Cara Memotong Paruh Kura-kura | Drh. Fira Sovica

Memotong paruh bagian atas kura-kura

yang tumbuh terlalu 'maju' disebut beak trimming. Saya ingatkan bahwa proses potong moncong paruh kura-kura tidak bisa dilakukan tanpa pengalaman. Jangan mencoba untuk memotong moncong kura-kura tanpa bantuan ahli. Langkah-langkah dan proses cara potong paruh paru-paru berikut hanya boleh dilakukan oleh ahli dan sebagai pembelajaran untuk pemula dan non-ahli. Artikel ini sedikit banyak berkaitan dengan cara memotong paruh burung hantu.
Cara Memotong Paruh Kura-kura


Dan berikut adalah cara potong moncong kura-kura:
  1. Tentukan batas potong paruh kura-kura yang akan dipotong.
  2. Cara menentukan batas potong moncong kura-kura bisa dilakukan dengan 2 cara. Cara pertama adalah dengan melihat batas paruh bawahnya, karena moncong kura-kura yang yang biasanya overgrowth (tumbuh terlalu cepat melebihi paruh bawahnya). Anda bisa melihat batas potong tersebut dengan membalikkan kura-kura anda, kemudian melihat ke bagian paruhnya. Cara kedua untuk menentukan batas potong paruh kura-kura ayas adaah dengan memperkirakan bentuk normal paruh kura-kura anda. Untuk lebih jelas, silakan lihat gambar dibawah ini.
    Cara Memotong Paruh Kura-kura
    Setelah berhasil menentukan batas potong paruh kura-kura, anda bisa menandai batas potong paruh dengan marker berwarna perak yang mudah terlihat.
  3. Siapkan gunting kutikula, gunting kuku, dan asahan kuku sebagai alat yang digunakan untuk memotong paruh kura-kura yang terlalu maju.
  4. Gunting kutikula digunakan sebagai alat untung memotong paruh, sedangkan gunting kuku digunakan untuk memotong bagian yang kurang rapi dari hasil gunting kutikula. Asahan kuku digunakan untuk merapikan hasil potong dari keduanya.
  5. Proses pemotongan paruh kura-kura sebaiknya dilakukan oleh dua orang.
  6. Satu orang bertugas memegangi bagian tubuh dan leher kura-kura agar tidak banyak bergerak saat proses pemotongan, dan satu orang bertugas memotong bagian paruh kura-kura berdasarkan batas potong paruh yang sudah dibuat sebelumnya.
  7. Tugas orang pertama: pegangi tubuh kura-kura dengan tangan kiri di bagian plastron, dan pegangi bagian pangkal leher kura-kura dengan jari telunjuk dan ibu jari tangan kanan hingga kura-kura tidak bisa menarik kepalanya ke dalam tempurung; lalu dilanjutkan dengan tugas orang kedua: memotong paruh kura-kura.
  8. Proses pemotongan paruh atau moncong kura-kura dilakukan dalam 3 tahap: tahap satu, pemotongan menggunakan gunting kutikula.
  9. Pada tahap ini, paruh dipotong berdasarkan garis batas yang sudah ditentukan pada poin pertama. Tahap berikutnya, adalah tahap dua pemotongan paruh kura-kura: hasil dari pemotongan menggunakan gunting kutikula dirapikan menggunakan gunting kuku. Tahap akhir yaitu tahap tiga: bagian paruh dirapikan dengan menggunakan asahan kuku.
  10. Karantina kura-kura yang sudah dipotong paruhnya di ruangan sepi selama beberapa jam. Beri makan di kandangnya saat proses karantina berlangsung.
Itulah

proses pemotongan paruh kura-kura

yang saya tulis berdasarkan pengalaman sebagai dokter hewan. Semoga artikel ini bisa menjadi penambah wawasan bagi anda. Terima kasih. (FS)

6 Responses to "Cara Memotong Paruh Kura-kura"

  1. selamat pagi mba firr,

    dok mau tanya, boleh ga memotong kuku kura-kura2 air?

    kura2 damer sama Brazil saya udh cukup besar , cakar nya lumayan tajam klo lagi di gendong..

    klo boleh ukuran nya seberapa ya mba?

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh kok kuku kura-kura dipotong.
      Cukup potong bagian yang tajamnya aja, setengah senti aja dari ujung kukunya. pokoknya jangan sampe kena bagian yang ada dagingnya.... bagian dalam kukunya...

      bagusnya pake gunting kuku bayi... :)

      Delete
  2. Dok sya pnya res ukuran 7cm,,klo boleh tau , buat sya yg ga pnya heater atau pemanas air lainnya .. lngkag apa ya dok yg terbaik buat pnempatan kura d wdah sya ,, hnya untuk mlam hari , krna cuaca d sni ckup dingin dok ,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending akuariumnya kasih daratan, jadi kalau dia ngerasa dingin, dia bisa naek ke situ....

      bisa cek artikel terbaru saya tentang kandang yang bagus buat kura-kura....

      Delete
  3. Dok, sy punya kura indian star, kukunya panjang sekali sampai melengkung kesamping kira2 ada 1.5cm yg bagian kaki. Boleh tidak dipotong? Batas pemotongannya sampai seberapa? Bbrp pendapat bilang kuku kura tidak boleh dipotong karena didalam kukunya ada pembuluh darahnya, apakah benar?
    Terimakasih dok jawabnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh dipotong, dan memang harusnya dipotong.
      yang pasti jangan sampe kena daging yang ada di dasar kukunya. jadi, sebelum dipotong, mas sorot pake senter dulu kukunya dari bagian bawah, liat bayangannya di bagian atas, buat tahu batas daging di dalam kukunya.... :)

      mungkin nanti akan saya buat artikelnya.. :)

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.