Penyebab Tempurung Kura-kura Yang Kisut | Drh. Fira Sovica

Tempurung kura-kura yang kisut

dan menekuk bisa disebabkan oleh berbagai sebab. Saya memutuskan untuk menuliskan artikel ini berdasarkan salahsatu pertanyaan konsultasi yang masuk ke salahsatu komentar blog ini. Artikel ini berkaitan dengan artikel cara mengobati tempurung kura-kura lunak dan cara mengobati lack calcium pada kura-kura.
Penyebab Tempurung Kura-kura Yang Kisut
Image taken from tortoiseforum.org


Inilah beberapa penyebab tempurung kura-kura menekuk ke dalam atau kisut ke dalam. List sebab tempurung kisut pada kura-kura ini saya susun berdasarkan pengalaman sebagai dokter hewan.
  1. Penyebab utama tempurung kura-kura menekuk ke dalam adalah karena kekurangan kalsium dan kekurangan cahaya matahari. Kekurangan kalsium adalah penyebab tempurung kura-kura kisut. Kura-kura yang menderita kisut pada tempurungnya biasanya pernah mengalami kekurangan kalsium dan gizi pada masa lalu, terutama pada masa pertumbuhan (saat berada dalam telur, bayi, atau saat kanak-kanak). Hal ini menyebabkan pertumbuhan tempurung kura-kura menjadi abnormal.
  2. Hal kedua yang menyebabkan tempurung kura-kura tidak bisa tumbuh secara normal alias kisut adalah nutrisi yang kurang seimbang, terutama asupan pemberian kalsium dan protein. Jika kura-kura anda mengalami abnormal pada tempurungnya berupa bagian kisut dan menekuk ke dalam, bisa saja penyebabnya akibat nutrisi yang tidak seimbang.
  3. Penyebab terakhir yang menghambat pertumbuhan tempurung kura-kura adalah genetik. Penyebab ini jarang terjadi dan biasanya lebih mungkin terjadi karena adanya paparan radiasi pada telur kura-kura yang sedang dierami.
Itulah

sebab-sebab tempurung kura-kura menjadi kisut

. Semoga artikel ini bisa membantu anda yang mengalami masalah serupa dengan kura-kura peliharaannya. Bagi anda yang ingin bertanya dan konsultasi mengenai hewan peliharaan anda, anda bisa menuliskan pertanyaan anda dibawah ini. Terima kasih. (FS)

18 Responses to "Penyebab Tempurung Kura-kura Yang Kisut"

  1. Kura-kura saya ukuran 2,5cm masih lincah dan doyan makan. Saya kasih pelet yg biasa dijual dlm botol plastik kecil. Sehari saya kasih 2 butir di pagi hari. Mulai datang (udah 2 minggu di rumah saya) ga mau makan. Pas udah seminggu baru mau makan sampai sekarang. Fenses berwarna sama dengan warna pelet. Jadi kalo peletnya merah fensesnya merah. Awalnya begitu tapi udah 3 hari ini fensesnya warnanya hitam tidak cair biasa aja.
    Waktu datang tempurungnya tidak berjamur setelah 3 hari kliatan jamurnya. Saya rendam dengan air hangat plus garam ikan selama 20 menit pagi dan sore. Setelah itu saya taruk di kandangnya. Saya isi air sebatas tempurungnya,saya beri acrivlavine plus. Saya ganti sehari 2x.
    Jamurnya masih kerapasnya juga agak lunak. Mohon bantuannya dok

    ReplyDelete
  2. 2017 at 3:43 PM
    Kura-kura saya ukuran 2,5cm masih lincah dan doyan makan. Saya kasih pelet yg biasa dijual dlm botol plastik kecil. Sehari saya kasih 2 butir di pagi hari. Mulai datang (udah 2 minggu di rumah saya) ga mau makan. Pas udah seminggu baru mau makan sampai sekarang. Fenses berwarna sama dengan warna pelet. Jadi kalo peletnya merah fensesnya merah. Awalnya begitu tapi udah 3 hari ini fensesnya warnanya hitam tidak cair biasa aja.
    Waktu datang tempurungnya tidak berjamur setelah 3 hari kliatan jamurnya. Saya rendam dengan air hangat plus garam ikan selama 20 menit pagi dan sore. Setelah itu saya taruk di kandangnya. Saya isi air sebatas tempurungnya,saya beri acrivlavine plus. Saya ganti sehari 2x.
    Jamurnya masih kerapasnya juga agak lunak. Mohon bantuannya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas... :)
      kalau emang tempurungnya agak lunak dan fesesnya berwarna hitam, tebakan saya sih kurang kalsium. coba cek asupan kalsiumnya.

      sayangnya mas gak ngasih tau jenisnya kura2 apa. kura2 brazil kah?

      kalau mau, mas bisa beli suplemen kalsium bubuk merk exoterra. nah, makanannya mas tabur exoterra dulu, baru dikasihin...

      agar sistem pencernaannya bagus lagi, mas bisa kasih 2 hari sekali kasih pepaya matang. potong kecil2 aja, biar dia mudah makannya. seukuran pellet. :)

      kabari lagi

      Delete
    2. Kura-kura saya jenis brazil ukurannya 2,5cm. Cara kasih makannya gimana? Kura-kura saya ga bisa makan ditempat kering. Makanannya malah diinjek injek. Maunya makan kalau pas lagi renang. Mohon bantuannya

      Delete
    3. ya udah, kasih makan aja di air, mas.
      boleh tau merk pelletnya apa? biar saya cek kandungan kalsiumnya... :)

      Delete
  3. Di botolnya tertulis Dipa Turtle Food. Kalo pas di air, Entar airnya kotor dong. Saya kalo ngasih dua butir sehari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mas kasih makan di tangan gimana? dia mau makan? atau gini aja. sebiji pelletnya mas angkat dari air, terus tambahin bubuk kalsium, setelah itu kura2nya angkat dari air, usahakan masukkan ke dalam mulutnya. setelah itu baru masukkan lagi ke dalam air... :)

      Delete
  4. Oke dOkter, terima kasih saran dan masukannya nanti akan saya coba

    ReplyDelete
  5. Sudah wafat dok. Sedang berkabung nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kura-kura anakan emang mudah mati, mbak. sabar ya.
      jangankan mbak, saya juga dulu pelihara kura-kura anakan endingnya mati.... mending kalo murah, sulcata kan mahal.... :(

      Delete
  6. Dok, fenses bayi kura-kura sehat warnanya apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung jenis kura-kuranya. kura-kura mbak jenisnya apa?

      Delete
  7. Warna fenses bayi kura-kura Brazil yang sehat apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo sehat, sebenernya dia semi padat.
      creamy. cuma karena kura2 brazil kan di air, jadi kadang susah buat liatnya.

      maaf karena baru balas... kabari lagi... :)

      Delete
  8. Selamat siang dok, saya mau tanya soal kucing saya dok. Uda tiga hari ini, kaki nya lemas aja dok. Susah jalan dok, gemetaran. Seblumnya kucing saya uda sakit sariawan selama 1 minggu. Ada obatnya ga dok buat kaki yg lemas dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya/tahinya gimana, mas? mencret ya? terlalu banyak kemungkinan. dan saya pikir ada hubungannya dengan sistem pencernaannya, karena sariawan yang baru sembuh. coba mas kasih aja suplemen kucing nutriplus gel. kalau dalam seminggu belum baikan juga, mending segera bawa ke dokter hewan.... untuk makanan, kasih makanan yang lembut2 dulu. kasih wetfood. kalo bisa, kirim foto fesesnya. caranya cek bagian PERHATIAN...

      Delete
  9. Dok? Kalo kucing demam tinggi. Apa kucing akan susah berjalan (gemetaran) ?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.