating sebelumya terima kasih.
    Bop elang sayap coklat: butastur liventer, rencananya foto area lidah yang akan sy konsultasikan, apakah paru yang sering terbentur mempengaruhi saluran pernafasan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, elang sayap coklat.
      bisa aja sih karena bagian dada atau paru2 sering terbentur, jadi agak bermasalah pernafasannya. tapi sebelumnya saya tanya dulu: mas merokok? sering handle BOPnya sambil merokok gak?

      akan lebih baik sih bawa ke drh aja mas. saya butuh visualnya soalnya. agak susah kalau nggak liat langsung... :)

      sekarang gimana keadaannya? mendingan?

      Delete
  11. Tidak apa dok via chating sebelumya terima kasih.
    Bop elang sayap coklat: butastur liventer, rencananya foto area lidah yang akan sy konsultasikan, apakah paru yang sering terbentur mempengaruhi saluran pernafasan.

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Maaf dok.. bop saya che lm dok.. iyaa dok.. saya kasih air campur gula sama sedikit garam dok.. dan juga saya kasih vita plex dok.. bisakah dok?
    Oh ya dok.. tadi saya juga liat ada bintik2 putih di lidah sama dalam mulutnya itu.. knapa ya itu dok?
    Di kasih jankrik nya brapa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu suruh siapa kasih air gula buat che lm? dan manfaatnya apa?

      kalau bintik putih atau flek putih di lidah, udah ada artikelnya. cara mengobati frounce pada burung hantu. secara prinsip sama.

      kalo soal porsinya, saya butuh tau usia BOPnya mas... :)

      chatting langsung dengan saya bisa diliat di halaman ini, sebelah kanan bawah. bagusnya sih buka dari komputer. kalo saya lagi online, ada tulisannya kok: "drh fira sedang online"

      Delete
    2. Dok.. che lm saya udah 4 hari ini muntah trus dok.. gimana ni dok dia udah kurus bnyet dok.. ada sulusi kalo kaya gitu dok.. apa pemberian obat pencuci perut lagi dok.. biar felet nya kluar dok.. mohon info nya dok.. tks

      Delete
  14. Oh ya dok.. maaf duat cheting lansung sama dokter gimana yah hehehe

    ReplyDelete
  15. Terima kasih infonya.
    Sementara agak mendingan setelah sy tempatkan di garasi dengan sirkulasi udara bebas, hanya malam bop nya selalu mau balik ke dalam rumah. Untuk parunya sy amati ada bekas benturan dan lubang saluran pernafasan bagian dalam sepertinya
    Tertutup sama dinding paru bagian atas.

    ReplyDelete
  16. Aduh salah dok yaa.. katanya biar muntah dok..
    Usianya satu bulang lewan semingu dok..
    Jadi gimanadok kalo dia masih gak makan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas. :(
      sekarang gimana keadaan owlnya? bop secara normal akan muntah kalau dia kekenyangan atau ada sisa makanan yang nggak bisa dia cerna kok, kayak bekas tulang atau bulu.

      fesesnya gimana mas? coba kasih super n aja ke buurungnya. beli di toko makanan burung...

      sekali lagi maaf karena baru balas...

      Delete
  17. Dok.. bop saya gak mau makan dok dan muntah trus dok.. dan skarang kondisi udah sangat lmah dok.. gimana ni dok? Mohon bantuannya nya dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh saya tanya kenapa mas merangsang bopnya buat muntah? :)

      Delete
    2. Maaf dok sblum nya..
      Kmaren saya udah bawa bop nya ke dokter hewan.. alham dulilah udah mau makan skarang dok.. di kmaren di suntik dok.. tapi kok kaki kiranya seperti lumpuh dok gak bisa di gerakinnya.. apakah itu epek obat atau kena syarafnya dok?

      Delete
    3. Maaf dok sblum nya..
      Kmaren saya udah bawa bop nya ke dokter hewan.. alham dulilah udah mau makan skarang dok.. di kmaren di suntik dok.. tapi kok kaki kiranya seperti lumpuh dok gak bisa di gerakinnya.. apakah itu epek obat atau kena syarafnya dok?

      Delete
    4. syukurlah kalau mas udah bawa ke owl, saya ikut senang. untuk kakinya, mending tunggu aja dlu sampe besok atau lusa. kalau masih sama keadaannya, mas bisa hubungi dokter itu lagi... :)

      Delete
  18. Untuk keadaannya parunnya mangap terus saat sy tempatkan di dalam rumah, ohh iya dok ada prilaku bop yang saya perhatikan saat bop sy tempatkan di teras rumah saat menjelang malam bop nya ngamuk dan selalu ingin terbang akhirnya sy tempatkan ke dalam rumah lagi, kenapa prilaku bop nya seperti itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. soal mangap2 terus, saya mau tanya dlu. ada kemungkinan dia kepanasan? karena biasanya burung akan mangap2 kalau kepanasan. coba cek dlu...
      lubang hidungnya basah? nafsu makannya gimana?
      coba jemur aja mas tiap pagi, 10 menit aja sebelum jam 9 pagi. kalau gak sempet, sabtu minggu aja...

      kalau untuk perilakunya, sebenernya sih gak aneh. karena masing2 hewan terutama bop punya karakter sendiri2. sama aja kayak kita manusia, mas...

      saya tunggu kabarnya ya mas

      Delete
    2. Terima kasih dok,
      Lubang hidung kering dan untuk nafsu makan masih bagus hanya untuk minumnya sy masih bantu soalnya tidak mau minum.
      Untuk sayap yang patah kira2 berapa lama akan tumbuh kembali.
      Sy ada rencana untuk malam hari sy tempatkan dalam kandang dan dlm proses pemesanan, menurut dokter gimn bop sy tempatkan dlm kandang dengan tanpa ikatan.

      Delete
    3. asalkan kandangnya cukup besar sehingga tidak membuat si BOP stress, saya kira aman, mas...

      mungkin jemur aja kali mas, minimal seminggu 2x...

      maksudnya sayap yang patah itu apakah cuma bulunya atau patah tulangnya, mas? kalau cuma bulunya yang rusak, biarin aja. nanti juga terganti sendiri kalau udah moulting... :)

      Delete
  19. Selamat siang dok.
    Gini dok,kucing saya diduburnya kelur daging seperti Ambeien. apakah ada obatnya apa harus operasi.
    Sebelumnya terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kasusnya urgent kayak gini, mending bawa ke dokter hewan aja mas biar dicek... soalnya susah juga kalau tidak liat keadaan musangnya langsung...

      Delete
  20. Dok,celepuk saya brancher suka gerak gerak Ky yang sekarat gara gara pernah jatuh sendiri trus kecekik sm kabel ,gk mau mkn trus kl di kasi makan Ky yg keselek gitu,matanya juga nutup dah 2hari,,tolong dok solusinya

    ReplyDelete
  21. Dok kucing saya cacingan, dia brumur skitar 2 sampai 3 bln. Dia sangan lemah dankurus, saya sudah memberika obat askamex 1/15 dari 1 tablet jam 11 siang . Dan sorenya dia langsung pup tapi tdk ada cacing di pupnya warna pupnya coklat pucat dan tdk padat, biasanya saya beri makan ikan, napsu makannya lumayan baik namun karna dia sangat lemah jadi tdk begitu banyak makannya. Tolong infonya dok apakah obat yg tadi sudah bereaksi atau tidak dan biasanya diminum berapa kali sehari? Terimakasih mhon di balas

    ReplyDelete
  22. Dok, ada anak kucing di dpn rumah saya matanya bengkak dan sedikit keluar, seperti daging dok.. Kira2 kenapa ya?

    ReplyDelete
  23. Mohon dijawab ya dok, terimakasih :)

    ReplyDelete
  24. dok,kucing sy kayanya kena earmite. kupingnya berdarah sampe bernanah. penanganan sementara gmn ya dok? kmren ud ke drh, ternyata beliau jg sdg sakit, jd si kucing blm dpt penanganan apapun. Mohon jawabannya. Trima kasih.

    ReplyDelete
  25. siang dok
    saya mau tanya .. Ulat hongkong untuk sugar glider yg lagi hamil aman ato nggak ya? takarannya kalo ngasih gimana?
    terimakasihh...

    ReplyDelete
  26. Dok.. Saya mau tanya.. Kucing anggora saya sakit muntah2 .. Dan berak2. Gimana cara mengatasinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kasusnya seurgent itu, mending bawa ke dokter hewan terdekat, mas.... kemungkinan karena virus atau bakteri...

      Delete
  27. Dok kucing saya anggora umur 4bln dia muntah2 dan berak juga.. Sampai lemas.. Gimana cara mengatasinya y dok..

    ReplyDelete
  28. dokter kucing saya kan saya kasih makan ikan nah tapi tiba tiba suaranya jadi serak dan saya pikir sepertinya tersedak duri dan setelah dilihat di tempat makannya ada semacam duri yg ada darahnya, sepertinya tenggorokannya luka bagaimana ya dok pertolongan pertamanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik bawa ke drh terdekat secepat mungkin mbak, biar dapat penanganan yang tepat. :)

      Delete
  29. sore kk dok,mau nannya nih .
    saya punya muspan 3 bulan ,saya udah coba trik dari kk yang cara menjinakan musang. nah sudah hampir seminggu ini sih saya praktikan cuma masih belum bisa saya elus atau pegang. apa mungkin ada yang salah yah dari cara saya?
    saya kasih makan dengan handfeed, mandikan 2x sehari.
    dan terkadang fessisnya mencret terkadang juga tidak begitu pula nafsu makannya...
    mohon bimmbingannya kk dok..
    sebelum dan sesudahnya terima kasih kk dok... n_n

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau baru seminggu, emang masih kurang, mas... :)
      karena tergantung karakter juga. ada yang emang berkarakter keras, ada yang lembut. nah yang berkarakter keras ini yang kita harus kuat sabar... :)

      biasa dikasih makan apa? saya tunggu kabarnya ya mas. silakan baca2 dlu artikel saya tentang musang... :)

      Delete
    2. owh gitu yah kk dok,..

      biasa sih pagi di kasih pisang ,siang itu nasi kecap, malem pepaya (kalo pepaya jarang di makan)
      sama trkadang kaya bersin gitu k...

      Delete
    3. jarang dijemur ya? bener? coba jemur. tapi jangan sembarangan jemur. ada caranya. silakan baca artikel cara menjemur musang...

      kalau 3 bulan sih masih sangat mudah dijinakkan, percaya sama saya...

      dan coba mas baca artikel saya ramuan kesehatan musang. kasih ramuan itu ke musangnya... biar nafsu makannya bagus... :)

      kabari terus. hari ini juga saya online via chatting kok... :_)

      Delete
    4. ok kk dok ,sudah saya baca k.
      klo jemur pagi aja sih pas abis mandi. klo salah pratiin suhu ruangan rumah saya agak dingin sih,apa gara" itu yah k ?..
      saya praktikan nanti..nanti saya kasih kabar baiknya n_n..

      oh ya k ,tadi musang saya gigit gigit, kan dangnya gitu pas saya liat lidahnya berdarah. ada efeknya g yah k?
      makasih k,jgn bosen" yah n_n...

      Delete
  30. sore kk dok,mau nannya nih .
    saya punya muspan 3 bulan ,saya udah coba trik dari kk yang cara menjinakan musang. nah sudah hampir seminggu ini sih saya praktikan cuma masih belum bisa saya elus atau pegang. apa mungkin ada yang salah yah dari cara saya?
    saya kasih makan dengan handfeed, mandikan 2x sehari.
    dan terkadang fessisnya mencret terkadang juga tidak begitu pula nafsu makannya...
    mohon bimmbingannya kk dok..
    sebelum dan sesudahnya terima kasih kk dok... n_n

    ReplyDelete
  31. Dok, saya mau tanya. Anjing shih tzu saya matanya belekan kira2 dikasih apa ya? Trs ini dia jg suka menjilati bijinya, apa itu normal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. soal matanya, seberapa sering matanya belekan? apa ada gejala lain seperti dia suka garuk2 mata? atau matanya merah? atau lainnya?

      begitu juga soal dia suka jilat2 testikelnya. seberapa sering dia jilat2 testiikelnya? dan apakah ada gejala fisik/visual pada testikelnya misalnya memerah atau bintik2?

      lebih pasti sih mending bawa ke drh terdekat aja mbak... :)

      Delete
  32. Dok, saya mau tanya. Anjing shih tzu saya matanya belekan kira2 dikasih apa ya? Trs ini dia jg suka menjilati bijinya, apa itu normal?

    ReplyDelete
  33. Dok, saya mau pelihara musang pandan ekor putih umur 2-3 bulanan tapi ruang dan halaman kurang memadai gimana solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena abaru bales.
      kurang memadai gimana mas? selama bersih, gak ada asap, dan gak terlalu bising, dan makanan serta kebersihan dijaga, kayaknya oke2 aja mas... :)

      Delete
  34. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  35. Dok kan saya punya muspan udah jinak usia 3 bulanan apakah masih bisa bonding?

    Trus muspan saya kalo dikasih makan selain buah kok gak mau ya dok? Udah saya kasih cat food gak mau. Saya kasih nasi kecap gak mau padahal udah tak buat dia lapar. Malah udah tak coba kasih nasi kecap dikit tak campur ke buahnya malah yang di makan cuman pepayanya dok gimana solusinya biar dia mau makan selain pisang sama pepaya ya dok?

    Sekalian tanya dok, kok musang saya kalo di taroh dikandang dia kayak nangis gitu ya dok tapi kalo udah diluar kandang udah diem malah lari larian gajelas gitu dok? Masalahnya saya cuma anak kos dok kamarnya kecil takutnya pas saya tidur dia ketendang atau ketindih.
    Maaf sebelumnya banyak nanya hehe :D
    Maklum pemula
    Terimakasih dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu saya punya musang usia 1 tahun, hasil tangkapan liar, dan awalnya galak 100%, tapi akhirnya bisa jinak bahkan bonding... apalagi musang mas yang 'cuma' usia 3 bulan? sangat bisa...

      sebelumnya gak pernah dikasih makanan selain buah ya? emang butuh pembiasaan sih. kalau dipuasakan dlu? gini aja, tunggu sampe dia 4 bulan, terus dipuasakan. caranya baca di artikel cara agar musang mau makan apa saja

      kalau umur 3 bulan emang lagi aktif2nya. kalau umur segitu, sering2 diajak main, mas. biar dia kenal sama mas... biar dia mengenal masnya sebagai induk juga.... :)

      Delete
  36. Dok kan saya punya muspan udah jinak usia 3 bulanan apakah masih bisa bonding?

    Trus muspan saya kalo dikasih makan selain buah kok gak mau ya dok? Udah saya kasih cat food gak mau. Saya kasih nasi kecap gak mau padahal udah tak buat dia lapar. Malah udah tak coba kasih nasi kecap dikit tak campur ke buahnya malah yang di makan cuman pepayanya dok gimana solusinya biar dia mau makan selain pisang sama pepaya ya dok?

    Sekalian tanya dok, kok musang saya kalo di taroh dikandang dia kayak nangis gitu ya dok tapi kalo udah diluar kandang udah diem malah lari larian gajelas gitu dok? Masalahnya saya cuma anak kos dok kamarnya kecil takutnya pas saya tidur dia ketendang atau ketindih.
    Maaf sebelumnya banyak nanya hehe :D
    Maklum pemula
    Terimakasih dok.

    ReplyDelete
  37. Selamat siang, Bu dokter. Dok, saya mau tanya tentang anjing, tapi yang punya bukan saya tapi tetangga saya. Masalahnya anjingnya banyak ada sekitar 4-5 ekor saya kurang tau karena orangnya tertutup sama tetangga lain. Anjng2nya berisik tapi bukan gonggongan tapi lebih mirip suara tangisan, lolongan yang memilukan suara nya keras karena anjingnya besar2. Terjadi hampir setiap saat pagi, siang, malam, bahkan sampai tengah malam. Itu kira-kira apa yang terjadi dengan anjing2 itu, ya dok? Terima kasih banyak sebelumnya, dok atas jawabannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak sebab yang menyebabkan anjing whining, istilah anjing mengeluarkan suara seperti menangis. biasanya berkaitan dengan stress atau frustasi atau ketakutan.

      si owner gak pernah ngajak anjingnya jalan2 gitu mbak? kemungkinan sih karena si anjingnya gak pernah diizinkan keluar rumah....

      Delete
    2. Terimakasih atas jawaban nya Bu dokter, kemungkinan besar begitu, Dok karena saya belum pernah lihat owner-nya bawa jalan2 dan kelihatannya selalu dikerangkeng. Terima kasih sekali lagi ya Dok.

      Delete
  38. dok, bagaimana cara mengobati kutu pada kucing ? saya sudah gunakan shampoo sudah lama namun kutunya tetep ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. shampo yang digunakan shampo apa mbak?
      coba gunakan shampo khusus kucing kutuan atau shampo kutu kucing...

      Delete
  39. Replies
    1. Udah saya buat artikelnya, khusus buat mas... coba cek 2 artikel terbaru saya

      Delete
    2. Makanya, mas follow Google+ saya dong biar kalo ada artikel baru mas dapet notifikasi😉

      Delete
  40. Dok mau nanya nih.. ge punya anakan samoyed 2 bln.. dy udh dikasih makan daging ayam sma susu dog fat milk tp ngak naik' BB nya ttp aja 3kg.. vitamin apa yaa yg bgs untuk pertumbuhan puppy? tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah berapa lama mas kasih susu dog fat dan daging ayam? udah lebih dari sebulan?

      sebenernya sih sama aja kayak manusia, mas. ada yang mudah gemuk ada yang susah. saran saya, kalau buat puppy, yang terpenting adalah dia mau makan dulu dan sehat. itu aja dulu, mas. kalau dia udah 4 atau 6 bulan, mau mau gemukkin, silakan aja... :)

      Delete
  41. dok, mau tanya kelinci saya yang biasanya aktif tetiba jadi lemas dan diam aja, lalu fasesnya basah dan bau dan mengeluarkan darah dari anusnya, matanya juga berair kira - kira kenapa ya dok?kelinci saya sekitar umur 9bulanan. terimakasih dok, ditunggu balasannya

    ReplyDelete
  42. Selamat malam bu dokter, ini saya mau tanya tentang burhan saya jenisnya tito alba, masih umur 2 bulan diatas ekor kok ada kayak daging bentuknya merucut ya? apakah itu saluran kencingnya atau penyakit? trims

    ReplyDelete
  43. Pagi dok, saya punya musang umur 3 dan 5 bulan, mau saya tarok dlm 1 kandang, pas nyoba2 e yg 5 bulan itu langsung nabrak2, sampe mulut nya sobek, gg mau makan, kasian.. cara ngobatin luka nya gmna ya dok?? Trus kalo mau satuin musang apa harus yang seumuran?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lukanya karena apa mas?
      coba mas timbang berat musangnya. mas beli aja amoxicillin 500gr di apotik, tumbuk satu tablet amoxicillin, lalu takar dengan dosis 1 miligram amoxiciliin bubuk per kilogram berat badan musang (misalnya: berat badan musang 5kg, maka dosis amoxicillinnya cukup 5mg aja).

      kalo berat musangnya kurang dari 1kg, cukup berikan 1mg aja. kasih 2x sehari, pagi dan sore... :)

      Delete
  44. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  45. dok saya kan baru beli musang jinak umur 4 bulan,umur se gitu masih bsa bonding gk dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih sangat bisa. tergantung seberapa sabar masnya. dulu saya dapet musang bulan usia setahun setengah hasil tangkapan liar aja masih bisa jinak total...

      Delete
  46. Dok tolong bantu saya info tentang musbul yg agresif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dok saya punya musang bulan habis saya breding dua minggu lalu. Skrg tiba tiba dia galak bgt sama cowonya brantem sampe berdarah. Saya pisahin saya jauhin kandangnya. Stiap saya ketemukan lagi sibbetina teriak histeris langsung agresif galak bgt bgt sama saya juga galak sdkit. Agak sensitif. Knpa yah dok

      Delete
    2. Dok saya punya musang bulan habis saya breding dua minggu lalu. Skrg tiba tiba dia galak bgt sama cowonya brantem sampe berdarah. Saya pisahin saya jauhin kandangnya. Stiap saya ketemukan lagi sibbetina teriak histeris langsung agresif galak bgt bgt sama saya juga galak sdkit. Agak sensitif. Knpa yah dok

      Delete
  47. Dok tolong infonya musang bulan saya berubah jdi galak stelah breding galak sama cwonya sampe triak triak dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas.
      iya, pisahin aja yang jantan sama yang betina. karena bisa jadi si betina galak emang udah hamil. pisahin yang betina, terus pindahin kandnagnya ke ruangan yang agak sepi. jangan bbanyak suara2 mengagetkan.....

      sekarang gimana keadaannya mbak? sekali lagi maaf karena baru balas...

      Delete
  48. Dok tolong infonya musang bulan saya berubah jdi galak stelah breding galak sama cwonya sampe triak triak dok

    ReplyDelete
  49. Sore, dok.
    Saya mau tanya.
    Saya punya tiga ekor bayi kura-kura brazil (Red Eared Slider) tiga ekor yang saya rawat seperti anak sendiri (jadi kayak iklan kecap ya).
    Nah, saya pelihara mereka baru satu bulan terakhir.
    Cuaca di lingkungan rumah saya relatif stabil cenderung panas.
    Trio lincah itu saya taruh di sebuah aquarium sekitar 40x20x30 atau sekitar itu, saya belum sempat ngukur.

    Di dalamnya ada fasilitas heater dan filter, beserta kerang dan jembatan sebagai tempat basking, tapi hampir terendam sepenuhnya (FYI, kerang ini makan setengah bagian aquarium).
    Heater saya set ke suhu 30 derajat celcius karena aquariumnya di lantai, jadi khawatir suhu akan turun kalo malam.

    Yang jadi pertanyaan saya, dengan spesifikasi tersebut, perlukah saya tambah basking area yang bener-bener kering, dan lampu UVA &UVB?

    Terus trio lincah ini kalo saya lagi pura-pura gak liat mereka, mereka sering main dari basking area, lompat ke air, sengaja deketin filter supaya ketiup arus filter dan mengarah ke basking lagi, naik ke basking, lompat ke air dan begitu lagi seterusnya.

    Terkadang juga salah satunya suka berendam ngambang dengan kepala di atas permukaan air, di deket filter.
    Jadi lehernya ketiup-tiup gelembung dari filter.
    Sayangnya setiap mau saya rekam, mereka sadar dan langsung sembunyi.

    Ini sebenernya perilaku gak normal atau gimana?
    Dan kira-kira berbahaya nggak sih kelakuan mereka ini?

    Satu lagi dok.
    Saya kasih mereka makan pelet setiap hari, kangkung seminggu sekali dan ayam goreng seminggu sekali.
    Sehat nggak dok kalo menunya gitu?

    Terima kasih dok, maaf kebanyakan tanya nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semuanya udah bagus, mas. kecuali ayamnya mungkin ya. ayam goreng yang dijadikan pakannya. pastikan gak ada minyaknya yang kebawa. bagusnya mas rebus aja ayamnya, jangan digoreng. dan pas mau ngasih, suir2 dulu. .. kalo bisa, kasihnya jangan ada sisa...kalo ada sisa makanan yang gak kemakan, mending angkat....

      soal basking area, gak usah dikasih lampu uva/uvb. yang penting dia ada area buat 'naik' ke daratan. :)

      selebihnya saya kira normal... :)

      kabari lagi ya mas..

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Kalo ayam ungkep boleh dok?
      Terus pemberian makan daging ayam begini bagusnya berapa kali dalam seminggu?

      Atau gimana rasio pemberian makan pelet, daging ayam, sama sayur?
      Saya khawatir nanti pola makannya salah malah gak sehat buat trio lincah.

      Thanks dok.

      Delete
    4. hmm, makanan pokok sehari-hari mungkin mas bisa kasih pellet (5 hari dalam seminggu) sayur dan daging ayam bisa dikasih seminggu 2 hari.... saya kira itu udah bagus....

      bisa juga di mix: pagi mas kasih daging ayam, siang pellet, malam sayur.... sengaja saya resepkan kalo malam dikasih sayur biar sistem cernanya bagus keesokan harinya... :)

      saya juga punya kura2 brazil, tapi udah gede. plastronnya kira2 15cm... ;)

      Delete
    5. Punya saya masih baby banget dok, masih 3cm.
      Makasih banyak resep pola makannya ya dok.
      Saya agak bingung juga ngasih makannya, soalnya ngantor kadangan pagi sampe sore.

      Nanti saya usahain supaya trio lincah makannya bagus.
      Sekali lagi, terima kasih dok atas informasinya.

      Delete
    6. sip, kasih kabar terus ya mas.
      baca2 juga artikel2 saya di blog ini, tentang kura2... :)

      Delete
    7. Dok, saya udah coba resepnya, tapi gini.
      Anak-anak itu kalo dikasih pelet mau makan tapi agak lama (kata temen-temen di komunitas sih, kura-kuranya nunggu peletnya lembut dulu).

      Sedangkan kalo dikasih daging ayam, rebutan sampe saling tarik daging ayam.
      Apa peletnya harus dilembutkan dan dipotong dulu ya dok? Supaya bisa langsung termakan sama mereka gitu.

      Dan mereka agak susah makan sayur.
      Perlu dipuasakan nggak ya dok?
      Saya gak tega kalo dipuasain.

      Delete
    8. kalau emang mereka pengen peletnya lembut dulu, coba mas taro pelletnya dulu di air selama beberapa menit sampe lebut, setelah lembut baru angkat dari dari air itu, kemudian masukkan ke akuarium kura2nya...

      untuk daging ayam, gak bisa disuir2 kecil2 dulu mas? :)

      soal sayur, bisa direbus sampe empuk dulu... :)

      Delete
    9. kalo ayam udah saya potong kecil seujung jari.
      tapi kadangan yang satu ngambil duluan, yang lain keliatannya seolah "kok yang dimakan dia lebih enak ya? Minta ah" gitu dok.

      Soalnya pernah saya potong kecil tiga potong buat masing2 biar gak rebutan, masih aja rebutan.
      apa kalo pas makan dipisah aja dok?

      Delete
    10. hehehehe... emang gitu kok kalau kura2...
      hmm, bisa juga sih pake solusi dipisahkan pas makan. coba aja. tapi tentu kalau gak dipisahkan pas makan, lebih bagus. gak bisa disuir2 aja?
      cuaca lagi gak bagus buat kura2, jaga agar suhu airnya tetap stabil ya mas.

      Delete
    11. Iya dok,aquarium sering nyala heaternya, jadi cuaca kacau tapi suhu aquarium inshaAllah stabil terus.

      Delete
    12. keren.
      tinggal pakan dan kebersihan airnya. :)

      Delete
  50. Pagi dok, saya memiliki burung hantu jenis strix selaputo pada sayap bagian kiri terdapat bulu yang patah saya khawatir bulu tersebut tidak dapat tumbuh kembali karna masih ada bagian akar yang menempel, bagaimana ya dok penanganan yang tepat? Karna menurut beberapa artiket yang saya baca agar mulu dapat tumbuh kembali perlu dicabut sisa patahan bulu tersebut, tapi yang jadi masalahnya bulu yang patah adalah bulu primer bila saya cabut dikhawatirkan mengalami pendarahan dan akan memperburuk keadaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dicabut. kadang strix bisa stress kalo kesakitan akibat bulu dicabut....

      mending biarin aja, nanti juga pas mabung dia akan terganti dengan bulu baru kok

      fesesnya gimana mas? normal?

      kabari saya mengenai fesesnya.

      Delete
  51. Dok saya punya anjing golden umur 1,5 tahun , kuku kaki sebelah kirinya yg bagian tengah kayak mau lepas , tapi kalau di pegang tdk lepas , nah skg kukunya itu terbalik ke atas gt
    Gimana ya dok? Bahaya atau tdk? Thankyou

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada lukanya nggak? atau hanya kukunya aja yang mau copot tapi gak ada lukanya?
      kalau ada lukanya, kasih betadine aja.

      baik ada lukanya atau nggak ada lukanya, saya kira gak bahaya. yang penting kalo ada lukanya, lukanya kasih betadine... :)

      Delete
  52. Dok pengen ngechat ko ga ada icon chat nya -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas dari hp ya? ada kok. :)

      coba pake browser lain.

      Delete
  53. Dook,kabar ncil udah baikan ternyata ncil cscingan dok terus saya kasih combatrin anak deh alhamdulillah udah ga keluar cacing lagi dok,tapi sekarang adik nya ncil nih si ncul mata nya belekan aja dok keluar air mata aja terus kaya sembab gitu dok sebelah mata nya kaya bengkak gity dok terus bersin aja dok,kenapa ya itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, si ncul kebanyakan asupan protein kali.
      biasa dikasih makan apa?
      cuaca emang lagi gak bagus buat musang. pindahin aja kandangnya ke dalem ruangan.

      terus jangan dikasih makanan yang mengandung protein dulu, cukup kasih buah aja. pepaya atau pisang yang dihancurin/diblender. sementara kasih itu aja dulu biar matanya normal lagi....

      selebihnya mungkin bisa cek artikel cara mengobati katarak pada musang.... secara prinsip sama kok penanganannya...

      Delete
    2. Aih si dokter lupa ncil ncul itu kucing dok kucing -_- nah ncul sekarang belekang terus beair mata nya sembab gity sebelah mata nya kaya bengkak gitu dok sipit sebelah terus bersin dok

      Delete
    3. oh hahaha. sorry, sorry. :D
      saya kira musang, hihihi....

      hmm, untuk kucing sebenernya kita harus sering2 membersihkan matanya karena kucing sendiri tidak bisa menahan kelenjar matanya untuk terus mengeluarkan air mata. jadi, air matanya keluar terus. mau nggak mau sih kudu dilap minimal 2x sehari, pagi dan sore.

      dia suka garuk2 matanya nggak?

      kalau emang ada keluhan medis lain, mending bawa ke dokter hewan terdekat biar sekalian dicek.... :)

      Delete
    4. Aih si dokter lupa ncil ncul itu kucing dok kucing -_- nah ncul sekarang belekang terus beair mata nya sembab gity sebelah mata nya kaya bengkak gitu dok sipit sebelah terus bersin dok

      Delete
    5. Wah si dokter mulai lupa -_- kasih obat mata jangan dok?

      Delete
    6. iya, mas. hihihi. maaf ya. :D
      obat tetes mata boleh tapi dengan petunjuk dokter. artinya, mas harus minta resep sama dokternya dulu. :)

      Delete
  54. dok mau nanya kalo di RSH temat dokter bisa cek medis darah elang ga dok.? biar yakin si elang tersebut bebas dari virus dll.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya nggak dinas di Rumah sakit hewan, mas. :)
      udah coba bawa ke rsh ragunan? di sana lumayan lengkap... mas di kota mana?

      Delete
    2. maaf baru bales dok..
      saya di bandung dok, kalo yg deket deket bandung di mana ya.?

      Delete
    3. sebelumnya maaf karena baru balas.
      udah ada kok artikelnya di blog ini, alamat rumah sakit hewan di bandung... :)

      Delete
  55. dok, saya punya burung hantu celepuk namanya xaxa sekarang kalo bunyi agak serak dan kadang sering bersin, tapi fesesnya normal, prilaku normal, nafsu makan lahap, itu kenapa ya dok, apa terjangkit penyakit? Salam buat errol dan padma dari xaxa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana keadaan xaxa mas?
      maaf karena saya baru balas.

      kalau feses dan nafsu makannya normal, saya kira dia masih sehat. mungkin kalau masnya naro xaxa di luar, pindahkan aja ke dalam ruangan. dan nanti coba beli super-n, kasih setetes tiap hari

      Delete
    2. Sekarang keadaan xaxa seperti biasa tapi kadang2 bersin dok,tiap hari xaxa tidur mulu pas mau kasih makan dia melek, apa gara2 pas saya nyalain ac dok? Xaxa kedinginan trus kena flu, klo pake super-n nanti saya coba beli dok, cara kasih super-n nya gimana dokk makasih

      Delete
    3. super-n kan bentuknya kayak obat tetes gitu, mas. langsung aja tetesin ke mulutnya... :)

      kalau bisa jangan sampe kedinginan si xaxa, mas... hati2 loh, suhu dingin faktor utama dropnya daya tahan tubuh burung hantu... :)

      Delete
    4. Maaf dok ditempat saya gak ada yg jualan super-n, sekarang keadaannya makin parah, gak nafsu makan, fesesnya cair kapur gk ada hitamnya, trus matanya merem trus, sayapnya slalu di ditaruh dibawa, dikasih obat flu sperti ne*zep, Bodr*x flu dan batuk apa bisa dok? Takutnya saya gak lama hidupnya dok

      Delete
    5. nggak. jangan dikasih obat2an manusia, mas...

      super-n beli di toko makanan burung yang lengkap. kalau emang gak ada super-n, saya sarankan bawa ke dokter hewan aja biar penanganannya lebih tepat

      Delete
  56. Dok..saya baru adopsi kucing bengal.umurnya kira2 umur8 blnan.waktu adopsi kucing ny lg sakit katanya kena flu.dan berjamur jg.alhamdulillah nya jamurnya dah berkurang dan sudah disutik jamur 2x.tp kok masih suka bersin2.bahkan sering.dikasih obat jg udah.dijemur jg udah.itu gmn ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah dibawa ke dokter? dikasih obat flu?
      kalau udah dikasih obat flu sama dokternya, mending lakukan terus treatment yang udah mbak lakukan. jemur, jaga kebersihan kandang, dan sebagainya...

      Delete
    2. Udah semua dok...trus matanya juga berair.awalnya sih belekan tapi sekarang dah mendingan..dikasih obat cacing jg udah..tp di pup nya g ada cancing nya..bersin2 ny lumayan sering.bahaya g dok buat manusia..masalahny ada ank2.takutnya ada efeknya ke ank2

      Delete
    3. matanya emang kudu sering2 di lap. kayaknya udah saya kasih tau deh, hehehe. :D
      mending jaga jarak dari anak2, dan kalau bisa, jadwalkan checkup ke dokter lagi buat flu-nya... :)

      Delete
    4. Iya udah dilakukan dok.rencana nya sih mau disuntik lg.klo belekan itu ada kemungkinan cacingan jg atau ada gejala dari yg lain dok

      Delete
    5. kalau belekan biasanya karena penumpukan kotoran aja. kan kucing emang gak bisa nahan air matanya, jadi dia ngalir terus. :)

      fesesnya gimana? normal? :)

      Delete
    6. Warna feses nya sedikit pudar..klo belekan sekarang sudah berkurangan dan mata berairny jg dah berkurang.sekarang warna belang nya malah memudar apa itu pengaruh dari obat nya ya

      Delete
    7. warna belang di bulunya?
      baru nemu sih kasus seperti ini, tapi saya kira nothing to worry selama feses dan nafsu makannya bagus...

      udah ke dokter lagi, mbak? :)

      Delete
    8. Blm mungkin sabtu/minggu dokternya praktek sabtu minggu😊.atau mungkin mang turunan nya x ya dok.😆.oh iya dok klo hewan jg bisa alergi jg g ya?jd kayak bengek gitu klo dah bersin.tp masih aktif sih kucing nya pecicilan.

      Delete
    9. bisa kok, ada juga hewan yang bisa alergi, tapi sangat jarang kasusnya. :)

      nanti kabari lagi kalau udah ke dokter.. :D

      Delete
    10. Dok bisa kirim vidio g ya kesini..td kucing saya tuh kepanasan sampe ngeluarin air mata n belekan.

      Delete
  57. Dok, Mau tanya nih
    saya mau miara barn owl dari chick, (masih pertama) tapi saya baca di "memelihara barn owl" memberi makan bisa 2-3 kali, 3 x disini pagi siang malam, mungkin kalo sabtu minggu bisa tapi kalo weekday karena kerja mungkin saya cuma bisa memberi makan 2 kali pagi dan malam, bakal bermasalah ga itu dok kalo cuma ngasih 2 kali sehari?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan yang chick banget, tapi yang udah ada bulunya. bulu kapas lah. yang kira2 udah bisa makan pakan hidup sendiri.

      hmm, kalau burung hantu anakan sih sebenernya bisa aja. yang udah bisa makan sendiri. caranya ya itu tadi, dengan kasih makan pakan hidup. taro aja di kandangnya. pakan hidupnya bisa pake bayi tikus putih, emprit, anak ayam, dll.
      kalau chick banget sih, jujur, agak riskan. mungkin kalau paginya dikasih makan agak banyak, bisa aja. karena mereka kebanyakan tidur kalau siang. tapi kadang nafsu makan burung hantu gak menentu, kadang banyak, kadang juga sedikit....

      so, keputusannya ada di tangan mas... :)

      Delete
    2. Dok, Karena setelah survey daerah sekitar tempat tinggal saya kesulitan mencari jenis2 makanan sepert bayi tikus putih, emprit, puyuh, akhirnya saya berubah pikiran dan mengganti dengan memelihara jenis celepuk (scoop) karena makanannya jangkrik lebih mudah, tapi sayangnya saya dapat yang awal juve, dia sudah bisa terbang2 jarak pendek (penjualnya mengatakan umur sekitar 4 bulanan, saya tidak faham benar atau tidak), kondisinya mau untuk disuapin tapi sedikit liar, tidak mau dipegang, jika dipegang dan disentuh tangan saya dipatuk dan dicakar, tapi saya coba approach beberapa kali lama2 dia bisa disentuh juga walaupun kadang masih suka mematuk tangan saya (tapi tidak separah awal). saya ingin bertanya beberapa hal lagi :

      1. apakah sama halnya dengan yang saya tanya diawal dengan barn owl, apa celepuk juga tidak kenapa2 kalo cuma di beri makan pagi dan malam saja, Hal ini karena saya pernah menempatkan dalam kardus celepuk ini ama 3 ekor jangkrik (seperti yang dokter instruksikan sebelumnya memberikan pakan hidup di kandang), tapi tidak ada satu pun yang dimakan. (Harus disuapi)

      2. dan masalah kedua, dalam hal menyuapipun, kenapa dia tidak mau menyambar makanan yang saya sodorkan dengan sedikit jarak, benar2 harus ditempelkan ke paruhnya baru mau dimakan, juga sama halnya dengan minum, saya harus menyuapinya pakai sedotan. Saya khawatir bisa mati kelaparan dan kehausan jika tidak ada yang menyuapi, bagaimana cara melatih agar setidaknya bisa menyambar makanannya bahkan mengambil sendiri jangkrik hidup yang saya siapkan di depan tenggerannya, (saya memberikan kardus kecil di depan tenggeran percis di depan bawah kakinya)

      3. cara membuatnya jinak, tidak mematuk saat disentuh.

      mohon diberikan sarannya, maaf sekali, saya benar2 amatir dalam bidang memelihara owl. makasih dok,

      Delete
    3. satu lagi dok, tadi pagi sebelum saya berangkat, saya memberikan makan dan minum, tapi setelah itu kenapa dia tiba2 sering mangap2, seperti manusia yang lelah setelah berlari lama yak? apakah ini bermasalah juga?

      Makasih

      Delete
    4. 1. pakan hidup yang saya maksudkan sebenernya cuma mencakup anak ayam, emprit, anakan tikus putih, dan semacamnya. kalau untuk jangkrik, kayaknya mau gak mau harus disuapi. ada sih celepuk yang mau makan sendiri jangkriknya, tapi biasanya sangat jarang. awal2 harus disuapi.

      2. burung hantu itu sebenernya menganggap kita makhluk yang gak bisa dipercaya, semua BOP kayak gitu. makanya mereka kerap gak mau makan makanan yang kita taro gitu aja. jadi tugas kita, buat mereka percaya sama kita. caranya dengan handsfeed, disuapi. opsi lain, bisa kasih makanan kayak anak ayam, emprit, dan bayi tiput.

      3. cara menjinakkan burung hantu sudah saya buat artikelnya. :)

      4. soal burung hantu mangap2 juga udah saya buat artikelnya. judulnya kalo gak salah kenapa burung hantu mangap2.
      cek juga artikel kenapa burung hantu muntah. penting. :)

      coba mas beli super-n di toko makanan burung, kasih setetes tiap hari. :)

      cek juga fesesnya ya mas. samakan dengan yang di artikel parameter kesehatan burung hantu. :)

      kabari terus

      Delete
    5. Dok, soal fesesnya normal sesuai dengan artikel dokter,,

      Bagaimana dengan kondisi burhan celepuk saya sekarang yang sekali makan jangkrik paling banyak cuma mau makan 4-5 ekor jangkrik sekali makan? tidak seperti awal2 saya piara bisa 10-15 jangkrik sekali makan?)

      saya mencoba memberi emprit hidup, dengan menempatkan percis di depan tenggerannya, di hari pertama (sabtu malam kemarin) si burhan mau untuk menyambar (saya tidak melihat, taunya kondisinya si emprit udah dicengkaraman dan sedang di cabutin bulunya sampai habis dimakan), tapi untuk hari kedua (minggu malam kemaren) saya coba lagi tapi sampe pagi hari empritnya masih utuh dan hidup sama sekali tidak dicengkram. padahal kondisinya dipagi hari lapar tapi lagi2 cuma makn 4-5 ekor saja


      bisa dijelaskan kenapa seperti ini dok?

      Delete
    6. sekarang dia masih mau makan?
      hmm, coba aja kasih super-n biar daya tahan tubuhnya.

      sementara ini observasi aja sampe besok ya mas. saya tunggu lagi kabarnya.

      Delete
    7. seper-n tetap saya berikan, tidak ada indikasi dia sakit juga, hanya saja seperti malas makan,

      untuk makan tetap bisa, setiap makan tetap saya harus suapi berikan jangkrik, tapi tetap tidak banyak dan juga sering sekali batting sehingga punggungnya harus saya tahan setiap memberi jangkrik,,

      saya tetap mencoba memberikan emprit hidup, di depan tenggerannya, tapi tetap saja sudah tidak pernah tertarik sama untuk menyambarnya sendiri, sesekali emprit tersebut saya langsung sodorkan ke mulutnya, dia mau, tapi kenapa harus benar2 disodorkan ke paruhnya? apakah naluri untuk memburu sendirinya sudah tidak ada lagi? bagaimana cara mengembalikan naluri pemburunya ?

      Delete
    8. dok sampe saat ini, burhan saya masih kondisi yang sama , bagaimana cara penanganan yang benar yah ?

      Delete
    9. tapi burungnya sehat?
      fesesnya gimana mas? maaf baru balas. komentar mas sempet terlewat. untung mas ngingetin lagi...

      untuk menajamkan insting berburunya, coba mas kasih bayi tikus yang masih merah. karena secara insting, mereka menyukai mangsa yang keliatan lemah....

      kabari lagi ya mas. sekali lagi maaf karena baru balas...

      Delete
  58. Dok, mau tanya ni
    Aku punya kucing kampung umurnya 11 bulan,pupnya mencret selama sebulan, dan jg pupny gak bs tertahan lgi, dimana dia duduk pasti pupny kluar, itu knp ya dok? Sbaikny diobati gmn?

    Mana skrg dia sakit mata+telingany Kyk tubuh jamur

    ReplyDelete
    Replies
    1. haddduh, kalau udah sebulan, mending checkup aja ke dokter hewan, mbak. kasian. udah terlalu parah itu... :(

      kok bisa begitu, mbak? apa salah makan atau gimana awalnya?

      Delete
    2. Iya dok jd dikandangi skrg

      Klo masalh mkn, yg kcing2 lain mknannya sama dok tp yg lain sehat2 ajaa :(
      Tp wlpun bnyk skit dy ttp doyan makan

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. sebelumnya maaf karena baru balas. sekarang gimana keadaan kucingnya, mbak?

      yang sakit jangan disatuin sama yang sehat. takutnya nyebar. dan kasih makan yang lembek2 dulu... jangan yang keras...

      udah dibawa ke dokter hewan?

      Delete
  59. Dok sy mau nanya, apakah pemberikan cairan CO2/pupuk (untuk menyuburkan tanaman aquascape) dapat mempengaruhi kesehatan kura-kura (tepatnya leher panjang, karena lebih banyak di air) ? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu saya sih pupuk cair nggak berbahaya bagi kura-kura dengan syarat sesuai dosis dan memang khusus untuk akuascape... :)

      Delete
  60. Dok saya mau tanya. Pemberian minyak kemiri momara yg untuk musang, apakah bisa d gunakan untuk sg jg? Yg rontok karena kawin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya sih, sg gak perlu dikasih minyak kemiri, mas..... kabari lagi ya mas... :)

      Delete
    2. Tp bekas kawinnya gak ada bulunya dok. Misal d beri itu apa bs tumbuh lagi

      Delete
    3. nanti tumbuh lagi dengan sendirinya.
      gak usah dikasih apa2, mas... :)

      Delete
  61. Pagi dok mau nanya buffy terbang trus nabrak sayap kanan 3 potong kiri 1 trus ekor 3 yang saya baca sih tumbuh lgi tiap tahun tapi kata tmen yg ska main bondol kudu s cabut biar ga bisul mohon infonya dok mkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak bener itu. karena bisul itu bukan karena bulu, tapi karena bakteri. ada kemungkinan sih bakteri penyebab bisul masuk lewat bulu, tapi kemungkinannya kecil sekali... :)

      biarin aja, nanti tumbuh lagi kok.

      Delete
  62. Ok mkasih dok trus stu lgi dok saya baru pelihara burung dan prtama kali jenis owl .yg buffy saya sayap kiri kanan kaya ada tulang bulu patah gitu seperti tumbuh dan setiap saya pegang dia gigit jari saya kaya kesakitan g mau di sentuh terus kulit merahnya sdikit kliatan kaya agak rontok apakah itu proses mabung dok maaf saya prtma piara jenis burung trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kulit merahnya di bagian mana, mas?
      bisa jadi dia mabung sih, makanya gak mau dipegang. coba cek aja artikel cara merawat burung hantu mabung...

      Delete
  63. maaf dok. mau tanya otter saya usia 2bln kok matanya keluar cairan trs jadi belek.apakah itu wajar dok

    ReplyDelete
  64. Dok,celepuk saya si rilo,udah 3minggu sala adopt,saya pakeim anklet iketan copot terus,pake tali sepatu copot,tali prusik copot,dia slalu bsa nyopotin,trus saya pakein anklet dari karet ban dlm,aman dia gabisa copotin,tp sminggu dpake,kakinya lupa dok kek korengan bernanah tadi pagi,udh saya pakein revanol klo udh kring lg saya pakein lg betadin,gimana dok pertolongan prtamanya? Tolong dok saya khwtir sm keadaan rilo ��

    ReplyDelete
  65. misi dok mau tanya diluar tema,,,kalo musang biul ukuran terbesarnya bisa kaya musang pandan nggak dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang saya tahu, biul itu tingginya ya segitu2 aja. karena kakinya emang gak sepanjang kaki musang pandan. jadi kalau secara tinggi, ya tetep akan segitu... :)

      Delete
  66. haii dok, mau tanya lagii dong.. aku ada anjing husky umur 6bulan.. dia kan harus sering" diajak jalan, nah bagusnya itu sebelum makan atau sesudah makan diajak jalannya? terus porsi makannya itu berapa banyak dok untuk dogfoodnya? trmakasihh ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya sarankan, mending sebelum makan.
      sesudah makan juga gak apa2, cuma jangan langsung diajak jalan2. didiamkan dulu biar makanannya 'turun' dulu. karena kadang ada husky yang agak sensitif sistem cernanya, kadang ada husky yang suka muntah kalau abis dikasih makan terus langsung diajak jalan2. husky mbak ada gejala gitu? kalau gak ada, ya aman2 aja... :)

      porsi makan biasanya sesuai dengan umur dan postur badan huskynya.

      Delete
    2. ohh gtu dok.. so far gapapa sih, ga pernah muntah gitu.. cuma dia kalo makan rakus banget kan, jadinya suka tersedak sndiri, tapi ga muntah..

      terus dok, mau tanya lagi, fesesnya dia ini kadang padat kadang ga padat dok.. saya gatau takaran 'mencret'nya anjing seapa, bener" air atau gmna.. tapi ga padatnya pun masih berserat gtu dok.. apa dia baik" aja?

      Delete
    3. doggy biasanya makan cepat karena dia merasa lapar. mungkin bisa ditambah lagi makannya, waktu makannya. yang biasa 3 kali sehari misalnya, bisa ditambah jadi 4 kali sehari....

      mencretnya doggy biasanya benar2 kayak air. kalau dia sakit yang parah, biasanya kayak air. baunya juga beda, bener2 busuk. :)

      Delete
    4. aku pernah baca katanya kalo husky sehari makan 2 kali doang dok? apa bener?

      kalo soal yg fesesnya, smlm saya abis cek ke drh, dikasih obat cacing katanya kalo ga normal setelah obat cacing berarti pencernaannya terganggu dok?

      Delete
    5. nggak. husky emang agak beda nafsu makannya. biasanya, makin aktif huskynya, makannya juga makin banyak. kalau husky-nya cuma tidur2an doang, biasanya emang makannya lebih dikit. dan mereka akan berhenti makan kalau udah kenyang. mereka juga gak mau makan kalau dirasa masih kenyang....

      untuk jadwal makannya, ya dikondisikan dengan hal yang saya sebut di atas. :)

      dokternya liat fesesnya gak mbak? :)

      kondisi husky-nya sekarang gimana? terutama fesesnya?

      kabari lagi. oh ya, kalau bisa, foto fesesnya, upload ke postimage.org, terus linknya taro di sini... :)

      saya tunggu

      Delete
    6. kondisinya sih seperti biasa dok, aktif, makan jg bagus..

      fesesnya masih agak lembek gtu, kadang ada kerasnya ada lembeknya.. nnti aku foto setelah dia poop..

      oh iya, terus kmrn itu kan yg aku abis dari drh, katanya dia kena demodex, nah kan dkasih obat 2 mcm sama obat semprot gtu juga dok.. cuma kenapa yahh dia di sikunya kulitnya meradang gtu kaya bedarah.. dia emng sering banget sih gigit"in terus garuk" badannya yg gatel gtu.. sama drh yg kmrn jg udah di suntik buat obat demodexnya..

      Delete
    7. oh, syukur kalau udah ditangani dan disuntik demodex. gak dikasih corong leher biar dia gak gigit2 dan jilat2 badannya?

      minta aja nomor telepon dokternya, jadi gampang nanti kalau mau ngunjungin lagi...

      Delete
    8. gak dikasih dok.. harusnya pake e-collar yah? aku sih kmrn itu mau beli kan, pas pertama kan aku sangka dia kena jamur jadi aku beli sabun sebazole, terus nyari e-collar buat ukuran dia ga ada tapi..

      terus ini link foto fesesnya dok:
      https://postimg.org/image/y0eee2mvz/

      Delete
    9. sebelumnya maaf karena baru balas, mbak. gimana keadaan huskynya sekarang?

      dari fesesnya sih udah lumayan bagus. jadi tebakan saya kayaknya itu penyakit karena demodex aja (penyakit luar).

      Delete
    10. huskynya skrg agak agresif gtu, kayaknya sih pengen diajak main krna dri kmrn saya jg lagi sakit jdi udh lumayan lama ga ajak dia main :( ga anteng kaya biasanya, sekalinya di lepas di pekarangan rumah lari sana sini kucar kacir dok.. trus suka ngegonggong gtu kadang, padahal biasanya dia manis banget sikapnya.. apa dia stress yah dok krna ga diajak main?

      ohh emang fesesnya gtu yah dok? ga bener" padat banget kaya manusia? tapi dia suka makan rumput gtu dok, itu kenapa ya? nntinya ngaruh ga ke kesehatan dia?

      Delete
    11. dia makan rumput karena emang lagi gak enak perutnya. sama aja sih kayak kucing, kucing juga kan suka makan rumput kalo 'lagi gak enak perut' (mual, mau muntah, dll). Jadi gak apa2, biarin aja....

      dari fesesnya sih emang udah bagus.

      kalau menurut saya sih mending biarin aja dia main. gak apa2 kok. asalkan jangan disatuin sama doggy lain....

      boleh saya minta foto keseluruhannya? namanya siapa? :)

      salam dari errol dan padma...

      Delete
    12. aku cuma punya dia doang sih dok, hehehe namanya Nicky..

      foto apa dok? foto Nicky'nya yah? :D hehe share di postimage lagi dok?

      salam balik untuk errol dan padma ^^

      Delete
    13. iya, hehehe. penasaran sama doggynya. hihihi.
      itu juga kalo gak ngerepotin..

      Delete
    14. https://postimg.org/gallery/1eqwhnvai/

      itu doggynya dok sama akunya juga, hehehe cuma kata drh yg kmrn aku cek dia underweight gtu kurus banget katanya :( hikss..

      Delete
    15. emang agak kurus sih. itu kupingnya kenapa? kena jamur atau kutu?

      overall bagus. mungkin agak ditambah lagi gizi dan makanannya. :)

      Delete
    16. kupingnya kata drh yg kmrn itu demodex, skrg udah ga ada lukanya sih dok soalnya kan udah aku pakein obatnya udah copot lukanya..

      supaya dia makan banyak dikasih vitamin apa yah dok? atau ada saran makanannya diganti apa gtu? soalnya dia makannya palinh dogfood sama buah aja..

      Delete
  67. Dokter help me... Kucing saya td sore tiba2 mengaung seperti sakit perut muntah, menci, mengeluarkan air liur dan nafasnya ngos2an. Saya panik, saya beri minum air asam jawa. Setengah jam kemudian menci dan muntah mereda,mulutnya sudah tidak berliur. Skrg saya kasih minum susu karena tidak mau makan dan minum. Kadang2 masih menci dan muntah. Kucing saya kenapa ya dok? Pdhl setengah jam sebelumnya baik2 saja. Saat dia dr luar jd begitu. Bnrkah pengobatan saya? Karena disini jauh dr dokter hewan. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur kucingnya berapa?
      dikasih susu apa?
      sebelumnya emang kenapa? apa salah makan atau kenapa?

      sama sih kayak manusia, mereka biasanya mengeluarkan air liur karena merasa gak enak perut (mual). mungkin salah makan?

      biasa dikasih makan apa?

      kayaknya sih iya, dia salah makan. emang udah biasa diliarkan keluar rumah?

      jujur saya takut kucingnya keracunan. kasih asam jawa udah betul. cek fesesnya, apakah mencret? coba kasih ramuan asam jawa campur air kelapa muda untuk menetralisir racunnya.

      kalau bisa sekarang, bawa ke dokter hewan. kalau gak bisa ya besok.

      Delete
  68. dok saya mau tanya ni..
    kenapa burhan clepuk saya muntah dan sekarang kepalanya mengarah ke atas trus. keseimbangan nya juga gak stabil saat dia terbang pasti nabrak" dok.. gimana solusinya.. trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya khawatir sih tetelo, mas. silakan baca artikel cara mengobati tetelo pada burung hantu

      Delete
  69. dok sekarang tetelonya sembuh tapi dia sekarang matanya terpejam dan gak mau makan.. saya takut dia kenapa" dok.. solusinya gimana .. trimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas baca artikel saya cara agar burung hantu tetep sehat. Kasih obat yang saya sarankan di artikel itu. :)

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.